10 Contoh Teks Berita Terbaru & Terbaik

Daftar Isi [Tampil]

Contoh Teks Berita - Pada kesempatan kali ini saya akan memberikan beberapa contoh teks berita. Namun, kamu harus memahami terlebih dahulu apa itu teks berita.

Teks berita merupakan teks yang isinya mengenai segala hal yang terjadi, berupa fakta, dan disiarkan di televisi, radio, media cetak atau diunggah di situs. Intinya, teks berita adalah sebuah berita yang berisi fakta, namun tidak semua fakta bisa diangkat menjadi berita.

Struktur Teks Berita

Struktur teks merupakan gambaran sebuah teks tersebut dibangun. Sebuah teks berita harus memiliki struktur teks yang jelas. Teks berita juga disusun berdasarkan struktur teks peristiwa berita, latar belakang peristiwa, dan sumber berita.
  • Orientasi Berita
Orientasi berita merupakan bagian pembuka teks mengenai hal yang diberitakan.
  • Peristiwa
Peristiwa merupakan tahapan inti sebuah berita. Dibagian ini berita dinarasikan sebaik mungkin untuk menyajikan fakta yang kemudian dimunculkan.
  • Sumber Berita

Sumber berita juga cukup penting, namun letaknya bisa fleksibel. Melainkan tidak harus di akhir berita, bisa juga dimasukan di dalam berita tersebut.

Baca Juga: 7 Contoh Teks Laporan Percobaan Terbaik

Kaidah Kebahasan Teks Berita

  1. Verba Transitif adalah verba yang dapat diubah kebentuk pasif.
  2. Verba pewarta adalah verba yang mengindentifikasikan suatu percakapan.
  3. Kata keterangan adalah kata yang memberikan keterangan kepada kata lain.
  4. Konjungsi Temporal adalah kata hubung yang berhubungan dengan waktu, contohnya kemudian, setelah, dan akhirnya.
  5. Kalimat Langsung adalah hasil kutipan langsung dari pembicaraan seseorang yang sama persis.
  6. Kalimat Tidak Langsung adalah kalimat yang memberitahuan perkataan orang lain dalam bentuk tidak langsung.

Ciri-ciri Teks Berita

  • Jelas
  • Menarik
  • Terkini (aktual)
  • Dapat dipercaya (faktual)
  • Diterima masyarakat
  • Segera disampaikan
  • Menggunakan kalimat sederhana

Syarat Teks Berita

1. Aktual

Teks berita yang disampaikan adalah peristiwa yang sedang hangat diperbincangkan atau terbaru

2. Lengkap

Teks berita haruslah lengkap dari unsur 5W + 1H (What, Why, Who, When, Where + How) dan harus memenuhi struktur teks berita.

3. Sistematis

Sebuah teks berita harus disampaikan secara sistematis atau berurutan supaya jelas dan mudah dipahami siapa saja.

4. Faktual

Teks berita harus berisi peristiwa yang nyata atau fakta.

5. Seimbang

Sebuah berita juga tidak boleh memihak pada siapa pun, sehingga berita yang disampaikan seimbang.

6. Menarik

Teks berita akan lebih baik disajikan dengan judul yang menarik agar orang tertarik untuk membacanya.

Contoh Teks Berita

1. Contoh Teks Berita Tentang Kecelakaan

Contoh Teks Berita

Sebuah mobil Mitsubishi Pajero mengalami kecelakaan tunggal di Jalan Ujung Menteng, Jakarta Timur dini hari tadi. Kecelakaan diduga diakibatkan pengemudi mobil hilang kendali (out of control). Kecelakaan terjadi pada pukul 04.00 WIB (6/8/2020). Bermula, mobil yang dikendarai oleh Yusuf melaju dari arah timur menuju barat di Jalan Raya Bekasi.

