8 Contoh Teks Editorial Terlengkap & Terbaik

Daftar Isi [Tampil]
Contoh Teks Editorial - Pada kesempatan kali ini saya akan memberikan beberapa contoh dari teks editorial. Namun, kamu harus memahami terlebih dahulu apa itu teks editorial.

Pengertian Teks Editorial

Teks editorial merupakan sebuah teks yang berisi sebuah pendapat pribadi atau seseorang terhadap sebuah isu atau masalah aktual. Isu atau masalah tersebut bisa meliputi masalah sosial, politik atau ekonomi.

Meskipun begitu, pengungkapan teks tersebut harus didasari dan dilengkapi dengan bukti, data, atau alasan yang logis dan bijak supaya pembaca atau pendengar bisa menerimanya dengan baik.

Baca Juga: 5 Contoh Teks Debat Singkat dan Terbaik

Manfaat Teks Editorial

Teks Editorial memiliki manfaat kepada pembaca dalam merangsang pemikiran dan terkadang mampu menggerakan pembaca untuk ikut berpartisipasi dan bertindak.

Tujuan Teks Editorial

  • Mengajak pembaca untuk ikut berpikir mengenai sebuah masalah yang sedang hangat diperbincangkan atau yang sedang terjadi dikehidupan sekitar
  • Untuk memberikan suatu pandangan redaksi kepada pembaca mengenai masalah-masalah yang sedang berkembang

Fungsi Teks Editorial

  • Menjelaskan sebuah berita dan akibatnya kepada masyarakat.
  • Mengisi layar belakang yang berhubungan dengan berita tersebut dengan kenyataan sosial.
  • Dapat mempersiapkan masyarakat akan kemungkinan yang akan terjadi.
  • Meneruskan penilaian moral tentang berita tersebut.

Ciri-ciri Teks Editorial

  1. Tema tulisannya sedang berkembang atau banyak dibicarakan banyak orang, aktual dan faktual.
  2. Bersifat sistematis dan juga logis.
  3. Teks editorial merupakan sebuah gagasan atau pendapat yang sifatnya argumentative.
  4. Penggunaan kalimatnya singkat, padat dan jelas

Struktur Teks Editorial

1. Tesis (Pernyataan Pendapat)

Bagian ini berisi sudut pandang penulis tentang sebuah masalah yang dibahas.

2. Argumentasi

Bagian ini adalah alasan atau bukti yang digunakan dalam memperkuat pernyataan dalam tesis, meskipun secara umum argumentasi diartikan untuk menolak suatu pendapat. Argumen juga bisa berbentuk pertanyaan umum atau data dari hasil penelitian, ataupun fakta-fakta yang didapatkan dari sumber terpercaya.

3. Reiteration (Pernyataan/ Kesimpulan)

Bagian ini adalah penegasan ulang mengenai pendapat yang didorong oleh data dan fakta dibagian argumentasi dalam upaya menegaskan.

Contoh Teks Editorial

1. Contoh Teks Editorial tentang Belajar Online

Contoh Teks Editorial

Pernyataan Pendapat

Saat ini akibat terjadinya pandemic COVID 19, banyak sekolah memutuskan untuk melaksanakan proses belajar mengajar secara online. Hal ini terkait dengan keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan di Indonesia yang menyarakan supaya melaksanakan sistem belajar secara online untuk mencegah penularan di sekolah. Sepintas tampaknya hal ini terlihat mudah, namun ternyata tidak semudah saat belajar di sekolah. Banyak isu dan masalah yang terjadi selama proses belajar mengajar yang dilaksanakan secara online.

Argumentasi

Sekolah online saat ini menuai banyak kontroversi di kalangan orang tua. Pasalnya hal ini memaksa semua orang tua untuk menyediakan sarana online yang memadai. Termasuk kuota internet yang cukup serta gadget yang sesuai. Tentu saja tidak semua kalangan sanggup melaksanakan hal tersebut. Belum lagi tingkat disiplin anak yang menurun saat belajar di rumah. Hal ini tentu perlu menjadi perhatian dinas pendidikan setempat. Misalnya melalui penyediaan kuota internet belajar secara gratis, yang sedikit banyak membantu meringankan beban orang tua untuk membayar tagihan internet yang membengkak.

