Contoh Karangan Liburan Sekolah di Rumah

Daftar Isi [Tampil]

Pada masa liburan sekolah umumnya anak-anak sering mendapatkan tugas untuk membuat contoh karangan liburan sekolah dirumah. Karangan ini menjadi bentuk dari pengaplikasian ilmu sastra bahasa Indonesia yang sudah dari dini biasanya akan dipelajari. 

Pembelajaran mengarang ini akan kita dapatkan biasanya sejak berada di bangku SD dan masuk ke dalam mata pelajaran Bahasa Indonesia, bahasa daerah dan juga bahasa asing. Mengarang ini merupakan cara pengaplikasian dari ilmu sastra yang kita dapatkan, kita harus bisa untuk membuat sebuah tulisan yang diutarakan ke dalam. Bentuk paragraf dan menjadi satu tulisan yang utuh. 

Contoh Karangan Liburan Sekolah di Rumah

Manfaat Kerangka Karangan yang Harus Diketahui

Misalnya kita akan membuat karangan liburan sekolah di rumah nenek terlebih dahulu harus membuat sebuah kerangka karangan yang akan berperan penting ketika membuat sebuah tulisan. Kerangka karangan ini akan berisikan tema, topik beserta garis besar kalimat yang nanti dapat dituangkan menjadi sebuah contoh karangan liburan sekolah dirumah dll. 

Adanya kerangka karangan membuat kita lebih mudah untuk menyusun dan membuat sebuah karangan. Berikut ini adalah manfaat kerangka karangan yang harus diketahui :

1.Memudahkan elaborasi antara paragraf

Paling penting dari sebuah karangan adalah elaborasi. Elaborasi ini merupakan teknik agar dapat mengembangkan intisari dari karangan yang dibuat. Tujuannya adalah agar tulisan mudah untuk dipahami dan mempunyai struktur kata yang akan saling berkaitan antara kalimat yang ada di dalam paragraf. 

Inilah manfaat pertama yang bisa didapatkan membantu teknik elaborasi yang lebih baik. Jika tidak ada kerangka karangan ini, maka elaborasi antara kalimat sulit untuk bisa dilakukan, sehingga bisa terjadi karangan yang kabur dan tidak akan jelas.

2. Bisa tentukan topik per paragraf lebih mudah 

Banyak sekali topik kumpulan karangan liburan sekolah yang tidak harus kita tentukan sebelum sebuah judul dibuat, tetapi setiap paragrafnya harus kita pikirkan. Jika setiap paragraf mempunyai topik, maka ketika kita mengembangkan tulisan di suatu paragraf dapat menjadi lebih mudah. 

Pada bagian inilah fungsi kerangka karangan itu berperan, yang akan membantu dalam menentukan topik yang akan dikembangkan setiap per paragraf, sehingga menjadi lebih mudah dalam pengembangan ketika menulis dalam satu paragraf. 

3. Agar cerita tidak keluar dari intinya

Artikel contoh karangan liburan sekolah yang baik dalam penulisan mudah sekali kita temukan di internet yang bisanya kita jadikan acuan di saat membuat sebuah karangan. Terkadang penulisan sebuah karangan yang kabur dan kurang jelas temanya akan menjadi bentuk karangan yang terlihat buruk dan orang lain tidak mudah membacanya. 

Manfaat kerangka karangan yang lainnya adalah membantu dalam mengarahkan pada penulisan karangan supaya nantinya tidak akan kabur dan asal-asalan ketika membuatnya. Hal ini juga dapat mencegah munculnya pengembangan karangan yang melenceng dari topik utamanya. 

4. Penyusunan karangan lebih baik

Impian setiap penulis adalah bisa membuat sebuah karangan maupun karya ilmiah yang terbaik dan sempurna, enak ketika dibaca oleh orang lain. Maka dari itu kerangka karangan ini akan berperan untuk bisa membantu penulis dalam menyusun kata berdasarkan dari topik yang sudah ditentukan di dalam kerangka karangan. Hal ini nanti dapat menghasilkan sebuah karangan dan juga karya ilmiah yang sangat sempurna. 

5. Menghindari dari tumpang tindih tema dari karangan

Sering sekali terjadi di antara tema yang satu dengan yang lainnya pada paragraf berbeda akan terjadi tumpang tindih. Hal ini justru bisa membuat para pembaca menjadi lebih bingung, ini bisa terjadi karena penulis tidak memperhatikan topik beserta tema yang ada pada setiap paragraf yang ada dalam kerangka karangan, sehingga tema menjadi tumpang tindih. 

Akhirnya hanya sebuah kerangka karangan yang bisa untuk mengatasi permasalahan yang satu ini, jika setiap tema yang ada dalam sebuah karangan terjadi tumpang tindih akan lebih banyak memberikan gangguan dan dapat menurunkan nilai yang ada di dalam karangan tersebut. 

6. Memudahkan dalam penulisan karangan. 

Intinya kerangka karangan yang terpenting adalah supaya para penulis bisa untuk menyusun sebuah karangan maupun karya tulisan secara baik dan sempurna. Karya tulis dan dibuat dengan begitu baik dan sempurna bisa mendapatkan nilai tambah dan kepuasan sendiri untuk para penulis. 

