12 Contoh Teks Ulasan Terbaru dan Terbaik

Daftar Isi [Tampil]

Contoh Teks UlasanPada kesempatan kali ini saya akan memberikan beberapa contoh teks ulasan. Namun, kamu harus memahami terlebih dahulu apa sih teks ulasan itu?

Teks ulasan merupakan tulisan yang berisi penilaian/review/ulasan mengenai sebuah karya milik orang lain. Karya tersebut bisa berupa buku, film, novel, lagu, drama dan lain sebagainya. Ketika mengulas sebuah karya milik orang lain, kita wajib bersikap kritis dan tidak memihak atau bersikap netral. Tujuannya adalah agar bisa membangun karya-karya di kemudian hari.

Struktur Teks Ulasan

1. Orientasi

Pada bagian ini berisi mengenai pengenalan gambaran umum suatu drama atau film yang ingin di ulas.

2. Tafsiran

Pada bagian tafsiran berisi mengenai gambaran suatu karya baik itu drama atau film yang di ulas. Misalnya bagian-bagian dari keunikan, kualitas, keunggulan, hasil karya dan lainnya.

3. Evaluasi

Bagian evaluasi berisi mengenai padangan pengulas tentang hasil karya yang telah di ulas. Evaluasi ini dilakukan sesudah melakukan tafsiran yang mencukupi mengenai hasil karya tersebut. Dibagian ini penulis akan menyebutkan sesuatu yang bernilai atau kelebihan pada karya tersebut.

4. Rangkuman

Rangkuman ini berisi mengenai kesimpulan suatu ulasan tentang sebuah karya baik itu drama ataupun film. Dibagian rangkuman berisi komentar penulis apakah karya tersebut berkualitas ataupun tidak.

Baca Juga: 12 Contoh Teks Negosiasi Terbaru & Terbaik

Ciri-Ciri Teks Ulasan

  • Struktur teks ulasan terdiri dari orientasi, tafsiran, evaluasi dan rangkuman.
  • Opininya berdasarkan fakta yang diinterpretasikan.
  • Mempunyai nama lain yaitu resensi.
  • Didalamnya berisi informasi berdasarkan opini dari penulis mengenai sebuah karya.

Tujuan Teks Ulasan

  • Untuk membantu para pembaca mengetahui tentang gambaran serta kritikan sebuah karya.
  • Untuk mengetahui kelebihan serta kekurangan karya yang di resensi.
  • Memberi informasi yang komprehensif terkait sebuah karya.
  • Untuk memberi pertimbangan pembaca sebelum mereka memilih membeli atau menikmati sebuah karya.
  • Menunjukan sudut pandang/ keberpihakan penulis pada suatu hal ataupun karya sementara.

Jenis Jenis Teks Ulasan

1. Teks Ulasan Informatif

Teks ulasan ini berisi mengenai gambaran singkat, padat dan umum dari sebuah karya.

2. Teks Ulasan Deskriptif

Teks ulasan ini berisi mengenai gambaran detail setiap bagian hasil karya.

3. Teks Ulasan Kritis

Teks ulasan ini berisi mengenai ulasan terperinci sebuah karya sastra yang mengacu pada pendekatan ilmu pengetahuan.

Contoh Teks Ulasan

1. Contoh Teks Ulasan Film Laskar Pelangi

contoh teks ulasan

Orientasi

Film Laskar Pelangi adalah salah satu film yang berasal dari sebuah novel dengan judul yang sama yaitu, Laskar Pelangi. Laskar Pelangi merupakan salah satu novel karya Andrea Hirata yang berasil menarik perhatian banyak pecinta buku. Cerita ini berisi tentang sekelompok anak dengan semangat belajar dan bersekolah yang tinggi. Meski mereka masih duduk dikelas 1 SD dan SMP serta bersekolah disebuah sekolah yang penuh dengan keterbatasan mereka tetap semangat menggapai cita-cita mereka.

