2 Contoh Teks Eksplanasi Pendidikan Terbaik

Daftar Isi [Tampil]

Teks eksplanasi adalah tulisan yang berisi penjelasan suatu proses yang berkaitan dengan relasi mengapa dan bagaimana tentang suatu kejadian atau fenomena, baik itu fenomena alam, sosial, budaya ataupun topik lain dalam konteks ilmu pengetahuan. Salah satu contoh teks eksplanasi pendidikan adalah perubahan kurikulum yang terjadi di Indonesia.

Eksplanasi berasal dari kosakata bahasa Inggris explanation yang memiliki arti berupa penjelasan atau keterangan. Teks eksplanasi pendidikan merupakan sebuah teks eksplanasi yang menjelaskan tentang sesuatu yang berkaitan dengan kegiatan atau proses belajar mengajar. Salah satu contoh teks eksplanasi pendidikan di Indonesia adalah tentang kurikulum dan mutu pendidikan.

Syarat Menulis Teks Eksplanasi

Tulisan dalam teks eksplanasi berisi informasi detail dan menjelaskan tentang sesuatu berdasarkan fakta atau kejadian nyata. Sumber tulisan berupa imajinasi tidak bisa digunakan sebagai bahan atau referensi untuk menulis teks eksplanasi. Dibutuhkan riset atau pengumpulan informasi melalui membaca beragam sumber, penelitian dan wawancara untuk bisa menghasilkan teks eksplanasi yang baik.

Sebuah teks eksplanasi memiliki struktur yang diawali dengan pernyataan umum, analisis sebab akibat dan diakhiri dengan interpretasi atau kesimpulan terkait pembahasan dalam analisis sebab akibat yang sudah diuraikan. Berikut ini beberapa contoh teks eksplanasi pendidikan beserta struktur yang bisa dijadikan referensi menulis teks eksplanasi yang lain.

Baca Juga: 12 Contoh Teks Eksplanasi Beserta Strukturnya

1. Contoh Teks Eksplanasi Tentang Mutu Pendidikan

Contoh Teks Eksplanasi Pendidikan

  • Pernyataan Umum

Pendidikan saat ini dianggap sebagai salah satu indikator kemajuan suatu bangsa. Terlebih lagi di dunia yang mengalami perkembangan sangat cepat di bidang ilmu pengetahuan dan teknologi. Indonesia dianggap sebagai negara berkembang dengan mutu atau tingkat pendidikan yang belum tinggi. 

Padahal pendidikan merupakan pondasi bagi perkembangan bangsa dan negara terkait kemajuan berpikir dan kemampuan bersaing dengan bangsa lain. Ada banyak hal yang masih harus dibenahi demi meningkatkan kualitas pendidikan dan kualitas sumber daya manusia di Indonesia.

  • Analisis Sebab Akibat

Kualitas pendidikan yang tinggi merupakan hal penting untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia yang nantinya berperan penting dalam membangun bangsa dan negara. Kualitas pendidikan di Indonesia masih rendah karena adanya kesadaran yang minim dari masyarakat tentang arti penting dan manfaat pendidikan bagi kehidupan manusia. Masih banyak generasi muda yang enggan menempuh pendidikan lebih lanjut karena berbagai alasan.

Faktor lain yang mempengaruhi minat masyarakat untuk mengenyam pendidikan lebih lanjut adalah tingginya biaya pendidikan. Harus diakui bahwa biaya pendidikan hingga perguruan tinggi saat ini terbilang mahal, bahkan untuk perguruan tinggi negeri. Kemampuan ekonomi masyarakat yang juga rendah karena kemiskinan membuat lebih banyak generasi muda di Indonesia memilih segera bekerja atau memilih jalur sekolah vokasi agar bisa segera bekerja.

Sarana dan prasana belajar mengajar menjadi alasan lain mengapa mutu pendidikan di Indonesia rendah. Hal ini terjadi sejak dari tingkat pendidikan dasar. Masih banyak sekolah di luar area perkotaan belum memiliki bangunan yang layak. 

Hal lain yang membuat mutu pendidikan di Indonesia sulit ditingkatkan adalah mutu serta kemampuan tenaga pengajar yang juga kurang. Kualitas buku pendukung pendidikan hingga kurikulum yang sering berubah membuat strategi pendidikan sulit fokus dalam mengatasi kesulitan dan memaksimalkan potensi yang dimiliki.

  • Interpretasi

Masalah mutu pendidikan yang rendah di Indonesia menjadi sebuah rantai yang saling berkait dan dibutuhkan usaha ekstra untuk memutus rantai tersebut. Masalah kemiskinan, biaya pendidikan tinggi, kualitas pendidik yang rendah, kurangnya sarana prasarana belajar, kurikulum yang terus berubah hingga kualitas buku pendukung pendidikan yang rendah menghasilkan lingkaran setan yang butuh diputus dengan segera jika ingin meningkatkan mutu pendidikan serta mencerdaskan kehidupan bangsa.

Itulah sebuah contoh teks eksplanasi masalah mutu pendidikan yang bisa dijadikan referensi untuk menulis teks eksplanasi dengan tema pendidikan. 

Berikut ini contoh teks eksplanasi pendidikan yang lain dengan tema bahasan tentang kurikulum pendidikan di Indonesia.

