12 Contoh Karangan Narasi Terbaik

Daftar Isi [Tampil]

Contoh Karangan Narasi - Pada kesempatan kali ini saya akan memberikan beberapa contoh karangan narasi. Karangan narasi merupakan karangan yang menceritakan suatu kejadian atau peristiwa dengan tujuan supaya pembaca seolah-olah ada dalam kejadian yang sedang diceritakan.

Karangan narasi mempunyai tiga unsur pokok utama, yakni kejadian, tokoh, dan konflik. Jika ketiga unsur tersebut menyatu, maka akan terbentuk sebuah alur cerita pada karangan narasi. Karangan narasi tersebut bisa berupa fiksi atau fakta.

Ciri-Ciri Narasi

  • Kebanyakan lebih berupa suatu hal yang nyata (Fiksi) namun terkadang bisa saja berupa non fiksi atau gabungan antara kedua hal tersebut
  • Terangkai dalam suatu urutan waktu yang jelas
  • Memiliki suatu nilai estetika, yang artinya adalah penulis lebih dibebaskan untuk mengekspresikan sebuah kreatifitas pemilihan gaya bahasa atau ekspresi ( Diksi )
  • Terkesan lebih cenderung memunculkan unsur-unsur sebuah perbuatan & juga sebuah tindakan
  • Kebanyakan lebih bercerita mengenai pengalaman seorang penulis 
  • Terdapat banyaknya sebuah konfliks. Jika tanpa adanya sebuah konfliks, narasi cenderung akan menjadi kurang menarik
  • Susunan lebih ditekankan secara kronologis
  • Kebanyakan lebih mengarah kepada sebuah jawaban tentang apa yang sebenarnya sedang terjadi
Baca Juga: 8 Contoh Teks Editorial Terlengkap & Terbaik

Jenis-Jenis Narasi

1. Narasi Informatif

Narasi Informatif adalah suatu narasi yang mempunyai tujuan secara tepat dalam menyampaikan sebuah informasi mengenai suatu peristiwa atau suatu hal yang dimana berguna untuk memperluas dan menambah pengetahuan orang lain mengenai kisah seseorang

2. Narasi Ekspositoris

Narasi Ekspositoris adalah serangkaian narasi yang dimana menceritakan tentang kisah seseorang dengan sangat informatif sehingga pembaca bisa dengan mudah dan jelas memahami apa yang dibahas atau diceritakan

3. Narasi Artistik

Narasi Artistik adalah sebuah narasi yang memiliki tujuan untuk menyampaikan suatu amanat tersembunyi yang diketahui oleh penulis dimana akan ditujukan kepada para pembaca atau pendengar.

4. Narasi Sugestif

Narasi sugestif adalah narasi yang ditulis berdasarkan hasil rekaan, imajinasi atau khayalan dari seorang penulis untuk memberikan suatu maksud tertentu kepada para pembaca.

Langkah-Langkah Menulis Karangan Narasi seperti dikutip dari Wikipedia.org
  • Tentukan dulu tema dan amanat yang akan disampaikan
  • Tetapkan sasaran pembaca
  • Rancang peristiwa-peristiwa utama yang akan ditampilkan dalam bentuk skema alur
  • Bagi peristiwa utama itu ke dalam bagian awal, perkembangan, dan akhir cerita
  • Rincian peristiwa-peristiwa utama ke dalam detail-detail peristiwa sebagai pendukung cerita
  • Susun tokoh dan perwatakan, latar, dan sudut pandangan
  • mengerti aturan tanda bacanya dalam kalimat tersebut
Baca Juga: 12 Contoh Teks Ulasan Terbaru dan Terbaik

Contoh Karangan Narasi

1. Contoh Karangan Narasi tentang Liburan

Contoh Karangan Narasi

Liburan semester tahun lalu, saya tidak berlibur kemana – mana. Saya hanya di rumah melakukan kegiatan seperti biasa kecuali pergi ke sekolah.

Kegiatan yang saya lakukan di rumah hanya membantu mama saya untuk membuat kue nastar untuk lebaran. Saat saya membantu mama, saya terlalu lama ketika memanggang kue nastarnya sehingga kuenya gosong.

