3 Contoh Resume Buku yang Baik & Benar

Daftar Isi [Tampil]

Contoh Resume Buku
Contoh Resume Buku - Pada kesempatan kali ini saya akan memberikan beberapa contoh resume buku yang baik dan benar. Namun, akan lebih baik jika kamu memahami terlebih dahulu apa sih resume itu.

Resume merupakan sebuah ringkasan atau rangkuman dari sebuah tulisan atau karangan panjang yang dipersingkat dengan mengambil bagian pokok dan menyisihkan rincian serta ilustrasinya.

Resume menjadi salah satu cara efektif untuk menjelaskan inti atau pokok dari sebuah informasi yang ingin disampaikan kepada orang lain.

Fungsi Resume Buku

  • Memudahkan pembaca menerima materi yang disampaikan.
  • Lebih mudah mengingatkan materi yang telah lalu karena tinggal membaca ulang dari resume yang telah dibuat.
  • Tulisan yang awalnya panjang menjadi lebih ringkas dan kaya makna.
  • Tulisan yang ringkas, padat dan penting akan mudah diingat.
  • Memudahkan penyampaian materi karena telah terkonsep.

Langkah-langkah Membuat Resume Buku

  • Membaca buku

Untuk memahami isi dari buku, maka kita harus membacanya hingga selesai. Akan lebih baik jika membacanya secara berulang agar lebih mengerti maksud yang ingin disampaikan oleh penulis.

  • Menemukan gagasan utama

Setelah membaca secara berulang-ulang, tentunya kita dapat menemukan gagasan utama dari pikiran utama tulisan tersebut. Kita juga harus mencatat gagasan utama dari tulisan tersebut agar bisa membuat ringkasan yang sesuai.

  • Mulai menulis resume

Setelah menemukan gagasan pokok dari sebuah buku, nantinya kamu akan menemukan gambaran umum mengenai resumenya. Penggunaan kalimat dalam resume juga sebaiknya menggambarkan isi dari teks aslinya, dan tidak menambahkan pendapat pribadi.

Gunakanlah bahasa yang mudah dipahami dan tidak bertele-tele. Buatlah resume dalam bentuk ringkasan yang padat, namun tetap mewakili isi dari naskah aslinya.

  • Membaca kembali resume yang telah dibuat

Terakhir adalah membaca ulang resume yang telah dibuat untuk memeriksa apabila terjadi kesalahan dalam penulisan, baik itu tanda baca, ejaan atau kesesuaian antara resume dengan buku aslinya.

Contoh Resume Buku Terbaik

1. Contoh Resume Buku Asyiknya Sekolah di Desa

Contoh Resume Buku

Judul: Asyiknya sekolah di desa

Pengarang: Bambang Joko Susilo

Penerbit: Jakarta, Bestari Kids, 2012

ISBN: 978979063445

Tebal: 112 halaman

Subjek: Fiksi Indonesia - bacaan Kanak-kanak

Bonang merupakan anak Desa Cangkring yang menikmati hidup di desanya yang permai. Suatu hari sekolahnya kedatangan murid baru dari Jakarta bernama Uhlil. Anak baru tersebut memiliki sifat sombong, ia selalu membanggakan kekayaan dan asal-usul orangtuanya. Karena kesombongannya tersebut banyak anak-anak tidak suka kepadanya. Tidak terkecuali dengan Bonang.

Bonang yang tidak menyukai kesombongan Uhlil akhirnya menantangnya untuk berenang di sungai. Uhlil menyanggupinya, meskipun pada akhirnya kalah. Sejak saat itu Uhlil mulai berubah dan menyukai suasana di desa. Bersama Bonang dan anak-anak desa lainnya, Uhlil mengalami peristiwa-peristiwa yang menyenangkan.

Kelebihan

Buku ini sangat menarik karena penulis dapat mendeskripsikan setiap tokoh dan latar belakang dengan rinci dan bahasa yang mudah untuk dimengerti. Desain dari buku ini didominasi warna hijau layaknya pedesaan, sehingga menarik minat baca anak-anak.

