12 Contoh Teks Persuasif Terlengkap & Terbaik

Daftar Isi [Tampil]

Contoh Teks Persuasif - Pada kesempatan kali ini saya akan memberikan beberapa contoh teks persuasif. Namun, kamu harus memahami terlebih dahulu apa itu teks persuasif.

Teks Persuasif adalah suatu teks yang isinya mengajak atau isinya mempunyai unsur ajakan bagi pembaca untuk melakukan hal yang penulis ungkapkan di dalam teks. Menurut KBBI persuasif bermakna membujuk secara halus untuk meyakinkan pembaca atau pendengar.

Ciri-Ciri Teks Persuasif

  • Membuat si pembaca dapat lebih percaya dengan penjelasan yang menarik
  • Berupaya dapat menghindari konflik, yang mana hal ini di lakukan agar pembaca yakin dan tercapainya kesepakatan
  • Isinya mengandung fakta dan bukti sebagai faktor yang kuat dalam mempengaruhi atau kalimat dengan bentuk ajakan/bujukan
  • Sedangkan untuk bahasa yang di gunakan dibuat provokatif, menarik dan antusias. Hal ini di lakukan agar si pembaca dapat lebih yakin
  • Tulisan memiliki tujuan untuk mendorong atau mempengaruhi pada suatu hal
  • Berupaya dapat menimbulkan suatu kesepakatan atau penyesuaian lewat kepercayaan penulis dengan pembaca
  • Memperlihatkan berbagai fakta serta data sebagai penguat argumentasi

Struktur Teks Persuasif

1. Pengenalan Isu

Pengenalan isu berupa awalan teks yang mengenalkan permasalahan yang akan dibahas pada teks.

2. Rangkaian Argumen

Rangkaian argumen ini berupa pendapat dari penulis tentang isu yang disampaikan sebelumnya. Dibagian ini juga disampaikan tentang fakta yang mendukung argumen tersebut.

3. Pernyataan Ajakan

Pernyataan ajakan ini berupa kalimat-kalimat dorongan yang ditunjukan kepada pembaca untuk melakukan sesuatu.

4. Penegasan Kembali

Tujuan dari penegasan kembali adalah memperkuat pernyataan dan argumen-argumen sebelumnya.

Baca Juga: 12 Contoh Teks Ulasan Terbaru dan Terbaik

Kaidah Kebahasaan Teks Persuasif

  • Menggunakan kata-kata penghubung argumentatif seperti : karena, sebab, dengan demikian, jika, oleh karena itu, akibatnya.
  • Menggunakan kata-kata teknis atau peristilahan yang berkenaan dengan topik yang dibahas
  • Menggunakan kata kerja mental, seperti: memperkirakan, diharapkan, berpendapat, mengagumkan dan berasumsi.
  • Menggunakan kata kerja imperatif seperti: sepantasnya, harus, penting, jadikanlah.
  • Menggunakan kata-kata perujukan dalam pemaparan fakta, seperti: merujuk pada pendapat, berdasarkan itu.

Contoh Karangan Persuasif

1. Contoh Teks Persuasif tentang Lingkungan

Contoh Teks Persuasif

Sebuah lingkungan yang bersih adalah lingkungan yang sehat, dan jauh dari sampah dan polusi. Dan lingkungan bersih sulit kita temui di daerah perkotaan karena terdapat banyak kendaraan bermotor yang hampir setiap hari orang memakainya. Tetapi lingkungan bersih dapat kita temui didaerah pedesaan yang masih asri karena didaerah ini jarang ditemui pabrik-pabrik dan kendaraan bermotor.

Dan untuk menciptakan lingkungan bersih dan sehat kita semua perlu mengadakan kegiatan gotong royong atau kerja bakti membersihkan lingkungan kita. Menanam pohon-pohon untuk penghijauan karena apabila lingkungan kita banyak tanaman artinya banyak pula oksigen yang dihasilkan oleh tanaman-tanaman itu sendiri yang berguna bagi tubuh kita juga. Karena tanaman juga bisa sebagai penahan tanah longsor.