Tafsiran

Pada awal cerita kisah diceritakan sekumpulan anak yang tinggal didaerah Desa Gantung, Belitung timur. Mereka bersekolah di Muhammadyah. Pemerintan oendidikan setempat hendak membubarkan sekolah tersebut karena jumlah siswa dan siswi nya kurang dari 10 orang. Namun pembubaran tersebut diurungkan dengan syarat pada tahun ajaran baru haruslah memiliki 10 siswa siswi baru. Usaha telah dilakukan namun hingga saat acara pembukaan tahun ajaran baru sekolah tersebut hanya ada 9 orang anak. Semua orang khawatir akan kondisi sekolah tersebut. Namun, tiba-tiba sesaat sebelum kepala sekolah membacakan pidatonya Harun dan Ibunya datang untuk mendaftarkan Harun kesekolah tersebut. Sontak semua anak dan guru di sekolah tersebut bersorak gembira menyambut Harun.

Evaluasi

Amat disayagkan film ini berkesan monoton dan hanya berpusat pada pendidikan di SD muhammadyah. Lebih baiknya, beberapa scene yang ditampilkan harusnya diperpanjang  seperti pada saat perkenalan pertokoh. Namun secara keseluruhan film ini fibuat dengan sangat baik. Keinginan kuat para pengajar membuahkan hasil yang baik. Laskar Pelangi dapat terus belajar di sekolah walaupun tokoh Lintang terpaksa drop-out karena Ayahnya meninggal dan ia terpaksa menjadi tulang punggu dikeluarganya. Selain itu, pengambilan kisah romansa pada film ini merupakan sebuah bumbu yang menghiasi film ini dengan baik.

Rangkuman

Dari film Laskar Pelangi diatas dapat kita simpulkan bahwa Laskar Pelangi memungkinkan kita melihat cerita yang didasarkan pada pengalaman pengarang, yang menggambarkan kondisi prihatin anak-anak kurang mampu Pulau Belitung. Sangat banyak sekali pesan moral yang disajikan pada film ini sehingga tak jarang penonton sampai meneteskan air mata ketika menonton film ini karena kegigihan semangat Lintang dan teman-teman nya demi meraih pendidikan didaerah yang sangat terpencil di Indonesia. oleh sebab itu, maka tak heran jika film ini berhasil merai berbagai penghargaan baik dari dalam maupun luar Negeri.

2. Contoh Teks Ulasan Buku Habibie dan Ainun

contoh teks ulasan

Orientasi

Novel yang secara langsung ditulis oleh BJ Habibie ini diberi judul Habibie dan Ainun. Buku berisikan 321 halaman ini bercerita tentang kisah kasih Pak Habibie bersama dengan Ibu Ainun sejak awal pertemuannya hingga maut yang memisahkan mereka.

Tafsiran

Bermula ketika Habibie bertemu kembali dengan Ainun kala malam lebaran di rumahnya. Waktu itu, masa cuti yang dimiliki oleh Habibie hanya 3 bulan lamanya dan kemudian berniat untuk kembali ke jerman bersama Habibie. Bu Ainun sangatlah mendukung pekerjaan yang dilakukan oleh Pak Habibie dan tidak pernah mengeluh perihal pekerjaan tersebut. Bahkan selalu mendampinginya kala Habibie terkena penyakit TBC.

Habibie juga dikenal selalu melibatkan Ainun dalam setiap keputusan yang dibuatnya. Berkat dari keharmonisan tersebut, habibie berhasil mendapat banyak prestasi yang mengagumkan di Jerman. Kisah mereka kemudian berakhir dengan meninggalnya Ainun setelah berjuang melawan kanker selama bertahun-tahun lamanya.

Evaluasi

Bahasa yang digunakan dalam buku ini mampu menghayutkan perasaan orang-orang yang membacanya. Tidak heran jika kemudian buku ini menjadi favorit banyak orang. Buku ini sendiri diklaim sebagai perantara untuk menutupi kekosongan hati yang dialami oleh pak Habibie.

Rangkuman

Novel ini sangatlah dibutuhkan oleh pasangan yang sedang memerlukan semangat juga motivasi dalam membangun keluarga kecilnya yang harmonis dan saling mendukung satu sama lainnya.

