12 Contoh Karangan Eksposisi Terbaik Tahun 2020

Contoh Karangan Eksposisi
Contoh Karangan Eksposisi - Pada kesempatan kali ini saya akan memberikan contoh karangan eksposisi terbaik. Karangan Eksposisi adalah salah satu jenis karangan yang berisi informasi yang disajikan secara singkat. Karangan Eksposisi memiliki tujuan memaparkan atau menjelaskan informasi tertentu yang berguna untuk menambah wawasan pembaca.

Ciri-ciri Karangan Eksposisi

Berikut adalah beberapa ciri yang terlihat dari karakteristik karangan eksposisi.
  • Menggunakan gaya penulisan persuasif
  • Menggunakan bahasa yang lugas dan baku
  • Memaparkan atau menjelaskan informasi
  • Bersifat fakta
  • Bersifat objektif, tidak memihak dan tidak memaksakan kehendak penulis kepada pembaca.

Langkah-langkah dalam menulis karangan eksposisi

  1. Menentukan topik yang akan disampaikan
  2. Menentukan tujuan eksposisi
  3. Membuat kerangka karangan
  4. Pembahasan
  5. Kesimpulan

Struktur Karangan Eksposisi

Karangan eksposisi memiliki tiga struktur, yakni tesis, argumentasi dan penegasan ulang.
  1. Tesis adalah pembuka yang berisi sudut pandang penulis mengenai topik yang akan dibahas. Tesis ini juga dapat berupa teori yang nantinya dibahas atau diperkuat oleh argumen.
  2. Argumentasi adalah alasan yang berisi bukti-bukti yang dapat memperkuat argumentasi dapat berupa hasil penelitian, pendapat para ahli, atau pernyataan yang berdasarkan pada referensi terpercaya.
  3. Penegasan ulang adalah bagian akhir dari karangan eksposisi. Penegasan ulang berisi kesimpulan yang menegaskan kembali tesis dan pembuktian atau penguatan yang terdapat pada argumentasi.

Contoh Karangan Eksposisi

1. Contoh Karangan Eksposisi tentang Media Komunikasi


Contoh Karangan Eksposisi

Media komunikasi merupakan sarana dalam berkomunikasi, media komunikasi juga merupakan alat yang digunakan untuk berbagai kegiatan komunikasi.

Media komunikasi juga banyak sekali macamnya, ada yang berupa media cetak, dan juga media elektronik. Media cetak seperti salah satunya surat kabar, sedangkan elektronik salah satunya internet dan juga televisi.

Di era globalisasi ini, perkembangan media komunikasi semakin berkembang dengan didukung teknologi-teknologi terkini. Sekarang ini dikenal adanya teknologi informasi, dimana teknologi ini membantu manusia seperti membuat, edit, simpan, berkomunikasi, serta menyebarkan informasi.

Dengan adanya teknologi informasi ini sehingga mempermudah pertukaran informasi semakin cepat dan efisien. Bahkan seseorang yang tinggal di daerah bisa berkomunikasi dengan saudaranya berada diluar negeri.

Teknologi informasi juga semakin berkembang, seseorang bisa mencari informasi dengan cepat dimanapun ia berada. Salah satu teknologi sekarang ini adalah internet, internet merupakan teknologi informasi dan komunikasi yang kini paling banyak dipakai seperti untuk pendidikan, bisnis, dan juga lainnya.

Internet untuk pendidikan seperti adanya perpustakaan online sehingga mempermudah pelajar ataupun mahasiswa untuk mencari buku-buku tanpa harus ke perpustakaan dikampusnya. Selain itu internet juga dipakai sebagai tempat untuk diskusi, sekarang ini orang dengan mudah dapat berdiskusi melalui jejaring sosial yang terdapat di internet.

2. Contoh Karangan Eksposisi tentang Laporan


Contoh Karangan Eksposisi

Sebenarnya, bukan hanya ITA yang menawarkan rumah instan sehat untuk Bandung atau dikenal dengan Rumah ITA untuk Bandung (RI-A). Pusat Penelitian dan Pengembangan Permukiman Departemen Pekerjaan Umum juga menawarkan “Risha” alias Rumah Instan Sederhana Sehat. Modelnya hampir sama, gampang dibongkar-pasang, bahkan motonya “Pagi Pesan, Sore Huni”.

