7 Contoh Esai yang Baik dan Benar (PDF)

Daftar Isi [Tampil]

Contoh Esai - Pada kesempatan kali ini saya akan memberikan beberapa contoh esai terbaik. Namun, akan lebih baik jika kamu memahami terlebih dahulu apa itu esai.

Pengertian Esai

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), esai adalah suatu karangan atau tulisan yang membahas suatu masalah secara sekilas dari sudut pandang pribadi penulisnya. Dari penjelasan tersebut dapat kita simpulkan bahwa esai adalah tulisan yang mengandung opini yang sifatnya argumentatif atau subjektif.

Pandangan-pandangan pribadi tersebut haruslah logis dan dapat dipahami dengan baik. Argumen yang disampaikan dalam esai harus didukung oleh fakta, sehingga esai tidak menjadi tulisan yang fiktif.

Baca Juga: Pengertian Esai Secara Lengkap

Tujuan Esai

1. Memberikan informasi

Esai menjadi sumber informasi mengenai suatu opini atau penelitian yang dilakukan. Dengan penelitian atau temuan yang diungkapkan dalam esai, pembaca bisa mendapatkan informasi baru terkait topik yang dibicarakan.

2. Meyakinkan pembaca

Argumen yang dituangkan dalam esai bertujuan untuk meyakinkan pembaca agar pembaca percaya terhadap tulisan yang disampaikan. Argumen yang disampaikan harus didukung oleh data-data atau fakta-fakta agar memperkuat opini yang disampaikan.

3. Menerima pemikiran penulisnya

Penulis esai bertujuan untuk membuat pembaca dapat menerima pemikiran penulis yang tertuang dalam esai. Untuk itu data atau fakta menjadi hal yang harus dimasukan oleh penulis untuk dapat meyakinkan pembaca.

Jenis-jenis Esai

1. Esai argumentatif

Esai ini bertujuan untuk meyakinkan pembaca untuk menerima ide, sikap, pandangan atau kepercayaan penulis terhadap permasalahan yang dipilih. Esai argumentatif berusaha mengungkapkan kebenaran dari suatu ide dengan tujuan pembaca berpihak pada penulis dan berbuat sesuatu berdasarkan opini yang terdapat dalam esai tersebut.

2. Tajuk

Tajuk merupakan esai yang dimuat di dalam surat kabar yang menjadi tempat untuk menyalurkan pendapat masyarakat guna menyatakan pandangannya mengenai suatu peristiwa yang sedang ramai dibicarakan masyarakat.

Esai jenis ini mengangkat isu-isu yang sedang ramai dibicarakan masyarakat, seperti politik, sosial dan ekonomi.

3. Pribadi

Dalam esai pribadi, penulis secara terbuka mengungkapkan pendapatnya mengenai isu yang diangkat dalam esai.

4. Kritik

Esai kritik adalah esai yang menilai baik atau buruk, kelebihan atau kekurangan dalam suatu hal, bermanfaat atau tidaknya, baik berupa karya seni maupun karya sastra. Kritik akan membicarakan dan menilai berbagai unsur yang membentuk karya tersebut dan dikemas dalam esai.

5. Esai cerita

Esai cerita bertujuan untuk melukiskan, atau menghadirkan baik barang, seseorang atau lainnya agar mampu dibayangkan oleh pembaca. Intinya esai ini agar pembaca dapat seolah-olah melihat bentuk, mengecap rasa, mendengar suara maupun mencium bau dari suatu barang atau seseorang, atau sesuatu lainnya.

6. Deskriptif

Esai ini merupakan esai yang mendeskripsikan seseorang atau benda. Suatu hal yang dibahas dalam esai ini adalah sebuah benda, seperti alat elektronik, rumah, hewan ataupun seseorang.

7. Cukilan watak

Esai ini memungkinkan seorang penulis menyisipkan cuplikan dari watak seseorang terhadap isu terkait kepada pembaca. Dalam esai ini tidak hanya dijabarkan secara lengkap biografi seseorang tokoh, melainkan hanya mengungkapkan sepenggal watak atau sifat yang dimiliki oleh seorang tokoh terkait dalam esai tersebut.

8. Reflektif

Jenis esai ini ditulis untuk merenungkan suatu isu politik, kebijakan pemerintah dan lain sebagainya yang ditulis oleh seorang pakar atau ahlinya guna menanggapi isu-isu tersebut.

9. Artikel ilmiah

Terakhir jenis esai yang berisi mengenai hasil yang diperoleh dari sebuah penelitian. Artikel jenis ini umumnya menambahkan pengetahuan baru di bidangnya atau mengecek kembali penelitian yang ada sebelumnya dengan kondisi saat ini.

Struktur Esai

Seperti halnya tulisan ilmiah lainnya, esai juga memiliki struktur yang menjadi patokan dalam penulisannya. Berikut adalah struktur dari esai.

1. Pendahuluan

Dalam pendahuluan, penulis dapat memberikan pendapatnya mengenai tema yang akan dibahas. Intinya dibagian pendahuluan dapat memberikan gambaran singkat mengenai topik yang akan dibawahan dalam esai. Tujuan dari pendahuluan adalah untuk membuat pembaca lebih mudah memahami esai yang akan disampaikan. Untuk itu pendahuluan dapat juga dikatakan sebagai awalan esai.

