10 Contoh Kesimpulan & Saran Makalah Terbaik

Daftar Isi [Tampil]

Contoh Kesimpulan & Saran

Contoh kesimpulan & saran - Pada kesempatan kali ini saya akan memberikan beberapa contoh kesimpulan dan saran dalam makalah. Namun, kamu harus memahami terlebih dahulu apa sih kesimpulan dan saran itu?

Kesimpulan adalah ringkasan tentang hasil pembahasan yang telah diuraikan pada bagian isi. Dibagian kesimpulan, Anda harus menuliskan kesimpulan secara menyeluruh atas pembahasan atau isi dari karya tulis tersebut. Sedangkan pada bagian saran, Anda cukup menuliskan rekomendasi Anda mengenai tema atau persoalan yang diangkat dalam karya tulis tersebut. 

Baca Juga: 13 Contoh Penutup Makalah, Proposal & Laporan Terbaik 

Saran harus bersifat membangun, mendidik dan secara objektif dan sesuai dengan topik yang dibahas. Fungsi Kalimat Saran adalah sebuah kritik/saran membangun untuk tempat penelitian dan juga bisa menjadi bahan objektif bagi pembaca. Dilansir dari lizenhs.wordpress.com, berikut adalah ciri-ciri dan langkah-langkah dalam membuat kesimpulan yang baik dan benar.

Ciri-ciri Kesimpulan yang Baik

  • Menggunakan bahasa yang mudah di pahami
  • Menggunakan penarikan pernyataan secara umum dari kalimat fakta sebelumnya
  • Tidak berbelit-belit
  • Menggunakan bahasa yang baik dan benar
  • Berisi pokok pembicaraan
  • Berupa fakta dan jelas

Langkah-langkah Membuat Kesimpulan

  1. Mendengarkan dengan saksama isi informasi yang disampaikan
  2. Menafsirkan pokok pembahasan
  3. Menyeleksi dan menentukan pokok pikiran
  4. Menulis kembali pokok pikiran dengan kalimat sendiri secara ringkas
  5. Menyampaikan kembali isi informasi yang telah ditulis secara jelas dan runtut
  6. Kesimpulan yang baik adalah kesimpulan yang memuat seluruh isi teks yang dibahas dengan kalimat efektif dan mudah dipahami

Tips Membuat Kesimpulan

  • Menjawab Permasalahan

Dalam membuat kesimpulan yang baik dalam makalah, proposal atau laporan. Hendaknya menjawab permasalahan yang telah dibahas pada awal pembahasan pada karya tulis yang telah dibuat.

Dengan demikian, kesimpulan yang baik perlu menjawab rumusan permasalahan yang menjadi pokok pembahasan dalam karya tulis yang telah dibuat.

  • Tidak Bertele-tele

Salah satu hal yang perlu Anda hindari dalam membuat kesimpulan adalah bertele-tele. Kesimpulan yang baik harus dijelaskan dengan singkat, padat dan jelas.

Contoh Kesimpulan & Saran Makalah

1. Contoh Kesimpulan & Saran Tentang Narkoba dan Pencegahannya

Contoh Kesimpulan & Saran
source image: kawattimur.id

BAB III
Penutup

A. Kesimpulan

Untuk lebih mensosialisasikan tentang bahaya narkoba, mengingat struktur masyarakat Indonesia yang demikia kompleks dan heterogen, dengan tingkat intelektual atau daya nalar yang beragam, memang dibutuhkan sebuah program preventif tentang “drugs education” yang lebih dan terarah. Karena bagaimanapun, masyarakat atau lingkungan sekitar mempunyai dampak atau peranan yang cukup signifikan dalam mempengaruhi kebiasaan maupun karakter seseorang, terutama bagi seorang anak remaja. Maka, selain edukasi (pendidikan) didalam keluarga dan sekolah, edukasi di dalam masyarakar pun menjadi hal yang sentral dan menentukan.

