7 Contoh Kata Pengantar Skripsi Terbaik

Daftar Isi [Tampil]

Contoh Kata Pengantar - Pada kesempatan kali ini saya akan memberikan beberapa contoh kata pengantar skripsi. Namun, kamu harus memahami terlebih dahulu apa sih kata pengantar itu?

Kata pengantar merupakan bagian halaman dari karya tulis yang isinya berupa ucapan-ucapan penulis untuk mengantarkan pembaca memasuki dan memahami isi dari karya tulis yang telah dibuatnya. Sedangkan menurut KBBI, kata pengantar merupakan kata pendahuluan atau pandangan umum secara singkat dan jelas sebagai pendahuluan suatu karya tulis.

Contoh Kata Pengantar Skripsi

Baca Juga: 3 Contoh Kata Pengantar Proposal Terbaik

Fungsi Kata Pengantar

Fungsi kata pengantar adalah mengantarkan pembaca kepada uraian isi dari suatu karya tulis. Kata pengantar juga memiliki manfaat untuk memberikan gambaran kepada pembaca mengenai isi karya yang akan dibaca.

Adanya kata pengantar diharapkan memudahkan pembaca untuk memahami isinya karena sudah dikenalkan terlebih dahulu melalui kata pengantar. Selain itu, kata pengantar pada bagian awal suatu karya akan memberikan nilai tambah tersendiri bagi pembaca.

Tips Membuat Kata Pengantar

  • Hindari memasukan ucapan terima kasih kepada terlalu banyak orang. Hal tersebut tidak perlu dilakukan, sebaiknya cukup dipersingkat dengan ucapan terima kasih kepada pihak yang berkontribusi dan tidak perlu disebutkan siapa saja pihak yang bersangkutan.
  • Tulis secara singkat, jelas dan menarik.
  • Hindari penulisan kata pengantar menggunakan kalimat-kalimat yang sulit untuk dipahami.
  • Hindari menuliskan kata pengantar dengan kalimat yang terlalu berbelit sehingga kata pengantar menjadi panjang.
  • Hindari menulis kata pengantar dengan bahasa yang tidak formal.
  • Perhatikan struktur kata pengantar dengan benar, seperti pembukaan, isi dan penutup.
  • Hindari menulis kata pengantar menggunakan kalimat-kalimat yang berpotensi menyinggung pihak tertentu.

Contoh Kata Pengantar Skripsi

1. Contoh Kata Pengantar Skripsi Fakultas Psikologi

Contoh Kata Pengantar Skripsi

Kata Pengantar

Bismillahirrohmanirrohim.

Puji dan syukur saya panjatkan kepada Allah SWT, atas ridhonya saya dapat menyelesaikan penyusunan skripsi ini. Adapun judul skripsi yang saya ajukan adalah “Hubungan antara kepercayaan diri dengan kecemasan pada Mahasiswa Psikologi Semester VI(enam) yang akan Menghadapi Skripsi”

Skripsi ini diajukan untuk memenuhi syarat kelulusan mata kuliah skripsi di Fakultas psikologi UIN maliki malang. Tidak dapat disangkal bahwa butuh usaha yang keras, kegigihan, dan kesabaran, dalam penyelessaian pengerjaan skripsi ini. Namun disadari karya ini tidak akan selesai tanpa orang-orang tercinta disekeliling saya yang mendukung dan membantu. Terima kasih yang sebesar-besarnya saya sampaikan kepada:

  1. Prof. Dr. H. Mudjia Rahardjo, M.Si Selaku Rektor UIN Maulana Malik Ibrahim Malang
  2. Dr. H.M. Lutfi Musthofah, M.Ag selaku Dekan Fakultas Psikologi UIN Maliki Malang.
  3. Dr. Siti Mahmudah, M. Si selaku Dosen pembimbing yang telah memberikan bimbingan, nasehat, motivasi dan berbagai pengalaman kepada peneliti dengan penuh keikhlasan dan kesabaran.
  4. Segenap Dosen Fakultas Psikologi yang telah mendidik dan memberikan ilmu selama kuliah di UIN Maulana Malik Ibrahim Malang dan seluruh staf yang selalu sabar melayani segala administrasi selama proses penelitian ini.
  5. Semua pihak yang telah membantu dan tidak dapat disebutkan satu persatu.

