13 Contoh Resensi Buku Terlengkap & Terbaik 2020

Daftar Isi [Tampil]

Contoh Resensi Buku
Contoh Resensi Buku - Pada kesempatan kali ini saya akan memberikan beberapa contoh resensi buku. Namun, kamu harus memahami terlebih dahulu apa itu resensi.

Resensi adalah sebuah tulisan yang berisi mengenai ulasan suatu karya. Resensi sendiri berasal dari bahasa latin, yakni recensere yang artinya menimbang, melihat kembali atau menilai. Bukan cuma buku saja yang bisa diresensikan, tapi bisa berupa drama atau film.

Baca Juga: 8 Contoh Resensi Buku, Novel, Film, Cerpen, Non Fiksi

Biasanya resensi mengandung kekurangan, kelebihan dan informasi dari buku, film, atau novel yang hendak disampaikan kepada pembaca. Penulis resensi juga harus berdasarkan pengamatan yang kritis, dan menimbang antara kelebihan dan kekurangan. Dalam menulis resensi, kita juga harus memperhatikan siapa penulisnya, sinopsisnya, dan informasi penting lainnya.

Manfaat Resensi Buku

  • Bahan pertimbangan

Resensi buku dapat memberikan gambaran kepada pembaca mengenai sebuah buku.

  • Nilai ekonomis

Kamu bisa mendapatkan imbalan atau buku-buku yang diresensikan secara gratis dari penerbit apabila resensimu muncul di media.

  • Sarana promosi buku

Resensi buku biasanya dari buku yang belum pernah diresensikan, sehingga dapat dijadikan promosi dari buku baru tersebut.

  • Pengembangan kreativitas

Dengan sering kamu menulis resensi buku, maka semakin terasah kreativitas kamu.

Tujuan Resensi Buku

  1. Mengetahui kelebihan dan kelemahan karya yang diresensi.
  2. Menguji kualitas karya dan membandingkannya terhadap karya lainnnya.
  3. Mengajak pembaca untuk mendiskusikan karya yang diresensi.
  4. Membantu pembaca mengetahui gambaran dan penilaian umum dari sebuah hasil karya secara ringkas.
  5. Mengenal latar belakang dan alasan sebuah karya dibuat.
  6. Memberi masukan kepada pembuat karya berupa kritik dan saran.
  7. Memberikan pemahaman serta informasi secara komprehensif kepada pembaca tentang karya yang diresensi.

Jenis-jenis Resensi Buku

  • Resensi Deskriptif

Jenis resensi ini memberikan ulasan mengeni sebuah karya, yaitu mempertimbangkan seluruh aspek dan setiap bagiannya dianggap penting. Biasanya penulis akan mengulas setiap babnya secara detail agar mendapatkan penilaian yang akurat.

  • Resensi Informatif

Jika resensi deskriptif memberikan ulasan secara detail. Berbeda dengan jenis resensi informatif yang dilakukan dengan cara memberikan penilaian singkat mengenai sebuah karya.

  • Resensi Kritis

Resensi kritis akan memberikan argumen secara akurat. Bukan hanya sekedar memberikan penilaian terbaik mengenai buku tersebut. Tapi dijelaskan pula data berupa teori sehingga opininya mendapatkan dukungan secara ilmiah. Kebanyakan karya yang diresensi menggunakan jenis ini ialah buku non fiksi karena mengandung IPTEK murni.

Langkah dalam Meresensi Buku

  • Membaca buku

Sebelum melakukan resensi, kamu harus mengetahui isi dari karya yang akan diresensi. Silahkan baca sebuah buku dan pahami setiap kalimatnya. Pastikan kamu membaca karya tersebut hingga benar-benar selesai.

  • Menulis poin-poin penting

Tuliskan poin-poin penting yang akan membantu kamu dalam membuat resensi. Cari juga kelebihan dan kelemahan dari bacaan tersebut.