Bedanya, sistem struktur dan konstruksi Risha memungkinkan rumah ini berbentuk panggung. Harga Risha sedikit lebih mahal, Rp 20 juta untuk tipe 36. akan tetapi, usianya dapat mencapai 50 tahun karena komponen struktur memakai beton bertulang, diperkuat pelat baja di bagian sambungannya. Kekuatannya terhadap gempa juga telah diuji di laboratorium sampai zonasi enam.

Baca Juga: Penjelasan Teks Ulasan Secara Lengkap - Tujuan, Ciri, Struktur, Contoh

3. Contoh Karangan Eksposisi tentang Buah Naga


Contoh Karangan Eksposisi

Mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) berhasil menemukan manfaat dari kulit buah naga untuk penderita HIV/AIDS (14/01/2015). Penelitian tersebut membuktikan bahwa kandungan yang terdapat pada kulit buah naga dapat menjaga dan meningkatkan kekebalan tubuh penderita HIV/AIDS.

HIV merupakan virus pertamakali yang menyerang sistem kekebalan tubuh untuk melawan infeksi penyakit. Virus ini pertamakali ditemukan pada tahun 1981.  Sampai sekarang belum ditemukan obat untuk membunuh virus tersebut. Penderita HIV pada stadium lanjut dikenal sebagai penderita AIDS. Para penderita HIV/AIDS hanya diberikan pengobatan untuk memperlambat perkembangan penyakit.

Berdasarkan penelitian yang dilakukan mahasiswa UNY tersebut, kulit buah naga merah dapat menghasilkan imun. Hal ini dikarenakan kulit buah naga merah memiliki kandungan anti mikroba, antivirus, anti bakteri, dan antioksidan yang tinggi. Kandungan tersebut dapat meningkatkan kekebalan tubuh penderita HIV/AIDS.

Kulit buah naga merah diproses menjadi teh agar dapat dikonsumsi oleh penderita. Kulit buah naga merah tersebut di keringkan kemudian diseduh layaknya teh biasa. Hal ini dilakukan agar sari yang terdapat pada kulit buah naga merah dapat diambil dengan maksimal.

Tiga mahasiswa UNY yang bernama Annisa Fitriani, Yunita Dwi Setyawati, dan Intan Hanifah menyatakan bahwa teh kulit buah naga dapat di jadikan terapi dengan meminumnya secara teratur. Teh tersebut juga dapat dijadikan pelengkap obat Anti Retro Viral (ARV) yang berfungsi menghambat virus dalam merusak sistem kekebalan tubuh. Selain sebagai pendamping ARV, teh buah naga merah juga dapat menghilangkan efek rambut rontok dan mual muntah.

Mengonsumsi teh kulit buah naga merah secara teratur dapat menghambat aktivitas virus, bakteri dan kuman yang terdapat pada penderita HIV/AIDS saat penurunan sistem imun. Walaupun belum mampu mengobati HIV/ AIDS secara total, teh kulit buah naga cukup efektif untuk menghilangkan infeksi-infeksi akibat penyakit tersebut. Dengan demikian teh kulit buah naga dapat meningkatkan kualitas harapan hidup penderita HIV/ AIDS dengan meningkatkan imunnya.

4. Contoh Karangan Eksposisi tentang Pertalite



Pertalite merupakan bahan bakar ramah lingkungan yang diusung sebagai harapan baru bagi Indonesia. Selama masyarakat Indonesia mengenal dua jenis bahan bakar, yakni premium dan pertamax. Harga premium relatif lebih murah dari pertamax, karenanya premium menjadi pilihan bagi sebagian besar masyarakat pengendara. Berdasarkan informasi terbaru, pemerintah akan mengganti bahan bakar premium  (bensin) ke bahan bakar terbaru, pertalite.

Pertalite lebih ramah lingkungan dibandingkan dengan premium. Hal ini dikarenakan pada pembakaran Pertalite sempurna. Sedangkan Premium menyisakan beberapa zat berbahaya seperti CO2, CO, NOx, dan PB atau timbal yang bersifat racun.

Pertalite membuat tarikan mesin lebih baik dibandingkan dengan premium. Pertalite memiliki nilai oktan 90-91, hanya 1 poin lebih rendah dengan pertamax yakni 92. Sedangkan premium memiliki nilai oktan 88. Hal ini menjadikan mesin dengan bahan bakar pertalite lebih lincah, kecepatan lebih tinggi dan emisi gas buang lebih bersih.

