17 Contoh Kata Pengantar yang Benar & Terbaik

Daftar Isi [Tampil]

Contoh Kata Pengantar - Pada kesempatan kali ini saya akan memberikan beberapa contoh kata pengantar yang baik dan benar. Namun, kamu harus memahami terlebih dahulu apa sih kata pengantar itu?

Kata pengantar merupakan bagian halaman dari karya tulis yang isinya berupa ucapan-ucapan penulis untuk mengantarkan pembaca memasuki dan memahami isi dari karya tulis yang telah dibuatnya. Sedangkan menurut KBBI, kata pengantar merupakan kata pendahuluan atau pandangan umum secara singkat dan jelas sebagai pendahuluan suatu karya tulis.

Baca Juga: 10 Contoh Kesimpulan & Saran Makalah Terbaik

Fungsi Kata Pengantar

Fungsi kata pengantar adalah mengantarkan pembaca kepada uraian isi dari suatu karya tulis. Kata pengantar juga memiliki manfaat untuk memberikan gambaran kepada pembaca mengenai isi karya yang akan dibaca.

Adanya kata pengantar diharapkan memudahkan pembaca untuk memahami isinya karena sudah dikenalkan terlebih dahulu melalui kata pengantar. Selain itu, kata pengantar pada bagian awal suatu karya akan memberikan nilai tambah tersendiri bagi pembaca.

Struktur Kata Pengantar

  • Pembukaan

Paragraf pertama dalam kata pengantar adalah bagian pembukaan. Bagian pembukaan biasanya berisi ucapan syukur penulis atau tim penyusun karya tulis karena proses pembuatan karya tulis telah berhasil diselesaikan.

Ucapan syukur ini bisa diucapkan kepada Tuhan Yang Maha Esa, dan juga ucapan terima kasih kepada pihak yang terlibat atau membantu dalam penyusunan karya tulis tersebut.

  • Isi

Bagian isi biasanya memuat tema yang diusung dari karya tulis, dan disertai penjelasan mengenai apa yang dibahas dan bagaimana karya tulis itu dibuat.

Bagian isi kata pengantar juga bisa memuat tujuan dan harapan penulis terhadap karya tulis yang dibuat.

  • Penutup

Bagian penutup kata pengantar biasanya berisi ucapan permohonan maaf dari penulis, apabila dalam karya tulis tersebut terdapat kekurangan dan kesalahan. Penulis juga dapat menyampaikan keinginannya apabila ia berkenan mendapatkan kritik dan saran dari para pembaca.

Tips Membuat Kata Pengantar

  • Hindari memasukan ucapan terima kasih kepada terlalu banyak orang. Hal tersebut tidak perlu dilakukan, sebaiknya cukup dipersingkat dengan ucapan terima kasih kepada pihak yang berkontribusi dan tidak perlu disebutkan siapa saja pihak yang bersangkutan tersebut.
  • Tulis secara singkat, jelas dan menarik.
  • Hindari penulisan kata pengantar menggunakan kalimat-kalimat yang sulit untuk dipahami.
  • Hindari menuliskan kata pengantar dengan kalimat yang terlalu berbelit sehingga kata pengantar menjadi panjang.
  • Hindari menulis kata pengantar dengan bahasa yang tidak formal.
  • Perhatikan struktur kata pengantar dengan benar, seperti pembukaan, isi dan penutup.
  • Hindari menulis kata pengantar menggunakan kalimat-kalimat yang berpotensi menyinggung pihak tertentu.

Contoh Kata Pengantar

1. Contoh Kata Pengantar Makalah


Kata Pengantar

Puji syukur senantiasa kita panjatkan atas nikmat yang telah dikaruniakan  Allah SWT. Yang senantiasa tak pernah melupakan hambanya. Shalawat serta salam juga senantiasa kita haturkan kepada sang suri tauladan sejati Rasulullah Muhammad SAW. yang telah membawa agama yang dicintai Allah yakni islam sehingga hingga saat ini kita masih termasuk umat yang terlindungi oleh cahaya ilahi.

Pada makalah kali ini kita akan membahas sebuah topik yang menarik terkait pada mata kuliah Produksi Berita TV dengan judul makalah “Tata Fotografi Elektronik (multicam)” Makalah ini kami buat berdasarkan pada tugas yang diberikan dosen pengampuh yakni bapak Afidatul Asmar, M.Sos

Ucapan terima kasih kami sampaikan kepada seluruh pihak yang telah berpartisipasi dalam pembuatan makalah ini, sehingga kami dapat menyelesaikan tepat pada waktu yang telah diberikan kepada kami. Semoga dengan adanya makalah ini dapat menjadi bahan diskusi yang baik dan dapat membuka paradigm berpikir kita bersama.

