7 Contoh Teks Inspiratif Singkat & Terbaik 2020

Contoh Teks Inspiratif
Contoh Teks Inspiratif - Pada kesempatan kali ini saya akan memberikan beberapa contoh teks inspiratif singkat. Namun, kamu harus memahami terlebih dahulu apa itu teks inspiratif.

Teks inspiratif adalah teks yang dipakai untuk menghasilkan ide atau gagasan yang bisa membuat semangat demi mewujudkan keinginan. Teks inspiratif ini akan membuat pembaca memiliki wawasan luas, semangat dalam mencapai keinginan, motivasi, dan rasa peraya diri yang tinggi.


Baca Juga: 12 Contoh Teks Anekdot Singkat dan Terbaik

Ciri - Ciri Teks Inspiratif

  • Memiliki alur cerita
  • Sifatnya naratif
  • Memiliki struktur teks
  • Memiliki pesan dalam ceritanya
  • Karakternya bisa dari kehidupan nyata atau fiksi
  • Kebenarannya dapat dibuktikan

Kaidah Kebahasaan Teks Inspiratif

1. Kata Keterangan

Dalam teks inspiratif banyak mengandung kata keterangan untuk menjelaskan kegiatan dalam ceritanya. Kata keterangan yang sering muncul, seperti waktu, cara, tempat dan tujuan. Contoh kata keterangan dalam teks inspiratif adalah pada, agar, di, dari dan sebagainya.

2. Kata Hubung

Dengan menggunakan kata hubung, sebuah teks inspiratif akan menjadi lebih menarik untuk dibaca. Contoh kata hubung dalam teks inspiratif adalah dan, serta, dan lagi pula.

3. Kalimat Majemuk

Kalimat majemuk adalah cara penyusunan kalimat yang terdiri dari kalimat majemuk sementara dan kalimat majemuk bertingkat.

4. Kalimat Fakta

Teks inspiratif harus menggunakan kalimat fakta, dan bukan merupakan kalimat hasil imajinasi penulis. Pembaca tentu sangat menyukai teks inspiratif, karena pembaca tidak akan tertipu dengan ceritanya dan ceritanya didasarkan sesuai fakta.

Struktur Teks Inspiratif

  • Orientasi
Bagian ini adalah tahap yang memberikan pengenalan mengenai suatu tokoh dengan latar belakangnya.
  • Rangkaian peristiwa
Bagian ini adalah tahap yang berisikan cerita yang dimulai dari awal permasalahan sampai puncak permasalahan.
  • Komplikasi
Bagian ini adalah tahapan peristiwa yang berkembang menjadi sebuah masalah yang besar. Bagian komplikasi akan muncul berbagai masalah bertubi-tubi yang membuat suasa menjadi lebih kompleks.
  • Resolusi
Bagian ini adalah tahapan yang menceritakan cara menyelesaikan masalah. Masalah yang terdapat di bagian komplikasi, mulai dipecahkan dibagian ini dengan jalan yang variatif.
  • Koda
Bagian ini biasanya berisi kesimpulan yang memiliki pesan moral bagi para pembacanya.

Contoh Teks Inspiratif Singkat

1. Contoh Teks Inspiratif Tentang Nenek

Contoh Teks Inspiratif
source: fimela.com
Conzuelo Flores bermain dengan Allizon Stefany Escobar yang berusia empat tahun di pangkuannya, di rumahnya di Belize.

Orang biasa memanggil sosok renta ini dengan sebutan nenek Flores, ia adalah nenek sekaligus pengasuh utama dari cucunya, Allizon. Setiap hari ia dan Allizon menghabiskan waktu dengan mengobrol dan bermain, ini dilakukan nenek Flores karena ibu kandung Allizon bekerja penuh waktu. Ketiganya tinggal bersama bibi dan sepupu Allizon di sebuah rumah petak sederhana dengan fasilitas yang minim.

“Jika terjadi sesuatu pada gadis ini, saya akan mati,” tutur nenek Flores sembari memeluk cucu kesayangannya.

Cinta dan bermain bersama adalah dua fondasi penting dari pembelajaran, perkembangan, dan kesejahteraan anak-anak di dunia ini.

2. Contoh Teks Inspiratif Tentang Pesan Ayah


Contoh Teks Inspiratif
source: baca.co.id
Cerita Supratman (24), anak keempat dari lima bersaudara. Lahir dari keluarga sederhana di Desa Grabag, Kutoarjo, Jawa Tengah, ayah bekerja sebagai buruh serabutan yakni buruh tani dan pemetik kelapa di kebun.