Sesampainya di SPBU Ujung Menteng, pengemudi kemudian hilang kendali. Selain Yusuf, ada penumpang seorang perempuan di dalam mobil tersebut. Kecelakaan diduga akibat out of control. Di SPBU Ujung Menteng tidak bisa menguasai dan kendaraan oleng ke kanan menabrak median jalan lalu masuk ke jalur kanan. Fahri mengatakan akibat kejadian tersebut, penumpang inisial EN alami luka ringan. Korban kemudian langsung dibawa ke rumah sakit terdekat.

Seperti diberitakan sebelumnya, mobil Pajero Sport bernomor polisi B-1635-KJE menabrak separator jalan di daerah Ujung Menteng, Jakarta Timur. Beruntung, tak ada korban jiwa dalam kecelakaan ini. Kasat Lantas Polres Jakarta Timur, Kompol Telly Bahurte mengatakan polisi yang menerima informasi kecelakaan tersebut langsung datang ke lokasi. Menurutnya, kendaraan serta surat izin mengemudi (SIM) pengemudi kendaraan itu telah diamankan.

2. Contoh Teks Berita Tentang Banjir

Contoh Teks Berita

Belum pulih dari banjir bandang beberapa waktu lalu, Kecamatan Masamba, Kabupaten Luwu Utara, Sulawesi Selatan kembali dilanda banjir, Selasa (4/8/2020) malam. Banjir susulan terjadi karena hujan deras mengguyur bagian hulu Kecamatan Masamba sejak Selasa siang, yang membuat Sungai Masamba meluap dan merendam permukiman warga di Kelurahan Bone Tua, Kelurahan Bone dan Desa Baloli dengan ketinggian banjir bervariasi antara 50 hingga 80 sentimeter.

Kepala Pelaksana BPBD Luwu Utara Muslim Muchtar mengatakan, selain pemukiman warga, banjir juga merendam jalan Trans Sulawesi Masamba, yang membuat kendaraan tak dapat melintas. Muslim mengatakan, di sejumlah titik permukiman warga terendam hingga satu meter, yang membuat warga mengungsi ke tempat yang lebih aman.

Banjir yang terjadi saat ini merupakan banjir susulan setelah sebelumnya pada tiga pekan lalau diterjang banjir setinggi dua meter yang membawa material berupa pasir bercampur kayu. Sejumlah relawan yang masih berada di lokasi pengungsian seperti PMI, ACT dan lainnya kini melakukan evakuasi terhadap warga bersama BPBD Luwu Utara.

Pantauan di lokasi, banjir yang mulai meluap sejak Selasa (4/8/2020) petang membuat warga panik dan berlarian menjauh dari area sekitar sungai untuk menghindari hal yang tidak diinginkan.

3. Contoh Teks Berita Tentang Politik

Contoh Teks Berita

Calon Wali Kota Tangerang Selatan, Muhamad yang disandingkan dengan Rahayu Saraswati, resmi mengundurkan dirinya dari jabatan Sekretaris Daerah (Sekda) Tangerang Selatan, Rabu (5/8/2020).

Dia mengaku, pilihan pensiun dini yang diambilnya itu sebagai langkah serius pencalonanya untuk maju dalam Pilkada Tangsel. Apalagi, dukungan kuat sejumlah partai besar juga telah dikantongi.

"Udah lega. Pengunduran diri ini agar tidak mengganggu proses pembangunan daerah, karena ada banyak pekerjaan yang harus dilakukan Sekda. Selain itu, supaya fokus di lapangan," terangnya.

Dalam pengunduran dirinya menjadi ASN Pejabat Sekda Tangsel tersebut, Muhamad juga mengembalikan seluruh aset kendaraan dinas miliknya, berupa empat mobil mewah dan satu sepeda motor diantaranya, Nissan Serena B 1967 WQN, Toyota Camry B 1024 WQA, Innova Venturer B 1389 WQN dan Honda CR-V B 1019 WQH.

Meski begitu, sampai saat ini pengunduran dirinya sebagai ASN sedang dalam proses untuk disampaikan ke Badan Kepegawaian Negara (BKN). Sebelumnya, Muhamad yang disandingkan dengan Rahayu Saraswati mendapat dukungan sejumlah partai besar untuk maju dalam kontestasi Pilkada Tangerang Selatan, partai-partai besar yakni PDI-P, Gerindra, Hanura dan NasDem.