2. Contoh Teks Eksplanasi Tentang Kurikulum Pendidikan di Indonesia

Contoh Teks Eksplanasi Pendidikan

  • Pernyataan Umum

Kurikulum pendidikan dapat diibaratkan sebagai pondasi untuk membangun kualitas sistem pendidikan dan kualitas manusia yang dididik dalam sistem tersebut. Fenomena perubahan kurikulum pendidikan yang sering terjadi akhir – akhir ini menjadi sebuah tantangan tersendiri dalam usaha mengangkat kualitas pendidikan dan kualitas manusia melalui proses pendidikan.

  • Analisis Sebab Akibat

Kurikulum pendidikan dasar di Indonesia saat ini menggunakan kurikulum tahun 2013 yang menggantikan kurikulum 2006. Kurikulum baru dengan format belajar tematik ini banyak disebut menyulitkan karena berbagai alasan. Keterbatasan dan kualitas tenaga pengajar yang belum mampu menjalankan metode belajar kurikulum 2013 disebut – sebut sebagai salah satu permasalahan utama.

Kurikulum 2013 disebutkan oleh pihak Kementrian Pendidikan, Kebudayaan Riset dan Teknologi sebagai kurikulum yang diprioritaskan digunakan pada sekolah dengan nilai akreditasi A. Sekolah ini setingkat dengan sekolah berstandar internasional atau setidaknya sekolah di tingkatan RSBI ( Rintisan Sekolah Berstandar Internasional ). Syarat ini disebabkan oleh fokus pendidikan pada kurikulum 2013 yang berbasis pendekatan ilmiah untuk membangun sikap, ketrampilan, karakter dan mengenalkan ilmu pengetahuan.

Faktor lain yang menjadi persyaratan dari penggunaan kurikulum 2013 adalah ketersediaan distribusi buku pendukung kurikulum tersebut. Dibutuhkan kombinasi antara ketersediaan buku dan kemampuan tenaga pengajar untuk bisa menghasilkan dampak terbaik dari penggunaan kurikulum tersebut. Pergeseran pola – pola pendidikan dari hafalan menuju kemampuan analitis dan kreativitas menjadi bagian yang seringkali menyulitkan tenaga pengajar dalam penerapan kurikulum 2013.

  • Interpretasi

Dibutuhkan akselerasi untuk peningkatan mutu tenaga pengajar sebelum kurikulum 2013 bisa menghasilkan produk pendidikan ideal yang dicita – citakan kurikulum tersebut berupa generasi Indonesia yang berkarakter inovatif, kreatif dan produktif tanpa kehilangan ciri – ciri ke-Indonesia-an.

Baca juga:

Itulah contoh teks eksplanasi pendidikan tentang kurikulum pendidikan di Indonesia. Teks eksplanasi tentang pendidikan ini dapat menjadi referensi mengenai struktur dan gaya penulisan yang baik ketika menyusun sebuah teks eksplanasi.

COMMENTS

Nama

anbk,6,asuransi,1,Buku Digital,5,buku teks,14,Ciri teks,15,contoh,120,cpns2019,1,cv,5,Download File,1,games,4,juknis,9,jurnal,2,Kalender,153,kosp,4,Kuliah,14,laporan,14,makalah,3,modul,6,modul ajar,5,modul guru,10,osn,4,Pekerjaan,9,Pendidikan,94,pengertian,31,Permenpan RB,26,phbs,2,poster,3,PPT,64,proposal,7,prota,2,pts,16,resume,4,rpp,25,soal am,3,soal cpns,14,soal pas,15,soal pat,15,soal us,12,surat,17,template,3,template ppt,11,tips,6,usaha,3,
ltr
item
Mautidur.com: 2 Contoh Teks Eksplanasi Pendidikan Terbaik
2 Contoh Teks Eksplanasi Pendidikan Terbaik
https://blogger.googleusercontent.com/img/a/AVvXsEhGEqHMpgjxlqZVT2KxutMbxeCdg4QR9D_4bkSLVZSzLeMMtBX2ZmUe31OGf4FU_b1V6aWFdSFznOlslpNV8sPeHclwEiPy_odSVrLCgzoiV35T5Bemp7I335LJq7pETf0pdRavaiPO4DC1EQGDrk6Zj3i3SiUHVqbJjQaiweR3LPJvbHlv4MGUkBWv=w640-h400
https://blogger.googleusercontent.com/img/a/AVvXsEhGEqHMpgjxlqZVT2KxutMbxeCdg4QR9D_4bkSLVZSzLeMMtBX2ZmUe31OGf4FU_b1V6aWFdSFznOlslpNV8sPeHclwEiPy_odSVrLCgzoiV35T5Bemp7I335LJq7pETf0pdRavaiPO4DC1EQGDrk6Zj3i3SiUHVqbJjQaiweR3LPJvbHlv4MGUkBWv=s72-w640-c-h400
Mautidur.com
https://www.mautidur.com/2021/11/contoh-teks-eksplanasi-pendidikan.html
https://www.mautidur.com/
https://www.mautidur.com/
https://www.mautidur.com/2021/11/contoh-teks-eksplanasi-pendidikan.html
true
2310118337026904168
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All DIREKOMENDASIKAN UNTUK KAMU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy Table of Content