Kesimpulan

Melalui bantuan dari pemerintah terkait, paling tidak masalah yang terjadi dengan keputusan belajar online ini dapat diredam. Jika tidak tentu saja akan tetap banyak orang tua yang kurang setuju jika belajar online diperpanjang hingga akhir tahun. Terutama bagi yang terdampak secara ekonomi dan tidak memiliki cukup sarana dan prasarana untuk pelaksanaan belajar online tersebut.

2. Contoh Teks Editorial tentang Pelayanan Rumah Sakit

Contoh Teks Editorial

Pernyataan Pendapat

Beberapa waktu yang lalu masyarakat memberikan pengaduan mengenai pelayanan kesehatan yang ada di Indonesia. Dari berbagai banyak pengaduan yang disampaikan, yang paling banyak pengaduan terkait dengan pelayanan dokter dalam melayani pasien.

Argumentasi

Terkait dengan permasalahan ini, pemerintah sebaiknya semakin mengutamakan bidang kesehatan. Salah satu cara yang bisa dilakukan yaitu dengan memperbarui serta meningkatkan mutu dari semua dokter yang ada di Indonesia. Itu merupakan salah satu cara supaya pelayanan semakin meningkat dan juga memberikan kepuasan untuk semua masyarakat.

Total pengaduan yang disampaikan kurang lebih 268 kasus, serta dilaporkan ke semua kementerian kesehatan. Akan tetapi, masih banyak laporan yang belum diterima. Inti dari pengaduan tersebut adalah masyarakat kurang puas terhadap sistem pelayanan rumah sakit yang diberikan.

Kesimpulan

Sampai saat ini masyarakat akan terus berharap supaya bisa mendapatkan pelayanan yang meningkat dari rumah sakit yang ada di Indonesia, hal tersebut guna membuat masyarakat semakin nyaman.

3. Contoh Teks Editorial tentang Pendidikan

Contoh Teks Editorial

Pernyataan Pendapat

Sistem pendidikan di Indonesia dapat dibilang masih jauh tertinggal jika dibandingkan dengan negara – negara lain, bahkan dengan negara tetangga sendiri seperti Malaysia, Singapura, dan Thailand. Mengapa hal tersebut dapat terjadi? Seharusnya revolusi mental yang pernah di suarakan oleh pemerintah bukan hanya isapan jempol belaka, melainkan harus benar – benar di laksanakan dan dihayati oleh semua pihak.

Argumentasi

Berbicara mengenai pendidikan yang ada di indonesia memang tidak kunjung membaik, bahkan dapat dikatakan mengalami kemunduran. Hal tersebut sebenarnya dipengaruhi oleh beberapa faktor, di antaranya yaitu permasalahan kesejahteraan pengajar, fasilitas yang belum memadai, anggapan masyarakat mengenai pendidikan, dan mental korupsi yang telah mengakar di dalam tubuh pemerintahan.

Seperti yang telah kita ketahui bersama, pada saat ini pemerintah telah mengalokasikan dana APBD sebesar 20% untuk pendidikan. Namun semua dana tersebut tidak benar – benar untuk pendidikan secara keseluruhan. Rasanya sudah menjadi rahasia umum lagi bahwa dana yang telah di anggarkan banyak merembes di perjalanan, bahkan oleh pihak dinas dan sekolah terkait.

Kesimpulan

Jika di telaah lebih dalam lagi mengenai makna dari pendidikan, maka kita dapat menemukan bahwa mendidik tidak sama halnya dengan mengajar, itulah artinya bahwa pendidikan tidak selalu harus berkaitan dengan sekolah. Sebuah pendidikan tidak hanya untuk membuat seorang anak menjadi pintar dan cerdas saja, namun lebih dari itu yaitu agar anak mempunyai akhlak dan budaya yang baik.

4. Contoh Teks Editorial tentang Kesehatan

Contoh Teks Editorial

Pernyataan Pendapat

Pelayanan di Indonesia pada tahun lalu mulai menurun. Banyaknya pasien yang mengadukan kepada Kemenkes RI bahwa pelayanan di Rumah Sakit terdekat tidak baik seperti pada tahun-tahun sebelumnya.