Semoga segala kebaikan dan pertolongan semuanya mendapat berkah dari Allah SWT. Dan akhirnya saya menyadari bahwa skripsi ini masih jauh dari kata sempurna, karena keterbatasan ilmu yang saya miliki. Untuk itu saya dengan kerendahan hati mengharapkan saran dan kritik yang sifatnya membangun dari semua pihak demi membangun laporan penelitian ini.

Harapan saya skripsi ini semoga dapat berguna bagi pihak-pihak yang terkait, lingkungan Psikologi UIN Maliki Malang serta para pembaca pada umumnya.

Karawang, 30 Januari 2021

Penulis

2. Contoh Kata Pengantar Skripsi Terbaik

Kata Pengantar

Alhamdulillah, Puji dan Syukur kita panjatkan kepada Allah Subhanahu Wata’ala. Dzat yang hanya kepada-Nya memohon pertolongan. Alhamdulillah atas segala pertolongan, rahmat, dan kasih sayang-Nya sehingga penulis dapat menyelesaikan skripsi yang berjudul "Pengaruh Pengasuhan Kenabian terhadap Kecenderungan Kenakalan Remaja". Shalawat dan salam kepada Rasulullah Sallallahu Alaihi Wasallam yang senantiasa menjadi sumber inspirasi dan teladan terbaik untuk umat manusia.

Kenakalan remaja yang terus meningkat merupakan masalah yang harus mendapatkan perhatian khusus. Peran keluarga menjadi penting untuk mencegah terjadinya kenakalan remaja. Jenis Pengasuhan orangtua dapat menyebabkan terjadinya kenakalan remaja. Pengasuhan kenabian merupakan model pengasuhan orangtua untuk membentuk prilaku yang baik pada anak dan terhindar dari kenakalan remaja. Berdasarkan hal tersebut peneliti tertarik untuk mengetahui pengaruh pengasuhan kenabian terhadap kecenderungan kenakalan remaja. 

Penulis menyadari banyak pihak yang memberikan dukungan dan bantuan selama menyelesaikan studi dan tugas akhir ini. Oleh karena itu, sudah sepantasnya penulis dengan penuh hormat mengucapkan terimakasih dan mendoakan semoga Allah memberikan balasan terbaik kepada:

  1. Bapak Prof. Dr. Muh. Jufri, S. Psi., M. Si., selaku Dekan Fakultas Psikologi Universitas Negeri Makassar.
  2. Bapak Ahmad Yasser Mansyur, S. Ag., S. Psi., M. Si., Ph. D., dan Ibu Kurniati Zainuddin, S. Psi., M. A., selaku pembimbing penulis dalam menyelesaikan skripsi.
  3. Dosen-dosen Fakultas Psikologi UNM
  4. Bapak Dr. H. Ahmad, S. Ag., S. Psi., M. Si., selaku validator ahli alat ukur yang penulis gunakan dalam penelitian ini.
  5. Ibu Nur Afni Indahari, S. Psi., M. Si., Psi., yang telah menjadi penguji dalam seminar proposal penelitian dan sidang skripsi penulis.

Terimakasih penulis juga haturkan untuk semua pihak yang telah membantu peneliti dalam menyelesaikan skripsi ini yang tidak dapat peneliti sebutkan satu persatu.

Akhir kata penulis menyadari bahwa tidak ada yang sempurna, penulis masih melakukan kesalahan dalam penyusunan skripsi. Oleh karena itu, penulis meminta maaf yang sedalam-dalamnya atas kesalahan yang dilakukan penulis.

Peneliti berharap semoga skripsi ini dapat bermanfaat bagi pembaca dan dapat dijadikan referensi demi pengembangan ke arah yang lebih baik. Kebenaran datangnya dari Allah dan kesalahan datangnya dari diri penulis. Semoga Allah SWT senantiasa melimpahkan Rahmat dan Ridho-Nya kepada kita semua.

Bekasi, 29 Januari 2021

Penulis

3. Contoh Kata Pengantar Skripsi Singkat

Kata Pengantar

Dengan mengucapkan Alhamdulillah segala puji dan syukur penulis panjatkan atas kehadirat Allah SWT, karena berkat rahmat dan hidayah-Nya penyusunan skripsi yang berjudul “Hubungan Antara Perilaku Merokok Dengan Kepercayaan Diri Pada Mahasiswa UIN Raden Intan Lampung” ini dapat diselesaikan guna memenuhi salah satu persyaratan dalam menyelesaikan pendidikan pada Jurusan Psikologi Islam Fakultas Ushuluddin dan Studi Agama Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung.

