13 Contoh Penutup Makalah, Proposal & Laporan Terbaik

Daftar Isi [Tampil]

Contoh Penutup
Contoh Penutup - Pada kesempatan kali ini saya akan memberikan beberapa contoh penutup. Namun, kamu harus memahami terlebih dahulu apa sih bab penutup itu?

Bab penutup adalah bagian yang mengungkapkan kesimpulan dan saran mengenai pembahasan yang telah diuraikan pada bagian isi. Nah, bagian ini sering juga disebut sebagai bab kesimpulan.

Dibagian kesimpulan, Anda harus menuliskan kesimpulan secara menyeluruh atas pembahasan atau isi dari karya tulis tersebut. Sedangkan pada bagian saran, Anda cukup menuliskan rekomendasi Anda mengenai tema atau persoalan yang diangkat dalam karya tulis tersebut.

Saran harus bersifat membangun, mendidik dan secara objektif dan sesuai dengan topik yang dibahas. Fungsi Kalimat Saran adalah sebuah kritik/saran membangun untuk tempat penelitian dan juga bisa menjadi bahan objektif bagi pembaca. Dilansir dari lizenhs.wordpress.com, berikut adalah ciri-ciri dan langkah-langkah dalam membuat kesimpulan yang baik dan benar.

Ciri-ciri Kesimpulan yang Baik

  • Menggunakan bahasa yang mudah di pahami
  • Menggunakan penarikan pernyataan secara umum dari kalimat fakta sebelumnya
  • Tidak berbelit-belit
  • Menggunakan bahasa yang baik dan benar
  • Berisi pokok pembicaraan
  • Berupa fakta dan jelas

Langkah-langkah Membuat Kesimpulan

  • Mendengarkan dengan saksama isi informasi yang disampaikan.
  • Menafsirkan pokok pembahasan.
  • Menyeleksi dan menentukan pokok pikiran.
  • Menulis kembali pokok pikiran dengan kalimat sendiri secara ringkas.
  • Menyampaikan kembali isi informasi yang telah ditulis secara jelas dan runtut.
  • Kesimpulan yang baik adalah kesimpulan yang memuat seluruh isi teks yang dibahas dengan kalimat efektif dan mudah dipahami.

Contoh Penutup Terbaik

1. Contoh Penutup Makalah Tentang Pengelolaan Tenaga Pendidikan dan Kependidikan

Contoh Penutup
source image: kn-lwf.org

BAB V
Penutup

A. Kesimpulan

  • Peranan guru dalam membina peserta didik menjadi insan yang berkarakter yang baik sangat dibutuhkan.  Guru merupakan sosok panutan atau contoh bagi peserta didik. Keberhasilan pendidikan karakter sangat tergantung dari peran seorang guru dalam proses pembelajaran. Jadi sosok seorang guru dapat menjadi cerminan peserta didik yang sangat menentukan karakternya.
  • Profesionalisme guru di SMA Kartika Siliwangi 2 Bandung sudah terlaksana dengan baik karena para guru sudah memahami dan mengimplementasikan peranannya sebagai orang yang mengampu profesi di bidang Pendidikan yang akan mencetak generasi-generasi unggul di bidang Pendidikan. Para guru sudah menjadi contoh yang baik bagi seluruh komponen Pendidikan dan senantiasa menjaga hubungan yang harmonis dengan warga sekolah ataupun diluar sekolah seperti masyarakat dan orang tua siswa.

B. Saran

  • Dengan adanya tugas dan peranan guru dalam dunia pendidikan khususnya dalam proses belajar mengajar diharapkan guru dapat mengetahui serta menjalankan tugas dan tanggung jawabnya dengan baik dan diharapkan terjalin hubungan antara peserta didik sebagai subjek dan objek pembelajaran sehingga tujuan pendidikan mudah tercapai.
  • Dalam upaya meningkatkan profesionalisme guru sebaiknya pihak sekolah atau Yayasan juga membina para guru untuk berpartisipasi aktif dalam pembuatan karya tulis sehingga mampu menghasilkan dan memodifikasi pengetahuan yang baru bagi peserta didik sesuai dengan masalah yang dihadapi para guru ataupun sesuai dengan kebutuhan di ruang lingkup keilmuan yang dimilikinya.
Download makalah secara lengkap

