12 Contoh Pendahuluan Makalah, Proposal & Laporan Terbaik

Daftar Isi [Tampilkan]

Contoh Pendahuluan
Contoh Pendahuluan - Pada kesempatan kali ini saya akan memberikan beberapa contoh pendahuluan. Namun, kamu harus memahami terlebih dahulu apa sih pendahuluan pada karya ilmiah itu?

Pendahuluan dalam karya tulis merupakan salah satu hal yang penting. Karena pada pendahuluan memuat latar belakang masalah, rumusan masalah dan tujuan penelitian. Selain itu, pada bagian pendahuluan akan memberikan gambaran mengenai topik penelian yang hendak disajikan. Berikut adalah sedikit penjelasan mengenai bagian dari pendahuluan.

  • Latar belakang masalah: Bagian ini merupakan serangkaian informasi yang berhubungan dengan objek yang diteliti. Dalam latar belakang dapat ditambahkan ungkapan atau kutipan yang selanjutnya dapat dihubungkan dengan tema yang ambil.
  • Rumusan Masalah: Bagian ini berisi beberapa pertanyaan yang akan dibahas atau dijawab pada bagian pembahasan. Contohnya Anda mengangkat sebuah tema efek ekstrak bunga mawar, sebelum melakukan pembahasan Anda uraikan terlebih dahulu beberapa permasalahan/pertanyaan yang akan dibahas. Rumusan masalah hendaknya disusun secara singkat, padat, jelas dan dituangkan dalam bentuk kalimat tanya. Selain itu, rumusan masalah yang baik akan menampakan variabel yang diteliti, jenis atau sifat hubungan antara variable tersebut dan subjek penelitian.
  • Tujuan: Bagian ini berisi mengenai tujuan yang akan dicapai dengan dilakukannya penelitian tersebut. Tujuan merupakan upaya untuk menyelesaikan masalah, mengetahui penyebab masalah dan mengetahui gambaran masalah lebih mendalam.

Dalam karya ilmiah, pendahuluan mempunyai beberapa fungsi diantaranya adalah sebagai berikut:

  1. Untuk menyatakan maksud
  2. Untuk menyatakan rencana uraian
  3. Untuk menyatakan subyek
  4. Untuk menyatakan wawasan

Contoh Pendahuluan Terbaik

1. Contoh Pendahuluan Makalah Tentang Mekanisme Manajemen Organisasi

Contoh Pendahuluan

BAB I
Pendahuluan

1.1 Latar Belakang Masalah 

Manajemen merupakan suatu aktifitas yang berhubungan antara aktifitas satu dengan aktifitas lainnya. Aktifitas tersebut tidak hanya dalam hal mengelola orang-orang yang bekerja disuatu perusahaan, melainkan mencakup tindakan-tindakan perencanaan, pengorganisasian, penggerakan, dan pengendalian yang dilakukan untuk menentukan dan mencapai sasaran melalui pemanfaatan sumber daya yang ada. Rangkaian aktifitas ini dinamakan proses manajemen, sedangkan orang yang memimpin dan mengatur proses manajemen disebut manajer.

Peranan manajemen dalam organisasi. Hal itu dapat dilihat dalam kehidupan sehari-hari. Selain itu, terdapat juga proses organizing, struktur organisasi baris.  

1.2 Rumusan Masalah

  • Apa pengertian manajemen?
  • Apa pengertian Organisasi?
  • Bagaimana mekanisme manajemen organisasi?

1.3 Tujuan

  • Untuk mengetahui pengertian manajemen
  • Untuk mengetahui pengertian organisasi
  • Untuk mengetahui bagaimana mekanisme manajemen organisasi 

Download makalah secara lengkap

2. Contoh Pendahuluan Makalah Tentang Tata Fotografi Elektronik (Multicam)

Contoh Pendahuluan

BAB I
Pendahuluan

1.1 Latar Belakang Masalah

Dalam proses produksi pembuatan video ada dua tempat atau lokasi yang biasanya digunakan, bisa di dalam ruangan (indoor) atau di studio, dan bisa juga di area terbuka atau(outdoor), tentu dalam teknis pengambilan gambar nya berbeda pada proses pengambilan gambar didalam ruangan dan diluar ruangan. Proses pengambilan gambar di dalam studio ada dua proses pengambilan gambar, yang pertama yaitu dengan menggunakan satu kamera biasa disebut singlecam dan yang kedua yaitu dengan menggunakan dua kamera atau lebih biasa disebut multicam. 

