3 Contoh Resume Makalah yang Baik & Benar

Daftar Isi [Tampil]

Contoh Resume Makalah
Contoh Resume Makalah - Pada kesempatan kali ini saya akan memberikan beberapa contoh resume makalah yang baik dan benar. Namun, akan lebih baik jika kamu memahami terlebih dahulu apa sih resume itu.

Resume merupakan sebuah ringkasan atau rangkuman dari sebuah tulisan atau karangan panjang yang dipersingkat dengan mengambil bagian pokok dan menyisihkan rincian serta ilustrasinya.

Resume menjadi salah satu cara efektif untuk menjelaskan inti atau pokok dari sebuah informasi yang ingin disampaikan kepada orang lain.

Fungsi Resume Makalah

  • Memudahkan pembaca menerima materi yang disampaikan.
  • Lebih mudah mengingatkan materi yang telah lalu karena tinggal membaca ulang dari resume yang telah dibuat.
  • Tulisan yang awalnya panjang menjadi lebih ringkas dan kaya makna.
  • Tulisan yang ringkas, padat dan penting akan mudah diingat.
  • Memudahkan penyampaian materi karena telah terkonsep.

Langkah-langkah Membuat Resume Makalah

  • Membaca makalah

Untuk memahami isi dari makalah, maka kita harus membacanya hingga selesai. Akan lebih baik jika membacanya secara berulang agar lebih mengerti maksud yang ingin disampaikan oleh penulis.

  • Menemukan gagasan utama

Setelah membaca secara berulang-ulang, tentunya kita dapat menemukan gagasan utama dari pikiran utama tulisan tersebut. Kita juga harus mencatat gagasan utama dari tulisan tersebut agar bisa membuat ringkasan yang sesuai.

  • Mulai menulis resume

Setelah menemukan gagasan pokok dari sebuah makalah, nantinya kamu akan menemukan gambaran umum mengenai resumenya. Penggunaan kalimat dalam resume juga sebaiknya menggambarkan isi dari teks aslinya, dan tidak menambahkan pendapat pribadi.

Gunakanlah bahasa yang mudah dipahami dan tidak bertele-tele. Buatlah resume dalam bentuk ringkasan yang padat, namun tetap mewakili isi dari naskah aslinya.

  • Membaca kembali resume yang telah dibuat

Terakhir adalah membaca ulang resume yang telah dibuat untuk memeriksa apabila terjadi kesalahan dalam penulisan, baik itu tanda baca, ejaan atau kesesuaian antara resume dengan buku aslinya.

Contoh Resume Makalah Terbaik

1. Contoh Resume Makalah Tentang Green Computing

Contoh Resume Makalah

Judul: Apa itu Green Computing?

Pendahuluan

Pesatnya perkembangan teknologi memberikan dampak baik sekaligus buruk. Salah satu dampak buruknya perkembangan teknologi adalah pemakaian energi, yang nantinya dikhawatirkan akan terjadinya krisis energi dunia. Produk teknologi yang paling banyak digunakan adalah komputer, laptop dan hadphone. Kedua produk teknologi tersebut sudah menjadi barang wajib dimiliki oleh kebanyakan orang karena mampu membantu aktifitas keseharian baik untuk urusan komunikasi pribadi maupun untuk aktifitas pekerjaan. Hal ini akan memicu penggunaan energi listrik yang berlebihan yang akan berdampak terhadap peningkatan produksi gas karbondioksida yang berpengaruh terhadap naiknya suhu bumi.

Untuk itu diperlukan penggunaan teknologi yang ramah lingkungan agar dapat menghemat energi listrik, mengurangi daya energi yang lebih, memanfaatkan sumber daya yang ada. Green computing dapat diartikan secara umum yaitu pola pemakaian teknologi khususnya peralatan komputer dengan menghemat penggunaan energi listrik, mengurangi penggunaan daya yang berlebihan sebagai solusi untuk menghemat energi listrik sehingga menghemat biaya-biaya khususnya biaya listrik dan perawatan elektronik.