  • Menulis resensi

Tahapan yang terakhir adalah menuliskan isi dari karya yang kamu baca tergantung dari jenis resensi yang dipilih.

Contoh Resensi Buku

1. Contoh Resensi Buku Merasa Pintar Bodoh Saja Tak Punya

Contoh Resensi Buku
 
Identitas Buku
  • Judul Buku : Merasa Pintar Bodoh Saja Tak Punya
  • Penulis : Rusdi Mathari
  • Penerbit : Buku Mojok
  • Tahun Terbit : 2016
  • Jumlah halaman : 226 halaman
Sinopsis Buku

Buku ini berkisahkan tentang kejadian sehari-hari Cak Dlahom di Desanya. Cak Dlahom merupakan duda tua yang nyeleneh, yang sering ditertawakan warga, dan pastinya sering dianggap gila dengan warga kampung. Bagaimana tidak dianggap gila lha wong Anjing sama Kambing saja dipeluknya bergantian, tidur telanjang diteras masjid ya ndak sungkan, apalagi tawon nguber-nguber ya santai-santai wae rikane.

Buku ini mengulas karakter yang beraneka ragam, dari Mat Piti yang suka membantu, Cak Dlahom yang edan, Romlah yang jadi kembang desa, Gus Mut yang suka mbeweh, Pak Lurah yang biasanya suka komen tentang Cak Dlahom juga karakter-karakter lainnya.

Suguhan ceritanya pun enak dibaca diselingi dengan humor-humor ringan dan segar. Karena itu, meskipun berisi petuah-petuah hidup yang mengandung nilai religius, namun pembaca seakan diajak untuk menikmati cerita tanpa harus merasa sedang diceramahi. Ditambah lagi cerita yang memotret kisah hidup sehari-hari orang biasa, berlatar belakang masyarakat desa yang bersahaja.

Kelebihan Buku
  • Bahasa yang mudah dipahami
  • Kisah-kisah yang disajikan sangat realita di kehidupan
  • Nasihat-nasihat yang diberikan sederhana, namun menusuk sekali bahasannya
Kekurangan Buku
 
Cover buku terlalu sederhana

2. Contoh Resensi Buku The Life Plan

Contoh Resensi Buku
 
Identitas Buku

Judul buku : The Life Plan : 700 Cara Sederhana Untuk Hidup Lebih Baik
Penulis : Robert Ashton
Penerjemah : Fransiskus Ransus
Penerbit : Erlangga
Tahun terbit : 2012
Cetakan : V
Jumlah halaman : 226 halaman

Sinopsis Buku

Setiap insan pasti memiliki hasrat yang tidak pernah puas dalam memenuhi kebutuhan hidup. Faktanya, setiap individu memiliki keterbatasan untuk mencapai tingkat kesempurnaan yang sifatnya relatif. Keberhasilan untuk dapat mencapai tingkat yang sempurna membutuhkan suatu perubahan pola pikir yang dinamis.

Mayoritas masyarakat kehilangan jati diri hingga mereka tidak mengetahui kelebihan tersembunyi yang mereka miliki. Keadaan seperti ini harus di antisipasi dengan cara membuka jendela dunia, mencari referensi sebanyak mungkin, dan merencanakan masa depan secara matang.

Buku The Life Plan, yang ditulis oleh Robert Ashton menyajikan 700 cara yang terbagi atas 10 langkah kecil pada setiap subbabnya yang berguna untuk menyikapi mindset yang tetap bertahan pada zona aman. Buku tepat bagi orang yang sedang mencari jadi diri. Penggunaan bahasa dalam buku ini mudah untuk dipahami seluruh kalangan usia.