Single cam yaitu pada proses produksi hanya menggunakan satu kamera, dan alat yang di gunakan lebih simpel karena hanya mengunakan satu kamera. Untuk multicam atau multi camera adalah suatu format Produksi TV dengan menggunakan lebih dari satu camera, yaitu dengan dihubungkan melalui satu sistem yang terintegrasi. Walaupun menggunakan lebih dari satu kamera tetapi kamera-kamera tersebut tidak terintegrasi satu sama lain, maka format tersebut belum bisa dikategorikan sebagai Multicam. Sedangkan dari segi penayangannya, Multycam ini dapat disiarkan secara langsung (live) atau tayang tunda (live on tape). 

1.2 Rumusan Masalah

  • Apa yang dimaksud multicam dalam program berita?
  • Peralatan apa saja yang digunakan dalam sistem multicam?

1.3 Tujuan

Untuk mengetahui bagaimana sistem multicam dalam proses pembuatan program berita yang disiarkan dalam TV.

Download makalah secara lengkap

3. Contoh Pendahuluan Makalah Tentang Prosedur Instalasi Komputer Sistem Perpustakaan

BAB I
Pendahuluan

1.1 Latar Belakang Masalah

Kita sekarang hidup di zaman era globalisasi dan dikelilingi dengan teknologi canggih. Hidupkita saat ini jauh lebih mudah dengan adanya bantuan komputer. Tidak seperti zaman dulu yang masih mengandalkan tenanga manusia dengan bersifat manual. Sekarang kita hanya berpangku tangan dan cuma perlu melihat bagaimana mesin-mesin ciptaan ini melakukan hal yang bisa kita lakukan.

Dalam makalah ini akan dibahas khusus tentang intalasi komputer pada system perpustakaan, yaitu mengenai intalasi komputer pada sistem perpustakaan, kelemahan dan kelebihan dan cara menginstalnya.

Di zaman modern ini perpustakaan berbasis teknologi dapat mempermudah seseorang untuk mendapatkan layanan secara mudah di jangkau dan bisa dimana saja, tanpa harus ke perpustakaan kita bisa memilih buku yang diinginkan dan membelinya secara mudah.

1.2 Rumusan Masalah

  • Apa yang dimaksud dengan instalasi komputer?
  • Apa kelebihan dan kelemahan pada sistem perpustakaan?
  • Bagaimana proses perpustakaan?
  • Bagaimana infrastruktur perpustakaan digital?

1.3 Tujuan

  • Mampu memahami pengertian instalasi komputer
  • Mampu memahami pengertian instalasi komputer pada sistem perpustakaan
  • Mampu memahami kelemahan dan kelebihan pada sistem perpustakaan
  • Mampu memahami proses perpustakaan
  • Mampu memahami infrastruktur perpustakaan digital 
Download makalah secara lengkap

4. Contoh Pendahuluan Makalah Tentang Implementasi SIM dalam Perusahaan

BAB I
Pendahuluan

1.1 Latar Belakang Masalah

Sistem Informasi Manajemen adalah seperangkat prosedur gabungan yang  mengumpulkan dan menghasilkan data yang andal, relevan, dan terorganisir dengan  baik yang mendukung proses pengambilan keputusan suatu organisasi. Singkatnya, ini adalah sekelompok proses di mana data diperoleh, dianalisa, dan ditampilkan dengan cara yang berguna untuk tujuan pengambilan keputusan.

Berikut terdapat 3 pendapat dari berbagai para ahli di dunia tentang sistem informasi, antara lain:

Menurut Robert A. Leitch dan K. Roscoe Davis, Sistem informasi merupakan sistem dalam organisasi yang mempertemukan pengolahan transaksi harian, mendukung operasi, kegiatan manajerial dan strategis dari suatu organisasi serta menyediakan pihak luar dengan laporan-laporan yang diperlukan.

