10 Contoh Karangan Argumentasi Singkat & Terbaik 2020

Contoh Karangan Argumentasi
Contoh Karangan Argumentasi - Pada kesempatan kali ini saya akan memberikan contoh karangan argumentasi singkat dan terbaik. Tapi sebelum menuju contoh karangan yang dimaksud. Akan lebih baik jika Anda mengetahui apa sih karangan argumentasi itu?

Penjelasan Mengenai Karangan Argumentasi

Berdasarkan KBBI atau Kamus Besar Bahasa Indonesia, Argumentasi berarti alasan yang digunakan untuk memperkuat atau memperlemah suatu gagasan atau pendapat.


Baca Juga:

Karangan Argumentasi adalah karangan yang berisi pendapat-pendapat mengenai suatu topik yang ingin disampaikan kepada pembaca. Pendapat yang dikemukakan tersebut dapat berupa alasa, contoh atau bukti yang nyata. Karangan ini bertujuan untuk mempengaruhi mempengaruhi pembaca supaya memiliki pandangan atau pemikiran yang sama dengan penulis.

Ciri-Ciri Karangan Argumentasi

Berikut adalah ciri-ciri karangan argumentasi:
  1. Berisi kalimat yang meyakinkan pembaca mengenai pendapat penulis
  2. Pendapat atau gagasan penulis telah dilengkapi dengan data, grafis, fakta dan gambar atau tabel
  3. Tidak memuat kalimat yang mengandung emosi penulis
  4. Tidak memuat subjektivitas penulis
  5. Memuat logika serta penalaran
  6. Terdiri dari tiga bagian utama, yakni pendahuluan, tubuh argumen dan kesimpulan

Jenis-Jenis Karangan Argumentasi

Karangan argumentasi dibagi menjadi dua, yakni karangan argumentasi akibat-sebab dan karangan argumentasi sebab-akibat. Berikut adalah penjelasan lengkapnya.

1. Karangan Argumentasi Akibat-Sebab

Jenis karangan ini berisikan paragraf yang diawali dengan pendapat berupa akibat. Kemudian pada bagian akhir dijabarkan penyebab yang menimbulkan akibat tersebut.

2. Karangan Argumentasi Sebab-Akibat

Karangan argumentasi ini diawali dengan beberapa pendapat yang merupakan sebab. Berdasarkan pendapat tersebut kemudian dijadikan kesimpulan. Nah, kesimpuan ini merupakan efek atau akibat dari sebab yang dipaparkan sebelumnya.

Langkah-Langkah Penulisan Karangan Argumentasi

Apabila Anda ingin menyusun sebuah karangan argumentasi? Berikut adalah beberapa langkah penulisan karangan argumentasi seperti dilansir dari dosenbahasa.com.

1. Menentukan Tema dan Topik


Tema adalah hal yang penting dalam sebuah karangan. Ketika menyusun karangan argumentasi. Penentuan tema dan topik karangan adalah hal pertama yang harus dilakukan. Tema dan topik adalah awal dalam menyusun argumen-argumen yang dapat mempengaruhi pembaca.

2. Menyusun Kerangkan Karangan

Kerangkan karangan dibuat dengan memperhatikan jenis karangan argumentasi yang akan dibuat. Misalkan untuk karangan argumentasi sebab akibat, maka kerangka karangan ini berisi kumpulan sebab dan akibat (sebab – akibat ke1 – akibat ke2 – … – akibat ke-n). Begitu juga untuk karangan argumentasi akibat-sebab, maka kerangkanya berisi kumpulan akibat dan sebab (akibat – sebab ke1 – sebab ke2 – … – sebab ke-n).

3. Mengembangkan Kerangka Karangan
Pengembangan karangan ini dilakukan untuk menyusun suatu karangan, sehingga menjadi karangan yang utuh. Untuk membuat antar paragraf yang saling berkaitan, maka penggunaan konjungsi sangat dibutuhkan, seperti dengan demikian, oleh karena itu, oleh sebab itu, jadi dan sebagainya.

4. Menyunting Karangan


Langkah terakhir dalam menulis karangan argumentasi adalah penyuntingan. Penyuntingan ini sangat berguan untuk menghindari kesalahan dalam penulisan karangan. Tahap penyuntingan ini dilakukan dengan cara membaca kembali hasil tulisan. Mmebaca hasil tulisan tentu bisa dilakukan siapa saja, termasuk penulis itu sendiri atau orang lain.

