10 Contoh Teks Pidato Singkat & Terbaik

Daftar Isi [Tampil]

Contoh Teks Pidato - Pada kesempatan kali ini saya akan memberikan beberapa contoh teks pidato singkat. Namun, kamu harus memahami terlebih dahulu apa itu teks pidato.

Teks pidato adalah bentuk komunikasi satu arah, berupa pengungkapan pikiran dan gagasan dari pembicara tentang suatu hal pada banyak orang. Sedangkan menurut Wikipedia, Pidato adalah suatu kegiatan berbicara dimuka umum atau melakukan orasi yang bertujuan menyatakan pendapat atau gambaran mengenai suatu hal.

Pidato sendiri biasanya berisi ide, gagasan atau hal terkait dengan suatu acara atau hal yang ingin dicapai dimasa yang akan datang. Orang yang melakukan pidato disebut orator.

Baca Juga10 Contoh Teks Cerita Sejarah Singkat & Terbaik

Ciri - Ciri Teks Pidato

  • Isi dari teks pidato harus mengandung kebenaran.
  • Mempunyai tujuan yang jelas.
  • Menciptakan suasana yang efektif dengan pendengar.
  • Cara menyampaikan pidatonya sesuai dengan para hadirin.
  • Penyampaiannya jelas, berikut juga dengan artikulasi, intonasi dan volume.

Fungsi Teks Pidato

  1. Menciptakan hubungan harmonis.
  2. Mempermudah komunikasi.
  3. Menciptakan suasana kondusif.
  4. Media komunikasi organisasi.

Tujuan Teks Pidato

  • Memberikan inspirasi buat seseorang berpidato, untuk melakukan improvisasi yang disesuaikan dengan para pendengar.
  • Mempermudah seseorang yang berpidato dalam menyampaikan gagasan, ide atau informasi kepada banyak orang secara langsung.
  • Mengantisipasi terjadinya lost speech, karena seseorang biasanya lupa apa yang akan disampaikan.
  • Memberikan inspirasi untuk seseorang yang berpidato, buat melakukan improvisasi yang disesuaikan dengan para pendengar.

Kaidah Kebahasaan Teks Pidato

Ada beberapa kaidah kebahasaan teks pidato, diantaranya adalah sebagai berikut:
  1. Menggunakan kalimat aktif.
  2. Menggunakan kata lugas, terutama untuk memberikan ajakan bagi para pendengar.
  3. Memakai kosa kata dalam bidang ilmu.
  4. Teks dibuat dengan memasukan sinonim yang berfungsi sebagai penekanan. 
  5. Memberikan informasi yang informatif dan padat.
  6. Memasukan beberapa referensi, terutama untuk pidato yang sifatnya ilmiah sebagai data pendukung.

Struktur Teks Pidato

1. Salam Pembuka

Bagian ini merupakan awal dalam suatu pidato.

2. Ucapan Penghormatan

Ucapan penghormatan ini biasanya diberikan kepada pejabat tinggi yang hadir dalam acara pidato tersebut.

3. Ucapan Rasa Syukur

Ucapan rasa syukur ini berisi mengenai rasa syukur karena bisa berkumpul bersama para hadirin.

4. Isi dari Pidato

Bagian ini merupakan yang cukup penting, karena berisi tentang informasi, gagasan atau hal lainnya yang ingin disampaikan kepada para hadirin.

5. Penutup Pidato

Bagian ini berisi kesimpulan pidato yang telah disampaikan dan diikuti salam penutup.

Contoh Teks Pidato

1. Contoh Teks Pidato tentang Kebersihan

Contoh Teks Pidato
source image: infopublik.com

Assalamu’alaikum warrahmatullahi wabarakatuh,

Marilah kita panjatkan terlebih dahulu puji serta syukur ke hadirat Tuhan yang maha kuasa karena berkatnya kita dapat berkumpul di sini. Di pagi yang sangat cerah ini akhirnya kita semua bisa berkumpul bersama dalam keadaan yang sehat. Pada kesempatan ini ijinkan saya menyampaikan terkait dengan kebersihan lingkungan.

Pada kesempatan kali ini, ijinkan saya untuk menyampaikan beberapa hal penting terkait kebersihan lingkungan. Ada pepatah yang mungkin telah tidak asing lagi di telinga kita semua yaitu kebersihan adalah sebagian daripada iman kita. Kebersihan suatu tempat dapat mencerminkan sikap serta perilaku para penghuninya.