Kelebihan Buku
  • Buku yang tepat untuk menjadi bacaan kita dalam memecahkan permasalahan yang sering kita temui dalam kehidupan sehari-hari
  • Sampul dari buku ini dirancang dengan warna hijau cerah dan berpadu dengan judul yang ditulis dengan font ukuran besar, menjadikan buku ini mempunyai daya tarik untuk dibaca
Kekurangan Buku

Terdapat kata-kata dalam bahasa ilmiah yang sedikit sulit dipahami oleh pelajar ditingkat menengah pertama

3. Contoh Resensi Buku Burung Burung Manyar

Contoh Resensi Buku

Identitas Buku

  • Judul buku : Burung Burung Manyar
  • Penulis : Y .B. Mangunwijaya
  • Penerbit : Diterbitkan pertama kali oleh Penerbit Djambatan, Jakarta, Agustus 1981. Selanjutnya, buku ini mengalami pencetakan ulang secara berurut, yaitu cetakan kedua pada Desember 1981, cetakan ketiga Juni 1983, cetakan keempat Maret 1986, cetakan kelima Oktober 1988, cetakan keenam Agustus 1993, cetakan ketujuh Oktober 1996, cetakan kedelapan Agustus 1999, cetakan keenam belas tahun 2010
  • Jumlah halaman : 406 halaman
Sinopsis Buku

Bagian pertama tahun 1934-1944 sebelum masa kemerdekaan Indonesia. Bagian pertama buku ini menceritakan masa kecil Teto dan Atik, tokoh Utama buku ini. Teto, atau yang mempunyai nama asli Setadewa adalah anak dari seorang ningrat Jawa yang menjadi seorang Letnan KNIL, yang lahir dari rahim seorang perempuan Belanda. Sementara Atik, Larasati, anak dari ibu yang masih punya hubungan dengan lingkungan keraton, dan seorang ayah dari rakyat, bukan keturunan ningrat Jawa.

Pada bagian kedua buku ini, menceritakan tentang peristiwa yang terjadi di rentang tahun 1945-1950. Diceritakan bagaimana peristiwa selama masa kemerdekaan mengubah kehidupan Teto dan Atik secara drastis, dan bertolak belakang. Teto, yang menaruh kebencian kepada Jepang, yang telah merenggut keluarganya, kemudian menjadi tentara KNIL, melawan republik yang menurut pemahamannya adalah sekutu Jepang. Sementara Atik yang berpendidikan baik, berdiri di pihak republik.

Kelebihan Buku

Buku dengan jumlah halaman mencapai 400 lebih, penulis mampu menyajikan buku yang kaya gagasan. Hingga bab terakhir, tidak tertebak akhir yang akan diberikan penulis.

Kekurangan Buku

Terdapat jeda antara bagian kedua dan bagian ketiga. Meskipun dijelaskan sedikit pada bagian ketiga, namun tidak dijelaskan bagaimana perkembangan teto kecil menjadi besar.

4. Contoh Resensi Buku Madilog


Identitas Buku
  • Judul buku : Madilog
  • Penulis : Tan Malaka
  • Penerbit : Penerbit Narasi
  • Tahun terbit : 2016
  • Jumlah halaman : 568 halaman
Sinopsis Buku

Bangsa Indonesia memandang bahwa apa yang terjadi di dunia ini dipengaruhi oleh kekuatan keramat di alam gaib. Cara pandang ini, disebut oleh Tan Malaka sebagai “logika mistika”. Logika ini melumpuhkan karena ketimbang menangani sendiri permasalahan yang dihadapi, lebih baik mengharapkan kekuatan-kekuatan gaib itu sendiri. Karena itu, mereka (masyarakat Indonesia) mengadakan mantra, sesajen, dan doa-doa. Madilog hadir dalam upaya merevolusi paradigma tersebut. Madilog adalah sebuah akronim dari Materialisme, Dialektika, dan Logika yang merupakan titik pokok buku ini.

