3 Contoh Teks Eksplanasi Fenomena Alam

Daftar Isi [Tampil]

Pernahkan Anda mendengar tentang teks eksplanasi fenomena alam, atau bahkan membaca salah satu contoh teks eksplanasi fenomena alam ! Teks eksplanasi sendiri adalah sebuah teks yang berisi tentang penjelasan akan suatu fenomena tertentu, baik itu sosial, alam, budaya, dan yang lainnya. Adapun tujuan dari hadirnya teks seperti ini adalah untuk memberikan pemahaman secara detail juga jelas, sehingga para pembaca paham akan fenomena yang terjadi.

Baca Juga: 12 Contoh Teks Eksplanasi Beserta Strukturnya

Struktur teks eksplanasi

Sebelum membahas tentang beberapa contoh teks eksplanasi fenomena alam, tentunya ada struktur teks yang perlu Anda pahami terlebih dahulu, mulai dari :

Identitas fenomena atau pernyataan umum

Ini adalah bagian yang akan mengidentifikasi suatu fenomena yang akan diterangkan, dalam skala umum. Misalnya saja yang berhubungan dengan fenomena budaya, sosial, alam, atau yang lainnya. Adapun ciri dari bagian yang satu ini, adalah selalu menggunakan jenis kata kopula, misalnya saja ‘ialah’ dan juga ‘adalah’.  

Urutan sebab akibat

Bagian ini akan merinci proses kejadian secara relevan dengan fenomena yang akan diterangkan tersebut, sebagai jawaban atas pertanyaan yang terjadi. Umumnya akan menggunakan kata ‘mengapa’ atau juga ‘bagaimana’.

Selain itu, bagian ini biasanya terdiri atas beberapa paragraf, yang menang berkaitan dengan fenomena yang dimaksud.  

Ulasan  

Ini adalah bagian yang berisi tentang komentar, penilaian, kesimpulan atau juga konsekuensi, atas fenomena atau kejadian yang telah dijelaskan sebelumnya.  

1. Contoh teks eksplanasi fenomena alam pelangi

Contoh Teks Eksplanasi Fenomena Alam

Yang pertama adalah contoh teks eksplanasi fenomena alam pelangi, dimana dalam ulasan kali ini akan dibahas tentang penyebab dan bagaimana fenomena pelangi itu terjadi.

  • Pernyataan umum

Bisa dikatakan pelangi adalah salah satu fenomena alam yang sangat indah. Dimana fenomena yang satu ini tercipta lantaran cahaya matahari yang menyinari butiran air. Ketika hal tersebut terjadi, berbagai warna indah akan bermunculan, secara berjajar. Fenomena itulah yang disebut dengan pelangi di langit. Secara umum, bentuk pelangi sendiri menyerupai busur, dengan masing-masing ujung mengarah pada titik yang berbeda.

Fenomena ini sendiri, biasanya terjadi ketika hujan ringan, atau bahkan sering juga ditemukan di sekitar lokasi air terjun.

  • Urutan sebab akibat

Pelangi sendiri adalah sebuah fenomena alam yang terjadi dari sebuah proses optik, yang melibatkan 3 tahap, yaitu refleksi, dispersi dan juga refraksi.

Proses yang pertama adalah refleksi, dimana butiran air yang ada di udara, bisa berfungsi seperti layaknya cermin. Jadi ketika cahaya matahari menyinari butiran air, maka sebagian besar cahayanya akan dipantulkan kembali. Terutama ketika hujan terjadi, maka udara mengandung banyak butiran air, yang membentuk seperti tirai, dimana masing-masing butiran air tersebut, akan memantulkan kembali cahaya matahari yang datang.  

Dipresi atau proses yang kedua adalah fenomena terurainya sebuah cahaya. Dimana cahaya yang awalnya berwarna putih, dalam hal ini cahaya matahari, akan terdispersi dan mengalami pelebaran sehingga membuat warna-warni tertentu, yang disebut dengan pelangi.

Refraksi adalah proses yang ketiga, dimana ketika cahaya matahari menembus butiran air tersebut, kemudian dipantulkan ke arah yang sedikit berbeda. Adapun perbedaan arah cahaya ini akan dipengaruhi oleh masing-masing panjang gelombang dari tiap cahaya yang datang, hingga membuatnya terlihat melebar seperti sebuah kipas.

  • Interpretasi  

Pelangi sendiri adalah sebuah peristiwa yang umumnya muncul setelah hujan datang, terutama hujan ringan. Untuk melihat fenomena tersebut, seseorang sebaiknya berdiri berlawanan arah dengan posisi matahari bersinar.  

2. Contoh teks eksplanasi fenomena alam aurora

Contoh Teks Eksplanasi Fenomena Alam

Berikutnya adalah contoh teks eksplanasi fenomena alam aurora, seperti diketahui bersama, ini adalah salah satu fenomena alam cantik lainnya selain fenomena pelangi.

  • Pernyataan umum

Aurora sendiri adalah sebuah fenomena alam, yang terjadi lantaran pancaran cahaya yang terlihat menyala-nyala, di lapisan Ionosfer, dan berasal dari sebuah planet, termasuk bumi. Fenomena munculnya Aurora tersebut, sebagai akibat dari terjadinya interaksi antara partikel yang bermuatan, kemudian dipancarkan oleh angin matahari, dengan bantuan dari medan magnet planet tersebut, salah satunya adalah bumi.   

