2+ Contoh Resume Jurnal yang Baik & Benar

Daftar Isi [Tampil]

Contoh Resume Jurnal
Contoh Resume Jurnal - Pada kesempatan kali ini saya akan memberikan beberapa contoh resume jurnal yang baik dan benar. Namun, akan lebih baik jika kamu memahami terlebih dahulu apa sih resume itu.

Resume adalah sebuah ringkasan atau rangkuman dari sebuah tulisan atau karangan panjang yang dipersingkat dengan mengambil bagian pokok dan menyisihkan rincian serta ilustrasinya.

Resume menjadi salah satu cara efektif untuk menjelaskan inti atau pokok dari sebuah informasi yang ingin disampaikan kepada orang lain.

Fungsi Resume Jurnal

  • Tulisan yang awalnya panjang menjadi lebih ringkas dan kaya makna.
  • Memudahkan pembaca menerima materi yang disampaikan.
  • Tulisan yang ringkas, padat dan penting akan mudah diingat.
  • Lebih mudah mengingatkan materi yang telah lalu karena tinggal membaca ulang dari resume yang telah dibuat.
  • Memudahkan penyampaian materi karena telah terkonsep.

Langkah-langkah Membuat Resume Jurnal

  • Membaca jurnal

Untuk memahami isi dari jurnal, maka kita harus membacanya hingga selesai. Akan lebih baik jika membacanya secara berulang agar lebih mengerti maksud yang ingin disampaikan oleh penulis.

  • Menemukan gagasan utama

Setelah membaca secara berulang-ulang, tentunya kita dapat menemukan gagasan utama dari pikiran utama tulisan tersebut. Kita juga harus mencatat gagasan utama dari tulisan tersebut agar bisa membuat ringkasan yang sesuai.

  • Mulai menulis resume

Setelah menemukan gagasan pokok dari sebuah jurnal, nantinya kamu akan menemukan gambaran umum mengenai resumenya. Penggunaan kalimat dalam resume juga sebaiknya menggambarkan isi dari teks aslinya, dan tidak menambahkan pendapat pribadi.

Gunakanlah bahasa yang mudah dipahami dan tidak bertele-tele. Buatlah resume dalam bentuk ringkasan yang padat, namun tetap mewakili isi dari naskah aslinya.

  • Membaca kembali resume yang telah dibuat

Terakhir adalah membaca ulang resume yang telah dibuat untuk memeriksa apabila terjadi kesalahan dalam penulisan, baik itu tanda baca, ejaan atau kesesuaian antara resume dengan jurnal aslinya.

Contoh Resume Jurnal Terbaik

1. Contoh Resume Jurnal Internasional

Contoh Resume Jurnal

Judul jurnal: The potential of coastal ecosystems to mitigate the impact of sea-level rise in shallow tropical bays

Tahun terbit: 2020

Penulis: L.M.Keyzera P.M.J.Hermanab B.P.Smitsb J.D.Pietrzaka R.K.James A.S.Candyad R.E.M.Rivae T.J.Bouma C.G.van der Booga C.A.Katsmana D.C.Slobbee M.Zijlemaa R.M.van Westenf H.A.Dijkstraf

DOI number: https://doi.org/10.1016/j.ecss.2020.107050

Latar Belakang

Perubahan iklim yang ekstrem menyebabkan kenaikan permukaan laut. Hal tersebut berdampak langsung pada ekosistem pesisir pantai yaitu padang lamun dan terumbu karang. Kedua ekosistem ini saling bergantungan dan membutuhkan satu sama lain. Padang lamun menyaring sedimen yang terbawa arus dan menjadi tempat bereproduksi ikan-ikan karang, sedangkan terumbu karang memberikan perlindungan padang lamun dari deras gelombang dan arus yang menghantam.

Namun, kenaikan permukaan laut menyebabkan sinar matahari semakin sulit menjangkau terumbu karang sehingga pertumbuhan terumbu karang menjadi terhambat dan mengalami pemutihan (bleaching). Terumbu karang yang rusak menjadikan hidronamika di daerah pesisir menjadi tidak teratur dan merusak padang lamun. Padang lamun terpaksa harus bermigrasi dan mencari tempat baru untuk tumbuh.

Tujuan Penelitian

Untuk menilai peran potensial ekosistem laut tropis dalam memitigasi dampak kenaikan permukaan laut di teluk tropis dangkal.

