7 Contoh Naskah Drama Singkat dan Terbaik 2020

Daftar Isi [Tampil]
Contoh Naskah Drama Singkat dan Terbaik
Contoh Naskah Drama - Naskah drama merupakan naskah tertulis yang berbentuk dialog yang menggambarkan watak seseorang dalam kehidupan, memiliki kesatuan dan berfungsi sebagai naskah sastra atau sebagai naskah yang akan dipentaskan.

Sebagaimana telah disebutkan diatas, ada karya drama yang memang cocok dipentaskan, namun ada juga yang hanya dibaca sendiri seperti layaknya novel.


Baca Juga: 12 Contoh Teks Diskusi Singkat dan Terbaik

Unsur-Unsur Drama

Unsur-unsur yang terdapat dalam sebuah drama adalah:
  • Tema adalah sebuah gagasan atau ide dalam suatu drama yang dimainkan.
  • Alur adalah jalan cerita yang dimainkan oleh pemain dari awal sampai akhir cerita.
  • Tokoh adalah pemeran yang ada dalam cerita drama.
  • Watak adalah sifat dari tokoh yang harus diperankan oleh para pemain drama sesuai dengan cerita drama tersebut.
  • Latar adalah tempat, waktu atau suasana yang diceritakan dalam drama.
  • Amanat adalah pesan moral yang disampaikan pengarang ke para penonton melalui jalan cerita yang ditampilkan.

Jenis-Jenis Drama

Ada beberapa jenis drama yang ada salah sebuah drama, diantaranya adalah:
  • Drama Komedi adalah drama yang menceritakan mengenai sebuah kejadian yang lucu.
  • Drama Opera adalah drama yang mana dialognya dipentaskan dengan cara dinyanyikan dan diiringi dengan musik.
  • Drama Tablo adalah drama yang para pemainnya melakukan gerakan tanpa mengucapkan sebuah dialog.
  • Drama Tragedi adalah drama yang menceritkan mengenai sebuah kejadian sedih.
  • Drama Tragekomedi adalah drama perpaduan antara tragedi dan komedi.
  • Drama Melodrama adalah drama yang dialognya diucapkan dan diiringi dengan musik.
  • Drama Sendratari adalah drama gabungan antara seni drama dengan seni tari.

Ciri-Ciri Naskah Drama

  • Harus memiliki aksi
  • Memiliki waktu tidak lebih dari 3 jam
  • Harus memiliki sebuah konflik
  • Harus dilakonkan atau diperagakan
  • Tidak ada pengulangan dalam satu masa

Contoh Naskah Drama

1. Contoh Naskah Drama Teater

Contoh Naskah Drama Singkat dan Terbaik
 
Judul: Janji Senja

Pemain: Ibu dan Anak Gadis

KALA SENJA ITU IBU DAN ANAK GADISNYA SEPERTI BIASA DUDUK DI BANGKU
PANJANG DEPAN RUMAHNYA. MEREKA TENGAH MENATAP SENJA MENUNGGU,
MENANTI SESEORANG YANG TELAH LAMA DINANTI.
SETELAH LARUT DALAM DIAM BEBERAPA SAAT, SANG ANAK MEMULAI
PEMBICARAAN.

ANAK: Ibu...Jangan kau ceritakan lagi apa pun tentang Ayah.

IBU: Kenapa?

ANAK: (SAMBIL MEMANDANG KE ARAH LANGIT SENJA) karena Ayah tak pernah datang, dan ku kira ia memang tak akan pernah datang.

IBU: (TENANG/DATAR) Ayahmu berjanji akan datang saat senja.

ANAK: (AGAK MENINGGIKAN NADA BICARA) Sudah tak terhitung lagi jumlah senja yang kita lalui..di sini..tempat ini...sedari dulu waktu aku masih dalam kandungan hingga kini, namun Ayah tak jua datang.

IBU: (TETAP TENANG SEDIKIT PARAU) Ayahmu lelaki yang baik. Ia akan datang, ia pasti datang menepati janjinya.

ANAK: (TERUS MENCECAR) kenapa  Ayah berjanji akan datang saat  senja? Kenapa tidak pagi atau siang saja?

