10 Contoh Karangan Persuasi Singkat & Terbaik

Daftar Isi [Tampil]

Contoh Karangan Persuasi - Pada kesempatan kali ini saya akan memberikan beberapa contoh karangan persuasi singkat dan terbaik. Tapi sebelum menuju contoh karangan yang dimaksud. Akan lebih baik jika Anda mengetahui apa sih karangan persuasi itu?

Menurut Wikipedia, Persuasi merupakan komunikasi yang digunakan untuk mempengaruhi dan meyakinkan orang lain. Persuasi pada prinsipnya merupakan upaya menyampaikan informasi dan berinteraksi antar manusia dalam kondisi dimana kedua belah pihak sama-sama memahami, dan sepakat untuk melakukan sesuatu yang penting bagi kedua belah pihak. Bila berkomunikasi dengan sama, setiap individu berharap pesan yang disampaikan dapat dimengerti dan dipercayai.

Ciri-Ciri Karangan Persuasi

Berikut adalah ciri-ciri karangan persuasi, diantaranya yaitu:
  1. Terkadang menampilkan data pendukung seperti fakta-fakta supaya para pembaca percaya dan melakukan apa yang diminta penulis
  2. Berusaha menarik perhatian para pembaca
  3. Bersifat mengajak
  4. Karangan menghindari konflik

Jenis-Jenis Karangan Persuasi

Perlu Anda ketahui bahwa karangan persuasi memiliki beberapa jenis, yakni Persuasi Propaganda, Persuasi Politik, Persuasi Pendidikan, dan Persuasi Advertensi.

Berikut adalah jenis-jenis karangan persuasi, seperti yang dilansir dari ristekdikti.go.id.

1. Persuasi Propaganda

Jenis karangan ini adalah paragraf yang isinya bermaksud untuk mempengaruhi pembacanya untuk melakukan untuk mempercayai sesuatu.

Berbeda dengan jenis-jenis karangan persuasi lainnya, paragraf ini memiliki keinginan yang kuat untuk mempengaruhi pembacanya. Karangan persuasi propaganda banyak ditemukan pada media cetak, seperti majalah, surat kabar, pamphlet, dan lain sebagainya.

2. Persuasi Politik

Karangan persuasi politik merupakan karangan persuasi yang digunakan dalam bidang politik, seperti mengajak pembaca untuk berpartisipasi dalam bidang politik, maupun mengajak pembaca untuk bergabung ke dalam partai.

3. Persuasi Pendidikan

Persuasi pendidikan adalah jenis karangan persuasi yang digunakan dalam bidang pendidikan. Jenis paragraf ini biasanya berfungsi untuk menyampaikan pesan-pesan pendidikan.

4. Persuasi Advertensi

Persuasi advertensi adalah karangan persuasi yang digunakan dalam bidang periklanan. Paragraf ini berfungsi untuk mempengaruhi calon konsumen untuk membeli barang atau jasa yang ditawarkan oleh penulisnya.

Contoh Karangan Persuasi Terbaik

1. Contoh Karangan Persuasi Tentang Sampah

Contoh Karangan Persuasi
source image: merdeka.com

Tinggal di kota yang padat seperti di Jakarta, setiap setiap individu sebaiknya menjaga kebersihan lingkungan. Salah satu cara yang paling mudah dalam menjaga kebersihan lingkungan adalah dengan membuang sampah pada tempatnya. Seperti halnya saat musim penghujan diberbagai pintu air yang ada di Jakarta dipenuhi dengan tumpukan sampah yang tidak enak dipandang. Hal ini sering mengakibatkan air meluap dan banjir di daerah pemukiman.

Sampah yang dibuang sembarangan akan menyumbat aliran air pada selokan. Ketika hujan tiba akan menyebabkan banjir karena air tidak dapat mengalir pada selokan. Untuk itu marilah kita senantiasa menjaga kebersihan lingkungan dengan membuang sampah pada tempat yang telah disediakan.

2. Contoh Karangan Persuasi Tentang Ujian Nasional

Contoh Karangan Persuasi
source image: Fajar.co.id

Ujian akhir nasional akan segera tiba, oleh sebab itu siapkan dirimu dengan belajar yang giat dan tekun agar kita sanggup menghadapi dan menjawab semua soal-soal yang diberikan kepada kita nantinya.