3. Contoh Teks Ulasan Drama HEART OF ALMOND JELLY

Orientasi

Heart of Almond Jelly merupakan drama karya Wishing Chong yang berlatarkan sebuah rumah di Jepang pada malam natal. Drama ini menceritakan tentang perpisahan sepasang suami-istri yaitu Tatshuro dan Sayoko yang telah hidup bersama selama 7 tahun. Dalam drama ini dijelaskan alasan-alasan mengapa mereka memutuskan untuk berpisah, dan diakhiri dengan adegan berpelukan sebelum akhirnya mereka berpisah.

Tafsiran

Heart of Almond Jelly, diawali dengan kehidupan Tatshuro dan Sayako disebuah rumah di Jepang. Tatshuro diceritakan berwatak rajin mengerjakan berbagai urusan rumah tangga seperti membersihkan rumah dan berbelanja, dan suka pergi pada malam hari. Sedangkan Sayako berwatak suka menunda pekerjaan, namun rajin bekerja diluar untuk menghidupi kehidupannya dan suaminya. Drama ini sukses menyedot emosi para penonton. Penonton dibuat terfokus pada konflik suami-istri ini. Drama ini hanya terfokus pada dialog antara tokoh Tatshuro dan Sayako, yang berisikan berbagai macam konflik rumah tangga yang mulai terkuak.

Evaluasi

Drama “Heart of Almond Jelly” ini mengandung konflik yang sangat kuat, terlihat dari para pemain yang menjiwai dalam memainkan peran di drama ini. Konflik yang lumayan rumit dalam drama ini membuat kualitas drama ini sangat baik, dan cocok untuk di tonton untuk memberi banyak inspirasi. Konflik yang disampaikan dalam drama ini sangat natural, seperti konflik dalam kehidupan rumah tangga yang sebenarnya.

Kekurangan dari drama ini, drama ini berlatarkan kehidupan Jepang, namun ketika ditampilkan di Indonesia, adaptasinya kurang terlihat, sehingga penonton akan kebingungan di awal cerita.

Rangkuman

Perpisahan Sayoko  dan Tatshuro pada malam Natal di salah satu ruangan rumah sayoko. Mereka berdua telah hidup bersama selama 7 tahun, dan akhirnya memutuskan untuk berpisah.

Dalam kehidupan rumah tangga Sayako dan Tatshuro ini tidak berjalan begitu harmonis, banyak hal yang mereka perdebatkan. Namun dibalik perdebatan ini, mereka pun menjadi saling mengenali satu sama lain, seperti kebiasaan, kesukaan, bahkan kenangan-kenangan selama mereka bersama turut dibicarakan. Akhirnya mereka memutuskan untuk mengakhiri rumah tangga ini, dan berpelukan di malam natal sebelum akhirnya berpisah.

4. Contoh Teks Ulasan Lagu Heal The World

contoh teks ulasan

Orientasi

Heal The World adalah salah sebuah lagu Mellow yang dipopulerkan oleh Michael Jackson atau sering dijuluki ‘King of Pop’. Lagu ini dirilis pada tahun 1991 pada sebuah album yang berjudul “Dangerous”. Heal The World dalam Bahasa Indonesia artinya Menyembuhkan Bumi. Lagu berdurasi 6 menit 22 detik ini menceritakan tentang kita yang harus menjadikan bumi menjadi tempat yang lebih baik bagi anak cucu kita nantinya. Lagu ini menyerukan suatu perdamaian dan ajakan untuk bisa berkehidupan berlandaskan cinta serta kasih sayang antar sesama manusia.

Tafsiran

Pada awal lagu ini, terdapat seorang anak kecil yang membaca sebuah syair. Dia berpikir tentang generasi muda, generasi muda mengatakan mereka ingin membuat dunia menjadi tempat yang lebih baik bagi anak-anaknya dan cucunya. Dia berfikir mereka dapat menjadikannya tempat yang lebih baik.

Bumi bisa menjadi jauh lebih terang jika kau benar-benar berusaha. Kau tidak akan menemukan hal yang dapat ditangisi, tak ada duka atau nestapa. Lagu ini menjelaskan bahwa ada banyak sekali cara untuk mencapainya, jika kau peduli pada kehidupan. Michael Jackson mengajak kita semua untuk menyembuhkan dunia, untukmu dan seluruh umat manusia.