Penyusun juga memohon maaf kepada pembaca apabila terdapat kesalahan dalam makalah kami baik masalah penulisan, isi serta hal lainnya karena kami hanya manusia biasa yang tidak luput dari kesalahan. Kami dari pihak penulis sangat mengharapkan kritikan dan saran bilamana terdapat hal yang perlu diperbaiki pada makalah ini.

Bandung, 16 Januari 2020

Penyusun

Download makalah secara lengkap

2. Contoh Kata Pengantar Makalah Tentang Narkoba

source image: kumparan.com

Kata Pengantar

Puji syukur penulis ucapakan kepada Allah SWT, yang telah memberikan rahmat dan karunia-Nya sehingga makalah yang berjudul “Narkoba dan Pencegahannya” ini dapat diselesaikan dengan baik. Tidak lupa shalawat dan salam semoga terlimpahkan kepada Rasulullah Muhammad SAW, keluarganya, sahabatnya, dan kepada kita selaku umatnya.

Makalah ini penulis buat untuk melengkapi tugas pelajaran PJOK. Saya ucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu dalam penyusunan makalah ini. Dan saya juga menyadari akan pentingnya sumber bacaan dan referensi internet yang telah membantu dalam memberikan informasi yang akan menjadi bahan makalah.

Saya juga mengucapkan terima kasih kepada bapak guru Suyono S.Pd, M.Or sebagai guru bidang studi yang telah banyak memberi petunjuk dan semua pihak yang telah memberikan arahan serta bimbingannya selama ini sehingga penyususan makalah dapat dibuat dengan sebaik- baiknya. Saya menyadari masih banyak kekurangan dalam penulisan makalah ini sehingga saya mengharapkan kritik dan saran yang bersifat membangun demi penyempurnaan makalah ini.

Saya mohon maaf jika di dalam makalah ini terdapat banyak kesalahan dan kekurangan, karena kesempurnaan hanya milik Yang Maha Kuasa yaitu Allah SWT, dan kekurangan pasti milik kita sebagai manusia. Semoga makalah ini dapat bermanfaat bagi kita semua.

Kuningan, 17 Februari 2019

Penulis

Download makalah secara lengkap

3. Contoh Kata Pengantar Makalah Tentang PHK

source image: beritasatu.com

Kata Pengantar

Puji syukur kami panjatkan kehadirat Allah SWT. yang telah memberikan Rahmat dan Hidayah-Nya, sholawat serta salam semoga tercurahkan kepada Nabi Muhammad SAW. Kami bersyukur kepada Ilahi Rabbi yang telah memberikan kesehatan sehingga kami dapat menyelesaikan makalah ini.

Dengan tersusunnya makalah ini, kami berharap dapat lebih memahami secara mendalam tentang Pemutusan Hubungan Kerja. Kami menyadari bahwa makalah ini masih jauh dari sempurna, oleh karena itu kritik dan saran dari semua pihak yang bersifat membangun sangat kami harapkan demi kesempurnaan makalah atau penyusunan makalah berikutnya menjadi lebih baik.

Akhir kata, kami sampaikan terima kasih kepada Dosen pembimbing kami, Bapak Wahyu Bagja Sulfemi, M.pd. Semoga Allah SWT selalu mecurahkan berkah dan ridho kepada kita semua. Aamiin.

Bekasi, 26 Januari 2021

Penyusun

Download makalah secara lengkap

4. Contoh Kata Pengantar Makalah Bahasa Indonesia

Kata Pengantar

Puji syukur kehadirat Tuhan Yang Maha Esa yang telah melimpahkan rahmat serta  hidayah-Nya bagi kita, sehingga kita dapat menyelesaikan makalah penelitian ini dengan tepat waktu. Dalam makalah ini kami akan membahas tentang pengaruh globalisasi terhadap gaya bahasa di kalangan generasi milenial.

Kami berharap dengan adanya makalah penelitian ini, dapat menambah wawasan dan pengetahuan para pembaca. Makalah penelitian ini membahas tentang implikasi globalisasi terhadap gaya bahasa milenial pada masa kini. Makalah penelitian ini ditulis sebagai salah satu syarat untuk memenuhi tugas yang diberikan oleh dosen mata kuliah bahasa Indonesia. Dalam upaya penyelesaian makalah ini penulis telah mengerjakan dengan maksimal.

