11 Contoh Teks Eksposisi Terlengkap & Terbaik

Daftar Isi [Tampil]

Contoh Teks Eksposisi - Pada kesempatan kali ini saya akan memberikan beberapa contoh teks eksposisi. Namun, kamu harus memahami terlebih dahulu apa sih teks eksposisi itu?

Teks Eksposisi merupakan serangkaian tulisan/ karangan yang berisi informasi singkat, jelas, padat, dan ilmiah (non fiksi) tentang suatu hal tertentu. Sehingga setiap orang yang membacanya bisa mendapatkan pengetahuan dari apa yang dijelaskan oleh penulis.

Biasanya teks eksposisi digunakan untuk menuliskan berita, baik itu berita di media online, koran, majalah, media sosial, dan lain sebagainya.

Tujuan Teks Eksposisi

Tujuan dari teks eksposisi adalah memberikan informasi berdasarkan data dan pemikiran penulis terkait topik yang disampaikan. Karenanya teks eksposisi ini banyak mengandung pemikiran penulis, sekaligus bertujuan untuk memberikan stimulus kepada pembaca supaya pembaca bukan hanya mendapatkan informasi, namun bisa menerapkan informasi tersebut dalam tindakan tertentu.

Baca Juga: 17 Contoh Teks Prosedur Sederhana dan Terbaik

Jenis-Jenis Teks Eksposisi

  1. Teks Eksposisi Proses
  2. Teks Eksposisi Laporan
  3. Teks Eksposisi Pertentangan
  4. Teks Eksposisi Identifikasi
  5. Teks Eksposisi Definisi
  6. Teks Eksposisi Ilustrasi
  7. Teks Eksposisi Perbandingan
  8. Teks Eksposisi Klasifikasi

Ciri-Ciri Teks Eksposisi

Teks Eksposisi memiliki beberapa ciri yang harus kamu ketahui, diantaranya adalah:
  • Berusaha menjelaskan mengenai sesuatu
  • Singkat, Padat dan Akurat
  • Gaya bersifat informatif
  • Penyampaian secara lugas dan menggunakan bahasa yang baku
  • Tidak memihak, yang berarti tidak memaksa kemauan penulis kepada pembaca
  • Tulisan bersifat netral
  • Tulisan berdasarkan data dan fakta yang valid

Struktur Teks Eksposisi

Secara umum, teks eksposisi memiliki 3 struktur yang menyusun sebuah teks eksposisi. Nah, struktur tersebut dijadikan acuan ketika seseorang ingin membuat teks eksposisi.

1. Pendahuluan

Pendahuluan ini berisi ide dari kalimat eksposisi. Pada bagian pendahuluan dimuat pandangan penulis berupa topik yang dibahas. Tidak lupa juga dijelaskan maksud dari keseluruhan kalimat yang dijelaskan.

2. Isi

Isi pada teks eksposisi berisi uraian pokok dan pengembangan pada tesis sebelumnya. Pada bagian ini akan memuat argumen dan fakta ilmiah yang berfungsi untuk mendukung pandangan/ tesis sebelumnya.

3. Kesimpulan

Untuk kesimpulan akan berisi penegasan kembali tesis sebelumnya. Kesimpulan akan menjelaskan secara lengkap mengenai contoh teks eksposisi yang baik dan benar. Mulai dari contoh teks eksposisi definisi, contoh teks eksposisi kesehatan, contoh teks eksposisi pendidikan, contoh teks eksposisi berita, contoh teks eksposisi perbandingan, contoh teks eksposisi laporan, contoh teks eksposisi pertentangan dan lain sebagainya.

Contoh Teks Eksposisi

1. Contoh Teks Eksposisi Tentang Pendidikan

Contoh Teks Eksposisi

Salah satu kunci keberhasilan pendidikan adalah kinerja dari para pendidik sekaligus pengajar.

Oleh karena itulah selain dari pada fasilitas pendidikan yang perlu ditingkatkan untuk membantu proses belajar mengajar, nasib para pendidik ini juga harus diperhatikan karena bagaimanapun juga mutu hidup atau jaminan hidup pengajar menjadi penentu mutu kinerja mereka dalam mengajar para siswa.

Sayangnya, hingga saat ini nasib ribuan guru honorer masih menyedihkan padahal mereka dituntut untuk bekerja sebagaimana yang dilakukan oleh guru tetap.