Metode Penelitian

Penelitian ini menggunakan metode pendekatan pemodelan biogeomorfik.

Hasil Penelitian

Dalam penelitian didapatkan bahwa daerah yang ekosistem padang lamun dan terumbu yang sehat dan masih banyak, fungsinya sebagai pemecah ombak terlihat nyata. Keadaan pantai di Teluk Galion percepatan erosinya tidak secepat yang terjadi di Teluk Orient. Fungsi terumbu karang sebagai pencegah abrasi dan pelindung ekosistem pesisir lainnya adalah hal yang nyata dan perannya sangat diperlukan. Kehidupan padang lamun juga ditemukan dengan baik di ekosistem terumbu karang yang baik. 

Kesimpulan

Untuk mencegah kerusakan ekosistem pesisir, harus menjaga kehidupan ekosistem terumbu karang. Hal ini dapat mencegah bencana yang lebih parah.

Kelebihan dan Kekurangan

Kelebihan dari jurnal ini adalah metode yang digunakan perbandingan dari dua lokasi yang berbeda sehingga mendapatkan dua hasil yang bisa dijadikan sebagai acuan.

Download Jurnal

2. Contoh Resume Jurnal Kedua

Contoh Resume Jurnal

Judul Jurnal: Implementasi deep learning flower scanner menggunakan metode convolutional neural network

Tahun terbit: Juni 2021

Penulis: Hanissa Anggraini Pratiwi, Margi Cahyanti, Missa Lamsani

Volume: Volume 25, No 1

Publikasi: Google scholar

Latar Belakang

Di dalam bagian-bagian bunga mempunyai macam-macam atau juga jenis-jenis bagian dalam bunga yang setiap fungsinya pada masing- masing bagian bunga tersebut berbeda-beda juga, sehingga diperlukan suatu pembahasan yang panjang dan juga luas mengenai bagian-bagian bunga.

Tujuan Penelitian

  • Memungkinkan otomatisasi klasifikasi jenis bunga dengan efisien dan akurat
  • Dapat membantu pengguna untuk memelihara bunga dengan jenis sesuai dengan keinginannya

Metode Penelitian

Penulis menggunakan metode Convolutional Neural Network (CNN). CNN juga telah terbukti berhasil melebihi metode Machine Learning lainnya diantaranya SVM pada kasus klasifikasi objek.

Hasil Penelitian

Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa aplikasi dapat berjalan dengan baik, akan tetapi dalam beberapa kasus terdapat satu kasus klasifikasi yang tidak sesuai hasil. 

Kesimpulan

Dengan adanya aplikasi ini dapat membantu pengguna untuk memelihara Bunga hias dengan jenis sesuai dengan keinginan. 

Kelebihan dan Kekurangan

Kelebihannya adalah adanya disetiap penjelasan yang rumit diberikan gambar untuk memudahkan pembaca memahami maksud dari apa yang disampaikan. Sedangkan kekurangannya data yang digunakan masih tergolong kecil, yakni masih menggunakan 5 tumbuhan atau bunga. Selain itu, aplikasi ini hanya dapat dijalankan pada smartphone berbasis Android.

Referensi

Hanissa A, P., Margi, C. & Missa, L., 2021. Implementasi Deep Learning Flower Scanner Menggunakan Metode Convolutional Neural Network. Volume 25(1), pp. 124-130.

Download Jurnal

3. Contoh Resume Jurnal Ketiga

Contoh Resume Jurnal

Judul Jurnal: Analisis Kenaikan Muka Air Laut Indonesia Tahun 1993-2018 Menggunakan Data Altimetri

Tahun terbit: 2019

Penulis: Eko Yuli Handoko, Yuwono, Reny Ariani

Volume: Vol 15, No 1

Latar Belakang

Kenaikan muka air laut (sea level rise) merupakan konsekuensi dari perubahan iklim yang memiliki dampak signifikan terhadap kehidupan sosial,ekonomi, dan infrastruktur, serta ancaman tenggelamnya Kawasan pesisir Indonesia yang ditinggali oleh lebih dari 60% masyarakat Indonesia. Namun, pengamatan stasiun pasang surut memiliki keterbatasan dalam jumlah, distribusi, dan jangkauannya, serta adanya pengaruh land subsidence. 