2. Contoh Penutup Makalah Tentang Tata Fotografi Elektronik (Multicam)

Contoh Penutup

BAB V
Penutup

A. Kesimpulan

Multicam System atau multi camera adalah suatu format Produksi TV  dengan menggunakan lebih dari satu camera, yaitu dengan dihubungkan melalui satu sistem yang terintegrasi. Jadi, walaupun menggunakan lebih dari satu kamera tetapi camera –camera tersebut tidak terintegrasi satu sama lain, maka format tersebut belum bisa dikategorikan sebagai Multicam System. Sedangkan dari segi penayangannya, Multycam System ini dapat disiarkan secara langsung (live) atau tayang tunda (live on tape).

B. Saran

Multicam System atau multi camera adalah suatu format Produksi TV  dengan menggunakan lebih dari satu camera, yaitu dengan dihubungkan melalui satu sistem yang terintegrasi.Jadi, walaupun menggunakan lebih dari satu kamera tetapi camera –camera tersebut tidak terintegrasi satu sama lain, maka format tersebut belum bisa dikategorikan sebagai Multicam System. Sedangkan dari segi penayangannya, Multycam System ini dapat disiarkan secara langsung (live) atau tayang tunda (live on tape).

Download makalah secara lengkap

3. Contoh Penutup Makalah Tentang Prosedur Instalasi Komputer Sistem Perpustakaan

BAB V
Penutup

A. Kesimpulan

Berdasarkan penjelasan dari pembahasan makalah ini. Kami dapat menarik kesimpulan bahwa perpustakaan digital lebih memudahkan pengguna dan bisa menikmati layanan sepuasnya, kapanpun dan dimanapun. Akses pepustakaan digital lebih mudah dibanding dengan perpustakaan konvensional, karena pengguna tidak perlu dipusingkan dengan mencari di katalog dengan waktu yang lama.

B. Saran

Adapun sejumlah hal yang perlu kami sampaikan sebagai saran dalam makalah ini yaitu rajin rajinlah membaca agar pengetahuan dan wawasan kita dapat meluas khususnya tentang teknologi komputer yang sekarang ini memdominasi  kehidupan di era globalisasi ini.Bagaimana pun juga, kami terap mengharapkan saran dan kritik dari pembaca makalah kami yang sifatnya membangun demi kesempurnaan makalah berikutnya. Itulah timbale balik antara pembaca dan penyusun makalah.

Download makalah secara lengkap

4. Contoh Penutup Makalah Tentang Narkoba dan Pencegahannya

Contoh Penutup
source image: bnn.com

BAB V
Penutup

A. Kesimpulan

Untuk lebih mensosialisasikan tentang bahaya narkoba, mengingat struktur masyarakat Indonesia yang demikia kompleks dan heterogen, dengan tingkat intelektual atau daya nalar yang beragam, memang dibutuhkan sebuah program preventif tentang “drugs education” yang lebih dan terarah. Karena bagaimanapun, masyarakat atau lingkungan sekitar mempunyai dampak atau peranan yang cukup signifikan dalam mempengaruhi kebiasaan maupun karakter seseorang, terutama bagi seorang anak remaja. Maka, selain edukasi (pendidikan) didalam keluarga dan sekolah, edukasi di dalam masyarakar pun menjadi hal yang sentral dan menentukan.

B. Saran

  • Jangan pernah mencoba narkoba walaupun itu hanya sedikit
  • Pemerintah harus memberantas peredaran narkoba di Indonesia
  • Orang tua harus lebih memperhatikan anaknya agar tidak terjerumus ke dalam jurang narkoba
  • Perlu peningkatan kerja sama antara masyarakat dengan aparat untuk memberantas peredaran narkoba
  • Remaja harus diperhatikan oleh semua pihak agar tidak terjerumus pada penyalahgunaan narkoba
Download makalah secara lengkap 

5. Contoh Penutup Makalah Tentang Covid-19

BAB V
Penutup

A. Kesimpulan

Covid-19 merupakan penyakit yang disebabkan oleh virus corona. Virus ini menyerang saluran pernafasan. Gejala Covid-19 yang paling umum adalah demam, kelelahan, dan batuk kering. Beberapa orang mungkin mengalami sakit dan nyeri, hidung tersumbat, pilek, sakit tenggorokan atau diare. Untuk proses penularan terjadi dari orang ke orang sehingga perlu adanya pencegahan yang harus dilakukan.

