7 Contoh Resume Terlengkap & Terbaik

Daftar Isi [Tampil]

contoh resume
Contoh Resume
- Pada kesempatan kali ini saya akan memberikan beberapa contoh resume terlengkap. Namun, akan lebih baik jika kamu memahami terlebih dahulu apa sih resume itu?

Resume merupakan sebuah ringkasan atau rangkuman dari sebuah tulisan atau karangan panjang yang dipersingkat dengan mengambil bagian pokok dan menyisihkan rincian serta ilustrasinya.

Resume menjadi salah satu cara efektif untuk menjelaskan inti atau pokok dari sebuah informasi yang ingin disampaikan kepada orang lain. Contohnya resume jurnal, makalah atau buku.

Dalam dunia kerja, resume bisa diartikan sebagai sebuah dokumen administrasi yang berisi data mengenai keahlian yang dimiliki, pengalaman kerja, dan pendidikan terakhir yang ditempuh oleh pelamar.

Fungsi Resume

  • Tulisan yang semula panjang lebar menjadi ringkas dan kaya makna.
  • Lebih mudah mengingatkan materi yang telah lalu karena tinggal membaca ulang dari resume yang telah dibuat.
  • Memudahkan pembaca menerima materi yang disampaikan.
  • Memudahkan penyampaian materi karena telah terkonsep.
  • Tulisan yang ringkas, padat dan penting akan mudah diingat. 

Langkah-langkah Membuat Resume

  • Membaca Naskah Asli

Untuk memahami isi dari naskah atau karangan, maka kita harus membacanya hingga selesai. Akan lebih baik jika membacanya secara berulang agar lebih mengerti maksud yang ingin disampaikan penulis.

  • Menemukan Gagasan Utama

Setelah membaca secara berulang-ulang, tentunya kita dapat menemukan gagasan utama daru pikiran utama tulisan tersebut. Kita juga harus mencatat gagasan utama dari tulisan tersebut agar bisa membuat ringkasan yang sesuai.

Dalam sebuah karangan atau tulisan, tidak semua paragraf mengandung gagasan pokok. Untuk itu, penting untuk kita menemukan gagasan utama itu secara teratur agar penulisan resume tidak melebar.

  • Menulis Resume

Setelah kamu menemukan gagasan pokok dari sebuah karangan atau tulisan, nantinya kamu juga akan mempunyai gambaran umum mengenai resumenya. Untuk membuat resume haruslah disesuaikan dengan teks atau naskah aslinya.

Penggunaan kalimat dalam resume juga sebaiknya menggambarkan isi dari teks aslinya, dan tidak menambahkan pendapat pribadi. Gunakanlah bahasa yang mudah dicerna oleh siapa saja dan tidak bertele-tele. Buatlah resume dalam bentuk ringkasan yang padat, tetapi tetap dapat mewakili isi dari naskah aslinya.

  • Membaca Kembali Resume yang Telah Dibuat

Tahapan terakhir adalah membaca ulang resume yang telah dibuat untuk memeriksa apakah terdapat kesalahan dalam penulisan, baik itu dalam tanda baca, ejaan atau kesesuaian antara resume dengan naskah aslinya.

Contoh Resume Terlengkap

1. Contoh Resume Makalah

Contoh Resume Makalah

Judul makalah : Belajar sambil bermain bagi anak TK

Pendahuluan

Umumnya dalam proses pendidikan pada anak balita atau usia dini lebih diutamakan pada metode bermain sambil belajar. Hal ini dilakukan karena metode ini lebih sesuai dengan kondisi anak-anak yang cenderung lebih suka bermain. Maka para pendidik memanfaatkan hal ini untuk mendidik mereka dengan cara bermain sambil belajar yaitu disamping mereka bermain mereka sekaligus mengasah ketrampilan dan kemampuan. Cara ini akan lebih berkesan dalam memori otak anak-anak untuk perkembangan pengetahuannya karena pada usia dini adalah masa-masa perkembangan memori otak sangat pesat.

Pembahasan

Menurut Erikson terdapat dua jenis bermain peran, yaitu bermain peran mikro dan makro. Bermain peran mikro dimaksudkan bahwa anak memainkan peran dengan menggunakan alat bermain berukuran kecil, misalnya orang-orangan kecil yang lagi berjual beli. Sedangkan bermain peran makro, anak secara langsung bermain menjadi tokoh untuk memainkan peran-peran tertentu sesuai dengan tema. Misalnya peran sebagai ibu, ayah dan anak dalam sebuah rumah tangga.