Tan Malaka melihat kemajuan umat manusia harus melalui tiga tahap : Dari “logika mistika” lewat “filsafat” ke “ilmu pengetahuan” (sains). Selama bangsa Indonesia masih terkungkung oleh “logika mistika” itu, tak mungin ia menjadi bangsa yang merdeka dan maju. Madilog merupakan jalan keluar dari “logika mistika” dan imbauan seorang nasionalis sejati buat bangsanya untuk keluar dari keterbelakangan dan ketertinggalan.

Kelebihan Buku


Buku ini mengajak pembaca kepada revolusi paradigma berpikir dari model logika mistika kearah pemikiran menggunakan logika, dialektika yang mengedepankan rasionalitas dan berpedoman pada metode saintifik sebelum akhirnya sampai pada kesimpulan.

Kekurangan Buku

Gaya tulisan dan beberapa kosakata dalam buku ini mungkin sedikit susah dicerna bagi pembaca saat ini. Hal ini disebabkan, keterbatasan konsep tulisan berbahasa dan beberapa kosakata dari bahasa asing yang belum ada padanan katanya di bahasa Indonesia.

5. Contoh Resensi Buku Generasi Langgas

Contoh Resensi Buku

Identitas Buku

Judul buku : Generasi Langgas (Millenials Indonesia)
Penulis : Yoris Sebastian, Dilla Amran & Youth Lab
Penerbit : Gagas Media
Tahun terbit : 2016
Jumlah halaman : 194 halaman

Sinopsis Buku


Buku ini bercerita tentang generasi millenials di Indonesia. Mereka yang lahir tahun 1980 hingga 2000. Di tangan merekalah, penentuan apakah Indonesia akan mendapatkan bonus demografi di tahun 2020 atau malah sebaliknya.

Generasi millenials bisa dibilang sangat berbeda dengan generasi-generasi sebelumnya sehingga baik di lingkup pekerjaan maupun di rumah, suka tidak mudah untuk dipahami. Tidak heran bila millenials sering kali diberi cap yang kurang baik. Generasi instan? Generasi copas? Generasi nggak mau susah?

Buku ini memberikan pandangan berbeda. Saya percaya bahwa millenials ini bisa menjadi generasi terbaik yang pernah ada di Indonesia. Itu kalau generasi ini mau mengambil inspirasi positif dari berbagai sumber, terutama dari teman-teman mereka yang sama-sama millenials juga.

Kelebihan Buku
  • Gaya penulisannya sopan, mudah dipahami, dan ringan
  • Terdapat banyak kata motivasi yang sangat berharga
  • Dilengkapi dengan contoh-contoh dari perusahaan besar yang sudah sukses
  • Cover­-nya unik dan menarik
Kekurangan Buku
  • Ada typo pada kalimat Young Top, yang seharusnya adalah Young on Top
  • Karena banyaknya sub-bab di buku ini mungkin membuat buku menjadi tebal

6. Contoh Resensi Buku Interesting Person

Contoh Resensi Buku

Identitas Buku
  • Judul buku : Interesting Person
  • Pengarang : Heri “smile” Suchaeri
  • Penerbit : Real Books, Yogyakarta
  • Tahun terbit : 2015
  • Jumlah halaman : 154 halaman
Sinopsis Buku

Perjalanan hidup memang tidak lepas dari aral, begitu pula pandangan orang lain terhadap kita yang tidak selamanya baik. Mereka sah untuk beranggapan apa saja tentang kita, dan kita pun jangan pernah risau akan hal itu. Tetapi itu perlu diperhatikan, bahwa kita perlu hidup harmonis dengan orang lain, terutama mereka yang dekat dengan kita.

Menjadi pribadi yang menarik bukanlah hal yang sulit. Dan untuk mewujudkan hal itu tidak butuh waktu yang lama, hanya dengan waktu 1 menit saja untuk bisa mewujudkan hal itu.