Menjaga kebersihan merupakan hal yang sangat penting. Jika kebersihan lingkungan tidak bisa dijaga dengan baik maka dampak buruk akan segera datang. Tempat yang kotor secara otomatis akan mengundang wabah penyakit. Hal tersebut tentu merupakan hal yang tidak kita inginkan. Selain itu, sikap kita akan dicontoh oleh anak cucu kita kedepannya.

Hadirin yang saya hormati,
Saya berpesan agar semuanya memiliki kesadaran yang tinggi akan pentingnya sebuah kebersihan. Coba anda bayangkan bagaimana jadinya jika kita semua tidak menjaga kebersihan dengan baik, maka wabah penyakit akan tersebar kemana-mana. Perlu kita ketahui bahwa sehat itu merupakan suatu hal yang mahal.

Tidak banyak yang bisa saya sampaikan pada pertemuan kali ini karena keterbatasan waktu yang singkat ini. Saya hanyalah manusia yang tidak sempurna serta tak luput dari berbagai salah. Sehingga saya meminta maaf pada semuanya. Kesalahan pasti berasal dari saya serta kelebihan adalah kebaikan hati Tuhan. Cukup sekian yang dapat disampaikan pada hari ini.
Wassalamu’alaikum Warrahmatullahi Wabarakatuh.

2. Contoh Teks Pidato tentang Perpisahan untuk SMP

Assalamu’alaikum warrahmatullahi wabarakatuh,

Bapak Kepala Sekolah yang saya hormati. Bapak Ibu Guru yang saya hormati. Bapak Ibu wali murid yang saya hormati, serta teman-teman dan adik-adik yang saya cintai. Pertama-tama, mari kita panjatkan puji syukur kepada Allah SWT yang sudah memberikan rahmat sehingga kita bisa berkumpul di acara perpisahan ini.

Bapak Ibu Guru yang saya hormati, perkenankanlah saya dalam kesempatan ini mewakili teman-teman saya menyampaikan rasa terima kasih yang sebesar-besarnya. Terima kasih atas semua perjuangan Bapak Ibu mendidik kami sehingga kami lulus dengan nilai yang memuaskan.

Bapak Ibu Guru yang saya hormati, selama tiga tahun kami bersekolah menuntut ilmu di sekolah ini telah banyak yang kami alami. Selama itu Bapak Ibu Guru dengan sabar membimbing kami. Kami telah menganggap Bapak Ibu Guru sebagai orang tua kami sendiri.

Bapak Ibu Guru yang saya hormati dan adik-adik yang saya cintai, kini telah tiba waktunya bagi kami untuk meninggalkan sekolah ini. Tentu sangat berat bagi kami meninggalkan sekolah ini. Kami berharap di sekolah kami berikutnya, kami bisa membawa nama baik SMP ini.

Sebelum kami meninggalkan sekolah ini, izinkan kami memohon maaf sedalam-dalamnya atas semua kesalahan kami. Kami sadar bahwa ada banyak kesalahan kami selama bersekolah di sini. Kami berdoa agar Bapak Ibu Guru dan adik-adik semua selalu diberi kesehatan dalam lindungan Tuhan Yang Maha Esa.

Saya tutup pidato pamitan ini dengan meminta doa restu kepada Bapak Ibu Guru dan adik-adik. Doakan kami agar kami bisa melanjutkan pendidikan di sekolah yang sesuai harapan kami. Demikian yang dapat saya sampaikan, saya mohon maaf jika ada kata-kata yang kurang berkenan. Terima kasih.
Wassalamu’alaikum Warrahmatullahi Wabarakatuh.

3. Contoh Teks Pidato tentang Hari Guru

Contoh Teks Pidato
source image: tribunnews.com

Assalamualaikum Wr. Wb.

Yang terhormat kepala sekolah SMA Negeri 3 Kuningan, semua guru dan staf administrasi SMK Negeri 3 Kuningan dan semua teman-teman ku dari kelas X sampai XII. Pada kesempatan yang baik ini, dan juga untuk memeperingati hari guru yang jatuh pada tanggal 25 November ini, saya akan menyampaikan sebuah pidato yang berjudul Guru.

Guru, kita pun tahu benar siapa mereka. Sebuah peran yang pital dalam kehidupan. sebuah peran penting dalam masyarakat. Ya memang guru, 4 huruf penuh makna, 4 huruf penuh jasa, 4 huruf pelita bangsa. Ya memang seorang guru yang kehadirannya penuh makna memaknakan arti dunia dengan segala isinya agar kita anak didik nya mengerti dan paham harus berbuat apa ketika hidup terjun di dalamnya. Guru, 4 huruf penuh makna.