Demonstrasi yang dilakukan oleh para guru honorer beberapa pekan lalu di beberapa daerah menunjukkan bahwa pemerintah harus mengevaluasi sekali lagi kebijakan-kebijakan untuk pendidikan khususnya soal pengangkatan guru honorer yang telah bekerja bertahun-tahun dengan gaji yang jauh lebih buruk dari pendapatan seorang juru parkir.

Di beberapa daerah di Jawa Timur misalnya, para guru honorer SD hanya mendapatkan upah bulanan tak lebih dari 400 ribu rupiah saja.

Sementara, mereka melakukan pekerjaan penuh dari pagi hingga siang sebagaimana yang dilakukan oleh guru tetap.

Tentu saja para guru honorer ini bertahan karena masih berharap kelak mereka akan diangkat menjadi guru tetap alias pegawai negeri yang mendapatkan gaji layak serta tunjangan untuk masa pensiun.

Harapan tersebut diperkuat dengan fakta bahwa banyak guru yang telah pensiun sementara pengangkatan guru baru tak kunjung dimulai.

Di beberapa sekolah, bahkan guru tetapnya berjumlah setengah dari yang semestinya dan setengahnya lagi diisi oleh para guru honorer.

Jika dilihat dari segi umur, banyak sekali guru tetap yang telah berumur lebih dari 50 tahun dan akan segera pensiun.

Tentu dengan gaji yang sangat rendah tersebut, seorang guru honorer tak akan sanggup untuk bertahan hidup bila ia hanya mengandalkan gajinya.

Apabila bertahan hidup saja susah, bagaimana seorang guru akan bersemangat untuk mengajar dan mendidik murid-muridnya? Tentu hal ini akan menjadi kendala dalam bidang pendidikan.

Namun yang lebih mengerikan adalah apabila para guru honorer ini menyerah dan memutuskan untuk mencari pekerjaan lain, akibatnya bisa fatal yakni dalam kurun waktu yang belum bisa ditentukan banyak sekolah akan kekurangan tenaga pengajar dan imbasnya adalah jam kosong di beberapa jenis mata pelajaran atau bahkan jam kosong di suatu kelas hingga seharian penuh.

Apabila tidak ada pengangkatan guru baru dan para guru honorer ini angkat kaki, bisa diprediksikan bahwa kegiatan belajar mengajar di sekolah-sekolah akan tersendat atau bahkan berhenti untuk sementara waktu sampai datang waktunya pengangkatan guru baru atau ada yang mau jadi guru honorer selanjutnya.

Guru adalah salah satu unsur terpenting dalam dunia pendidikan.

Nasib guru menentukan nasib pendidikan karena bagaimanapun juga logika tak akan jalan tanpa adanya logistik; bila guru honorer tetap saja mendapatkan upah yang sangat rendah dan tidak sebanding dengan pengabdian dan jerih payah yang mereka lakukan, dalam waktu dekat akan muncul masalah besar dalam bidang pendidikan.

Oleh karena itulah sudah semestinya pemerintah mengantisipasi hal ini sebelum menjadi permasalahan yang serius.

2. Contoh Teks Eksposisi Klasifikasi

Contoh Teks Eksposisi

Transportasi adalah media yang dilengkapi dengan mesin, untuk membantu manusia dan juga barang untuk berpindah tempat. Kemudian untuk transportasi umum, biasa digunakan secara bersama – sama. Di Indonesia sudah tersedia transportasi umum yang tersebar di berbagai daerah. Transportasi umum tersebut meliputi bus, pesawat, bajaj, becak, perahu, dan lainnya.

Transportasi darat biasanya banyak dimanfaatkan masyarakat untuk melakukan aktivitasnya setiap hari. Mulai dari sekolah, bekerja, hingga berwisata. Jenis transportasi darat antara lain busway, bajaj, angkot, becak, kereta api, bus, dan lain sebagainya.

Transportasi udara dapat berupa pesawat terbang. Biasanya masyarakat yang menggunakan transportasi ini, akan bepergian dari satu pulau ke pulau lain. Hal ini karena perjalanan tersebut tidak dapat ditempuh dengan jalur darat.

Transportasi laut biasa menggunakan kapal untuk mengantarkan penumpang ke tempat tujuan. Jenis dari transportasi laut antara lain berupa feri, sampan, dan perahu. Semua jenis transportasi laut tersebut memiliki kapasitas tersendiri di dalamnya. Ada yang dapat menampung banyak orang, ada juga yang hanya 2 orang saja.