Menurut Rommey (1997: 16), Sistem informasi adalah cara untuk memasukan, mengumpulkan, menyimpan serta mengolah data dan terorganisir dengan cara sebagai mengelola, menyimpan, melaporkan serta mengendalikan informasi dengan cara organisasi agar dapat mencapai tujuan yang telag ditetapkan.

Menurut Tafri D. Muhyuzir, Sistem informasi merupakan data yang dukumpulkan, diolah, serta diklassifikasikan dengan sedemikian rupa sehingga menjadi sistem informasi entitas terkait mengandung dan tungagal satu sama lain sehingga akan menjadi sistem informasi berharga bagi mereka yang mengirimnya.

Sistem informasi manajemen memiliki banyak manfaat baik bagi pihak  manajemen maupun untuk organisasi keseluruhan.
Adapun manfaat Sistem Informasi Manajemen seperti:

  • Meningkatkan efisiensi dan efektivitas data secara akurat dan realtime.
  • Memudahkan pihak manajemen untuk melakukan perencanaan, pengawasan, pengarahan dan pendelegasian kerja kepada semua departemen yang memiliki hubungan atau koordinasi.
  • Meningkatkan kualitas sumber daya manusia karena unit sistem kerja yang terkoordinasi dan sistematis.
  • Meningkatkan produktivitas dan penghematan biaya dalam organisasi

1.2 Rumusan Masalah

  • Bagaimana konsep dasar sistem?
  • Bagaimana konsep dasar informasi?
  • Bagaimana konsep dasar sistem informasi?
  • Apa saja komponen sistem informasi?
  • Apa saja jenis-jenis dari sistem informasi?
  • Bagaimana pengembangan sistem informasi?
  • Apa yang dimaksud analisis sistem?
  • Bagaimana implementasi sistem informasi pada suatu perusahaan?

1.3 Tujuan

Berdasarkan rumusan masalah di atas, maka tujuan dari penulisan ini adalah :

  • Untuk mengetahui konsep dasar sistem
  • Untuk mengetahui konsep dasar informasi
  • Untuk mengetahui konsep dasar sistem informasi
  • Untuk mengetahui komponen-komponen dalam sistem informasi
  • Untuk mengetahui jenis-jenis dari sistem informasi
  • Untuk mengetahui pengembangan sistem informas.
  • Untuk mengetahui yang dimaksud dengan analisis sistem
  • Untuk mengetahui bagaimana implementasi sistem informasi pada suatu perusahaan 
Download makalah secara lengkap

5. Contoh Pendahuluan Laporan Penelitian Tentang Tingkat Kesadaran Masyarakat Sekitar Pantai Terhadap Pemenuhan Gizi Seimbang

Contoh Pendahuluan

BAB I
Pendahuluan

1.1 Latar Belakang

Pangandaran merupakan salah satu pantai terbaik di Pulau Jawa  yang terletak di pesisir Jawa Barat. Tepatnya di Desa Pananjung, Pangandaran, Cilacap, Jawa Barat, ± 92 km arah selatan kota Ciamis. 

Letak Pangandaran yang berada di tepi laut menyebabkan sebagian besar masyarakat Pangandaran bermata pencaharian sebagai    nelayan. Komoditas utama yang dihasilkan tentunya adalah hasil laut, terutama ikan. Jadi tak heran jika ikan merupakan makanan  yang paling sering dikonsumsi masyarakat sekitar Pantai Pangandaran. 

Namun dengan mengkonsumsi ikan saja tidaklah cukup untuk memenuhi kebutuhan gizi manusia. Tubuh manusia membutuhkan pemenuhan  gizi yang seimbang, yaitu aneka ragam bahan pangan yang mengandung unsur-unsur zat gizi (karbohidrat, protein, lemak, vitamin,  dan mineral) yang diperlukan oleh tubuh, baik kualitas (fungsinya), maupun kuantitas (jumlahnya). Unsur-unsur zat gizi tersebut bisa diperoleh dari beras, daging, sayuran, dan buah-buahan.