Dan Sedialah payung sebelum hujan, kata-kata itulah yang tepat digunakan untuk menggerakkan masyarakat supaya cepat tanggap dengan keadaan lingkungan sekitar kita, marilah kita bersama-sama menjaga lingkungan sekitar kita agar tidak terjadi bencana-bencana alam terutama banjir. Mari buatlah hutan kota disekitar lingkungan kita karena kalau lingkungan sehat akan mempengaruhi juga jiwa kita menjadi sehat.

2. Contoh Teks Persuasif tentang Kesehatan

Contoh Teks Persuasif

Judul: Pentingnya sarapan

Masih banyak anak sekolahan yang berangkat sekolah tanpa menyantap sarapan mereka. Ada banyak alasan mengapa mereka melakukannya, mulai karena sarapan tidak penting hingga tidak ada waktu untuk sarapan karena bangun kesiangan. Padahal, sarapan sangat penting sebelum beraktivitas seharian.

Sarapan sangat dianjurkan sebelum berangkat sekolah karena memang untuk kesehatan kamu. Saat kamu tidak sarapan dan pergi ke sekolah, artinya kamu sedang mencari penyakit. Tidak baik, pergi sekolah dengan perut yang kosong. Walaupun hanya sepotong roti, jangan biarkan perut kamu bekerja tanpa terisi apa – apa. Kemungkinan penyakit dengan perut yang kosong adalah radang lambung. Dan masih banyak penyakit lainnya.

Alasan lain mengapa kamu perlu sarapan karena kamu membutuhkannya untuk belajar di kelas. Melewatkan sarapan, otak dan badan kamu tidak akan berfungsi sebagaimana mestinya karena memang tidak adanya energi. Saat kamu akan belajar sesuatu, tetapi perut kamu kosong maka bukan keberhasilan yang kamu dapatkan melainkan kesusahan. Banyak anak sekolah yang melewatkan sarapan karena mereka takut ngantuk di kelas. Padahal hal tersebut tidaklah benar. Pasalnya, sarapan tidak seperti makan siang atau malam yang harus banyak, cukup dengan segelas susu atau sepotong roti saja. Sebaliknya tanpa sarapan kamu akan mudah lelah karena malamnya kamu tidak makan apapun.

Pastinya sarapan menjadi cara terbaik menghindarkan penyakit. Tanpa sarapan kamu akan mudah sakit dan penyakit karena perut kosong juga akan menyerang kamu. Pasalnya, asam lambung akan terus bekerja, bukan bekerja mengolah makanan melainkan apa yang ada di perut kamu. Hal inilah yang menjadikan radang lambung terjadi.

Jadi, anak sekolah harus menyadari bahwa sarapan sangat penting. Melewatkan sarapan bukan hanya berdampak pada kesehatan kamu saja, melainkan tenaga dan konsentrasi selama di sekolah. Maka dari itu, jangan telat bangun dan jangan lewatkan sarapan kamu. Sudah saatnya kamu melakukan sesuatu untuk kesehatan kamu dan sarapan menjadi langkah terbaik untuk kesehatan dan memulai hari kamu.

3. Contoh Teks Persuasif Pendidikan

Contoh Teks Persuasif

Judul: Pendidikan Wajib

Di dunia ini pendidikan merupakan suatu hal yang penting. Pendidikan merupakan salah satu hal yang dapat membantu kita mencapai cita-cita yang diinginkan. Apalagi di zaman sekarang ini latar belakang pendidikan menjadi suatu syarat dalam mencari pekerjaan. Bahkan terdapat batasan dalam jenjang pendidikan yang diminta.

Hal ini semakin membuktikan bahwa pendidikan sangat penting bagi masa depan yang lebih baik. Terlebih jika kita memiliki beberapa prestasi dalam pendidikan yang kita tempuh. Hal ini justru akan mempermudah kita untuk menggapai masa depan yang lebih baik. Bahkan dengan prestasi itulah kita bisa mendapatkan beasiswa ataupun berkeliling dunia dengan gratis. Sangat bermanfaat, bukan ?

