7 Contoh Kata Pengantar Laporan Terbaik

Daftar Isi [Tampil]

Contoh Kata Pengantar - Pada kesempatan kali ini saya akan memberikan beberapa contoh kata pengantar laporan. Namun, kamu harus memahami terlebih dahulu apa sih kata pengantar itu?

Kata pengantar merupakan bagian halaman dari karya tulis yang isinya berupa ucapan-ucapan penulis untuk mengantarkan pembaca memasuki dan memahami isi dari karya tulis yang telah dibuatnya. Sedangkan menurut KBBI, kata pengantar merupakan kata pendahuluan atau pandangan umum secara singkat dan jelas sebagai pendahuluan suatu karya tulis.

Contoh Kata Pengantar Laporan

Baca Juga: 9+ Contoh Kata Pengantar Makalah Terbaik

Fungsi Kata Pengantar

Fungsi kata pengantar adalah mengantarkan pembaca kepada uraian isi dari suatu karya tulis. Kata pengantar juga memiliki manfaat untuk memberikan gambaran kepada pembaca mengenai isi karya yang akan dibaca.

Adanya kata pengantar pada bagian awal suatu karya akan memberikan nilai tambah tersendiri bagi pembaca.

Struktur Kata Pengantar

  • Pembukaan

Paragraf pertama dalam kata pengantar adalah bagian pembukaan. Bagian pembukaan biasanya berisi ucapan syukur penulis atau tim penyusun karya tulis karena proses pembuatan karya tulis telah berhasil diselesaikan.

Ucapan syukur ini bisa diucapkan kepada Tuhan Yang Maha Esa, dan juga ucapan terima kasih kepada pihak yang terlibat atau membantu dalam penyusunan karya tulis tersebut.

  • Isi

Bagian isi biasanya memuat tema yang diusung dari karya tulis, dan disertai penjelasan mengenai apa yang dibahas dan bagaimana karya tulis itu dibuat.

Bagian isi kata pengantar juga bisa memuat tujuan dan harapan penulis terhadap karya tulis yang dibuat.

  • Penutup

Bagian penutup kata pengantar biasanya berisi ucapan permohonan maaf dari penulis, apabila dalam karya tulis tersebut terdapat kekurangan dan kesalahan. Penulis juga dapat menyampaikan keinginannya apabila ia berkenan mendapatkan kritik dan saran dari para pembaca.

Tips Membuat Kata Pengantar

  • Hindari memasukan ucapan terima kasih kepada terlalu banyak orang. Hal tersebut tidak perlu dilakukan, sebaiknya cukup dipersingkat dengan ucapan terima kasih kepada pihak yang berkontribusi dan tidak perlu disebutkan siapa saja pihak yang bersangkutan.
  • Tulis secara singkat, jelas dan menarik.
  • Hindari penulisan kata pengantar menggunakan kalimat-kalimat yang sulit untuk dipahami.
  • Hindari menuliskan kata pengantar dengan kalimat yang terlalu berbelit sehingga kata pengantar menjadi panjang.
  • Hindari menulis kata pengantar dengan bahasa yang tidak formal.
  • Perhatikan struktur kata pengantar dengan benar, seperti pembukaan, isi dan penutup.
  • Hindari menulis kata pengantar menggunakan kalimat-kalimat yang berpotensi menyinggung pihak tertentu.

Contoh Kata Pengantar Laporan

1. Contoh Kata Pengantar Laporan Penelitian

Kata Pengantar

Puji syukur kehadirat Allah SWT atas segala rahmat dan hidayah-Nya sehingga kami dapat menyelesaikan laporan penelitian yang berjudul “Peningkatan Pendidikan Karakter Melalui Pembelajaran Tematik Siswa Kelas 1.1 MIM Unggulan Kota Gorontalo”.

Tujuan penulisan laporan ini yaitu untuk melihat apakah pembejaran tematik dapat meningkatkan pendidikan karakter peserta didik di MIM Unggulan Kota Gorontalo. Ucapan terimakasih kami haturkan kepada semua pihak yang telah membantu terselesaikannya laporan penelitian ini, terutama pertolongan Allah SWT yang memberikan kami kesehatan sehingga makalah ini dapat terselesaikan.