Letak geografis Pangandaran yang berada amat jauh dari perkebunan sayuran dan buah-buahan tentunya semakin memperparah keadaan. Stok sayuran dan buah-buahan yang tersedia tidaklah sebanyak stok ikan yang ada. Selain itu kebiasaan masyarakat yang lebih  senang untuk mengolah dan mengkonsumsi ikan daripada sayuran menjadi penyebab masyarakat mengalami kesulitan untuk melengkapi  kebutuhan gizi mereka menjadi empat sehat lima sempurna (gizi seimbang).

Inilah yang memotivasi peneliti untuk melakukan penelitian tentang tingkat kesadaran masyarakat sekitar Pantai Pangandaran    terhadap pemenuhan gizi seimbang. 

1.2 Rumusan Masalah

Bagaimana tingkat kesadaran masyarakat sekitar Pantai Pangandaran terhadap pemenuhan gizi seimbang?

1.3 Tujuan

Mengetahui tingkat kesadaran masyarakat sekitar Pantai Pangandaran terhadap pemenuhan gizi seimbang

Download laporan penelitian secara lengkap

6. Contoh Pendahuluan Laporan Penelitian Mahasiswa

Judul : Pendapat mahasiswa fakultas ilmu sosial dan ekonomi tentang etika pergaulan mahasiswa di kampus.

BAB I
Pendahuluan

1.1 Latar Belakang

Akhir-akhir ini banyak isu-isu yang berkembang mengenai etika pergaulan mahasiswa di kampus terkait  dengan persoalan sopan santun, tata krama, etika dalam berkomunikasi serta tata cara berpakaian yang  pantas dalam pergaulan dilingkungan kampus.Isu tersebut telah menjadi sorotan banyak pihak terutama parapimpinan universitas khususnya pimpinan Universitas Negeri Yogyakarta (UNY), baik di tingkat  pimpinan pusat (kantor rektorat) maupun di tingkat fakultas. Bahkan isu yang berkembang telah menyangkut pihak luar yang ikut berkomentar menanggapai tata cara berpakaian mahasiswa UNY yang dianggapnya sangat tidak tepat dilakukan oleh mahasiswa UNY yang nota bene sebagai mahasiswa universitas penghasil calon-calon guru. 

Isu ini menjadi keprihatinan para pimpinan universitas dan ditangkap mentah-mentah tanpa melakukan  konfirmasi kepada mahasiswa atau melakukan pengamatan langsung atas kebenaran isu tersebut. Para dosenpun banyak yang merasa gerah dan jengkel jika isu tersebut benar adanya. Mereka merasa universitas ini telah ternodai oleh segelintir mahasiswa yang dikuatirkan akan merusak citra UNY sebagai universitas penghasil calon guru dan merusak etika pergaulan bangsa Indonesia yang memiliki karakter bangsa yang santun dan menjunjung tinggi moral bangsa. Jika tidak segera ditangani akan dianggap sebagai sesuatu yang wajar karena perkembangan mode dan jaman. Sebagai komunitas masyarakat ilmiah seharusnya universitas menjadi contoh tauladan bagi moral bangsa sekaligus pelopor penjaga etika pergaulan bangsa Indonesia.

1.2 Rumusan Masalah

Berdasarkan latar belakang masalah di atas dapat dirumuskan masalah sebagai berikut:

  • Bagaimana pendapat mahasiswa tentang etika pergaulan mahasiswa di kampus yang sesuai dengan moral bangsa dan pergaulan generasi muda?
  • Bagaimana sebaiknya menurut mahasiswa etika pergaulan mahasiswa dikampus dilaksanakan dengan baik sesuai dengan identitas moral bangsa?

1.3 Tujuan

  • Mengetahui pendapat mahasiswa tentang etika pergaulan mahasiswa di kampus yang sesuai dengan moral bangsa dan pergaulan generasi muda
  • Mengetahui bagaimana sebaiknya menurut mahasiswa etika pergaulan mahasiswa di kampus dilaksanakan sesuai dengan moral bangsa
Download laporan penelitian secara lengkap

7. Contoh Pendahuluan Laporan Penelitian

Judul: Penerapan strategi bisnis yang tepat terhadap persepsi nilai yang dimiliki oleh konsumen.

