10 Contoh Teks Ceramah Singkat & Terbaik

Daftar Isi [Tampil]

Contoh Teks Ceramah - Pada kesempatan kali ini saya akan memberikan beberapa contoh teks ceramah singkat. Namun, kamu harus memahami terlebih dahulu apa itu teks ceramah.

Teks ceramah merupakan teks yang didalamnya mengandung informasi untuk meyakinkan atau mengajak pembaca atau pendengar untuk melakukan suatu hal. Teks ini umumnya mengandung pesan untuk memberikan arahan, nasihat dan petunjuk.

Ceramah bisa didengarkan oleh siapa saja. Namun umumnya teks ceramah hanya bersifat spesifik yang dikhususkan untuk kelompok tertentu. Kamu akan sering menjumpai teks ini dalam suatu acara, maupun sarana komunikasi seperti media cetak atau elektronik.

Baca Juga: 10 Contoh Teks Tanggapan Kritis Terbaik

Jenis - Jenis Ceramah

  • Ceramah Umum

Ceramah umum merupakan jenis ceramah yang tidak dibatasi jumlah pendengarnya, bisa untuk masyarakat luas dan siapa saja. Pada jenis ceramah ini tidak dibatasi usia, baik itu muda atau tua, sedangkan untuk materi ceramah dibuat sesuai dengan tema acara. Contohnya pelatihan, seminar dan lain sebagainya.

  • Ceramah Khusus

Ceramah khusus merupakan jenis ceramah yang dimana pendengar sudah ditentukan secara khusus. Materi yang disampaikan juga bersifat khusus yang ditentukan sebelumnya. Contohnya perayaan Isra'Miraj, Maulid Nabi dan lain sebagainya.

Ciri - Ciri Teks Ceramah

  1. Memiliki struktur yang terdiri dari pendahuluan, isi dan penutup.
  2. Disampaikan oleh seseorang yang bergelut dalam bidang tertentu.
  3. Bahasa yang digunakan sopan dan mudah dipahami
  4. Isi teks ceramah tersebut disesuaikan dengan tema yang ditentukan sebelumnya.
  5. Ceramah tersebut memiliki tujuan untuk memberi nasehat, mengajak, dan dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari.

Struktur Teks Ceramah

Seperti teks pada umumnya, teks ceramah juga memiliki struktur, diantaranya adalah sebagai berikut.

  • Pendahuluan

Bagian ini umumnya berisi salam pembuka, penghormatan, dan rasa syukur.

  • Isi Ceramah

Isi ceramah ini meliputi informasi, nasehat, materi yang menjadi fokus dan pokok pembicaraan dalam ceramah.

  • Penutup

Bagian ini merupakan kesimpulan, permintaan maaf ketika membawakan ceramah dan salam penutup.

Contoh Teks Ceramah

1. Contoh Teks Ceramah Tentang Berhijab

Contoh Teks Ceramah

Assalamualaikum Warrahmatullahi Wabarakatuh

Rasa syukur terhadap kebesaran Tuhan semesta alam, Allah Subhanallahuwataala. Senantiasa kita haturkan melalui lisan maupun perbuatan atas nikmat dan karunianya yang selalu dilimpahkan kepada kita semua.

Shalawat serta salam selalu kita sanjungkan kepada Rasulullah Muhammad Salallahualaihiwasalam, semoga kita selalu mendapat syafaatnya pada hari kiamat nanti.

Pada kesempatan yang berbahagia ini, saya akan memberikan ceramah mengenai berhijab.

Berhijab adalah kewajiban yang harus ditunaikan bagi setiap wanita muslimah. Hijab adalah salah satu bentuk pemuliaan terhadap wanita yang telah disyariatkan dalam islam. Hijab juga dapat melindungi kita dari berbagai hal yang negatif.

Allah SWT dalam surat Al Ahzab (59) berfirman : “Hai Nabi, katakanlah kepada isteri-isterimu , anak-anak perempuanmu dan isteri-isteri orang mu’min: hendaklah mereka mengulurkan jilbabnya keseluruh tubuh mereka”. Yang demikian itu supaya mereka lebih mudah untuk dikenal, karena itu mereka tidak diganggu. Dan Allah adalah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.”

Dalam ayat tersebut Allah SWT sendiri sudah berfirman. Allah telah mewajibkan seorang wanita untuk menjaga kehormatan wanita itu sendiri.

