11 Contoh Teks Cerita Sejarah Singkat Beserta Strukturnya

Daftar Isi [Tampil]

Contoh Teks Cerita Sejarah - Pada kesempatan kali ini saya akan memberikan beberapa contoh teks cerita sejarah singkat. Namun, kamu harus memahami terlebih dahulu apa itu teks cerita sejarah.

Teks cerita sejarah adalah suatu bacaan yang berisi mengenai penjelasan dari suatu fakta-fakta yang telah terjadi di masa lalu. 

Teks cerita sejarah menunjukan bahwa cerita tersebut bukanlah cerita biasa, melainkan cerita yang bernilai sejarah. Hal itu menunjukan bahwa cerita tersebut memiliki bukti yang nyata dan pernah terjadi dimasa lalu.

Ciri - Ciri Teks Cerita Sejarah

  1. Cerita yang disampaikan disajikan secara berurut atau sesuai dengan kronologisnya dari awal sampai akhir.
  2. Teks dalam cerita sejarah tersebut berbentuk teks yang diceritakan ulang
  3. Konjungsi yang digunakan adalah konjungsi temporal.
  4. Cerita yang disampaikan adalah fakta dan bukan imajinasi dari penulis.

Struktur Teks Cerita Sejarah

  • Pengenalan: Bagian ini akan memberikan penjelasan yang singkat mengenai peristiwa sejarah yang akan diceritakan.
  • Urutan Kejadian: Bagian ini akan menceritakan urutan kejadian maupun waktu dari teks cerita sejarah yang dibicarakan. Waktu yang dibicarakan tersebut tentu dari kejadian awal sampai kejadian terakhir. Intinya bagian ini akan menceritakan urutan kejadian secara rinci dan mendetail. Sehingga memudahkan pembaca dalam memahami kejadian yang telah terjadi di masa lalu.
  • Reorientasi: Bagian ini akan berisi mengenai pendapat pribadi yang disampaikan oleh penulis. Pendapat tersebut adalah komentar penulis mengenai peristiwa sejarah yang diceritakan.

Jenis - Jenis Teks cerita Sejarah

1. Sejarah Fiksi
  • Cerpen: Cerpen atau Cerita pendek merupakan bentuk prosa naratif aktif.
  • Romansa: adalah sejenis karya sastra dalam bentuk prosa yang menggambarkan tindakan para pelaku sesuai dengan karakter dan isi jiwa mereka.
  • Novel: adalah karya fiksi prosa yang ditulis secara naratif dalam bentuk cerita.
  • Legenda: adalah cerita prosa rakyat yang dianggap sebagai sesuatu yang benar-benar terjadi.
2. Sejarah Non-Fiksi
  • Autobiografi: adalah cerita atau informasi mengenai kehidupan seseorang yang ditulis oleh orang itu sendiri.
  • Biografi: adalah cerita atau informasi kehidupan seseorang yang ditulis oleh orang lain.
  • Catatan Sejarah: adalah teks yang menjelaskan peristiwa masa lalu yang memiliki nilai historis.
  • Catatan Perjalanan: adalah teks yang menceritakan tentang perjalanan yang telah dilalui oleh seseorang.

Contoh Teks Cerita Sejarah Singkat

1. Contoh Teks Cerita Sejarah Microsoft

Contoh Teks Cerita Sejarah Microsoft
source image: theverge.com

Pengenalan

Microsoft Corporation adalah sebuah perusahaan multinasional Amerika Serikat yang berkantor pusat di Redmond, Washington, Amerika Serikat yang mengembangkan, membuat, memberi lisensi, dan mendukung berbagai produk dan jasa terkait dengan komputer. Perusahaan ini didirikan oleh Bill Gates dan Paul Allen pada tanggal 4 April 1975.

Urutan Kejadian

Perusahaan ini didirikan oleh Bill Gates dan Paul Allen pada tanggal 4 April 1975. Produk-produk perangkat lunaknya yang paling terkenal adalah sistem operasi Microsoft Windows, paket Microsoft Office, serta browser Internet Explorer dan Edge Web.

Produk perangkat keras andalannya adalah konsol video game Xbox dan jajaran komputer layar sentuh Microsoft Surface. Microsoft adalah salah satu pembuat perangkat lunak terbesar di dunia berdasarkan pendapatannya, dan salah satu perusahaan paling berpengaruh di dunia.