Pendidikan dapat membantu kehidupan kita dari berbagai sisi. Menyadari hal itu, pemerintah pun telah mengeluarkan program Wajib belajar Sembilan Tahun. Dengan hal ini pemerintah berharap dapat membantu masyarakat dalam meningkatkan taraf hidupnya.

Program ini mewajibkan semua warga negara Indonesia yang berusia 7-12 tahun dan 12-15 tahun untuk menamatkan pendidikan dasar dengan program 6 tahun di SD dan 3 tahun di SLTP secara merata. Sehingga tidak ada pembedaan baik dari segi suku, ras, agama, latar belakang sosial dan tingkatan ekonomi. Program ini juga merupakan perwujudan pembukaan UUD 1945 dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa. Masyarakat tidak perlu khawatir lagi dalam memikirkan biaya untuk pendidikan anak-anaknya.

Oleh sebab itu, marilah kita memanfaatkan program Wajib belajar Sembilan Tahun yang telah diberikan oleh pemerintah dan mengajak seluruh keluarga dan orang terdekat kita untuk mengenyam pendidikan di bangku sekolah.

4. Contoh Teks Persuasif tentang Banjir (Sumber Brainly)

Contoh Teks Persuasif

Judul: Penanggulangan Banjir

Banjir sering terjadi dimana-mana pada saat hujan. Untuk itu penanggulan banjir dapat dilakukan dengan berbagai cara, misalnya tidak membuang sampah sembarangan, rutin membersihkan irigasi air, dan melakukan perluasan tempat-tempat penampungan air. Dari berbagai cara-cara ini hal yang paling mudah dilakukan adalah dengan tidak membuang sampah sembarangan baik di sungai ataupun di selokan.

Karena dengan menumpuknya sampah dapat menghambat dan menahan air saat hujan sehingga air akan meluap dan terjadilah banjir. Banyak sekali sampah-sampah yang dibuang di sungai seperti, botol-botol plastik, kaleng, pembalut bayi, dan botol-botol kaleng.

Banjir juga bisa menyebabkan penyakit dan terkena pada anak-anak kecil maupun orang dewasa. seperti demam berdarah, batu, flu, dan demam. Dari sampah-sampah itu bisa saja di daur ulang kembali baik dari botol-botol platik, dan  kemasan-kemasan plastik.

Untuk untuk mari masyarakat bersama-sama bergotong-royong untuk membersihan sampah-sampah yang ada disungai agar tidak terkena banjir dan juga tidak terkena serang penyakit. Dan mari kita ubanh lingkungan-lingkungan kita menjadi lebih sehat, nyaman dan aman dari ancaman banjir dan penyakit dengan tidak membuang sampah sembarangan.

5. Contoh Teks Persuasif Propaganda

Masih banyak dari guru dan orang tua murid yang tidak sabar mendidik peserta didiknya. Padahal, didalam mendidik anak kesabaran amat sangat diperlukan agar potensi anak bisa berkembang disebabkan tiap anak pasti berbeda potensi dan karya. Seperti yang sudah diutarakan salah satu filsuf legendaris Yunani yaitu Plato, bahwa pendidikan adalah proses yang panjang dan dijalani seumur hidup, yaitu ketika manusia masih kecil sampai manusia beranjak dewasa.

Oleh karena itu, sudah sepatutnya guru dan orang tua murid mengajar juga mendidik anaknya dengan sabar dan berorientasi pada proses. Supaya anak bisa berkembang dengan baik dan dengan sewajarnya. Dengan begitu pula potensi anak pun dapat tumbuh berkembang dengan baik dan alami. serta latih kejujuran pada anak, karena orang pintar justru lebih berbahaya dibanding dengan orang bodoh jika tidak jujur.

6. Contoh Teks Persuasif Iklan

Contoh Teks Persuasif

 “Apakah anda ingin hidup sehat? Jauh dari penyakit?”