Contoh Karangan Argumentasi Terbaik

1. Contoh Karangan Argumentasi Tentang Remaja Masa Kini

Contoh Karangan Argumentasi
Source: Republika.co,id

Perilaku remaja sekarang ini telah menyimpang jauh dari nilai-nilai moral yang berlaku di masyarakat.

Hal ini karena beberapa faktor, seperti kurang tersaringnya budaya barat yang masuk ke Indonesia. Budaya-budaya yang masuk tersebut dinilai contoh kehidupan yang baik dan dijadikan suatu kebiasaan baru oleh kalangan remaja sekarang ini.

Yang patut disayangkan adalah perilaku yang ditiru adalah perilaku buruk dari budaya barat tersebut, misalnya seks bebas, narkoba dan lain sebagainya.

Faktor kedua yakni kurangnya pengetahuan akan ilmu agama oleh para remaja. Padahal, ilmu agama sangat penting dan bermanfaat, karena dapat mengontrol diri untuk menghindari suatu perbuatan yang tercela.

Yang terakhir adalah kurangnya pengawasan dari orang tua. Orang tua sangat bertanggungjawab terhadap perilaku dan pergaulan anak-anaknya.

Orangtua yang kurang peduli dengan anaknya bisa mengakibatkan mereka merasa tidak disayangi sehingga mencari rasa sayang itu di luar keluarga yang cenderung mengarah ke dalam negatif dan tentunya bersifat semu, seperti minum alkohol, club malam, narkoba dan bahkan seks bebas.

Akibatnya perilaku para remaja saat ini tidak mencerminkan budaya luhur bangsa kita dengan nilai dan norma yang ada.

2. Contoh Karangan Argumentasi Tentang Kemarau


Contoh Karangan Argumentasi
Source: suaramerdeka.com
 
Musim kemarau pada tahun ini adalah kemarau terparah dalam kurun 7 tahun terakhir. Hujan tidak turun selama 5 bulan mengakibatkan tanah dan sumber air menjadi kering. Menurut BMKG, tahun ini hujan diprediksi akan turun pada bulan depan.

Jika hal itu terjadi, maka bisa dipastikan bahwa kemarau tahun ini bukanlah kemarau yang biasa, dikarenakan terjadi selama 6 bulan. Sedangkan menurut data yang disampaikan oleh BMKG tahun lalu, kemarau hanya terjadi selama 4 bulan.

Dengan demikian, petani banyak yang merugi karena gagal panen karena tidak ada air yang mengairi sawah mereka.

3. Contoh Karangan Argumentasi Tentang Rokok


Contoh Karangan Argumentasi
Source: suara.com
 
Kebiasaan merokok dapat mengantarkan Anda kepada kematian. Sudah banyak sekali korban yang meninggal akibat merokok. Berdasarkan data yang dihimpun oleh Kementerian Kesehatan setiap 10 menit sekali ada orang yang meninggal akibat rokok di Indonesia.

Memang efek kematian yang disebabkan oleh rokok tidak bisa dirasakan langsung oleh perokok melainkan butuh waktu yang lama hingga bebeapa tahun.

Menurut Dr. Aria Nugraha, Asap yang dihisap oleh perokok akan menggerogoti organ pernafasan mereka seperti paru-paru tenggorokan dan lain-lain sehingga menyebabkan beberapa penyakit seperti Bronchitis, serangan jantung, dan gangguan kehamilan pada ibu yang sedang mengandung. Semakin lama asap yang mereka hirup akan semakin mempercepat proses itu.

Lalu mengapa rokok sangat berbahaya?

Di dalam sebuah batang rokok terdapat zat-zat kimia yang berbahaya seperti racun, pemutih lantai dan bahkan bahan bakar roket. Tidak hanya batang rokok saja yang berbahaya, asap dan Tar juga bisa menyabakan kanker karena kandungan nikotinnya yang sangat berbahaya bagi tubuh kita.

Oleh karena itulah merokok bisa menyebakan kematian karena rokok dapat menyebakan berbagai macam penyakit yang bisa mematikan Anda.