Siapa kah yang pantas menyandang gelar prestisi sebagai guru; pendidik, teman atau kah orang tua kita? Tapi bagi saya, mereka ber tiga lah yang pantas menyandang gelar guru. Merekalah yang mewakili lingkungan belajar yang mempengaruhi karakter kita anak bangsa ke depan. Pendidik dengan lingkungan sekolahnya, teman dengan lingkungan pergaulan nya dan orang tua dengan lingkungan keluarganya.

Terima kasih guru, atas segala sesuatu yang kau berikan, atas segala sesuatu yang kau contohkan, atas segala sesuatu yang kau arahkan. Terima kasih, kami dedikasikan hari ini untuk menghargai semua jasa-jasa mu. Selamat Hari Guru.
Wasslamualaikum Wr. Wb.

4. Contoh Teks Pidato tentang Korupsi

Contoh Teks Pidato
source image: idntimes.com

Assalamualaikum, Wr. Wb.

Yang terhormat, kepala sekolah SD 2 Bojong, semua guru dan semua teman-teman yang saya sayangi. Di kesempatan emas ini, izinkan saya untuk berdiri dihadapan kalian semua untuk membawakan sebuah pidato singkat tentang korupsi.

Teman-teman ku

Korupsi merupakan kata yang dikenal luas yang mana semua orang di negara ini. Semua kalangan yang masih memiliki hati nurani, baik kaya atau miskin, baik tua atau muda,  mereka tahu benar tentang apa itu korupsi dan betapa kejinya korupsi itu. Korupsi adalah tindakan mencuri urang rakyat dan hak akan keadilan mereka. Korupsi merampok apa yang menjadi hak rakyat kecil sehingga menghancurkan mereka dangan kemiskinan yang tiada akhir.

Korupsi sudah menjadi masalah terbesar di negara kita Indonesia yang membutuhkan tindakan yang segera. Negara kita dilemahkan karenanya. Saya tidak habis pikir, kenapa mereka-mereka, para koruptor, tega melakukan tindakan keji – tidak berprikemanusian itu. Mereka-mereka yang korupsi sebenarnya merupakan orang yang hidupnya salalu berkecukupan, bahkan tergolong orang kaya. Mereka-merka yang korupsi sebenarnya merupakan orang dengan kedudukan tinggi. Tapi mengapa mereka masih tetap saja melakukan korupsi. Sugguh benar, hanya orang yang rakus, tamak, keji, dan jahat lah yang melakukan korupsi.

Kemiskinan dan kesenjangan sosial adalah akibat dari korupsi. Uang yang seharusnya diberikan untuk menghapus kemiskian, dikorupsi untuk kepentingan orang-orang tertentu. Keadilan yang seharunya ditegakan, dikorupsi untuk kebenaran orang-orang tertentu. Hak-hak yang sebenarnya milik mereka rakyat kecil, dikorupsi untuk digunakan sanak-familinya sendiri.

Teman-teman ku

Walaupun kita mempunyai KPK yang dengan berani memberantas korupsi di negara ini, kita sebagai generasi muda harus mencegah korupsi terjadi di masa yang akan datang. Jujur adalah kuncinya. Bertindak dan berbicara jujur akan membantu kita untuk memilihari negara kita dari bahaya korupsi. Semoga pidato yang singkat ini dapat menyadarkan kita tentang bagaimana kejinya tindakan korupsi itu. Mulailah dari diri kita dengan berkata jujur dan bertindak amanah. Korupsi harus mati!!

Terima kasih atas perhatiannya. Akhirkata,

Wassalamualaikum, Wr. Wb.

5. Contoh Teks Pidato tentang Disiplin

contoh teks pidato

Assalamualaikum, Wr. Wb.

Murid-murid yang saya sangat sayangi di sekolah ini,
Segala puji serta syukur kita panjatkan kepada Tuhan Yang Maha Esa karena kita masih diberikan nafas kehidupan sehingga dapat berkumpul di tempat ini. Terima kasih juga saya berikan kepada Bapak/Ibu guru sekalian serta murid-murid yang saya cintai karena telah hadir untuk berkumpul di tempat ini. Dalam kesempatan kali ini saya akan menyampaikan pidato singkat bertema kedisiplinan siswa di sekolah.