Hanya dengan sedikit pujian maka orang lain akan takluk kepada Anda. Ada sebuah ungkapan dari buku ini yang membuat tertarik, “Untuk menarik ketertarikan orang lain, maka Anda harus terlebih dahulu menjadi pribadi yang menarik. Untuk menarik orang  kuat maka Anda harus lebih dahulu menjadi orang yang kuat. Jadilah sosok yang Anda inginkan sehingga Anda mampu menarik orang lain yang Anda inginkan – Jim Rohn”.

Kelebihan Buku
  • Menjelaskan dengan detail bagaimana menjadi orang yang menarik dan bisa membaca pikiran orang lain
  • Buku ini dikemas dengan bahasa yang mudah dimengerti dan sesuai dengan EYD
Kekurangan Buku

Buku ini memiliki covernya kurang menarik, gambar-gambar didalamnya pun berwarna hitam-putih sehingga terkesan monoton

7. Contoh Resensi Buku Pemrograman WEB dengan HTML

Contoh Resensi Buku

Identitas Buku
  • Judul buku : Pemrograman WEB dengan HTML
  • Pengarang : Betha Sidik, Ir. Dan Husni I. Pohan, Ir., M. Eng.
  • Penerbit : Informatika
  • Tahun terbit : 2005
  • Jumlah halaman : 417 halaman
Sinopsi Buku

Dalam pembuatan website tentu saja kita harus mengetahui apa saja yang bahasa pemrograman gunakan untuk membangun website. Terlepas dari teknologi yang maju saat ini, buku juga menjadi satu pilihan para pembuat website untuk membantu mereka dalam membangun website mereka.

Dalam buku ini berisi bahasa-bahasa pemrograman yang sering di gunakan dalam pembangunan website seperti HTML, Javascript, dll. Oleh maka itu, buku ini juga merupakan sesuatu pedoman dasar dalam pembuatan website.

Kelebihan Buku
  • Mampu memberikan secara rinci dari source code yang telah di berikan
  • Buku berisi banyak contoh source code bukan hanya dari satu bahasa pemrograman tetapi banyak bahasa pemrograman
  • Sangat cocok untuk pemula yang ingin berlajar membuat website
Kekurangan Buku

Buku ini termasuk keluaran lama, sehingga sudah tertinggal dengan kemajuan website sekarang

8. Contoh Resensi Buku Pangan dan Gizi Untuk Kesehatan

Contoh Resensi Buku

Identitas Buku
  • Judul buku : Pangan Dan Gizi Untuk Kesehatan
  • Penulis : Prof. Dr. Ir. Ali Khomsan
  • Penerbit : PT.RAJAGRAFINDO PERSADA
  • Tahun terbit : 2010
  • Jumlah halaman : 304 halaman
Sinopsis Buku

Buku pangan dan gizi untuk kesehatan ini menyajikan sejumlah informasi sangat berharga tentang kaitan penting antara gizi dan pangan dengan kesehatan, mulai dari janin hingga manula. gizi tak hanya menentukan perkembangan otak, karakter anak dan manula, tapi juga mempengaruhi perkembanan berbagai macam penyakit anak dan degeneratif seperti kanker, hipertensi, jantung koroner, dan penumpukan kolestrol.  

Buku ini juga menawarkan berbagai pola makan sehat, jenis dan bahkan takaran nya. Selain itu, penggarang juga menjelaskan masalah keamanan makanan yang sering luput dari perhatian kita, yang terkadang berdampak fatal. Dengan topik yg sedemikin luas dan beragam, buku ini menjadi salah satu refrensi paling konfrehensif dan sangat berharga bagi kita.

Kelebihan Buku

Manfaat dari buku ini dapat di terapkan setiap hari mulai dari cara mengatasi ganguan kesehatan dengan manual mau pun secara medis. Di buku ini juga banyak cara meningkatakan di fungsi otak saat masih dalam kandungan hingga sampai lansia.