"Setiap harinya, bapak menjual hasil memetik kelapa kepada pengepul dan mendapatkan upah dari hasil penjualan memetik kelapa," ujar Supratman.

Upah dari hasil penjualan digunakan untuk kebutuhan kami sehari-hari dan bahkan untuk biaya sekolah. Senantiasa berjuang tiada henti, berbuah hasil menyekolahkan kelima anaknya untuk dapat lulusan SMA dan yang masih berjuang di Universitas Negeri Yogyakarta.

"Terima kasih ya pak karena semangat juang bapak yang tiada henti demi masa depan anak-anakmu agar lebih baik," tambahnya.

Pesan ayahnya kepada Supratman saat sekolah adalah  "Ayah ibu tidak bisa memberi apa apa ,hanya bisa menyekolahkan. Belajarlah yang sungguh sungguh. Orangtua tidak sekolah yang penting kamu bisa sekolah."

3. Contoh Teks Inspiratif Tentang Persahabatan


Contoh Teks Inspiratif
source: thenewslens.com
Pernah terjadi bahwa seseorang mengundang hampir seluruh orang yang dikenalnya untuk menghadiri ulang tahunnya. Ulang tahunnya tersebut adalah ulang tahun sweet seventeen.

Anak tersebut, mengundang teman SD hingga SMA dan seluruh orang yang dikenalnya untuk menghadiri acara tersebut. Akan tetapi tidak ada satupun temannya yang muncul, yang hadir dari acara ulang tahun tersebut hanya sebanyak 5 orang saja.

Bahkan hingga sampai orang tuanya berkata bahwa tidak apa kalau tidak ada yang hadir, yang penting anak saya bahagia. Padahal, ia telah mempersiapkan banyak makanan untuk teman-temannya.

Untuk kamu, teman itu bukanlah berapa banyak orang yang kamu kenal, akan tetapi seberapa banyak orang yang peduli dengan keadaanmu. Mereka yang hadir baik di hari bahagia dan sedihmu adalah orang yang benar mereka adalah temanmu. Jagalah perasaan mereka karena merekalah yang akan menemanimu suatu saat nanti.

4. Contoh Teks Inspiratif Tentang Belajar Dari Sebuah Kepompong


Contoh Teks Inspiratif
source: nublitar.or.id
Seorang anak sedang bermain dan menemukan kepompong kupu-kupu di sebuah dahan yang rendah. Diambilnya kepompong tersebut dan tampak ada lubang kecil disana.

Anak itu tertegun mengamati lubang kecil tersebut karena terlihat ada seekor kupu-kupu yang sedang berjuang untuk keluar membebaskan diri melalui lubang tersebut. Lalu tampaklah kupu-kupu itu berhenti mencoba, dia kelihatan sudah berusaha semampunya dan nampaknya sia-sia untuk keluar melalui lubang kecil di ujung kempompongnya.

Melihat fenomena itu, si anak menjadi iba dan mengambil keputusan untuk membantu si kupu-kupu keluar dari kepompongnya. Dia pun mengambil gunting lalu mulai membuka badan kepompong dengan guntingnya agar kupu-kupu bisa keluar dan terbang dengan leluasa.

Begitu kepompong terbuka, kupu-kupu pun keluar dengan mudahnya. Akan tetapi, ia masih memiliki tubuh gembung dan kecil. Sayap-sayapnya nampak masih berkerut. Anak itu pun mulai mengamatinya lagi dengan seksama sambil berharap agar sayap kupu-kupu tersebut berkembang sehingga bisa membawa si kupu-kupu mungil terbang menuju bunga-bunga yang ada di taman.

Harapan tinggal harapan, apa yang ditunggu-tunggu si anak tidak kunjung tiba. Kupu-kupu tersebut terpaksa menghabiskan sisa hidupnya dengan merangkak di sekitarnya dengan tubuh gembung dan sayap yang masih berkerut serta tidak berkembang dengan sempurna. Kupu-kupu itu akhirnya tidak mampu terbang seumur hidupnya.

Si anak rupanya tidak mengerti bahwa kupu-kupu perlu berjuang dengan usahanya sendiri untuk membebaskan diri dari kepompongnya. Lubang kecil yang perlu dilalui akan memaksa cairan dari tubuh kupu-kupu masuk ke dalam sayap-sayapnya sehingga dia akan siap terbang dan memperoleh kebebasan.