Perjalanan panjang telah penulis lalui dalam rangka menyelesaikan penulisan skripsi ini. Banyak hambatan yang dihadapi dalam penyusunannya, namun berkat kehendak-Nyalah sehingga penulis berhasil menyelesaikan penulisan skripsi ini. Oleh karena itu, dengan penuh kerendahan hati, pada kesempatan ini patutlah kiranya penulis mengucapkan terima kasih kepada :

  1. Prof. Dr. H. Moh Mukri, M.Ag. Selaku Rektor UIN Raden Intan Lampung.
  2. Drs. M. Nursalim Malay, M.Si Selaku Ketua ProdiPsikologi Islam Fakultas Ushuluddin dan Studi Agama UIN Raden Intan Lampung.
  3. Kepada Bapak Drs. Syaiful Hamali, M.Kom. selaku pembimbing I dan Ibu Iin Yulianti, MA selaku pembimbing II yang telah membimbing penulis dalam penyusunan skripsi ini hingga selesai.
  4. Semua pihak yang telah banyak membantu dalam penyusunan skripsi ini yang tidak bisa penulis sebutkan semuanya.

Akhir kata, penulis mengharapkan skripsi ini dapat memberikan manfaat bagi penulis khususnya dan bagi pembaca pada umumnya.

Cikarang, 28 Januari 2021

Penulis

4. Contoh Kata Pengantar Skripsi Tentang Pola Komunikasi

Kata Pengantar

Assalamu’alaikum Wr. Wb.

Puji syukur selalu tercurahkan kepada Ilahi Rabbi Allah Swt. Yang telah melimpahkan rahmat dan hidayah-Nya sehingga penulis dapat melaksanakan dan menyusun skripsi ini dengan baik. Shalawat dan salam semoga senantiasa tercurahkan kepada kepada junjungan kita Nabi Muhammad SAW beserta  keluarga, para sahabat dan para pengikutnya seluruh umat Islam.

Penulis menyadari bahwa dalam proses penulisan skripsi ini banyak mengalami kendala, namun berkat bantuan, bimbingan, kerjasama dari berbagai pihak dan berkah dari Allah SWT sehingga kendala-kendala yang dihadapi tersebut dapat diatasi. Penulis mengucapkan beribu-ribu terima kasih kepada Kedua orang tua ayahanda Jufri dan Nurasia beserta seluruh keluarga yang telah membesarkan dengan penuh cinta, dan kasih sayang, memberikan doa, motivasi, semangat, dukungan, dan berjuang hingga penulis mencapai perguruan tinggi.

Selanjutnya penulis mengucapkan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada semua pihak yang telah membantu dalam proses penulisan skripsi ini diantaranya adalah:

  1. Prof. Dr. H. Musafir Pabbasari, M.Si. Selaku Rektor UIN Alauddin Makassar, dan Para Wakil Rektor serta staf UIN Alauddin Makassar.
  2. Dr. H. Abd. Rasyid Masri, S.Ag., M.Pd., M.Si.,M.M selaku Dekan Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Alauddin Makassar,
  3. Dr. Misbahuddin, M.Ag., dan Suryani Musi, S. Sos., M. I.Kom selaku Pembimbing I dan II.
  4. Kepada para mahasiswa beserta orang tua yang telah memberikan kesempatan untuk melakukan penelitian.
  5. Serta seluruh pihak yang telah membantu dalam proses penulisan skripsi ini baik secara langsung maupun tidak langsung.

Penulis menyadari betul bahwa penulisan skripsi ini masih jauh dari kesempurnaan, walau bagaimana pun penulis berusaha memberikan yang terbaik dari ketidaksempurnaan yang ada. Demikian segala saran dan kritik yang tertuju pada penulisan ini, penulis terima dengan lapang dada dan ikhlas. Semoga  Allah Swt. Dapat membalas segala kebaikan yang penulis terima, amin ya rabbal alaimin.

Wassalamu’ alaikum Wr. Wb.

Bogor, 26 Januari 2021

Penulis

5. Contoh Kata Pengantar Skripsi Ilmu Komunikasi

Kata Pengantar

Dengan mengucapkan segala Puji syukur kehadirat Allah SWT, karena dengan Rahmad dan Hidayah-Nya, sehingga Penulis dapat menyelesaikan proposal yang berjudul APLIKASI INSTAGRAM SEBAGAI MEDIA KOMUNIKASI PEMASARAN ONLINE SHOP. 

Penulisan skripsi ini merupakan salah satu syarat untuk memperoleh gelar Sarjana, pada program studi Ilmu Komunikasi,  Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Jawa Timur.