B. Saran

  • Jangan pernah mencoba narkoba walaupun itu hanya sedikit
  • Pemerintah harus memberantas peredaran narkoba di Indonesia
  • Orang tua harus lebih memperhatikan anaknya agar tidak terjerumus ke dalam jurang narkoba
  • Perlu peningkatan kerja sama antara masyarakat dengan aparat untuk memberantas peredaran narkoba
  • Remaja harus diperhatikan oleh semua pihak agar tidak terjerumus pada penyalahgunaan narkoba
Download makalah secara lengkap

2. Contoh Kesimpulan & Saran Tentang Tenaga Pendidikan dan Kependidikan

Contoh Kesimpulan & Saran

BAB III
Penutup

A. Kesimpulan

  • Peranan guru dalam membina peserta didik menjadi insan yang berkarakter yang baik sangat dibutuhkan.  Guru merupakan sosok panutan atau contoh bagi peserta didik. Keberhasilan pendidikan karakter sangat tergantung dari peran seorang guru dalam proses pembelajaran. Jadi sosok seorang guru dapat menjadi cerminan peserta didik yang sangat menentukan karakternya.
  • Pengembangan profesional administrator sekolah di SMA Kartika Siliwangi 2 Bandung kepala sekolah telah melaksanakan pekerjaannya sesuai dengan tugas pokok fungsi jabatan yang diembannya yaitu sesuai dengan Peraturan Menteri Pendidikan Nasional tentang standar kepala sekolah dan Peraturan Menteri Pendidikan Nasional tentang penugasan guru sebagai kepala sekolah, sehingga profesionalisme kepemimpinan kepala sekolah akan terjaga.

B. Saran

  • Dengan adanya tugas dan peranan guru dalam dunia pendidikan khususnya dalam proses belajar mengajar diharapkan guru dapat mengetahui serta menjalankan tugas dan tanggung jawabnya dengan baik dan diharapkan terjalin hubungan antara peserta didik sebagai subjek dan objek pembelajaran sehingga tujuan pendidikan mudah tercapai.
  • Sekolah tetap membutuhkan peran pengawas sebagai tangan dari pemerintah dan tugas pengawasannya terhadap kepala sekolah dilaksanakan secara objektif dan maksimal, sehingga kualitas kedua belah pihak tetap terjaga yang dilaksanakan dengan memperhatikan profesionalitas kepala sekolah, pendidik, dan tenaga pendidik supaya terjaga sinergitasnya.  
Download makalah secara lengkap

3. Contoh Kesimpulan & Saran Tentang Prosedur Instalasi Komputer Sistem Komputer

Contoh Kesimpulan & Saran

BAB III
Penutup

A. Kesimpulan

Berdasarkan penjelasan dari pembahasan makalah ini. Kami dapat menarik kesimpulan bahwa perpustakaan digital lebih memudahkan  pengguna  dan bisa menikmati layanan sepuasnya, kapanpun dan dimanapun. Akses pepustakaan digital lebih mudah dibanding dengan perpustakaan konvensional, karena pengguna tidak perlu dipusingkan dengan mencari di katalog dengan waktu yang lama.

B. Saran

Adapun sejumlah hal yang perlu kami sampaikan sebagai saran dalam makalah ini yaitu rajin rajinlah membaca agar pengetahuan dan wawasan kita dapat meluas khususnya tentang teknologi komputer yang sekarang ini memdominasi  kehidupan di era globalisasi ini.Bagaimana pun juga, kami terap mengharapkan saran dan kritik dari pembaca makalah kami yang sifatnya membangun demi kesempurnaan makalah berikutnya. Itulah timbale balik antara pembaca dan penyusun makalah.

Download makalah secara lengkap

4. Contoh Kesimpulan & Saran Tentang Kurikulum Integrasi Sains

BAB III
Penutup

A. Kesimpulan

Berdasarkan pemaparan pada makalah ini dapat disimpulkan bahwa kurikulum integrasi merupakan kurikulum yang memungkinkan siswa baik secara individual maupun secara klasikal aktif menggali dan menemukan konsep dan prinsip-prinsip secara holistik bermakna dan otentik, melalui pertimbangan itu maka berbagai pandangan dan pendapat tentang pembelajaran terintegrasi, tapi semuanya menekankan pada menyampaikan pelajaran yang bermakna dengan melibatkan siswa dalam proses pembelajaran. Melalui pembelajaran terintegrasi diharapkan para siswa memperoleh pengetahuan secara menyeluruh dengan cara mengaitkan satu pelajaran dengan pelajaran yang lain. 