Dengan segala kerendahan hati, kami sangat mengharapkan kritik dan saran yang bersifat membangun, agar kami dapat penyusunan laporan ini dengan lebih baik lagi. Semoga laporan penelitian ini dapat bermanfaat bagi para pembaca pada khususnya dan masyarakat umum.

Jakarta, 1 Februari 2021

Penulis

2. Contoh Kata Pengantar Laporan Penelitian Tentang Pembelajaran Matematika

Contoh Kata Pengantar Laporan

Kata Pengantar

Segala puji syukur kami haturkan kepada Allah SWT yang telah melimpahkan rahmat, karunia, dan hidayah-Nya sehingga kami dapat menyelesaikan laporan kegiatan penelitian dengan judul “Eksperimentasi Pembelajaran Matematika dengan Metode Peta Konsep Ditinjau dari Aktivitas Belajar Siswa. ( Penelitian Dilakukan Di SD Negeri 1 Gondangmanis Kudus)”. Kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka penelitian eksperimen dengan menggunakan metode peta konsep ditinjau dari aktivitas belajar siswa di SD Negeri 1 Gondangmanis Kudus. 

Penelitian ini diharapkan prestasi belajar matematika siswa SD Negeri 1 Gondangmanis Kudus (kelas eksperimen) lebih baik dari SD Negeri 1 Prambatan Kidul Kudus (kelas kontrol).

Dengan selesainya laporan ini, kami mengucapkan terima kasih kepada:

  1. Rektor Universitas Muria Kudus yang telah memberikan tugas kepada kami untuk melaksanakan kegiatan ini.
  2. Dekan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muria Kudus.
  3. Lembaga Pendidikan Universitas Muria Kudus.
  4. Kepala Sekolah dan Guru-guru SD Negeri 1 Gondangmanis Kudus.
  5. Pihak-pihak yang telah membantu dan mensukseskan pelaksanaan kegiatan ini.

Kami berharap kegiatan yang telah terlaksana ini dapat bermanfaat untuk pengembangan Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar dan Universitas Muria Kudus, serta masyarakat pada umumnya.

Tangerang, 2 Februari 2021

Peneliti

3. Contoh Kata Pengantar Laporan Penelitian Pembinaan

Kata Pengantar

Dengan memanjatkan puji syukur ke hadirat Allah Swt yang telah melimpahkan rahmat-Nya, maka pada hari ini laporan penelitian yang berjudul “HUBUNGAN PERTUMBUHAN DENGAN KOMPONEN HASIL DAN HASIL BEBERAPA VARIETAS PADI LOKAL BENGKULU PADA EKOSISTEM RAWA LEBAK” dapat diselesaikan.

Laporan ini kami susun berdasarkan penelitian dengan skala relatif kecil, namun kami berharap temuan yang diperoleh dapat menjadi sumbangan pemikiran kami dalam program pemuliaan untuk pengembangan padi pada ekosistem rawa lebak yang selama ini belum dimanfaatkan secara optimal.

Kami menyadari bahwa laporan ini masih memerlukan berbagai penyempurnaan. Karena itu, kami sangat mengharapkan saran-saran perbaikan guna kesempurnaan laporan ini. Pada kesempatan ini, kami juga mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada Fakultas Pertanian Universitas Bengkulu yang telah menyediakan dana penelitian hingga laporan ini dapat disusun.

Bogor, 3 Februari 2021

Peneliti

4. Contoh Kata Pengantar Laporan Program Kreativitas Mahasiswa (PKM)

Kata Pengantar

Puji syukur kehadirat Allah SWT. yang telah melimpahkan rahmat dan kasih sayang-Nya sehingga penulis berhasil menyelesaikan penelitian dengan baik. Shalawat beserta salam penulis haturkan kepada Nabi Muhammad SAW yang telah mengajarkan berbagai ilmu kepada umatnya.