Dalam proses penyelesaian skripsi ini, penulis juga ingin mengucapkan terima kasih kepada pihak - pihak berikut ini :

  1. Prof. Dr. Ir. Teguh Soedarto, MP selaku rektor UPN "Veteran" Jawa Timur.
  2. Dra. Hj.Suparwati,Msi, Dekan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik UPN "Veteran" Jawa Timur.
  3. Dra. Diana Amalia, M.Si. sebagai dosen pembimbing penulis. terima kasih atas segala bimbingan dan masukannya.
  4. Kedua orangtua dan keluarga yang tak henti-hentinya memberikan dukungan serta doa.
  5. Serta seluruh pihak yang telah membantu dalam proses penulisan skripsi ini baik secara langsung maupun tidak langsung.

Akhir kata, penulis menyadari bahwa penelitian ini jauh dari kesempurnaan. Oleh sebab itu, kritik maupun saran selalu penulis harapkan demi tercapainya hal terbaik dari penelitian ini. Besar harapan penulis, semoga penelitian ini dapat  memberikan manfaat sekaligus menambah pengetahuan bagi berbagai pihak. Amin.

Subang, 24 Januari 2021

Penulis

6. Contoh Kata Pengantar Skripsi Teknik Informatika

Kata Pengantar

Puji syukur kehadirat Allah SWT Yang Maha Mendengar lagi Maha Melihat dan atas segala limpahan rahmat, taufik, serta hidayah-Nya sehingga penulis dapat menyelesaikan karya tulis yang berbentuk skripsi ini dengan judul “Aplikasi Pembukuan dan Laporan Keuangan Fakultas Sains dan Teknologi UIN Alauddin  Makassar Berbasis Client-Server”. Shalawat serta salam semoga senantiasa tercurahkan kepada baginda Nabi Besar Muhammad SAW beserta seluruh keluarga dan sahabatnya yang selalu eksis membantu perjuangan beliau dalam menegakkan Dinullah di muka bumi ini.

Penyusunan skripsi ini adalah merupakan salah satu syarat untuk memperoleh gelar sarjana pada Fakultas Sains dan Teknologi Universitas Islam Negeri (UIN) Alauddin Makassar.

Tanpa segenap motivasi, kesabaran, kerja keras, dan do’a mustahil penulis sanggup untuk menjalani tahap demi tahap dalam kehidupan akademik penulis di Fakultas Sains dan Teknologi Universitas Islam Negeri (UIN) Alauddin Makassar kurang lebih 6 (enam) tahun lamanya.

Dengan segala kerendahan hati, ucapan terima kasih yang tak terhingga, wajib penulis berikan kepada:

  1. Ayahanda tercinta Dr. H. Muh Natsir Sioladan Ibunda Dra. Hj .Irmawaty yang selama ini membesarkan dan mendidik penulis dengan penuh kasih sayang.
  2. Bapak Prof. Dr. H. A. Qadir Gassing H.T., MS, Bapak Prof. Dr. H Azhar Arsyad,M. A., masing-masing selaku Rektor, mantan Rektor Universitas Islam  Negeri (UIN) Alauddin Makassar.
  3. Bapak Faisal, S.Kom, M.Kom selaku Pembimbing I dan Bapak Yusran Bobihu, S.Kom., M. Si selaku Pembimbing II, yang dengan ikhlas rela meluangkan  waktu serta memberikan masukan dan arahan sampai penulisan skripsi ini selesai.
  4. Rekan-rekan dan semua pihak yang tidak dapat disebutkan namanya satu persatu yang telah membantu dalam penulisan skripsi ini.

Penulis menyadari bahwa skripsi ini masih jauh dari kesempurnaan. Oleh karena itu, penulis sangat mengharapkan kritikan dan saran yang sifatnya membangun dari berbagai pihak.

Semoga Allah SWT berkenan meridhoi segala apa yang telah kita lakukan dan semoga skripsi ini dapat bermanfaat. Amin.

Indramayu, 22 Januari 2021

Penulis

7. Contoh Kata Pengantar Skripsi yang Baik & Benar

Kata Pengantar

Assalamu’alaikum Wr.Wb.

Puji dan syukur penulis haturkan kehadirat Allah SWT, karena berkat rahmat dan hidayah-Nya-lah saya dapat menyelesaikan skripsi yang berjudul “Sistem Pendukung Keputusan dalam Pemetaan Prioritas Perbaikan Jalan dan Jembatan Nasional diProvinsi Bengkulu menggunakan Metode TOPSISdan Fuzzy C-Means”.