Tentunya kita tidak mau gagal dalam ujian nasional kali ini, sebab hal tersebut pastilah sangat memalukan dan disayangkan, sebab kita telah belajar selama hampir 3 tahun di sekolah ini. Jangan sampai kita gagal mengahadapi ujian yang hanya 4 hari itu. Untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan terjadi, maka persiapkanlah dirimu untuk menghadapi ujian jauh-jauh hari sebelum ujian nasional akan dimulai.

Ada beberapa keuntungan yang bisa kita dapatkan jika kita mempersiapan diri jauh-jauh hari sebelum ujian, diantaraya ialah kita bisa lebih siap menghadapi soal-soal ujian itu sendiri. Dengan belajar yang giat kita akan terbiasa untuk memecahkan soal-soal ujian nasional, hasilnya ketika ujian tiba kita sanggup merampungkan soal ujian tersebut dengan sangat gampang dan cepat.

Tak hanya itu, dengan belajar yang giat menjelang ujian nasional akan melatih mental kita untuk menghadapi ujian nasional yang sesungguhnya. Teruslah berlatih agar mental kita selalu siap dan optimis dalam menghadapi ujian nasional, sebab meskipun kita mengetahui cara mengerjakan soal tersebut, namun bila mental lemah pasti akan menyulitkan kita dalam mengerjakan soal-soal tersebut dengan paripurna.

Oleh karenanya, marilah kita mempersiapkan diri sebaik mungkin sebelum menghadapi ujian nasional datang, agar kita sanggup mengerjakan soal-soal ujian nasional tersebut dengan gampang, sehingga kita semua sanggup lulus dan mendapatkan nilai baik dalam ujian nasional kali ini.

3. Contoh Karangan Persuasi Tentang Pendidikan

Contoh Karangan Persuasi
source image: asikandroid.com

Pemerintah pada tahun 2018 telah mengeluarkan dana sebesar 444 triliun rupiah yang dikhususkan untuk pendidikan nasional. Dana tersebut diwujudkan beasiswa, bantuan sarana prasarana, dan kebutuhan lainnya dibidang pendidikan.

Sudah sepatutnya kita sebagai pelajar memanfaatkan itu semua dengan sebaik-baiknya khusus untuk menimba ilmu di dunia pendidikan dan tidak menggunakannya untuk keperluan lain. Oleh karena itu marilah kita terus belajar dan belajar dengan giat.

4. Contoh Karangan Persuasi Tentang Madu

Contoh Karangan Persuasi
source image: doktersehat.com

Banyak sekali beredar madu yang ternyata menggunakan campuran pemanis buatan. Tanpa kita sadari produk madu tersebut dapat membahayakan kesehatan kita, baik pemakaian dalam jangka pendek ataupun jangka panjang. Akan tetapi mulai sekarang jangan khawatir lagi, karena kini telah hadir madu asli Pure Honey. Madu kemasan asli tanpa campuran apapun.

Pure Honey sangat terjamin mutu dan kualitasnya. Pure Honey merupakan madu asli tanpa campuran air atau pemanis buatan. Sarang lebah untuk madu ini merupakan hasil ternak di salah satu hutan. Peternakan lebah ini sangat terjaga.

Proses pengambilannya pun selalu memperhatikan prosedur yang benar. Pure Honey dijamin kualitasnya dalam meningkatkan stamina kesehatan Anda. Kemasan Pure Honet juga sudah aman dan sesuai dengan standar kemasan internasional. Dan yang paling penting adalah produk ini sudah mendapat label halal dari MUI.

Oleh karena itu, mulailah beralih mengkonsumsi madu Pure Honey demi menjaga kesehatan Anda. Ayo konsumsi Pure Honey sekarang juga!

5. Contoh Karangan Persuasi Tentang Begadang

Contoh Karangan Persuasi
source image: alodokter.com

Begadang adalah suatu aktivitas yang buruk yang sering dilakukan banyak orang. Penyebabnya adalah kita pasti akan mengantuk di siang harinya.

Dengan kantuk yang berat maka kita tidak produktif dan kinerja kita menjadi lambat. Kerja kita akan kacau, karena mengantuk, yang masih pelajar tidak bisa menangkap pelajaran dengan baik dan masih banyak keburukan lainnya.

Bukan hanya orang dewasa saja, sering sekali dijumpai anak-anak muda juga begadang sampai larut malam. Nongkrong di pinggir jalan, di warung kopi, atau hanya sekedar main bareng sampai larut.