Bermain konstruktif dilakukan melalui kegiatan bermain untuk membuat bentuk-bentuk tertentu menjadi sebuah karya dengan menggunakan beraneka bahan, baik bahan cair, maupun bahan terstruktur, seperti air, cat, krayon, playdough, pasir, puzzle, atau bahan alam lain. Bermain pembangunan menurut Piaget dapat membantu mengembangkan keterampilan anak dalam rangka keberhasilan sekolahnya dikemudian hari. Melalui bermain pembangunan, anak juga dapat mengekspresikan dirinya dalam mengembangkan bermain sensorimotor, bermain peran, serta hubungan kerja sama dengan anak lain dan menciptakan karya nyata.

Dengan pengelolaan sarana bermain, kita dapat menciptakan situasi belajar sambil bermain yang menyenangkan bagi anak untuk melakukan berbagai kegiatan, membantu anak dalam pembentukan perilaku dan pengembangan kemampuan. Selain itu, pengelolaan tersebut dapat memberi kesempatan kepada anak untuk dapat bersosialisasi dan berkomunikasi atau berinteraksi dengan lingkungannya, membiasakan anak berperilaku disiplin dan bertanggungjawab, dapat membangkitkan imajinasi, serta mengembangkan kreativitas pada anak.

Simpulan

Cara yang paling tepat untuk mengembangkan kemampuan anak TK adalah melalui pembelajaran yang menekankan pada kegiatan bermain, karena dunia anak adalah dunia bermain. Permainan yang digunakan di TK merupakan permainan yang didisain sedemikian rupa, sehingga merangsang kreativitas anak dan menyenangkan. Untuk itu bermain sambil belajar dan belajar sambil bermain merupakan prinsip pokok dalam pembelajaran di TK yang sangat tepat.

2. Contoh Resume Jurnal

Contoh Resume Jurnal

Judul Jurnal: Implementasi deep learning flower scanner menggunakan metode convolutional neural network

Tahun terbit: Juni 2021

Penulis: Hanissa Anggraini Pratiwi, Margi Cahyanti, Missa Lamsani

Volume: Volume 25, No 1

Publikasi: Google scholar

Latar Belakang

Di dalam bagian-bagian bunga mempunyai macam-macam atau juga jenis-jenis bagian dalam bunga yang setiap fungsinya pada masing- masing bagian bunga tersebut berbeda-beda juga, sehingga diperlukan suatu pembahasan yang panjang dan juga luas mengenai bagian-bagian bunga.

Tujuan Penelitian

  • Memungkinkan otomatisasi klasifikasi jenis bunga dengan efisien dan akurat
  • Dapat membantu pengguna untuk memelihara bunga dengan jenis sesuai dengan keinginannya

Metode Penelitian

Penulis menggunakan metode Convolutional Neural Network (CNN). CNN juga telah terbukti berhasil melebihi metode Machine Learning lainnya diantaranya SVM pada kasus klasifikasi objek.

Hasil Penelitian

Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa aplikasi dapat berjalan dengan baik, akan tetapi dalam beberapa kasus terdapat satu kasus klasifikasi yang tidak sesuai hasil. 

Kesimpulan

Dengan adanya aplikasi ini dapat membantu pengguna untuk memelihara Bunga hias dengan jenis sesuai dengan keinginan. 

Kelebihan dan Kekurangan

Kelebihannya adalah adanya disetiap penjelasan yang rumit diberikan gambar untuk memudahkan pembaca memahami maksud dari apa yang disampaikan. Sedangkan kekurangannya data yang digunakan masih tergolong kecil, yakni masih menggunakan 5 tumbuhan atau bunga. Selain itu, aplikasi ini hanya dapat dijalankan pada smartphone berbasis Android.

Referensi

Hanissa A, P., Margi, C. & Missa, L., 2021. Implementasi Deep Learning Flower Scanner Menggunakan Metode Convolutional Neural Network. Volume 25(1), pp. 124-130.

3. Contoh Resume Buku

Contoh Resume Buku

Judul Buku: Semangat dan Perjuangan MGR. Albertus Soegijapranata, SJ

Penulis: Theodorus Sudimin & Yohanes Gunawan, Pr.

Penerbit: PT Kanisius

Editor: Widiantoro

Tahun Terbit: 2005

ISBN: 987-979-21-4363-8

Tebal: 144 Halaman

Soegija dilahirkan pada tanggal 25 November 1896 sebagai anak kelima dari kesembilan bersaudara. Beliau berasal dari keluarga abdi dalem keraton Surakarta yang memiliki suasana budaya Jawa yang sangat kental. Karena keseharian soegija yang memiliki lingkungan ber-adatkan Jawa, hal ini secara tidak langsung membuat dirinya paham akan nilai – nilai hidup ke-Jawa-an atau yang biasa disebut kejawen. 