Nama Microsoft sendiri diambil dari gabungan antara Micro komputer dan software. Awal didirikannya Microsoft adalah untuk mengembangkan dan menjual penerjemah BASIC untuk Altair 8800. Perusahaan ini berhasil mendominasi pasar sistem operasi komputer pribadi dengan MS-DOS-nya pada pertengahan 1980-an, diikuti dengan jajaran sistem operasi Microsoft Windows.

Sejak 1990-an, perusahaan ini semakin terdiversifikasi dari pasar sistem operasi dan telah melakukan sejumlah akuisisi perusahaan. Pada bulan Mei 2011, Microsoft membeli Skype Technologies senilai $8,5 miliar dan yang terbesar dalam sejarah Microsoft adalah akuisisi LinkedIn sebesar $26,2 miliar pada Desember 2016.

Reorientasi

Microsoft adalah anggota pendiri Open Networking Foundation pada 23 Maret 2011. Perusahaan pendirinya meliputi Google, HP Networking, Yahoo, Verizon, Deutsche Telekom, dan 17 perusahaan lain.

Organisasi nirlaba ini berfokus pada penyediaan dukungan untuk inisiatif komputasi awan baru bernama Software-Defined Networking yang bertujuan untuk mempercepat inovasi melalui perubahan perangkat lunak yang sederhana pada jaringan telekomunikasi, jaringan nirkabel, pusat data, dan wilayah jaringan lainnya.

2. Contoh Teks Cerita Sejarah Jenderal Soedirman

Contoh Teks Cerita Sejarah
source image: tirto.id

Pengenalan

Jenderal Besar Raden Soedirman adalah seorang perwira tinggi Indonesia pada masa Revolusi Nasional Indonesia. Sebagai panglima besar Tentara Nasional Indonesia pertama, ia adalah sosok yang dihormati di Indonesia.

Saat di sekolah menengah, Soedirman mulai menunjukkan kemampuannya dalam memimpin dan berorganisasi, dan dihormati oleh masyarakat karena ketaatannya pada Islam. Setelah berhenti kuliah keguruan, pada 1936 ia mulai bekerja sebagai seorang guru, dan kemudian menjadi kepala sekolah, di sekolah dasar Muhammadiyah; ia juga aktif dalam kegiatan Muhammadiyah lainnya dan menjadi pemimpin Kelompok Pemuda Muhammadiyah pada tahun 1937.

Urutan Kejadian

Setelah Jepang menduduki Hindia Belanda pada 1942, Soedirman tetap mengajar. Pada tahun 1944, ia bergabung dengan tentara Pembela Tanah Air (PETA) yang disponsori Jepang, menjabat sebagai komandan batalion di Banyumas. Selama menjabat, Soedirman bersama rekannya sesama prajurit melakukan pemberontakan, namun kemudian diasingkan ke Bogor.

Setelah Indonesia memproklamirkan kemerdekaannya pada tanggal 17 Agustus 1945, Soedirman melarikan diri dari pusat penahanan, kemudian pergi ke Jakarta untuk bertemu dengan Presiden Soekarno. Ia ditugaskan untuk mengawasi proses penyerahan diri tentara Jepang di Banyumas, yang dilakukannya setelah mendirikan divisi lokal Badan Keamanan Rakyat. Pasukannya lalu dijadikan bagian dari Divisi V pada 20 Oktober oleh panglima sementara Oerip Soemohardjo, dan Soedirman bertanggung jawab atas divisi tersebut. Pada tanggal 12 November 1945, dalam sebuah pemilihan untuk menentukan panglima besar TKR di Yogyakarta, Soedirman terpilih menjadi panglima besar, sedangkan Oerip, yang telah aktif di militer sebelum Soedirman lahir, menjadi kepala staff.

Pada tanggal 19 Desember 1948, beberapa hari setelah Soedirman keluar dari rumah sakit, Belanda melancarkan Agresi Militer II untuk menduduki Yogyakarta. Ketika Belanda mulai menarik diri, Soedirman dipanggil kembali ke Yogyakarta pada bulan Juli 1949. Meskipun ingin terus melanjutkan perlawanan terhadap pasukan Belanda, ia dilarang oleh Presiden Soekarno. Penyakit TBC yang diidapnya kambuh; ia pensiun dan pindah ke Magelang. Soedirman wafat kurang lebih satu bulan setelah Belanda mengakui kemerdekaan Indonesia. Ia dimakamkan di Taman Makam Pahlawan Semaki, Yogyakarta.

Reorientasi

Kematian Soedirman menjadi duka bagi seluruh rakyat Indonesia. Bendera setengah tiang dikibarkan dan ribuan orang berkumpul untuk menyaksikan prosesi upacara pemakaman. Soedirman terus dihormati oleh rakyat Indonesia.