Tujuan dari makalah ini untuk mengedukasi serta mengetahui penerapan green computing dalam aktifitas sehari-hari, baik untuk praktek bisnis maupun individu sehingga mampu menghemat sumber daya energi, biaya dan ramah lingkungan untuk bumi kita yang lebih baik

Pembahasan

Pendekatan Green Computing dapat dilakukan dengan berbagai cara, diantaranya:

  • Virtualisasi komputer 

Virtualisasi komputer merupakan proses 2 sistem logika komputer dalam satu kelompok hardware. Dengan virtualisasi. Seorang sistem administrator dapat menggabungkan beberapa sistem fisik kedalam mesin virtual.

  • Power Management

Fungsi dari power management itu sendiri antara lain: 

  1. Memperpanjang hidup batre untuk sistem portabel 
  2. Mengurangi suara 
  3. Mengurangi biaya operasi untuk energi dan pendingin 
  4. Rendahnya pemakaian tenaga berarti rendahnya pemanasan, yang berarti meningkatkan stabilitas sistem dan mengurangi penggunaan energi untuk menghemat uang dan mengurangi dampak negatif ke lingkungan.

Komputer tentu telah sangat merusak lingkungan, produsen komputer telah mencari solusi green untuk membantu melindungi lingkungan dari komputer dan limbah elektronik dengan berbagai cara, Energy Star telah memulai “Green Computing” yaitu gerakan dengan mempertahankan kontrol pada penggunaan bahan beracun, konversi energi yang terbuang oleh komputer seperti mesin pada saat idle (waktu di saat sebuah piranti dalam kondisi statis).

Dengan mengerti konsep dan mengimplementasikan green computing yaitu Green Design, Green Use, Green Strategies and Policies dan Geen Disposal di lingkungan kampus akan menghasilkan penghematan dan efisiensi pemakaian energi listrik serta mengurangi dampak negatif kepada lingkungan.

Simpulan

Tanpa disadari saat ini kita telah berada pada era digital, dimana setiap orang dapat memiliki atau menggunakan perangkat komputasi lebih dari satu perangkat, seperti secara bersamaan kita memiliki laptop, handphone, kartu kredit, ID card dan lain lain. Semua perangkat komputasi tersebut seolah-olah sudah menyatu dengan kita, sehingga terlihat tidak nampak. Di zaman yang serba canggih ini, kita harus bisa memanfaatkan kemajuan teknologi sebaik mungkin agar kita tidak merugikan diri sendiri, orang lain dan lingkungan sekitar.

Download Makalah

2. Contoh Resume Makalah Tentang Analisis Perbandingan Layanan Cloud

Contoh Resume Makalah

Judul: Analisis perbandingan layanan Cloud dari Amazon Web Service(AWS) dan Microsoft Azure

Pendahuluan

Cloud computing merupakan layanan sistem teknologi informasi bagi pengguna yang bertujuan untuk mempermudah organisasi dalam berkegiatan. Pengiriman sumber daya IT sesuai permintaan melalui internet dengan harga sesuai pemakaian. Selain membeli, memiliki, serta mengelola pusat data fisik dan server, pengguna dapat mengakses layanan teknologi, seperti komputasi daya, penyimpanan, dan database, sesuai kebutuhan dari penyedia cloud. Salah satu keuntungan menggunakan layanan cloud adalah pengguna tidak perlu menyediakan sumber daya secara berlebihan di awal untuk mengatasi aktivitas bisnis yang meningkat di kemudian hari. Penyedia layanan cloud menyediakan jumlah sumber daya yang sesuai dengan kebutuhan.

Pembahasan

  • Layanan Cloud Amazon Web Service (AWS)

1. Infrastructure as a Service (IaaS)

Sebagai penyedia IaaS, Amazon Elastic Compute Cloud (AWS EC2) memfasilitasi infrastruktur dan kapasitas komputasi cloud yang sangat aman, hemat biaya, fleksibel, dan dapat diskalakan. 

