9+ Contoh Kata Pengantar Makalah Terbaik

Daftar Isi [Tampil]

Contoh Kata Pengantar - Pada kesempatan kali ini saya akan memberikan beberapa contoh kata pengantar. Namun, kamu harus memahami terlebih dahulu apa sih kata pengantar itu?

Kata pengantar merupakan bagian halaman dari karya tulis yang isinya berupa ucapan-ucapan penulis untuk mengantarkan pembaca memasuki dan memahami isi dari karya tulis yang telah dibuatnya. Sedangkan menurut KBBI, kata pengantar merupakan kata pendahuluan atau pandangan umum secara singkat dan jelas sebagai pendahuluan suatu karya tulis.

Contoh Kata Pengantar Makalah

Baca Juga: 17 Contoh Kata Pengantar yang Benar & Terbaik

Fungsi Kata Pengantar

Fungsi kata pengantar adalah mengantarkan pembaca kepada uraian isi dari suatu karya tulis. Kata pengantar juga memiliki manfaat untuk memberikan gambaran kepada pembaca mengenai isi karya yang akan dibaca.

Adanya kata pengantar diharapkan memudahkan pembaca untuk memahami isinya karena sudah dikenalkan terlebih dahulu melalui kata pengantar. Selain itu, kata pengantar pada bagian awal suatu karya akan memberikan nilai tambah tersendiri bagi pembaca.

Struktur Kata Pengantar

  • Pembukaan

Paragraf pertama dalam kata pengantar adalah bagian pembukaan. Bagian pembukaan biasanya berisi ucapan syukur penulis atau tim penyusun karya tulis karena proses pembuatan karya tulis telah berhasil diselesaikan.

Ucapan syukur ini bisa diucapkan kepada Tuhan Yang Maha Esa, dan juga ucapan terima kasih kepada pihak yang terlibat atau membantu dalam penyusunan karya tulis tersebut.

  • Isi

Bagian isi biasanya memuat tema yang diusung dari karya tulis, dan disertai penjelasan mengenai apa yang dibahas dan bagaimana karya tulis itu dibuat.

Bagian isi kata pengantar juga bisa memuat tujuan dan harapan penulis terhadap karya tulis yang dibuat.

  • Penutup

Bagian penutup kata pengantar biasanya berisi ucapan permohonan maaf dari penulis, apabila dalam karya tulis tersebut terdapat kekurangan dan kesalahan. Penulis juga dapat menyampaikan keinginannya apabila ia berkenan mendapatkan kritik dan saran dari para pembaca.

Tips Membuat Kata Pengantar

  • Hindari memasukan ucapan terima kasih kepada terlalu banyak orang. Hal tersebut tidak perlu dilakukan, sebaiknya cukup dipersingkat dengan ucapan terima kasih kepada pihak yang berkontribusi dan tidak perlu disebutkan siapa saja pihak yang bersangkutan.
  • Tulis secara singkat, jelas dan menarik.
  • Hindari penulisan kata pengantar menggunakan kalimat-kalimat yang sulit untuk dipahami.
  • Hindari menuliskan kata pengantar dengan kalimat yang terlalu berbelit sehingga kata pengantar menjadi panjang.
  • Hindari menulis kata pengantar dengan bahasa yang tidak formal.
  • Perhatikan struktur kata pengantar dengan benar, seperti pembukaan, isi dan penutup.
  • Hindari menulis kata pengantar menggunakan kalimat-kalimat yang berpotensi menyinggung pihak tertentu.

Contoh Kata Pengantar Makalah

1. Contoh Kata Pengantar Makalah Tentang Kewirausahaan

source image: ucm.ac.id

Kata Pengantar

Puji syukur kami panjatkan kehadirat Tuhan Yang Maha Esa karena dengan rahmat dan karunia, kami dapat menyelesaikan makalah Mata Kuliah Kewirausahaan, Meskipun banyak kekurangan didalamnya. Dan juga kami berterima kasih pada semua penulis yang tulisannya menjadi bahan acuan kami untuk memperkaya khasanah ilimu di dalam makalah ini.