Kekurangan Buku
  • Tidak ada gambar penjelasan
  • Tulisan atau font yang digunakan kecil

9. Contoh Resensi Buku BUKU PINTAR OLAHRAGA

Contoh Resensi Buku

Identitas Buku
  • Judul buku : Buku Pintar Olahraga
  • Penerbit : Pustaka Baru Press
  • Tahun terbit : 2016
  • Penulis : Teguh Sutanto
  • Editor : Mona
  • Jumlah halaman : 234 halaman
Sinopsis Buku

Kesehatan merupakan anugerah terbesar yang harus kita jaga. Lalu, bagaimana cara terbaik menjaga kesehatan tubuh kita? Yaitu dengan olahraga. Makna olahraga adalah aktivitas untuk melatih tubuh seseorang, tidak hanya jasmani tetapi juga rohani.

Seperti kita ketahui bahwa Olahraga banyak sekali jenisnya. Nah, tujuan dari buku ini adalah agar aktivitas berolahraga menjadi lebih menyenangkan.

Buku ini berisikan tentang berbagai macam cabang olahraga. Ada 21 macam cabang olahraga antara lain: anggar, angkat besi, atletik, baseball, basket, biliar, binaraga, boal tangan, bola voli, hoki, bowling,bulu tangkis, futsal, golf, gulat, renang, rugby, sepak bola, sepak takraw, tenis meja, dan tenis lapangan.

Kelebihan Buku
  • Isinya cukup lengkap
  • Beragam cabang olahraga tersedia dalam buku ini
Kekurangan Buku

Gambar dan sampul buku kurang menarik

10. Contoh Resensi Buku Ilmu Kesehatan Olahraga

Contoh Resensi Buku

Identitas Buku

  • Judul Buku : Ilmu Kesehatan Olahraga
  • Penulis : PROF. H.Y.S. SANTOSA GIRIWIJOYONO dan DR. DIKDIK ZAFAR SIDIK, M.Pd.
  • Penerbit : PT REMAJA ROSDAKARYA Bandung
  • Tahun terbit : 2012
  • Jumlah halaman : 468 halaman
Sinopsis Buku

Kesibukan “duniawi” seringkali menyebabkan orang menjadi kurang gerak, disertai stres yang dapat mengundang berbagai penyakit non-infeksi. Khususnya orang yang tidak melakukan olahraga atau tidak menjalankan pola hidup sehat.

Salah satu cara untuk meningkatkan dan memelihara derajat kesehatan adalah dengan melakukan olahraga kesehatan. Sehingga orang bukan saja sehat di kala diam (sehat statis) tetapi juga sehat serta mempunyai kemampuan gerak yang dapat mendukung  aktivitas kehidupannya sehari-hari (sehat dinamis).

Buku ini menguraikan secara terperinci tata hubungan antara olahraga dengan kesehatan, cara melakukan olahraga untuk kesehatan, berapa berat olahraga harus dilakukan agar menjadi lebih sehat, dan permasalahan penting lainnya yang menyangkut kesehatan.

Intinya, buku ini mengarahkan pembaca agar mampu mencapai derajat kesehatan sesuai konsep sehat WHO, yakni sejahtera jasmani, rohani dan sosial. Bukan hanya bebas dari penyakit, cacat ataupun kelemahan.

Kelebihan Buku

Materi yang dikemas dalam buku ini cukup detail dan lengkap sehingga pembaca dapat memahami dan mengerti dengan mudah.

Kekurangan Buku

Dengan ketebalan buku lebih dari 400 halaman, menjadikan orang yang mau membacanya akan langsung bosan karena banyaknya halaman.

11. Contoh Resensi Buku Jangan Kuliah! Kalau Gak Sukses

Contoh Resensi Buku

Identitas Buku
  • Judul buku : Jangan Kuliah! Kalau Gak Sukses
  • Penulis : Setia Furqon Kholid
  • Penerbit : Rumah Karya
  • Tahun terbit : 2015
  • Jumlah halaman : 191 halaman
Sinopsis Buku

Bagian pertama di buku motivasi ini berisi tentang hukum-hukum kehidupan. Disisipkan didalamnya motivasi dari orang-orang hebat disertai kutipan ayat-ayat Al-Qur’an. Tujuannya adalah untuk mendorong mahasiswa memulai gerak perubahan mereka.