Argumentasi

Yang dimaksud penurunan pelayanan disini adalah pelayanan dokter yang kurang memuaskan menurut para pasien-pasien yang berobat. Banyak dokter yang tidak dapat menemukan penyakit pasien sehingga obat yang diberikan kadang tidak sesuai dengan penyakit dan tidak kunjung sembuh penyakit para pasien.

Kesimpulan

Kompetensi seorang dokter harus ditingkatkan di Indonesia karena berhubungan dengan kesehatan para masyarakat. Kesehatan adalah hal terpenting dalam hidup. Pemerintah harus memberikan penilaian terhadap mutu pelayanan secara rutin agar pelayanan dokter bisa meningkat dan tidak mengecewakan para pasien.

5. Contoh Teks Editorial tentang Media Sosial

Contoh Teks Editorial

Pernyataan Pendapat

Makin banyak pengguna media sosial khususnya instagram, facebook, dan yang lainnya. Bukan hanya sebagai tempat komunikasi dan berbagi ekspresi. Namun, saat ini banyak digunakan sebagai tempat promosi suatu usaha. Hal ini adalah sisi positif yang dimiliki oleh media sosial yang bisa Anda maksimalkan.

Argumentasi

Dengan banyaknya toko-toko online dewasa ini, maka manfaat media sosial sangat berperan penting. Media sosial bisa digunakan sebagai tempat marketing yang ampuh dan dekat dengan para pelanggan. Jika Anda memiliki toko dalam bentuk online pasarkan kepada para pengikut Anda di instagram dan mereka bisa melihat secara langsung bagaimana produk yang Anda jual.

Kesimpulan

Menjadikan media sosial sebagai tempat promosi atau marketing adalah hal yang tepat karena dengan menggunakan media sosial Anda bisa dengan mudah dekat dengan pelanggan tanpa berhadapan secara langsung.

6. Contoh Teks Editorial tentang Sampah

Contoh Teks Editorial

Pernyataan Pendapat

Sejak kecil masyarakat Indonesia kurang peduli akan lingkungan dan telah membuang sampah sembarangan. Hal ini dikarenakan, secara tidak langsung setiap orang tua telah mengajarkan kepada anaknya untuk membuang sampah sembarangan dengan perilaku yang ia lakukan.

Argumentasi

Kebiasaan membuang sampah sembarangan harus dihilangkan dari setiap diri masyarakat agar terciptanya lingkungan yang bersih dan nyaman. Terkadang masyarakat yang tinggal di bantaran sungai akan lebih mudah membuang sampah ke dalam sungai, sehingga membuat malas seseorang untuk membuang sampah ke tempat sampah.

Kesimpulan

Masalah lingkungan yang bersih dari sampah merupakan tugas kita semua untuk menjaganya. Masyarakat bisa melakukan upaya untuk membayar iuran bersama, sehingga bisa menyediakan tong sampah yang cukup.

7. Contoh Teks Editorial tentang Pengembangan Teknologi di Pendidikan

Contoh Teks Editorial

Pernyataan Pendapat

Masa kini, pendidikan sangatlah penting, tak dapat dipungkiri bahwa tanpa pendidikan, masyarakat Indonesia akan tertinggal jauh oleh bangsa lain. Oleh karena itu, banyak upaya yang telah dilakukan oleh pemerintah Indonesia untuk memajukan pendidikan.

Argumentasi

Computer Based Test atau CBT memang seharusnya sudah diberlakukan pada sistem UN di Indonesia. Pada dasarnya, sistem ini tidak hanya untuk pengembangan teknologi saja, namun juga efisien dan lebih hemat dibanding dengan Paper Based Test yang harus mencetak soal ke dalam bentuk kertas. Dan juga biaya untuk pengiriman soal-soal ke beberapa sekolah tidak sedikit.

Pemanfaatan teknologi seperti CBT sangatlah meringankan. Manfaat yang didapat banyak sekali, untuk siswa, mereka akan lebih terbantu, karena mereka sudah tidak perlu fokus untuk menghitamkan kertas jawaban.