Makalah ini dibuat tidak untuk di perjual belikan, tetapi diharapkan mampu menambah pengetanuan tentang ilmu kewirausahaan di lingkungan Fakultas Pertanian Universitas Udayana. Kami sangat berharap makalah ini dapat  berguna dalam rangka menambah wawasan serta pengetahuan kita mengenai ilmu kewirausahaan.

Kami juga menyadari sepenuhnya bahwa di dalam makalah ini terdapat kekurangan dan jauh dari kata sempurna. Oleh sebab itu, kami berharap adanya kritik, saran dan usulan demi perbaikan buku ajar yang telah kami buat di masa yang akan datang, mengingat tidak ada sesuatu yang sempurna tanpa saran yang membangun.

Semoga makalah sederhana ini dapat berguna bagi kami sendiri maupun orang yang membacanya. Sebelumnya kami mohon maaf apabila terdapat kesalahan kata- kata yang kurang berkenan dan kami memohon kritik dan saran yang membangun dari pembaca demi perbaikan makalah ini di waktu yang akan datang.

Tangerang, 30 Januari 2021

Penyusun

Download makalah secara lengkap

2. Contoh Kata Pengantar Makalah Tentang Penyesuaian Sosial Remaja

Kata Pengantar

Dengan memanjatkan puji syukur ke hadirat Allah Swt yang telah melimpahkan rahmat-Nya, maka pada hari ini makalah yang berjudul “PENYESUAIAN SOSIAL REMAJA ADIKTIF DI SEKOLAH” dapat diselesaikan. Secara garis besar, makalah ini berisi tentang hal yang berhubungan dengan remaja yang mengalami hambatan penyesuaian sosial (Social Adjusment) dikarenakan pengaruh penggunaan narkoba.

Secara garis besar lingkup makalah ini terdiri dari tiga bab, yaitu: Bab I mengenai Fenomena Remaja Adiktif, yang mendeskripsikan fenomena mengenai gambaran kasus remaja yang berperilaku Adiksi. Bab II mengenai Landasan Teoritis, yang terdiri dari: Penyesuaian Sosial, Penyesuaian Sosial Siswa Pada Masa Remaja, dan Perilaku Adiktif; dan Bab III mengenai Intervensi Bimbingan Dan Konseling Terhadap Penyesuaian Sosial Remaja Adiktif Di Sekolah, yang terdiri dari: Teknik yang digunakan, Proses Konseling kognitif perilaku, Hasil yang Diharapkan, dan Skrip Simulasi sebagai gambaran implementasi secara praktis, dan Bab IV berupa kesimpulan dari paparan bahasan.

Penyusun mengucapkan terima kasih kepada berbagai pihak yang telah mendukung penyusunan makalah ini. Oleh karena itu, saran dari berbagai pihak sangat diharapkan demi kemajuan selanjutnya.

Bandung, 29 Januari 2021

Penyusun

3. Contoh Kata Pengantar Makalah Singkat

Contoh Kata Pengantar Makalah

 Kata Pengantar

Puji syukur kehadirat Tuhan Yang Maha Esa atas segala rahmat-NYA sehingga dapat menyelesaikan laporan ini yang berjudul “Makalah Tumpangsari Tanaman Perkebunan Karet dengan Tanaman Jagung” untuk memenuhi tugas mata kuliah Agribisnis Tanaman Perkebunan di Universitas Lancang Kuning.

Dan harapan saya semoga tugas laporan ini dapat menambah pengetahuan dan pengalaman bagi para pembaca, Untuk ke depannya dapat memperbaiki bentuk maupun menambah isi laporan agar menjadi lebih baik lagi.