Semua sama saja, kegiatan ini sangat merugikan sekali. Mungkin juga salah satu sebab begadang terjadi adalah karena terlalu banyak minum kopi, yang bisa membuat seseorang itu sulit tidur.

Maka dari itu, mari kita semua hindari apa saja yang membuat kita sulit tidur. Dengan begitu kita bisa lebih produktif pada siang harinya. Kita juga akan bertambah sehat.

6. Contoh Karangan Persuasi Tentang Anak

Contoh Karangan Persuasi
source image: kumparan.com

Sering dijumpai pada era sekarang anak tidak taat pada orang tuanya. Seorang anak yang susah diatur atau melewati batas, maka dia akan melakukan tindakan yang merugikan orang lain.

Mungkin bisa jadi keluar kata-kata kotor dari mulutnya, bolos sekolah, bahkan tak jarang juga kita dapati seorang anak itu mencuri. Padahal anak-anak tersebut pastinya disekolahkan yang baik, belajar dengan guru yang baik pula, yang diajarkan juga gak akan hal-hal buruk yang dapat merugikan orang lain.

Ini bisa terjadi mungkin karena tidak ada contoh dari orang tuanya. Atau mungkin keluar dari didikan orang tuanya, sehingga dia mencontoh teman-temannya yang tidak baik dan tidak mendidik.

Salah satu kesalahan orang tua dalam mendidik anak juga adalah ketika anak itu diperbolehkan bergaul dengan anak dewasa, yang usianya jauh dari anak tersebut. Akhirnya dengan sendirinya dia akan mencontoh apa yang dilihat. Anak kecil juga, apalagi usianya yang masih seumuran duduk di bangku SD, akan mudah sekali terpengaruh dengan hal-hal buruk semacam itu.

Maka dari itu, kita para orang tua harus lebih bisa menjaga anak-anak kita dari jangkauan yang kurang baik. Dengan kita yang bisa menjadi contoh yang baik kepada anak-anak kita, maka anak tersebut akan menganggap hal tidak di contohkan dari orang tua itu adalah hal yang buruk, tidak pantas dilakukan. Dengan begitu anak-anak kita akan menjadi anak yang baik bagi bangsa dan agama.

7. Contoh Karangan Persuasi Tentang Olahraga

Contoh Karangan Persuasi
source image: cnnindonesia.com

Tidak bisa dipungkiri lagi, bahwa setiap hari tubuh kita pasti bergerak. Pergi ke kantor, ke sekolahan, ke kampus, kerja, atau aktifitas lainya. Hal itu memang tidak bisa lepas dari kehidupan kita. Karena kita memang butuh untuk mencari nafkah, atau untuk belajar.

Namun ada hal yang tak kalah penting dari semua itu. Kita bahkan menyepelekan hal yang satu ini. Apalagi kalau bukan olahraga. Sering kita sakit-sakitan remeh misal seperti flu, batuk, demam dan lain-lain, itu bisa jadi karena saat itu tubuh kita lemah karena kurangnya kita dalam berolahraga.

Sistem imun tubuh yang menangkal dari penyakit itu sedang lemah dan tidak kuat untuk mengusir penyakit yang datang.

Jauhnya kita dari olahrga juga, bila dibiarkan berlarut-larut sampai menahun akan mengakibatkan tubuh semakin rusak parah. Biasanya para orang tua dan orang-orang sudah bekerja yang sibuk dengan kerjaannya, tidak punya waktu sedikitpun untuk meluangkan waktu dengan olahraga.

Jika hal ini menjadi kebiasaan rutin yang dalam kesehariannya tidak ada olahraga, maka hal ini akan sangat buruk sekali. Dengan begitu kehidupanya akan mudah terjangkit penyakit.

Maka dari itu, mari kita menjadi orang yang cerdas yang menjalani hidup sehat dengan memulainya merutinkan olahraga disetiap harinya. Dengan olahraga hidup kita akan lebih bahagia.

8. Contoh Karangan Persuasi Tentang Air Putih

Contoh Karangan Persuasi
source image: jadiberita.com

Semua orang tau yang namanya air putih. Setiap hari tubuh kita membutuhkan air putih yang cukup untuk mengaktifkan kinerja seluruh oragn tubuh. Jika kita kurang meminum air putih, akibatnya makan kita akan dehidrasi.