Berbagai transportasi umum yang tersedia di Indonesia sangatlah bermanfaat bagi masyarakat sekitar. Hal ini karena dapat membantu masyarakat untuk pergi ke tempat lain. Oleh sebab itu, pemerintah harus selalu menambah jumlah transportasi di Indonesia. Dengan begitu akan menekan jumlah penggunaan kendaraan pribadi di Indonesia.

3. Contoh Teks Eksposisi Tentang Lingkungan

Contoh Teks Eksposisi

Aktivitas membuang sampah di sungai kini sudah menjadi hal yang wajar. Bahkan untuk membuang sampah di tempatnya saja, sangatlah susah. Dengan adanya fenomena seperti ini, akan membuat semua orang merasakan dampaknya. Dampak yang dihasilkan tersebut adalah terjadinya banjir saat musim hujan tiba

Menurut ahli lingkungan hidup, jumlah sampah yang dibuang di sungai akan selalu mengalami peningkatan secara terus menerus. Adanya peningkatan tersebut tidak lain karena masyarakat yang masih membuang sampah di sungai. Sayangnya masyarakat tidak pernah kapok terkena banjir yang selalu menggenangi rumahnya. Malahan mereka selalu menyalahkan pemerintah.

Dengan adanya dampak banjir yang selalu menggenang rumah masyarakat, sudah seharusnya bila mereka sadar untuk membuang sampah di tempatnya. Bila hal ini dilakukan dengan baik, pastinya ketika musim hujan tiba tidak akan pernah terjadi banjir lagi. Hal ini karena air di sungai akan mengalir secara lancar tanpa ada sampah yang menjadi penghambat.

4. Contoh Teks Eksposisi Ekonomi

Ekonomi rakyat adalah “kegiatan ekonomi rakyat banyak” . Jika dikaitkan dengan kegiatan pertanian, maka yang dimaksud dengan kegiatan ekonomi rakyat adalah kegiatan ekonomi petani atau peternak atau nelayan kecil, petani gurem, petani tanpa tanah, nelayan tanpa perahu, dan sejenisnya; dan bukan perkebunan atau peternak besar atau MNC pertanian, dan sejenisnya.

Perspektif lain dari ekonomi rakyat dapat pula dilihat dengan menggunakan perspektif jargon: “ekonomi dari rakyat, oleh rakyat, dan untuk rakyat”

“Dari rakyat”, berarti kegiatan ekonomi itu berkaitan dengan penguasaan rakyat dan aksesibilitas rakyat terhadap sumberdaya ekonomi. Rakyat menguasai dan memiliki hak atas sumberdaya untuk mendukung kegiatan produktif dan konsumtifnya.

“Oleh rakyat”, berarti proses produksi dan konsumsi dilakukan dan diputuskan oleh rakyat. Rakyat memiliki hak atas pengelolaan proses produktif dan konsumtif tersebut. Berkaitan dengan sumberdaya (produktif dan konsumtif), rakyat memiliki alternatif untuk memilih dan menentukan sistem pemanfaatan, seperti berapa banyak jumlah yang harus dimanfaatkan, siapa yang memanfaatkan, bagaimana proses pemanfaatannya, bagaimana menjaga kelestarian bagi proses pemanfaatan berikutnya, dan sebagainya.

“Untuk rakyat”, berarti rakyat banyak merupakan ‘beneficiaries utama dari setiap kegiatan produksi dan konsumsi. Rakyat menerima manfaat, dan indikator kemantaatan paling utama adalah kepentingan rakyat.

Dalam hal ini perlu pula dikemukakan bahwa ekonomi rakyat dapat berkaitan “dengan siapa saja”, dalam arti kegiatan transaksi dapat dilakukan juga dengan “non-ekonomi-rakyat”. Juga tidak ada pembatasan mengenai besaran, jenis produk, sifat usaha, permodalan, dan sebagainya. Ekonomi rakyat tidak eksklusif tetapi inklusif dan terbuka. Walaupun demikian, sifat fundamental diatas telah pula menciptakan suatu sistem ekonomi yang terdiri dari pelaku ekonomi, mekanisme transaksi, norma dan kesepakatan (“rule of the game”) yang khas, yang umumnya telah memfasilitasi ekonomi rakyat untuk survive dan berkembang sejalan dengan perkembangan sosial ekonomi masyarakatnya.