Karena keterbatasan pengetahuan maupun pengalaman saya, saya yakin masih banyak kekurangan dalam laporan ini, Oleh karena itu saya sangat mengharapkan saran dan kritik yang membangun dari pembaca demi kesempurnaan laporan ini.

Jakarta, 28 Januari 2021

Penulis

Download makalah secara lengkap

4. Contoh Kata Pengantar Makalah Tentang Proses Jasa Pendidikan

Kata Pengantar

Puji syukur kami panjatkan ke hadirat Allah SWT. karena atas rahmat, karunia serta kasih sayangNya kami dapat menyelesaikan makalah mengenai Proses Jasa Pendidikan ini dengan sebaik mungkin. Sholawat serta salam semoga tetap tercurah kepada Nabi terakhir, penutup para Nabi sekaligus satu-satunya uswatun hasanah kita, Nabi Muhammad SAW. tidak lupa pula saya ucapkan terima kasih kepada Ibu Zahrotul Munawwaroh, M.Pd selaku dosen mata kuliah Manajemen Pemasaran Jasa Pendidikan.

Dalam penulisan makalah ini, kami menyadari  masih  banyak terdapat  kesalahan dan kekeliruan, baik yang berkenaan dengan materi pembahasan maupun dengan teknik pengetikan, walaupun demikian, inilah usaha maksimal kami selaku para penulis usahakan.

Semoga dalam makalah ini para pembaca dapat menambah wawasan ilmu pengetahuan dan diharapkan kritik yang membangun dari para pembaca guna  memperbaiki kesalahan sebagaimana mestinya.

Bekasi, 27 Januari 2021

Penyusun

Download makalah secara lengkap

5. Contoh Kata Pengantar Makalah Tentang Loyalitas Kerja

Kata Pengantar

Puji syukur kehadirat Tuhan Yang Maha Kasih yang senantiasa memberikan anugrah sehingga kami dapat menyusun makalah tentang “Loyalitas Kerja Guru”. Makalah ini dibuat dengan tujuan membantu melengkapi bahan materi profesi kependidikan.

Disamping hal tersebut dengan makalah ini diharapkan para pembaca dapat memahami baik secara teoritis maupun aplikatif tentang “Loyalitas Kerja Guru” yang sangat dibutuhkan bagi generasi muda. 

Penulis mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah memberikan bantuan sehingga terwujudnya makalah ini. Tegur sapa akan diterima dengan senang hati demi kesempurnaan makalah ini.

Cirebon, 26 Januari 2021

Penyusun

Download makalah secara lengkap

6. Contoh Kata Pengantar Makalah Tentang Pencemaran Lingkungan

Kata Pengantar

Puji syukur saya panjatkan puji dan syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa karena atas berkat, rahmat-Nyalah sehingga saya dapat menyelesaikan tugas makalah Pencemaran Udara ini dengan baik.

Saya dituntut untuk mengetahui dan memahami segala sesuatu yang berhubungan dengan Pencemaran Lingkungan salah satunya mengenai Pencemaran Udara. Maka dari itu, saya membuat makalah ini agar lebih mengetahui tentang Pencemaran Udara.

Saya sebagai manusia menyadari bahwa masih ada kelemahan dan kekurangan dalam penyusunan tugas makalah ini dan untuk menyempurnakannya saya sangat mengharapkan kritik dan sarannya. Semoga makalah ini dapat bermanfaat bagi pembaca dan terutama pada diri saya sendiri. Akhir kata, saya ucapkan banyak terima kasih.

Cikarang, 25 Januari 2021

Penyusun

Download makalah secara lengkap

7. Contoh Kata Pengantar Makalah Tentang Tata Fotografi Elektronik

Kata Pengantar

Puji syukur senantiasa kita panjatkan atas nikmat yang telah dikaruniakan  Allah SWT. Yang senantiasa tak pernah melupakan hambanya. Shalawat serta salam juga senantiasa kita haturkan kepada sang suri tauladan sejati Rasulullah Muhammad SAW. yang telah membawa agama yang dicintai Allah yakni islam sehingga hingga saat ini kita masih termasuk umat yang terlindungi oleh cahaya ilahi.