2. Isi

Bagian ini menjelaskan mengenai tema secara rinci dan detail mengenai topik atau tema yang dipilih sebelumnya. Penulis nantinya akan menjabarkan pendapat secara berurut dengan ide yang disusun dalam kerangka. Dasar-dasar dari penyusun argumentasi dijelaskan juga dibagian isi. Sampaikan juga pendapat para ahli yang dikombinasikan dengan fakta di lapangan, sehingga pembaca lebih percaya terhadap opini yang disampaikan oleh penulis. 

3. Kesimpulan

Kesimpulan berisi rangkuman hal-hal penting yang sudah di ulas pada bagian pendahuluan dan isi. Dibagian ini penulis disarankan menulis dengan singkat, padat dan jelas.

contoh esai

Contoh Esai Terbaik

1. Contoh Esai Tentang Covid 19

Berikut adalah contoh esai dengan judul "Peningkatan konsumsi media di Masa Pandemi Covid-19" yang ditulis oleh Marssy Diana Sampe dari Universitas Sanata Dharma.

Download Esai

2. Contoh Esai Tentang Nilai Kearifan Lokal

Berikut adalah contoh esai dengan judul "Nilai keatifan lokal sedekah rawa dalam selamatkan pewayangan (perairan rawa pening yang kondisinya memprihatinkan)" yang ditulis oleh Mafaza Rohman dari Universitas Negeri Semarang.

Download Esai

3. Contoh Esai Tentang Kesuksesan dalam Hidup

Berikut adalah contoh esai dengan judul "Sukses terbesar dalam hidupku" yang ditulis oleh Ridwan Aji Budi Prasetyo dari Universitas Andalas.

Download Esai

4. Contoh Esai Tentang Diriku di Masa Depan

Berikut adalah contoh esai dengan judul "Aku, di Masa yang Akan Datang" yang ditulis oleh Nur Rohmatul Aini dari Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung.

Download Esai

5. Contoh Esai Tentang Stigma Negatif

Berikut adalah contoh esai dengan judul "Stigma negatif lebih mematikan dari Covid-19" yang ditulis oleh Sheria Itqan Biruni dari Universitas Gadjah Mada.

Download Esai

6. Contoh Esai Tentang Kontestasi Media

Berikut adalah contoh esai dengan judul "Kontestasi media di masa pandemi Covid-19 di Indonesia" yang ditulis oleh Nathania Putri Maharani dari Universitas Sanata Dharma.

Download Esai

7. Contoh Esai Tentang Inovasi

Berikut adalah contoh esai dengan judul "Penerapan inovasi negeri melalui green building dan green energy" yang ditulis oleh Astri Mega Sari dari Universitas Negeri Semarang.

Download Esai

Baca juga: 

Itulah contoh esai yang baik dan benar. Semoga contoh-contoh esai tersebut bisa bermanfaat dan sampai jumpa di artikel selanjutnya.

COMMENTS

Nama

anbk,6,asuransi,1,Buku Digital,5,buku teks,14,Ciri teks,15,contoh,120,cpns2019,1,cv,5,Download File,1,games,4,juknis,9,jurnal,2,Kalender,153,kosp,4,Kuliah,14,laporan,14,makalah,3,modul,6,modul ajar,5,modul guru,10,osn,4,Pekerjaan,9,Pendidikan,94,pengertian,31,Permenpan RB,26,phbs,2,poster,3,PPT,64,proposal,7,prota,2,pts,16,resume,4,rpp,25,soal am,3,soal cpns,14,soal pas,15,soal pat,15,soal us,12,surat,17,template,3,template ppt,11,tips,6,usaha,3,
ltr
item
Mautidur.com: 7 Contoh Esai yang Baik dan Benar (PDF)
7 Contoh Esai yang Baik dan Benar (PDF)
https://blogger.googleusercontent.com/img/a/AVvXsEi1dEClPEcUYKm15rROGC83ZoNs1t6mc21PuoBh5nCu2VoB5QehqH_aq5CRc35H2iYaKVgFJzZz09AtZTPeiRrNJig-3I7dCB1PyjZ8V1AYrxnWNOCwlSInw-TTBeRT6H0pXuhAc61RC7TGiCNqFqi3lhYYAWsLBQ_pffGbikosm8fPbRJD_LnVR5SW=w640-h410
https://blogger.googleusercontent.com/img/a/AVvXsEi1dEClPEcUYKm15rROGC83ZoNs1t6mc21PuoBh5nCu2VoB5QehqH_aq5CRc35H2iYaKVgFJzZz09AtZTPeiRrNJig-3I7dCB1PyjZ8V1AYrxnWNOCwlSInw-TTBeRT6H0pXuhAc61RC7TGiCNqFqi3lhYYAWsLBQ_pffGbikosm8fPbRJD_LnVR5SW=s72-w640-c-h410
Mautidur.com
https://www.mautidur.com/2022/01/7-contoh-esai-yang-baik-dan-benar-2022.html
https://www.mautidur.com/
https://www.mautidur.com/
https://www.mautidur.com/2022/01/7-contoh-esai-yang-baik-dan-benar-2022.html
true
2310118337026904168
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All DIREKOMENDASIKAN UNTUK KAMU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy Table of Content