2 Contoh Teks Ulasan Novel Terkenal dan Populer

Daftar Isi [Tampil]

Teks ulasan novel sendiri adalah sebuah teks yang berupa ulasan, tentang sebuah karya novel tertentu. Dengan adanya contoh teks ulasan novel berikut ini, akan memberikan Anda gambaran, bagaimana membuat teks ulasan terutama untuk novel itu sendiri.

Baca Juga : 12 Contoh Teks Ulasan Terbaru dan Terbaik

1. Contoh teks novel Laskar Pelangi

Contoh Teks Ulasan Novel

Untuk contoh teks ulasan novel yang pertama adalah novel laskar Pelangi. Dimana ini adalah salah satu novel yang cukup populer dan bahkan sudah pernah dibuat film. Adapun contoh teks ulasan novel laskar pelangi, itu sendiri adalah :

  • Orientasi

Adapun novel Laskar Pelangi ini sendiri adalah karya pertama dari sang Pengarang itu sendiri, Andrea Hinata. Sekaligus merupakan rangkaian pertama Tetralogi Laskar Pelangi. Mungkin banyak yang sudah mengetahui, bahwa novel Laskar Pelangi ini, memperoleh predikat sebagai salah satu buku sastra Indonesia terlaris sepanjang sejarah. Bahkan sejak perilisannya pertama kali di tahun 2005, buku tersebut, sudah jadi Best Seller.

Yang menarik adalah, novel tersebut berdasarkan kisah nyata, bercerita tentang 10 orang bocah yang berasal dari keluarga miskin, ingin bersekolah dan tinggal di pulau Belitong,

Adapun kesepuluh anak tersebut adalah, Ikal, Lintang, Harun, A Kong, Sahara, Kucai, Mahar, Trapani, Syahdan dan juga Borek. 

Semua anak tersebut, dididik oleh seorang guru wanita gigih dan penyayang bernama Bu Muslimah. Karena anak-anak terebut gemar melihat pelangi, membuat sang guru memberi nama kelompok tersebut, dengan nama Laskar Pelangi, yang kemudian jadi nama dari judul Novel itu sendiri.  

  • Tafsiran

Cerita novel ini berawal dari sebuah gedung sekolah, yang bentuknya seperti gedung Kopra. Padahal sekolah tersebut adalah sekolah swasta, bernama SD Muhammadiyah. Sebenarnya SD ini sendiri tidak layak disebut dengan SD, karena gedungnya sendiri hampir roboh. Ditambah SD ini terancam tutup, apabila jumlah murid yang mendaftar kurang dari 10 orang, padahal saat itu hanya ada 9 orang yang sudah mendaftar. 

Bak penyelamat, pada saat situasi sedang genting, Harun dan ibunya datang untuk mendaftarkan anaknya untuk sekolah di tempat tersebut.  

Dari sanalah cerita baru mulai berkembang, dan berbagai peristiwa pun mulai diceritakan, mulai dari :

  1. Perkenalan dan latar belakang kesepuluh anak.
  2. Kisah mengayuh sepeda berpuluh kilometer, untuk dapat membeli kapur, guna proses belajar.
  3. Hingga pertemuan tokoh utama, dalam hal ini Ikal dengan seorang gadis bernama A Ling. Seorang gadis Tionghoa, yang merupakan cinta pertamanya.
  4. Selain itu novel ini juga menceritakan tentang kehidupan miskin yang melanda penduduk Belitong pada saat itu, walaupun di tengah kekayaan alamnya yang sangat melimpah. Ternyata di balik itu semua ada PN Timah, telah menguasai tambang timah di Belitong. Ini yang membuat warga lokal jadi seperti tikus lapar di tengah lumbung padi.

Sedangkan di akhir novel, dikisahkan, tentang para Laskar pelangi yang mempunyai masa depan cerah. Namun sayangnya SD dan SMP Muhammadiyah sudah tidak ada lagi. Selain itu Bu Mus pun pindah mengajar di SDN 6 Belitong Timur.

Ikal Sang tokoh utama sendiri, ternyata mendapatkan beasiswa, untuk melanjutkan pendidikannya ke Universitas Sorbonne, Paris.    

  • Rangkuman

Andrea Hirata sendiri, sebagai seorang penulis, kerap menceritakan secara detail, bagaimana pola pikir orang melayu yang ada di Belitong kala itu. Semua disajikan dengan wawasan yang terbilang saintifik.

Novel ini sendiri sudah terjual hingga lebih dari 1 juta copy, dan bahkan sudah terbit di 20 negara sekaligus. Pastinya bukan tanpa alasan, kenapa novel tersebut terbilang sangat laris di pasaran.

Ceritanya yang inspiratif dan dapat dijadikan sebagai motivasi bagi para remaja tanggung, seperti usia 10 hingga 16 tahun, membuat novel ini, laris di pasaran.

2. Contoh teks novel Perahu Kertas

Contoh Teks Ulasan Novel

Sama seperti sebelumnya, contoh teks ulasan novel perahu kertas ini membahas tentang mimpi para remaja. Berikut adalah contoh teks ulasan novel perahu kertas beserta strukturnya yang dimaksud.