Bapak/Ibu Guru sekalian dan murid-murid yang saya cintai, di sini saya akan menyampaikan terkait kedisiplinan siswa di sekolah. Saya sering menjumpai banyak murid yang masih sering melanggar aturan yang dibuat untuk menjaga kedisplinan selama berada di lingkungan sekolah. Murid-muridku terkasih, mulai sekarang kalian harus bisa untuk disiplin saat belajar di sekolah. Karena dengan menjaga kedisiplinan, kita semua dapat mengikuti kegiatan belajar mengajar dengan tenang serta lebih konsen lagi.

Murid-muridku terkasih, kalian harus mengetahui bahwa disiplin ini sangatlah penting. Mulai sekarang harus dimulai untuk lebih berdisplin lagi dengan cara tak terlambat datang ke sekolah, tidak membawa alat elektronik ke sekolah, tak makan di dalam kelas, serta tidak berkelahi sesama murid lainnya. Murid-muridku terkasih, kalian tak boleh melanggar peraturan karena akan terkena hukuman.

Kalian harus mematuhinya agar kalian bisa belajar disiplin sedari usia dini. Berani juga adalah salah satu sikap disiplin, begitu juga dengan sikap rendah hati
Murid-muridku terkasih, masih ada banyak lagi hal-hal kecil yang dapat kalian lakukan agar bisa disiplin di sekolah. Demikian yang bisa saya sampaikan pada siang hari ini. Ingatlah selalu bahwa disiplin adalah kunci awal dari kesuksesan. Harapan saya, semoga apa yang saya sampaikan ini bisa berguna bagi kita semua. Terima kasih saya hanturkan sebelumnya.

Wassalamualaikum, Wr. Wb.

6. Contoh Teks Pidato tentang Internet

Contoh Teks Pidato
source image: morethanshipping.com

Assalamualaikum Wr.Wb

Puji syukur ke hadirat Allah SWT yang telah memberikan rahmat dan ridho-Nya hingga kita dapat berkumpul di sini dalam keaadaan sehat walafiat.Terima kasih teman-teman sudah menyempatkan waktunya untuk datang ke ruangan ini. Maksud saya adalah saya ingin menyampaikan sebuah pidato yang berjudul teknologi internet.

Kata internet sudah tidak asing lagi bagi kita.Teknologi internet sudah mengalami kemajuan sampai saat ini.Dahulu internet jarang dipakai.Namun sekarang internet sudah banyak yang memakai.Kemajuan teknologi internet karena adanya globalisasi.Dahulu internet hanya digunakan untuk bersosialisasi,sedangkan sekarang internet sudah bisa dipakai untuk membantu menyelesaikan pekerjaan.

Saat ini,internet sudah sering digunakan oleh masyarakat.Internet juga dibutuhkan oleh pelajar sampai dewasa.Dengan kata lain internet juga dapat membantu pekerjaan kita.Internet tidak hanya digunakan untuk membantu pekerjaan,tetapi juga dapat digunakan untuk mencari informasi yang luas.Ternyata kegunaan internet dapat membantu kita untuk meringankan pekerjaan.

Seiring dengan perkembangan zaman,sekarang teknologi internet sudah sangat berkembang.Dahulu,teknologi internet hanya bisa menggunakan hp. Namun,sekarang internet sudah bisa menggunakan laptop ataupun komputer.Sekarang anak-anak sampai dewasa pun sudah bisa menggunakan internet.Sekarang, di zaman modern saat ini internet sudah sangat sering digunakan.

Jadi,manfaat internet ada banyak terutama dapat membantu menyelesaikan pekerjaan. Sekarang laptop, hp, dan komputer juga bisa digunakan untuk membuka internet. Harapan saya,semoga teman-teman semua dapat menggunakan internet dengan sebaik-baiknya. Terima kasih teman-teman karena sudah mendengarkan pidato saya.
Wasalamualaikum Wr.Wb

7. Contoh Teks Pidato tentang Kesuksesan

Assalamualaikum Wr. Wb.

Hadirin yang saya hormati.

Dalam kesempatan yang berbahagia ini marilah kita bersyukur kepada Allah SWT. Atas segala nikmat serta hidayah-Nya yang telah dicurahkan kepada kita semua sehingga pada kesempatan kali ini kita bisa hadir dalam acara ini.

Kesuksesan adalah impian dari setiap manusia. Meraihnya juga membutuhkan banyak usaha, waktu, dan pikiran. Sebagian besar orang yang sukses berprofesi sebagai pedagang. Jadi pintu rejeki itu 99% datangnya dari perdagangan.

