Contoh Teks Eksposisi Berita Beserta Strukturnya

Daftar Isi [Tampil]

Apa itu teks eksposisi ? Teks eksposisi adalah jenis teks notifikasi yang akan memuat dan menjelaskan sebuah informasi maupun pengetahuan berdasarkan dari fakta yang sebenarnya. 

Informasi dan pengetahuan yang akan disampaikan ke dalam teks eksposisi berbentuk singkat, padat, jelas dan akurat. Berbagai informasi beserta pengetahuan tersebut harus berisikan tentang apa, siapa, dimana, kapan, bagaimana, mengapa dan dilandasi dengan fakta yang sebenarnya. 

Contoh teks eksposisi berita ini harus berlandaskan dari fakta yang sebenarnya dan dapat dipertanggungjawabkan akan kebenarannya oleh penulis itu sendiri. Nah, dengan begitu apa saja tujuan, ciri-ciri, struktur, dari teks eksposisi ini. 

Baca Juga 11 Contoh Teks Eksposisi Terlengkap & Terbaik

Definisi Teks Eksposisi Menurut Para Ahli Bahasa 

Seperti yang sudah disebut di awal tentang pengertian teks eksposisi sehingga kita bisa mendapatkan kata kunci yaitu “eksposisi “ yang berarti menjelaskan sebuah informasi. Maka dari itu dapat ditemukan definisi dari teks eksposisi berdasarkan pemikiran para ahli bahasa :

1.Macken

Menurut Macken teks eksposisi adalah teks yang memiliki sifat faktual dan memuat sudut pandang tertentu dengan cara yang logis. 

2. Chaer Al Wasilah

Teks eksposisi mempunyai tujuan untuk memberikan penjelasan mengenai sebuah persoalan maupun informasi dari penulis kepada para pembaca. 

3. Gorys Keraf

Wacana yang akan menguraikan objek tertentu dan memperluas pengetahuan maupun pandangan dari seorang pembaca. 

4. Jos Daniel Parera

Teks yang ditujukan untuk menyampaikan informasi dari para pengarang kepada pembaca tentang kejadian maupun permasalahan tertentu. 

Ciri – ciri Teks Eksposisi

Supaya lebih mudah untuk bisa membedakan antara teks eksposisi dengan berbagai jenis teks yang lainnya, kamu dapat memperhatikan hal – hal seperti di bawah ini :

  1. Menyampaikan berbagai pengetahuan dan informasi dengan singkat, padat, jelas dan sesuai dengan EYD. 
  2. Informasi dan pengetahuan yang disajikan berdasarkan fakta yang sebenarnya. 
  3. Pada teks menjawab pertanyaan 5W+1H.
  4. Teks eksposisi memiliki sifat yang sangat objektif dan didasarkan kepada kebenaran dan tidak memiliki sifat yang memihak. 
  5. Penulis tidak akan memaksakan pendapat terhadap para pembacanya. 
  6. Memiliki gaya tulisan yang bersifat mengajak. 

Jenis – jenis teks eksposisi

Teks eksposisi ini bisa dibedakan ke dalam beberapa jenis, antara lain :

1.Eksposisi definisi

Paragraf eksposisi yang akan memaparkan tentang definisi tentang suatu topik tertentu. 

2. Eksposisi proses

Paragraf  eksposisi yang berisikan langkah atau cara untuk melakukan sesuatu sejak dari awal hingga akhir. 

3. Eksposisi klasifikasi

Karangan dalam bentuk teks yang akan memaparkan perihal suatu hal supaya dapat tergambar dengan sangat jelas. 

4. Eksposisi ilustrasi

Memberikan gambaran yang sederhana tentang sesuatu dengan sesuatu yang lain dan mempunyai kemiripan maupun kemasan sifat. 

5. Eksposisi perbandingan

Paragraf eksposisi yang pada gambaran utamanya disajikan dengan cara memberikan perbandingan dengan yang lainnya. 

6. Eksposisi laporan

Mengemukakan sebuah laporan berita maupun penelitian tertentu. 

7. Eksposisi pertentangan

Berisikan mengenai pertentangan suatu hal dengan yang lainnya. 

8. Eksposisi berita

Memberikan informasi dari sebuah kejadian yang sering dijumpai dalam berita maupun surat kabar. 

9. Eksposisi analisis

Memisahkan suatu permasalahan dari gagasan yang utama dan menjadikannya ke dalam beberapa sub bagian dan melakukan pengembangan secara berurutan.

Struktur Teks Eksposisi

Struktur pada teks eksposisi ini terdiri dari tiga bagian yang ketiganya akan dijabarkan sebagai berikut ini :

1.Tesis

Menjadi dari bagian yang berisikan sudut pandang dari penulis terhadap permasalahan yang diangkat. Tesis adalah bagian paling awal dan penting dari teks eksposisi. Namun, tesis ini bisa diletakkan pada bagian akhir untuk dijadikan penegasan ulang. 

2. Argumentasi

Merupakan bagian dari teks eksposisi yang memiliki fungsi sebagai bukti maupun alasan untuk bisa memperkuat pendapat ataupun menolak suatu pernyataan. Argumentasi dapat berupa sebuah pernyataan umum atau data dari penelitian, pernyataan para ahli, atau fakta yang didasari dari berbagai referensi terpercaya. 