3. Contoh Teks Cerita Sejarah Suling Bambu

Contoh Teks Cerita Sejarah Suling Bambu
source image: shopee.co.id

Pengenalan

Banyak dari berbagai negara yang sudah mengetahui suling bambu yang berasal dari Indonesia. Alat musik ini masih sering di gunakan sampai saat ini. Suling ini sering digunakan karena relatif mudah untuk memainkannya. Selain itu  juga suling mudah  dibuat karena bahan baku utamanya yaitu bambu mudah ditemukan di Indonesia.

Urutan Kejadian

Suling di nusantara banyak dibuat dari bambu.Hal ini tidak mengherankan karena bambu banyak dijumpai di negara ini. Suling bambu banyak dimainkan untuk mengiringi musik.

Suling sering digunakan sebagai nada dasar karena jangkauan nada yang jauh. Suling juga bisa mengiringi penyanyi yang bersuara rendah sampai dengan penyanyi yang memiliki melingking dan tinggi. Beberapa orang beranggapan bahwa alat musik seruling ini telah dimainkan oleh manusia purba Neandhertal. Dengan ditemukannya beberapa peninggalan seruling yang telah berumur sekitar 40.000 tahun.

Suling juga dipercaya sudah berkembang dimasa Mesir Kuno. Terdapat peninggalan yang menunjukkan bahwa masyarakat tingkat sosial atas di Mesir pada waktu itu telah menggunakan alat musik tiup semacam suling. China memiliki beberapa jenis penyebutan untuk suling karena perbedaan fungsi dan nadanya. Jenis suling bambu yang sering dipakai di dalam orkestra modern adalah Bangdi, Qudi, Xindi, dan Dadi, Jepang juga tidak ketinggalan dalam mengembangkan alat musik tiup ini.

Suling bambu di negeri ini banyak memiliki nada-nada tinggi. Di wilayah India, Pakistan, dan Bangladesh, suling disebut dengan nama Bansuri. Bansuri memiliki panjang mencapai 14 inchi. Hal ini membuat Bansuri terlihat panjang dibandingkan suling bambu di negara-negara lain.

Reorientasi

Bukan hanya di Indonesia, ternyata banyak negara yang sudah menggunakan suling di masa lalu. Perbedaannya adalah ukuran, jenis lubang, dan nama yang digunakan di tiap negara berbeda.

4. Contoh Teks Cerita Sejarah Mesin Ketik

Contoh Teks Cerita Sejarah Mesin Ketik
source image: National Park Service/Encyclopedia Britannica

Orientasi

Mesik ketik adalah alat elektronik dengan set tombol-tombol huruf dan angka yang apabila ditekan akan tercetak pada dokumen (umumnya dikertas). Mesin ketik ini ditemukan oleh Christopher Latham Sholes pada tahun 1868. Ia lahir pada tanggal 14 Februari 1819 di Mooresburg dengan berkebangsaan Amerika.

Urutan Kejadian

Ide penemuan Sholes berasal ketika ia membaca artikel mengenai mesin cetak huruf yang terbit di Scientific American. Ia terkesan dengan gagasan tersebut dan berusaha mewujudkannya. Keyakinan tersebut semakin besar tatkala kawannya bernama Carlos Glidden mendorongnya untuk menciptakan mesin tersebut.

Upaya Sholes membuat mesin ketik memakan waktu bertahun-tahun. Selama percobaannya ia kerap mengalami gagal dan kurang maksimal, seperti bentuknya yang terlalu besar, susunan abjad dan angka yang kurang lengkap. Meskipun begitu ia tidak menyerah dan terus melanjutkan proyeknya. Kerja keras Sholes akhirnya berujung manis. Pada 23 Juni 68, mesin ketik Sholes mendapatkan paten dari pemerintah dengan nomor 79.265.

Meski hak paten sudah diperoleh, namun perjalalan tidak otomatis selesai begitu saja. Masalah yang harus mereka hadapi selanjutnya adalah menemukan pasar. Memasuki akhir 1880-an. mesin ketik sholes akhirnya diminati pabrik pembuat senjata selama perang sipil asal ilion, New York, E. Remington & Sons. Pada 1873 mesin ketiknya diproduksi secara besar-besaran dan dilempar ke pasaran setelah bekerja sama dengan E. Remington. Pada momen ini juga Sholes mengembangkan model QWERTY dalam mesin ketiknya.