Madu solusinya! Madu sudah ratusan tahun bahkan jutaan tahun sudah dipercaya dapat mengobati berbagai macam penyakit dan menyehatkan tubuh.

Minumlah satu sendok makan untuk anak-anak dan dua sendok makan untuk orang dewasa setiap harinya, dijamin tubuh anda bakalan sehat.

Kini telah tersedia produsen madu asli, tanpa campuran apa pun. Harga sangat murah, bisa dijangkau oleh setiap kalangan.

Dapatkan madu asli ini di toko herbal terdekat anda.

7. Contoh Teks Persuasif Narkoba

source image: pikiran-rakyat.com

Judul: Jangan Dekati Narkoba

Saat ini narkoba semakin marak diperjual belikan di seluruh dunia. Konsumsi narkoba semakin tinggi, khususnya anak muda semakin banyak mengonsumsi narkoba. Penyebab awal kenapa mereka memilih narkoba bermacam – macam, contohnya yaitu kurangnya kasih sayang keluarga, dan pengaruh teman sebaya. Pengguna narkoba yang biasanya adalah remaja ini masih labil dan ahirnya memutuskan untuk jatuh pada narkoba. Dampak yang di timbulkan dari narkoba sangat lah buruk, berikut penjelasanya.

Narkoba menyebabkan kecanduan berat pada pemakai. Sebagaimana kita ketahui bahwa narkoba merupakan salah satu zat adiktif sehingga membuat orang kecanduan. Jika pemakai sudah kecanduan atau biasa di sebut sakau, maka mereka harus mendapatkan narkoba. Sakau adalah kondisi diimana tubuh menuntut zat tertentu yang sudah pernah masuk sebelumnya, sehingga jika tidak di penuhi maka tubuh akan merasa sangat sakit sampai si pemakai tidak bisa menahanya jika tidak mendapatkan narkoba.

Selanjutnya, narkoba memperburuk kesehatan. Siapa yang tidak tahu akan bahaya ini, akan tetapi mereka tidak peduli. Penyalah gunaan narkoba sudah jelas akan memperburuk kesehatan. Dari hasil penelitian para ahli, pengguna narkoba akan cenderung memiliki daya tahan tubuh yang sangat rendah, sehingga mudah terkena penyakit , seperti demam, penyakit pernafasan, jantung, dan bahkan kanker. Hal ini jelas membuat masa depan mereka juga suram. Oleh karena itu sebaiknya hindari narkoba.

Akibat selanjutnya yaitu penurunan mental. Penguna narkoba akan mengalami penurunan mental setelah mengoonsumsi narkoba. Hal ini jelas merugikan bagi dirinya sendiri. Pengguna narkoba akan sering mengalami depresi, rasa cemas yang berlebihan, halusinasi serta gangguan mental lainya. Hal tersebut akan menghancurkan masa depan psra pengguna narkoba, karena apabila pengguna narkoba telah kecanduan, akan sulit untuk di hentikan kecuali melalui proses rehabilitasi.

Dampak – dampak tersebut jelas sangat merugikan bagi diri sendiri serta orang lain. Para pengguna narkoba hanya menikmati efek senang sementara saja. Oleh sebab itu, kita harus menghindari narkoba karena jika sudah terjerat sekali akan sulit untuk melepaskan diri.

8. Contoh Teks Persuasif Politik

Pemilihan Kepala Desa Sumberingin tinggal menghitung hari. Jangan sampai masyarakat Desa Sumberingin mengabaikan haknya untuk memilih pemimpin yang nanti akan menentukan nasib mereka 5 tahun mendatang. Gunakan hak pilih sebagai bentuk kepedulian kita terhadap desa yang menjadi tempat kita dilahirkan dan tinggal hingga saat ini.

Gunakanlah hak pilih kita dengan bijak. Pilihlah pemimpin yang terbukti amanah dan bisa memajukan Desa Sumberingin ini ke depannya. Pilihlah pemimpin yang punya visi misi cerdas untuk membangun desa. Pilihlah Bapak Suyanto yang terbukti bisa memberikan ide-ide visioner untuk mengubah desa ini menjadi desa yang maju dan mandiri.