3. Simpulan

Bagian akhir dari struktur teks eksposisi dan akan mengandung pernyataan simpulan dan menegaskan tesis kembali yang sebelumnya sudah dikemukakan pada bagian awal teks dan dapat dibuktikan dengan unsur argumen yang ada pada bagian argumentasi. 

Tujuan Teks Eksposisi

Tujuan dari penulisan teks eksposisi ini adalah menjelaskan informasi dan pengetahuan dari penulis yang berdasarkan dari fakta yang sebenarnya supaya dapat lebih menambahkan wawasan maupun pandangan para pembaca. 

Kelebihan dan Kekurangan Teks Eksposisi

Ada beberapa kelebihan dan kekurangan yang dimiliki oleh  teks eksposisi ini :

Kelebihan :

  1. Lebih bersifat bebas jika dibandingkan dengan teks yang lainnya karena berisikan tentang pendapat yang tidak selalu mengikat dengan salah atau benarnya isi dalam teks tersebut. 
  2. Meyakinkan para pembaca untuk dapat menyetujui suatu pendapat dalam konteks yang positif. 

Kekurangan :

  1. Terkadang teks eksposisi ini bisa menimbulkan kontroversi, apalagi jika isi pada teks tersebut berisikan ejekan maupun umpatan terhadap suatu golongan maupun yang bertemakan politik. 
  2. Lebih dapat memberikan pengaruh terhadap para pembaca yang berkaitan dengan hal yang negatif. 

Contoh Teks Eksposisi Berita

Contoh Teks Eksposisi Berita

Judul : Kabut Asap Tebal Masih Menyelimuti Kawasan Industri Karawang

Tesis

Asap tebal yang menyelimuti beberapa daerah di Karawang Jawa Barat membuat jarak pandang semakin tipis. Warga sekitar pun semakin kesulitan untuk melakukan aktivitas sehari-hari. Kebakaran salah satu perusahaan benar-benar membuat warga kesusahan untuk bernafas dan aktivitas pun menjadi terganggu.

Argumentasi

Pada hari Jumat (10/07/2016), BMKG Karawang merilis 2 titik panas atau hotspot di Karawang pada level confidence 10%. Jumlah tersebut pun semakin meningkat pada level 20% dengan jumlah titik api yang diperkirakan menjadi 4 lokasi.

Titik api tersebut berada di kawasan Karawang International Industrial City (KIIC) 2 titik dan Karawang New Industry City (KNIC) 2 titik. Jarak pandang pun semakin tipis dan hanya mencapai maksimal 700 meter di teluk jambe dan sekitar kawasan.

Simpulan

Kondisi tersebut menyebabkan banyak masyarakat yang jatuh sakit dan mengalami gangguan pernafasan. Beberapa posko kesehatan yang ada di sekitar kawasan semakin ramai dikunjungi untuk berobat terutama bayi dan anak-anak. Perhatian dari pemerintah pun sangat penting agar kebakaran beberapa perusahaan yang terjadi bisa segera berhenti.

Baca juga:

Itulah ciri-ciri, struktur, tujuan dan contoh teks eksposisi berita. Semoga bermanfaat dan terima kasih telah berkunjung.

COMMENTS

Nama

anbk,6,asuransi,1,Buku Digital,5,buku teks,14,Ciri teks,15,contoh,120,cpns2019,1,cv,5,Download File,1,games,4,juknis,9,jurnal,2,Kalender,153,kosp,4,Kuliah,14,laporan,14,makalah,3,modul,6,modul ajar,5,modul guru,10,osn,4,Pekerjaan,9,Pendidikan,94,pengertian,31,Permenpan RB,26,phbs,2,poster,3,PPT,64,proposal,7,prota,2,pts,16,resume,4,rpp,25,soal am,3,soal cpns,14,soal pas,15,soal pat,15,soal us,12,surat,17,template,3,template ppt,11,tips,6,usaha,3,
ltr
item
Mautidur.com: Contoh Teks Eksposisi Berita Beserta Strukturnya
Contoh Teks Eksposisi Berita Beserta Strukturnya
https://blogger.googleusercontent.com/img/a/AVvXsEiMXUDs3oDv5X-fiqD9scdu9PrQ-u2dNKcAv8LY-eH8fAr4rd1k5D6VmWnhJwpzdBtoE4kheXyqb3jxxQ_aNpiglh5PDEEZk-zUmku7Mcf_HT54k38Tsds-5yBj4BWbldKW01iC4K-imOkgt52_Vn0Xu1voLtIUpb65ePmEEjq4PvOcDXfq7Skoffn0=w640-h378
https://blogger.googleusercontent.com/img/a/AVvXsEiMXUDs3oDv5X-fiqD9scdu9PrQ-u2dNKcAv8LY-eH8fAr4rd1k5D6VmWnhJwpzdBtoE4kheXyqb3jxxQ_aNpiglh5PDEEZk-zUmku7Mcf_HT54k38Tsds-5yBj4BWbldKW01iC4K-imOkgt52_Vn0Xu1voLtIUpb65ePmEEjq4PvOcDXfq7Skoffn0=s72-w640-c-h378
Mautidur.com
https://www.mautidur.com/2021/10/contoh-teks-eksposisi-berita-beserta.html
https://www.mautidur.com/
https://www.mautidur.com/
https://www.mautidur.com/2021/10/contoh-teks-eksposisi-berita-beserta.html
true
2310118337026904168
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All DIREKOMENDASIKAN UNTUK KAMU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy Table of Content