Oleh karena itu, penulis berharap agar tugas pembuatan makalah penelitian  ini dapat diterima dengan baik. Dengan penuh kerendahan hati penulis mengucapkan terima kasih atas orang-orang yang terlibat dalam pembuatan makalah penelitian ini. Pembuatan makalah penelitian ini jauh dari kata sempurna dan kami mengharapkan kritik dan saran dari para pembaca.

Akhir kata, semoga makalah ini dapat bermanfaat bagi penulis khususnya dan pembaca pada umumnya.

Banten, 1 Januari 2021

Penulis

Download makalah secara lengkap

5. Contoh Kata Pengantar Makalah Tentang Menjalankan Usaha Kecil

Kata Pengantar

Puji syukur saya panjatkan kehadirat Tuhan Yang Maha Kuasa, karena atas berkat  dan rahmat yang dilimpahkan-Nya, saya dapat menyusun dan menyelesaikan makalah yang berjudul “Menjalankan Usaha Kecil Keripik Pisang”.

Makalah ini ditulis untuk memenuhi salah satu tugas mata kuliah bisnis di Fakultas Pertanian Universitas Merdeka Surabaya.

Dengan segala keterbatasan, saya sepenuhnya menyadari bahwa dalam penulisan makalah ini masih banyak terdapat kekurangan, baik dalam pembahasan maupun tata bahasanya atau cara penulisannya. Untuk itu, dengan segala kerendahan hati kiranya koreksi dan saran yang sifatnya membangun dari semua pihak khususnya para pembaca sangat saya harapkan demi kesempurnaan penulisan makalah ini.

Akhir kata saya mengharapkan semoga makalah ini dapat bermanfaat bagi saya sebagai penulis khususnya dan bagi pembaca pada umumnya.

Karawang, 2 Januari 2021

Penulis

Download makalah secara lengkap

6. Contoh Kata Pengantar Makalah Tentang Pengembangan UMKM pada Era Pandemi Covid-19

Kata Pengantar

Puji syukur saya panjatkan kepada Tuhan Yang Maha Esa atas limpahan rahmat dan karunia-Nya, sehingga saya dapat menyelesaikan makalah ini dengan baik dan tepat waktu. 

Makalah ini saya susun secara sistematis, dengan materi yang dapat memberikan setidaknya sedikit informasi dan pengetahuan mengenai “Pengembangan UMKM Di Indonesia pada Era Pandemi Covid-19”. Makalah ini diajukan guna memenuhi tugas mata kuliah Ekonomi kerakyatan.

Saya mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu sehingga makalah ini dapat diselesaikan sesuai dengan waktunya. Makalah ini masih jauh dari sempurna. Oleh karena itu saya mengharapkan kritik dan saran yang bersifat membangun untu menjadi bahan evaluasi diri agar dapat lebih baik lagi dalam menyusun sebuah makalah atau yang lainnya. 

Semoga makalah ini dapat memberikan informasi untuk pembaca dan bermanfaat untuk pengembangan ilmu pengetahuan bagi kita semua.

Cirebon, 3 Januari 2021

Penulis

Download makalah secara lengkap

7. Contoh Kata Pengantar Laporan Penelitian

Kata Pengantar

Segala puji dan syukur kami panjatkan kehadirat Tuhan Yang Maha Esa, yang telah memberikan rahmat dan hidayah-Nya kepada peneliti sehingga peneliti dapat menyusun dan menyelesaikan laporan penelitian yang berjudul “ Tingkat Kesadaran Masyarakat Sekitar Pantai Pangandaran terhadap Pemenuhan Gizi Seimbang” dengan baik.

Peneliti menyadari bahwa laporan penelitian ini tidak akan terselesaikan apabila tidak ada peran serta dari beberapa pihak. Oleh karena itu, peneliti mengucapkan terima kasih kepada:

  1. Bapak Drs. Zamroni, M. Pd. I selaku Kepala SMA Negeri 1 Yogyakarta.
  2. Bapak Drs. Budi Nugroho, M.Pd, selaku Guru Bahasa Indonesia dan Pembimbing penulisan proposal penelitian ini.
  3. Sdr. Ulfah Nur Rahmani, selaku guru pembimbing penelitian di Pangandaran.
  4. Orang tua peneliti yang telah memberikan masukkan dan sebagai fasilisator untuk penulisan proposal penelitian ini.
  5. Terakhir semua pihak yang tidak dapat peneliti sebutkan satu per-satu yang telah memberikan dukungan baik secara moril maupun spiritual dalam penyusunan proposal penelitian ini.