Buku ini adalah suplemen bagi mahasiwa yang ingin sukses. Tambahan Nutrisi bagi mahasiswa yang mau tapi belum bergerak untuk menjemput kesuksesannya. Isi buku yang disajikan sangat menarik berisi langkah-langkah memulai perubahan membuat buku ini tak bosan dibaca.

Melihat dari isinya, buku ini sangat cocok untuk mahasiwa dari berbagai bidang dan keahlian. Bisa juga direkomendasikan untuk anak SMA yang hendak kuliah agar pola sukses yang mereka inginkan bisa tergambarkan.

Kelebihan Buku
  • Ukuran buku dan jenis huruf yang digunakan juga sangat pas dan enak dipandang mata
  • Pemaparan isi buku menarik sekali dan sarat akan kiat-kiat sukses
  • Sering juga penulis menyisipkan kata-kata motivasi baik dari pribadi maupun mengutip dari orang-orang hebat sehingga berhasil membuat pembaca hanyut dan tak ingin berhenti
Kekurangan Buku
  • Design sampul yang terlalu banyak warna serta beragamnya jenis huruf yang digunakan  membuat cover kurang menarik
  • Terdapat beberapa kesalahan dalam penulisan kata dan penggunaan tanda baca seperti pada halaman 40, 50 dan 51

12. Contoh Resensi Buku Sukses Dapat Kerja Jalur Online

Contoh Resensi Buku

Identitas Buku

  • Judul buku : Sukses Dapat Kerja Jalur Online
  • Pengarang : Aresto YS
  • Penerbit : GagasMedia
  • Tahun terbit : 2010
  • Jumlah halaman : 200 halaman
Sinopsis Buku

Buku ini secara umum mengupas bagaimana caranya melamar pekerjaan melalui internet. Pada bab pertama, dijelaskan beberapa alasan mengapa internet menjadi cara baru yang efektif dalam mencari dan melamar pekerjaan. Singkatnya karena internet dapat menjangkau ke seluruh antero jagad tanpa harus dibatasi letak geografis. Sehingga memudahkan kita untuk mencoba kesempatan bursa kerja baik regional maupun internasional.

Pada bab dua ini menjelaskan secara detail mengenai panduan penulisan CV dilengkapi dengan contoh-contohnya. Halaman selanjutnya membahas tentang langkah-langkah membuat blog sederhana untuk pemula dan hal-hal yang perlu diperhatikan saat hendak memposting sebuah konten.

Pada bab tiga lebih fokus membicarakan tentang e-resume. Diawali dengan keuntungan yang didapat dan tips-tips khusus yang dapat digunakan ketika menyiapkan e-resume. Selain dua hal tersebut, juga dipaparkan strategi sederhana kampanye saat mencari pekerjaan agar menjadi lebih efektif dan terstruktur.

Bab empat mengulas tentang situs lowongan kerja yaitu JobsDB.com. Dilengkapi dengan cara mendaftar di situs tersebut. Bab lima fokus membicarakan tentang cara membangun karier lewat komunitas online yang dapat membantu kita tidak hanya ketika mencari kerja atau menjual sesuatu. Kemudian pada bab enam dijelaskan beberapa tips yang harus dipakai pada saat wawancara kerja dan cara menjawab pertanyaan dari pewawancara.