Tahun 1890, mesin ketik QWERTY Remington dicetak sebanyak 100 ribu dan dijual ke berbagai negeri. Tiga tahun berselang, beberapa pabrikan mesin ketik sepakat menjadikan model QWERT Sholes sebagai standar pembuatan mesin ketik.

Reorientasi

Mesin ketik Sholes memang bukan yang pertama di dunia. Bukan juga mesin tik perdana yang menerima paten. Tapi mesin ketik hasil kerja Sholes merupakan mesin ketik pertama yang punya nilai praktis serta diproduksi secara massal. Karena itulah yang membuatnya dijadikan penemu mesin ini.

Dengan berjalannya waktu, model mesin ketik QWERTY temuan Sholes mulai menyesuaikan zaman dan perkembangan teknologi. Dari awalnya yang berukuran besar, beralih rupa minimalis seperti yang sekarang kita saksikan dalam komputer atau smartphone. Semua itu tidak akan kita jumpai apabila Sholes memutuskan untuk berhenti berusaha ketika kegagalan demi kegagalan mendatanginya.

5. Contoh Teks Cerita Sejarah Ondel - Ondel

Contoh Teks Cerita Sejarah
source image: kemdikbud.go.id

Pengenalan

Terdapat beberapa versi mengenai asal-usul ondel-ondel. Semula ondel-ondel berfungsi sebagai penolak bala atau gangguan roh halus yang gentayangan. Ondel-ondel biasanya digunakan untuk menambah semarak pesta- pesta rakyat atau untuk penyambutan tamu terhormat, misalnya pada peresmian gedung yang baru selesai dibangun. Betapapun derasnya arus modernisasi, ondel-ondel masih bertahan dan menjadi penghias wajah kota metropolitan Jakarta.

Urutan Kejadian

Ondel-ondel adalah boneka yang terbuat dari kertas. Tingginya 2,5 meter. Kerangkanya dari anyaman bambu. Dan kepalanya dibuat dari topeng. Sedangkan rambutnya dari ijuk yang diberi warna. Ondel-ondel biasanya dibuat sepasang. Ondel-ondel laki-laki dan ondel-ondel perempuan.

Ondel-ondel itu sendiri sudah dikenal dan diketahui sejak tahun 1602. Namun antara tahun 1966-1977, fungsi ondel-ondel digeser oleh Ali Sadikin, yang saat itu menjabat sebagai Gubernur DKI Jakarta. Ondel-ondel ditetapkan sebagai boneka khas Betawi.

Sejak itu sudah tidak ada lagi tradisi mengarak ondel-ondel keliling kampung untuk menolak bala. Sebagai gantinya ondel-ondel digunakan sebagai penyemarak suasana. Dalam pesta pernikahan atau khitanan. Wajah ondel-ondel pun sudah tidak seseram dan semagic dulu. Anak-anak sudah berani mendekat dan foto bersama ondel-ondel.

Terlepas dari apa pun fungsi ondel-ondel sesungguhnya, sebagai warga Jakarta dan orang Betawi khususnya, terus jaga keberadaan ondel-ondel sebagai bagian dari kebudayaan Betawi.

Reorientasi

Bagi warga Jakarta tentu sudah tidak asing mendengar nama ondel-ondel. Boneka ini merupakan maskot Kota Jakarta. Pada perayaan ulang tahun Kota Jakarta ondel-ondel bisa dijumpai diberbagai tempat. Museum, Monas dan tempat hiburan lain. Sebagai bagian dalam menghibur masyarakat yang datang ketempat tersebut.

6. Contoh Teks Cerita Sejarah Angklung

Contoh Teks Cerita Sejarah
source image: smktanjungpriok1.sch.id

Pengenalan

Angklung merupakan alat musik tradisional Indonesia yang berasal dari tanah Sunda, Jawa Barat, dengan terbuat dari beberapa pipa bambu berbagai ukuran.

Urutan Kejadian

Kata “angklung” sendiri berasal dari dua kata bahasa Sunda, yaitu “angkleung-angkleung” yang berarti diapung-apung dan “klung” yang berarti suara dari alat musik tersebut. Jadi, angklung berarti suara yang dihasilkan dengan cara diangkat atau diapung-apungkan.

Pada abad ke-12 sampai ke-16, terdapat kerajaan Sunda di nusantara. Asal-usul terciptanya angklung dipercaya lahir pada masa itu. Di masa itu, rakyat dari kerajaan Sunda mempercayai bahwa dengan memainkan alat musik angklung dapat menghibur dan menyenangkan Nyai Sri Pohaci, yang diyakini sebagai dewi kesuburan.