BAB I
Pendahuluan

1.1 Latar Belakang

Tingkat persaingan yang ketat antar perusahaan menyebabkan perusahaan harus benar-benar memikirkan strategi yang tepat dalam  menghadapi persaingan. Untuk dapat memenangkan persaingan perusahaan perlu strategi yang tepat dalam menjalankan operasionalnya, sehingga dapat menciptakan profit yang optimal, yang paling baik dilakukan adalah memulai dengan menciptakan customer value yang pada gilirannya nanti akan mampu menarik pelanggan dan mampu mendatangkan profit bagi perusahaan.

Nilai yang melekat pada produk yang dipersepsikan konsumen disebut dengan persepsi nilai dapat menjadi sebuah awal yang baik bagi perusahaan untuk dapat memenangkan sebuah persaingan. Hal ini dapat dilihat dengan kemampuan perusahaan beradaptasi dengan kebutuhan konsumen dalam menghasilkan produk yang sesuai dengan keinginan konsumen dan bukan sesuai dengan rancang bangun yang ditetapkan oleh pihak pabrikan.

Semakin baik kemampuan beradaptasi sebuah perusahaan dalam mengakomodasi kebutuhan dan kemauan konsumen maka persepsi yang dimiliki konsmen terhadap produk yang dihasilkan oleh perusahaan akan semakin baik nilainya. Blue Ocean Strategy yang merupakan salah satu landasan strategi perusahaan pada saat ini memiliki peranan yang cukup besar yang membuat perusahaan mencari daerah–daerah target yang belum tersentuh oleh pesaingnya.

1.2 Rumusan Masalah

Berdasarkan latar belakang tersebut dapat diuraikan perumusan masalah sebagai berikut :

  • Bagaimana perusahaan mampu mengadaptasi keinginan konsumen?
  • Seberapa besar pengaruh adaptasi terhadap kemampuan perusahaan memenangkan persaingan dengan menggunakan  Blue Ocean Strategy yang diterapkannya?
  • Bagaimana strategi yang seharusnya perusahaan lakukan agar dapat menjadi market leader melalui dasar pemikiran Blue Ocean Strategy?

1.3 Tujuan Penelitian

  • Melihat Bagaimana perusahaan mampu mengadaptasi keinginan konsumen
  • Melihat pengaruh adaptasi terhadap kemampuan perusahaan memenangkan persaingan dengan menggunakan Blue Ocean Strategy yang diterapkannya
  • Melihat bagaimana strategi yang seharusnya perusahaan lakukan agar dapat menjadi market leader melalui dasar pemikiran Blue Ocean Strategy

1.4 Manfaat Penelitian

  • Bagi perusahaan, penelitian ini ditujukan untuk memberi gambaran bahwa konsumen mempunyai perilaku tertentu ketika mereka dihadapkan pada proses keputusan pembelian, dan hal ini harus dipahami oleh perusahaan dengan menerapkan strategi yang tepat dalam melakukan persaingan bisnisnya.
  • Bagi peneliti, penelitian ini melihat bagaimana strategi yang seharusnya diterapkan oleh perusahaan dengan pendekatan teori – teori yang ada, maka penelitian ini diharapkan dapat memperluas wawasan terutama mengenai Blue Ocean Strategy.
Download laporan penelitian secara lengkap

8. Contoh Pendahuluan Laporan Tentang Potret Perempuan Dayak di Perusahaan Sawit

BAB I
Pendahuluan

1.1 Latar Belakang

Kehidupan yang sejahtera tentu saja menjadi impian semua orang. Hampir dapat dipastikan bahwa manusia berjuang untuk mencapai suatu kehidupan ideal seperti itu. Oleh karena itu, tidaklah mengherankan tatkala mereka berjuang untuk mendapatkannya. Namun pertanyaannya adalah sejahtera yang bagaimana yang perlu diperjuangkan? Pertanyaan ini penting. Sebab kriteria hidup sejahtera cenderung beragam. Tergantung sejahtera menurut siapa. Mungkin saja bagi seseorang, kehidupan sejahtera ditandai dengan memiliki rumah permanen, memiliki mobil sedan, memiliki perhiasan emas, lahan yang luas, tabungan yang besar dan sebagainya. Akan tetapi bisa saja kriteria tersebut tidak  berlaku bagi yang lain.      

