4 Contoh Karangan Ilmiah Terlengkap & Terbaik

Daftar Isi [Tampil]
Contoh Karangan Ilmiah - Karya tulis ilmiah merupakan tulisan atau laporan yang menjabarkan hasil riset atau penelitian suatu masalah. Penelitian tersebut bisa dilakukan secara individu atau kelompok yang mana dalam melakukan penelitian harus mengikuti aturan-aturan yang disepakati dan ditaati oleh kalangan keilmuan.

Sifat-Sifat Karangan Ilmiah

  • Netral

  • Objektif

  • Logis

  • Sistematis

  • Menyajikan Fakta 

Jenis-Jenis Karangan Ilmiah

  1. Artikel

  2. Laporan Penelitian

  3. Kertas Kerja

  4. Makalah

  5. Skripsi

  6. Disertasi

  7. Tesis 

Contoh Penulisan Karangan Ilmiah

Karangan ilmiah ini memiliki berbagai macam kriteria, untuk bisa membedakan dengan karya tulis lainnya yang bersifat non ilmiah, berikut adalah beberapa penjelasan mengenai kriteria karangan ilmiah yang membedakan dengan karya tulis lainnya.
  1. Karangan ilmiah ini ditulis berdasarkan rumusan-rumusan yang dijadikan sebagai dasar-dasar berfikir.
  2. Karangan ilmiah menggunakan kerangka sistematis supaya tulisan yang sudah ditulis bisa mudah untuk dipahami dan dimengerti.
  3. Karangan ilmiah ini harus efektif yaitu pembahasan tidak melebar atau tetap fokus pada satu pembahasan tersebut yang jelas dan merata.
  4. Karangan ilmiah harus mempunyai pembahasan yang lugas dan tidak mengandung pemahaman yang rancu
  5. Karangan ilmiah memiliki sifat objektif, yakni apa yang tertuang di dalam karangan ilmiah berdasarkan tentang fakta-fakta yang nyata dan bukan berdasarkan opini saja.

Contoh Karangan Ilmiah

1. Karangan Ilmiah Tentang Makanan Kaleng

Contoh Karangan Ilmiah

BAB I 

Latar Belakang

Makanan kaleng merupakan jenis makanan yang masuk ke dalam kategori makanan instan atau cepat saji (junk food). Berdasarkan penelitian yang pernah dilakukan di Jepang, junk food mengandung zat kimia Seng (Sn). Zat ini tergolong dalam zat yang tidak berbahaya jika dikonsumsi sesuai kebutuhan. Akan tetapi, zat Seng akan berbahaya bila dikonsumsi lebih dari 14 miligram per kilogram berat tubuh.

Rumusan Masalah

Bagaimana dampak makanan kaleng bagi kesehatan tubuh?

Tujuan Penelitian

Untuk mengetahui dampak positif dan negatif makanan kaleng. 

BAB II

PEMBAHASAN

Dampak Makanan Kaleng Bagi Tubuh

Makanan kaleng adalah salah satu jenis makanan cepat saji yang paling sering dikonsumsi masyarakat. Makanan kaleng biasanya identik dengan ikan dan daging atau disebut sarden. Tidak hanya itu, makanan kaleng juga dapat berisi sayuran, buah, hingga minuman.

Makanan kaleng tidak selalu berdampak buruk bagi tubuh. Ia juga memiliki keunggulan. Dampak positif dan negatif makanan kaleng, yaitu:

1. Dampak positif

  • Mempercepat waktu penyajian
  • Kaleng dapat menjaga makanan dari kontaminasi bakteri penyebab penyakit
  • Makanan kaleng tidak kekurangan gizi

2. Dampak negatif

  • Para ibu rumah tangga jadi malas memasak
  • Mengkonsumsi terlalu banyak makanan kaleng bisa menyebabkan tekanan darah tinggi dan kolesterol
  • Memasak makanan kaleng dengan suhu tinggi, akan mengurangi gizi dalam makanan.

BAB III

PENUTUP

Kesimpulan

Makanan kaleng memiliki dampak positif dan negative bagi tubuh. Dampak negatif akan terjadi bila makanan kaleng dikonsumsi berlebihan atau tidak sesuai anjuran. Selain itu, cara masak makanan kaleng juga memengaruhi baik buruknya dalam kesehatan tubuh. Selain mempunyai dampak negative, makanan kaleng juga memiliki banyak dampak positif juga.

