2 Contoh Teks Eksplanasi Fenomena Sosial

Daftar Isi [Tampilkan]

Contoh Teks Eksplanasi Fenomena Sosial
Ulasan kali ini akan membahas tentang beberapa contoh teks eksplanasi fenomena sosial, yang terbilang umum dibahas dan paling sering terjadi di sekitar Anda.

1. Contoh teks eksplanasi fenomena sosial tawuran

Contoh Teks Eksplanasi Fenomena Sosial
source image: ceklissatu.com

Untuk contoh teks eksplanasi fenomena sosial yang akan dibahas pertama kali adalah contoh teks eksplanasi fenomena sosial tawuran. Dimana tawuran sendiri adalah sebuah fenomena sosial yang kerap kali terjadi, terutama di kalangan pemuda.

  • Pernyataan umum

Sebenarnya tawuran sendiri adalah salah satu tindakan atau perilaku negatif yang sempat jadi ‘tren’ di kalangan para pelajar di tanah air. Walaupun saat ini sudah mulai jarang terdengar, namun sebenarnya tawuran tersebut masih kerap terjadi, tidak hanya di kawasan perkotaan, namun juga di kawasan pedesaan.

Ada yang berbeda antara tawuran di pedesaan dan perkotaan. Tawuran di pedesaan biasanya dilakukan oleh para pemuda desa setempat, dengan desa lainnya, dan dilakukan di kawasan yang terbilang sepi. Sedangkan tawuran yang dilakukan di perkotaan biasanya terjadi di kalangan para pelajar atau juga geng motor, dan biasanya dilakukan di jalanan.  

  • Urutan sebab akibat

Tawuran sendiri tidak lain adalah sebuah aksi yang terjadi antara kelompok pelajar tertentu dengan kelompok pelajar lainnya, dimana pada masing-masing kelompok, terdiri atas jumlah yang sama banyak.

Yang menarik disini adalah, perkara atau penyebab dari tawuran tersebut, terbilang sepele, seperti terjadinya atar ejek antar siswa sekolah yang berbeda. Kemudian berbuntut dengan harga diri dan ego, serta rasa tidak terima, yang membuat pertengkaran atau perkelahian tersebut terjadi.

Tentunya ada beberapa penyebab, kenapa fenomena tawuran ini bisa terjadi, mulai dari kurangnya pengawasan para guru. Dimana ada kalanya aksi seperti ini terjadi lantaran longgarnya aturan bolos sekolah ketika KBM berlangsung.

Penyebab lainnya adalah kurangnya pengawasan dari pihak orang tua, pendidikan budi pekerti serta kurangnya pendidikan sopan santun terhadap sesama yang membuat aksi seperti ini kerap kali terjadi.   

Terkadang orang tua tidak tahu atau beberapa ada yang seolah tidak mau tahu, dengan siapa anaknya bergaul atau berteman, dan seolah-olah hanya mengalahkan guru di sekolah. Selain itu kurangnya kasih sayang dan perhatian dari orang tua, kerap kali membuat sang anak mencari perhatian dengan melakukan beberapa tindakan, yang cenderung melanggar hukum.  

  • Interpretasi  

Dari berbagai penyebab yang disebutkan di atas, sebaiknya tidak hanya pendidikan bangsa ini yang melakukan berbenah diri, namun binaan dari para guru dan juga kasih sayang serta perhatian dari orang tua juga harus lebih ditingkatkan.

Menciptakan lingkungan yang nyaman dan menyenangkan, baik dari pihak sekolah dan rumah, akan membuat aksi tawuran di masa depan dapat lebih ditekan, atau bahkan menghilang.

Baca Juga: 12 Contoh Teks Eksplanasi Beserta Strukturnya

2. Contoh teks eksplanasi fenomena sosial korupsi

Contoh Teks Eksplanasi Fenomena Sosial

Contoh teks eksplanasi fenomena sosial korupsi kali ini, akan membahas tentang bagaimana dampak dari korupsi itu sendiri. berikut adalah contoh teks eksplanasi fenomena sosial korupsi yang dimaksud.

  • Pernyataan umum

Dilihat secara harfiah, korupsi sendiri adalah sebuah tindakan penggelapan atau juga penyelewengan uang untuk kepentingan pribadi. Baik yang dilakukan skala kecil, hingga skala besar, seperti korupsi di tingkat kelurahan, penyelewengan uang negara, uang perusahaan, atau yang lainnya.  Adapun ciri-ciri korupsi itu sendiri, antara lain :

  1. Penipuan terhadap satu badan tertentu, seperti badan pemerintahan.
  2. Terjadinya pengkhianatan akan amanat yang telah diberikan dan dipercayakan.  
  3. Melalaikan kepentingan umum, demi kepentingan khusus secara sengaja.
  4. Tindakan seperti ini biasanya melibatkan lebih dari 1 orang atau 1 pihak tertentu.
  5. Biasanya dilakukan secara rahasia, terkecuali, jika ada kondisi yang memungkinkan.
  6. Umumnya kegiatan seperti ini terpusat pada pihak pengambil keputusan, atau pihak yang tidak dapat dipengaruhi.
  7. Adanya keuntungan dan kewajiban yang dilakukan secara bersama, biasanya berupa uang atau bentuk lainnya.
  8. Adanya usaha untuk menutupi perbuatan yang dilakukan.
  9. Terlihat adanya fungsi ganda, yang kesannya bertolak belakang dengan apa yang dilakukan. 