Pada makalah kali ini kita akan membahas sebuah topik yang menarik terkait pada mata kuliah Produksi Berita TV dengan judul makalah “Tata Fotografi Elektronik (multicam)” Makalah ini kami buat berdasarkan pada tugas yang diberikan dosen pengampuh yakni bapak Afidatul Asmar, M.Sos

Ucapan terima kasih kami sampaikan kepada seluruh pihak yang telah berpartisipasi dalam pembuatan makalah ini, sehingga kami dapat menyelesaikan tepat pada waktu yang telah diberikan kepada kami. Semoga dengan adanya makalah ini dapat menjadi bahan diskusi yang baik dan dapat membuka paradigm berpikir kita bersama.

Penyusun juga memohon maaf kepada pembaca apabila terdapat kesalahan dalam makalah kami baik masalah penulisan, isi serta hal lainnya karena kami hanya manusia biasa yang tidak luput dari kesalahan. Kami dari pihak penulis sangat mengharapkan kritikan dan saran bilamana terdapat hal yang perlu diperbaiki pada makalah ini.

Tasikmalaya, 23 Januari 2021

Penyusun

Download makalah secara lengkap

8. Contoh Kata Pengantar Makalah Tentang Pemutusan Hubungan Kerja

Kata Pengantar

Puji syukur kami panjatkan kehadirat Allah SWT. yang telah memberikan Rahmat dan Hidayah-Nya, sholawat serta salam semoga tercurahkan kepada Nabi Muhammad SAW. Kami bersyukur kepada Ilahi Rabbi yang telah memberikan kesehatan sehingga kami dapat menyelesaikan makalah ini.

Dengan tersusunnya makalah ini, kami berharap dapat lebih memahami secara mendalam tentang Pemutusan Hubungan Kerja. Kami menyadari bahwa makalah ini masih jauh dari sempurna, oleh karena itu kritik dan saran dari semua pihak yang bersifat membangun sangat kami harapkan demi kesempurnaan makalah atau penyusunan makalah berikutnya menjadi lebih baik.

Akhir kata, kami sampaikan terima kasih kepada Dosen pembimbing kami, Bapak Wahyu Bagja Sulfemi, M.pd. Semoga Allah SWT selalu mecurahkan berkah dan ridho kepada kita semua. Aamiin.

Bogor, 22 Januari 2021

Penyusun

Download makalah secara lengkap

9. Contoh Kata Pengantar Makalah Bahasa Indonesia

Kata Pengantar

Puji syukur kehadirat Tuhan Yang Maha Esa yang telah melimpahkan rahmat serta hidayah-Nya bagi kita, sehingga kita dapat menyelesaikan makalah penelitian ini dengan tepat waktu. Dalam makalah ini kami akan membahas tentang pengaruh globalisasi terhadap gaya bahasa di kalangan generasi milenial.

Kami berharap dengan adanya makalah penelitian ini, dapat menambah wawasan dan pengetahuan para pembaca. Makalah penelitian ini membahas tentang implikasi globalisasi terhadap gaya bahasa milenial pada masa kini. Makalah penelitian ini ditulis sebagai salah satu syarat untuk memenuhi tugas yang diberikan oleh dosen mata kuliah bahasa Indonesia. Dalam upaya penyelesaian makalah ini penulis telah mengerjakan dengan maksimal.

Oleh karena itu, penulis berharap agar tugas pembuatan makalah penelitian  ini dapat diterima dengan baik. Dengan penuh kerendahan hati penulis mengucapkan terima kasih atas orang-orang yang terlibat dalam pembuatan makalah penelitian ini. Pembuatan makalah penelitian ini jauh dari kata sempurna dan kami mengharapkan kritik dan saran dari para pembaca.