4. Contoh Teks Berita Tentang Kebudayaan

Contoh Teks Berita

Dua hari lagi tanggal 11 Januari 2018, Tahun Baru Imlek 2559 datang. Ini berarti sudah semakin dekat untuk mempersiapkan penyambutan datangnya tahun tikus dalam penanggalan Cina dengan meriah. Bagi warga etnis Tionghoa di Bogor, Jawa Barat, itu artinya sudah saatnya mereka membersihkan tempat ibadah. Seperti yang mereka lakukan di Vihara Danagun.

Puluhan warga bahu-membahu membersihkan ruang, perabotan, dan semua patung dewa dalam vihara tersebut. Patung-patung ini dimandikan secara khusus dalam sebuah ritual tahunan. Tak hanya itu, untuk memeriahkan acara menyambut Tahun Baru Cina, warga Tionghoa memasang pernak-pernik berbau Imlek di jalan-jalan Kota Bogor.

Kemeriahan menyambut Imlek juga terasa di Semarang, Jawa Tengah. Walau demikian, warga di kota ini memiliki cara berbeda untuk menyambutnya. Mereka menggelar sebuah pasar kaget di wilayah Pecinan, Semarang yang disebut Pasar Semawis. Saat pasar dibuka, bukan hanya budaya Negeri Tionghoa yang dipertunjukkan.

Budaya masyarakat setempat juga turut ditampilkan. Tak lupa tentunya sajian barongsai yang terus menghibur warga yang berkunjung ke Pasar Semawis.

5. Contoh Teks Berita Tentang Bencana Alam

Contoh Teks Berita

Hingga Senin pagi, Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) merilis jumlah korban tsunami Selat Sunda mencapai 50 orang meninggal dunia, 588 orang luka-luka dan 3 orang hilang. Bahkan, jumlah korban hilang kini telah berkembang menjadi lebih dari 210 orang.

Selain korban jiwa, luka-luka, dan hilang, BNPB juga merilis kerugian fisik meliputi 330 unit rumah rusak berat, 9 hotel rusak berat, dan 10 kapal rusak berat, sedangkan puluhan kapal dikabarkan rusak ringan.

Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB, Sutopo Purwo Nugroho pada Senin (23/12) pagi menegaskan bahwa pendataan masih dilakukan karena kemungkinan data korban dan kerusakan akan masih terus bertambah.

Pandeglang merupakan daerah terdampak tsunami yang paling parah dengan jumlah 33 orang meninggal dunia, 491 orang luka-luka, 330 unit rumah rusak berat, 9 hotel rusak berat, dan 10 kapal rusak berat.

6. Contoh Teks Berita Tentang Covid 19

Contoh Teks Berita

Juru bicara pemerintah untuk penanganan COVID-19 Profesor Wiku Adisasmito menyampaikan ada sejumlah kandidat vaksin virus Corona COVID-19 yang tengah diteliti. Dari sekian banyak, belum ada satupun yang benar-benar lulus uji.

Lebih detail, Prof Wiku menyebut ada 139 kandidat vaksin yang sedang menjalani tahap uji preklinis. Sebanyak 25 kandidat vaksin menjalani uji klinis tahap 1, 17 kandidat vaksin ada di tahap 2, dan 7 kandidat vaksin ada di tahap 3.

"Belum ada satupun di dunia yang sudah lulus uji," tegas Prof Wiku dalam siaran pers di channel YouTube Sekretariat Presiden, Kamis (6/8/2020).

Salah satu dari 7 kandidat vaksin yang memasuki tahap akhir uji klinis adalah Sinovac buatan China. Vaksin tersebut saat ini tengah disiapkan untuk menjalani uji klinis tahap 3 di Bandung, Indonesia.

7. Contoh Teks Berita Tentang Tanah Longsor

Contoh Teks Berita

Dua orang tewas tertimbun tanah longsor di Sibolga. Mereka tertimbun longsor saat mencari pasir untuk bahan bangunan.