Evaluasi

Selain memiliki makna yang mendalam, lagu ini juga terasa nyaman didengar karena memiliki alunan nada yang menyentuh. Lagu ini juga bisa dikatakan menjadi salah satu lagu pop sepanjang masa yang akan terus dikenang hingga kapanpun. Lagu ini masih sering digunakan dalam berita - berita tentang kejadian di bumi maupun saat acara - acara kedamaian. Sayangnya, durasi lagu ini terlalu lama sehingga pendengar bisa saja bosan. Pada akhir lagu, reff lagu juga diulang berkali - kali. Menurut saya hal ini kurang efisien karena reff lagu dinyanyikan terlalu sering.

Rangkuman

Namun, secara keseluruhan lagu ini benar - benar lagu yang memiliki makna yang mendalam dan sangat dibutuhkan bagi masyarakat Indonesia saat ini. Mengingat saat ini sedang terjadi sedikit kericuhan antar umat beragama yang melakukan demo pada tanggal 4 November 2016 kemarin. Saya berharap mereka segera berdamai. Lagu ini memberi motivasi kepada saya untuk terus menjaga bumi bagi saya, seluruh umat manusia, dan anak-cucu kita nantinya.

5. Contoh Teks Ulasan Novel Hujan

contoh teks ulasan

Orientasi

Hujan adalah novel karya pria berusia 40 tahun kelahiran sumatra selatan, Tere Liye. Novel ini menceritaka tentang keinginan seorang tokoh utama yaitu lail yang ingin  menghapus memori yang ada dirinya tentang seseorang, yang mana kemudian ia meminta bantuan kepada Elijah. Kemudian Lail mengingat alasan kenapa ia harus menghapus memorinya tersebut, dan ia pun menceritakan alasan tersebut kepada Elijah.

Tafsiran

Lail, gadis 13 tahun yang menjadi yatim piatu saat terjadi bencana alam. Gempa bumi dari gunung purba dan mengakibatkan tsunami di belahan bumi lain. Namun, saat bencana itu pulalah ia ‘bertemu’ dengan Esok, lelaki yang menarik tas punggungnya sehingga Lali tidak tergelincir ke dalam lorong kereta bawah tanah. Lail dan Esok kemudian ‘terjebak’ dalam percintaan selama masa pengungsian. Dimana ada Esok disana ada Lail. Tapi bukan percintaan yang biasa. Tidak  biasa karena mereka berdua memiliki cara yang ‘santun’ dalam menjaga hati .

Juga ada Maryam, sahabat setia Lail. Bertemu setelah masa-masa pengungsian dan mereka pindah ke panti. Sayangnya, hubungan Maryam dengan Lail ini sangat akrab. Maryam yang tau bahwa hubungan Esok dengan Lail itu lebih sedari sekedar percintaan biasa. Dengan karakter Lail yang introvert, dia tidak dibuat  marah ‘beneran’ ketika Maryam menggoda hubungan yang terjalin antara mereka berdua. Masa itu diceritakan kalau bencana alam yang terjadi itu baru permulaan. Setelah itu terjadi musim dingin berkepanjangan. Daerah subtropis pun bisa turun salju. Kejadian ini membuat pemerintah meluncurkan sebuah pesawat ulang-alik untuk mengembalikan ke iklim yang semestinya. Sayangnya, ada efek jangka panjang yang harus diterima penduduk bumi.

Evaluasi

Novel yang disajikan dengan bahasa yang mampu menyihir pembaca ini akan membuat pembaca merasakan bagaimana rasanya harus tegar ketika ditempa masalah, melangkah maju ketika masalah begitu berat, dan rasanya jatuh cinta. Ada rasa ketika rindu bertemu pasangan, bertemu kembali setelah sekian lama tidak bertemu, dan cemburu. Yang pernah atau sedang remaja mungkin akan tersenyum melihat tingkah Lail. Imajinasimu benar-benar akan dibuat terbang oleh Tere Liye.

Rangkuman

Novel HUJAN ini memang istimewa. Tema yang diusung gak sesederhana tema novel romantis kebanyakan. Porsinya tak hanya untuk seputar cinta remaja melainkan ada bumbu-bumbu ilmiahnya. Novel ini juga berkisah tentang kepastian yang tidak pasti, tentang kabar yang hampir tidak pernah dikabarkan. Hingga membuat sepasang kekasih yang saling mencintai, juga saling menunggu untuk saling mengungkapkan.