Banyak anggapan bahwa kalau mau berhijab harus memperbaiki dulu sifat dan tingkah lakunya. Namun, sebenarnya memperbaiki tingkah laku memang harus. Tapi, ada baiknya menutup aurat lalu menyempurnakan perilakunya.

Cukup sekian ceramah mengenai pentingnya berhijab bagi wanita muslimah. Mohon maaf bila ada kalimat yang tak berkenan di hati Anda. Wassalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

2. Contoh Teks Ceramah Tentang Menuntut Ilmu

Contoh Teks Ceramah

Assalamualaikum Warrahmatullahi Wabarakatuh. Puji syukur kita panjatkan atas kehadiran Allah SWT, yang mana berkat rahmat, taufik, hidayah serta inayahnya kepada kita semua sehingga dapat berkumpul disini dalam keadaan sehat.

Kedua kalinya sholawat serta salam tetap tercurah limpahkan kepada junjungan kita Nabi Agung Muhammad SAW, yang telah membimbing kita dari zaman jahiliah menuju zaman zakiyyah. Yaitu agama Islam dan Iman.

Pada kesempatan yang berbahagia ini, saya akan memberikan ceramah mengenai Menuntun ilmu.

Pada dasarnya menuntut ilmu itu sangat penting karena sesungguhnya ilmu adalah kehidupan dan cahaya. Keutamaan ilmu yang paling nyata adalah bahwa ilmu merupakan sarana untuk bertakwa kepada allah. Ilmu pengetahuan merupakan sesuatu yang disukai, sepenting-penting sesuatu yang di cari dan sesuatu yang paling bermanfaat, daripada selainnya.

Ilmu pengetahuan merupakan sesuatu yang utama, mulia dan penting. Untuk itu semua harus menyadari tentang hal ini, setiap pendidik pada lembaga pendidikan manapun harus mampu menyadari akan keutamaan dan pentingnya ilmu, menyalurkannya kepada peserta didik, sehingga manfaat dan fungsi ilmu pengetahuan dirasakan secara menyeluruh, bukan sekedar formalitas belaka.

Sekian penjelasan terkait pentingnya menuntut ilmu. Wassalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

3. Contoh Teks Ceramah Tentang Sabar

Contoh Teks Ceramah

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

Mari kita panjatkan rasa syukur pada Allah SWT. Yang telah memberi kita nikmat untuk bertemu pada kesempatan kali ini. Tidak lupa shalawat serta salam selalu disanjungkan kepada Nabi Muhammad SAW, beserta keluarga, dan para sahabatnya.

Pada kesempatan yang berbahagia ini, saya akan memberikan ceramah mengenai sabar.

Sabar dalam Islam merupakan salah satu dari sifat mahmudah, sifat terpuji yang perlu dan mesti terwujud dalam diri setiap umat Nabi Muhammad SAW.

Sabar itu tidak hanya sekedar pasrah terhadap dari segala persoalan dan keadaan tanpa diiringi usaha. Allah SWT menganjurkan semua umat manusia agar menjadikan sabar dan shalat sebagai pembantu dan penolong dalam hidup dan kehidupan.

Sabar itu sikap menahan diri dari kesulitan, kesusahan dan menyikapinya sesuai dengan ketentuan syariah Islam dengan menjaga akal, menjaga lisan dari perkataan yang tercelah dan menahan anggota badan dari perbuatan yang akan mendatangkan perbuatan yang akan mendatangkan dosa dan lainnya.

Sebagaimana sabda Rasulullah SAW yang artinya : “Sabar dan ihtisab (mawas diri) lebih utama dari membebaskan budak-budak dan Allah akan memasukkan orang yang sabar dan mawas diri kedalam syurga tanpa hisab.” (HR. Ath-Tabrani).

Untuk itu jalan terbaik untuk menghadapi berbagai macam urusan adalah sabar, karena orang yang sabar akan memperoleh pahala yang besar dan jalan kemudahan dari Allah Swt.

Demikian yang bisa saya sampaikan, besar harapan agar hadirin sekalian melakukannya dengan benar. Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.

4. Contoh Teks Ceramah Tentang Ikhlas

Contoh Teks Ceramah

Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh

Puji dan syukur marilah kita panjatkan kehadirat Allah swt, karena atas rahmat dan karunia-Nya kita bisa sama-sama berkumpul di sini dalam keadaan sehat. Shalawat serta salam semoga tetap terlimpahkan kepada Nabi kita Nabi besar Muhammad saw, kepada keluarganya, sahabatnya, kepada kita semua, serta kepada seluruh umatnya hingga akhir zaman.