Akhir kata, semoga makalah ini dapat bermanfaat bagi penulis khususnya dan pembaca pada umumnya.

Medan, 20 Januari 2021

Penulis

Download makalah secara lengkap

10. Contoh Kata Pengantar Makalah Tentang Kedisiplinan di Sekolah

Kata Pengantar

Puji syukur kami panjatkan kepada Allah SWT, yang mana berkat rahmat dan karunia-Nya lah kami dapat menyelesaikan Makalah tentang Kedisiplinan. Tak lupa shalawat dan salam semoga tetap tercurah pada Nabi akhir zaman Muhammad SAW, kepada keluarga para sahabat dan seluruh umatnya.

Kedua kalinya kami mengharap makalah tentang kedisiplinan siswa di sekolah ini dapat memberikan sedikit pengetahuan bagi teman-teman dan bagi pembaca pada umumnya. Dan ucapan terima kasih kepada pembimbing kami karena telah mengarahkan kami pada hal-hal yang positif.

Pada kesempatan ini kami mengucapkan banyak terima kasih kepada seluruh pihak yang telah membantu dalam penyelesaian makalah ini. Semoga makalah ini mampu memberikan manfaat dan mampu memberikan nilai tambah kepada teman maupun pembaca.

Kami sebagai penyusun makalah ini menyadari sepenuhnya bahwa makalah ini masih jauh dari sempurna. oleh karena itu, kritik dan saran yang ada relevansinya dengan penyempurnaan makalah ini sangat kami harapkan dari pembaca. Kritik dan saran sekecil apapun akan kami perhatikan dan pertimbangkan guna perbaikan di masa datang.

Yogyakarta, 19 Januari 2021

Penyusun

Baca Juga:

Itulah beberapa contoh kata pengantar makalah terbaik. Semoga bisa bermanfaat dan terima kasih telah berkunjung.

COMMENTS

Nama

anbk,6,asuransi,1,Buku Digital,5,buku teks,14,Ciri teks,15,contoh,120,cpns2019,1,cv,5,Download File,1,games,4,juknis,9,jurnal,2,Kalender,153,kosp,4,Kuliah,14,laporan,14,makalah,3,modul,6,modul ajar,5,modul guru,10,osn,4,Pekerjaan,9,Pendidikan,94,pengertian,31,Permenpan RB,26,phbs,2,poster,3,PPT,64,proposal,7,prota,2,pts,16,resume,4,rpp,25,soal am,3,soal cpns,14,soal pas,15,soal pat,15,soal us,12,surat,17,template,3,template ppt,11,tips,6,usaha,3,
ltr
item
Mautidur.com: 9+ Contoh Kata Pengantar Makalah Terbaik
9+ Contoh Kata Pengantar Makalah Terbaik
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhC7PtOkb302yWuziIyQZTdOa0lOxmd5gZhyphenhyphenV1BD9-RPEmtA-SfqGhtiZc5Go4jnj0_V1fFRDk4eYGbsS5LOnzSq37nIp8Ii2RWzLI4o10MyqPVrqosWI1iETl-Fi3Jv3SSArtKJoBhofk/w640-h366/judul.jpg
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhC7PtOkb302yWuziIyQZTdOa0lOxmd5gZhyphenhyphenV1BD9-RPEmtA-SfqGhtiZc5Go4jnj0_V1fFRDk4eYGbsS5LOnzSq37nIp8Ii2RWzLI4o10MyqPVrqosWI1iETl-Fi3Jv3SSArtKJoBhofk/s72-w640-c-h366/judul.jpg
Mautidur.com
https://www.mautidur.com/2021/02/contoh-kata-pengantar-makalah.html
https://www.mautidur.com/
https://www.mautidur.com/
https://www.mautidur.com/2021/02/contoh-kata-pengantar-makalah.html
true
2310118337026904168
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All DIREKOMENDASIKAN UNTUK KAMU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy Table of Content