IBU: Karena senja bukan akhir, ia adalah permulaan sebuah hari.

ANAK: (SEDIKIT EMOSI) Haaaaah....Sudahlah! Aku tak mengerti maksud perkataan Ibu itu. (BERLALU MASUK KE DALAM RUMAH)

Lanjutan drama Janji Senja Download Disini

2. Contoh Naskah Drama Komedi

Contoh Naskah Drama Singkat dan Terbaik
 
Judul: Pulang Sekolah

Tokoh - tokoh yang diperankan adalah :
Andika: Preman 1
Arief: Preman 2
Vikko: Pelayan Kafe
Igo: Murid sekolah
Ryan: Murid sekolah

Setelah bel pulang sekolah berbunyi, Ryan dan Igo pulang bersama, karena cuaca terik mereka merasa lapar dan haus, dan igo pun mengajak Ryan untuk pergi makan ke kafe level pedas.
Igo: "Yan, daritadi aku ngerasa lapar belum makan, di depan ada kafe baru buka kemarin, mampir kesana yuk!"
Ryan: "Iya, aku dari ngerasain lapar juga, yaudah yu mampir."

Igo dan Ryan pun masuk ke level pedas tersebut, setelah masuk mereka memesan makanan kepada pelayan kafe.
Pelayan: "Mau pesan apa mas?"
Igo: "Saya mau pesan mie goreng level 1 saja mas."
Ryan: "Wah bayi kamu Go, masak pesanya cuman level 1? saya pesan mie goreng level 10 mas cabainya banyakin ya mas."
Igo               : "Yaudah aku ganti menu, mie goreng level 10 cabainya banyakin, tapi jangan terlalu banyak. Kalo bisa gak pakai cabai."
Pelayan: "Iya mas, minumnya apa?
Ryan & Igo: "Ini...!" (Mengeluarkan aqua yang mereka bawa)
Pelayan: "Dasar duo pelit."
Ryan: "Udah mas itu aja, gak pakai lama ya mas."

Pesanan yang dipesan oleh Igo dan Ryan tak kunjung datang, 30 menit kemudian  makanan mereka baru tiba.
Pelayan: "Ini mas makanannya, silakan di nikmati dan ini tagihanya."
Igo: "Kok lama banget sih mas, masaknya di Arab ya?"
Pelayan: "Maaf mas kokinya tadi masak sambil move on."
Ryan: "Ada - ada saja mas."
Igo: "Udah mas kita gak jadi makan, ini kita bayar saja."

Lanjutan Drama Pulang Sekolah Download Disini

3. Contoh Naskah Drama Persahabatan

Contoh Naskah Drama Singkat dan Terbaik
 
Kisah ini terjadi disebuah sekolah yang sangat terkenal bernama SMPN 1 Tunas Bangsa. Disana ada suatu persahabatan yang sangat erat yang bisa mereka sebut dengan 3BG.
Di ruangan kelas yang terdapat berbagai kursi dan meja yang tertata rapi terjadi suatu keributan, yang disebabkan salah satu anggota 3BG.