5. Contoh Teks Inspiratif Tentang Diri Sendiri


Contoh Teks Inspiratif

Ada pepatah mengatakan "tuntutlah ilmu samapai ke negeri cina". Pepatah itu memang mungkin benar adanya. Namun, faktanya yang terjadi banyak orang yang kurang begitu tahu mengenai arti sesungguhnya pepatah tersebut. Banyak orang (remaja terutama) yang belum memiliki mental yang kuat selalu beranggapan bahwa menuntut ilmu cukup sampai di SMA/SMK sederajat setelah itu bekerja. 

Mereka tak menyadari ada jenjang yang lebih tinggi lagi yang bisa menjadi batu loncatan kita mendapatkan kesuksesan. Tak sedikit pula beranggapan meneruskan ke jenjang yang lebih tinggi adalah sesuatu hal yang mahal.

Faktor ekonomi memang menjadi penyebab utama dari semua masalah tersebut. Di negara Indonesia ini kebanyakan adalah kalangan menengah ke bawah. Sehingga mereka lebih mementingkan hidupnya sekarang yang susah ketimbang susah dirasa begitu dalam sekarang namun menyimpan kesuksesan di masa mendatang.

Beberapa tahun lalu, ketika saya menuju bangku kuliah pertama kali setelah diterima di salah satu PTN. Ada cerita unik dibalik kisah saya dan keluarga saya dalam menghadapi masalah ini. Keluarga saya adalah keluarga yang pas-pasan.

Meski ada program bidik misi yang menggratiskan biaya kuliah bahkan diberi biaya hidup, namun tak bisa kuambil. Mengingat profesi ayah saya adalah seorang PNS. Selain itu, pandangan hidupku yang selalu memikirkan bahwa "meski kita susah, tapi masih ada orang yang dibawah kita". Dari situlah saya mengambil kesimpulan bahwa susah bukan berarti merasa susah.

Dengan diterimanya saya di salah satu PTN dengan jalur biasa, bukan rahasia lagi kalau masuk kuliah harus menyiapkan dana yang begitu besar. Apalagi waktu itu, keluargaku sedang memiliki hutang yang begitu besar untuk acara pernikahan kakakku.

Jarak yang begitu singkat antara pengumuman hasil seleksi dan pembayaran pertama yang mencapai belasan juta, orang tua saya harus memutar otaknya sedalam mungkin agar saya bisa meneruskan ke jenjang yang tinggi. Akhirnya dengan ikhlas kakak ku satunya menawarkan kepada orang tuaku agar sepeda motornya dijual untuk biaya masuk kuliah adiknya yaitu aku. Walau sebenarnya ibu tidak tega karena saat itu kakakku bekerja sebagai karyawan kotrak saja. Akhirnya sepeda motor itu dijual dan aku bisa masuk ke Pendidikan Tinggi.

Sekarang aku bersyukur masih bisa bertahan untuk kuliah ditengah himpitan ekonomi yang semakin menjadi-jadi. Selanjutnya aku bisa meyimpulkan bahwa "PENDIDIKAN ITU MAHAL, TAPI TAK SEMAHAL DENGAN NIAT DAN TEKAD KITA".

6. Contoh Teks Inspiratif Tentang Rentenir Tua

Alkisah, ada seorang pengusaha yang berhutang pada seorang rentenir tua. Rentenir itu diketahui tertarik dengan anak perempuan si pengusaha.

Suatu hari, ia datang dengan sebuah penawaran kepada si pengusaha. Ia bersedia mengikhlaskan hutang si pengusaha asal diperbolehkan menikahi anaknya. Si pengusaha pun menolak tawaran dari si rentenir. Tapi, rentenir itu tidak menyerah dan mengajukan sebuah penawaran baru.

Ia akan mengambil dua batu dan dimasukkannya ke dalam kantung, si pengusaha dipersilahkan mengambil satu batu dari kantung itu. Jika ternyata yang diambil batu hitam, maka hutang si pengusaha akan dihapus tapi anak perempuannya akan dinikahi si rentenir. Si pengusaha pun menyetujui usulan tersebut. Mereka kemudian mengambil batu dari pekarangan. Saat mengambil batu, pengusaha itu melihat si rentenir memasukkan dua batu hitam ke kantung.

Pengusaha lalu berpikir keras untuk keluar dari situasi yang tak menguntungkannya itu. Saat kantung disodorkan, ia mengambil satu batu lalu ia pura-pura tersandung dan menjatuhkan batunya.