Apa yang dianggap sejahtera oleh seseorang, belum tentu sejahtera menurut yang lain. Perbedaan ini berkaitan dengan cara pandang seseorang atas sesuatu. Cara pandang tersebut juga ditentukan oleh kondisi sosial dan geografis dimana mereka hidup (konteksnya).

Perjuangan Dayak Samihim bagi kesejahteraan masyarakat tidak terlepas dari konteks kehidupan mereka pada masa kini baik konteks sosial, budaya, pendidikan maupun ekonomi. 

1.2 Rumusan Masalah

  • Bagaimana Gambaran Umum Masyarakat Dayak Samihim di Desa Mangka?
  • Bagaimana pemahaman Dayak Samihim tentang Masyarakat Sejahtera yang mendorong mereka berupaya mewujudkannya?
  • Bagaimana Perjuangan Dayak Samihim dalam mewujudkan masyarakat sejahtera di Desa Mangka?
  • Bagaimana peran serta Perusahaan Sawit PT Laguna Mandiri 1 dalam mewujudkan masyarakat sejahtera di Desa Mangka?
  • Bagaimana perjuangan Dayak Samihim di Desa Mangka dalam mewujudkan masyarakat sejahtera dilihat dari perspektif misiologis?

1.3 Tujuan

  • Menjelaskan Gambaran Umum Masyarakat Dayak Samihim di Desa Mangka
  • Menjelaskan pemahaman Dayak Samihim tentang Masyarakat Sejahtera yang mendorong mereka berupaya mewujudkannya
  • Menjelaskan Perjuangan Dayak Samihim dalam mewujudkan masyarakat Sejahtera di Desa Mangka
  • Menjelaskan perjuangan Dayak Samihim di Desa Mangka dalam mewujudkan masyarakat sejahtera dilihat dari perspektif misiologis
Download laporan secara lengkap

9. Contoh Pendahuluan Proposal Tentang Bisnis Pedang Telur

BAB I
Pendahuluan

1.1 Latar Belakang

Salah satu ide bisnis kreatif yang menggiurkan adalah bisnis makanan. Usaha makanan merupakan peluang alternatif untuk meningkatkan ekonomi. Kebutuhan bahan pangan tidak akan pernah mati dan selalu dicari setiap orang. Selama manusia masih hidup dan berada di bumi, maka kebutuhan pangan tetap ada. Kebutuhan pangan merupakan kebutuhan paling mendasar bagi manusia supaya dapat melangsungkan hidup. Persaingan pun semakin ketat dalam bisnis makanan. Maka ide kreatif menciptakan makanan baru dibutuhkan supaya produknya tidak kalah di pasaran. 

Saat berbisnis meskipun hanya usaha kecil, dengan ide bisnis yang kreatif maka bisnis tersebut akan dapat berkembang. Bahkan usaha kecil bisa berubah menjadi usaha besar yang membuka cabang di mana-mana. Dengan kreativitas dapat mengalahkan saingan dan mampu bertahan. Dalam mencari ide tidak perlu penemuan besar, dengan sesuatu sederhana yang belum terpikirkan. Misalnya saja dengan sedikit memodifikasi dan berinovasi dengan usaha makanan yang sudah ada dan sudah banyak keberadaannya di sekitar kita seperti menambah macam rasa, warna atau bentuk agar lebih menarik.

1.2 Visi Usaha

Menciptakan  dan  mengembangkan produk kuliner khas daerah yang inovatif serta kompetitif dengan memberikan pelayanan optimal. 

1.3 Misi Usaha

  • Mengembangkan salah satu makanan khas Palembang agar tidak ketinggalan zaman
  • Menggunakan bahan lain tanpa mengubah cita rasa produk khas daerah tersebut
  • Memberikan pelayanan optimal dengan cepat, tepat, dan ramah
  • Menghasilkan keuntungan yang maksimal 

1.4 Tujuan

  • Mencoba aktif dalam bidang bisnis dan kewirausahaan
  • Mengembangkan salah satu makanan khas Indonesia dengan inovasi baru
  • Menjalin relasi antara pelanggan
  • Mendapatkan keuntungan atau laba
Download proposal secara lengkap

10. Contoh Pendahuluan Proposal Kegiatan Lomba

BAB I
Pendahuluan

1.1 Latar Belakang

Bahasa Indonesia merupakan bahasa pemersatu bangsa, yang harus diutamakan penggunaannya. Dalam berbicara, bahasa adalah alat komunikasi yang penting, untuk mengerti maksud dan tujuannya, Berbahasa yang baik dan benar salah satu kunci sukses berkomunikasi. 