Aldi : Kenapa ya...., persahabatan 3BG kok sangat erat ? aku  ingin persahabatan mereka jadi putus, tapi bagaimana caranya ? (diam sambil memikir sesuatu)
Aldi : Ah…., aku curi saja dompetnya Andin, dan setelah itu aku Taruh saja di tasnya Aulia, Andin dan Audy pasti akan Akan menuduh Aulia.” Terlihat anggota 3BG masuk kedalam kelas tertawa-tawa.
Andin : ( sambil membuka tasnya dan terlihat sedang mencari sesuatu dan wajahnya sangat gelisah )
Audy : Ada apa Din, kok kayaknya gelisah banget ?
Andin : Aduh gimana nih, dompetku hilang.
Aulia : Kok bias hilang, mungkin ada di rumah kamu.
Andin : Nggak mungkin, tadi aku inget kok dompetku sudah Ku masukkan kedalam tasku.
(Tiba-tiba Aldi memotong pembicaraan mereka dengan lagak sok tahu)
Aldi : Aku tahu siapa yang mencuri dompet kamu.
Andin : Emangnya siapa Al ?
Aldi : Dia adalah sahabatmu sendiri yang bernama Aulia.
Audy : Nggak mungkinlah dia yang mencuri dompetku, kamu kok sok tahu banget sih.
Aldi : Ya sudah kalau kamu nggak percaya, kamu geledah tasnya Aulia.
Andin : Maafkan aku Lia, aku harus menggeledah tasmu untuk Membuktikan omong kosongnya Aldi.
Aulia : Ya sudahlah nggak apa ?” Andin dan Audy menggeledah tasnya Aulia dan beberapa lama kemudian dompet Andin ditemukan ditasnya Aulia.
Aldi : Tuhkan bener kataku, Aulia si miskin itu yang mencurinya.
Andin : Kamu kok tega sih Aulia, kalau kamu butuh uang kamu  tinggal bilang sama kami, bukan begini caranya, selama kami selalu membantu kamu, tapi kamu kok tega banget.
Aulia : Tapi bukan aku yang mencurinya.
Aldi : Terus kamu tuduh aku yang mencurinya, jelas dompet  Andin ada ditas kamukan?
Audy : Dasar, sudah dikasih hati malah minta jantung.
Andin : Mulai saat ini kamu tidak akan jadi sahabat kamu lagi.

Lanjutan Drama Persahabatan Download Disini

4. Contoh Naskah Drama Musikal

Judul: Kehidupan yang Berputar

Sikaya: tuh punguntin barang-barang mahal gue (sambil melempar barang)
Simiskin: (pasrah dan memunguti barang tersebut)  wah masih bagus cuma kotor robek dikit
Teman 1: mmm gimana kalau kita daur ulang aja supaya ada nilai jualnya
Teman 2: wah ide bagus tuh

Diwarung kopi ( lagu lagi syantik )
3 anak punk datang untuk nongkrong diwarkop tersebut (lagu punk dan kill this love)

Punk 1: ceu i pesen steak satu sama capuccinonya
Warkop: gaada setik-setikan disini mah,meni so  Beli setik,kalian mah beli gorengan seribu juga masih ngutang
Punk 2:  santuy aja atuh ceu,nanti juga kalo gue udah kaya sekalian sama warungnya gue beli

Bodyguar sikaya datang untuk nongkrong diwarkop tersebut.

Punk 3: eh guys ada mangsa baru kita godain kuy?
Punk 2: kuyyy
B.G 1: apaan sih kalian,sana pergi dasar homo
Punk 1: ih aa ko ngomongnya gitu sih:(
B.G 2: ayo ah kita balik aja,takut euy disini mah

Dilain tempat simiskin sedang mendaur ulang barang yang dibuang oleh sikaya.

Miskin: kita jadiin apa ya temen-temen barang ini?
Teman 1: gimana kalo kita daur ulang jadi sesuatu yang unik
Teman 2: iya bener tuh,nanti kita jualnya dipasar  barang unik yang khusus buat turis
Miskin: ok setuju