Subsidi yang digunakan untuk premium cukup besar. Hal ini dikarenakan beban impornya sangat besar. Karenanya, pemerintah mencoba alternatif pertalite untuk mengurangi beban impor premium.

Harga pertalite memang lebih mahal dari premium, namun lebih murah dari pertamax. Meskipun demikian, keunggulan yang ditawarkan pertalite cukuplah seimbang dengan harganya. Tidaklah berlebihan jika pertalite diusung sebagai harapan baru Indonesia untuk masa depan lebih baik.

5. Contoh Karangan Eksposisi tentang Ikan


Contoh Karangan Eksposisi

Ikan merupakan salah satu hewan air yang banyak dipelihara oleh manusia, mulai dari untuk hiasan rumah hingga jualan. Memelihara ikan, terutama ikan hias akan memberikan ketenangan serta kesegaran ketika orang lain melihatnya. Memelihara ikan perlu perawatan yang rutin sehingga ikan kita tidak mati.

Dalam memelihara ikan hias yang harus dilakukan adalah mempersiakan kolam atau akuarium, tata sebaik mungkin aquarium tersebut sehingga memberikan kenyamanan orang yang melihatnya.

Isilah aquarium tersebut dengan air bersih serta masukan pula ikan hias yang sebelumnya telah disiapkan. Untuk memilih ikan carilah ikan yang kondisinya lincah dan tidak cacat.

Untuk pemberian pakan haruslah teratur, biasanya dilakukan tiga kali dalam sehari. Jangan terlalu banyak memberi pakan agar air tidak keruh, dan ikan tidak mati. Carilah pakan ikan yang sesuai dengan jenis ikan yang dipelihara.

Pearawatan seperti pembersihan aquarium dan juga penggantian air harus rutin dilakukan minimal seminggu sekali. Sebelum aquarium dibersihkan sebaiknya ikan-ikan ditaruh terlebih dahulu di dalam ember yang berisi air bersih.

Dalam memelihara ikan sebaiknya jangan satukan antara ikan kecil dan ikan besar, hal ini agar tidak terjadi kanibalisme. Untuk peletakan aquarium bisa diletakan diruang tamu, atau juga ruang kerja. Kesegaran yang diberikan oleh pemandangan ikan di aquarium merupakan salah satu obat stress, dan membuat orang bersemangat lagi.

6. Contoh Karangan Eksposisi tentang Ayam


Contoh Karangan Eksposisi

Ada banyak jenis ayam yang dapat dikonsumsi dan tersebar di dunia ini. Ayam merupakan salah satu dari jenis makanan yang paling banyak dikonsumsi masyarakat dunia. Hampir semuanya memiliki ciri yang sama namun hanya dibedakan oleh struktur dagng dan rasanya saja. Salah satu Ayam yang paling populer dikonsumsi masyarakat adalah ayam pedaging.

Ayam jenis ini sudah banyak dibudidayakan di Indonesia. Perawatannya yang murah serta mudah jika dibandingkan memelihara ayam kampung menjadikan ayam pedaging sebagai bahan makanan hewani yang diburu masyarakat. Selain dagingnya yang lebih tebal dan empuk dibandingkan ayam kampung, ayam pedaging dipatok dengan harga 3 kali lebih murah daripada ayam kampung. Akan tetapi mengkonsumsi ayam pedaging berlebihan juga tidak baik bagi kesehatan manusia.

Meskipun ayam jenis ini berpotensi mengganggu kesehatan manusia, tetap saja ayam pedaging dijadikan alternatif pemenuhan gizi harian berupa hewani yang paling diminati seluruh kalangan masyarakat. Namun apabila dikonsumsi dengan batas sewajarnya dan disertai dengan mengkonsumsi sayuran sebagai penyeimbang, dirasa tidak ada masalah jika mengkonsumsi ayam pedaging sebagai alternatif gizi hewani.

7. Contoh Karangan Eksposisi tentang Lingkungan


Contoh Karangan Eksposisi

Masyarakat perkotaan identik dengan hunian serba minimalis yang terkesan sempit. Hal tersebut dikarenakan kepadatan penduduk kota dan lahan yang tersedia sangat terbatas. Mahalnya harga tanah di perkotaan juga menyebabkan masyarkat tingkat menengah perkotaan membangun rumah denga luas seadanya. Padahal masyarakat yang nitabenenya beraktifitas di ruangan yang sempit rentan terkena penyakit mata.