4. Contoh Karangan Argumentasi Tentang Bencana Alam


Contoh Karangan Argumentasi
Source: jatam.org
 
Semburan lumpur panas yang terjadi di Kecamatan Sidorajo, Porong menjadi salah satu bencana alam yang sangat mengerikan bagi masyarakat sekitarnya. Semburan lumpur ini terjadi pada 27 Mei 2006 dan sudah menenggelamkan ribuan rumah penduduk, serta kawasan persawahan. Penduduk disekitar terpaksa merelakan rumahnya dan mengungsi ke tempat yang lebih aman.

Sembilan tahun berlalu semburan lumpur terjadi, namun masyarakat korban lumpur lapindo belum mendapatkan ganti rugi yang sesuai. Puluhan keluarga masih mendiami tempat pengungsian dan belum bisa dikatakan layak.

Semburan lumpur panas terjadi bukanlah merupakan bencana alam. Namun lebih pada kelalaian manusia. Kelalaian terjadi akibat perusahaan Lapindo mengalami kesalahan prosedur ketika melakukan pengeboran minyak bumi. Akibatnya sumur minyak terus menerus mengeluarakan lumpur panas dari dalam perut bumi.

Tidak hanya itu, Perusahaan Lapindo juga tak mematuhi peraturan dasar pengeboran minyak bumi. Mereka memasang alat casing di sumur minyak dikedalaman 9.997 kaki yang seharusnya dipasang pada kedalaman 8.000 kaki hingga terjadilah peluapan lumpur panas yang tidak bisa dibendung lagi.

Itulah mengapa bencana lumpur yang terjadi di Sidoarjo bukanlah suatu bencana alam yang terjadi melainkan sebuah keteledoran yang dilakuakan oleh manusia dalam menjalankan prosedur.

5. Contoh Karangan Argumentasi Tentang Pengangguran


Contoh Karangan Argumentasi
Source: inilah.com

Salah satu permasalahan klasik di Indonesia adalah tentang pengangguran. Dari tahun ke tahun, angka pengangguran justru cenderung meningkat.

Pemerintah selalu berjanji mengatasi permasalahan ini dengan mengumbat beragam strategi, akan tetapi belum terlihat dampak yang signifikan. Tetapi mungkin kita perlu berhenti menunggu tindakan dari pemerintah. Kita harus bisa mengatasi pengangguran ini dari diri kita sendiri.

Faktor pertama yang berdampak pada tingkat pengangguran adalah masalah pendidikan. Tingkat pendidikan yang minim akan berdampak sangat besar dalam tingkat pengangguran. Jika semakin banyak rakyat yang berpendidikan minim maka akan semakin tinggi pula tingkat pengangguran di Indonesia.
Setiap perusahaan tentunya ingin mempekerjakan individu yang berpendidikan tinggi. Pekerja dengan tingkat pendidikan tinggi tentunya akan berpengaruh besar terhadap kinerja dan laba yang didapatkan oleh perusahaan.

Faktor kedua adalah tentang keterampilan. Sebagian besar rakyat di Indonesia tidak dibekali dengan keterampilan yang cukup saat mereka di sekolah. Hal ini akan berdampak ketika merek turun di dunia kerja.

Selain tingkat pendidikan, keterampilan juga merupakan hal yang terpenting. Saat ini bahkan banyak perusahaan yang lebih menginginkan lulusan SMK yang kaya akan keterampilan dibandingkan dengan lulusan sarjana yang minim keterampilan.

Faktor selanjutnya adalah rendahnya kemauan berwirausaha. Sebagian besar masyarakat masih mempunyai ketakutan yang cukup tinggi untuk memulai berwirausaha. Kebanyakan orang lebih suka bekerja dengan orang lain. Padahal kegiatan wirausaha sangat bermanfaat bagi diri sendiri dan orang lain.

6. Contoh Karangan Argumentasi Tentang Kebersihan


Contoh Karangan Argumentasi
Source: darunnajah.com

Menjaga kebersihan lingkungan adalah hal mendasar yang harus dimiliki oleh setiap keluarga dalam sebuah lingkungan masyarakat. Apabila setiap keluarga yang ada di lingkungan sadar dan mulai memperhatikan kebersihan lingkungan maka sampah tidak lagi menjadi masalah.

Mulai memilah sampah organic dan non organic adalah hal yang paling mudah, namun entah mengapa hal itu pun sulit terlaksana.