Kekurangan

Kekurangan dari buku ini adalah ilustrasi dalam buku kurang menarik, jadi seperti kurang perencanaan dalam pembuatannya.

2. Contoh Resume Buku Jodoh Pasti Bertamu

Contoh Resume Buku

Judul: Jodoh Pasti Bertamu

Penulis: @AkuKaudanKUA

Penerbit: Indiva Media Kreasi

Terbit: April, 2016

ISBN: 9786021614761

Kategori: Fiksi

Buku ini berisi 12 kisah nyata yang mengisahkan bagaimana penantian cinta para jomblowan/wati. Seperti dilansir dari muslimahdaily.com, kisah pertama berjudul "Ibu, Sudahkan Melihat Suamiku?" bercerita tentang sosok Seruni yang berusia 36 tahun. Hidupnya suram karena penantian jodohnya. Ia sering mengalami kegalauan dan sering menghadapi pertanyaan, serta gunjingan orang. Ia juga mendapat julukan "perawan tua".

Jodoh yang dianggap telat, ternyata datang di saat yang tepat. Seruni mendapatkan jodoh di usia yang tidak muda lagi. Namun terdapat hikmah dari penantian tersebut, yakni ia dapat merawat orang tua yang sakit.

Berbeda dengan kisah Nina yang berjudul "Ketika Sahabat Menjadi Imamku". Nina bertemu beberapa pria yang menurutnya layak untuk menjadi suaminya. Namun hubungan dengan pria demi pria selalu berakhir. Terhitung empat pria yang ia anggap mampu menjadi imamnya. Namun tetap berakhir duka bahkan tragedi.

Akhirnya Nina fokus pada pendidikan dan karirnya. Tidak disangka, seorang pria yang dikenalnya dan hanya dianggap teman, melamarnya dengan jantan. Nina tidak pernah menyangka bahwa Azkiya akan menjadi jodohnya. Padahal Azkita tidak sedikitpun memenuhi kriteria Nina. Namun dengan berjalannya waktu, Nina kemudian jatuh cinta dan berakhir bahagia.

Buku ini berisi 12 kisah penantian jodoh yang sangat menarik. Karena diangkat dari kisah nyata, setiap alur ceritanya begitu dekat dalam keseharian. 

Kelebihan

Buku ini sangat cocok dibaca semua orang yang tengah menantikan jodoh. Penantian panjang tidak akan terasa apabila kita berharap kepadanya. Hingga akhirnya jodoh yang diharapkan pasti akan bertemu.

Kekurangan

Cerita didominasi kaum perempuan, padahal pria pun dapat merasakan dilema saat penantian jodoh.

3. Contoh Resume Buku Semangat dan Perjuangan

Contoh Resume Buku

Judul Buku: Semangat dan Perjuangan MGR. Albertus Soegijapranata, SJ

Penulis: Theodorus Sudimin & Yohanes Gunawan, Pr.

Penerbit: PT Kanisius

Editor: Widiantoro

Tahun Terbit: 2005

ISBN: 987-979-21-4363-8

Tebal: 144 Halaman

Soegija dilahirkan pada tanggal 25 November 1896 sebagai anak kelima dari kesembilan bersaudara. Beliau berasal dari keluarga abdi dalem keraton Surakarta yang memiliki suasana budaya Jawa yang sangat kental. Karena keseharian soegija yang memiliki lingkungan ber-adatkan Jawa, hal ini secara tidak langsung membuat dirinya paham akan nilai – nilai hidup ke-Jawa-an atau yang biasa disebut kejawen. 

Soegija sendiri lahir dari keluarga Muslim, lalu ketika pindah ke kota Yogyakarta saat beliau masih kecil, karena diakui sebagai anak yang cerdas, pada tahun 1909  Soegija diminta oleh Pater Frans van Lith untuk bergabung dengan sebuah sekolah Yesuit di Muntilan. Disana soegija menjadi tertarik dengan agama Katholik dan dibaptis pada 24 Desember 1910. Mgr. Soegijapranata adalah sosok yang sangat membela gereja dan tanah airnya. Hal ini terlihat ketika menghadapi tentara Jepang yang bermaksud mengambil alih gedung gereja Randusari demi kepentingan pribadi mereka, beliau menjawab : “Penggal dulu kepala saya, maka anda boleh memakainya.”