  • Orientasi

Pada novel Perahu Kertas kali ini, akan mengisahkan tentang cinta dan mimpi para remaja yang tertunda secara epik.  Dimana Kugy dan Keenan, adalah 2 insan utama yang ada dalam novel tersebut. Nasib yang mereka alami kurang lebih sama.

Kugy, yang harus menerima kenyataan, bahwa mimpinya jadi seorang penulis, harus padam karena uang, dimana uang lebih menjamin hidup ketimbang mimpi. Sedangkan Keenan, yang bermimpi jadi seorang pelukis, malah harus menjadi seorang pengusaha, lantaran desakan ayahnya yang seorang pengusaha.

Kemiripan kisah antara kedua insan tersebut, membuatnya langsung cocok dan akrab. Namun kembali sang waktu mempermainkan mereka, bahkan tidak ada yang menyadari, siapa yang mulai menyakiti siapa.

Bisa dibilang novel ini adalah salah satu dongeng romansa yang terbilang rumit, namun sekaligus realistis dan pastinya manis. Novel ini juga menyajikan kisah tentang 2 orang pemimpi yang harus bekerja sama, dalam melawan dunia. Membuktikan pada dunia, bahwa mimpinya berhak untuk diciptakan.

Selain itu, kisah seorang Kugy dan Keenan yang mimpinya dianggap remeh, atau kerap ditertawakan, orang lain, pastinya cukup relevan, dengan kisah remaja masa kini. 

  • Tafsiran

Pada dasarnya Perahu Kertas sendiri, adalah benang merah, dari rumitnya berbagai kejadian rumit yang melingkupi Kugy, seorang gadis aneh, yang bercita-cita jadi seorang pendongeng, dan hobi membaca. Kini dirinya jadi seorang mahasiswi di Bandung, dan mengambil jurusan sastra, bersama sahabatnya sedari kecil, yaitu Noni, membuatnya lantas berkenalan dengan seorang Keenan. Keenan sendiri tidak lain adalah sepupu Eko, pacarnya Noni, sahabatnya Kugy.

Hingga kisah pun bergulir, dan dilengkapi dengan beberapa trik menarik, akan perasaan dan juga mimpi dari masing-masing tokoh. Walau di akhir kisah, kisah cintanya disuguhkan secara tidak biasa.  

  • Rangkuman

Novel ini sendiri dapat dibaca oleh siapa saja yang memang sedang bermimpi, untuk Anda yang ingin mempunyai motivasi, atau bahkan kisah cinta yang menarik dan unik.

Baca juga:

Demikianlah beberapa contoh teks ulasan novel terkenal, semoga jadi inspirasi menarik untuk Anda, terutama dalam membuat sebuah teks ulasan novel.

COMMENTS

Nama

anbk,6,asuransi,1,Buku Digital,5,buku teks,14,Ciri teks,15,contoh,120,cpns2019,1,cv,5,Download File,1,games,4,juknis,9,jurnal,2,Kalender,153,kosp,4,Kuliah,14,laporan,14,makalah,3,modul,6,modul ajar,5,modul guru,10,osn,4,Pekerjaan,9,Pendidikan,94,pengertian,31,Permenpan RB,26,phbs,2,poster,3,PPT,64,proposal,7,prota,2,pts,16,resume,4,rpp,25,soal am,3,soal cpns,14,soal pas,15,soal pat,15,soal us,12,surat,17,template,3,template ppt,11,tips,6,usaha,3,
ltr
item
Mautidur.com: 2 Contoh Teks Ulasan Novel Terkenal dan Populer
2 Contoh Teks Ulasan Novel Terkenal dan Populer
https://blogger.googleusercontent.com/img/a/AVvXsEiDBeZqHD1llrBG_RV1K-KgQ5xW8XNAPP7SwezIoMBS9HqzGqgnIGe4VNj-E8cQtrBBYgzkOVuQa0nbVl6ZuUPkYx8fuvzxPNjrPMzOM7owi4xFFUPaAf89D8wgurri3txQf3KcNys3sMVe_G6cGKyZwPqaPiNR_akhk5kMhUDwvGXAVNZK-gYOJW9C=w640-h600
https://blogger.googleusercontent.com/img/a/AVvXsEiDBeZqHD1llrBG_RV1K-KgQ5xW8XNAPP7SwezIoMBS9HqzGqgnIGe4VNj-E8cQtrBBYgzkOVuQa0nbVl6ZuUPkYx8fuvzxPNjrPMzOM7owi4xFFUPaAf89D8wgurri3txQf3KcNys3sMVe_G6cGKyZwPqaPiNR_akhk5kMhUDwvGXAVNZK-gYOJW9C=s72-w640-c-h600
Mautidur.com
https://www.mautidur.com/2021/11/contoh-teks-ulasan-novel.html
https://www.mautidur.com/
https://www.mautidur.com/
https://www.mautidur.com/2021/11/contoh-teks-ulasan-novel.html
true
2310118337026904168
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All DIREKOMENDASIKAN UNTUK KAMU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy Table of Content