Maka dari itu, ada banyak sekali orang yang berbondong-bondong mencoba untuk membuka usaha. Membuka usaha bukanlah hal yang mudah, maka dari ada sebagian yang tetap sukses dan ada juga yang bangkrut. Untuk dapat bertahan di dunia perdagangan, maka informasi adalah hal yang sangat penting.

Selain dari informasi, dibutuhkan juga inovasi dan juga kreativitas untuk dapat mendongkrak grafik dari hasil penjualan. Tentu saja mendapatkan ide itu bukan hal yang mudah juga. Maka dari itu, ide mahal harganya.

Selain dari kreativitas dan inovasi, Anda juga akan membutuhkan komitmen untuk terus berusaha. Mendapatkan pelanggan atau konsumen, tentu membutuhkan waktu. Apalagi bila tidak disebarkan melalui berbagai macam media sosial dan juga media periklanan lainnya. Maka dari itu, Anda harus menjadi orang yang sangat rajin dan bermental baja untuk dapat menepis semua rasa jenuh dan juga keinginan untuk menyerah terhadap perusahaan dagang yang Anda miliki.

Hanya itu yang bisa saya sampaikan, mudah-mudahan ada manfaatnya serta diberikan ilmu yang bermanfaat dan di ridha’i Allah. Amiin

Wassalamualaikum Wr. Wb.

8. Contoh Teks Pidato tentang Pendidikan

Contoh Teks Pidato
source image: smartekselensia.net

Assalamualaikum Wr. Wb.

Hadirin yang saya hormati.

Dalam kesempatan yang berbahagia ini marilah kita bersyukur kepada Allah SWT. Atas segala nikmat serta hidayah-Nya yang telah dicurahkan kepada kita semua sehingga pada kesempatan kali ini kita bisa hadir dalam acara peringatan hari pendidikan nasional.

Hadirin yang berbahagia.

Dalam mencari ilmu, Allah sendiri pernah menguji para Malaikat-malaikat-Nya. Bahwa ternyata tidak ada seseorangpun di dunia ini yang mempunyai ilmu pengetahuan, kecuali hanya Allah. Dan sebagian ilmu yang kita miliki ini adalah titipan Allah. Bahkan Malaikat pun tidak akan memiliki ilmu pengetahuan, selain apa yang telah diajarkan kepadanya. Oleh karena itu kita tidak boleh sombong dengan pengetahuan yang kita miliki. Bahkan dengan apapun yang kita miliki tidak boleh sombong.

Hadirin yang saya hormati.

Sebagian dari keutamaan orang mencari ilmu adalah dimudahkan serta dibimbing melalui jalan menuju kebenaran. Betapa pentingnya orang yang menuntut ilmu, sehingga diberikan pengetahuan yang luar biasa. Peranan para tenaga pengajar juga sangatlah penting. Sehingga orang yang bersamanya duduk untuk menimba ilmu pengetahuan darinya walaupun hanya satu jam saja itu lebih disukai oleh Allah dari pada pahalanya dalam beribadah seribu tahun.

Hanya itu yang bisa saya sampaikan, mudah-mudahan ada manfaatnya serta diberikan ilmu yang bermanfaat dan di ridha’i Allah. Amiin
Wassalamualaikum Wr. Wb.

9. Contoh Teks Pidato tentang Ulang Tahun

Contoh Teks Pidato

Selamat pagi, saya ucapkan kepada Bapak, Ibu, dan Saudara-saudari sekalian. Pada kesempatan ini, saya selaku perwakilan keluarga mengajak kita semua untuk mengucap syukur kepada Tuhan Yang Maha Kuasa atas segala rahmat dan berkat yang telah Ia limpahkan kepada kita, terutama karena pada hari ini, kita diberikan kesempatan untuk mengucap syukur atas ulangtahun ke-55 ayahanda kami tercinta.

Bagi kami, kehadiran ayahanda tercinta adalah berkat yang sangat besar. Melalui ayah, Tuhan membimbing kami melalui jalan hidup dan bisa mencapai titik saat ini. Kami sangat bersyukur kepada Tuhan karena dianugerahi seorang ayah yang hingga kini tak henti-hentinya sabar dalam membimbing kami, putera dan puterinya.

Oleh karena, dengan segala kerendahan hati, kami pun memohon doa dari Bapak, Ibu, dan saudara - saudari sekalian kiranya berkenan mendoakan ayahanda kami tercinta agar senantiasa diberikan rahmat oleh Tuhan dan juga bagi kita sekalian.
Terimakasih pula kami ucapkan atas kehadiran kita semua. Semoga kebaikan kita senantiasa diingat oleh Allah Yang Maha Kuasa. Terimakasih dan selamat mengikuti acara hari ini.