Adapun cara penanggulangan dan pencegahan yang benar yaitu dengan selalu menjaga gaya hidup sehat (makan, tidur, olahraga) untuk imunitas tubuh, rajin mencuci tangan, menjaga etika batuk dan bersin, menghindari kerumunan, menghindari menyentuh mata, mulut dan hidung, mengurangi interaksi dengan orang lain, berdoa dan lain sebagainya.

Sebagai bentuk partisipasi yang dapat dilakukan yaitu dengan mendukung kebijakan pemerintah mengenai sekolah di rumah, bekerja dari rumah dan ibadah di rumah. Serta selalu melakukan hal-hal positif yang mampu mengurangi rasa khawatir terhadap maraknya virus corona.

B. Saran

Saya berharap makalah ini dapat menambah wawasan bagi pembaca agar tertarik untuk terus dapat meningkatkan keingintahuan nya terhadap informasi baru yang bermanfaat. Demi kesempurnaan makalah ini, saya berharap kritik dan saran dari pembaca yang sifatnya membangun agar makalah ini bisa lebih baik untuk ke depannya.

Download makalah secara lengkap

6. Contoh Penutup Makalah Tentang Kurikulum Integrasi Sains

BAB V
Penutup

A. Kesimpulan

Berdasarkan pemaparan pada makalah ini dapat disimpulkan bahwa kurikulum integrasi merupakan kurikulum yang memungkinkan siswa baik secara individual maupun secara klasikal aktif menggali dan menemukan konsep dan prinsip-prinsip secara holistik bermakna dan otentik, melalui pertimbangan itu maka berbagai pandangan dan pendapat tentang pembelajaran terintegrasi, tapi semuanya menekankan pada menyampaikan pelajaran yang bermakna dengan melibatkan siswa dalam proses pembelajaran. 

Melalui pembelajaran terintegrasi diharapkan para siswa memperoleh pengetahuan secara menyeluruh dengan cara mengaitkan satu pelajaran dengan pelajaran yang lain. Integrasi sendiri berasal dari kata “integer” yang berarti unit. Dengan integrasi dimaksud perpaduan, koordinasi, harmoni, kebulatan keseluruhan.

B. Saran

Penulis tentunya masih menyadari jika makalah diatas masih terdapat banyak kesalahan dan jauh dari kesempurnaan. Penulis akan memperbaiki makalah tersebut dengan berpedoman pada banyak sumber serta kritik yang membangun dari para pembaca.

Download makalah secara lengkap

7. Contoh Penutup Laporan Penelitian Tentang Pemenuhan Gizi Seimbang

BAB V
Penutup

A. Kesimpulan

Dari penelitian yang telah dilakukan peneliti, dapat ditarik kesimpulan bahwa sebagian besar masyarakat sekitar Pantai Pangandaran memiliki tingkat kesedaran sedang terhadap pemenuhan gizi seimbang.

B. Saran

1. Bagi Penelitian Selanjutnya

  • Validitas skala lebih ditingkatkan lagi, sehingga data yang diperoleh memiliki tingkat akurasi yang tinggi.
  • Data diri responden lebih  dilengkapi, karena ini akan  sangat membantu dalam proses pengolahan data.

2. Bagi Pemerintah

Kebijakan Pemerintah Provinsi Jawa Barat tentang pemenuhan gizi seimbang sebaiknya lebih ditingkatkan lagi, sehingga masyarakat sekitar Pantai Pangandaran memiliki kesadaran yang lebih tinggi terhadap pemenuhan gizi seimbang.