Peneliti menyadari karya tulis ini jauh dari sempurna sehingga kritik dan saran yang bersifat membangun sangat peneliti harapkan untuk membuat karya tulis yang lebih sempurna.

Akhir kata, semoga karya tulis ini dapat bermanfaat bagi para pembaca.

Subang, 4 Februari 2021

Peneliti

Download laporan secara lengkap

8. Contoh Kata Pengantar Laporan Penelitian Tentang Manajemen Bahasa

Kata Pengantar

Segala puji syukur penulis panjatkan kehadirat Allah swt. atas segala rahmat dan karunia-Nya sehingga penulis dapat menyelesaikan laporan penelitian ini dengan judul “Register Bahasa Hukum Persidangan di Pengadilan Negeri Kota Samarinda: Kajian Tindak Tutur.

Laporan ini disusun sebagai wujud implementasi TRI DHARMA PERGURUAN TINGGI melalui penelitian dengan judul ” Manajemen Bahasa Teks Ilmiah Mahasiswa Nonkebahasaan Universitas Mulawarman”, dengan harapan hasil penelitian ini dapat bermanfaat bagi pengguna bahasa terkait dengan persoalan karakteristik kegramatikalan bahasa dan manajemen bahasa.

Tidak lupa dalam kesempatan ini, saya mengucapkan terima kasih kepada:

  1. Prof. Dr.Muh.Amir Masruhim, M.Kes., sebagai Dekan FKIP yang telah memberi kesempatan kepada saya untuk melakukan penelitian ini dan telah memberi bantuan dana melalui DIFA FKIP U melalui dana DIFA Unmul Tahun2017.
  2. Para Wakil Dekan FKIP Universitas Mulawarman yang telah membantu dalam proses menyeleksi proposal.
  3. Dr. Yusak Hudiyono, M.Pd., sebagai Ka Prodi S2 Pendidikan Bahasa Indonesia yang telah memberi kesempatan kepada peneliti untuk melakukan kegiatan penelitian.

Penulis menyadari bahwa laporan ini masih kurang dari kesempurnaan. Oleh karena itu, penulis mengharapkan adanya kritik dan saran yang membangun demi kesempurnaan.

Tasikmalaya, 5 Januari 2021

Penulis

Download laporan secara lengkap

9. Contoh Kata Pengantar Laporan Penelitian Tentang Hubungan Status Gizi

Kata Pengantar

Alhamdulillah, dengan memanjatkan puji dan syukur kehadirat Illahi Rabbi, yang telah memberikan rahmat dan hidayahnya sehingga penulis dapat menyelesaikan laporan akhir penelitian dengan judul “Hubungan Status Gizi, Imunisasi & Riwayat Kontak dengan Kejadian Tuberkulosis Pada Anak di Wilayah Kerja Puskesmas Ciawi Kabupaten Tasikmalaya”

Penulis menyadari bahwa dalam penyusunan laporan penelitian ini tidak terlepas dari peranan dan bantuan berbagai pihak, untuk itu penulis mengucapkan terima kasih kepada :

  1. Hj. Helwiyah Ropi, S.Kp, MCPN, selaku Dekan Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Padjadjaran.
  2. Prof. Oekan S. Abdoellah, MA., Ph.D, selaku Ketua Lembaga Penelitian Universitas Padjadjaran.
  3. DIPA  UNPAD,  selaku    sumber dana yang membiayai penulis dalam melaksanakan penelitian ini.
  4. Kepala Puskesmas Ciawi Tasikmalaya beserta stafnya yang telah memberikan ijin dan memberikan bantuan kepada peneliti dalam pelaksanaan penelitian.

Semoga amal baiknya mendapatkan pahala dan balasan dari Allah SWT. Tidak lupa penulis memohon maaf atas segala kekurangan.

Akhir kata, penulis berharap semoga hasil penelitian ini bermanfaat dan menambah wawasan pengetahuan kita semua, amin..

Indramayu, 6 Januari 2021

Penulis

Download laporan secara lengkap

10. Contoh Kata Pengantar Laporan Penelitian Tentang Pengaruh Pencahayaan Terhadap Kesehatan Mata

Kata Pengantar

Puji syukur saya panjatkan atas ke hadirat Allah SWT, karena hanya dengan izin dan kuasaNya maka laporan penelitian ini dapat terselesaikan sesuai dengan yang diharapkan. Adapun judul dari laporan penelitian ini yaitu ““Pengaruh Pencahayaan Terhadap Kesehatan Mata Para Pengrajin Karawang di KOPWAN “SERUNI MEKAR INDAH” Kota Gorontalo”

Penyusunan laporan penelitian ini berpedoman pada literatur seperti buku dan bahan yang tersedia di Internet yang berkaitan dengan pengaruh pencahayaan terhadap kesehatan dan juga keselamatan dalam bekerja.