6. Contoh Teks Ulasan Novel Surat Kecil Untuk Ayah

contoh teks ulasan

Orientasi

Surat Kecil Untuk Ayah merupakan salah satu novel laris yang dibuat oleh Boy Chandra. Berkisah tentang para ayah yang selalu menyisihkan waktu untuk keluarga dan bekerja keras seolah tanpa batas. Namun, seorang ayah juga tetap manusia. Di dalam novel ini, tokoh utamanya diperankan oleh tokoh yang bernama Aku.

Tafsiran

Pada bab pertama, Boy Chandra menceritakan lelaki yang sangat dekat dengan kehidupannya. Lelaki tersebut memberikan kasih tak terkira dan selalu menghadirkan senyuman di pagi buta. Yang dimaksud lelaki tersebut adalah Ayah.

Ayah dalam novel tersebut tidak pernah lelah untuk membuat seorang anak merasa nyaman. Namun, ia tak mengenal siapa sebenarnya ayahnya. Cerita ini diakhiri saat saudara tiri memintanya datang ke Jakarta untuk menuju ke sebuah pemakaman. Matanya lantar menangis dan turun dari mobil dengan langkah gontai. Genggaman tangan yang memegang bunga tersebut jatuh bersama dengan air matanya.

Evaluasi

Kelebihan dari novel ini adalah bahasa yang disajikan dapat membuat pembaca terhanyut dalam kisah yang diceritakan. Novel ini juga melampirkan beberapa perjuangan anak, ibu dalam kehidupan nyata. Sayangnya, novel ini adalah masih ada terdapat salah tulis dan penulisan yang kurang menarik serta sulit dimengerti.

Rangkuman

Dengan mengesampingkan beberapa kekurangan yang ada, novel ini wajib dibaca oleh anak zaman sekarang. Buku ini mengajarkan bahwa seorang anak harus menghargai kerja keras dan ketegaran seorang ayah. Meski terkadang kita lupa bahwa ayah juga seorang manusia biasa.

7. Contoh Teks Ulasan Puisi

contoh teks ulasan

Orientasi

Judul: Ibu

Penulis: Cantika Ayu

Tafsiran

Puisi ini menggambarkan betapa besar jasa dan pengorbanan seorang ibu kepada anaknya. Ibu digambarkan sebagai sosok yang selalu ada untuk anak-anaknya. Pada bait ketiga puisi, penulis menyelipkan doa kepada Ibu dan berharap senyumnya tak pernah hilang. Penulis juga melantunkan sajak doa agar rezeki sang Ibu tak pernah terputus.

Evaluasi

Puisi ini menggambarkan kasih sayang anak kepada seorang Ibu yang begitu besar. Ia menyadari cinta kasih sang Ibu selama ini takkan tergantikan oleh apapun di dunia. Sehingga ia hanya bisa memanjatkan doa agar sang ibu diberikan rezeki dan dilindungi Tuhan. Keunggulan puisi ini adalah mampu menghadirkan gambaran kehidupan sehari-hari orang tua dan anak yang menyentuh.

Rangkuman

Meskipun ada berbagai kekurangan, namun secara keseluruhan puisi ini layak dibaca. Puisi ini mampu menyadarkan pembaca betapa besar kasih sayang seorang Ibu dan betapa berhutangnya kita sebagai anak.

8. Contoh Teks Ulasan Cerpen

Orientasi

Judul cerpen: Aku, Ibu, dan Takdir

Penulis: Bahtari Anugerah

Tahun terbit: 2015

Tafsiran

Cerpen ini memuat kisah kerasnya kehidupan yang harus dilalui oleh seorang gadis bernama Bella yang harus terpisah dari ibu kandungnya. Sejak kecil ia harus hidup bersama neneknya. Ayahnya tak tahu pergi kemana, sedangkan ibunya harus bekerja jauh.