3. Bagi Masyarakat sekitar Pantai Pangandaran

Masyarakat sekitar Pantai Pangandaran sebaiknya lebih memperhatikan tentang pemenuhan gizi seimbang.

Download laporan penelitian secara lengkap

8. Contoh Penutup Laporan Penelitian Tentang Pergaulan Mahasiswa di Kampus

BAB V
Penutup

A. Kesimpulan

Etika pergaulan mahasiswa di kampus adalah bahwa etika pergaulan mahasiswa di kampus merupakan perilaku yang baik di lingkungan kampus sesuai kebiasaan hidup masyarakat Indonesia dalam berhubungan dengan sesama mahasiswa maupun dalam berhubungan antara mahasiswa  dengan dosen dan karyawan kampus. Perilaku yang baik di kampus ini menurut mahasiswa, akan berjalan dengan baik apabila ada peraturan yang jelas yang mengaturnya serta penerapan sanksi yang tegas bagi yang melanggarnya, dan peraturan akademik yang  sudah ada harus dilaksanakan dengan tegas.

B. Saran

  • Perlu sosialisasi Peraturan Rektor UNY Nomor 3 Tahun 2009 ke seluruh sivitas akademika UNY terutama mahasiswa agar dapat dijadikan panduan dalam pergaulan di lingkungan kampus.
  • Kuliah Pendidikan Pancasila harus dapat menjadi sarana pembentukan perilaku mahasiswa yang Pancasilais di kampus UNY.
Download laporan penelitian secara lengkap

9. Contoh Penutup Laporan Penelitian Tentang Penerapan Strategi Bisnis

BAB V
Penutup

A. Kesimpulan

  • Dapat disimpulkan apabila perusahaan ingin mengadaptasi keinginan perusahaan, maka perusahaan harus memulai proses perubahan dari dalam perusahaan secara sistem dan secara strategi. Hal ini syarat utama agar kemampuan perusahaan untuk mengadaptasi apa yang diinginkan oleh konsumen dapat maksimal.
  • Penerapan Blue Ocean Strategy dapat membuat perusahaan memenangkan persaingan, karena sebelum perusahaan membuat sebuah Blue Ocean Strategy dibutuhkan tahapan berdasarkan teori – teori pendukung yang membuat perubahan dari dalam perusahaan yang mempersiapkan perusahaan untuk dapat mengadaptasi keinginan perusahaan.

B. Saran

Penelitian ini masih merupakan penelitian kepustakaan yang belum melihat pada aplikasi atau studi kasus perusahaan. Disarankan untuk penelitian berikutnya dapat menghadirkan contoh kasus ataupun proses pembuatan Blue Ocean Strategy yang kemudian diaplikasikan dengan berdasarkan pada teori – teori yang melandasi pembuatan Blue Ocean Strategy.

Download laporan penelitian secara lengkap

10. Contoh Penutup Proposal Tentang Bisnis Pedang Telur

BAB V
Penutup

Prospek penjualan ”PEDANG TELUR” dalam uji kompetensi di STIE KESATUAN BOGOR dapat dikategorikan baik, karena selain didukung oleh kemudahan penyajian, pencarian bahan baku, harga jual sangat ekonomis yang akan menarik minat pengunjung stand, meskipun harus tetap di waspadai jumlah pesaing yang semakin bertambah, sehingga perlu di jaga kualitas dalam pembuatanya mau pun pelayanannya.

Harapan kami kedepannya, semoga PEDANG TELUR ini dapat menarik perhatian konsumen karena memiliki ciri khas rasa tersendiri dan juga harga yang terjangkau disertai dengan rasa yang lezat dan bergizi. Namun kami tetap harus mengembangkan usaha ini agar semakin dikenal oleh masyarakat. Mengingat banyaknya jajanan modern saat ini, kami mengharapkan dengan adanya inovasi makanan tradisional ini dapat menarik perhatian agar makanan khas daerah tidak hilang dan bahkan dilestarikan dan dibuat variasi rasa dan bentuk yang berbeda untuk menarik perhatian masyarakat Indonesia bahkan luar negeri.