5. Contoh Teks Eksposisi Hukum

Contoh Teks Eksposisi

Dalam kehidupan sosial, kalangan wanita sering dijadikan sebagai sasaran objek kejahatan. Berdasarkan data yang dirilis oleh Kepolisian Republik Indonesia, Angka kejahatan yang melibatkan kaum wanita sebagai objek kejahatan lebih banyak dibanding kaum laki - lakinya. Dalam laporan tersebut, hampir setiap hari ada aktifitas kejahatan yang melibatkan kaum wanita sebagai korban.

Beberapa kasus yang mainstream dan perlu disoroti lebih dalam yaitu kasus terkait dengan kekerasan dalam keluarga atau yang dalam undang - undang sering disebut KDRT. Kasus-kasus tersebut mengundang masukan dan pendapat dari pakar sosial terkait kesalahan struktur masyarakat Indonesia.

Negara hukum republik indonesia telah secara tegas menerapkan undang-undang yang menjerat para pelaku tindakan kriminal, namun tindakan kriminal tersebut dianggap belum dapat membuat efek jera kepada para pelu kriminal khususnya yang melibatkan kaum wanita sebagai korban. Beberapa ahli dalam bidang sosiologi memberikan argumen kritis terhadap adanya streotype yang terjadi dimasyarakat yang menimbulkan meningkatnya tindakan kriminal pada wanita.

Secara konstruksi sosial, negara indonesia menganut konsep patriaki. Patriaki adalah suatu konsep sosial dimana kedudukan lelaki dinilai lebih tinggi dibandingkan wanita. Pemerintah sebenarnya sudah menerapkan beberapa upaya dan pencegahan tindak kriminal seperti sosialisai pemberdayaan wanita, menyediakan gerbong kereta khusus wanita, mengutamakan kebutuhan wanita di tempat umum dan lainnya. Akan tetapi masih saja beberapa oknum yang melanggar peraturan tersebut.

Konsep sosial pratiaki merupakan konsep sosial yang sudah lama berlangsung diindonesia secara turun temurun. Dalam prakteknya, kaum wanita  diharuskan mentaati seluruh aturan sosial yang mana condong terjadinya diskriminasi gender (drajat wanita lebih rendah dibanding pria). Selain itu sistem tersebut juga mengarahkan wanita supaya selalu patuh dan takut kepada pria.

Tidak dibenarkan jika seorang wanita berani membantah kepada seorang laki - laki. Apabila ada wanita yang melawan, tetap saja masyarakat menganggap perlawanan tersebut tidak seharusnya dilakukan oleh wanita yang sudah dinilai memiliki watak lemah lembut dan taat.

6. Contoh Teks Eksposisi Definisi

Contoh Teks Eksposisi

Buah Pepaya adalah buah besar berbentuk lonjong dengan kulit berwarna hijau, daging buah yang matang berwarna orange, serta memiliki butiran biji kecil warna hitam dan banyak didalamnya. Memiliki tekstur yang empuk berseat tipis dan memiliki rasa segar manis.

Selain bentuknya yang besar, dan rasanya yang segar dan manis, buah pepaya memiliki banyak kandungan manfaat untuk tubuh kita seperti vitamin c, vitamin a, vitamin e, vitamin k, mineral serta karbohidrat. jadi, buah ini selain nikmat juga bermanfaat bagi kesehatan tubuh kita.

Karena memiliki kandungan banyak vitamin, mineral, dan karbohidrat, Setidaknya ada 14 manfaat buah pepaya yang memang sudah terbukti secara ilmiah, yaitu:

  • Menurunkan kolesterol
  • Menurunkan berat badan
  • Mendongkrak sistem kekebalan tubuh
  • Baik untuk penderita diabetes
  • Menjaga kesehatan mata
  • Mencegah radang sendi
  • Membantu sistem pencernaan
  • Meredakan sakit saat haid
  • Mencegah penuaan dini
  • Merangsang pertumbuhan rambut
  • Mengurangi stres
  • Mempercepat penyembuhan luka
  • Menunjang kesehatan kulit
  • Membantu mencegah dan mengatasi jerawat.

Selain untuk kesehatan, kita juga bisa memanfaatkan buah pepaya ini untuk menyajikan hidangan nikmat untuk keluarga kita. Di pedesaan umumnya menggunakan buah pepaya yang setengah matang untuk di olah menjadi sayur masak di rumah.