Skripsi ini dibuat untuk memenuhi tugas akhir perkuliahan dan sebagai salah satu persyaratan untuk memperoleh gelar Sarjana Strata 1 di Program Studi Teknik Informatika Fakultas Teknik Universitas Bengkulu. Selain itu, skripsi ini juga dibuat sebagai salah satu wujud implementasi dari ilmu yang didapatkan selama masa perkuliahan di Program Studi Teknik Informatika Fakultas Teknik Universitas Bengkulu.

Penulis menyadari bahwa skripsi masih jauh dari sempurna. Oleh karena itu, penulis berharap dapat belajar lebih banyak lagi dalam mengimplementasikan ilmu yang didapatkan. Skripsi ini tentunya tidak lepas dari bimbingan, masukan, dan arahan dari berbagai  pihak. Oleh karena itu, pada kesempatan ini saya ingin mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada :

  1. Bapak Drs. Boko Susilo, M.Kom. sebagai Dekan Fakultas Teknik Universitas Bengkulu.
  2. Ibu Desi Andreswari, S.T., M.Cs. sebagai dosen pembimbing utama dan Bapak Yudi Setiawan, S.T., M.Eng. sebagai dosen pembimbing pendamping yang telah meluangkan waktu memberikan dukungan, bimbingan dan motivasi dalam menyelesaikan skripsi ini.
  3. Ibu Ernawati, S.T., M.Cs sebagai Ketua Program Studi Teknik Informatika yang telah memberikan dukungan selama masa  perkuliahan di Teknik Informatika Universitas Bengkulu.
  4. Orangtua tercinta, Hermansyah dan Sefti Karlisa serta adek saya Aqilah Dwi Putri Ananda yang telah mendoakan, memberikan dukungan dan memotivasi dalam menyelesaikan skripsi ini.
  5. Semua pihak yang telah membantu dan tidak dapat disebutkan satu persatu.

Saya berharap semoga Tuhan Yang Maha Esa mengaruniakan rahmat dan hidayah-Nya kepada mereka semua. Semoga skripsi ini dapat bermanfaat bagi kita semua, Aamiin.

Wassalamu’alaikum Wr. Wb.

Cirebon, 20 Januari 2021

Penulis

Baca Juga:

Itulah beberapa contoh kata pengantar skripsi terbaik. Semoga bisa bermanfaat dan terima kasih telah berkunjung.

COMMENTS

Nama

anbk,6,asuransi,1,Buku Digital,5,buku teks,14,Ciri teks,15,contoh,120,cpns2019,1,cv,5,Download File,1,games,4,juknis,9,jurnal,2,Kalender,153,kosp,4,Kuliah,14,laporan,14,makalah,3,modul,6,modul ajar,5,modul guru,10,osn,4,Pekerjaan,9,Pendidikan,94,pengertian,31,Permenpan RB,26,phbs,2,poster,3,PPT,64,proposal,7,prota,2,pts,16,resume,4,rpp,25,soal am,3,soal cpns,14,soal pas,15,soal pat,15,soal us,12,surat,17,template,3,template ppt,11,tips,6,usaha,3,
ltr
item
Mautidur.com: 7 Contoh Kata Pengantar Skripsi Terbaik
7 Contoh Kata Pengantar Skripsi Terbaik
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhIX64rp8gNGTSkBapSKR4UXfqFaXXkaX6n-YmyTuDZ96JuoxgkD2URhEYeeG1u3GKOffAVWBvxACsZQX-PWCYpx565j-5tY5nRBpn_ZTid6Hw393SXQvLI6Cjzn5MT4A3aXXlBAHIta7Q/w640-h382/judul1.jpg
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhIX64rp8gNGTSkBapSKR4UXfqFaXXkaX6n-YmyTuDZ96JuoxgkD2URhEYeeG1u3GKOffAVWBvxACsZQX-PWCYpx565j-5tY5nRBpn_ZTid6Hw393SXQvLI6Cjzn5MT4A3aXXlBAHIta7Q/s72-w640-c-h382/judul1.jpg
Mautidur.com
https://www.mautidur.com/2021/02/7-contoh-kata-pengantar-skripsi-terbaik.html
https://www.mautidur.com/
https://www.mautidur.com/
https://www.mautidur.com/2021/02/7-contoh-kata-pengantar-skripsi-terbaik.html
true
2310118337026904168
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All DIREKOMENDASIKAN UNTUK KAMU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy Table of Content