Penelitian yang berjudul potensi penggunaan bunga lewat masa antesis dalam penyerbukan Hylocereus spp. sebagai upaya peningkatan produksi buah dan biji dilaksanakan untuk berpartisipasi dalam program kreativitas mahasiswa.

Penulis menyampaikan terima kasih kepada Dr. Ir. Endah Retno Palupi, MSc. yang telah bersedia memberikan bimbingan dan pengarahan selama penelitian serta perbaikan-perbaikan dalam penulisan laporan. Ucapan terima kasih juga disampaikan kepada dikti yang telah menyumbangkan dana untuk kelancaran proses penelitian. Kepada kedua orang tua penulis ucapkan terima kasih sedalam-dalamnya atas motivasi dan bantuan materiil yang selalu diberikan.

Kemudian kepada semua pihak perusahaan sabila farm penulis menyampaikan terima kasih yang sebesar-besarnya atas segala ilmu dan fasilitasnya. Penulis juga mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu dalam penelitian ini. Semoga penelitian ini memberikan manfaat.

Bekasi, 4 Februari 2021

Penulis

5. Contoh Kata Pengantar Laporan Kegiatan Pemuda Peduli Dhuafa

Kata Pengantar

Assalamu’alaikum Wr. Wb.

Puji syukur kami panjatkan kehadirat Allah SWT yang telah melimpahkan karunia dan rahmat-Nya kepada kita semua sehingga sampai saat ini kita masih diberikan kesempatan untuk menikmati apa yang telah diciptakan-Nya. Shalawat dan salam kita haturkan pada junjungan kita Nabi Muhammad SAW beserta keluarga, sahabat, dan pengikutnya yang senantiasa menjalankan sunnahnya.

Pada kesempatan yang berbahagia ini pula kami selaku Pengurus Pemuda Peduli Dhuafa Gresik mengucapkan terima kasih atas bantuan yang telah diberikan oleh Bapak/Ibu/Saudara/i untuk kegiatan maupun program sosial kami, sebagai bentuk pertanggungjawaban dari Pengurus Pemuda Peduli Dhuafa Gresik setiap tahunnya kami akan memberikan laporan hasil kegiatan maupun penggunaan kas dana sosial yang berhak diketahui masyarakat.

Akhirul kalam, semoga apa yang sudah kami laksanakan dalam berbagai kegiatan maupun program sosial, selalu mendapat ridho dari Allah SWT.

Billahi Taufiq Wal Hidayah 

Wassalamu‘alaikum Wr. Wb.

Subang, 13 Februari 2021

Penulis

6. Contoh Kata Pengantar Laporan

Kata Pengantar

Puji syukur saya panjatkan atas ke hadirat Allah SWT, karena hanya dengan izin dan kuasaNya maka laporan ini dapat terselesaikan sesuai dengan yang diharapkan. Adapun judul dari laporan penelitian ini yaitu “Pengaruh Pencahayaan Terhadap Kesehatan Mata Para Pengrajin Kerawang di KOPWAN “SERUNI MEKAR INDAH” Kota Gorontalo”

Penyusunan laporan penelitian ini berpedoman pada literatur seperti buku dan bahan yang tersedia di Internet yang berkaitan dengan pengaruh pencahayaan terhadap kesehatan dan juga keselamatan dalam bekerja.

Ucapan terima kasih saya haturkan kepada pihak yang turut membantu atau ikut berpartisipasi dalam penyusunan  penyusunan laporan penelitian ini dari awal hingga akhir. Penulis menyadari bahwa di dalam penyusunan laporan penelitian ini, tentu saja tidak lepas dari berbagai kekurangan. Oleh sebab itu kritik dan saran yang bersifat membangun sangat penulis harapkan demi kesempurnaan laporan penelitian ini.

Akhir kata, semoga laporan penelitian ini dapat bermanfaat bagi semua pihak serta dapat dijadikan pedoman atau acuan di dalam proses perkuliahan.