Karena hal tersebut, mama memarahi saya, lalu saya mencoba untuk membuatnya lagi dengan penuh kehati – hatian supaya tidak gosong lagi. Saya membuat kue dibantu oleh sepupu – sepupu saya.

Setelah semua kue selesai dibuat, kami pun membersihkan semua ruangan di rumah, menyapu halaman, dan mencuci piring. Liburan kali ini terasa sangat menyenangkan karena semua hal dilakukan bersama sepupu – sepupu saya.

2. Contoh Karangan Narasi Tentang Kecelakaan Lalu Lintas

Contoh Karangan Narasi

Sore itu pukul 5 tepatnya di persimpangan dekat rumahku telah terjadi kecelakaan. Aku melihatnya sendiri. Satu pengendara motor menabrak seorang anak yang sedang menyebrang jalan. Perasaanku saat itu anak itu tidak salah, karena ia menyebrang ditempat yang benar yaitu zebra cross.

Tapi, justru si pengendara motor memarahi anak tersebut. Ia mengaku kalau lampu lalu lintas yang ia lihat berwarna hijau. Padahal semua orang yang ada disekitarnya melihat bahwa lampu lalu lintasnya berwarna merah. Dan begitu pula dengan aku yang melihat lampu berwarna merah.

Nah, dengan kejadian seperti itu, ada baiknya kita selalu hati – hati dalam berkendara, kita harus selalu memperhatikan rambu – rambu lalu lintas yang ada untuk keselamatan diri kita sendiri maupun orang lain. Sayangi diri kita dan orang lain.

Baca Juga: 9 Contoh Teks Laporan Hasil Observasi Terbaik

3. Contoh Karangan Narasi Tentang Persahabatan

Contoh Karangan Narasi

Pertemuan saat itu sangatlah indah. Perkenalan yang sangat unik. Aku dipertemukan dengan sahabat – sahabatku yang sampai saat ini ada di dekatku.

Sahabat bukan hanyalah menjadi seorang teman saja, tapi sahabat lebih dari itu. Sahabat yang selalu ada saat suka maupun duka, yang selalu menerima kekurangan kita.

Aku bertemu dengan sahabatku 5 tahun lalu. Waktu itu kami hanyalah seseorang yang tidak saling kenal, lalu mencoba untuk saling berkenalan. Obrolan panjang kami lewati, bagaikan teman yang sudah lama tak bertemu.

Mulai saat itu lah kami selalu tukar cerita, jalan – jalan bareng, bahkan sampai liburan bareng. Bahagia rasanya punya sahabat seperti mereka. Semua kenangan – kenangan indah itu tidak akan pernah saya lupakan.

4. Contoh Karangan Narasi Tentang Sekolah

Contoh Karangan Narasi

Sekolah adalah tempat belajar dan menuntut ilmu. Di sekolahku, banyak sekali macam – macam tanaman yang menghiasi setiap depan ruang kelas kami. Di setiap depan ruang kelas ditanami bunga – bunga yang berwarna warni.

Sedangkan didalam kelas dihiasi oleh cat berwarna putih dan ukiran – ukiran hasil tangan para siswa, seperti lukisan, mading (majalah dinding), dan foto – foto para siswa bersama guru.

Kelas kami memang terlihat menarik sekali. Di sekolahku juga ada perpustakaan digital. Para siswa senang sekali berada di perpustakaan. Karena tempatnya yang nyaman dan aman.

5. Contoh Karangan Narasi Tentang Guru

Contoh Karangan Narasi

Semua orang pasti memiliki orang tua sehingga kita bisa terlahir di dunia ini. Tapi ada istilah orang tua kedua yang ada di sekolah. Ya, itu merupakan sebutan untuk guru-guru yang ada di sekolah. Karena saat di sekolah merekalah yang membimbing, menjaga, menegur kita selama kita bersekolah.

Saat kita di sekolah, ada banyak guru dengan materi yang diajarkannya masing-masing serta kepribadiannya masing-masing. Kenapa kepribadian? Itu karena kita pasti sering atau pernah menemukan guru yang sangat baik dan sabar, guru yang tegas, guru yang ditakuti murid karena sering marah, guru yang lucu sering membuat kita tertawa, dan masih banyak lagi.