Kelebihan Buku

Dalam buku ini dijelaskan secara rinci dengan gambar-gambar seperti screenshotan sehingga mudah untuk dipahami dan diikuti

Kekurangan Buku

Desain sampul buku terlihat sederhana

13. Contoh Resensi Buku Teman Berjuang

Contoh Resensi Buku

Identitas Buku
  • Judul buku : Teman Berjuang
  • Penulis : Indra Sugiarto
  • Penerbit : Loveable x Bhumi Anoma
  • Tahun terbit : 2019
  • Jumlah halaman : 183 halaman
Sinopsis Buku

Kalau belum berhasil hari ini, besok kita berjuang lagi. Kalau lelah hari ini, saatnya menarik selimut dan pergi kealam mimpi. Kalau kamu bosan hari ini, besok kita bicara lagi. Jiwamu, badanmu, wajahmu, semuanya pemberian Tuhan. Jika kamu kelak lupa untuk bersyukur, jika kelak kamu menangis lagi, jika kelak kamu kecewa kepada dirimu sendiri, kecewa dengan orang lain, bukalah lagi buku ini. Aku ingin menemanimu.

Ada yang untuk bermimpi saja tidak berani. Ada yang sudah punya mimpi tapi terhambat oleh energi. Ada yang sedang gagah berjuang, tapi diserang kegagalan berkali-kali. Ada yang sudah sukses, tetapi terjebak dalam sepi. Buku ini ingin menemanimu ke depan, berjuang, melangkah jauh meninggalkan sarang, menemanimu di medan perang. Buku ini ingin menguatkanmu, saat sabar menjadi begitu berat dan saat mimpi terasa begitu jauh. Bawalah kata-kata di dalam buku ini sebagai bekal dan motivasi. Untukmu pejuang, selamat berpetualang.

Kelebihan Buku
  • Kata-kata yang digunakan mudah dipahami
  • Buku ini juga dapat dijadikan sebagai motivasi untuk berjuang meraih mimpi dan menggapai cita-cita
Kekurangan Buku

Buku ini seharusnya diberi jangkauan umur untuk para pembaca agar anak-anak yang berusia dibawah 17 tahun tidak diperkenankan membaca, karena didalam buku ini terdapat kalimat yang belum bisa mereka pahami.

Baca Juga:

Itulah informasi mengenai Contoh Resensi Buku yang didapatkan dari berbagai sumber di internet. Semoga bermanfaat dan terima kasih telah berkunjung.

COMMENTS

Nama

Buku Digital,5,Ciri teks,1,CPNS,52,cpns2019,93,Download File,1,Formasi CPNS,2,honorer,1,Kalender,20,Karangan,38,Kendala CPNS 2018,2,kesehatan,1,Kuliah,7,modul,5,Pekerjaan,11,Pendaftaran CPNS,12,Pendidikan,89,Permenpan RB,26,Persyaratan CPNS,5,phbs,2,PPT,22,rpp,18,SBMPTN,1,Simulasi Cat CPNS,4,soal cpns,13,surat,1,template ppt,5,Terbaru,1,
ltr
item
Informasi Pendidikan: 13 Contoh Resensi Buku Terlengkap & Terbaik 2020
13 Contoh Resensi Buku Terlengkap & Terbaik 2020
https://1.bp.blogspot.com/-ZY0PnitpaKg/X4B2sNiXx6I/AAAAAAAAC3w/lStf1pTeLkQUoii4gdpLa24m0-gsFOKRwCLcBGAsYHQ/w640-h376/judul.jpg
https://1.bp.blogspot.com/-ZY0PnitpaKg/X4B2sNiXx6I/AAAAAAAAC3w/lStf1pTeLkQUoii4gdpLa24m0-gsFOKRwCLcBGAsYHQ/s72-w640-c-h376/judul.jpg
Informasi Pendidikan
https://www.mautidur.com/2020/10/13-contoh-resensi-buku-terlengkap.html
https://www.mautidur.com/
https://www.mautidur.com/
https://www.mautidur.com/2020/10/13-contoh-resensi-buku-terlengkap.html
true
2310118337026904168
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All Artikel Terkait LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy Table of Content