Saat usia Bella sudah 15 tahun, ia mulai bertanya siapa dan dimana ibunya berada. Namun, sayangnya sang nenek yang sudah tua tak lagi mengingat siapa ibu dari Bella sebenarnya. Hingga akhirnya Bella memutuskan untuk mencari keberadaan ibunya. Singkat cerita, Bella justru harus menelan kenyataan pahit bahwa yang ia temui justru adalah jasad ibunya yang terbaring lemah.

Evaluasi

Cerpen ini dipenuhi dengan alur kesedihan, namun alurnya jelas dan ringkas. Namun, cerpen ini tak menceritakan misteri masa lalu sang ibu dan juga alasannya meninggalkan sang anak. Sehingga pembaca akan kesulitan mencerna apa yang sebenarnya terjadi.

Rangkuman

Cerpen ini layak dibaca agar kita bisa mengerti akan arti kehidupan dan selalu bersyukur. Terutama jika pembaca masih memiliki sosok orang tua yang lengkap. Cerpen ini juga mengajarkan agar kita tidak pernah marah dengan takdir yang digariskan oleh Tuhan.

9. Contoh Teks Ulasan Budaya Candi Borobudur

contoh teks ulasan

Orientasi

Borobudur merupakan candi Budha dan dikenal sebagai candi terbesar di Indonesia, bahkan seluruh dunia. Candi Budha terbesar ini berada di kota Magelang, Provinsi Jawa Tengah, Indonesia yang tepatnya berada sekitar 100 km sebelah barat laut dari kota Jogja.

Tafsiran

Orang-orang yang datang ke Candi Borobudur tak hanya ingin menikmati dan menyaksikan salah satu bangunan megah ini, melainkan mereka juga ingin mengetahui kisah-kisah sejarah hingga mitos yang menyelimuti candi Budha terbesar di dunia ini. Sebagai salah satu tempat wisata yang terkenal di dunia, Candi Borobudur termasuk dalam kategori tujuh keajaiban dunia yang masih dapat dinikmati hingga saat ini.

Evaluasi

Bukan hal yang menjadi rahasia lagi untuk masyarakat dunia, bahwa Borobudur merupakan salah satu wisata yang menarik untuk dikunjungi. Memang di candi ini terdapat peninggalan-peninggalan sejarah yang bisa ditemukan untuk dipelajari.

Namun, sayangnya struktur bangunan di Borobudur tak lagi utuh akibat adanya gempa yang terjadi beberapa waktu yang lalu, itulah alasan mengapa pihak pengelola dan pengurus candi melakukan renovasi bangunan, sehingga keaslian bangunannya tidak seperti dulu.

Rangkuman

Candi Borobudur itu ialah candi Budha yang juga menjadi salah satu candi terbesar sekaligus keajaiban dunia yang sudah diketahui oleh banyak orang. Candi ini mengandung sejarah yang luar biasa dan memiliki keindahan yang cukup memikat hati.

Sehingga tidak heran disana banyak sekali wisatawan dari berbagai wilayah penjuru dunia, bagi yang merasa kebingungan untuk menghabiskan waktu liburan, sebaiknya datanglah ke Candi Borobudur untuk mendapatkan sensasi wisata yang berbeda sekaligus berjalan-jalan sembari mengetahui sejarah peradaban agama Budha di Indonesia.

10. Contoh Teks Ulasan Cerpen 2

Orientasi

Judul : Ketika Sebuah Persahabatan Dipertaruhkan

Cerpen ini adalah karya Arief Setiawan yang bercerita tentang kisah cinta remaja dalam menghadapi sebuah masalah rumit. Cerpen ini ditulis dalam 3 lembar.

Tafsiran

Berawal dari 2 murid SMP yaitu “Aku” sebagai Adit dan seorang anak perempuan bernama Dewi. Pertemuan mereka berawal ketika SMP, Aku sebagai Adit diselamatkan oleh Dewi ketika aku “dipalak” oleh temen sekelas ku yang bernama Riki. Tetapi setelah melewati beberapa tahap hubungan, pada akhir mereka menjadi teman. Sejak saat itu, mereka berdua menjadi dekat dan saling bercerita mengenai masalah-masalah yang dihadapi.