Ah, selain itu ada juga guru-guru yang cantik dan ganteng serta masih muda yang menjadi bahan modusan (italic) murid-murid.

Terlepas dari itu semua, guru merupakan kunci dimana kita bisa sukses nantinya. Para pahlawan tanpa tanda jasa. Merekalah yang selalu ada dalam suka duka saat kita menempuh pendidikan di sekolah.

Mereka yang juga akan bangga jika kita meraih prestasi, mereka juga yang akan ikut bersedih jika kita mengalami kegagalan, namun mereka juga membangkitkan kita dari kegagalan tersebut. Guru, segala hormat kami untukmu.

6. Contoh Karangan Narasi Tentang Fiksi

Contoh Karangan Narasi

Aku tersenyum sambil mengayunkan langkah. Angin dingin yang menerpa, membuat tulang-tulang di sekujur tubuhku bergemeretak. Kumasukkan kedua telapak tangan ke dalam saku jaket, mencoba memerangi rasa dingin yang terasa begitu menyiksa.

Wangi kayu cadar yang terbakar di perapian menyambutku ketika Eriza membukakan pintu. Wangi yang kelak akan kurindui ketika aku telah kembali ke tanah air. Tapi wajah ayu di hadapanku, akankah kurindui juga?

Ada yang berdegup keras di dalam dada, namun kuusahakan untuk menepiskannya. Jangan, Bowo, sergah hati kecilku, jangan biarkan hatimu terbagi. Ingatlah Ratri, dia tengah menunggu kepulanganmu dengan segenap cintanya.

7. Contoh Karangan Narasi Tentang Pengalaman

Contoh Karangan Narasi

Pada Bulan Juni, tanggal 13 di sekolahku akan memasuki masa libur dan akan berakhir pada tanggal 15 Juli. Kami sekeluarga tidak menyipkan liburan. Ketika itu aku memilih berlibur ke Pantai Parangtritis.

Dan keesokan harinya aku mempersiapkan segalanya perbekalan yang nantinya diperlukan. Sepanjang perjalanan, aku iringi dengan nyanyian lagu riang. Betapa senangnya aku ketika sampai di pantai tersebut. Dengan semua pemndangannya yang menawan.

Lalu kemudian sesampainya disana kami keluargaku saling berfoto-foto untuk mengabadikan momen yang indah ini. waktu berlalu begitu cepat tak terasa berjam-jam telah kuhabiskan disana.

Perpisahan pun terjadi ketika hari beranjak sore . Tak rela rasanya kebahagiaan ini akhirnya selesai. Dalam benakku, aku kan kembali esok.

8. Contoh Karangan Narasi Tentang Pendidikan

Contoh Karangan Narasi

Dunia pendidikan akan selalu berterimakasih terhadap jasa tokoh pelopor pendidikan sejak zaman penjajahan Belanda. Beliau adalah Ki Hajar Dewantara. Perjuangan beliau saat zaman penjajahan Belanda adalah agar rakyat pribumi dapat memperoleh hak pendidikan seperti hak para priyayi maupun orang-orang Belanda.

Perjuangannya inilah yang membuat beliau dinobatkan sebagai Bapak Pendidikan Nasional dan hari kelahirannya diperingati sebagai Hari Pendidikan Nasional.

Ki Hajar Dewantara lahir pada tanggal 2 Mei 1889 di Yogyakarta. Nama kecil beliau adalah Raden Mas Soewardi Soeryaningrat. Di masa mudanya, Ki Hajar Dewantara aktif dalam organisasi sosial politik.

Beliau selalu memberikan sosialisasi dengan tujuan menggugah kesadaran masyarakat akan pentingnya persatuan dan kesatuan berbangsa bernegara.

Ki Hajar Dewantara mulai aktif dalam pendidikan ketika beliau diasingkan di Belanda. Dalam masa pengasingan, beliau belajar ilmu pendidikan hingga memperoleh gelas Europeesche Akte.