Pada kesempatan yang berbahagia ini, saya akan memberikan ceramah mengenai ikhlas.

Ikhlas dalam beramal ibadah dan amal shaleh adalah melakukan suatu amal kebaikan, dan dalam melaksanakannya ditujukan semata-mata untuk Allah.

Rasulullah SAW mengingatkan, ”Allah tidak menerima amal kecuali apabila dilaksanakan dengan ikhlas untuk mencari ridha Allah semata.” (HR Abu Dawud dan Nasa’i).

Walaupun keringat dingin bertetesan, segenap tenaga habis, pikiran terkuras, kalau tidak ikhlas, sebesar apa pun amal, sia-sia di mata Allah. Maka, sangat rugi orang yang sedekah habis-habisan hanya ingin disebut dermawan.

Mulai dari sekarang marilah kita membangun rasa ikhlas ketika beramal ibadah dan amal shaleh dan juga ketika melakukan hal-hal lainnya. Ikhlas dalam artian melakukan segala sesuatu hanya untuk Allah dan mengharapkan ridha-Nya. Dengan ikhlas, hati kita akan menjadi lebih tenang.

Demikian ceramah saya pada kali ini, semoga teman-teman bisa mengambil makna dari ceramah ini dan mengimplementasikannya di dunia nyata.

wabillahi taufik walhidayah wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.

5. Contoh Teks Ceramah Tentang Bulan Ramadhan

Contoh Teks Ceramah

Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh

Sebelumnya, mari kita bersama-sama memanjatkan puja dan puji syukur atas nikmat dan rahmat yang Allah SWT berikan kepada kita semua. Sholawat serta salam semoga terus tercurahkan kepada junjungan kita Nabi besar Muhammad SAW yang telah membimbing kita menuju jalan yang lurus dan terbebas dari kebodohan dan ke jahiliahan.

Pada kesempatan yang berbahagia ini, saya akan memberikan ceramah mengenai Bulan Ramadhan.

Bulan suci Ramadhan merupakan kesempatan bagi setiap hamba Allah untuk lebih meningkatkan ketakwaan, dikarenakan bulan ini memiliki beberapa keutamaan atau manfaat seperti berikut ini:

  • Ramadhan Bulan Diturunkannya Al-Qur’an
Ramadhan merupakan syahrul Quran (bulan Al-Quran). Diturunkannya Al-Quran pada bulan Ramadhan menjadi bukti nyata atas kemuliaan dan keutamaan bulan Ramadhan.

Allah Swt berfirman yang artinya : “Bulan Ramadhan adalah (bulan) yang didalamnya diturunkan Al-Quran, sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan-penjelasan petunjuk tersebut dan pembeda (antara yang benar dan yang batil).” (QS. Al-Baqarah: 185).

  • Bulan Penuh Keberkahan
  • Malam Lailatul Qodar
  • Bulan Ramadhan Bulan Pengampunan Dosa Maghfirah
  • Ramadhan Pintu Surga Dibuka Pintu Neraka Ditutup
Mengingat berbagai keutamaan Ramadhan tersebut di atas, maka sangat disayangkan bila Ramadhan datang dan berlalu meninggalkan kita begitu saja, tanpa ada usaha maksimal dari kita untuk meraihnya dengan melakukan berbagai ibadah dan amal shalih.

Demikian ceramah saya pada kali ini, semoga teman-teman bisa mengambil makna dari ceramah ini. Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Bulan ini disebut juga dengan bulan syahrun mubarak. Hal ini adalah berdasarkan pada dalil hadist Nabi Rasulullah SAW yang artinya :”Sungguh telah datang kepada kalian bulan yang penuh berkah. Pada bulan ini diwajibkan puasa kepada kalian..” (HR. Ahmad, An-Nasa’i dan Al-Baihaqi). Dan juga bahwa setiap ibadah yang dilakukan di bulan Ramadhan, maka Allah akan melipat gandakan pahalanya.