B. Saran

Penulis tentunya masih menyadari jika makalah diatas masih terdapat banyak kesalahan dan jauh dari kesempurnaan. Penulis akan memperbaiki makalah tersebut dengan berpedoman pada banyak sumber serta kritik yang membangun dari para pembaca.

Download makalah secara lengkap

5. Contoh Kesimpulan & Saran Tentang Pembelajaran Jarak Jauh

Contoh Kesimpulan & Saran

BAB III
Penutup

A. Kesimpulan

Sebagai usaha untuk menekan penyebaran Covid-19 di lingkungan kampus, maka Prodi FTIK IAIN Jember melaksanakan pembelajaran online sebagai alternatif pembelajaran konvensional. Melalui penelitian ini kita dapat melihat bahwa secara umum mahasiswa telah memiliki fasilitas-fasilitas dasar yang dibutuhkan untuk mengikuti pembelajaran online. Meski demikian, terdapat beberapa hal yang harus diperhatikan, termasuk didalamnya ketersediaan layanan internet dan biaya tambahan yang harus dikeluarkan oleh mahasiswa.

Pelaksanaan pembelajaran online memungkinkan mahasiswa untuk mengikuti perkuliahan dari rumah masing-masing. Hal ini mendorong munculnya perilaku social distancingdan meminimalisir kemungkinan munculnya kerumunan mahsiswa di kampus. Dua hal ini merupakan langkah- langkah yang direkomendasikan WHO dalam menekan penyebaran Covid-19. Meski demikian, pembelajaran online di daerah-daerah yang tidak dijangkau jaringan internet harus diawasi karena berpotensi memunculkan kerumunan di area-area tertentu yang justru meningkatkan kemungkinan penyebaran Covid- 19.

B. Saran

  • Dosen untuk memperhatikan kondisi geografis rumah mahasiswa. Mungkin mahasiswa yang berada di pedesaan sedikit kesulitan untuk mengakses matakuliah.
  • Tidak semua mahasiswa kondisi ekonominya diatas rata-rata
Download makalah secara lengkap

6. Contoh Kesimpulan & Saran Tentang Pemutusan Hubungan Kerja

BAB III
Penutup

A. Kesimpulan

Pemutusan hubungan kerja (PHK) merupakan dinamika dalam sebuah organisasi perusahaan. Dan jika pandangan mengenai PHK itu negatif maka itu kurang tepat karna PHK merupakan proses yang akan dialami semua karyawan misalnya dengan pensiun atau kematian. Maka dari itu pemutusan hubungan kerja dibagi kedalam dua bagian yaitu:

a. Pemberhentian Hubungan Kerja (PHK) Sementara.
PHK sementara dapat disebabkan karena keinginan sendiri ataupun karena perusahaandengan tujuan yang jelas.

b. Pemberhentian Hubungan Kerja (PHK Permanen.
PHK permanen dapat disebabkan 3 hal, yaitu:

  • Keinginan sendiri
  • Kontrak yang habis
  • Pensiun

B. Saran

Adapun saran yang dapat kami sampaikan dalam makalah ini, hendaknya dalam pemutusan hubungan kerja harus sesuai dengan undang undang yang berlaku agar tidak ada perselisihan dan tidak ada pihak yang merasa di rugikan.