Jangan takut dan ragu untuk memilih. Pastikan gunakan hak pilih Anda hanya untuk mencoblos Bapak Suyanto, calon Kepala Desa Sumberingin. Jangan sampai Anda menyesal jika memilih calon yang salah. Jangan sampai Desa Sumberingin ini dipimpin oleh kepala desa yang tidak amanah dan tak memiliki integritas sebagai seorang pemimpin.

Sudah saatnya Desa Sumberingin berubah. Sudah saatnya Sumberingin lebih maju dan rakyatnya sejahtera. Jadi, pada tanggal 22 Februari 2020 nanti, pastikan Anda datang ke TPS yang telah disediakan dan coblon calon kepada desa nomor 02 yaitu Bapak Suyanto. Mari bersama-sama kita wujudkan Desa Sumberingin yang maju dan mandiri.

9. Contoh Teks Persuasif tentang Shalat

Contoh Teks Persuasif

Shalat bagi umat Islam merupakan hal yang wajib dalam sehari hari, menurut ajaran Rasulullah dan terdapat langsung dalam alquran. Umat dimana pun tentunya memiliki ajaran untuk melakukan perintah dan menjauhi larangannya. Begitupun agama Islam, hendak dan wajib hukumnya untuk melakukan perintah shalat.

Shalat merupakan tiang agama, dimana diketahui dengan shalat kita telah membangun pondasi rumah di kehidupan selanjutnya dan secara langsung dapat balasan dalam bentuk pahala dan di permudahkan segala urusan olehnya.

Dalam bidang kesehatan gerakan pada shalat mengandung unsur yang baik, banyak sekali bukan kebaikan yang didapat dari shalat. Maka dari itu apa lagi alasan untuk kita meninggalkannya.

Dalam tulisan ini, hari ini, dan detik ini sesama umat beragama mari kita lakukan shalat mari mulai sekarang kita perbaiki kehidupan, mari kita kembali ke jalan yang benar mari kita muhasabah diri pada kebaikan dan semoga kita semua merupakan bagian dari umat yang diakui Allah SWT  dan diakui sebagai pengikut setia nabi besar Muhammad SAW.

10. Contoh Teks Persuasif Singkat

Judul: Membuang Sampah

Dalam kehidupan sehari hari tentunya tidak lepas dari sampah, baik sampah organik maupun sampah non organik. Dalam sampah kehidupan sehari ini tentunya kita harus memisahkan mana sampah organik dan mana sampah non organik supaya pembuangannya tidak mencemari lingkungan.

Mari kita membuang sampah pada tempatnya, sediakan tempat berbeda untuk pembungan sampah organik dan non organik. Serta himbau semua orang untuk melakukan hal yang sama terutama memberikan pemahaman sampah sejak dini terhadap anak kecil.

11. Contoh Teks Persuasif Hidup Sehat

Contoh Teks Persuasif

Judul: Manfaat Berjalan Kaki

Apakah Anda senang berjalan kaki? Jika iya maka selamat Anda termasuk orang yang menerapkan hidup sehat. Dengan berjalan kaki Anda sudah melakukan olah raga dalam kategori ringan, meski begitu olah raga ringan ini memberi kontribusi sebesar 40%.

Masih banyak orang yang menyepelekan bahkan meragukan manfaat dari berjalan kaki padahal dengan berjalan kaki Anda bisa melancarkan sirkulasi darah. Dengan berjalan kaki selama 30 menit dalam sehari bisa menurunkan resiko penyakit jantung sebanyak 40%.

Detak jantung akan berdetak lebih cepat saat berjalan kaki, ketika detakan mengencang jantung pun menjadi lebih kuat dan bisa meningkatkan sirkulasi darah.

Aktivitas seperti ini juga bisa menurunkan kadar kolestrol dalam darah. Berjalan kaki menuntut orang untuk tetap bergerak sehingga bisa menurunkan kadar lemak dalam darah sehingga kolestrol pun berkurang.

