Contoh Teks Persuasif Tentang Pendidikan

Daftar Isi [Tampil]

Teks persuasif dapat diartikan sebagai teks yang isinya berupa ajakan, bujukan, dan memengaruhi pembaca. Isi teks berisi tulisan yang bertujuan meyakinkan para pembaca agar tertarik dan mengambil tindakan tersebut. Salah satunya, contoh teks persuasif tentang pendidikan banyak dipakai oleh orang-orang yang berkecimpung dalam bidang pendidikan guna mencapai tujuan tertentu. 

Secara garis besar, teks persuasif bertujuan meyakinkan pembaca bahwa ide atau gagasan yang disampaikan dalam tulisan tersebut benar. Dengan begitu, pembaca akan tertarik dan melakukan apa yang telah penulis ungkapkan dalam teks tersebut.

Contoh Teks Persuasif Pendidikan

Baca Juga: 12 Contoh Teks Persuasif Terlengkap & Terbaik

Ciri-ciri Teks Persuasif

Setelah mengenali secara singkat dari teks persuasif. Ada baiknya juga memahami ciri-ciri teksnya, agar dapat membedakan tulisan teks persuasif dengan teks lainnya. Yuk, simak ciri-ciri di bawah 

1. Tulisan Berisi Data dan Fakta

Pertama, ciri-ciri teks persuasif adalah data dan fakta. Seperti yang sudah disampaikan bahwa, tujuan utamanya adalah membujuk atau memengaruhi pembaca. Dengan begitu, data dan fakta berperan penting sebagai alasan yang kuat guna mendukung isi pendapat dari tulisan.

2. Argumen yang Disampaikan Harus Meyakinkan Pembaca

Teks persuasif tidak hanya membujuk, melainkan juga harus meyakinkan para pembaca. Isi teks harus dapat meyakini pembaca, secara tidak langsung akan mempengaruhi seseorang untuk mengikuti ajakan yang disampaikan dalam tulisan tersebut.

3. Mengandung Kata Bujukan 

Teks persuasif memiliki arti sebagai teks yang sifatnya membujuk, tentu isinya harus berisi kata-kata ajakan. Teks ini juga menggunakan kata-kata yang saling berkaitan dengan topik yang dibahas.

4. Menghindari Konflik 

Dalam teks persuasif, biasanya akan menghindari konflik untuk mempertahankan kepercayaan pembaca. Opini atau fakta yang digunakan dalam teks bertujuan memengaruhi pembaca, sehingga mengikuti bujukan atau ajakan penulis. 

Fungsi Dari Teks Persuasif

Secara tidak sadar, teks persuasif sering kali dijumpai dalam kehidupan sehari-hari. Hampir semua tempat umum pasti memasang tulisan yang bersifat persuasif. Berikut fungsi teks persuasif yang wajid diketahui.

  1. Fungsi pertama dari teks persuasif, yakni sebagai kalimat perintah yang langsung ditujukan ke pembaca. Sebagai contoh, “pakai masker dan cuci tangan menggunakan sabun untuk mencegah penyebaran Covid-19!” Ketika membaca tulisan tersebut, tanpa sadar pembaca akan mengikuti perintah secara langsung.
  2. Teks persuasif juga digunakan sebagai tulisan atau bahan promosi. Isi teks akan dibuat semenarik mungkin, agar dapat menjangkau konsumen dalam jumlah yang banyak untuk suatu produk atau jasa yang telah ditawarkan. Contohnya, “makan murah dan hemat cuman Rp. 10.000, hanya di sini!”
  3. Fungsi teks persuasif maupun kalimat persuasif, keduanya sama-sama memiliki tujuan yang sama. Tujuannya adalah mengajak banyak orang atau khalayak untuk membaca teks. Setelah memahami fungsinya, coba simak contoh teks persuasif tentang pendidikan berikut ini.

Contoh Teks Persuasif Tentang Pendidikan 

Teks persuasif bertema pendidikan umumnya digunakan oleh orang-orang tertentu, terlibat dalam dunia pendidikan, dan memiliki berbagai macam pekerjaan yang harus dilakukan guna mencapai tujuan dalam pendidikan. Berikut salah satu contoh teks persuasif tentang pendidikan. 

Tingkatkan Pendidikan Melalui Program Wajib Belajar Sembilan Tahun

Contoh Teks Persuasif Pendidikan

Pendidikan berperan penting sebagai faktor penunjang masa depan. Pendidikan bisa ditempuh, baik secara formal maupun non-formal. Pendidikan formal bisa didapatkan melalui sekolah sampai ke jenjang yang lebih tinggi. Sementara pendidikan non-formal diperolah melalui tempat kursus, seminar, dan bimbingan belajar lainnya. Dengan giat belajar, kita bisa memanfaatkan fasilitas yang diberikan pemerintah secara gratis, misalnya beasiswa. Melalui beasiswa, kita dapat mengenyam pendidikan tanpa harus mengeluarkan uang dengan biaya yang lebih besar. Oleh sebab itu, mari tingkatkan ilmu dan kualitas pendidikan yang kita miliki untuk masa depan yang jauh lebih baik. 