Untuk mencapai Indonesia sehat kita bisa menggunakan bahasa sebagai sarana melalui pidato, cerita, puisi, narasi atau lainnya. Sesuai situasi dunia saat ini yang sedang dilanda pandemi Covid-19. Dalam rangka Bulan Bahasa dan Sastra 2020 yang bertema Berbahasa untuk Indonesia Sehat. SMP Xaverius 2 Bandar Lampung mengadakan kegiatan lomba agar kecintaan dan kebanggaan kita terhadap Bahasa Indonesia makin meningkat dan juga untuk mendukung Indonesia sehat. 

Di samping itu SMP Xaverius 2 Bandar Lampung mendorong siswa untuk berwawasan global sehingga mendorong penggunaan Bahasa Inggris sebagai Bahasa Internasional,  juga memberi ruang yang luas untuk berkembangnya kemampuan teknologi tinggi sehingga dalam Bulan Bahasa ini dilaksanakan pula lomba bercerita dalam Bahasa Inggris dan Desain Grafis. Semoga dengan kemampuan komunikasi yang baik mendorong terwujudnya masyarakat dan bangsa yang lebih baik.

1.2 Tujuan

  • Membiasakan diri untuk menggunakan Bahasa Indonesia yang baik dan benar serta sehat
  • Menanggapi tema besar pada Bulan Bahasa dan Sastra yaitu berbahasa untuk Indonesia sehat, dan tema pada pidato “Berbahasa Sehat Cermin Indonesia Sehat.”
  • Membiasakan diri untuk menggunakan Bahasa Inggris sebagai Bahasa Internasional
  • Menanggapi tema besar pada Bulan Bahasa dan Sastra yaitu berbahasa untuk Indonesia sehat dan tertuju pada Legen, Fable, Foklore
  • Mengembangkan kemampuan siswa dalam bidang bahasa, seni, teknologi, informasi dan komunikasi
  • Membina dan meningkatkan kreativitas siswa melalui aktivitas berkarya yang disampaikan secara visual dan verbal yang orisinal,  artistik dan komunikatif
  • Meningkatkan  kepekaan  siswa  dalam  menuangkan  gagasan  kreatif  melalui desain poster yang bertema “Indonesia Sehat”
Download proposal kegiatan secara lengkap

11. Contoh Pendahuluan Proposal Kegiatan Tentang Open Talk

BAB I
Pendahuluan

1.1 Latar Belakang

Layaknya sebuah keluarga, Fakultas Farmasi Universitas Jember adalah sebuah keluarga besar. Di dalamnya ada orang tua dan anak yang saling bahu-membahu menjaga dan mengangkat nama baik keluarga. “Rumah ini”, diisi oleh para akademisi dan staf berkualitas serta mahasiswa yang nantinya diharapkan sebagai penerus tonggak kemajuan bangsa.

Alangkah harmonisnya keluarga ini, jika diantara anggota keluarga terjalin sebuah komunikasi yang sehat, tanpa prasangka ataupun saling berburuk sangka, saling mengerti dan saling memahami. Karena hal ini adalah jaminan kebahagiaan sebuah keluarga.

Melalui sebuah momen kebersamaan, dalam nuansa kekeluargaan, Badan Perwakilan Mahasiswa Fakultas Farmasi Universitas Jember, mencoba menjembatani langkah komunikasi dalam lingkungan para akademisi, staf dan mahasiswa. Sebuah momen yang nantinya diharapkan mampu menentukan langkah ke depan demi perkembangan Fakultas Farmasi Universitas Jember di masa yang akan datang. Demi kemajuan keluarga kita.