Mata manusia membutuhkan area pandangan yang cukup luas untuk melatih otot-otot mata. Orang yang biasa beraktifitas dilingkungan yang sempit hanya dapat melihat benda-benda dengan jarak rekatif dekat dengan mata. Ketika hal tersebut terus-terusan terjadi, otot mata menjadi tidak elastis lagi karea dibiasakan melihat yang dekta-dekat saja. Otot mata yang kaku inilah penyebab seseorang menderita miopi atau rabun jauh.

Jika diperhatikan, tingkat penggunaan kacamata pada masyarakat yang tinggal di lingkungan pedesaan berbeda sangat drastis dengan masyarakat yang tinggal di lingkungan perkotaan. Bahkan anak-anak yang tinggal di padatnya perkotaan memiliki penyakit miopi dini yang sudah akut.

Untuk itu, perlunya kesadaran masyarakat perkotaan untuk sekali-kali melatih oto-otot mata dengan bersantai di pedesaan atau taman yang luas. Apalagi ketika miopi sudah menyerang anak-anak dibawah umur yang dirasa apabila hal tersebut terus terjadi maka tidak menutup kemungkinan kedepannya masyarakat kita akan melahirkan generasi mata rabun.

8. Contoh Karangan Eksposisi tentang Hukum


Contoh Karangan Eksposisi

Semestinya hukum di negera Indonesia sebagaimana yang telah diatur dalam undang-undang dasar 1945 sudah secara tegas mengatur hukuman untuk para pelaku tindak kejahatan.

Akan tetapi pada faktanya kerapkali terjadi ke tidak adilan terhadap hukum yang bisa merugikan banyak orang. Hukum bisa saja tegas, akan tetapi menjadi mendadak tumpul ketika dihadapkan dengan uang. Itulah yang terjadi pada saat ini.

Bukan menjadi rahasia umum lagi jika para koruptor di Indonesia menerima hukuman yang tingkatannya terbilang sangat ringan, bahkan ada pula koruptor yang mendapatkan tunjangan berupa fasilitas yang sangat mewah padahal sudah dianggap merugikan masyarakat dan negara.

Hukum di Indonesia dapat dibilang hanya tegas dihadapan rakyat kecil. Contohnya kasus yang pernah menimpa Nenek Asyani. Kasusnya hanya karena diduga mencuri beberapa kayu. Ia terancam dengan hukuman selama kurang lebih 5 tahun penjara. Sungguh sangat ironis dan tidak adil. Apabila dibandingkan dengan hukuman para koruptor yang tidak sebanding dengan apa yang telah diperbuatnya terhadap negara.

9. Contoh Karangan Eksposisi tentang Sepakbola


Contoh Karangan Eksposisi

Dunia sepak bola Indonesia harus berbenah. Banyak faktor yang membuat kacau dunia sepak bola nasional kita. Mulai dari dualism kepengurusan beberapa waktu lalu, sampai yang terbaru pembekuan PSSi (Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia) Yang notabene induk sepak bola Indonesia oleh kemenpora.

Pembekuan itu berdampak pada penghentian kompetisi kasta tertinggi ISL (Indonesia Super League). Dampak yang lebih dahsyat kemudian menggelindingkan, pelatih, pemain, perangkat pertandingan, mereka semua menjadi korban. Tidak ada kompetisi sama artinya dengan terhentinya pekerjaan bagi mereka, yang juga berarti penghetian pemasukan.

keadaan menjadi memperhatinkan, banyak insan pelaku sepak bola yang banting setir demi pemasukan. Ada yang berjualan atau berkompetisi di liga takraw ( antar kampung). Sungguh pemandangan yang sangat memperihatinkan, karena itu, semua pihak harus berbenah. Mau jadi apa dunia sepak bola negeri ini apabila tidak diselamatkan.

Sepakbola Indonesia harus segera berbenah, agar semua manusia yang terlibat dalam hal ini bisa kembali bekerja. Agar dapat memenuhi kebutuhan keluarga mereka. Tetapi tujuannya bukan sekedar itu, tetapi agar sepak bola negeri ini dapat berkembang seperti halnya Negara-negara yang lain.