Baca Juga: 12 Contoh Karangan Eksposisi Terbaik

2. Karangan Ilmiah Tentang Kesehatan

Contoh Karangan Ilmiah

BAB I

PENDAHULUAN

Latar Belakang Masalah

Jantung merupakan salah satu organ yang sangat penting dalam tubuh manusia. Oleh karena itu, sebagian orang selalu menjaga jantungnya agar tetap sehat. Akan tetapi juga masih banyak orang yang kurang peduli. Hal ini terbukti banyaknya korban jiwa dikarenakan penyakit-penyakit yang menyerang jantungnya. Maka dari itu, disini kami akan melakukan  penelitian mengenai pentingnya kesehatan jantung.

Rumusan Masalah

Bagaimana cara menjaga kesehatan jantung?

Tujuan Penelitian

Untuk mengetahui cara menjaga kesehatan jantung

BAB II

PEMBAHASAN

Cara Menjaga Kesehatan Jantung

Penyakit yang menyerang jantung memang masih menjadi masalah besar bagi sebagian orang. Diketahui ada banyak cara simple dan mudah untuk menjaga kesehatan jantung. Disampaikan oleh berbagai penelitian beberapa cara mampu menjaga jantung tetap sehat.

  • Menghindari stres karena akan meningkatkan hormon adrenalin abnormal dan juga menyebabkan tekanan darah tinggi.
  • Perlunya menjaga kebersihan lingkungan baik diri sendiri maupun sekitar.
  • Mengatur pola makan dengan baik. Mengurangi makanan berlemak dan junkfood serta perbanyak memakan sayur dan buah.
  • Olahraga secara teratur.

BAB III

PENUTUP

Kesimpulan

Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa menjaga kesehatan jantung memang sangat penting bagi manusia karena dapat membuat umur menjadi lebih panjang. Dan ternyata untuk memperoleh jantung yang sehat dapat dilakukan denga usaha yang mudah dan bisa dilakukan sehari-hari. Dengan menjaga kesehatan jantung diharapkan semakin sedikit korban yang jatuh akibat penyakit yang menyerang jantung.

3. Karangan Ilmiah Tentang Internet

Contoh Karangan Ilmiah

BAB I

Pendahuluan

Latar Belakang Masalah

Internet saat ini sudah sangat melekat dalam kehidupan sehari-hari, terutama di kalangan remaja. Memang internet cukup membantu dalam menyelesaikan banyak pekerjaan. Akan tetapi ternyata internet pun tidak terlepas dari hal-hal negatif yang dapat berdampak buruk. Apalagi usia remaja merupakan saat-saat labil sehingga masih sering terseret arus. Untuk itu penelitian mengenai bahaya internet bagi remaja penting untuk dilakukan.

Rumusan Masalah

Bagaimana bahaya internet bagi remaja?

Tujuan Penelitian

Dapat menjelaskan bahaya internet bagi remaja

BAB II

Pembahasan

Bahaya Internet Bagi Remaja

Internet di kalangan remaja saat ini nampaknya sudah menjadi kebutuhan pokok. Akan tetapi tidak semua remaja memanfaatkan internet dengan benar. Ada banyak remaja yang cenderung menyalahgunakan internet sehingga berdampak buruk bagi dirinya dan lingkungannya.

Berdasarkan riset yang mendalam, terdapat beberapa bahaya dari penyalahgunaan internet di kalangan remaja, yaitu sebagai berikut:

  • Perilaku bullying melalui sosial media
  • Mudahnya mengakses konten pornografi yang berakibat pada perilaku kejahatan seksual
  • Maraknya kasus penculikan di kalangan remaja setelah berkenalan melalui sosial media.

BAB III

Penutup

Kesimpulan

Internet memang sangat membantu dalam kehidupan, akan tetapi ia tetap memiliki kekurangan. Karena itu orang tua memiliki peran yang sangat penting dalam mengawasi anak-anaknya. Sehingga para remaja dapat membentengi diri dari hal-hal negatif dalam penggunaan internet.

4. Karangan Ilmiah Tentang Rokok

Karangan Ilmiah Tentang Rokok

BAB I

Pendahuluan

Latar Belakang Masalah

Sebagian besar manusia pada jaman sekarang tidak bisa lepas dari merokok, mulai dari tua, muda bahkan anak kecil pun terjerumus dalam masalah ini. Seakan-akan merokok adalah salah satu kegiatan yang wajar dilakukan. Apabila dilihat dari manfaatnya, kegiatan ini sama sekali tidak memberikan manfaat bagi siapapun. Bahkan merokok berpotensi menimbulkan berbagai penyakit di dalam tubuh si perokok tersebut. Dan parahnya para perokok aktif ini dapat memberikan potensi penyakit kepada orang lain yang berada didekatnya. Jadi untuk penelitian untuk bahaya rokok bagi kehidupan manusia sangat penting dilakukan. Untuk menyadarkan para perokok aktif dan mengurangi jumlah perokok yang ada.