Ucapan terima kasih saya haturkan kepada pihak yang turut membantu atau ikut berpartisipasi dalam penyusunan  penyusunan laporan penelitian ini dari awal hingga akhir. Penulis menyadari bahwa di dalam penyusunan laporan penelitian ini, tentu saja tidak lepas dari berbagai kekurangan. Oleh sebab itu kritik dan saran yang bersifat membangun sangat penulis harapkan demi kesempurnaan laporan penelitian ini.

Akhir kata, semoga laporan penelitian ini dapat bermanfaat bagi semua pihak serta dapat dijadikan pedoman atau acuan di dalam proses perkuliahan.

Karawang, 7 Januari 2021

Penulis

Download laporan secara lengkap

11. Contoh Kata Pengantar Skripsi Tentang Pengaruh Cash Position

Kata Pengantar

Bismilahirrahmanirrahim

Segala puji hanyalah milik Allah, Rabb semesta alam. Sholawat beriring salam semoga tercurah kepada junjungan kita Nabi Muhammad SAW, keluarga, sahabat, dan orang-orang yang masih komitmen hingga akhir zaman. Penulis sangat bersyukur kepada Ilahirabbi karena atas rahmat-Nya jugalah penulis dapat menyelesaikan sikripsi ini, dengan judul “Pengaruh Cash Position, Profitability, Firm Size, Potensi Pertumbuhan Perusahaan, dan Likuiditas terhadap Dividend Payout Ratio pada Industri Rokok yang terdaftar di BEI ”. Skripsi ini disusun sebagai syarat untuk menyelesaikan studi di Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas bengkulu untuk mencapai gelar Sarjana Ekonomi.

Dalam kesempatan ini penulis mengucapkan terimahkasih kepada semua pihak yang telah banyak memberi bantuan, bimbingan, dorongan, baik secara langsung dalam menyelesaikan skripsi ini, kepada :

  1. Bapak Chairil Affandy, S.E., M.M selaku Pembimbing Skripsi
  2. Bapak Sri Adji Prabawa, S.E., M.E Ibu Sularsih Anggarawati, S.E.,
  3. Bapak Dr. Willy Abdillah, S.E., M.Sc Selaku Ketua Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Bengkulu.
  4. Seluruh Dosen dan staf karyawan Fakultas Ekonomi dan Bisnis yang telah membantu penulis selama menjadi mahasiswa.
  5. Orang tua yang telah memberikan dukungan materi dan spiritual hingga penulis mampu menyelesaikan skripsi ini.
  6. Semua pihak yang telah membantu kelancaran dalam penulisan skripsi ini.

Penulis menyadari bahwa skripsi ini masih banyak kekurangan. Oleh karena itu, semua kritik dan saran sangat penulis harapkan untuk perbaikan selanjutnya. Penulis berharap semoga skripsi ini dapat bermanfaat bagi semua pihak yang memerlukan dan berguna bagi bidang ilmu pengetahuan manajemen keuangan serta wawasan bagi pembaca.

Tangerang, 8 Januari 2021

Penulis

12. Contoh Kata Pengantar Skripsi Tentang Hubungan Kompetensi Pedagogik Guru

Kata Pengantar

Puji syukur kehadirat Allah SWT, yang telah melimpahkan rahmat, hidayah dan ridho-Nya sehingga penulis dapat menyelesaikan skripsi yang berjudul “Hubungan Kompetensi Pedagogik Guru dengan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPS di SD Negeri 60 Kota Bengkulu”. Shalawat dan salam semoga tetap tercurahkan kepada Nabi besar Muhammad SAW, sahabat dan kaum muslimin yang tetap istiqomah menegakkan kebenaran.