‘Aduh, maafkan kecerobohanku, Tuan. Aku tadi sudah mengambil satu batu tapi terjatuh. Mungkin kita bisa melihat warna batu yang tersisa, karena saya pasti mengambil batu yang sebaliknya,’ kata si pengusaha.

Rentenir tua pada contoh cerita inspiratif tadi adalah gambaran seseorang yang menghalalkan segala cara untuk mencapai tujuan. Pantang menyerah adalah hal yang baik, tapi bagaimana caramu mencapai hasil juga penting. Menipu, merampas, dan memanfaatkan orang lain suatu ketika akan membuatmu merugi.

7. Contoh Teks Inspiratif Tentang Hari Ulang Tahun


Contoh Teks Inspiratif

Hari ini Putri berulang tahun yang ke 14. Biasanya di hari ulang tahun Putri, ibu akan memasak makanan kesukaannya dan ayah akan memberikan hadiah. Begitu bel pulang sekolah berbunyi, Putri langsung bergegas pulang, berharap kejutan dari orang tuanya.

Tapi hari itu ternyata adik Putri sedang sakit, sehingga ibu repot merawat anaknya yang sakit. Otomatis, sirnalah harapan putri untuk makan makanan kesukaannya.

Putri kesal pada orangtuanya karena merasa tidak diperhatikan. Ia lalu pergi dari rumah menuju ke taman sambil marah-marah. Tidak lama kemudian, perutnya mulai melilit karena lapar.

Saat itu hanya ada tukang bakso keliling yang berjualan di taman. Putri pun mendekati tukang bakso itu, sayangnya ia tak memiliki uang. Melihat wajah Putri yang memelas, tukang bakso itu menawarinya semangkuk bakso gratis.

Sambil memakan semangkuk bakso itu, tiba-tiba air mata putri menetes. Abang tukang bakso pun bertanya, ‘Kenapa nangis, Neng?’

‘Sebenarnya ini hari ulang tahunku, aku terharu, abang yang baru kenal malah baik banget,” jawab Putri. “Orang tuaku malah ngga peduli.’

‘Ya kalo abang yang baru kasih Neng makan sekali aja udah bikin terharu, apalagi orang tua Neng yang udah bertahun-tahun kasih makan. Jangan ngeremehin orang tua sendiri Neng, nanti nyesel lho!’ kata abang tukang bakso. Putri pun mendengarkan nasihat abang bakso itu dan pulang. Sampai di rumah, ia meminta maaf pada ibunya.


Baca Juga:
Itulah informasi mengenai Contoh Teks Inspiratif Singkat dan terbaik. Semoga bermanfaat dan terima kasih telah berkunjung.

Referensi : keepcornwallwhole.org | brilio.net | kompas.com | brainly.co.id | cs-pe.blogspot.com | kepogaul.com


COMMENTS

Nama

Buku Digital,4,CPNS,52,cpns2019,93,Download File,1,Formasi CPNS,2,honorer,1,Kalender,20,Karangan,29,Kendala CPNS 2018,2,kesehatan,1,Kuliah,7,modul,5,Pekerjaan,11,Pendaftaran CPNS,12,Pendidikan,89,Permenpan RB,26,Persyaratan CPNS,5,phbs,2,PPT,22,rpp,18,SBMPTN,1,Simulasi Cat CPNS,4,soal cpns,13,template ppt,5,Terbaru,1,
ltr
item
Mautidur.com: 7 Contoh Teks Inspiratif Singkat & Terbaik 2020
7 Contoh Teks Inspiratif Singkat & Terbaik 2020
https://1.bp.blogspot.com/-Y047U6ZOz7s/X1tOR0NBKsI/AAAAAAAACdE/G6L98iuYz-AA4Qc-EN5JDPtNtiJiBo8EwCLcBGAsYHQ/s640/judul.jpg
https://1.bp.blogspot.com/-Y047U6ZOz7s/X1tOR0NBKsI/AAAAAAAACdE/G6L98iuYz-AA4Qc-EN5JDPtNtiJiBo8EwCLcBGAsYHQ/s72-c/judul.jpg
Mautidur.com
https://www.mautidur.com/2020/09/7-contoh-teks-inspiratif-singkat.html
https://www.mautidur.com/
https://www.mautidur.com/
https://www.mautidur.com/2020/09/7-contoh-teks-inspiratif-singkat.html
true
2310118337026904168
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All Artikel Terkait LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy Table of Content