2. Software as a Service (SaaS)

AWS menawarkan layanan jaringan untuk cloud melalui cloud pribadi virtual dan menggunakan API web yang menawarkan konektivitas di lokasi. AWS Elasticsearch digunakan untuk menangani penyeimbangan beban selama waktu henti atau pada waktu overhead operasional.

3. Platform as a Service (PaaS) 

Fungsi PaaS pada AWS adalah memungkinkan pengembang menjalankan kode secara realtime tanpa harus khawatir mengenai penanganan server. 

  • Layanan Cloud Microsoft Azure

1. Infrastructure as a Service (IaaS)

Layanan ini memungkinkan pelanggan melakukan outsourcing semua jaringan dan kebutuhan komputasi mereka ke Microsoft, menghapus semua infrastruktur dari server pelanggan sendiri.

2. Platform as a Service (PaaS)

Dengan layanan Paas dari Azure, bisnis dapat memanfaatkan kekuatan PaaS tanpa harus mengkhawatirkan konfigurasi atau penjadwalan server, yang otomatis.

3. Software as a Service (SaaS)

Cloud Microsoft Azure dapat digunakan untuk menghosting aplikasi yang Anda buat sendiri, dan untuk mengakses layanan Microsoft SaaS lainnya

Simpulan

Dibandingkan dengan vendor cloud besar lainnya, AWS menawarkan integrasi paling sedikit antara berbagai layanan terkait PaaS. Untuk menyediakan fitur PaaS, pengguna harus menghubungkan beberapa layanan bersama-sama untuk membangun pengembangan aplikasi 

Sedangkan Microsoft Azure dan Google Cloud telah menyatukan beberapa tools dan layanan untuk opsi Paas secara luas. Sayangnya kedua layanan tersebut menyediakan perangkat lunak dan opsi hosing yang berbeda dalam layanan yang diberikan.

Download Makalah

3. Contoh Resume Makalah Tentang Upaya Minat Baca

Contoh Resume Makalah

Judul: Upaya Meningkatkan Minat Baca di Kalangan Mahasiswa

Pendahuluan

Saat ini budaya membaca masih kurang diminati di seputar kampus. Banyak sekali Mahasiswa yang menghabiskan waktu luang untuk sesuatu hal yang kurang bermanfaat, seperti nongkrong diwarung dan membicarakan hal-hal yang sifatnya non ilmiah padahal Mahasiswa adalah agen perubahan. Menjadi mahasiswa berarti harus siap terlibat dalam perubahan tersebut.

Padahal membaca merupakan salah satu dari sekian faktor pendukung pendidikan. Dengan membaca kita dapat meningkatkan dan memperluas cakrawala pengetahuan tentang informasi dunia luar baik pada masa lalu maupun sekarang karena buku adalah salah satu sumber informasi yang dapat menunjang ilmu pengetahuan. Untuk itu, mewujudkan kembali semangat membaca di kalangan Mahasiswa mutlak dilakukan.

Pembahasan

Minat merupakan keinginan yang tinggi terhadap sesuatu. Minat baca berarti suatu keinginan atau kecendurangan hati yang tinggi terhadap bahan bacaan. 

Untuk mengembangkan minat baca, sesorang sebaiknya dimulai sejak usia dini (anak-anak). Bahkan ketika masih dalam kandungan ibunya sudah dapat dimulai untuk mengembangkan minat baca tersebut. Pada saat anak sudah lahir, dapat dilanjutkan dengan mengajari anak dengan memperkenalkan huruf-huruf, gambar, atau benda-benda yang mengandung arti, maka hal itu telah membangkitkan minat si anak untuk ingin tahu, tertarik dan menyenangkan.