Skripsi ini disusun sebagai salah satu syarat untuk memperoleh gelar sarjana Pendidikan Guru Sekolah Dasar JIP FKIP Universitas Bengkulu. Selesainya penyusunan skripsi ini tidak lepas dari bantuan dan dukungan dari berbagai pihak, baik secara langsung maupun tidak langsung. Oleh karena itu, pada kesempatan ini penulis ingin menyampaikan ucapan terima kasih yang tak terhingga kepada:

  1. Bapak Prof. Dr. Rambat Nur Sasongko, M.Pd., Dekan FKIP Universitas Bengkulu, yang telah membantu memfasilitasi dalam hal administrasi.
  2. Ibu Dr. Nina Kurniah, M.Pd, ketua Jurusan Ilmu Pendidikan Universitas Bengkulu, yang telah membantu memfasilitasi dalam hal administrasi.
  3. Kepala Sekolah dan Guru-guru di SD Negeri 60 Kota Bengkulu yang telah memberikan bantuan selama penelitian.
  4. Ibu dan Ayah yang selalu menjadi sumber energi dan motivasi terbesar yang tiada pernah lelah membimbing dan membesarkan penulis hingga sampai saat ini.
  5. Seluruh mahasiswa PGSD JIP FKIP Universitas Bengkulu yang telah membantu dan memberikan dorongan baik moral maupun material.

Penulis telah berusaha semaksimal mungkin dalam proses penyusunan skripsi ini. Akhir kata, saran dan kritik yang sifatnya membangun sangatlah penulis harapkan demi perbaikan di masa yang akan datang. Besar harapan penulis semoga laporan penelitian kuantutatif ini dapat bermanfaat, baik bagi penulis sendiri, mahasiswa PGSD, dan seluruh pembaca pada umumnya.

Majalengka, 9 Januari 2021

Penulis

13. Contoh Kata Pengantar Skripsi Tentang Pengaruh Strategi Promosi Melalui Sosial Media

Kata Pengantar

Segala puji dan syukur penulis panjatkan kehadirat Allah SWT yang telah melimpahkan segala rahmat, hidayah, dan petunjuk-Nya sehingga penulis dapat menyelesaikan skripsi yang berjudul “PENGARUH STRATEGI PROMOSI MELALUI SOCIAL MEDIA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN GARSKIN YANG DIMEDIASI WORD OF MOUTHMARKETING (Studi pada
Konsumen Produk SayHello di Kota Yogyakarta)” ini dengan baik.

Skripsi ini disusun untuk memenuhi salah satu syarat guna memperoleh gelar Sarjana Ekonomi pada Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta. Penelitian ini dapat terwujud berkat bantuan dari berbagai pihak, maka pada kesempatan ini perkenankanlah penulis mengucapkan terimakasih kepada:

  1. Prof. Dr. Rochmat Wahab, M.Pd., MA, Rektor Universitas Negeri Yogyakarta.
  2. Dr. Sugiharsono, M.Si., Dekan Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta.
  3. Arif Wibowo MEI, selaku narasumber yang telah memberikan masukan dan pertimbangan.
  4. Peny Rahmawati M.Si, selaku pembimbing skripsi yang dengan sabar memberikan bimbingan dan arahan selama proses penyusunan skripsi.

Semoga amal kebaikan mereka diterima Allah SWT, dan dicatat sebagai amalan yang terbaik. Terakhir harapan peneliti mudah-mudahan apa yang terkandung dalam penelitian ini dapat bermanfaat bagi semua pihak yang membacanya.

Yogyakarta, 10 Januari 2021

Penyusun

14. Contoh Kata Pengantar PKL

Kata Pengantar

Assalamu’alaikum Wr.Wb.

Alhamdulillah Puji Syukur kami panjatkan kehadiran Allah SWT atas rahmat, hidayah dan karunia-Nya sehingga kami dapat menyusun dan menyelesaikan Laporan PKL/PSG ini dengan lancar tanpa adanya hambatan apapun.

Laporan ini dibuat dalam rangka memenuhi Laporan PKL SMK Islam PB Soedirman 1. Dengan laporan ini di harapkan dapat memenuhi persyaratan penilaian praktik PKL.

Demikian Laporan Pelaksaan Pendidikan Sistem Ganda kami buat, atas bantuan dari berbagai pihak, kami ucapkan terima kasih. Ucapan terima kasih kami sampaikan kepada:

  1. Bapak H. Surahmanto Qomar, S.Pd.M.M. selaku Kepala Sekolah SMK Islam PB. Soedirman 1.
  2. Bapak Drs. Mahruddin selaku Wakil Kepala Sekolah Bidang PSG beserta jajaran stafnya.
  3. Pimpinan dan Staf Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Propinsi DKI Jakarta yang telah memberi bimbingan dan pengarahan.
  4. Utari Setianingsih, S.Pd. selaku wali kelas XI MMA, Ali Azmi, S.Pd. selaku wali kelas XI MMC yang telah memberi bimbingan dan pengarahan.