Download proposal secara lengkap

11. Contoh Penutup Proposal Kegiatan Lomba

BAB V
Penutup

Demikian Proposal Kegiatan Lomba Bulan Bahasa dan Sastra 2020 ini kami buat. Harapan kami agar kegiatan ini mampu menjadi motivasi dan inspirasi. Motivasi agar generasi mendatang menjadi lebih baik dari sekarang serta selalu bersemangat untuk menggunakan Bahasa Indonesia sebagai bahasa pemersatu masyarakat Indonesia. Inpirasi bagi kita pada umumnya dan khususnya bagi generasi muda untuk selalu berusaha menjunjung tinggi prinsip “Utamakan Bahasa Indonesia, Lestarikan Bahasa Daerah, Kuasai Bahasa Asing” serta melekatkan pada diri setiap individu tema besarnya yaitu “Berbahasa untuk Indonesia Sehat”.

Download proposal secara lengkap

12. Contoh Penutup Proposal Kegiatan Singkat

BAB V
Penutup

Demikian proposal ini kami buat sebagai acuan dalam pelaksanaan kegiatan OPEN TALK “Satu Tujuan, Satu Pandangan, Bersinergi Membangun Fakultas Farmasi”, atas bantuan dan kerjasama dari semua pihak terutama dari pihak Farmasi sangat kami harapkan demi suksesnya kegiatan ini. Semoga Allah SWT meridhoi setiap usaha kita. Aamiin.

Download proposal secara lengkap

13. Contoh Penutup Proposal Permohonan Bantuan Dana Hibah / Bansos

Penutup

Demikian proposal permohonan bantuan dana ini kami buat, besar harapan kami semoga permohonan bantuan dana ini dapat direalisasikan sehingga terwujud kelancaran kegiatan keagamaan atau ibadah umat muslim yang nyaman, efektif dan kondusif.

Akhirnya mudah-mudahan Allah SWT senantiasa memberi rahmat, taufik dan hidayah-nya. Amin

Download proposal secara lengkap 

Baca Juga:

Itulah beberapa contoh penutup makalah, proposal dan laporan terbaik. Semoga bisa bermanfaat dan terima kasih telah berkunjung.

COMMENTS

Nama

anbk,6,asuransi,1,Buku Digital,5,buku teks,14,Ciri teks,15,contoh,120,cpns2019,1,cv,5,Download File,1,games,4,juknis,9,jurnal,2,Kalender,153,kosp,4,Kuliah,14,laporan,14,makalah,3,modul,6,modul ajar,5,modul guru,10,osn,4,Pekerjaan,9,Pendidikan,94,pengertian,31,Permenpan RB,26,phbs,2,poster,3,PPT,64,proposal,7,prota,2,pts,16,resume,4,rpp,25,soal am,3,soal cpns,14,soal pas,15,soal pat,15,soal us,12,surat,17,template,3,template ppt,11,tips,6,usaha,3,
ltr
item
Mautidur.com: 13 Contoh Penutup Makalah, Proposal & Laporan Terbaik
13 Contoh Penutup Makalah, Proposal & Laporan Terbaik
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhB6MLtU4KtPLegD9CuKIvWhoU1bvh2_TD3YZswpXReErQziK-l-LSM5KIyG8NPruBeDLOyBdHwpOH3uKjgxWixDIUArpZhZI3OLzX0sgzEv8MYFVE0dPp3KOYtZwnN36O0SP971zLwl2w/w640-h386/judul.jpg
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhB6MLtU4KtPLegD9CuKIvWhoU1bvh2_TD3YZswpXReErQziK-l-LSM5KIyG8NPruBeDLOyBdHwpOH3uKjgxWixDIUArpZhZI3OLzX0sgzEv8MYFVE0dPp3KOYtZwnN36O0SP971zLwl2w/s72-w640-c-h386/judul.jpg
Mautidur.com
https://www.mautidur.com/2021/02/contoh-penutup.html
https://www.mautidur.com/
https://www.mautidur.com/
https://www.mautidur.com/2021/02/contoh-penutup.html
true
2310118337026904168
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All DIREKOMENDASIKAN UNTUK KAMU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy Table of Content