Contoh Teks Eksplanasi Gempa Bumi Terbaik

Daftar Isi [Tampil]

Teks eksplanasi merupakan sebuah teks uraian yang menjelaskan tentang suatu tema atau topik tertentu. Kata eksplanasi berasal dari kosakata bahasa Inggris explanation yang memiliki arti penjelasan. Dalam sebuah contoh teks eksplanasi gempa bumi berikut ini akan ada uraian yang memberi penjelasan tentang detail fenomena alam tersebut. 

Struktur Penulisan Teks Eksplanasi

Sebuah teks eksplanasi memiliki struktur baku yang terdiri dari tiga bagian. Bagian pertama adalah pernyataan umum yang berisi tentang informasi umum tentang topik yang akan dijelaskan. Sebuah contoh teks eksplanasi tentang gempa bumi akan diawali dengan informasi umum terkait fenomena alam gempa bumi. 

Bagian yang kedua akan memberikan narasi sebab akibat yang terkait dengan analisis mengenai gempa bumi. Sedangkan bagian yang ketiga berupa interpretasi akan berisi kesimpulan – kesimpulan atau tafsir mengenai analisis yang terjadi pada bagian kedua teks eksplanasi.

Baca Juga: 12 Contoh Teks Eksplanasi Beserta Strukturnya

Contoh Teks Eksplanasi tentang Gempa Bumi

Berikut adalah contoh teks eksplanasi gempa bumi yang bisa digunakan sebagai bacaan untuk mengenal fenomena alam tersebut. Contoh teks eksplanasi tersebut juga bisa dipakai sebagai referensi atau panduan untuk menulis teks eksplanasi mengenai tema atau topik yang lain karena struktur penulisan yang serupa.

Teks Eksplanasi Penyebab Gempa Bumi

  • Pernyataan Umum

Gempa bumi merupakan fenomena alam yang ditandai dengan terjadinya getaran pada permukaan bumi. Getaran ini memiliki variasi kekuatan yang berbeda – beda dan diukur dengan satuan skala Richter. Semakin kuat getaran yang terjadi maka angka dalam skala tersebut akan semakin besar.

Gempa bumi memiliki titik pusat atau sumber. Area yang berada di sekitar titik pusat tersebut akan mengalami efek getaran yang paling besar dan akan semakin berkurang pada area yang semakin jauh dari pusat gempa. Daerah yang terletak cukup jauh dari pusat gempa mungkin tidak mengalami efek getaran sama sekali.

  • Analisis Sebab Akibat Gempa Bumi

Gempa disebabkan oleh pelepasan energi akibat pergeseran lempeng bumi, aktivitas vulkanik ataupun sebab – sebab lain yang menyebabkan getaran di permukaan bumi.

Berdasarkan penyebabnya gempa bumi dibagi menjadi beberapa sebab :

  1. Gempa bumi tektonik terjadi karena aktivitas tektonik atau pergerakan lempeng bumi. Getaran ini terjadi karena terjadi pelepasan energi dari plat tektonik setelah terjadi pergeseran sedikit demi sedikit. Efek yang ditimbulkan seperti karet yang dilepaskan setelah ditarik secara perlahan – lahan dan sedikit demi sedikit. Gempa tektonik dapat menyebabkan kerusakan yang sangat parah karena efek getaran yang terjadi bisa sangat besar karena energi yang dilepaskan juga sangat besar. Gempa tektonik besar yang berpusat di lautan bisa menyebabkan terjadinya tsunami atau gelombang pasang yang sangat besar.
  2. Gempa bumi tumbukan terjadi karena adanya benturan bumi dengan benda asing yang sangat besar. Gempa jenis ini terbilang jarang terjadi, tetapi diyakini pernah terjadi ketika bumi ditabrak oleh meteor atau asteroid pada masa lalu.
  3. Gempa bumi vulkanik terjadi karena aktivitas inti bumi yang berupa batuan cair atau magma. Gempa bumi tipe ini umumnya terjadi bersamaan dengan letusan gunung berapi atau aktivitas vulkanik lain. Daerah yang berada di sekitar gunung berapi aktif akan sering mengalami gempa bumi vulkanik.
  4. Gempa bumi runtuhan adalah gempa bumi yang terjadi karena runtuhnya bagian muka bumi. Gempa jenis ini bisa terjadi karena bukit yang runtuh atau longsor. Gua alam atau lubang di bumi aktivitas pertambangan yang runtuh juga bisa menyebabkan terjadinya gempa bumi runtuhan ini.
  5. Gempa bumi buatan merupakan gempa bumi yang terjadi karena aktivitas yang disengaja oleh manusia seperti meruntuhkan bangunan atau uji coba nuklir.