Saran dan kritik yang bersifat membangun selalu kami harapkan, agar dapat  menjadi koreksi dan menyempurnakan laporan ini. Billahi taufik wal hidayah.

Wassalamu’alaikum Wr. Wb.

Bogor, 12 Januari 2021

Penyusun

Download laporan PKL secara lengkap

15. Contoh Kata Pengantar Laporan PKL di PT BRI

Kata Pengantar

Alhamdulillah puji syukur ke hadirat Allah SWT atas rahmat dan hidayat Nya. Penulis dapat menyelesaikan Laporan Praktek Lapangan Pekerjaan sehingga dapat menyelesaikan Laporan Praktek Kerja Lapangan (PKL) dengan tidak ada suatu halangan.

Laporan PKL ini ditulis dalam rangka memenuhi mata kuliah Praktek Kerja Lapangan (PKL) yang berasal dari program studi S1 Akuntansi, Fakultas Ekonomi, Univeristas Negeri Jakarta. Laporan ini telah disusun berdasarkan hasil dari Praktik Kerja Lapangan (PKL) yang telah dilakukan mulai dari bulan Agustus 2016 hingga September 2016 di perusahan BRI (Tbk) Kantor pusat.

Selama proses pelaksanaan dan penyusunan laporan PKL ini, praktikan medapat dukungan, bantuan serta doa dari beberapa  pihak demi kelacaran penyeselesaian laporan PKL ini. Oleh karena itu , Praktikan mengucapkan terima kasih kepada :

  1. Allah SWT, atas rahmat, petunjuk dan ridho–Nya yang telah diberikan kepada saya seklaku pratikan;
  2. Nabi besar Muhammad SAW yang telah memberikan syafaatnya dan kecintaannya kepada umatnya.
  3. Kedua orang tua dan keluarga besar saya yang selalu mendukung dan mendoakan saya dalam dukungan materil dan moral.
  4. Pembimbing saya saat terlakasananya PKL dan Atasan yang selalu member masukan dan karena telah bersabar untuk mengajarkan pengalaman dan ilmu di bidang tersebut.

Dalam penulisan laporan PKL ini, praktikan mengetahui banyak kekurangan dan keterbatasan yang pratikan miliki. Oleh karena itu Kritik dan Saran yang bersifat membangun sangat diharapkan sehingga laporan PKL bisa terselesaikan berjalan dengan baik dan lebih bermafaat. Semoga Laporan PKL ini dapat berguna dan memberikan manfaat yang baik untuk pembacanya.

Depok, 14 Januari 2021

Penulis

16. Contoh Kata Pengantar Laporan Magang

Kata Pengantar

Assalamu’alaikum Wr. Wb

Puji dan syukur penulis ucapkan kehadirat Allah SWT yang telah memberikan Rahmat dan KaruniaNya yang tiada tara kepada kita semua terutama kepada penulis, dan sholawat beriring salam disampaikan kepada Nabi Muhammad SAW, sehingga penulis dapat menyelesaikan magang/praktek kerja lapangan di Dina Sosial dan Tenaga Kerja Kota Medan.

Dalam pembuatan tugas ini penulis mendapatkan pengalaman yang berguna bagi mahasiswa, karena dapat mengetahui suatu strategi yang dibuat oleh perusahaan yang dituju. Pelaksanaan program magang ini, dapat memberikan pengalaman yang berguna bagi mahasiswa untuk membina pengetahuan antara disiplin ilmu yang dimiliki dengan aplikasi di lapangan kerja yang sesungguhnya.

Penulis menyadari sepenuhnya akan keterbatasan pemahaman, pengetahuan serta wawasan yang penulis miliki. Sehingga pada laporan magang ini masih banyak kekurangan baik itu dalam penyajian materi maupun penggunaan bahasa. Untuk itu penulis mengharapkan kritik dan saran yang membangun demi kesempurnaan laporan ini agar tidak terulang lagi dalam pembuatan tugas berikutnya.

Akhir kata penulis mengucapkan terima kasih banyak kepada semua pihak yang telah banyak membantu penulis baik dalam penulisan, bentuk dan isi laporan yang bertujuan untuk kesempurnaan laporan ini, diantaranya :

  1. Kedua orang tua, Ayahanda tersayang H.CHAIRUDDIN dan Ibunda tercinta MARIANTI yang telah memberikan segala kasih sayangnya kepada penulis, berupa besarnya perhatian, pengorbanan, bimbingan serta do’a yang tulus terhadap Penulis, sehingga Penulis termotivasi dalam menyelesaikan pembuatan laporan magang ini
  2. Bapak Jufrizen, S.E, M.Si. selaku Sekretaris Jurusan Manajemen Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara, sekaligus Pembimbing yang telah banyak membimbing penulis
  3. Buat sahabat seperjuangan penulis yang telah banyak memberikan dukungannya

Akhir kata penulis mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu penyelesaian laporan magang ini semoga laporan magang ini dapat bermanfaat bagi penulis dan pembaca.
Amin Ya Rabbal’alamin.