Banyak kandungan manfaat yang ada dalam buah pepaya yang dapat kita peroleh dengan cara mengkonsumsinya langsung atau diolah terlebih dahulu menjadi hidangan masakan yang lebih nikmat. Buah pepaya ini memiliki kandungan yang bernilai positif dan baik untuk kesehatan.

Dengan mengetahui banyak manfaat tersebut, Anda dapat menjadikannya sebagai objek usaha yang potensial dimasyarakat.

7. Contoh Teks Eksposisi Pertentangan

Contoh Teks Eksposisi

Orang gemar bersepeda, pada umumnya ialah orang orang yang mencintai lingkungan dan alam sekitar. Ciri - ciri umum karakteristik yang demikian  dia adalah orang yang suka untuk tidak membuang sampah sembarangan, suka bersih-bersih, dan suka untuk berkebun. Terkadang juga orang yang demikian aktif dalam aktivitas pelestarian lingkungan.

Sebaliknya, orang yang tak pernah dan tidak suka bersepeda kebanyakan orang kota yang ke mana-mana terbiasa naik mobil nyaman jalan di jalan raya berbalut aspal tebal dan halus, namun panas saat siang hari matahari terik. Sering kali, orang yang demikian akan complain apabila bertemu jalan yang sempit, kasar, berbatu, di lorong lorong khususnya di desa-desa.

Bertentangan dengan orang yang gemar bersepeda, orang yang tidak gemar bersepeda umumnya tidak suka untuk keluar dari ruangan yang penuh dengan fasilitas. Itu menjadikannya acuh terhadap lingkungan dan tidak perduli. Namun, orang yang demikian adalah orang yang paling heboh jika ada suatu problem terkait dengan lingkungan.

Perbedaan orang yang gemar bersepeda dengan orang yang tidak gemar bersepeda cukup jelas bagaikan surga dan negara. Oleh karena itu, marilah kita jadi orang yang gemar untuk bersepeda dan peduli terhadap lingkungan saat kita melewatinya.

8. Contoh Teks Eksposisi Tentang Kesehatan

Contoh Teks Eksposisi

Olahraga memiliki banyak sekali manfaat untuk tubuh kita. Tubuh akan segar dan bugar kembali apabila seseorang sering melakukan olahraga. Namun, ada beberapa hal yang harus diperhatikan oleh seseorang apabila melakukan olahraga, apakah jantungnya dapat mampu dia ajak berolahraga dalam waktu lama atau tidak. Karena, kondisi setiap orang itu berbeda-beda ada yang jantungnya kurang kuat ada pula yang kuat karena sudah terlatih dalam hal berolahraga.

Olahraga merupakan kegiatan menyenangkan yang dapat dilakukan oleh setiap orang. Macam-macam olahraga, yaitu renang, lari, push up, shit up, dan masih banyak lagi. Selain menyenangkan, olahraga tentu saja merupakan kegiatan yang memiliki banyak sekali manfaat untuk kesehatan tubuh. Tubuh akan segar dan bugar kembali setelah melakukan olahraga. Olahraga juga dapat menyebabkan suasana hati menjadi senang, hal tersebut karena olahraga dapat melepaskan segala beban pikiran yang dirasakan oleh seseorang.

Olahraga dapat meningkatkan metabolisme tubuh, peningkatan metabolisme di dalam tubuh berguna untuk menjaga tubuh agar terhindar dari penyakit kognitif, seperti penurunan sistem kerja otak dan juga kepikunan. Olahraga juga sangat disarankan untuk penderita tekanan darah tinggi, tekanan darah tinggi tersebut dapat menyebabkan penyempitan pada pembuluh darah sehingga aliran darah menjadi tidak lancar. Apabila penderita tekanan darah tinggi melakukan olahraga yang teratur, hal tersebut akan membantu memperlancar aliran darah di dalam tubuhnya.

Kesehatan jantung juga akan terjaga apabila seseorang sering melakukan olahraga, namun perhatikan terlebih dahulu apakah jantung Anda kuat untuk diajak melakukan olahraga atau tidak, misalkan seseorang yang memiliki penyakit jantung kemungkinan tidak akan kuat melaksanakan aktivitas lari, renang atau aktivitas olahraga lainnya.