Mulailah melakukan kegiatan seperti ini untuk menjaga kesehatan Anda. Lakukan dengan mulailah berjalan kaki dari rumah ke depan komplek, ke tempat kerja, ke warung, ketika pergi sekolah, dan lain-lain.

12. Contoh Teks Persuasif

source image: tirto.id

Judul: Awas Hoax

Di era millennial sekarang ini mendapatkan informasi adalah hal mudah, kita bisa mendapatkan berbagai macam informasi dari berbagai negara di belahan dunia mana pun, entah itu politik, isu atau berita-berita lain hanya dengan mengaktifkan layar smartphone.

Meski begitu semakin mudahnya orang untuk memperoleh informasi juga memudahkan orang tersebut untuk menyebarluaskan sebuah informasi.

Sesuatu yang bisa menjadi ancaman di dunia sera canggih ini adalah penyebaran hoax. Hoax adalah berita bohong yang disebarluaskan. Hoax juga dapat menyebabkan pertikaian tak berkesudahan. Contoh nyatanya adalah sudah banyak berita hoax yang menyebabkan benturan antar agama dan bangsa, kasus seperti ini sudah banyak terjadi di Negara-negara timur tengah.

Oleh karena itu, sebelum menyebarluaskan suatu informasi cari tahu kebenarannya terlebih dahulu. Jangan asal dalam memberikan informasi, bertukar pikiranlah dengan orang lain mengenai informasi yang Anda dapat. Tetaplah waspada terhadap isu yang beredar karena perang tidak pernah menjadi hal yang baik.

Artikel Rekomendasi:

Itulah informasi mengenai Contoh Teks Persuasif Terbaik saat ini. Semoga contoh tersebut bisa bermanfaat dan sampai jumpa di artikel selanjutnya.

COMMENTS

Nama

anbk,6,asuransi,1,Buku Digital,5,buku teks,14,Ciri teks,15,contoh,120,cpns2019,1,cv,5,Download File,1,games,4,juknis,9,jurnal,2,Kalender,153,kosp,4,Kuliah,14,laporan,14,makalah,3,modul,6,modul ajar,5,modul guru,10,osn,4,Pekerjaan,9,Pendidikan,94,pengertian,31,Permenpan RB,26,phbs,2,poster,3,PPT,64,proposal,7,prota,2,pts,16,resume,4,rpp,25,soal am,3,soal cpns,14,soal pas,15,soal pat,15,soal us,12,surat,17,template,3,template ppt,11,tips,6,usaha,3,
ltr
item
Mautidur.com: 12 Contoh Teks Persuasif Terlengkap & Terbaik
12 Contoh Teks Persuasif Terlengkap & Terbaik
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjY3PtZgNRJwBLQ48b0yGmiPsWJXoS_GwzFQpIMlXOrQwLEml4-DLiwgMKcw6yBtaFpSNXg4xlbp-PEaMaX6RsRoNRF0ujPl45_6e4JQnRzmKZSuQdNFjZDUmrzJ2k7huK8VXX8RAXOkn4/s640/Contoh+Teks+Persuasif+tentang+Lingkungan.jpg
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjY3PtZgNRJwBLQ48b0yGmiPsWJXoS_GwzFQpIMlXOrQwLEml4-DLiwgMKcw6yBtaFpSNXg4xlbp-PEaMaX6RsRoNRF0ujPl45_6e4JQnRzmKZSuQdNFjZDUmrzJ2k7huK8VXX8RAXOkn4/s72-c/Contoh+Teks+Persuasif+tentang+Lingkungan.jpg
Mautidur.com
https://www.mautidur.com/2020/06/contoh-teks-persuasif.html
https://www.mautidur.com/
https://www.mautidur.com/
https://www.mautidur.com/2020/06/contoh-teks-persuasif.html
true
2310118337026904168
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All DIREKOMENDASIKAN UNTUK KAMU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy Table of Content