Soegija sendiri lahir dari keluarga Muslim, lalu ketika pindah ke kota Yogyakarta saat beliau masih kecil, karena diakui sebagai anak yang cerdas, pada tahun 1909  Soegija diminta oleh Pater Frans van Lith untuk bergabung dengan sebuah sekolah Yesuit di Muntilan. Disana soegija menjadi tertarik dengan agama Katholik dan dibaptis pada 24 Desember 1910. Mgr. Soegijapranata adalah sosok yang sangat membela gereja dan tanah airnya. Hal ini terlihat ketika menghadapi tentara Jepang yang bermaksud mengambil alih gedung gereja Randusari demi kepentingan pribadi mereka, beliau menjawab : “Penggal dulu kepala saya, maka anda boleh memakainya.”

Keimanan Katholik, semangat nasionalisme dan patriotisme ditanamkan oleh Mgr. Soegijapranata lewat pengajarannya kepada masyarakat pribumi melalui semangat kebangsaan. Di negara bangsa indonesia yg memiliki kalangan masyarakat multikultural ini, diperlukan sikap nasionalisme dan toleransi yang tinggi. Pengajaran Mgr. Soegijopranata terhadap nilai nasionalisme menyadarkan bahwa sikap toleransi diperlukan agar bangsa dan negara dapat lebih maju, sejahtera dan makmur.

Walaupun beliau berasal dari kaum minoritas, dan sempat terkucil bahkan disebut kaki tangan penjajah, namun semangat beliau untuk bangsa & negaranya adalah sebuah transfromasi / perubahan yang menginspirasi. Lewat buku ini, bukan hanya Mahasiswa – Mahasiswi, namun orang yang membaca buku ini akan dapat benar – benar memahami semangat dan perjuangan Mgr. Albertus Soegijapranata, SJ.

Kelebihan

  • Menumbuhkan semangat nasionalisme
  • Keteguhan keimanan Katholik

Kekurangan

Memiliki alur yang maju mundur sehingga dapat membuat pembaca terkadang menjadi sedikit kurang paham.

4. Contoh Resume Kerja

Contoh Resume Kerja

DATA PRIBADI

Nama : Deni Irawan

Tempat, Tanggal Lahir: Bandung, 12 Januari 1996

Alamat: Jln. Sukmawati No. 13 RT.007/RW.002 Kencana, Bandung, Jawa Barat, Indonesia

Telepon: 0893-7656-6879

Email: irawan_deni@gmail.com

PENDIDIKAN

S1 Jurusan Teknik Informatika 2014-2018, Universitas Esaunggul, IPK 3,81

S2 Jurusan Informatika 2018-2020, Universitas Telkom, IPK 3,52

KETERAMPILAN

  • User Experience Research
  • Web Design
  • Information Architecture
  • Digital Product Design

PENGALAMAN Kerja

  • Senior Programmer di PT. Mandiri Jaya Selalu sejak tahun 2017 hingga 2019
  • UI/UX di Tokopedia sejak tahun 2019-2021
Baca Juga: 25+ Contoh Surat Lamaran Kerja yang Baik dan Benar 

5. Contoh Resume Tugas Kuliah

6. Contoh Resume Film

Contoh Resume Film

Judul film: The Bilionaire

Tanggal rilis: 20 Oktober 2011 (Thailand)

Sutradara: Songyos Sugmakanan

Durasi film: 124 menit

Gendre film: Drama

The Billionaire merupakan film yang diadopsi dari kisah nyata yang menceritakan tentang seorang anak muda yang ingin menjadi pengusaha sukses. Untuk mewujudkan impiannya tersebut memang tidaklah mudah. Ketika Top berumur 16 tahun, dia adalah seorang pecandu game online dan dalam gamenya dia berbisnis jasa jual- beli senjata untuk mendapatkan uang. Namun bisnisnya tidak bertahan lama karena akun gamenya diblokir.

Ketika berusia 17 tahun, Top mencoba untuk berbisnis kembali dengan menjual kacang goreng di mall. Tetapi bisnis kacang Top tidak bertahan lama karena mesin penggoreng kacang menimbulkan asap di langit-langit mall, sehingga manajemen mall membatalkan kontrak dan tidak mengizinkan Top untuk berjualan kembali.

Pada usia 18 tahun orang tua Top mengalami bangkrut dan akhirnya pindah ke China, namun Top memilih untuk tetap tinggal di Thailand. Top melihat sebuah peluang bisnis rumput laut yang dibawa oleh temannya. Top akhirnya memutuskan untuk berbisnis rumput laut. Awalnya, Top membeli rumput laut mentah dan menggorengnya sendiri dengan bantuan pamannya. Tetapi rasa rumput laut tersebut pahit. Top tidak menyerah, dia membeli rumput laut mentah dan menggorengnya kembali, hingga akhirnya Top menemukan cara agar rumput laut tidak pahit saat digoreng, yaitu dengan dicelupkan ke dalam air sebelum digoreng.