Hal – Hal yang Harus Diperhatikan Ketika akan Membuat Karangan

Walaupun memiliki nama karangan tetap saja kita tidak bisa untuk membuatnya secara asal-asalan dan sembarangan. Ada beberapa hal yang harus bisa kita perhatikan dengan baik sebelum memutuskan membuat karangan. Berikut ini beberapa hal yang wajib diperhatikan sebelum membuat karangan :

  • Topik

Topik merupakan inti paling utama dalam keseluruhan tulisan. Ada beberapa syarat tentukan sebuah topik yaitu, dapat menarik perhatian, sempit dan terbatas, aktual dan dikuasai oleh  penulis. 

  • Judul

Judul akan menjadi pemegang peranan yang penting pada sebuah karangan. Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menentukan judul yang baik. Sesuaikan dengan tema, bisa menimbulkan keinginan untuk membacanya, kalimat pendek dan mudah untuk diingat, orisinil. 

  • Kerangka karangan

Sebelum mulai untuk menulis karangan, lebih baik penulis membuat kerangka karangan terlebih dahulu supaya jalan ceritanya tidak akan melebar, menjadi simpang siur, kabur maupun terputus di tengah-tengah jalan, sehingga karangan tersebut tidak sampai ke akhir. 

  • Konjungsi

Jika akan membuat contoh karangan liburan sekolah dirumah jangan pernah melupakan konjungsi. Konjungsi merupakan kata sambung atau penghubung yang mana konjungsi ini tidak bisa untuk dihubungkan dengan objek pada suatu kalimat. Konjungsi juga tidak bisa untuk menerangkan suatu kata. 

Contoh Karangan Liburan Sekolah di Rumah

Judul : Liburan sekolah terasa indah bila dirumah

source image: freepik.com

Ketika liburan semester telah tiba, aku tidak pergi kemana-mana. Aku hanya dirumah saja dan seperti biasa membantu kegiatan ibu dalam mengurus rumah. Untungnya liburan semester ini bertepatan dengan Ramadhan dan idul fitri. Sehingga banyak sekali kegiatan yang bisa aku lakukan.

Kegiatan aku dirumah diantaranya adalah membantu ibu mempersiapkan menu buka puasa, membuat kue lebaran, memasak untuk sahur dan masih banyak lagi.

Aku dibangunkan oleh ibu untuk sahur jam 3. Setelah sahur dan melaksanakan sholat subuh aku kembali tidur dan bangun jam 7. Setelah itu aku membersihkan rumah, sedangkan ibu memasak.

Sekitar pukul 9 aku menonton acara favorit aku, yakni Spongebob. Setelah habis menonton, aku pergi bermain dengan teman saya yang bernama Riska dan Tasya. Biasanya kami bermain dihalaman rumah. Permainan yang kami biasa mainkan adalah lompat tali, klereng dan masih banyak lagi.

Selain membantu Ibu biasanya aku bermain di tempat nenek yang tidak jauh dari rumah. Hari demi hari berlalu tak terasa waktu liburan berakhir dengan sangat cepat. Pada akhirnya aku harus kembali kerutinitas aku sebagai seorang siswa. Meskipun selama liburan aku tidak berpergian sangat jauh, namun liburan semester ini terasa sangat menyenangkan.

Baca Juga : 12 Contoh Karangan Narasi Terbaik 

Itulah manfaat dan contoh karangan liburan sekolah dirumah. Semoga bisa bermanfaat dan terima kasih telah berkunjung.

COMMENTS

Nama

anbk,6,asuransi,1,Buku Digital,5,buku teks,14,Ciri teks,15,contoh,120,cpns2019,1,cv,5,Download File,1,games,4,juknis,9,jurnal,2,Kalender,153,kosp,4,Kuliah,14,laporan,14,makalah,3,modul,6,modul ajar,5,modul guru,10,osn,4,Pekerjaan,9,Pendidikan,94,pengertian,31,Permenpan RB,26,phbs,2,poster,3,PPT,64,proposal,7,prota,2,pts,16,resume,4,rpp,25,soal am,3,soal cpns,14,soal pas,15,soal pat,15,soal us,12,surat,17,template,3,template ppt,11,tips,6,usaha,3,
ltr
item
Mautidur.com: Contoh Karangan Liburan Sekolah di Rumah
Contoh Karangan Liburan Sekolah di Rumah
https://blogger.googleusercontent.com/img/a/AVvXsEi4V5E3WuqC9SCImHY38ayCnRqJeKd0IjrLyYMrm3nNdsKRdD4nSJocYJFoSI35cve6YdIkeez2UO-GkIfa3ZuuNPIKwcKRgD1lTOlxODRwtN58QG--pkhMk1qTbmEIHJg0SDWvtZiqki8k91jPsjmMW1k8weWMBlPuS291lah723w-JCJvgjdi2jpX=w640-h360
https://blogger.googleusercontent.com/img/a/AVvXsEi4V5E3WuqC9SCImHY38ayCnRqJeKd0IjrLyYMrm3nNdsKRdD4nSJocYJFoSI35cve6YdIkeez2UO-GkIfa3ZuuNPIKwcKRgD1lTOlxODRwtN58QG--pkhMk1qTbmEIHJg0SDWvtZiqki8k91jPsjmMW1k8weWMBlPuS291lah723w-JCJvgjdi2jpX=s72-w640-c-h360
Mautidur.com
https://www.mautidur.com/2021/10/contoh-karangan-liburan-sekolah-di-rumah.html
https://www.mautidur.com/
https://www.mautidur.com/
https://www.mautidur.com/2021/10/contoh-karangan-liburan-sekolah-di-rumah.html
true
2310118337026904168
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All DIREKOMENDASIKAN UNTUK KAMU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy Table of Content