1.2 Landasan Kegiatan

  • Program Kerja Badan Perwakilan Mahasiswa Fakultas Farmasi Universitas Jember periode 2017
  • Amanat Mahasiswa Fakultas Farmasi Universitas Jember

1.3 Tujuan Kegiatan

  • Menjalinkomunikasi antara para akademisi, staf dan mahasiswa Fakultas Farmasi Universitas Jember
  • Menyalurkan seluruh aspirasi Mahasiswa Fakultas Farmasi Universitas Jember
  • Meningkatkan rasa kekeluargaan dalam lingkungan Fakultas Farmasi Universitas Jember

1.4 Parameter Keberhasilan

  • Asperasi mahasiswa yang telah dikumpulkan dapat tersampaikan dengan baik
  • Komunikasi dua arah antara pihak dekanat dengan badan perwakilan mahasiswa
Download proposal secara lengkap

12. Contoh Pendahuluan Proposal Permohonan Bantuan Dana Hibah / Bansos

BAB I
Pendahuluan

1.1 Latar Belakang

Alhamdulillah puji syukur kami panjatkan Kehadirat Allah SWT, yang telah memberikan Hidayah, Inayyah serta Rahman dan Rahim-NYA sehingga kita senantiasa lancar dalam menunaikan kewajiban dan sukses dalam beraktifitas dan beribadah kepada-NYA. Sholawat serta salam senantiasa tercurah kepada junjungan kita Nabi Besar Muhammad SAW sebagai Panutan terbaik umat yang membawa cahaya Islam.

Madrasah merupakan tempat dimana berkumpulnya orang-orang untuk menuntut dan mengembangkan ilmu pengetahuan baik ilmu agama maupun ilmu umum yang dijadikan bekal dalam mengarungi kehidupan.

1.2 Maksud dan Tujuan

Manfaatdan tujuan pembangunan adalah :

  • Memperkokoh bangunan RA guna memberikan rasa aman dan nyaman bagi para siswa/siswi
  • Untuk mengantisipasi perkembangan di masa mendatang mengingat jumlah penduduk yang semakin bertambah dari tahun ke tahun
  • Memberikan dorongan moril bagi siswa/I untuk lebih giat dalam belajar dan menuntut ilmu pengetahuan
Download proposal permohonan secara lengkap

Baca Juga: 4 Contoh Laporan Praktikum Sederhana & Terbaik

Itulah beberapa contoh Pendahuluan Makalah, Proposal dan Laporan. Semoga informasi ini bisa bermanfaat dan terima kasih telah berkunjung.

COMMENTS

Nama

asuransi,1,Buku Digital,5,Ciri teks,15,CPNS,52,cpns2019,91,Download File,1,Formasi CPNS,2,honorer,1,jurnal,2,Kalender,23,Karangan,48,Kendala CPNS 2018,2,kesehatan,1,Kuliah,7,laporan,14,makalah,3,modul,5,Pekerjaan,11,Pendaftaran CPNS,12,Pendidikan,90,Permenpan RB,26,Persyaratan CPNS,5,phbs,2,PPT,22,proposal,6,rpp,18,SBMPTN,1,Simulasi Cat CPNS,4,soal cpns,14,surat,1,template ppt,5,Terbaru,1,
ltr
item
Informasi Pendidikan: 12 Contoh Pendahuluan Makalah, Proposal & Laporan Terbaik
12 Contoh Pendahuluan Makalah, Proposal & Laporan Terbaik
https://1.bp.blogspot.com/-g4BgsdNDbzk/YBy6Q-w9QRI/AAAAAAAADZg/CkCBHq4T84kvgjxmqwuMxoCjOoM_pio-gCLcBGAsYHQ/w640-h368/contoh%2Bpendahuluan.jpg
https://1.bp.blogspot.com/-g4BgsdNDbzk/YBy6Q-w9QRI/AAAAAAAADZg/CkCBHq4T84kvgjxmqwuMxoCjOoM_pio-gCLcBGAsYHQ/s72-w640-c-h368/contoh%2Bpendahuluan.jpg
Informasi Pendidikan
https://www.mautidur.com/2021/02/contoh-pendahuluan.html
https://www.mautidur.com/
https://www.mautidur.com/
https://www.mautidur.com/2021/02/contoh-pendahuluan.html
true
2310118337026904168
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy Table of Content