Kesimpulan

Pada suatu negara diperlukan kondisi paling tidak sejajar dengan negara lain di dunia. Indonesia merupakan negara berkembang dan sangat perlu suatu kemajuan.

8. Contoh Teks Editorial tentang Politik

Contoh Teks Editorial

Pernyataan Pendapat

Puluhan ribu orang turun ke jalan di tengah kota Moskow, Rusia, untuk mengenang Boris Nemtsov yang merupakan tokoh oposisi yang tewas ditembak. Nemtsov ditembak hingga mati, ketika tengah berjalan kaki menyeberangi jembatan menuju Lapangan Merah, di dekat Kremlin. Tembakan dilepaskan dari dalam mobil yang melintas, dan kemudian empat peluru bersarang di punggungnya. Model Ukraina, Anna Durtskaya, yang berjalan bersama Nemtsov tidak cedera. Oleh sebab itu, polisi menyatakan pembunuhan itu direncanakan dengan sistematis.

Argumentasi

Siapa Nemtsov? Mengapa dia ditembak? Netmsov adalah musuh bebuyutan Presiden Rusia Vladimir Putin. Ia mengkritik kembalinya Putin sebagai presiden pada tahun 2012. Ia juga menentang keterlibatan Rusia di negara Ukraina dan mendesak perang segera diakhiri. Tidak hanya itu saja, dia juga tengah mempersiapkan laporan berisi keterlibatan langsung pasukan Rusia dalam pasukan pemberontak di Ukraina Timur sejak April 2014. Dan, ia dibunuh pada saat tengah mempersiapkan aksi demo besar-besaran menentang pemerintah.

Kesimpulan

Itu merupakan tugas berat bagi Putin karena ia harus menunjukkan bahwa ia tidak terlibat dengan pembunuhan tersebut. Kita berharap, Putin tidak hanya bertekad untuk menyeret pelaku itu ke pengadilan, tetapi juga harus bertekad untuk mengakhiri terjadinya kekerasan politik di Rusia.

Baca Juga:
Itulah informasi mengenai contoh teks editorial terlengkap dan terbaik. Semoga beberapa contoh tersebut bisa bermanfaat dan sampai jumpa di artikel selanjutnya.

COMMENTS

Nama

anbk,6,asuransi,1,Buku Digital,5,buku teks,14,Ciri teks,15,contoh,120,cpns2019,1,cv,5,Download File,1,games,4,juknis,9,jurnal,2,Kalender,153,kosp,4,Kuliah,14,laporan,14,makalah,3,modul,6,modul ajar,5,modul guru,10,osn,4,Pekerjaan,9,Pendidikan,94,pengertian,31,Permenpan RB,26,phbs,2,poster,3,PPT,64,proposal,7,prota,2,pts,16,resume,4,rpp,25,soal am,3,soal cpns,14,soal pas,15,soal pat,15,soal us,12,surat,17,template,3,template ppt,11,tips,6,usaha,3,
ltr
item
Mautidur.com: 8 Contoh Teks Editorial Terlengkap & Terbaik
8 Contoh Teks Editorial Terlengkap & Terbaik
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgpK012itujhnIYDv0f9JgHdgMK0-f08umL7lBgxnUUZCh8a-ckQ-SgZvkYZSAa-3AwhnmPfX7GQgyLXacA1zwPZnCDHHFWd5EU8pRphhyphenhyphen0Sben0bda7krXbDTAOQgJWWK1U3yxEZo1AxY/s640/1.jpg
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgpK012itujhnIYDv0f9JgHdgMK0-f08umL7lBgxnUUZCh8a-ckQ-SgZvkYZSAa-3AwhnmPfX7GQgyLXacA1zwPZnCDHHFWd5EU8pRphhyphenhyphen0Sben0bda7krXbDTAOQgJWWK1U3yxEZo1AxY/s72-c/1.jpg
Mautidur.com
https://www.mautidur.com/2020/08/8-contoh-teks-editorial-terlengkap.html
https://www.mautidur.com/
https://www.mautidur.com/
https://www.mautidur.com/2020/08/8-contoh-teks-editorial-terlengkap.html
true
2310118337026904168
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All DIREKOMENDASIKAN UNTUK KAMU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy Table of Content