Rumusan Masalah

Apa dampak merokok bagi tubuh manusia?
 
Tujuan Penelitian

Menyadarkan perokok aktif tentang bahaya merokok

BAB II

Pembahasan
 
Dampak Merokok Bagi Tubuh Memang kabanyakan orang menganggap merokok adalah suatu yang wajar dilakukan. Bahkan merokok telah menjadi kebiasaan sebagian orang di Indonesia (khususnya untuk golongan laki-laki). Entah faktor apa yang membuat mereka yakin terhadap kegiatan ini. Pada semua bungkus rokok yang legal pasti bertuliskan”merokok membunuhmu” pada bungkus bagian belakang. Berdasarkan penelitian yang dilakukan para ahli mereka menyebutkan bahaya merokok antara lain:

  • Meningkatkan resiko penyakit kanker.

  • Merusak paru-paru dan system pernafasan lainnya.
  • Pemicu utama penyakit leukemia.
  • Menyebabkan penyakit jantung
  • Kandungan zat tar pada rokok dapat menyebabkan warna coklat pada gigi dan kuku.
  • Perempuan yang merokok, akan cenderung melahirkan seorang bayi dengan berat rendah serta ada peningkatan resiko kelahiran premature.
  • Merokok juga dapat meningkatkan potensi penyakit katarak.
  • Berpotensi memicu penyakit diabetes mellitus tipe 2 dan membuat si perokok kesulitan mengontrol kadar gula.
  • Merokok juga dapat menyebabkan penyakit stroke yang sangat mematikan.
  • Wajah perokok aktif biasanya terlihat lebih tua dari umurnya.

BAB III

Penutup

Kesimpulan

Walaupun merokok telah menjadi suatu kegiatan yang wajar, bahkan menjadi sebuah kebiasaan. Tetapi hal tersebut tidak bisa menampikan bahaya yang terdapat dalam setiap batang rokok. Oleh karena itu untuk anda yang telah menjadi perokok aktif, usahakan untuk mulai meninggalkan kegiatan ini. Sebelum semuanya terlambat, sebelum penyakit yang saya sebutkan diatas bersarang pada tubuh anda. Selain dapat merusak tubuh anda merokok juga dapat merusak sistem keuangan anda. Jadi dapat disimpulkan merokok adalah salah satu hal yang berpotensi merusak tubuh kita entah dari luar maupun dari dalam.

Artikel Rekomendasi:

Itulah informasi mengenai Contoh Karangan Ilmiah Terlengkap & Terbaik. Semoga informasi ini bisa bermanfaat dan sampai jumpa di artikel selanjutnya.

COMMENTS

Nama

anbk,6,asuransi,1,Buku Digital,5,buku teks,14,Ciri teks,15,contoh,120,cpns2019,1,cv,5,Download File,1,games,4,juknis,9,jurnal,2,Kalender,153,kosp,4,Kuliah,14,laporan,14,makalah,3,modul,6,modul ajar,5,modul guru,10,osn,4,Pekerjaan,9,Pendidikan,94,pengertian,31,Permenpan RB,26,phbs,2,poster,3,PPT,64,proposal,7,prota,2,pts,16,resume,4,rpp,25,soal am,3,soal cpns,14,soal pas,15,soal pat,15,soal us,12,surat,17,template,3,template ppt,11,tips,6,usaha,3,
ltr
item
Mautidur.com: 4 Contoh Karangan Ilmiah Terlengkap & Terbaik
4 Contoh Karangan Ilmiah Terlengkap & Terbaik
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgzY-qrtoRzG3sO_ProO9uhTh-NEe2kjsSbfjmuhxVK51dGyoy9_CdFaUwDQa6RViV_zJdnTNGyAfWb7SNRgblHv6McbbPhC4zq4O2msu8VT8EE4hWQ-N8Flzxizm1A4fjq6Jee_5Gw8Ss/s640/makanan+kaleng.jpg
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgzY-qrtoRzG3sO_ProO9uhTh-NEe2kjsSbfjmuhxVK51dGyoy9_CdFaUwDQa6RViV_zJdnTNGyAfWb7SNRgblHv6McbbPhC4zq4O2msu8VT8EE4hWQ-N8Flzxizm1A4fjq6Jee_5Gw8Ss/s72-c/makanan+kaleng.jpg
Mautidur.com
https://www.mautidur.com/2020/04/contoh-karangan-ilmiah.html
https://www.mautidur.com/
https://www.mautidur.com/
https://www.mautidur.com/2020/04/contoh-karangan-ilmiah.html
true
2310118337026904168
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All DIREKOMENDASIKAN UNTUK KAMU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy Table of Content