  • Urutan sebab akibat

Tentunya ada beberapa penyebab, kenapa budaya korupsi tersebut terjadi, mulai dari gaya hidup yang cenderung konsumtif, masalah ekonomi, adanya budaya memberi uang pelicin, sanksi hukum yang rendah, rendahnya budaya malu, kurangnya pengawasan hukum, serta penerapan hukum yang terbilang tidak konsisten, bahkan cenderung berpihak.

Tapi dibalik itu semua tindakan korupsi, pastinya akan menimbulkan dampak yang negatif, adapun dampak negatif yang dimaksud antara lain :

  1. Mampu membuat sistem ekonomi jadi tidak efektif, bahkan membuat utang luar negeri terlihat semakin membumbung.
  2. Adanya distorsi terhadap proses pengambilan keputusan yang mengarah pada kebijakan publik. Hingga membuat hukum dan birokrasi hanya melayani para pemilik modal dan juga para penguasa saja.
  3. Adanya proses delegitimasi akan proses demokrasi, dengan cara mengurangi rasa percaya publik terhadap sistem politik dengan menggunakan uang.  
  4. Mengurangi atau bahkan meniadakan proses hukum yang ada, melalui kinerja dan proses promosi, lantaran hubungan nepotisme dan juga patron client.
  5. Itu sebabnya budaya korupsi itu harus diberantas, dan hal tersebut harus dilakukan oleh seluruh elemen masyarakat.  

  • Interpretasi

Salah satu solusi untuk mengatasi masalah nepotisme ini adalah dengan menggunakan semua stakeholder ketika merumuskan visi, misi dan hal lainnya, yang mengarah terhadap makna KKN (Korupsi, Kolusi, dan Nepotisme) itu sendiri.

Selanjutnya proses penerapan dan pelaksanaan semua kebijakan serta hukum, juga sebaiknya dilakukan dengan tidak tebang pilih.  

Baca juga:

Demikianlah beberapa ulasan dan juga contoh teks eksplanasi fenomena sosial yang kerap kali terjadi di sekitar Anda. Semoga ulasan kali ini berguna dan jadi inspirasi menarik untuk Anda.

COMMENTS

Nama

asuransi,1,Buku Digital,5,Ciri teks,15,contoh,32,CPNS,52,cpns2019,91,Download File,1,Formasi CPNS,2,honorer,1,jurnal,2,Kalender,26,Karangan,48,Kendala CPNS 2018,2,kesehatan,1,Kuliah,7,laporan,14,makalah,3,modul,5,Pekerjaan,11,Pendaftaran CPNS,12,Pendidikan,91,pengertian,1,Permenpan RB,26,Persyaratan CPNS,5,phbs,2,PPT,22,proposal,7,rpp,18,SBMPTN,1,Simulasi Cat CPNS,4,soal cpns,14,surat,1,template ppt,5,Terbaru,1,
ltr
item
Informasi Pendidikan: 2 Contoh Teks Eksplanasi Fenomena Sosial
2 Contoh Teks Eksplanasi Fenomena Sosial
https://blogger.googleusercontent.com/img/a/AVvXsEhJiS8rO_8xz29Ange30OslU3-E3SrZ9cUWZdqVuGPGkKgS7t6SdyarZACpTbxNMnTTCzm2pZAx2cvW91H65RnTqKFqGgSZXPcA2QqZ5doE4cOSiPLWaOa-NSyRvCu952P5swQvvsL7c9RGxJWxAWHdwjwwd7QXa4HIdr-2UuGabyyDjcsOan1qQQmX=w640-h386
https://blogger.googleusercontent.com/img/a/AVvXsEhJiS8rO_8xz29Ange30OslU3-E3SrZ9cUWZdqVuGPGkKgS7t6SdyarZACpTbxNMnTTCzm2pZAx2cvW91H65RnTqKFqGgSZXPcA2QqZ5doE4cOSiPLWaOa-NSyRvCu952P5swQvvsL7c9RGxJWxAWHdwjwwd7QXa4HIdr-2UuGabyyDjcsOan1qQQmX=s72-w640-c-h386
Informasi Pendidikan
https://www.mautidur.com/2021/11/contoh-teks-eksplanasi-fenomena-sosial.html
https://www.mautidur.com/
https://www.mautidur.com/
https://www.mautidur.com/2021/11/contoh-teks-eksplanasi-fenomena-sosial.html
true
2310118337026904168
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy Table of Content