Dewi yang bersikap baik kepada Adit menyebabkan munculnya perasaan suka terhadap Dewi. Tetapi mereka harus berpisah karena sekolah yang berbeda setelah lanjut ke SMA. Di SMA, Adit mempunyai seorang pacar, tetapi mereka putus hubungan dan pada akhirnya Adit berpacaran dengan Dewi.

Evaluasi

Cerpen ini sangat menarik dan menggambarkan isi cerita dengan sangat mendalam, seperti tokoh Adit yang mengumbar perasaan secara indah. Hal ini membuat pembaca cerpen merasakan kebahagiaan, pengkhianatan, kesedihan, dan penyesalan yang dialami oleh tokoh-tokoh di dalam nya.

Kekurangan cerita ini adalah tidak cocok dibaca oleh anak-anak di bawah umur karena menggambarkan cerita cinta remaja dan adegan-adegan kekerasan yang dialami oleh tokoh. Selain itu, cerita ini juga kurang memberikan pendidikan moral yang baik.

Rangkuman

Cerpen yang berjudul “Ketika Sebuah Persahabatan Dipertaruhkan” ini terasa agak kurang memberikan manfaat untuk pelajar di bawah umur. Tetapi cerita ini tetap memberikan pelajaran moral. Sebagai contoh adalah persahabatan yang didasari dengan rasa kasih sayang antar sesama manusia, tanpa memikirkan perbedaan gender.

11. Contoh Teks Ulasan Film Nanti Kita Cerita Tentang Hari Ini

contoh teks ulasan

Orientasi

Judul : Nanti Kita Cerita Tentang Hari Ini

Di balik sebuah keluarga yang hangat, bahagia dan berkecukupan, tak jarang ada luka yang tersembunyi. Apa yang dilihat orang lain hanyalah permukaannya saja. Setiap keluarga pasti memiliki rahasianya masing-masing.

Tafsiran

Cerita bermula dari ketiga kakak beradik bernama Angkasa, Aurora dan Awan. Setiap anak memiliki cerita pilunya sendiri-sendiri. Awan sebagai anak pertama dan laki-laki kerap diberi pesan untuk bertanggungjawab terhadap adik-adiknya. Sehingga Awan dewasa terus memikul tanggung jawab yang tidak terasa menjadi beban ketika ia dewasa.

Beberapa konflik yang dialami Angkasa di lingkungan keluarga, pekerjaan dan hubungan percintaan ini lambat laun bergulir menjadi bola salju yang akan membuatnya meledak seperti bom waktu. Sementara itu anak kedua, Aurora, juga memiliki masalah rasa iri terhadap kasih sayang Ayahnya yang berlebihan pada si bungsu. Selain itu, ia juga harus sering mengalah terhadap kakak dan adiknya. Sedangkan Awan, si bungsu, sedang menikmati masa mudanya. Ia sendiri juga sedang menghadapi konflik  akan cintanya bersama seorang manager band di Jakarta. Sayangnya cinta tersebut bertepuk sebelah tangan.

Evaluasi

Menonton film ini dapat membuat kita merenung mengingat keluarga sendiri.memiliki alur dan aspek cerita yang luas, film NKCTHI ini dapat ditonton semua kalangan, khususnya orang tua. Di film inilah kita dapat memahami bahwa tidak mudah menjadi orang tua. Orang tua bahkan akan menyimpan luka seorang diri dan tidak berbagi kesedihan dengan anaknya.

Rangkuman

Film ini memberikan banyak pembelajaran akan peran dan hubungan kita dalam keluarga.Hubungan dengan orang tua, hubungan antar saudara, dan terakhir hubungan dengan pasangan. Selain itu ada juga ketidaknyamanan dengan diri sendiri.Film ini juga menyadarkan banyak orang bahwa setiap individu pasti bergumul dengan permasalahannya masing-masing, apapun perannya di dalam keluarga.

12. Contoh Teks Ulasan Film 5 cm

contoh teks ulasan

Orientasi

Judul Film: 5 cm

5 cm adalah film drama berasal dari Indonesia yang dirilis pada tanggal 12 Desember 2012 dari salah satu karya novelis muda Indonesia Donny Dhirgantoro. Film ini disutradarai oleh Rizal Mantovani dan diperankan oleh Fedi Nuril, Denny Sumargo, Raline Shah, Pevita Pearce, Igor Saykoji.