Gelar ini menjadi berguna ketika tahun 1919 beliau kembali ke Indonesia dan berlatih menjadi guru. Langkah besar beliau adalah ketika mendirikan sekolah Perguruan Nasional Taman Siswa pada tanggal 3 Juli 1992.

Banyak halangan dan rintangan yang diluncurkan oleh pemerintah Belanda terhadap beliau. Akan tetapi beliau tetap memperjuangkan pendidikan. Hingga beliau menciptakan semboyan yang terkenal sampai sekarang.

Tut Wuri Handayani (di belakang memberi dorongan). Ing Madya Mangun Karsa (di tengah menciptakan peluang untuk berprakarsa). Ing Ngarsa Sungtulada (di depan memberi teladan). Semboyan ini kemudian digunakan sebagai slogan Kementerian Pendidikan Nasional.

9. Contoh Karangan Narasi Tentang Fakta

Contoh Karangan Narasi

Ir. Soekarno, Presiden Republik Indonesia pertama adalah seorang nasionalis. Ia memimpin PNI pada tahun 1928. Soekarno menghabiskan waktunya di penjara dan di tempat pengasingan karena keberaniannya menentang penjajah.

Soekarno mengucapkan pidato tentang dasar-dasar Indonesia merdeka yang dinamakan Pancasila pada sidang BPUPKI tanggal 1 Juni 1945. Soekarno bersama Mohammad Hatta sebagai wakil bangsa Indonesia memproklamasikan kemerdekaan Indonesia pada tanggal 17 Agustus 1945.

Ia ditangkap Belanda dan diasingkan ke Bengkulu pada tahun 1948. Soekarno dikembalikan ke Yogya dan dipulihkan kedudukannya sebagai Presiden RI pada tahun 1949. Jiwa kepemimpinan dan perjuangannya tidak pernah pupus.

Soekarno bersama pemimpin-pemimpin negara lainnya menjadi juru bicara bagi negara-negara nonblok pada Konferensi Asia Afrika di Bandung tahun 1955. Hampir seluruh perjalanan hidupnya dihabiskan untuk berbakti dan berjuang.

10. Contoh Karangan Narasi Tentang Dongeng

Contoh Karangan Narasi

Suatu hari di sebuah kerajaan besar lahirlah seorang putri cantik yang bernama Putri Natasha. Wajahnya sangat cantik dan lucu. Putri Natasha lahir dari pasangan Raja Anthum dan Ratu Aurora.

Semua orang sangat bahagia saat kelahiran Putri yang telah ditunggu-tunggu itu. Tepat di hari kelahiran Putri Natasha, didepan pintu gerbang istana terdapat seorang bayi kecil yang tergeletak tak berdaya.

Akhirnya karena pihak istana tak tega untuk menyingkirkannya, bayi tersebut kemudian diasuh oleh pihak istana dan diberi nama Putri Andine

Dua tahun telah berlalu, Putri Natasha dan Putri Andine telah berubah menjadi putri-putri yang lucu, mereka telah menjadi seperti saudara kandung sendiri. Raja dan ratu pun senang melihat keakraban mereka, meskipun mereka belum memberitahukan bahwa Putri Andine bukanlah anak kandung mereka.

Saat menginjak usia 12 tahun, Putri Natasha terlihat lebih cantik daripada Putri Andine. Dan juga Putri Natasha lebih mirip Ratu Aurora. Putri Andine yang ketika itu menyadari bahwa Putri Natasha lebih cantik darinya dan lebih mirip kepada sang Ratu, mempunyai niat tak baik kepada Putri Natasha.

Suatu hari Putri Andine yang telah beniat jahat kepada Putri Natasha mencoba membuat wajah Putri Natasha menjadi buruk rupa dengan menyiramkan air panaas kepada Putri Natasha. Namun sebelum sempat ia mencoba melakukannya, niat jahatnyaa telah diketahui oleh Ratu Aurora.

Akhirnya sang Ratu menceritakan mengapa ia tak mirip dengan Ratu Aurora. Putri Andine akhirnya menyadari dan kembali menjadi baik kepada Putri Natasha. Dan sekarang mereka menjadi putri-putri yang paling dikagumi di negeri tersebut.