Seiring berkembangnya zaman, kini angklung tidak hanya dimainkan saat upacara adat saja, tapi juga dimainkan pada berbagai acara musik, sebagai alat musik pengiring tambahan yang sudah menyebar ke berbagai pelosok tanah air hingga mancanegara.

Pada awal abad ke-20, Thailand mengadopsi alat musik angklung sebagai misi kebudayaan antara Thailand dan Indonesia. Bahkan angklung dapat ditemui di The Evergreen Stage Collage, sebuah universitas di Amerika Serikat.

Reorientasi

Untuk meningkatkan rasa cinta anak bangsa dengan alat musik angklung, pemerintah menggunakan gambar alat musik angklung pada uang logam Rp1.000 agar anak muda zaman sekarang dapat mengetahui bahwa negeri ini memiliki alat musik yang membanggakan.

7. Contoh Teks Cerita Sejarah Gempa dan Tsunami Aceh

Contoh Teks Cerita Sejarah
source image: voaindonesia.com

Pengenalan

Tepatnya pada 26 Desember 2004, gempa berkekuatan besar dan gelombang tsunami menerjang wilayah Aceh. Bermula dari gempa beberapa kali, dan ombak setinggi kurang lebih 20 meter membuat beberapa kota di provinsi itu lumpuh. Kekuatan gempa yang terjadi berada di Samudra Hindia pada kedalaman sekitar 10 kilometer di dasar laut.

Urutan Kejadian

Wilayah sumber gempa berjarak sekitar 149 kilometer sebelah barat Meulaboh, Provinsi Nanggroe Aceh Darussalam. Gempa yang berlangsung selama kurang lebih 10 menit ini tercatat mempunyai magnitudo sekitar 9,0. Setelah itu gelombang tsunami mulai memberikan dampaknya pada wilayah Aceh dan sebagian di Sumatera Utara.

Tsunami ini kemudian bergerak menyebar ke arah pantai-pantai. Jarak pantai Sumatera terdekat dengan episenter gempa bumi utama diperkirakan 125 km. Kecepatan rambat gelombang tsunami dapat mencapai 800 km per jam di samudra dalam dan bebas. Mendekati pantai yang dangkal dan dengan kecepatannya yang besar, gelombang tsunami menjadi tinggi dan kemudian terhempas ke arah daratan.

Gempa ini menjadi gempa terkuat kedua yang pernah terekam dan menjadikannya sebagai salah satu dari sepuluh bencana terburuk sepanjang masa. Tercatat, sekitar 170.000 orang meninggal dunia dan puluhan ribu bangunan hancur setelah terhempas gelombang tsunami. Satu hari berselang, Presiden Susilo Bambang Yudhoyono kala itu menetapkan hari berkabung nasional dan darurat kemanusiaan serta bakti sosial selama tiga hari, terhitung mulai dari tanggal 27 Desember 2004 hingga 29 Desember 2004.

Bukan hanya di Indonesia, sejumlah negara sekitar Samudra Hindia pun terkena dampak gempa dan tsunami itu. Dahsyatnya getaran gempa tersebut bahkan dirasakan sampai Somalia, Afrika Timur yang berjarak 6.000 kilometer dari Samudra Hindia. Akan tetapi, kawasan yang paling parah terkena imbasnya adalah Asia Tenggara dan Asia Selatan. Di Thailand, gelombang setinggi 10 meter menerjang lima provinsi yang terletak di sepanjang pesisir selatan, yaitu Songkhla, Phuket, Krabi, Phang Nga, dan Surat Thani.

Yang lebih memperihatinkan lagi adalah kondisi di daerah pesisir India dan Sri Lanka. Sejumlah bangunan hancur dan terendam, sedangkan korban tewas yang belum sempat terangkut tampak berserakan di mana-mana. Korban meninggal di India sedikitnya 6.280 orang, Thailand 2.000 orang, Somalia 100 orang, Malaysia 51 orang, Myanmar 56 orang, dan Maladewa 100 orang. Diperkerikan jumlah keseluruhan korban dari berbagai negara termasuk Indonesia yang terkena dampak gempa dan tsunami tersebut mencapai 230.000 jiwa.

Reorientasi

Lebih dari 15 tahun semenjak peristiwa yang memakan banyak korban jiwa tersebut terjadi. Meskipun sudah lewat beberapa tahun, namun kita sebagai warga negara Indonesia harus mengetahui peristiwa bersejarah yang telah memakan korban jiwa yang tidak sedikit, bahkan dampaknya bisa dirasakan oleh beberapa negara tetangga.