Secara garis besar film ini bercerita tentang persahabatan dan nasionalisme. Banyak orang yang beranggapan bahwa nasionalisme adalah perkara yang pelik. Lewat film 5 cm, kita diajak "bermain-main" dengan rasa cinta pada negeri ini secara sederhana melalui kelima sahabat yang menjadi tokoh utamanya.

Tafsiran

Kelima tokoh utama dalam film ini berada dalam lingkar persahabatan selama lebih kurang 10 tahun. Hingga suatu saat mereka merasa jenuh. Kehidupan yang membosankan membuat mereka berfikir untuk berpisah selama 3 bulan. Dalam masa tersebut, mereka tidak boleh berkomunikasi satu dengan yang lain dalam bentuk apapun. Dalam kurun waktu 3 bulan, mereka dihinggapi rasa rindu yang amat dalam.

Namun, setelah 3 bulan berpisah, banyak kerinduan yang mereka rasakan. Kelima sahabat dan Adinda adik Arial memutuskan untuk kembali bertemu dengan mendaki puncak gunung tertinggi di Pulau Jawa, Semeru.

Evaluasi

Film 5 cm mampu menghipnotis para penonton untuk merasakan kekuatan dan keajaiban mimpi. Selain itu, film ini dibawakan dengan lelucon yang membuat penonton tertawa terbahak-bahak.

Meskipun demikian, ada satu kekurangan dalam film ini. Film ini dibawakan dengan dialog yang gila-gilaan khas anak muda yang membuat sebagian orang merasa dialog itu kurang sopan.

Rangkuman

Kalau kita mengesampingkan kekurangannya itu. Film ini sangat layak ditonton bagi pelajar jaman sekarang, karena film ini mengajarkan kita tentang persahabatan yang erat dan kerja keras.

Artikel Rekomendasi:

Itulah beberapa contoh teks ulasan terbaru dan terbaik. Semoga beberapa contoh tersebut bisa bermanfaat dan sampai jumpa di artikel selanjutnya.

COMMENTS

Nama

anbk,6,asuransi,1,Buku Digital,5,buku teks,14,Ciri teks,15,contoh,120,cpns2019,1,cv,5,Download File,1,games,4,juknis,9,jurnal,2,Kalender,153,kosp,4,Kuliah,14,laporan,14,makalah,3,modul,6,modul ajar,5,modul guru,10,osn,4,Pekerjaan,9,Pendidikan,94,pengertian,31,Permenpan RB,26,phbs,2,poster,3,PPT,64,proposal,7,prota,2,pts,16,resume,4,rpp,25,soal am,3,soal cpns,14,soal pas,15,soal pat,15,soal us,12,surat,17,template,3,template ppt,11,tips,6,usaha,3,
ltr
item
Mautidur.com: 12 Contoh Teks Ulasan Terbaru dan Terbaik
12 Contoh Teks Ulasan Terbaru dan Terbaik
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEinSJzh7Ns1ZfUB13m1_MTDvTRijGZxlY5Yq6xlRTE1Gn6vo9HUBeAjkSJr22xwvX64M3aVQmpd3gprdray7HOMWIeFcp7Gj7EtOYLMTIjFvQ5PL54ePTxDb2z35M-xCyrmp-g7Eb0lts4/w640-h356/laskar+pelangi.jpg
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEinSJzh7Ns1ZfUB13m1_MTDvTRijGZxlY5Yq6xlRTE1Gn6vo9HUBeAjkSJr22xwvX64M3aVQmpd3gprdray7HOMWIeFcp7Gj7EtOYLMTIjFvQ5PL54ePTxDb2z35M-xCyrmp-g7Eb0lts4/s72-w640-c-h356/laskar+pelangi.jpg
Mautidur.com
https://www.mautidur.com/2020/06/contoh-teks-ulasan.html
https://www.mautidur.com/
https://www.mautidur.com/
https://www.mautidur.com/2020/06/contoh-teks-ulasan.html
true
2310118337026904168
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All DIREKOMENDASIKAN UNTUK KAMU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy Table of Content