Download makalah secara lengkap

7. Contoh Kesimpulan & Saran Makalah Penelitian Bahasa Indonesia

BAB III
Penutup

A. Kesimpulan

Globalisasi merupakan fenomena yang tidak dapat dihindarkan dari dinamika kehidupan. Globalisasi memberikan berbagai dampak yang sangat signifikan pada perkembangan kehidupan manusia, khususnya dikalangan generasi milenial salah satunya perkembangan bahasa yaitu bahasa Indonesia yakni banyaknya generasi milenial yang menggunakan gaya bahasa gaul, kekinian atau mengikuti trend zaman sekarang dalam komunikasi sehari-hari adalah penyimpangan dari penggunaan bahasa Indonesia yang baik dan benar. Hal ini dapat menghambat pertumbuhan dan perkembangan bahasa Indonesia.

Kurangnya kesadaran untuk mencintai dan menggunakan bahasa Indonesia di negeri sendiri akan berdampak lunturnya atau hilangnya bahasa Indonesia dalam pemakaiannya pada masyarakat terutama di kalangan milenial. Terlebih dengan maraknya penggunaan bahasa gaul di kalangan artis pada media massa serta elektronik, membuat generasi milenial semakin sering mencontohnya di kehidupan sehari-hari, hal ini terjadi karena sudah dianggap wajar, jika remaja suka meniru hal-hal baru yang didapat secara mudah pada teknologi melalui media massa.

B. Saran

Agar generasi milenial menggunakan gaya bahasa yang sesuai dengan kaidah kebahasaan, maka seharusnya Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Nasional lebih memperhatikan mengenai urgensi penggunaan gaya bahasa yang sesuai dengan kaidah, terutama pada penggunaan kata-kata serapan. Selain itu, generasi milenial diharapkan dapat memahami aturan dalam penggunaan gaya bahasa yang sesuai dengan kaidah kebahasaan, serta dapat mengaplikasikannya dalam kehidupan sehari-hari.

Download makalah secara lengkap

8. Contoh Kesimpulan & Saran Tentang Menjalankan Usaha Kecil Keripik Pisang

BAB III
Penutup

A. Kesimpulan

Keripik pisang adalah produk makanan ringan dibuat dari irisan buah pisang dan digoreng, dengan atau tanpa bahan tambahan makanan yang diizinkan. Tujuan pengolahan pisang menjadi keripik pisang adalah untuk memberikan nilai tambah dan meningkatkan/memperpanjang kemanfaatan buah pisang.

Pada dasarnya keripik pisang banyak peminatnya selain murah harganya,enak rasanya dan mengandung vitamin-vitamin yang bagus untuk tubuh.

Usaha keripik pisang merupakan peluang usaha yang dapat di kembangkan dengan modal yang sedikit kita bisa mendapat keuntungan yang besar dan saya yakin usaha ini bisa berkembang dan maju.

B. Saran

Dalam melakukan usaha dituntut untuk serius dan fokus, kita tidak bisa dalam memulai bisnis itu secara setengah tengah, dan dikerjakan sambil lalu meski pun usaha tersebut berupa usaha sampingan.

Kegagalan berusaha sebenarnya bukan disebabkan oleh orang lain namun berasal dari diri kita sendiri. Dengan demikian ketekunan dalam menjalankannya adalah suatu keharusan. Perhitungan perhitungan yang matang selayaknya dilakukan di awal-awal memulai usaha karena sekali kita salah dalam perhitungan di awal maka yang terjadi adalah efek berantai di mana kita akan terus menerus mengalami kesalahan, sementara modal lama kelamaan tersedot habis.

Sudah sewajarnya apabila kita ingin memulai usaha belajar kepada mereka yang lebih sukses agar kita dapat memilih mana yang pas dan mana yang kurang, dengan demikian kita akan terhindar dari resiko yang lebih besar.

Download makalah secara lengkap

9. Contoh Kesimpulan & Saran Tentang Teknologi Internet

BAB III
Penutup

A. Kesimpulan

Penggunaan teknologi internet dalam pemanfaatannya hendaknya didasari oleh nilai- nilai keimanan dan ketaqwaan, etika dan estitika, dan kearifan para pemakainya. Hanya mengembangkan nilai-nilai seperti itu, dampak negative dari pemanfaatan  TIK khusunya internet dapat diminimalkan terutama bagi para generasi muda yang masih dalam masa pertumbuhan dan pencarian identitas diri.