Bahkan kasus seperti ini banyak terjadi, seseorang melakukan aktivitas olahraga tanpa melihat terlebih dahulu kekuatan dari jantungnya. Sehingga bukan malah mendapatkan tubuh yang sehat, ia justru akan menambah buruk keadaan jantungnya.

Sering juga kita temui, orang yang sedang berolahraga tiba-tiba pingsan, dan harus dilarikan ke rumah sakit. Hal tersebut karena sebelumnya pasti ia memiliki riwayat penyakit jantung. Ia akan terkena serangan jantung mendadak apabila tubuhnya tidak kuat untuk melakukan aktivitas yang sedikit menguras tenaga. Sehingga ia akan jatuh pingsan.

Apabila tubuh normal, berolahraga tentu saja akan memiliki banyak sekali manfaat. Bahkan olahraga juga harus dikerjakan oleh setiap orang minimal satu kali dalam seminggu. Hal tersebut akan membuat tubuh kita sehat dan menghindarkan kita dari berbagai macam penyakit. Karena olahraga dapat meningkatkan kekebalan tubuh, sehingga orang yang sering olahraga tubuhnya akan tetap terjaga dan terhindar dari berbagai macam penyakit. Namun, pastikan terlebih dahulu kondisi sebelum melaksanakan aktivitas menyehatkan ini.

9. Contoh Teks Eksposisi Identifikasi

Contoh Teks Eksposisi

Ada banyak jenis ayam yang dapat dikonsumsi dan tersebar di dunia ini. Ayam merupakan salah satu dari jenis makanan yang paling banyak dikonsumsi masyarakat dunia. Hampir semuanya memiliki ciri yang sama namun hanya dibedakan oleh struktur daging dan rasanya saja. Salah satu Ayam yang paling populer dikonsumsi masyarakat adalah ayam pedaging.

Ayam jenis ini sudah banyak di budidayakan di Indonesia. Perawatannya yang murah serta mudah jika dibandingkan memelihara ayam kampung menjadikan ayam pedaging sebagai bahan makanan hewani yang diburu masyarakat. Selain dagingnya yang lebih tebal dan empuk dibandingkan ayam kampung, ayam pedaging dipatok dengan harga 3 kali lebih murah daripada ayam kampung. Akan tetapi mengkonsumsi ayam pedaging berlebihan juga tidak baik bagi kesehatan manusia.

Meskipun ayam jenis ini berpotensi mengganggu kesehatan manusia, tetap saja ayam pedaging dijadikan alternatif pemenuhan gizi harian berupa hewani yang paling diminati seluruh kalangan masyarakat. Namun apabila dikonsumsi dengan batas sewajarnya dan disertai dengan mengkonsumsi sayuran sebagai penyeimbang, dirasa tidak ada masalah jika mengkonsumsi ayam pedaging sebagai alternatif gizi hewani.

10. Contoh Teks Eksposisi Laporan

Contoh Teks Eksposisi

Perkembangan pemikiran rasional murid SMK memang cukup menarik perhatian. Pasalnya mereka sudah mulai memikirkan akan bekerja apa selepas lulus sekolah nanti. Dari berbagai macam jenis jurusan yang disediakan SMK, mereka bebas memilih masuk jurusan sesuai dengan minat mereka. Jumlah sekolah berbasis kejuruan kian menambah setiap tahunnya dengan jurusan yang lebih beragam pula.

Rata-rata murid kelas 12 SMK yang akan lulus sekolah berumur 18-20 tahun. Usia tersebut dirasa sudah wajar jika langsung terjun ke dunia kerja. Apalagi sekarang SMK membuka berbagai kejuruan yang lebih lengkap dari sebelumnya. Beragam jenis profesi dihasilkan dari lulusan SMK dikarenakan lulusan SMK mampu membaca dan memanfaatkan peluang yang ada dimasyarakat.

Itulah alasan mengapa tiap tahunnya peminat SMK semakin bertambah. Tidak hanya itu, biaya bulanan SMK jika dibanding SMA relatif lebih rendah. Ilmu yang didapat dari SMK pun langsung bisa diterapkan di masyarakat tanpa harus melalui fase kuliah seperti lulusan SMA.

11. Contoh Teks Eksposisi Tumbuhan

Pendahuluan

Lidah buaya atau yang bernama latin Aloe Vera ini tidak hanya bermanfaat sebagai penyubur rambut, namun bermanfaat juga bagi kesehatan tubuh.