Medan, 15 Januari 2021

Penulis

Download laporan magang secara lengkap

17. Contoh Kata Pengantar Proposal

Kata Pengantar

Puji dan syukur penulis panjatkan kehadirat hanya bagi Allah S.W.T, pemelihara seluruh alam raya, yang atas rahmat, taufik dan hidayah-Nya, penulis mampu menyelesaikan proporsal ini.

Dengan memanjatkan puji syukur atas berkat dan karunia Allah S.W.T yang maha pengasih dan penyayang, sehingga penulis dapat menyelesaikan proporsal tugas akhir ini dengan judul “Proporsal Bisnis Pedang Telur” penulisan proporsal ini dimaksudkan sebagai tugas bisnis terhadap Pedang Telur. Proporsal ini juga tidak lepas dari berbagai pihak, oleh karena itu, tak salah kiranya penulis mengungkapkan terima kasih kepada :

  1. Bapak Dr. H. Iriyadi, Ak., M.Comm., CA. Selaku Ketua Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Kesatuan Bogor.
  2. Ibu Dr. Yulia Nurendah, SE, MM Selaku Dosen yang telah memberikan kritik dan saran hingga penulis dapat menyelesaikan dengan baik.
  3. Terimakasih juga saya ucapkan untuk seluruh pihak yang telah membantu dan yang tidak dapat saya sebutkan satu per satu yang telah membantu penulis menyelesaikan tugas akhir ini.

Penulis menyadari bahwa dalam penulisan Proposal Tugas Bisnis ini masih memerlukan penyempurnaan. Akhir kata Penulis mengharapkan kritik dan saran yang dapat membangun harapan besar di masa yang akan datang. Semoga tugas akhir ini dapat menjadi sesuatu yang layak sebagai bahan dasar penilitian di masa yang akan datang.

Semarang, 17 Januari 2021

Penulis

Download proposal secara lengkap

Baca Juga:

Itulah beberapa contoh kata pengantar yang bisa saya rekomendasikan khusus untuk Anda. Semoga bermanfaat dan terima kasih telah berkunjung.

COMMENTS

Nama

anbk,6,asuransi,1,Buku Digital,5,buku teks,14,Ciri teks,15,contoh,120,cpns2019,1,cv,5,Download File,1,games,4,juknis,9,jurnal,2,Kalender,153,kosp,4,Kuliah,14,laporan,14,makalah,3,modul,6,modul ajar,5,modul guru,10,osn,4,Pekerjaan,9,Pendidikan,94,pengertian,31,Permenpan RB,26,phbs,2,poster,3,PPT,64,proposal,7,prota,2,pts,16,resume,4,rpp,25,soal am,3,soal cpns,14,soal pas,15,soal pat,15,soal us,12,surat,17,template,3,template ppt,11,tips,6,usaha,3,
ltr
item
Mautidur.com: 17 Contoh Kata Pengantar yang Benar & Terbaik
17 Contoh Kata Pengantar yang Benar & Terbaik
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjLHntKVgHVX5KKvS51pNuqOhQq4f_AdKRxTit6tJNd41h3A_QsXL7S_kcvQuJIGU5_bci2cIxdo3ETdLphxYXyqzbypiJdmTkAW-pOSwzzsBtPjmZkU_Zm5MVqCzvs1Fvwfm8PG1UToDk/w640-h388/judul.jpg
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjLHntKVgHVX5KKvS51pNuqOhQq4f_AdKRxTit6tJNd41h3A_QsXL7S_kcvQuJIGU5_bci2cIxdo3ETdLphxYXyqzbypiJdmTkAW-pOSwzzsBtPjmZkU_Zm5MVqCzvs1Fvwfm8PG1UToDk/s72-w640-c-h388/judul.jpg
Mautidur.com
https://www.mautidur.com/2021/02/17-contoh-kata-pengantar-yang-benar.html
https://www.mautidur.com/
https://www.mautidur.com/
https://www.mautidur.com/2021/02/17-contoh-kata-pengantar-yang-benar.html
true
2310118337026904168
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All DIREKOMENDASIKAN UNTUK KAMU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy Table of Content