6. Contoh Teks Ceramah Tentang Berdoa

Contoh Teks Ceramah

Assalamualaikum Warrahmatullahi Wabarakatuh

Rasa syukur terhadap kebesaran Tuhan semesta alam, Allah Subhanallahuwataala. Senantiasa kita haturkan melalui lisan maupun perbuatan atas nikmat dan karunianya yang selalu dilimpahkan kepada kita semua.

Shalawat serta salam selalu kita sanjungkan kepada Rasulullah Muhammad Salallahualaihiwasalam, semoga kita selalu mendapat syafaatnya pada hari kiamat nanti.

Pada kesempatan yang berbahagia ini, saya akan memberikan ceramah mengenai berdoa.

Berdoa kepada Allah Swt adalah perbuatan mulia yang sangat penting untuk dikerjakan oleh orang Islam. Berdoa tidak sekadar menyampaikan keinginan dan harapan seorang hamba kepada-Nya. Akan tetapi, berdoa juga merupakan perbuatan ibadah yang berpahala.

Allah Swt. berfirman:

"Dan apabila hamba-hamba-Ku bertanya kepadamu tentang Aku, maka (jawablah), bahwasanya Aku adalah dekat. Aku mengabulkan permohonan orang yang berdoa apabila ia memohon kepada-Ku, maka hendaklah mereka itu memenuhi (segala perintah-Ku) dan hendaklah mereka beriman kepada-Ku, agar mereka selalu berada dalam kebenaran." (QS Al-Baqarah [2]: 186)

Berdasarkan firman Allah Swt. sebagaimana tersebut, jelas sekali disampaikan bahwa kita diperintahkan untuk berdoa kepada-Nya. Di dalam berdoa, hendaknya kita lakukan dengan merendahkan diri di hadapan-Nya dan dengan suara yang lembut.

Berdoa juga perlu dilakukan dengan hati yang takut kalau tidak diterima, sehingga disampaikan dengan sungguh-sungguh dan harapan yang besar akan dikabulkan oleh Allah Swt. Dan, agar doa kita dikabulkan, hendaknya kita berusaha memenuhi perintah-Nya dan berada dalam keimanan serta kebenaran.

Berdoa memang perlu dan penting untuk kita lakukan. Agar keinginan dan harapan kita dikabulkan oleh Allah Swt; agar segalanya terasa lebih mudah karena kita senantiasa dalam pertolongan-Nya.

Cukup sekian ceramah mengenai berdoa. Mohon maaf bila ada kalimat yang tak berkenan di hati Anda. Wassalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

7. Contoh Teks Ceramah Tentang Menjaga Kebersihan

Contoh Teks Ceramah

Assalamualaikum Warrahmatullahi Wabarakatuh. Puji syukur kita panjatkan atas kehadiran Allah SWT, yang mana berkat rahmat, taufik, hidayah serta inayahnya kepada kita semua sehingga dapat berkumpul disini dalam keadaan sehat.

Sholawat serta salam tetap tercurah limpahkan kepada junjungan kita Nabi Agung Muhammad SAW, yang telah membimbing kita dari zaman jahiliah menuju zaman zakiyyah. Yaitu agama Islam dan Iman.

Pada kesempatan yang berbahagia ini, saya akan memberikan ceramah mengenai Menjaga Kebersihan.

Islam adalah agama yang menjunjung tinggi hidup bersih, karenanya Islam juga mengajarkan pada pemeluknya untuk menjaga kebersihan.

Masalah kebersihan merupakan masalah pokok dalam ajaran Islam dan ini juga banyak ditunjukkan oleh para ulama fiqih terdahulu. Mereka biasanya dalam menyusun kitab-kitab fiqih selalu manjadikan bab bersuci atau Thoharoh ditempatkan di bab pertama. Seperti kitab-kitab fiqih yang disusun oleh ulama empat madzhab.

Di dalam Al Quran banyak ayat yang menyinggung masalah kebersihan, diantaranya pada ayat 108 Surat At-Taubah, Allah SWT berfirman yang artinya:

“……. Sungguh, masjid yang didirikan atas dasar takwa sejak hari pertama adalah lebih pantas engkau melaksanakan sholat di dalamnya. Di dalamnya ada orang-orang yang ingin membersihkan diri. Allah menyukai orang-orang yang bersih.” (QS. At-Taubah 9: Ayat 108)

Mari jaga kebersihan mulai dari Masjid, rumah, lingkungan dan diri pribadi kita. Dengan demikian, akan dijaga kesehatannya oleh Alloh Ta’ala, Insya Alloh.