Lidah buaya memiliki ciri-ciri seperti, daun berbentuk panjang, berwarna hujau dan tebal. Daunnya mengandung serat bening sebagai daging.

Isi

Meskipun sejak dahulu dikenal memiliki banyak manfaat, namun belum banyak orang yang mengetahui bahwa lidah buaya bisa menjadi komoditas yang menguntungkan.

Para peneliti mengungkapkan banyak manfaat dari tanaman ini. Dibawah ini akan dijelaskan beberapa manfaatnya.

  1. Lidah buaya dikenal karena sifat anti-inflamasinya. Dengan kata lain, tanaman ini mempunyai kemampuan untuk memperlambat peradangan karena adanya asam lemak. Mengoleskan gel lidah buaya dapat mencegah atau menghentikan peradangan yang disebabkan oleh cedera, disfungsi kekebalan tubuh, dan lain sebagainya.
  2. Lidah buaya mempunyai efek anti-bakteri dan anti-jamur, sifat ini membuat lidah buaya menjadi salah satu produk alami yang sehat, menangkal radikal bebas, antioksidan yang kuat dan melindungi tubuh.
  3. Bagian tertentu dari tanaman lidah buaya dapat menjadi obat yang sangat baik untuk mempercepat proses penyembuhan. Lidah buaya dinilai sangat baik untuk mengobati bekas luka, luka bakar dan luka karena cedera.
  4. Meningkatkan pencernaan dan membantu detoksifikasi tubuh. Tidak hanya itu, lidah buaya merupakan pencahar yang baik dan sangat membantu dalam berurusan dengan sembelit.
  5. Gel atau jus dari tanaman lidah buaya secara tradisional digunakan sebagai obat untuk diabetes karena sifatnya yang dapat menurunkan kadar gula dalam darah

Kesimpulan

Sudah jelas bahwa lidah buaya tidak hanya bermanfaat sebagai penyubur rambut, tetapi memiliki lebih banyak manfaat didalamnya terutama untuk kesehatan karena mengandung vitamin A, C, E dan juga mineral.

 Artikel Rekomendasi:

Itulah informasi mengenai Contoh Teks Eksposisi Terlengkap & Terbaik. Semoga informasi ini bisa bermanfaat dan sampai jumpa di artikel selanjutnya.

COMMENTS

Nama

anbk,6,asuransi,1,Buku Digital,5,buku teks,14,Ciri teks,15,contoh,120,cpns2019,1,cv,5,Download File,1,games,4,juknis,9,jurnal,2,Kalender,153,kosp,4,Kuliah,14,laporan,14,makalah,3,modul,6,modul ajar,5,modul guru,10,osn,4,Pekerjaan,9,Pendidikan,94,pengertian,31,Permenpan RB,26,phbs,2,poster,3,PPT,64,proposal,7,prota,2,pts,16,resume,4,rpp,25,soal am,3,soal cpns,14,soal pas,15,soal pat,15,soal us,12,surat,17,template,3,template ppt,11,tips,6,usaha,3,
ltr
item
Mautidur.com: 11 Contoh Teks Eksposisi Terlengkap & Terbaik
11 Contoh Teks Eksposisi Terlengkap & Terbaik
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgHjkXEMnHjtV-GfGvi4fMCcuZLrSpbEJXoi9pVKA4o1KSTuOIyrhsca-ruASGEty1jh4QNAZXevepTWUPCsf_rMUR56tqDMgOyLBYDwjGLvdIxo5ZVoMJTAGnF6Bhspw9-AeDPI5FyFeA/s640/guru+honorer.jpg
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgHjkXEMnHjtV-GfGvi4fMCcuZLrSpbEJXoi9pVKA4o1KSTuOIyrhsca-ruASGEty1jh4QNAZXevepTWUPCsf_rMUR56tqDMgOyLBYDwjGLvdIxo5ZVoMJTAGnF6Bhspw9-AeDPI5FyFeA/s72-c/guru+honorer.jpg
Mautidur.com
https://www.mautidur.com/2020/05/contoh-teks-eksposisi.html
https://www.mautidur.com/
https://www.mautidur.com/
https://www.mautidur.com/2020/05/contoh-teks-eksposisi.html
true
2310118337026904168
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All DIREKOMENDASIKAN UNTUK KAMU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy Table of Content