Karawang, 6 Februari 2021 

Penyusunan

7. Contoh Kata Pengantar Laporan Penelitian tentang Manajemen Bahasa

Kata Pengantar

Segala puji syukur penulis panjatkan kehadirat Allah swt. atas segala rahmat dan karunia-Nya sehingga penulis dapat menyelesaikan laporan penelitian ini dengan judul “Register Bahasa Hukum Persidangan di Pengadilan Negeri Kota Samarinda: Kajian Tindak Tutur.

Laporan ini disusun sebagai wujud implementasi TRI DHARMA PERGURUAN TINGGI melalui penelitian dengan judul ” Manajemen Bahasa Teks Ilmiah Mahasiswa Nonkebahasaan Universitas Mulawarman”, dengan harapan hasil penelitian ini dapat bermanfaat bagi pengguna bahasa terkait dengan persoalan karakteristik kegramatikalan bahasa dan manajemen bahasa.

Tidak lupa dalam kesempatan ini, saya mengucapkan terima kasih kepada:

  1. Prof. Dr.Muh.Amir Masruhim, M.Kes., sebagai Dekan FKIP yang telah memberi kesempatan kepada saya untuk melakukan penelitian ini dan telah memberi bantuan dana melalui DIFA FKIP U melalui dana DIFA Unmul Tahun2017.

  2. Para Wakil Dekan FKIP Universitas Mulawarman yang telah membantu dalam proses menyeleksi proposal.

  3. Dr. Yusak Hudiyono, M.Pd., sebagai Ka Prodi S2 Pendidikan Bahasa Indonesia yang telahmemberi kesempatan kepada peneliti untuk melakukan kegiatan penelitian.

Penulis menyadari bahwa laporan ini masih kurang dari kesempurnaan. Oleh karena itu, penulis mengharapkan adanya kritik dan saran yang membangun demi kesempurnaan.

Cikarang, 7 Februari 2021

Penulis

Baca Juga:

Itulah beberapa contoh kata pengantar laporan terbaik. Semoga bisa bermanfaat dan terima kasih telah berkunjung.

COMMENTS

Nama

anbk,6,asuransi,1,Buku Digital,5,buku teks,14,Ciri teks,15,contoh,120,cpns2019,1,cv,5,Download File,1,games,4,juknis,9,jurnal,2,Kalender,153,kosp,4,Kuliah,14,laporan,14,makalah,3,modul,6,modul ajar,5,modul guru,10,osn,4,Pekerjaan,9,Pendidikan,94,pengertian,31,Permenpan RB,26,phbs,2,poster,3,PPT,64,proposal,7,prota,2,pts,16,resume,4,rpp,25,soal am,3,soal cpns,14,soal pas,15,soal pat,15,soal us,12,surat,17,template,3,template ppt,11,tips,6,usaha,3,
ltr
item
Mautidur.com: 7 Contoh Kata Pengantar Laporan Terbaik
7 Contoh Kata Pengantar Laporan Terbaik
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEiOnkue0ZYnHkqtKE01n8Jm2rmiVED6_dvMR6CWuC_JsN1N5Uuw7DheEIXaSBUEA6eeBAm_egqfAnUkD__wmvHbvKgD8flq2z2XD9WHe61Th48cr6ok6ZhmqRbXNPRRge7h5i2Q6lCifG8/w640-h394/1.jpg
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEiOnkue0ZYnHkqtKE01n8Jm2rmiVED6_dvMR6CWuC_JsN1N5Uuw7DheEIXaSBUEA6eeBAm_egqfAnUkD__wmvHbvKgD8flq2z2XD9WHe61Th48cr6ok6ZhmqRbXNPRRge7h5i2Q6lCifG8/s72-w640-c-h394/1.jpg
Mautidur.com
https://www.mautidur.com/2021/02/contoh-kata-pengantar-laporan.html
https://www.mautidur.com/
https://www.mautidur.com/
https://www.mautidur.com/2021/02/contoh-kata-pengantar-laporan.html
true
2310118337026904168
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All DIREKOMENDASIKAN UNTUK KAMU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy Table of Content