  • Urutan sebab akibat

Aurora terjadi lantaran adanya angin matahari, dimana pertama ketika sunspot terbentuk, kemudian menciptakan medan magnet. Berikutnya, ketika kekuatan tidak sanggup menahan tekanan arus yang ada, membuatnya ‘jebol’. Lalu sunspot hancur, dan mengeluarkan kandungan energi, berupa arus elektron dan proton.

Biasanya Aurora ini terjadi di Bumi bagian kutub utara dan kutub Selatan. Fenomena Aurora yang terjadi di kawasan utara ini kerap disebut dengan ‘Aurora Borealis’. Sedangkan aurora yang kerap terlihat di bagian selatan disebut dengan ‘Aurora Australis.

  • Interpretasi

Mengingat Aurora ini hanya terjadi di kawasan kutub, sudah pasti, siapapun yang tinggal di kawasan Khatulistiwa tidak dapat melihat fenomena alam tersebut secara langsung.

3. Contoh teks eksplanasi fenomena alam banjir

Contoh Teks Eksplanasi Fenomena Alam
source image: depositphotos.com

Yang terakhir ada contoh teks eksplanasi fenomena alam banjir, yang akan membahas tentang penyebab banjir itu sendiri.  

  • Pernyataan umum

Banjir sendiri adalah sebuah fenomena alam, berupa naiknya permukaan air sehingga menutupi permukaan tanah yang ada di wilayah tertentu. Selain itu, banjir juga termasuk dalam salah satu siklus hidrologi, atau siklus air di permukaan bumi yang nantinya mengalir ke laut.

Dari siklus tersebut, dapat dijelaskan, bahwa banyaknya kapasitas air yang ada di permukaan bumi, akan sangat dipengaruhi oleh proses penyerapan air kedalam tanah dan juga curah hujan yang ada.   

  • Urutan sebab akibat

Adapun proses terjadinya banjir sendiri dapat dibedakan jadi 2 jenis, yaitu alamiah dan non-alamiah.

Dimana banjir yang terjadi secara alami, biasanya disebabkan oleh hujan lokal dan juga propagasi limpasan, yang berasal dari kawasan hulu dari suatu daerah tangkapan. Sedangkan banjir non alamiah, adalah banjir yang terjadi akibat ulah manusia. Salah satunya terjadi lantaran penumpukan sampah di aliran air, seperti sungai, selokan dan yang lainnya. Hingga membuatnya tersumbat, dan air tidak dapat mengalir secara lancar.   

  • Interpretasi

Untuk mengatasi banjir, baik banjir alami dan non alami, sebaiknya mulai dari menjaga lingkungan. Mulai dari banyak menanam pohon yang mampu menyerap air, dan tidak membuang sampah sembarangan.

Baca juga:

Demikianlah beberapa contoh teks eksplanasi fenomena alam yang ada disekitar dan dapat Anda pelajari. Semoga ulasan kali ini berguna untuk Anda, yang membutuhkan teks eksplanasi fenomena alam.

COMMENTS

Nama

anbk,6,asuransi,1,Buku Digital,5,buku teks,14,Ciri teks,15,contoh,120,cpns2019,1,cv,5,Download File,1,games,4,juknis,9,jurnal,2,Kalender,153,kosp,4,Kuliah,14,laporan,14,makalah,3,modul,6,modul ajar,5,modul guru,10,osn,4,Pekerjaan,9,Pendidikan,94,pengertian,31,Permenpan RB,26,phbs,2,poster,3,PPT,64,proposal,7,prota,2,pts,16,resume,4,rpp,25,soal am,3,soal cpns,14,soal pas,15,soal pat,15,soal us,12,surat,17,template,3,template ppt,11,tips,6,usaha,3,
ltr
item
Mautidur.com: 3 Contoh Teks Eksplanasi Fenomena Alam
3 Contoh Teks Eksplanasi Fenomena Alam
https://blogger.googleusercontent.com/img/a/AVvXsEiTSywNu6c8jLdsTucqLIVthzlm_iaD9dWpAO9IAWjLAmFLtbVsIdxDo8gUF4-aWLq94-0Ld7LjN9L_0L1foWuAflJxo6I9lE_K9eLNRmisikVSnlCe5G9WpBf8cJH5HGz_gOdl9_BxzLzDIz6ELGl38E0xPtZ6hpy3gAmKbd4pqQYvI44S7RCH-kKh=w640-h358
https://blogger.googleusercontent.com/img/a/AVvXsEiTSywNu6c8jLdsTucqLIVthzlm_iaD9dWpAO9IAWjLAmFLtbVsIdxDo8gUF4-aWLq94-0Ld7LjN9L_0L1foWuAflJxo6I9lE_K9eLNRmisikVSnlCe5G9WpBf8cJH5HGz_gOdl9_BxzLzDIz6ELGl38E0xPtZ6hpy3gAmKbd4pqQYvI44S7RCH-kKh=s72-w640-c-h358
Mautidur.com
https://www.mautidur.com/2021/11/contoh-teks-eksplanasi-fenomena-alam.html
https://www.mautidur.com/
https://www.mautidur.com/
https://www.mautidur.com/2021/11/contoh-teks-eksplanasi-fenomena-alam.html
true
2310118337026904168
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All DIREKOMENDASIKAN UNTUK KAMU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy Table of Content