Getaran gempa bumi yang disebabkan oleh penyebab – penyebab tersebut bisa menimbulkan beragam efek. Salah satu efek yang seringkali dibahas adalah efek kerusakan yang merugikan manusia. Gempa bumi dengan getaran yang kuat atau sangat kuat bisa menyebabkan kerusakan bangunan yang parah. Bahkan bisa membuat sebuah kota rata dengan tanah karena tidak ada bangunan yang sanggup bertahan.

Sedangkan gempa bumi vulkanik bisa diikuti oleh bencana lain yang timbul akibat aktivitas tektonik yang terjadi seperti awan panas, lava pijar ataupun banjir lahar dingin.

Gempa tektonik yang besar dan terjadi di lautan bisa menimbulkan efek gelombang tsunami. Efek gelombang tsunami ini bahkan bisa menimbulkan kerusakan di daerah yang sama sekali tidak terdampak atau merasakan getaran gempa. Getaran besar atau pergeseran permukaan akibat gerakan lempeng bumi bisa menimbulkan gelombang air yang besar dan bergerak cepat sehingga menimbulkan banyak kerusakan.

Bencana gempa bumi yang besar bisa menyebabkan terjadinya korban jiwa yang sangat banyak karena efek gempa ataupun karena kehadiran bencana lain sebagai efek ikutan dari penyebab terjadinya gempa.

  • Interpretasi

Gempa bumi sebagai fenomena alam yang terjadi merupakan bagian dari dinamika permukaan, lempeng benua dan aktivitas perut bumi. Kemajuan teknologi bisa memberikan peringatan dini akan terjadinya gempa bumi dalam perspektif bencana alam. Akan tetapi sifatnya yang alami membuat getaran di permukaan bumi akibat aktivitas tektonik atau vulkanik tetap tidak dapat diramalkan kapan akan terjadi.

Meningkatkan kewaspadaan dan mengembangkan teknologi peringatan dini ataupun teknologi bangunan tahan gempa menjadi cara manusia beradaptasi untuk mencegah dan mengurangi kerugian serta resiko bahaya dari terjadinya gempa bumi.

Baca juga:

Tulisan ini dapat menjadi sebuah referensi atau contoh teks eksplanasi gempa bumi efeknya pada alam yang dapat digunakan sebagai sumber bacaan tentang gempa bumi dan akibatnya pada kehidupan umat manusia. 

Contoh teks eksplanasi gempa bumi singkat ini juga dapat digunakan sebagai panduan menulis teks eksplanasi tentang fenomena alam yang lain.

COMMENTS

Nama

anbk,6,asuransi,1,Buku Digital,5,buku teks,14,Ciri teks,15,contoh,120,cpns2019,1,cv,5,Download File,1,games,4,juknis,9,jurnal,2,Kalender,153,kosp,4,Kuliah,14,laporan,14,makalah,3,modul,6,modul ajar,5,modul guru,10,osn,4,Pekerjaan,9,Pendidikan,94,pengertian,31,Permenpan RB,26,phbs,2,poster,3,PPT,64,proposal,7,prota,2,pts,16,resume,4,rpp,25,soal am,3,soal cpns,14,soal pas,15,soal pat,15,soal us,12,surat,17,template,3,template ppt,11,tips,6,usaha,3,
ltr
item
Mautidur.com: Contoh Teks Eksplanasi Gempa Bumi Terbaik
Contoh Teks Eksplanasi Gempa Bumi Terbaik
https://blogger.googleusercontent.com/img/a/AVvXsEiGHjqUCIi1mVkUCsL-Kb-e9PqJxb5UpPycIvsxQqZqZeISXqqK1fAjdMRgiYzTZmyFCXow-mxeIt8Uud1iJsiiVEfK3q0ASnlHrCgl-7nLFs2q__Qr-pDZRK_OmSRoWge_VhjGNgcfckIPhFTa-paSTvQFO9GO09tVUskLJ7Gsjd5MAWuTcRi3l93W=w640-h530
https://blogger.googleusercontent.com/img/a/AVvXsEiGHjqUCIi1mVkUCsL-Kb-e9PqJxb5UpPycIvsxQqZqZeISXqqK1fAjdMRgiYzTZmyFCXow-mxeIt8Uud1iJsiiVEfK3q0ASnlHrCgl-7nLFs2q__Qr-pDZRK_OmSRoWge_VhjGNgcfckIPhFTa-paSTvQFO9GO09tVUskLJ7Gsjd5MAWuTcRi3l93W=s72-w640-c-h530
Mautidur.com
https://www.mautidur.com/2021/11/contoh-teks-eksplanasi-gempa-bumi.html
https://www.mautidur.com/
https://www.mautidur.com/
https://www.mautidur.com/2021/11/contoh-teks-eksplanasi-gempa-bumi.html
true
2310118337026904168
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All DIREKOMENDASIKAN UNTUK KAMU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy Table of Content