6 Contoh Portofolio Menarik dan Terbaik

Daftar Isi [Tampil]

Contoh portofolio - Pada kesempatan kali ini saya akan memberikan beberapa contoh portofolio menarik dan terbaik. Namun, akan lebih baik jika kamu memahami terlebih dahulu apa itu portofolio.

Pengertian portofolio

Portofolio merupakan kumpulan dokumen atau tulisan yang tersusun secara rapi dan menarik. Sederhananya portofolio merupakan penjelasan tentang hasil karya yang telah dibuat. 

Secara umum, portofolio adalah sebuah pernyataan tertulis yang digunakan sebagai pertimbangan dalam seleksi yang berisi karya atau perkembangan dalam kemampuan diri. Portofolio banyak dilampirkan dalam seleksi lamaran kerja, hal tersebut bertujuan untuk menambahkan penilaian skill diri kita.

Manfaat Portofolio

1. Meningkatkan daya saing

Portofolio menggambarkan dirimu. Apabila kamu mempunyai portofolio profesional, hal tersebut akan meningkatkan nilai atau daya saingmu di dunia kerja. 

Ketika memiliki portofolio menarik, kamu akan dianggap lebih unggul dan kompeten di mata HR dibandingkan kompetitormu ketika ingin mencari kerja.

2. Membangun personal branding

Dalam portofolio kamu akan menampilkan karya terbaik yang ingin diperlihatkan ke semua orang. Dengan demikian, lama-kelamaan personal branding-mu akan tersusun dengan rapi lewat portofolio yang telah dibuat.

Sebagai contoh kamu adalah programmer website. Hasil program kamu diperlihatkan di github dan dilihat banyak orang. 

Ketika orang menyukai program yang telah kamu buat, mereka akan mengenalmu sebagai seorang programmer dengan berbagai proses yang telah dilewati. Dari situ, tidak menutup kemungkinan kamu akan diundang untuk menjadi pembicara seminar atau bahkan mengajar di kelas.

3. Menentukan jenjang karir

Ketika kita melamar kerja diperusahaan, portofolio mempunyai pengaruh terhadap jabatan yang akan kamu dapatkan. Portofolio menjadi salah satu tolak ukur bagi perusahaan untuk menentukan posisi apa yang cocok untuk jabatan kamu nantinya.

4. Mengeksplorasi kreativitas

Keindahan portofolio terletak pada seseorang yang berhasil menunjukan bentuk karya terbaiknya ke semua orang. Karya tersebut dapat dibuat dalam format apapun, seperti youtube, website dan sebagainya. Dari situ, kamu bisa mengeksplorasi terus kreativitasmu dalam membuat portofolio yang bagus dan berbeda dari orang lain.

5. Dinilai lebih terpercaya

Seperti yang sudah dijelaskan diatas, bahkan portofolio merupakan kumpulan dari karya yang telah dibuat. Hal yang paling bermanfaat ketika memiliki portofolio adalah menaikan level kredibilitas. Portofolio dapat menjadi bukti dari semua yang kita ucapkan kepada klien, HR, atau calon atasan. Keahlian dan potensi yang terdapat dalam portofolio akan terangkum dan akan membantu mereka mencari bagian yang tepat untuk diisi oleh keahlianmu.

Baca Juga: Pengertian Portofolio, Cara Membuat dan Contoh

Contoh Portofolio Menarik dan Terbaik

1. Contoh Portofolio Desain

Contoh Portofolio
source image: freepik.com

Download portofolio

2. Contoh Portofolio 3D Artist

Contoh Portofolio
source image: freepik.com

Download portofolio

3. Contoh Portofolio Web Development

Contoh Portofolio

Gambar diatas merupakan contoh portofolio web development dalam bentuk website. Bagi kamu yang penasaran, berikut adalah website dari portofolio tersebut: www.emilyridge.ie

4. Contoh Portofolio Fotografer

Contoh Portofolio

Gambar diatas merupakan contoh portofolio fotografer dalam bentuk website. Bagi kamu yang penasaran, berikut adalah website dari portofolio tersebut: anwita-arun.in

5. Contoh Portofolio Sederhana

Contoh Portofolio
source image: freepik.com

Download portofolio

6. Contoh Portofolio Ui/Ux Designer

Contoh Portofolio
source image: dribbble.com/zesan

Gambar diatas merupakan contoh portofolio desain yang ditampilkan di sosial media dribbble.com. Sosial media tersebut ditunjukan untuk menampilkan dan berbagi karya kepada para pengguna Dribbble lainnya.

Baca Juga:

Itulah beberapa contoh portofolio menarik dan terbaik. Semoga informasi tersebut bisa bermanfaat dan sampai jumpa di artikel selanjutnya.

COMMENTS

Nama

anbk,6,asuransi,1,Buku Digital,5,buku teks,14,Ciri teks,15,contoh,120,cpns2019,1,cv,5,Download File,1,games,4,juknis,9,jurnal,2,Kalender,153,kosp,4,Kuliah,14,laporan,14,makalah,3,modul,6,modul ajar,5,modul guru,10,osn,4,Pekerjaan,9,Pendidikan,94,pengertian,31,Permenpan RB,26,phbs,2,poster,3,PPT,64,proposal,7,prota,2,pts,16,resume,4,rpp,25,soal am,3,soal cpns,14,soal pas,15,soal pat,15,soal us,12,surat,17,template,3,template ppt,11,tips,6,usaha,3,
ltr
item
Mautidur.com: 6 Contoh Portofolio Menarik dan Terbaik
6 Contoh Portofolio Menarik dan Terbaik
https://blogger.googleusercontent.com/img/a/AVvXsEjNnEAxFpXP6xhi4bVACax4NoZqO5pGTSpSdmDfm25iUYynJv5DxF-ydQaDzsmxCtcxgTTmhxntVM4nN-p3HT4skbReBPV1yCmLSVACFbX2IOj8sxR6alVhQXK5QTyXmYvBqac5F9O9PKN-SWV-9XWoDdACyM8Z4pzu97ipCjdoRyvzOsXbvjuAMPa7=w640-h442
https://blogger.googleusercontent.com/img/a/AVvXsEjNnEAxFpXP6xhi4bVACax4NoZqO5pGTSpSdmDfm25iUYynJv5DxF-ydQaDzsmxCtcxgTTmhxntVM4nN-p3HT4skbReBPV1yCmLSVACFbX2IOj8sxR6alVhQXK5QTyXmYvBqac5F9O9PKN-SWV-9XWoDdACyM8Z4pzu97ipCjdoRyvzOsXbvjuAMPa7=s72-w640-c-h442
Mautidur.com
https://www.mautidur.com/2022/01/contoh-portofolio.html
https://www.mautidur.com/
https://www.mautidur.com/
https://www.mautidur.com/2022/01/contoh-portofolio.html
true
2310118337026904168
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All DIREKOMENDASIKAN UNTUK KAMU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy Table of Content