Tujuan Penelitian

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis tren kenaikan muka air laut Indonesia menggunakan data pengamatan misi refrensi altimetri

Metode Penelitian

Metode penelitian ini memiliki beberapa tahap :

  • Pengumpulan data
  • Penerapan model koreksi
  • Perhitungan Sea Level Anomaly

        𝐡𝐒𝐋𝐀 = 𝐒𝐒𝐇 – 𝐡𝐌𝐒

  • Intercallibrated
  • Time Series Decompotion
  • Tren linear
  • Analisis akhir data yang diperoleh

Hasil Penelitian

Berdasarkan perhitungan SLA yang telah dilakukan dengan model koreksi, berdasarkan data :

  • Topex/Poseidon berada dalam range -114,7 – 130,5 mm
  • Jason 1 berada dalam range -20,9 – 130,1 mm
  • Jason 2 berada dalam range -8.0 – 200,7 mm
  • Jason 3 berada dalam range 25,1 – 154,7 mm 

Kesimpulan

Laju/kecepatan sea level rise di Indonesia adalah +4,6 mm/tahun. Nilai kecepatan positif ini menunjukkan bahwa sea level di Indonesia akan terus naik, sehingga diprediksi akan terjadi penenggelaman di beberapa kawasan di Indonesia.

Kelebihan dan Kekurangan

Kelebihan jurnal ini adalah menggunakkan citra satelit yang gambar dan datanya lebih jelas dibandingkan dengan penelitian yang dilakukan sebelumnya. Menurut saya tidak ada kekurangan dari jurnal ini, karena  penjelasannya cukup ringkas dan mudah untuk dipahami.

Download Jurnal

Baca Juga: 7 Contoh Resume Terlengkap & Terbaik

Itulah contoh resume jurnal yang baik dan benar. Semoga bermanfaat dan sampai jumpa di artikel selanjutnya.

Referensi: Resume jurnal, Universitas Padjadjaran, Raffy Revanza Alfarez/230210200056

COMMENTS

Nama

anbk,6,asuransi,1,Buku Digital,5,buku teks,14,Ciri teks,15,contoh,120,cpns2019,1,cv,5,Download File,1,games,4,juknis,9,jurnal,2,Kalender,153,kosp,4,Kuliah,14,laporan,14,makalah,3,modul,6,modul ajar,5,modul guru,10,osn,4,Pekerjaan,9,Pendidikan,94,pengertian,31,Permenpan RB,26,phbs,2,poster,3,PPT,64,proposal,7,prota,2,pts,16,resume,4,rpp,25,soal am,3,soal cpns,14,soal pas,15,soal pat,15,soal us,12,surat,17,template,3,template ppt,11,tips,6,usaha,3,
ltr
item
Mautidur.com: 2+ Contoh Resume Jurnal yang Baik & Benar
2+ Contoh Resume Jurnal yang Baik & Benar
https://blogger.googleusercontent.com/img/a/AVvXsEiL0SoG-4dD5B4X1af12UHFgLuJFosO6TTob1Z2DBHDVjqBPTp7mnPyzfc5ZSQ2fub4PrK6N35o3jH-x0juFLSXUF60_keCNN66zx8jV0mUKMjCL1kcuicyk7qvX-_cE8ibWmGhICio5BJyXmg0J5_qQi7lzPm9TI-MZ3OSQnJ-uq38QGboCC919PDf=w640-h392
https://blogger.googleusercontent.com/img/a/AVvXsEiL0SoG-4dD5B4X1af12UHFgLuJFosO6TTob1Z2DBHDVjqBPTp7mnPyzfc5ZSQ2fub4PrK6N35o3jH-x0juFLSXUF60_keCNN66zx8jV0mUKMjCL1kcuicyk7qvX-_cE8ibWmGhICio5BJyXmg0J5_qQi7lzPm9TI-MZ3OSQnJ-uq38QGboCC919PDf=s72-w640-c-h392
Mautidur.com
https://www.mautidur.com/2021/12/2-contoh-resume-jurnal-yang-baik-benar.html
https://www.mautidur.com/
https://www.mautidur.com/
https://www.mautidur.com/2021/12/2-contoh-resume-jurnal-yang-baik-benar.html
true
2310118337026904168
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All DIREKOMENDASIKAN UNTUK KAMU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy Table of Content