Lanjutan Drama Kehidupan yang Berputar Download Disini

5. Contoh Naskah Drama Cerita Rakyat

Contoh Naskah Drama Singkat dan Terbaik

Judul: Putri Kemarau

Narator          : Dahulu di Sumatera Selatan, ada seorang putri raja bernama Putri Jelitani.   Namun, ia akrab dipanggil Putri Kemarau karena dilahirkan pada musim kemarau. Ia merupakan putri sematawayang sang Raja. Ibunda sang putri baru saja wafat. Sebagai putri tunggal,
ia sangat disayangi oleh ayahnya. Negeri yang dipimpin ayahnya makmur dan tentram. Suatu ketika, negeri itu dilanda kemarau yang sangat panjang.
Rakyat 1            : “Apakah kau melihat keadaan kerajaan beberapa bulan terakhir ini?”
Rakyat 2             : “Ya, negeri kita saat ini sangat menyedihkan. Banyak rakyat yang mengeluh karena kekurangan air.”
Rakyat 1            : “Apa sebaiknya kita menghadap raja saja untuk menangani hal ini?”
Rakyat 2            : “Baiklah, ayo kita menghadap raja!”
( Di perjalanan, mereka bertemu rakyat lainnya)
Rakyat 3            : “Hei, kalian mau ke mana?”
Rakyat 1            : “Kami mau menghadap raja.”
Rakyat 3            : “Ada masalah apa?”
Rakyat 2             : “Kami ingin meminta raja untuk menindaklanjuti kekeringan ini. Apa kau mau ikut?”
Rakyat 3            : “Ya, sawahku sudah sangat kering akibat kemarau berkepanjangan ini.”
( Mereka berjalan menuju kerajaan )
Pengawal          : ( Membawa rakyat menemui raja )
Raja                  : “Wahai rakyatku, apa yang membawamu kemari?”
Rakyat 1            : “Baginda, maafkan kedatangan kami yang tiba-tiba. Maksud kedatangan kami ke sini ingin meminta baginda untuk menindaklanjuti permasalahan yang ada di negeri kita tercinta ini.”
Raja                  : “Ya, saya telah memikirkan hal tersebut. Siang ini para peramal akan berkumpul di kerajaan ini untuk mencari jalan keluar dari permasalahan ini.”
Rakyat 2            : “Baiklah, kami akan menunggu kabar baik dari raja.” ( Berjalan keluar dari singgasana )
( Para peramal datang ke kerajaan )
Peramal 1         : “Ada apakah Baginda mengundang kami kemari?”
Raja                  : “Saya mengundang kalian ke sini untuk menyelesaikan kekeringan yang terjadi di negeri ini.”
Peramal 2         : “Maaf Baginda, saya tidak bisa menemukan solusi dari masalah ini.”
Peramal 3         : “Begitu juga dengan kami.”
Raja                  : “Lantas siapa yang dapat menyelesaikan permasalahan di negeri ini

Lanjutan drama Putri Kemarau Download Disini

6. Contoh Naskah Drama Sekolah

Judul: Bentrokan dalam Asrama

Di sebuah ruangan besar duduklah Anas dan Hadi. Mereka sedang bermain catur. Tidak jauh dari daerah mereka, tampak Hasan yang sedang asyik menulis. Anas dan Hadi bergiliran memindahkan anak caturnya. Ketika anas sedang berfikir maka Hadi pun membentak.

Hadi: Hai, mengantuk kau! Sekarang giliranmu!

Anas: (Dengan hening Anas memindahkan anak caturnya)

Hadi: (Hadi pun memindahkan anak caturnya dan membentak pula) Lekas Anas, jangan mengantuk saja!

Hasan: (Turut berbicara) Memang si Anas suka mengantuk di.

Anas: (Membuka kacamata dan menggosok-gosok kacanya dengan sapu tangan)

Hadi: Ayo giliranmu jangan main kacamata saja!

Anas: (Dengan hening memindahkan anak caturnya) Sekak!

Hadi: (Terkejut) Sekak? Benar sekak?

Anas: Ya, sekak.

Hadi: (Berpikir sejurus lalu memindahkan anak caturnya)

Anas: (Berterian gembira) Sekak mati, Hadi!

Hadi: (Melongo)

Hasan: (Menoleh kepada kedua anak itu) Kau kalah, Hadi?

Hadi: (Tiba-tiba menyapu anak catur sehingga semua anak  catur jatuh berantakan)

Anas: (Mengumpulkan anak catur dan dan dimasukan ke dalam kotak, lalu keluar tanpa
mengeluarkan sepatah kata pun)

Hasan: (Mendekati Hadi) Sebetulnya bukan lantaran kamu kalah pandai, Hadi. Tetapi kamu kurang waspada. Kau tahu bukan bahwa si Anas itu licik?

Hadi: (Diam hirau tak acuh)

Hasan: Dan bukan hanya bermain catur saja, tetapi dalam segala hal ia licik, tidak sportif. Lagi pula, ia suka menyombongkan diri dan sanggup menjelek-jelekan orang lain.

Hadi: (Tetap diam)

Hasan: Hadi, kamu tahu apa yang dikatakannya wacana dirimu saat ia tak bersamamu?