Mesti ada keinginan yang kuat dari tiap individu atau ada penggerak dan pelopor yang rela dari rumah ke rumah warga mengajak dan menjelaskan manfaatnya. Apabila hal ini bisa berjalan dengan semestinya maka kita tidak perlu harap harap cemas menunggu tukang sampah datang setiap hari.

Banyak sekali yang bisa kita manfaat dari sampah rumah tangga yang kita anggap kotor dan menjijikkan. Selain lingkungan sekitar akan terjaga, bersih dan bebas dari bau tidak sedap sampah organic bisa di ubah menjadi pupuk, gas untuk memasak, dll.

Sampah non organic bisa dijual kembali bahkan bisa dimanfaatkan menjadi barang baru. Sudah banyak cerita sukses dari pelaku lingkungan yang memanfaatkan sampah. Tapi tidak semua masyarakat perduli dan tergerak untuk mengikuti jejak mereka.

Karena diperlukan keinginan yang kuat untuk menjaga lingkungan dan bumi pada umumnya atau paling tidak menjaga lingkungan kebersihan di sekitar tempat tinggal kita saja.

Sepertinya masyarakat kita perlu lebih sering mendapatkan penyuluhan, dorongan dan bantuan agar semangat menjaga lingkungan menjadi bagian dari gaya hidup masyarakat Indonesia.

7. Contoh Karangan Argumentasi Tentang Pendidikan


Contoh Karangan Argumentasi
Source: lampost.co

Pendidkan adalah sarana untuk membuat manusia menjadi lebih beradab dan berilmu. Tanpa pendidkan kita semua tidak lain dan tidak bukan hanyalah sekumpulan binatang. Dengan pendidikan, kita bisa menjadi seperti apa yang kita inginkan dan dengan pendidikan kita juga bisa pergi kemanapun kita mau.

Oleh sebab itu, pendidikan sangatlah penting untuk diberikan kepada seluruh umat manusia. Namun, ada satu yang tak kalah penting dengan pendidikan, yaitu pendidikan karakter. Sama halnya dengan pendidikan-pendidikan lain yang tujuan utamannya untuk mengajarkan. Pendidikan karakter mengajarkan karakter atau nilai-nilai moral yang baik kepada manusia.

Mengapa pendidikan karakter ini perlu dilakukan? Pada dasarnya ilmu tanpa moral atau karakter akan menciptakan individu-individu yang berbahaya dan bejat, seperti koruptor, dictator, dan lain-lain. Dengan pendidikan karakter, maka akan mencegah timbulnya orang-orang seperti itu. Karena biasanya orang-orang dengan karakter baik akan berperilaku baik pula.

Coba bayangkan orang yang berilmu dan memiliki karakter yang baik, pastilah akan menjadi individu yang baik dan berguna bagi orang lain. Pendidikan karakter mengajarkan kita tentang moral-moral atau nilai yang baik sebagai manusia, seperti tanggung jawab, taat kepada Tuhan, jujur, percaya diri, dan masih banyak lagi.

Dengan memasukan nilai-nilai tersebut kepada seluruh individu pastilah akan terbentuk individu-individu dengan karakter yang kuat dan berilmu. Itulah mengapa pendidikan karakter tidak kalah penting dengan pendidikan-pendidikan lainnya.

8. Contoh Karangan Argumentasi Tentang Makanan


Contoh Karangan Argumentasi
Source: cafeteria.id

Pernahkah Anda meniup makanan atau minuman yang panas ? Hampir kebanyakan orang sering meniup makanan yang masih panas. Hal itu dilakukan dengan alasan agar makanan menjadi cepat dingin dan bisa langsung dinikmati. Padahal, kebiasaan tersebut memberikan efek yang negatif bagi kesehatan tubuh kita.

Dalam sudut pandang agama, Islam sudah jelas mengatur adab ketika makan dan minum, yaitu jangan meniup makanan atau minuman yang masih panas karena dapat membahayakan kesehatan tubuh.

Sebab, mendinginkan makanan akan mendatangkan keberkahan tersendiri bagi kita. Selain itu, pakar kesehatan mengatakan bahwa meniup makanan yang panas justru akan menyebabkan bakteri atau virus yang berasal dari mulut berpindah pada makanan yang akan dikonsumsi. Akibatnya, kita akan mudah terserang penyakit yang disebabkan oleh virus-virus tersebut.