Sekian penjelasan terkait menjaga kebersihan. Wassalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

8. Contoh Teks Ceramah Tentang Sedekah

Contoh Teks Ceramah

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

Mari kita panjatkan rasa syukur pada Allah SWT. Yang telah memberi kita nikmat untuk bertemu pada kesempatan kali ini. Tidak lupa shalawat serta salam selalu disanjungkan kepada Nabi Muhammad SAW, beserta keluarga, dan para sahabatnya.

Pada kesempatan yang berbahagia ini, saya akan memberikan ceramah mengenai sedekah.

Sedekah merupakan perilaku terpuji yang sangat disukai oleh Allah SWT dan sangat dianjurkan bagi kita yang mempunyai rejeki lebih. Harta yang kita miliki sebagiannya adalah hak orang-orang yang tidak mampu, jadi kita harus mengeluarkan hak mereka agar harta kita menjadi bersih.

Rasulullan Saw sudah mengajarkan kepada umat-umatnya untuk mengutamakan bersedekah. Sedekah akan membuat hidup menjadi barokah. Allah juga berjanji bahwa bersedekah tidak membuat kita menjadi miskin. Justru Allah akan melipat gandakan harta yang sudah kita sedekahkan. 

Perintah mengenai sedekah sudah dijelaskan dalam Al-Qur’an sebagai berikut :

“Menghadapkan wajahmu ke arah timur atau barat itu bukanlah suatu kesempurnaan, tapi sesungguhnya yang sempurna adalah orang yang beriman kepada Allah dan kepada Nabi-Nya, serta memberikan harta yang dicintainya kepada kerabatnya, anak yatim, orang miskin, ibnu sabil, orang yang meminta-minta dan membebaskan hamba sahaya, dan mendirikan shalat serta menunaikan zakat.” (QS. Al-Baqarah : 177)

Semoga dengan bersedekah akan memberi manfaat bagi kehidupan kita di masa yang akan datang dan membuka pintu rejeki seluas-luasnya.

Demikian yang bisa saya sampaikan, Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.

9. Contoh Teks Ceramah Tentang Kematian

Contoh Teks Ceramah

Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh

Puji dan syukur marilah kita panjatkan kehadirat Allah swt, karena atas rahmat dan karunia-Nya kita bisa sama-sama berkumpul di sini dalam keadaan sehat. Shalawat serta salam semoga tetap terlimpahkan kepada Nabi kita Nabi besar Muhammad saw, kepada keluarganya, sahabatnya, kepada kita semua, serta kepada seluruh umatnya hingga akhir zaman.

Pada kesempatan yang berbahagia ini, saya akan memberikan ceramah mengenai kematian.

Keyakinan orang beriman akan adanya  kematian menyebabkan dirinya selalu berada dalam mode siap siaga. Kita memandang kematian sebagai suatu keniscayaan. Tidak seperti orang kafir yang selalu saja berusaha untuk menghindari kematian.

"Dan tiadalah kehidupan dunia ini melainkan senda gurau dan main-main. Dan sesungguhnya akhirat itulah yang sebenarnya kehidupan, kalau mereka mengetahui" (QS Al-Ankabut 64)

Marilah saudaraku, kita mempersiapkan diri menghadapi kematian dengan segera bertaubat memohon ampunan dan rahmat Allah ta'aala sebelum terlambat.

Kematian itu milik semua makhluk Allah, manusia, hewan, tumbuhan termasuk bangsa malaikat dan setan semuanya akan merasakan apa yang namanya kematian.

Kematian pula yang membuat hubungan antara orang-orang yang dicintai dan yang mencintai terpisahkan. Karena kematian, seseorang harus meninggalkan harta benda yang begitu dicintai, begitu dibanggakan dan begitu diagungkan dan sejumlah harta benda yang diklaim adalah miliknya sendiri.

Marilah kita senantiasa berada di jalan Allah SWT , Agar kita kelak meninggal dalam keadaan khusnul khotimah.

Semoga ceramah singkat tersebut bisa bermanfaat bagi kita semua. Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.

10. Contoh Teks Ceramah Tentang Pacaran

Contoh Teks Ceramah

Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh

Sebelumnya, mari kita bersama-sama memanjatkan puja dan puji syukur atas nikmat dan rahmat yang Allah SWT berikan kepada kita semua. Sholawat serta salam semoga terus tercurahkan kepada junjungan kita Nabi besar Muhammad SAW yang telah membimbing kita menuju jalan yang lurus dan terbebas dari kebodohan dan ke jahiliahan.