B. Saran

Dalam penggunaan alat TIK diminta kepada pengguna yang dibawah umur , harus ada bimbingan dari orang tua dan siswa disekolah bimbingan dari guru.

  • Bagi para pengguna yang lain gunakanlah sesuai dengan kegunaannya masing- masing.
  • Khusus bagi lembaga pendidik untuk dapat memblokir situs-situs yang tidak boleh dibuka.
Download makalah secara lengkap

10. Contoh Kesimpulan & Saran Tentang Banjir

BAB III
Penutup

A. Kesimpulan

Bencana banjir ini sangatlah rawan dan banyak terjadi diberbagai daerah di negri kita, misalnya di Jakarta, Bandung, dan kota lainnya yang tidak kalah besar dan banyak memakan korban.

Sebenarnya penyebab utama dari banjir itu adalah akibat dari perbuatan manusia sendiri, misalnya saja adanya penebangan pohon secara liar dihutan, maka terjadilah banjir, kemudian adanya pembuangan sampah sembarangan sehingga mengakibatkan aliran air tersumbat, maka jadilah banjir.

Cara yang paling efektif untuk mencegah banjir adalah dengan adanya sikap atau prilaku menjaga kebersihan lingkungan hidup kita.

B. Saran

Saran dari penyusun adalah “Marilah Kita Menjaga Lingkungan Ini Agar Tidak Terjadi Hal-hal yang Tidak Diinginkan Semisal Banjir”.

Jaga kebersihan lingkungan merupakan kewajiban bagi kita agar terhindar dari bencana banjir yang akan membawa bencana yang lainnya, seperti kematian yang diakibatkan penyakit yang menyerang saat banjir.

Download makalah secara lengkap

Baca Juga:

Itulah beberapa contoh Kesimpulan dan Saran dalam makalah. Semoga bisa bermanfaat dan terima kasih telah berkunjung.

COMMENTS

Nama

anbk,6,asuransi,1,Buku Digital,5,buku teks,14,Ciri teks,15,contoh,120,cpns2019,1,cv,5,Download File,1,games,4,juknis,9,jurnal,2,Kalender,153,kosp,4,Kuliah,14,laporan,14,makalah,3,modul,6,modul ajar,5,modul guru,10,osn,4,Pekerjaan,9,Pendidikan,94,pengertian,31,Permenpan RB,26,phbs,2,poster,3,PPT,64,proposal,7,prota,2,pts,16,resume,4,rpp,25,soal am,3,soal cpns,14,soal pas,15,soal pat,15,soal us,12,surat,17,template,3,template ppt,11,tips,6,usaha,3,
ltr
item
Mautidur.com: 10 Contoh Kesimpulan & Saran Makalah Terbaik
10 Contoh Kesimpulan & Saran Makalah Terbaik
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEiMBU9dtd3mp3sFmE94MjRQ-1bMUDVSY1wF76e8ybq4EqmLkUG8vZiPZWAmb0xd5RHrAo3A2GZNmdmP9udofo_tzHXNTWNbxsVS1oOwTNiF_aIXRyeVg6LtTdMurTy4Pw3UUbG0znwLHiw/w640-h372/judul.jpg
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEiMBU9dtd3mp3sFmE94MjRQ-1bMUDVSY1wF76e8ybq4EqmLkUG8vZiPZWAmb0xd5RHrAo3A2GZNmdmP9udofo_tzHXNTWNbxsVS1oOwTNiF_aIXRyeVg6LtTdMurTy4Pw3UUbG0znwLHiw/s72-w640-c-h372/judul.jpg
Mautidur.com
https://www.mautidur.com/2021/02/10-contoh-kesimpulan-saran-makalah.html
https://www.mautidur.com/
https://www.mautidur.com/
https://www.mautidur.com/2021/02/10-contoh-kesimpulan-saran-makalah.html
true
2310118337026904168
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All DIREKOMENDASIKAN UNTUK KAMU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy Table of Content