Dengan begitu otak kita akan lemot untuk memerintahkan kepada tubuh agar terus bergerak. Air putih juga penting untuk mengganti ion yang hilang dari dalam tubuh. Jika kita kekurangan cairan didalam tubuh kita, kita akan menjadi lemas dan tak bertenaga.

Ayo mari bersama kita biasakan untuk meminum air putih tiap hari, minimal dua liter per hari.

9. Contoh Karangan Persuasi Tentang Bahan Kimia

Contoh Karangan Persuasi

Penggunaan bahan kimia sebagai campuran bahan makanan hewan ternak memang dapat mempercepat pertumbuhan hewan ternak. Bahkan pertumbuhannya bisa dua kali lipat dari biasanya.

Tapi kekurangan bahan kimia pada makanan ternak dapat berdampak yang kurang baik pada hasil ternak karena pada bahan-bahan kimia tersebut dapat berpengaruh terhadap kesehatan hewan ternak. Bukan hana itu saja. Penggunaan bahan kimia juga dapat berpengaruh pada hasil produksi hewan ternak yang menjadi tidak alami lagi sehingga akan berpengaruh pada struktur zat hasil peternakan non-organik. 

Oleh karena itu, beralihlah pada cara-cara beternak yang sehat karena peternakan organik memanfaatkan bahan makan dari alam seperti rumput liar sehingga dapat menghasilkan hewan ternak yang lebih sehat dan juga menghasilkan struktur zat yang lebih alami.

10. Contoh Karangan Persuasi Tentang Kesehatan

source image: liputan6.com

Pergantian musim sering ditandai dengan masyarakat yang semakin banyak terkena penyakit. Kondisi tersebut sering disebut sebagai musim pancaroba.tidak sedikit dari masyarakat yang terserang penyakit seperti flu batuk demam dan lain sebagainya.

Hal tersebut dikarenakan sistem imun tubuh kita cukup rentan untuk terserang penyakit dan juga kondisi tubuh kita belum siap untuk menghadapi perubahan cuaca.

Oleh karena itu dalam menghadapi perubahan musim kita harus menjaga kondisi tubuh kita dengan cara memperbanyak olahraga dan mengkonsumsi makan makanan yang sehat. Dengan begitu tubuh kita akan menjadi lebih prima dan resisten terhadap serangan penyakit.

Baca Juga:

Itulah contoh karangan persuasi singkat dan Terbaik. Semoga contoh tersebut bisa bermanfaat dan sampai jumpa di artikel selanjutnya.

COMMENTS

Nama

anbk,6,asuransi,1,Buku Digital,5,buku teks,14,Ciri teks,15,contoh,120,cpns2019,1,cv,5,Download File,1,games,4,juknis,9,jurnal,2,Kalender,153,kosp,4,Kuliah,14,laporan,14,makalah,3,modul,6,modul ajar,5,modul guru,10,osn,4,Pekerjaan,9,Pendidikan,94,pengertian,31,Permenpan RB,26,phbs,2,poster,3,PPT,64,proposal,7,prota,2,pts,16,resume,4,rpp,25,soal am,3,soal cpns,14,soal pas,15,soal pat,15,soal us,12,surat,17,template,3,template ppt,11,tips,6,usaha,3,
ltr
item
Mautidur.com: 10 Contoh Karangan Persuasi Singkat & Terbaik
10 Contoh Karangan Persuasi Singkat & Terbaik
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEiMfCaam0i8z7EFs7n8Y3qX1WEyjLXksDeOymoqZ1x2UjBarP9y74xPb2cFyZkDHrPiVwjFnEhvH1NVL20aJOqxpOs1XDw_LfwOmh0zwLk_yL05KbLM0-z6dRV54vVvM8uA6E9dkgWyD5o/s640/sampah.jpg
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEiMfCaam0i8z7EFs7n8Y3qX1WEyjLXksDeOymoqZ1x2UjBarP9y74xPb2cFyZkDHrPiVwjFnEhvH1NVL20aJOqxpOs1XDw_LfwOmh0zwLk_yL05KbLM0-z6dRV54vVvM8uA6E9dkgWyD5o/s72-c/sampah.jpg
Mautidur.com
https://www.mautidur.com/2019/07/10-contoh-karangan-persuasi-singkat.html
https://www.mautidur.com/
https://www.mautidur.com/
https://www.mautidur.com/2019/07/10-contoh-karangan-persuasi-singkat.html
true
2310118337026904168
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All DIREKOMENDASIKAN UNTUK KAMU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy Table of Content