Melalui pendidikan, kita dapat menggapai cita-cita yang diinginkan. Apabila kita tidak mengasah dari diri sendiri, tentunya tidak dapat bersaing dengan orang lain. Zaman sekarang, salah satu syarat dalam mencari pekerjaan adalah melihat latar belakang pendidikan. Pendidikan yang sesuai dengan ketentuan, sudah pasti berpeluang besar untuk diterima dalam pekerjaan yang dilamar. 

Hal ini semakin terlihat jelas bahwa, pendidikan menjadi kunci sebagai salah satu syarat mendapatkan kehidupan yang lebih baik. Terlebih, bila kita memiliki prestasi dalam pendidikan yang ditempuh, pastinya semakin mempermudah kita dalam mencari pekerjaan, bukan? 

Pendidikan membantu warga Indonesia untuk memiliki kehidupan yang lebih layak, menggapai cita-cita, dan menjadi sukses seperti apa yang diinginkan. Pendidikan yang semakin maju, tentunya membuat masyarakat Indonesia bisa bersaing dengan negara lainnya. Menyadari pentingnya pendidikan, pemerintah mengeluarkan program, wajib belajar sembilan tahun. Dengan adanya program ini, pemerintah mengharapkan dapat membantu masyarakat Indonesia dalam memperbaiki atau meningkatkan taraf hidupnya. 

Program pemerintah ini mewajibkan semua warga Indonesia dengan rentang usia 7 – 12 dan 12 – 15 tahun untuk menamatkan pendidikan dasar. Dengan program 6 tahun Sekolah Dasar (SD) dan 3 tahun SLTP secara merata, sehingga tidak adanya saling membedakan satu sama lain. Mulai dari ras, suku, agama, latar belakang sosial, dan ekonomi. Program wajib belajar sembilan tahun adalah perwujudan dari Undang-Undang Dasar 1945 yang bertujuan mencerdaskan kehidupan bangsa. Biaya pendidikan pun telah ditanggung sepenuhnya oleh pemerintah.

Sebagai masyarakat Indonesia, marilah kita memanfaatkan program wajib belajar sembilan tahun yang telah dilaksanakan oleh pemerintah. Melalui program ini, kita semua memiliki kesempatan yang sama untuk menambah ilmu seluas mungkin. Ayo, ajaklah kerabat, orang terdekat, dan teman-teman di sekitar kita untuk mengenyam pendidikan di bangku sekolah. Demi masa depan dan Indonesia yang lebih cerah!

Baca juga:

Itulah contoh teks persuasif tentang pendidikan yang isinya mengajak semua masyarakat Indonesia untuk mengikuti program gratis pemerintah. Tujuannya agar semua masyarakat bisa mendapatkan ilmu maupun pendidikan yang sama rata. 

COMMENTS

Nama

anbk,6,asuransi,1,Buku Digital,5,buku teks,14,Ciri teks,15,contoh,120,cpns2019,1,cv,5,Download File,1,games,4,juknis,9,jurnal,2,Kalender,153,kosp,4,Kuliah,14,laporan,14,makalah,3,modul,6,modul ajar,5,modul guru,10,osn,4,Pekerjaan,9,Pendidikan,94,pengertian,31,Permenpan RB,26,phbs,2,poster,3,PPT,64,proposal,7,prota,2,pts,16,resume,4,rpp,25,soal am,3,soal cpns,14,soal pas,15,soal pat,15,soal us,12,surat,17,template,3,template ppt,11,tips,6,usaha,3,
ltr
item
Mautidur.com: Contoh Teks Persuasif Tentang Pendidikan
Contoh Teks Persuasif Tentang Pendidikan
https://blogger.googleusercontent.com/img/a/AVvXsEhUeb6ObmnhDG-s4gVJSZHmLPdoXzgRoJkUQ5qkDyKINQZkA25IBBdPJcEwuRL6BkD53fzPRey7C1xKI-Kwd9QUHQX2LW4W5puyPBZLX4a41CWn3o5zoOvEU_m9A71OAfO42fqRdDfX2PXu3Fbp40kMxTwvtkvuOv02nikF1grBq2tPNPPIgfK7w7fB=w640-h384
https://blogger.googleusercontent.com/img/a/AVvXsEhUeb6ObmnhDG-s4gVJSZHmLPdoXzgRoJkUQ5qkDyKINQZkA25IBBdPJcEwuRL6BkD53fzPRey7C1xKI-Kwd9QUHQX2LW4W5puyPBZLX4a41CWn3o5zoOvEU_m9A71OAfO42fqRdDfX2PXu3Fbp40kMxTwvtkvuOv02nikF1grBq2tPNPPIgfK7w7fB=s72-w640-c-h384
Mautidur.com
https://www.mautidur.com/2021/11/contoh-teks-persuasif-tentang-pendidikan.html
https://www.mautidur.com/
https://www.mautidur.com/
https://www.mautidur.com/2021/11/contoh-teks-persuasif-tentang-pendidikan.html
true
2310118337026904168
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All DIREKOMENDASIKAN UNTUK KAMU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy Table of Content