Pada kesempatan yang berbahagia ini, saya akan memberikan ceramah mengenai pacaran.

Seperti yang kita ketahui bersama, bahwa pacaran kini sudah menjadi hal yang biasa tengah - tengah kalangan masyarakat indonesia khususnya para remaja.

Masyarakat tidak menyadari bahwa pacaran yang dilakukan oleh anak muda zaman sekarang sudah sangat jauh dari kebenaran akhlak seorang muslim yang sebenarnya.

Allah SWT telah beberapa kali mengingatkan kita untuk tidak berpacaran. Karena ketika seorang wanita dan pria sedang berpacaran, maka secara otomatis itu akan menyebabkan perzinahan.

Mengapa demikian?

Dengan hanya memikirkan orang yang kita cintai saja kita sudah dapat dikatakan berzina, karena setelah kita memikirkan orang yang kita cintai tidak menutup kemungkinan jika suatu hal negative pun akan terlintas dipikirannya. Selain zina pikiran ada juga zina mata, yaitu di mana kita sedang memandang orange yang kita cintai dengan penuh nafsu syetan.

Yang lebih parah adalah jika seseorang itu telah melakukan zina perbuatan, yaitu ketika kita sampai bersentuhan atau berbuat hal yang tidak semestinya. Maka Allah akan melaknat orang telah melakukan perbuatan yang demikian. Seperti yang telah dijelaskan oleh Allah SWT di dalam Qur’an surah Al-Isra’  ayat 32 yang artinya:

“Dan janganlah kalian mendekati zina; Sesungguhnya zina itu adalah suatu perbuatan yang keji. dan suatu jalan yang buruk.” (Q.S. Al-Israa’/17:32)

Untuk itu kita sebagai umat manusia, marilah kita saling mengingatkan satu sama lain agar kita tidak terjerumus ke dalam kemaksiatan.

Demikian ceramah saya pada kali ini, semoga teman-teman bisa mengambil manfaat dari ceramah ini. Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Baca Juga:

Itulah informasi mengenai contoh teks ceramah singkat. Semoga contoh tersebut bisa bermanfaat dan sampai jumpa di artikel selanjutnya.

COMMENTS

Nama

anbk,6,asuransi,1,Buku Digital,5,buku teks,14,Ciri teks,15,contoh,120,cpns2019,1,cv,5,Download File,1,games,4,juknis,9,jurnal,2,Kalender,153,kosp,4,Kuliah,14,laporan,14,makalah,3,modul,6,modul ajar,5,modul guru,10,osn,4,Pekerjaan,9,Pendidikan,94,pengertian,31,Permenpan RB,26,phbs,2,poster,3,PPT,64,proposal,7,prota,2,pts,16,resume,4,rpp,25,soal am,3,soal cpns,14,soal pas,15,soal pat,15,soal us,12,surat,17,template,3,template ppt,11,tips,6,usaha,3,
ltr
item
Mautidur.com: 10 Contoh Teks Ceramah Singkat & Terbaik
10 Contoh Teks Ceramah Singkat & Terbaik
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEiqxmbv-TG0Kcc1KyEX2aTP2I_kSCNFVnluG1qilCh7wKLq4vqdIoYsnPyDCbRy3tknoVYBtuAj_H7XjlLhMLJKPztWP7OPLogipmMdzjY_S5_L8yRiuEN11SYBuHeQF5iJpq0tDcT8kCw/w640-h384/1.jpg
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEiqxmbv-TG0Kcc1KyEX2aTP2I_kSCNFVnluG1qilCh7wKLq4vqdIoYsnPyDCbRy3tknoVYBtuAj_H7XjlLhMLJKPztWP7OPLogipmMdzjY_S5_L8yRiuEN11SYBuHeQF5iJpq0tDcT8kCw/s72-w640-c-h384/1.jpg
Mautidur.com
https://www.mautidur.com/2020/09/contoh-teks-ceramah-singkat.html
https://www.mautidur.com/
https://www.mautidur.com/
https://www.mautidur.com/2020/09/contoh-teks-ceramah-singkat.html
true
2310118337026904168
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All DIREKOMENDASIKAN UNTUK KAMU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy Table of Content