8. Contoh Teks Cerita Sejarah Layang-Layang

Contoh Teks Cerita Sejarah
source image: saintif.com

Pengenalan

Layang-layang merupakan lembaran bahan tipis berkerangka yang diterbangkan ke udara dan terhubungkan dengan tali atau benang ke daratan atau pengendali. Layang-layang memanfaatkan kekuatan hembusan angin sebagai alat pengangkatnya.

Urutan Kejadian

Catatan pertama yang menyebutkan permainan layang-layang adalah dokumen dari Cina sekitar 2500 Sebelum Masehi. Sedangkan penggambaran layang-layang tertua adalah dari lukisan gua periode mesolitik di pulau Muna, Sulawesi Tenggara, yang telah ada sejak 9500-9000 tahun SM. Lukisan tersebut menggambarkan layang-layang yang disebut kaghati, yang masih digunakan oleh orang-orang Muna modern.

Layang-layang terbuat dari daun kolope (umbi hutan) untuk layar induk, kulit bambu sebagai bingkai, dan serat nanas hutan yang dililitkan sebagai tali, meskipun layang-layang modern menggunakan senar sebagai tali.

Diduga terjadi perkembangan yang saling bebas antara tradisi di Cina dan di Nusantara karena di Nusantara banyak ditemukan bentuk-bentuk primitif layang-layang yang terbuat dari daun-daunan. Di kawasan Nusantara sendiri catatan pertama mengenai layang-layang adalah dari Sejarah Melayu (Sulalatus Salatin) (abad ke-17) yang menceritakan suatu festival layang-layang yang diikuti oleh seorang pembesar kerajaan.

Reorientasi

Saat ini layang-layang digunakan hanya sebagai alat hiburan yang terbuat dari bahan sintetis, misalnya plastik atau nilon. Sedangkan rangkanya dari fiberglass atau alumunium, dengan benang dari bahan nilon atau polyester.

9. Contoh Teks Cerita Sejarah Candi Prambanan

Contoh Teks Cerita Sejarah
source image: detik.com

Pengenalan

Candi Prambanan atau Candi Roro Jonggrang adalah kompleks candi Hindu terbesar di Indonesia yang dibangun pada abad ke-9 masehi. Candi ini dipersembahkan untuk Trimurti, tiga dewa utama Hindu yaitu Brahma sebagai dewa pencipta, Wisnu sebagai dewa pemelihara, dan Siwa sebagai dewa pemusnah.

Urutan Kejadian

Prambanan adalah candi Hindu terbesar dan termegah yang pernah dibangun di Jawa kuno, pembangunan candi Hindu kerajaan ini dimulai oleh Sri Maharaja Rakai Pikatan sebagai tandingan candi Buddha Borobudur dan juga candi Sewu yang terletak tak jauh dari Prambanan.

Bangunan ini pertama kali dibangun sekitar tahun 850 Masehi oleh Rakai Pikatan dan secara berkelanjutan disempurnakan dan diperluas oleh Raja Lokapala dan raja Sri Maharaja Dyah Balitung Maha Sambu. Berdasarkan prasasti Siwagrha berangka tahun 856 M, bangunan suci ini dibangun untuk memuliakan dewa Siwa, dan nama asli bangunan ini dalam bahasa Sanskerta adalah Siwagrha.

Bangunan candi ini diduga benar-benar runtuh akibat gempa bumi hebat pada abad ke-16. Meskipun tidak lagi menjadi pusat keagamaan dan ibadah umat Hindu, candi ini masih dikenali dan diketahui keberadaannya oleh warga Jawa yang menghuni desa sekitar. Candi-candi serta arca Durga dalam bangunan utama candi ini mengilhami dongeng rakyat Jawa yaitu legenda Rara Jonggrang. Setelah perpecahan Kesultanan Mataram pada tahun 1755, reruntuhan candi dan sungai Opak di dekatnya menjadi tanda pembatas antara wilayah Kesultanan Yogyakarta (Jogja) dan Kasunanan Surakarta (Solo).

Pada tahun 1733, candi ini ditemukan oleh CA. Lons seorang berkebangsaan Belanda. Candi ini menarik perhatian dunia ketika pada masa pendudukan Britania atas Jawa. Ketika itu Colin Mackenzie, seorang surveyor bawahan Sir Thomas Stamford Raffles, menemukan candi ini. Meskipun Sir Thomas kemudian memerintahkan penyelidikan lebih lanjut, reruntuhan candi ini tetap telantar hingga berpuluh-puluh tahun. Penggalian tak serius dilakukan sepanjang 1880-an yang sayangnya malah menyuburkan praktik penjarahan ukiran dan batu candi. Kemudian pada tahun 1855 Jan Willem IJzerman mulai membersihkan dan memindahkan beberapa batu dan tanah dari bilik candi.