Lanjutan drama Bentrokan dalam Asrama Download Disini

7. Contoh Naskah Drama Romantis

Contoh Naskah Drama Singkat dan Terbaik
 
Judul: Kisah Kasih di Sekolah

Di taman sekolah ketika jam istirahat sekolah Sikah dan Kasih sedang duduk berjauhan.
Sikah : “Kasih, jangan terlalu lama duduk di kursi itu, pindah  sini dekat Sikah aja…”
Kasih : “loh, kenapa Kak?”
Sikah : “takut dikerubutin semut, soalnya Kasih manis sih…”
Sikah : “Kasih itu seperti sendok…”
Kasih : “Kenapa…?”
Sikah : “Karena Kasih terus mengaduk-aduk perasaan Sikah..”
Sikah : “Maaf ya Kasih, belakangan ini tangan Sikah agak kasar…”
Kasih : “Ahh, gpp kookk, emangnya kenapa?”
Sikah : “Soalnya tiap pulang sekolah Sikah jadi kuli…”
Kasih : “Yang bener Kak, dimana…?”
Sikah : “Di hati kamu say, Sikah sedang membangun  istana cinta  kita berdua…”
Sikah : “Kenapa kita cuma bisa ngeliat pelangi setengah doang…?”
Kasih : “Ga tau, emang kenapa Kak..?”
Sikah : “Soalnya setengahnya lagi ada di mata Kasih…!”
Sikah : “Eh Sikah boleh pinjem flashdisknya Kasih…?”
Kasih : “Boleh, mau buat apa sih Kak…?”
Sikah : “Buat transfer hatiku ke hatimu…”
Kemudian bel masuk waktu istirahat sekolah sudah habis
Kasih : “Lho Kak.. mau kemana?
Sikah : “udahan ya, bel udah bunyi masuk dulu”
Kasih : “Baik Kak, by…”
Setelah bel pulang sekolah, Kasih dan Sikah makan burger dan kentang goreng mayonaise di Smakensa Burger di kantin sekolah.
Sikah   : “Sih, dari tadi aku ngerasa lapar, makan dulu di kantin sekolah Yuk!”
Kasih   : “Iya kak, Kasih juga lapar, ya udah yok mampir.”

Lanjutan drama Kisah Kasih di Sekolah Download Disini


Baca Juga:
Itulah informasi mengenai Contoh Naskah Drama Singkat dan Terbaik. Semoga bermanfaat dan terima kasih telah berkunjung.

COMMENTS

Nama

Buku Digital,5,Ciri teks,2,CPNS,52,cpns2019,93,Download File,1,Formasi CPNS,2,honorer,1,Kalender,20,Karangan,38,Kendala CPNS 2018,2,kesehatan,1,Kuliah,7,modul,5,Pekerjaan,11,Pendaftaran CPNS,12,Pendidikan,89,Permenpan RB,26,Persyaratan CPNS,5,phbs,2,PPT,22,rpp,18,SBMPTN,1,Simulasi Cat CPNS,4,soal cpns,13,surat,1,template ppt,5,Terbaru,1,
ltr
item
Informasi Pendidikan: 7 Contoh Naskah Drama Singkat dan Terbaik 2020
7 Contoh Naskah Drama Singkat dan Terbaik 2020
https://1.bp.blogspot.com/-P9HB7ExjLtE/XxMd-5VROQI/AAAAAAAACEg/NQuU4OmXVNw_lUQvZgyxdbOn53u_YHgtQCLcBGAsYHQ/s640/6.jpg
https://1.bp.blogspot.com/-P9HB7ExjLtE/XxMd-5VROQI/AAAAAAAACEg/NQuU4OmXVNw_lUQvZgyxdbOn53u_YHgtQCLcBGAsYHQ/s72-c/6.jpg
Informasi Pendidikan
https://www.mautidur.com/2020/07/7-contoh-naskah-drama-singkat-dan.html
https://www.mautidur.com/
https://www.mautidur.com/
https://www.mautidur.com/2020/07/7-contoh-naskah-drama-singkat-dan.html
true
2310118337026904168
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All Artikel Terkait LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy Table of Content