Keimanan Katholik, semangat nasionalisme dan patriotisme ditanamkan oleh Mgr. Soegijapranata lewat pengajarannya kepada masyarakat pribumi melalui semangat kebangsaan. Di negara bangsa indonesia yg memiliki kalangan masyarakat multikultural ini, diperlukan sikap nasionalisme dan toleransi yang tinggi. Pengajaran Mgr. Soegijopranata terhadap nilai nasionalisme menyadarkan bahwa sikap toleransi diperlukan agar bangsa dan negara dapat lebih maju, sejahtera dan makmur.

Walaupun beliau berasal dari kaum minoritas, dan sempat terkucil bahkan disebut kaki tangan penjajah, namun semangat beliau untuk bangsa & negaranya adalah sebuah transfromasi / perubahan yang menginspirasi. Lewat buku ini, bukan hanya Mahasiswa – Mahasiswi, namun orang yang membaca buku ini akan dapat benar – benar memahami semangat dan perjuangan Mgr. Albertus Soegijapranata, SJ.

Kelebihan

  • Menumbuhkan semangat nasionalisme
  • Keteguhan keimanan Katholik

Kekurangan

Memiliki alur yang maju mundur sehingga dapat membuat pembaca terkadang menjadi sedikit kurang paham.

Baca Juga:

Itulah contoh resume buku yang baik dan benar. Semoga contoh tersebut bisa bermanfaat dan sampai jumpa di artikel selanjutnya.

COMMENTS

Nama

anbk,6,asuransi,1,Buku Digital,5,buku teks,14,Ciri teks,15,contoh,120,cpns2019,1,cv,5,Download File,1,games,4,juknis,9,jurnal,2,Kalender,153,kosp,4,Kuliah,14,laporan,14,makalah,3,modul,6,modul ajar,5,modul guru,10,osn,4,Pekerjaan,9,Pendidikan,94,pengertian,31,Permenpan RB,26,phbs,2,poster,3,PPT,64,proposal,7,prota,2,pts,16,resume,4,rpp,25,soal am,3,soal cpns,14,soal pas,15,soal pat,15,soal us,12,surat,17,template,3,template ppt,11,tips,6,usaha,3,
ltr
item
Mautidur.com: 3 Contoh Resume Buku yang Baik & Benar
3 Contoh Resume Buku yang Baik & Benar
https://blogger.googleusercontent.com/img/a/AVvXsEhElTVe-v8lHfvDbG6Tb-sV57rGe-JYO5ntPR1mnKCqelC58gAd2JUZEiB7F7nDTHc5oPEqGC9jYf_V2QoS5eW5sWNoZfOxauTUTPfMf3d4oHOitJmZxKsWY6fmbf8oldzNR7n_1Llo3sRz2XRBNQoL9VizFmdxLHDIJZHRIQR9tlPaF1dtpQjpjKoh=w640-h370
https://blogger.googleusercontent.com/img/a/AVvXsEhElTVe-v8lHfvDbG6Tb-sV57rGe-JYO5ntPR1mnKCqelC58gAd2JUZEiB7F7nDTHc5oPEqGC9jYf_V2QoS5eW5sWNoZfOxauTUTPfMf3d4oHOitJmZxKsWY6fmbf8oldzNR7n_1Llo3sRz2XRBNQoL9VizFmdxLHDIJZHRIQR9tlPaF1dtpQjpjKoh=s72-w640-c-h370
Mautidur.com
https://www.mautidur.com/2021/12/3-contoh-resume-buku-yang-baik-benar.html
https://www.mautidur.com/
https://www.mautidur.com/
https://www.mautidur.com/2021/12/3-contoh-resume-buku-yang-baik-benar.html
true
2310118337026904168
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All DIREKOMENDASIKAN UNTUK KAMU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy Table of Content