Tanah longsor terjadi di perbukitan wilayah Kelurahan Aek Perombunan, Kota Sibolga, Sumatera Utara (Sumut), sekitar pukul 16.00 WIB, Selasa (4/8/2020). Ada empat orang yang tertimbun.

"Empat orang tertimpa longsoran tanah tadi pukul 16.00 WIB. Dua orang berinisial AN (14) dan JH (20) meninggal. Menurut keterangan warga, korban tertimpa saat mengambil pasir untuk bahan bangunan rumah," kata Kasubbag Humas Polres Sibolga Iptu R Sormin.

Sormin mengatakan dua korban lainnya mengalami luka-luka. Keduanya sudah dibawa ke rumah sakit. Sormin juga mengatakan pihaknya masih menyelidiki penyebab terjadinya tanah longsor tersebut.

8. Contoh Teks Berita Tentang Sekolah Online

Contoh Teks Berita

Rusli (12), seorang siswa sekolah menengah pertama (SMP) di Makassar, memilih pergi ke sekolah pada saat teman-temannya yang lain belajar lewat sistem daring. Anak buruh ini meminjam komputer sekolah lantaran tidak memiliki gawai untuk belajar di rumah.

Rusli adalah siswa SMP 27 Makassar. Setiap pagi, dengan mengenakan seragam siswa bermotif batik dan celana pendek berwarna biru, ia berangkat ke sekolahnya. Di sekolah itu, Rusli meminjam komputer sekolah dan selanjutnya mengikuti pembelajaran dengan sistem daring.

"Dia sudah tiga hari ini masuk sekolah, karena kami tidak punya handphone untuk belajar online. Jadi dia datang ke sekolah belajar pakai komputer sekolah," kata ibu Rusli, Rusni daeng Baji (41).

Sementara itu, Rusli mengatakan dalam tiga hari terakhir dia akan belajar di laboratorium sekolah mulai pukul 08.00 Wita hingga pukul 12.00 Wita.

Terpisah, pihak sekolah membenarkan bahwa Rusli datang bersama orang tuanya meminta bantuan fasilitas agar anak keduanya ini dapat belajar seperti dengan siswa lainnya.

9. Contoh Teks Berita Tentang Kasus Narkoba

Contoh Teks Berita

Pengadilan China menghukum mati seorang warga negara Kanada pada Kamis (6/8/2020) dalam putusannya. Putusan ini dapat semakin mengobarkan ketegangan antara China dan Kanada.

Seperti dilansir dari AFP, Kamis (6/8/2020) Pengadilan Menengah Guangzhou mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa mereka telah menjatuhkan hukuman mati kepada Xu Weihong karena memproduksi obat-obatan, dan semua properti pribadinya akan disita.

Keputusan itu muncul setelah China menghukum mati dua warga Kanada lainnya atas tuduhan perdagangan narkoba tahun lalu, ketika pertikaian diplomatiknya dengan Kanada meningkat karena penangkapan pemimpin eksekutif Huawei, Meng Wanzhou.

Permohonan grasi Kanada untuk dua warganya itu, Robert Lloyd Schellenberg dan Fan Wei sejauh ini belum berhasil.

Otoritas China juga menahan dua warga negara Kanada, termasuk seorang mantan diplomat, atas tuduhan spionase, dalam sebuah tindakan yang secara luas dianggap sebagai pembalasan atas penangkapan Meng.

Pada bulan Juni, China secara resmi mendakwa pasangan itu - mantan diplomat Michael Kovrig dan pengusaha Michael Spavor - setelah mereka ditahan di China pada Desember 2018.

10. Contoh Teks Berita Tentang Pembunuhan

Contoh Teks Berita

Terdakwa kasus pembunuhan Terimakasih Laia, Tolonasokhi Halawa, divonis 20 tahun penjara. Majelis hakim menyatakan Tolonasokhi terbukti bersalah melakukan pembunuhan berencana.