Salam.

10. Contoh Teks Pidato tentang Sumpah Pemuda

Contoh Teks Pidato
source image: modalku.co.id

Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakaatuh

Saudara-saudara sebangsa dan setanah Air, yang berbahagia.

Dengan memanjatkan puja dan puji syukur kehadirat Allah Swt, karena pada pagi hari ini kita bisa berkumpul di tempat ini guna memperingati Hari Sumpah Pemuda.

Saudara-saudara sebangsa dan setanah air Indonesia, yang berbahagia.
Pagi ini tepatnya tanggai 28 Oktober tahun …. segenap lapisan bangsa Indonesia memperingati Hari Sumpah Pemuda. Pala tanggal terbut mempunyai arti terpenting dalam sejarah bangsa, karena generasi muda mengadakan konggres II di Jakarta mengikrarkan Sumpah Sakti yang mengikat persatuan dan kesatuan bangsa. Adapaun isi sumpah pemuda adalah sebagai berikut

Kami putra putri bangsa Indonesia, bertanah air satu tanah air Indonesia.
Kami putra putri bangsa Indonesia, berbangsa satu bangsa Indonesia
Kami putra putri bangsa Indonesia, berbahasa satu bahasa Indonesia.

Itulah ikrar Sumpah Pemuda yang telah dikenal oleh semua Lipisan bangsa Indonesia. Dengan memperingati hari Sumpah Pemuda yang terpenting bagi kita semua adalah hendaknya kita menjadi pemuda yang aktif dalam ikut berpartisipasi dalam pembangunan pada masa sekarang ini.

Saudara-saudara sebangsa dan setanah air Indonesia, yang berbahagia.
Demikian pidato saya dalam peringatan hari Sumpah Pemuda, mudah-mudahan generasi semakin semangat dalam melaksanakan berbagai aktifitas yang positif. Kurang lebihnya kami mohon maaf, Ihdinash shiraathal mustaqiim.

Baca Juga:

Itulah informasi mengenai contoh teks pidato singkat dan terbaik saat ini. Semoga contoh tersebut bisa bermanfaat dan sampai jumpa di artikel selanjutnya.

Referensi: cerdika.com | wikipedia.org | daftarpustaka.org | zonasiswa.com | komentarmu.com | infokekinian.com | brainly.co.id 

COMMENTS

Nama

anbk,6,asuransi,1,Buku Digital,5,buku teks,14,Ciri teks,15,contoh,120,cpns2019,1,cv,5,Download File,1,games,4,juknis,9,jurnal,2,Kalender,153,kosp,4,Kuliah,14,laporan,14,makalah,3,modul,6,modul ajar,5,modul guru,10,osn,4,Pekerjaan,9,Pendidikan,94,pengertian,31,Permenpan RB,26,phbs,2,poster,3,PPT,64,proposal,7,prota,2,pts,16,resume,4,rpp,25,soal am,3,soal cpns,14,soal pas,15,soal pat,15,soal us,12,surat,17,template,3,template ppt,11,tips,6,usaha,3,
ltr
item
Mautidur.com: 10 Contoh Teks Pidato Singkat & Terbaik
10 Contoh Teks Pidato Singkat & Terbaik
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjVSU6vRD3a-O0xzwmBx-NPtVOc2vdK7r6YK_N-nNkgCT3phAqwDcNRMb_-GxCo3FNgSEywiPjta2emRLviNWmLtpG2N474Ib45Fh4OJcvfEh2cSbYQFKOmuXdMMJjG5vtcY9Brh3F8oe4/s640/1.jpg
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjVSU6vRD3a-O0xzwmBx-NPtVOc2vdK7r6YK_N-nNkgCT3phAqwDcNRMb_-GxCo3FNgSEywiPjta2emRLviNWmLtpG2N474Ib45Fh4OJcvfEh2cSbYQFKOmuXdMMJjG5vtcY9Brh3F8oe4/s72-c/1.jpg
Mautidur.com
https://www.mautidur.com/2020/08/10-contoh-teks-pidato-singkat-terbaik.html
https://www.mautidur.com/
https://www.mautidur.com/
https://www.mautidur.com/2020/08/10-contoh-teks-pidato-singkat-terbaik.html
true
2310118337026904168
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All DIREKOMENDASIKAN UNTUK KAMU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy Table of Content