Kini, candi ini termasuk dalam Situs Warisan Dunia yang dilindungi oleh UNESCO, status ini diberikan UNESCO pada tahun 1991. Kini, beberapa bagian candi Prambanan tengah direstorasi untuk memperbaiki kerusakan akibat gempa Yogyakarta 2006. Gempa ini telah merusak sejumlah bangunan dan patung.

Reorientasi

Candi Prambanan merupakan salah satu situs bersejarah peninggalan zaman kerajaan yang dimiliki Indonesia. Candi Prambanan terletak di Jawa Tengah dan dikenal sebagai kompleks candi Hindu terbesar di Indonesia.

10. Contoh Teks Cerita Sejarah Facebook

Contoh Teks Cerita Sejarah
source image: vox.com

Pengenalan

Facebook adalah suatu layanan jejaring sosial yang awalnya diluncurkan sebagai Face Mash pada bulan Juli tahun 2003, dan kemudian diganti nama menjadi Facebook pada 4 Februari 2004. Sejarah Berdirinya Facebook didirikan oleh Mark Zuckerberg dan teman – teman di asrama kuliahnya di Universitas Harvard yaitu Eduardo Saverin, Andrew Mc Collum, Dustin Moskowitz dan Chris Hughes.

Urutan Kejadian

Zuckerberg mulai mengkode dan meluncurkan Thefacebook pada Februari 2004. Dengan nama yang sedikit berbeda, program itu lumayan familiar. Program itu memiliki profil dimana pengguna bisa mengupload foto, berbagi minat, dan terhubung dengan orang lain, juga menawarkan visualisasi jaringan dari hubungan pengguna.

Pada bulan Mei 2005 Thefacebook menerima lebih banyak dana. Kali ini investasi sebesar 12,7 juta dolar dari Accel dan 1 juta dolar dari dana pribadi pengusaha kapitalis Jim Breyer. Pada bulan Agustus kata ‘the’ dihilangkan dan perusahaan secara resmi bernama Facebook, dengan biaya domain sebesar 200 ribu dolar.

Pada bulan November keputusan penting diambil oleh Zuckerberg dengan mengumumkan keluarnya dari Harvard setelah mengambil satu semester cuti. Setelah beberapa investasi signifikan dan pertumbuhan keanggotaan yang pesat, ia siap untuk mendedikasikan dirinya secara penuh untuk menjalankan perusahaannya sebagai seorang CEO daripada sebagai seorang programmer.

Pada Mei 2007 dalam sejarah facebook, mereka membuka fitur Marketplace, yang memungkinkan para pengguna memposting iklan untuk menjual produk dan jasa. Saat itu juga diluncurkan program Facebook Application Developer, membuka gerbang bagi para developer untuk menciptakan aplikasi mereka sendiri dan games yang terhubung dengan Facebook.

Platform tersebut juga melihat ke balik profil pribadi untuk memanfaatkan kesempatan bisnis. Pada akhir 2007 lebih dari 100 ribu perusahaan telah bergabung, dengan peluncuran Pages of Businesses untuk mendukungnya. Mereka kemudian mulai membuat rencana untuk membangun iklan dan pemasukan untuk membuat periklanan di platform mudah diakses bahkan oleh bisnis yang paling kecil sekalipun.

Pada tahun 2008 dalam sejarah facebook diluncurkan Facebook Chat yang memungkinkan pengguna untuk lebih terhubung secara instan dengan teman – teman dan keluarga.

Reorientasi

Facebook telah mendunia bahkan di golongan pelajar sekalipun. Sama dengan jejaring sosial lainnya, facebook memiliki berbagai kekurangan dan kelebihan dibandingkan jejaring sosial lainnya. Oleh karena itu bagi pengguna facebook jangan hanya menikmati kenikmatannya saja akan tetapi juga memperhatikan kelemahannya yang bias berakibat fatal.

11. Contoh Teks Cerita Sejarah Candi Borobudur

Contoh Teks Cerita Sejarah
source image: alodiatour.com

Pengenalan

Candi Borobudur adalah sebuah candi Buddha yang terletak di kota Magelang, provinsi Jawa Tengah. Candi Borobudur adalah candi atau kuil Buddha terbesar di dunia, sekaligus salah satu monumen Buddha terbesar di dunia.