Saat ini bisnis rumput laut Top sangat diminati masyarakat dan berhasil mengembalikan orang tuanya ke Thailand. Top saat ini menjadi pengusaha muda sukses yang memiliki ribuan karyawan, produknya juga sudah dikirim ke 27 negara di dunia.

7. Contoh Resume Artikel Berita

Contoh Resume Artikel Berita

Judul: Buntut Jatuhnya Pesawat Lion Air, Eks Pilot Boeing Dituntut 100 Tahun Penjara 

Editor: Dewi Rina Cahyani

Media: tempo.co

Jatuhnya dua pesawat buatan Boeing membuat seorang mantan pilot terjerat pidana. Mark Forkner, mantan pilot Boeing, dituntut hukuman 100 tahun penjara karena diduga memberikan informasi palsu dan tidak lengkap kepada Federal Aviation Administration (FAA) tentang sistem di pesawat.

Informasi palsu diberikan dalam insiden jatuhnya pesawat Lion Air di Indonesia pada tahun 2018 dan pesawat Ethiopian Airlines pada tahun 2019. Dua kecelakaan pesawat terbang ini menyebabkan lebih dari 300 orang meninggal dunia. Proses hukum berlangsung di Texas, Amerika Serikat. Jika terbukti bersalah, Forkner terancam hukuman 100 tahun penjara.

Dugaan penipuan yaitu pada Sistem Augmentasi Karakteristik Manuver (MCAS). Sistem itu seharusnya membantu pilot menerbangkan pesawat, namun ternyata mendorong membuat hidung pesawat jatuh ke tanah.

Forkner disebut sengaja tak memberi tahu FAA dan pilot tentang sistem MCAS ketika 737 Max mulai beroperasi. Pria berusia 49 tahun ini sebelumnya adalah kepala pilot teknis pada program Max. Dia dituduh mengetahui perubahan penting MCAS pada 2016, namun menyembunyikan informasi tersebut dari FAA.

Atas tuduhan tersebut, Mark Forkner mengaku tidak bersalah dan minta dibebaskan. Pengacaranya, David Gerger mengatakan Forkner semestinya tidak dituntut dan tidak bertanggung jawab atas kecelakaan Lion Air dan Ethiopian Airlines.

Itulah informasi mengenai contoh resume terlengkap dan terbaik saat ini. Semoga bermanfaat dan sampai jumpa di artikel selanjutnya.

COMMENTS

Nama

anbk,6,asuransi,1,Buku Digital,5,buku teks,14,Ciri teks,15,contoh,120,cpns2019,1,cv,5,Download File,1,games,4,juknis,9,jurnal,2,Kalender,153,kosp,4,Kuliah,14,laporan,14,makalah,3,modul,6,modul ajar,5,modul guru,10,osn,4,Pekerjaan,9,Pendidikan,94,pengertian,31,Permenpan RB,26,phbs,2,poster,3,PPT,64,proposal,7,prota,2,pts,16,resume,4,rpp,25,soal am,3,soal cpns,14,soal pas,15,soal pat,15,soal us,12,surat,17,template,3,template ppt,11,tips,6,usaha,3,
ltr
item
Mautidur.com: 7 Contoh Resume Terlengkap & Terbaik
7 Contoh Resume Terlengkap & Terbaik
https://blogger.googleusercontent.com/img/a/AVvXsEhiUAt5ApP9CynJ6jdgMPxJxnjlR19QAYeq4yMHm_Qo8JjyPn0tvv8HrPN0CdKzGsziKPOAc-NkKoUBKqSQXCd-e75Cjnnolc9iZ-xccTjZ11nsNEmiQP037obIaTiGLsWh0G-6DauivRR4CHghkFm0BadK16DxxTOX-Q5Eq02YUNFbOvZGjcXBY7zB=w640-h426
https://blogger.googleusercontent.com/img/a/AVvXsEhiUAt5ApP9CynJ6jdgMPxJxnjlR19QAYeq4yMHm_Qo8JjyPn0tvv8HrPN0CdKzGsziKPOAc-NkKoUBKqSQXCd-e75Cjnnolc9iZ-xccTjZ11nsNEmiQP037obIaTiGLsWh0G-6DauivRR4CHghkFm0BadK16DxxTOX-Q5Eq02YUNFbOvZGjcXBY7zB=s72-w640-c-h426
Mautidur.com
https://www.mautidur.com/2021/12/contoh-resume-terlengkap-terbaik.html
https://www.mautidur.com/
https://www.mautidur.com/
https://www.mautidur.com/2021/12/contoh-resume-terlengkap-terbaik.html
true
2310118337026904168
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All DIREKOMENDASIKAN UNTUK KAMU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy Table of Content