"Menyatakan terdakwa Tolonasokhi Halawa Alias Gamo tersebut di atas, terbukti secara sah dan meyakinkan bersalah melakukan tindak pidana pembunuhan berencana sebagaimana dalam dakwaan alternatif pertama primer. Menjatuhkan pidana kepada terdakwa oleh karena itu dengan pidana penjara selama 20 tahun," demikian vonis Tolonasokhi seperti dikutip dari putusan PN Gunung Sitoli, Selasa (4/8/2020).

Vonis tersebut diketuk oleh majelis hakim yang diketuai oleh Taufiq Noor Hayat serta hakim anggota Achmadsyah Ade Mury dan Muhammad Yusup Sembiring. Majelis hakim menyatakan Tolonasokhi bersalah melanggar Pasal 340 KUHP.

Dalam pertimbangannya, majelis hakim menyatakan Tolonasokhi terbukti telah menikam dan menggorok leher Terimakasih Laia menggunakan pisau pada Jumat (29/11/2019). Peristiwa itu disebut terjadi di Desa Hiliwaebu, Susua, Nias Selatan.

Aksi sadis Tolonasokhi itu diawali dengan menikam wajah korban. Korban disebut sempat lari dan berteriak, namun Tolonasokhi disebut menikam punggung korban berulang kali hingga korban terjatuh.

Tolonasokhi juga disebut hendak memperkosa korban, namun korban melawan dan berteriak. Tolonasokhi kemudian menggorok leher korban dan menyebabkan korban tewas di lokasi kejadian. Selain itu, majelis hakim menyatakan terdapat kurang lebih 87 luka tusuk di sekujur tubuh Terimakasih Laia. Hal tersebut diketahui dari visum yang dilakukan dokter.

Baca Juga:

Itulah informasi mengenai contoh teks berita yang didapatkan dari berbagai situs berita, seperti detik.com, kompas.com, merdeka.com dan sebagainya. Semoga beberapa contoh tersebut bisa bermanfaat dan sampai jumpa di artikel selanjutnya.

COMMENTS

Nama

anbk,6,asuransi,1,Buku Digital,5,buku teks,14,Ciri teks,15,contoh,120,cpns2019,1,cv,5,Download File,1,games,4,juknis,9,jurnal,2,Kalender,153,kosp,4,Kuliah,14,laporan,14,makalah,3,modul,6,modul ajar,5,modul guru,10,osn,4,Pekerjaan,9,Pendidikan,94,pengertian,31,Permenpan RB,26,phbs,2,poster,3,PPT,64,proposal,7,prota,2,pts,16,resume,4,rpp,25,soal am,3,soal cpns,14,soal pas,15,soal pat,15,soal us,12,surat,17,template,3,template ppt,11,tips,6,usaha,3,
ltr
item
Mautidur.com: 10 Contoh Teks Berita Terbaru & Terbaik
10 Contoh Teks Berita Terbaru & Terbaik
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEioWnXJDybgMNoMa_GV3_PMIW-GMjLE9FiMj_8WGocDbn4t_5N3TqPJ1KRWYpWcNyyRHpaoqQVZ8-3YB-gN4T8_avUCwVLQ_AXYeRWBxS_mROJ3gPBt5YpkmScLQ2-YJQLAih1VpeSvIYg/s640/1.jpg
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEioWnXJDybgMNoMa_GV3_PMIW-GMjLE9FiMj_8WGocDbn4t_5N3TqPJ1KRWYpWcNyyRHpaoqQVZ8-3YB-gN4T8_avUCwVLQ_AXYeRWBxS_mROJ3gPBt5YpkmScLQ2-YJQLAih1VpeSvIYg/s72-c/1.jpg
Mautidur.com
https://www.mautidur.com/2020/08/10-contoh-teks-berita-terbaru-terbaik.html
https://www.mautidur.com/
https://www.mautidur.com/
https://www.mautidur.com/2020/08/10-contoh-teks-berita-terbaru-terbaik.html
true
2310118337026904168
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All DIREKOMENDASIKAN UNTUK KAMU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy Table of Content