Urutan Kejadian

Lokasi Candi Borobudur berada sekitar 100 km dari Semarang, 86 km dari Surakarta dan 40 km dari DI Yogyakarta. Perkiraan waktu pembangunan candi didasarkan pada perbandingan antara jenis aksara yang tertulis di kaki tertutup Karmawibhangga dengan jenis aksara yang umumnya digunakan pada prasasti kerajaan abad ke-8 dan ke-9. Candi borobudur dibangun pada masa kerajaan dinasti Syailendra di Jawa Tengah yang bertepatan antara kurun waktu 760 sampai 830 Masehi.

Proses pembangunan candi Borobudur diperkirakan menghabiskan waktu 75  sampai 100 tahun lebih. Candi Borobudur baru benar-benar rampung 100% pada masa pemerintahan raja Samaratungga pada tahun 825 Masehi.

Perlu diketahui bahwa candi Borobudur sempat tersembunyi dan telantar selama berabad-abad. Borobudur terkubur di bawah lapisan tanah dan debu vulkanik yang kemudian ditumbuhi pohon dan semak belukar sehingga Borobudur saat itu benar-benar menyerupai bukit.

Baru pada tahun 1814 Masehi, candi Borobudur kembali ditemukan lagi. Saat itu pulau Jawa ada di bawah pemerintahan Inggris yang dipimpin oleh Thomas Stamford Raffles selaku gubernur jenderal. Raffles memiliki ketertarikan pada sejarah dan kebudayaan Jawa.

Setelah itu terus dilakukan penelitian terkait candi Borobudur oleh Pemerintah Hindia Belanda. Borobudur pun kian terkenal hingga mengundang kolektor candi untuk berkunjung.

Reorientasi

Meskipun kini Candi Borobudur tidak lagi masuk dalam 7 keajaiban dunia, namun Borobudur tetap masuk dalam Situs Warisan Dunia oleh UNESCO pada tahun 1991 setelah restorasi panjang terhadap candi Buddha terbesar di dunia ini. Borobudur juga masuk dalam daftar memori dunia, diusulkan bersama Cerita Panji, Gerakan Non-Blok, dan Tsunami Aceh. Hal ini menunjukkan betapa kayanya sejarah dan budaya Indonesia pada dunia.

Baca Juga:
Itulah informasi mengenai contoh teks cerita sejarah singkat dan terbaik saat ini. Semoga beberapa contoh tersebut bisa bermanfaat dan sampai jumpa di artikel selanjutnya.

COMMENTS

Nama

anbk,6,asuransi,1,Buku Digital,5,buku teks,14,Ciri teks,15,contoh,120,cpns2019,1,cv,5,Download File,1,games,4,juknis,9,jurnal,2,Kalender,153,kosp,4,Kuliah,14,laporan,14,makalah,3,modul,6,modul ajar,5,modul guru,10,osn,4,Pekerjaan,9,Pendidikan,94,pengertian,31,Permenpan RB,26,phbs,2,poster,3,PPT,64,proposal,7,prota,2,pts,16,resume,4,rpp,25,soal am,3,soal cpns,14,soal pas,15,soal pat,15,soal us,12,surat,17,template,3,template ppt,11,tips,6,usaha,3,
ltr
item
Mautidur.com: 11 Contoh Teks Cerita Sejarah Singkat Beserta Strukturnya
11 Contoh Teks Cerita Sejarah Singkat Beserta Strukturnya
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhpI14T7QRUX8aUuIkrB5uCggkiu3R7Q5IWuru14DhuyYUf1LFNkCfl-5q5V4qDpQJnJakgHS-1HCjzpiuUGTErZ5E0BKcJfFdg4ip2Iaynz2s1DGxqybq-5q_Hh5z72g2gSvVErcfb5MI/w640-h340/1.jpg
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhpI14T7QRUX8aUuIkrB5uCggkiu3R7Q5IWuru14DhuyYUf1LFNkCfl-5q5V4qDpQJnJakgHS-1HCjzpiuUGTErZ5E0BKcJfFdg4ip2Iaynz2s1DGxqybq-5q_Hh5z72g2gSvVErcfb5MI/s72-w640-c-h340/1.jpg
Mautidur.com
https://www.mautidur.com/2020/08/10-contoh-teks-cerita-sejarah-singkat.html
https://www.mautidur.com/
https://www.mautidur.com/
https://www.mautidur.com/2020/08/10-contoh-teks-cerita-sejarah-singkat.html
true
2310118337026904168
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All DIREKOMENDASIKAN UNTUK KAMU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy Table of Content