10. Contoh Karangan Eksposisi tentang Tanaman Obat Keluarga


Contoh Karangan Eksposisi

Tanaman obat keluarga merupakan salah satu bentuk kepedulian kepada lingkungan dan juga besar lengan berkuasa besar pada kesehatan. Tanaman obat keluarga ialah tanaman obat yang ditanam pada sudang kecepedang tanah, kebun, halaman yang pada hakekatnya sanggup manfaatkan untuk kebutuhan keluarga maupun masyarakat lingkungan. TOGA singatan dari tanaman obat keluarga sudah semenjak usang dilakukan oleh insan sampai turun menurun kepada kita tiruana ketika ini. Namun mirisnya banyak sekali orang yang mempunyai lahan luas namun membiarkannya begitu saja tanpa di tanami apapun. TOGA selain sanggup dipakai sebagai obat juga sanggup memicu timbulnya perjuangan kecil menengah sebab intinya tanaman obat banyak yang diperjual belikan sebagai jamu tradisional. Lalu apa risikonya bagi lingkungan? serta apa laba menanam tanaman obat?

Tanaman obat mempunyai akhir yang konkret terhadap lingkungan antara lain sanggup merangsang orang terdekat baik itu tetangga, saudara untuk menanam tanaman obat di halamannya, sebagai penanganan pertama knorma dan sopan santun ada keluarga yang sakit, sebagai sumber pemasukan tambahan, meminimalkan daerah yang sanggup berpotensi terdapat sampah dan aneka macam manfaat lainnya. Itu tiruana hanya akan terwujud dengan kemauan yang keras dari masing-masing anggota keluarga sehingga sanggup menyebar ke lingkungannya.

Saat ini banyak kegiatan untuk keluarga yang telah diupayakan oleh pemerintah antaranya ialah kegiatan "Pemanfaatan Lahan Pekarangan". Dalam kegiatan tersebut pemerintah menggandeng instansi terkait serta organisasi-organisasi dan juga mahasiswa. Organisasi menyerupai PKK ketika ini yang anggotanya merupakan ibu-ibu juga sedang gencar-gencarnya mengajak masyarakat untuk memanfaatkan lahan pekarangannya baik itu yang luas maupun sempit yang terpenting ada kemauan. Salah satu tanaman unggulannya ialah tanaman obat yang memang sangat dibutuhkan masyarakat. Maka dari itu bahwasanya sudah banyak kegampangan-kegampangan yang didiberikan untuk masyarakat demi mencapai masyarakat yang sehat dan sejahtera.

Artikel Rekomendasi:
Itulah informasi mengenai Contoh Karangan Eksposisi Terbaik. Semoga informasi ini bisa bermanfaat dan sampai jumpa di artikel selanjutnya.

COMMENTS

Nama

Buku Digital,5,CPNS,52,cpns2019,93,Download File,1,Formasi CPNS,2,honorer,1,Kalender,20,Karangan,31,Kendala CPNS 2018,2,kesehatan,1,Kuliah,7,modul,5,Pekerjaan,11,Pendaftaran CPNS,12,Pendidikan,89,Permenpan RB,26,Persyaratan CPNS,5,phbs,2,PPT,22,rpp,18,SBMPTN,1,Simulasi Cat CPNS,4,soal cpns,13,template ppt,5,Terbaru,1,
ltr
item
Informasi Pendidikan: 12 Contoh Karangan Eksposisi Terbaik Tahun 2020
12 Contoh Karangan Eksposisi Terbaik Tahun 2020
https://1.bp.blogspot.com/-ytTb2xrIIs8/XobfpgcIaRI/AAAAAAAABjs/CH-3G2tj9I4wSdW_B3o1zlk7rqAZvKrSACLcBGAsYHQ/s640/saveaja.jpg
https://1.bp.blogspot.com/-ytTb2xrIIs8/XobfpgcIaRI/AAAAAAAABjs/CH-3G2tj9I4wSdW_B3o1zlk7rqAZvKrSACLcBGAsYHQ/s72-c/saveaja.jpg
Informasi Pendidikan
https://www.mautidur.com/2020/04/contoh-karangan-eksposisi.html
https://www.mautidur.com/
https://www.mautidur.com/
https://www.mautidur.com/2020/04/contoh-karangan-eksposisi.html
true
2310118337026904168
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All Artikel Terkait LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy Table of Content