Setelah tahap minat, maka dibarengi dengan ketertarikan dan kesenangan tersebut, kemudian diteruskan dengan kebiasaan membaca. Kebiasaan membaca yang telah berkembang dengan baik ini dapat disebut sebagai suatu kebutuhan yang harus terpenuhi. Pada saatnya, secara bertahap dapat dikembangkan suatu budaya yang disebut sebagai “Budaya Membaca”.

Manfaat yang dapat diambil dari budaya membaca tersebut dapat dirasakan ketika orang mempergunakanya pada suatu kesempatan untuk mengobrol, berbincang, dan bercerita dengan satu sama lain. 

Mahasiswa yang merupakan agen perubahan, aneh rasanya ketika mahasiswa justru memiliki minat yang rendah terhadap membaca. Lantas dimana peran mahasiswa sebagai agen perubahan ketika minat membacanya rendah. Sebagai mahasiswa seharusnya memiliki minat baca yang tinggi, dengan memiliki minat baca yang tinggi kita memiliki wawasan dan pengetahuan yang luas sehingga kita dapat melakukan analisis permasalahan yang terjadi di sekitar kita dan dapat memberikan solusi.

Simpulan

Banyak manfaat yang bisa kita peroleh dari membaca. Dengan membaca Mahasiswa dapat memperluas cakrawala ilmu pengetahuan, menambah informasi bagi diri sendiri, meningkatkan pengetahuan serta menambah ide. Jadi jelas pengaruh bacaan sangat besar terhadap peningkatan cara berfikir seorang Mahasiswa.

Download Makalah

Baca Juga:

Itulah beberapa contoh resume makalah yang baik dan benar. Semoga contoh tersebut bisa bermanfaat dan sampai jumpa di artikel selanjutnya.

COMMENTS

Nama

anbk,6,asuransi,1,Buku Digital,5,buku teks,14,Ciri teks,15,contoh,120,cpns2019,1,cv,5,Download File,1,games,4,juknis,9,jurnal,2,Kalender,153,kosp,4,Kuliah,14,laporan,14,makalah,3,modul,6,modul ajar,5,modul guru,10,osn,4,Pekerjaan,9,Pendidikan,94,pengertian,31,Permenpan RB,26,phbs,2,poster,3,PPT,64,proposal,7,prota,2,pts,16,resume,4,rpp,25,soal am,3,soal cpns,14,soal pas,15,soal pat,15,soal us,12,surat,17,template,3,template ppt,11,tips,6,usaha,3,
ltr
item
Mautidur.com: 3 Contoh Resume Makalah yang Baik & Benar
3 Contoh Resume Makalah yang Baik & Benar
https://blogger.googleusercontent.com/img/a/AVvXsEiRb7Zdy-dpARQtuidR8O77OeqftpYr2hEywG9jQwVCTG3NQ0DpIWrbJosdo2PnLBeKTd0JzQPxz9_OEoM1u54ih3PJaLd7kMRaAuAumzv-xw_QG84US6UABwTfv6QdAS7-utqw22vt7LEXrX2SLvdPJKZfAv8Zet_Jp7SycLA_h35Uo6lcJI5E7eAh=w640-h392
https://blogger.googleusercontent.com/img/a/AVvXsEiRb7Zdy-dpARQtuidR8O77OeqftpYr2hEywG9jQwVCTG3NQ0DpIWrbJosdo2PnLBeKTd0JzQPxz9_OEoM1u54ih3PJaLd7kMRaAuAumzv-xw_QG84US6UABwTfv6QdAS7-utqw22vt7LEXrX2SLvdPJKZfAv8Zet_Jp7SycLA_h35Uo6lcJI5E7eAh=s72-w640-c-h392
Mautidur.com
https://www.mautidur.com/2021/12/contoh-resume-makalah-yang-baik-benar.html
https://www.mautidur.com/
https://www.mautidur.com/
https://www.mautidur.com/2021/12/contoh-resume-makalah-yang-baik-benar.html
true
2310118337026904168
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All DIREKOMENDASIKAN UNTUK KAMU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy Table of Content