Oleh karena itu, kebiasaan meniup makanan yang panas haruslah kita hentikan agar tubuh kita terhidar dari berbagai penyakit yang membahayakan tubuh. Kita bisa menunggu makanan atau minuman dingin terlebih dahulu sebelum mengonsumsinya.

9. Contoh Karangan Argumentasi Tentang Ekonomi


Contoh Karangan Argumentasi
Source: techno.id
 
Biaya pendidikan di Indonesia saat ini bisa dibilang sangatlah mahal. Walaupun pemerintah sudah memberikan bantuan pendidikan. Tetap saja para siswa harus membayar biaya untuk keperluan sekolah, berupa untuk membeli seragam, baju, buku, dan kebutuhan lainnya.

Mahalnya biaya pendidikan tidak hanya pada sekolah dasar atau sekolah tingkat pertama atau akhir saja. Namun juga di perguruan tinggi biaya pendidikan cukup mahal, walaupun di kampus negeri.

Mahalnya biaya untuk menempuh pendidikan di jenjang perguruan tinggi. Disebabkan karena pemerintah tidak memberikan bantuan langsung kepada perguruan tinggi yang ada.

Sehingga banyak anak yang telah lulus dari sekolah menengah atas lebih memilih untuk bekerja saja. Dibandingkan dengan melanjutkan ke perguruan tinggi.

Tentu hal tersebut menandakan bahwa pendidikan di Indonesia belum merata dan hanya mencakup pada orang yang mampu. Sedangkan bagi mereka yang kurang mampu, pendidikan tinggi hanya menjadi sebuah angan-angan belaka.

10. Contoh Karangan Argumentasi Tentang Lalu Lintas


Contoh Karangan Argumentasi
Source: viva.co.id

Jumlah kecelakaan di jalan raya dari tahun ke tahun terus meningkat. Bahkan tahun ini, jumlah kecelakaan meningkat tajam dibanding 2 tahun kebelakang.

Menurut kepolisian, data tahun kemarin jumalh kasus kecelakaan di jalan raya mencapai 2.700 kasus. Bila dibandingkan dengan tahun ini kasus kecelakaan sudah mencapai 4.500 kasus. Padahal ini masih berada di fase mudik lebaran, sehingga bisa dipastikan kecelakaan akan terus bertambah.

Sekali lagi menurut data kepolisian, dari 4.500 kasus kecelakaan yang paling terjadi adalah kendaraan bermotor. Meningkatnya angka kecelakaan ini diduga karena bertambahnya volume kendaraan bermotor ketika mudik.

Itulah contoh karangan argumentasi beserta penjelasan, ciri-ciri, jenis-jenis, dan langkah dalam pembuatannya. Semoga informasi ini bisa bermanfaat dan sampai jumpa di artikel selanjutnya.


COMMENTS

Nama

Buku Digital,4,CPNS,52,cpns2019,93,Download File,1,Formasi CPNS,2,honorer,1,Kalender,17,Karangan,23,Kendala CPNS 2018,2,kesehatan,1,Kuliah,7,modul,3,Pekerjaan,11,Pendaftaran CPNS,12,Pendidikan,86,Permenpan RB,26,Persyaratan CPNS,5,phbs,2,PPT,22,rpp,18,SBMPTN,1,Simulasi Cat CPNS,4,soal cpns,13,Terbaru,1,
ltr
item
Mautidur.com: 10 Contoh Karangan Argumentasi Singkat & Terbaik 2020
10 Contoh Karangan Argumentasi Singkat & Terbaik 2020
https://1.bp.blogspot.com/-XqUJS5PVJ0I/XT_8JaSqm9I/AAAAAAAABAU/pEBtT23zmXMyvp8UlZ_maOx-TaV6R1W9gCLcBGAs/s400/contoh%2Bkarangan%2Bargumentasi.jpg
https://1.bp.blogspot.com/-XqUJS5PVJ0I/XT_8JaSqm9I/AAAAAAAABAU/pEBtT23zmXMyvp8UlZ_maOx-TaV6R1W9gCLcBGAs/s72-c/contoh%2Bkarangan%2Bargumentasi.jpg
Mautidur.com
https://www.mautidur.com/2019/07/10-contoh-karangan-argumentasi-singkat.html
https://www.mautidur.com/
https://www.mautidur.com/
https://www.mautidur.com/2019/07/10-contoh-karangan-argumentasi-singkat.html
true
2310118337026904168
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All Artikel Terkait LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy Table of Content