11. Contoh Karangan Narasi Tentang Alam

Contoh Karangan Narasi

Pagi ini udara diluar rumah sangatlah dingin, kulitku seperti berada di dalam lemari es. Dinginnya seperti hampir membekukan seluruh tubuhku.

Hari ini adalah hari pertamaku berada di desa dimana ibu dilahirkan. Keluarga ibuku masih banyak yang tinggal di desa.

Aku yang terbiasa dengan suasana kota, kali ini masih terasa sedikit canggung ketika berada di daerah pedesaan. Jalannya yang sempit dan sedikit becek, membuatku untuk lebih berhati – hati.

Pagi ini, aku ingin melihat matahari terbit dari balik bukit yang ada didepan rumah kakekku. Indah sekali pemandangannya.

12. Contoh Karangan Narasi Tentang Banjir

Contoh Karangan Narasi

Hari minggu ini adalah hari yang paling melelahkan bagiku. Anak remaja lainnya menghabiskan waktu untuk bersantai atau pergi jalan – jalan bersama keluarga atau teman – temannya. Tapi itu tidak berlaku untukku.

Pukul 5 pagi aku sudah bangun untuk membantu ibu dan ayahku untuk membersihkan rumah dari lumpur yang dibawa oleh banjir kemarin. Ya, kemarin area perumahanku didatangi banjir. Akhir – akhir ini hujan turun tanpa henti. Akibatnya sungai yang berada di belakang perumahan kami meluap, sehingga banjir pun tidak mampu untuk dihalangi lagi.

Sebenarnya banjir mungkin saja tidak akan terjadi, jika sungai dirawat dengan baik. Namun, nyatanya banyak sekali masyarakat yang masih tidak sadar akan kebersihan sungai, contohnya membuang sampah ke sungai.

Sampah yang menumpuk di pinggiran sungai, akan menghambat jalannya air, sehingga air sungai pun meluap dan turun ke jalan. Maka dari itu, kita harus menjaga dan merawat sungai, agar tidak terjadi banjir.

Baca Juga: 

Itulah contoh karangan narasi terbaik. Semoga contoh tersebut bisa bermanfaat dan sampai jumpa di artikel selanjutnya.

COMMENTS

Nama

anbk,6,asuransi,1,Buku Digital,5,buku teks,14,Ciri teks,15,contoh,120,cpns2019,1,cv,5,Download File,1,games,4,juknis,9,jurnal,2,Kalender,153,kosp,4,Kuliah,14,laporan,14,makalah,3,modul,6,modul ajar,5,modul guru,10,osn,4,Pekerjaan,9,Pendidikan,94,pengertian,31,Permenpan RB,26,phbs,2,poster,3,PPT,64,proposal,7,prota,2,pts,16,resume,4,rpp,25,soal am,3,soal cpns,14,soal pas,15,soal pat,15,soal us,12,surat,17,template,3,template ppt,11,tips,6,usaha,3,
ltr
item
Mautidur.com: 12 Contoh Karangan Narasi Terbaik
12 Contoh Karangan Narasi Terbaik
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhQhvKyETEI7W3mi_VXf6hsE4c99Y5Pg-LnhTRtLdD1a9SiGaSyO9vYnBd9LokxWxG_hyphenhyphenRy1qF_iU9YqptjKiwlzKPW6v3pq_-tuixCTk1H8X25awZ4o-ePQz58dd47Ngu_Q2haCUX9KhY/s640/3.jpg
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhQhvKyETEI7W3mi_VXf6hsE4c99Y5Pg-LnhTRtLdD1a9SiGaSyO9vYnBd9LokxWxG_hyphenhyphenRy1qF_iU9YqptjKiwlzKPW6v3pq_-tuixCTk1H8X25awZ4o-ePQz58dd47Ngu_Q2haCUX9KhY/s72-c/3.jpg
Mautidur.com
https://www.mautidur.com/2019/07/12-contoh-karangan-narasi-terbaik-tahun.html
https://www.mautidur.com/
https://www.mautidur.com/
https://www.mautidur.com/2019/07/12-contoh-karangan-narasi-terbaik-tahun.html
true
2310118337026904168
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All DIREKOMENDASIKAN UNTUK KAMU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy Table of Content