3 Contoh Teks Laporan Hasil Observasi Tentang Keindahan Alam

Daftar Isi [Tampil]

Membaca banyak contoh teks laporan hasil observasi tentang keindahan alam bisa digunakan untuk belajar cara membuatnya. Menggunakan contoh tersebut, Anda bisa melihat struktur, bentukan bahasan dan ciri – cirinya secara lebih mudah. Karena itu, mari bahas bersama 3 Contoh teks laporan observasi di bawah ini dan bahas apa saja yang bisa diambil sebagai pembelajarannya!

Baca Juga: 9 Contoh Teks Laporan Hasil Observasi Terbaik

Contoh 1

Contoh teks laporan hasil observasi tentang keindahan alam yang pertama adalah tentang Gunung merapi sebagai objek wisata dengan sejarah bencana alam. Dalam laporan ini perspektif lebih membahas cerita dan sejarah juga selain pandangan observasi biasa.

Teks Laporan Observasi Sederhana Seputar Area Gunung Merapi

Contoh Teks Laporan Hasil Observasi Tentang Keindahan Alam
source image: Jogya Adventure

Gunung Merapi adalah salah satu gunung berapi paling aktif di Indonesia. Walaupun memiliki sejarah bencana yang panjang, area gunung ini tetap ramai dikunjungi wisatawan. Karena lokasinya yang dekat dengan kota besar Yogyakarta dan tempat wisata Borobudur, tidak heran gunung ini masuk jadi paket wisata populer.

Selain akses wisata yang mudah, pemandangan alam di gunung ini juga sangat menarik. Anda bisa melihat banyak bekas sungai lava dingin yang terbentuk, area hutan yang terkena efek merapi tapi sudah tumbuh lagi.

Merapi memiliki banyak keindahan alam dari segi pemandangan. Mulai dari area yang asri setelah recovery bencana, sampai sisa – sisa kerusakan membuat formasi menarik di sekitar gunung ini. Gunung merapi yang punya sejarah menyakitkan bagi sebagian orang bisa jadi sumber mata pencaharian sebagai tempat wisata indah sekarang ini.

Contoh 2

Contoh yang kedua ini membahas seputar area wisata lingkungan sekitar Borobudur. Observasi dilakukan secara tidak langsung dari perspektif Borobudur sebagai pusat sudut pandangannya.

Teks Laporan Observasi Keindahan Alam Area Borobudur

Contoh Teks Laporan Hasil Observasi Tentang Keindahan Alam
source image: instagram jerre_stead

Siapa yang sudah tidak tahu tentang Borobudur. Walaupun keindahan candi besar ini sudah tidak perlu dibahas lagi, Anda tetap harus coba datang ke sini untuk nikmati lokasi sekitarnya. Jika naik ke atas Borobudur, pemandangan area sekitar yang luas lebih mudah terlihat. Dari sini Anda bisa lihat potensi keindahan alam sekitar area Borobudur.

Jika jalan – jalan di area lingkungan Borobudur, Anda bisa melihat banyak spot menarik. Mulai desa wisata, perbukitan hijau, area persawahan dan perkebunan. Jika mengambil rute jalan kaki di area ini, Anda bisa melihat susunan pepohonan yang tertata baik. jika sudah makin ke area pelosok, pemandangan alami juga muncul.

Pemandangan alami ini sengaja dipelihara pemerintah lokal untuk menjual sensasi pedesaan dan tempat wisata yang asri. Jika menginap di area desa wisata, Anda bisa menikmati pemandangan unik tiap paginya. Tempat yang penuh dengan penduduk desa yang ramah serta pemandangan hijau membuat area Borobudur ini lebih mengundang.

Keuntungan pemandangan asri ini tentu saja menambah daya tarik Borobudur. Karena lingkungan yang indah, banyak wisatawan tidak hanya datang sekali lalu pulang, tapi rela menginap lama di sini untuk pengalaman menginap di area yang lebih tenang. Akhirnya peningkatan wisatawan bisa tingkatkan pemasukan wisata daerah dan penduduk di area ini.

Contoh 3

Contoh ini lebih fokus pada Kawah Ijen yang memang berbahaya lokasinya. Tapi karena keindahan alam yang diberikan, potensi wisatanya menjadi lebih unik. Area yang berbahaya tetap memukau pasti lebih mengundang sebagai keindahan alam.

Teks Laporan Observasi Keindahan Kawah Ijen di Malam Hari

Contoh Teks Laporan Hasil Observasi Tentang Keindahan Alam
source image: superadventure.co.id

Kawah Ijen adalah lokasi tambang yang menjadi lokasi wisata karena rumor pemandangan malamnya. Kawah ini berada di kawasan Banyuwangi, Jawa Timur. Sebagai tempat wisata, kawah ini masih tergolong berbahaya jika di dekati. Anda hanya boleh melihat dari jarak tertentu dan menggunakan masker karena gas sulfur di area ini.

Alasan mengapa tempat ini menjadi populer untuk wisata walaupun berbahaya adalah kemunculan api biru. Karena ada gas sulfur dan gas natural bumi lain di area tambang, kawah ini mudah sekali terbakar. Setiap malamnya, kobaran api terlihat di beberapa lokasi dasar kawah yang berwarna biru. Warna ini disebabkan reaksi kimia terhadap suhu panas dari kawah aktif ini.

Karena keindahan pemandangan malamnya, pendapatan dari lokasi wisata ini selalu tinggi. Anda juga mudah temukan banyak bahasan seputar fenomena alam ini juga di media. Beberapa membahas keindahannya sebagai lokasi wisata dan sebagian membahasnya sebagai fenomena sains. Walaupun lokasinya berbahaya, nama kawah ini menjadi penghasilan sendiri bagi warga sekitar karena menjadi pusat wisata yang mendunia.

  • Apa yang Bisa Diambil dari Contoh di Atas?

Dari bahasan contoh teks laporan hasil observasi tentang keindahan alam di atas, Anda pasti melihat banyak kesamaan struktur dan bentuk dari kalimatnya. Bisa ditarik kesimpulan bahwa struktur teks laporan hasil observasi selalu melibatkan hal – hal berikut ini:

  • Pernyataan Umum Atau Klasifikasi

Pada bagian ini ada penjelasan perkenalan, klasifikasi awal dan penjelasan secara garis besar. Pada bagian ini, teks laporan berusaha memperkenalkan pembaca pada topic dan mengapa laporan tersebut dibuat. Umumnya bahasa yang digunakan ringan dan mudah diserap.

  • Deskripsi Penjelasan dan Detail

Di bagian ini menjelaskan tentang objek observasi. Penjelasan dibuat detail untuk memastikan pembaca memiliki gambaran jelas tentang objeknya. Terkadang diberikan juga penjelasan tambahan sebagai konteks untuk objek observasi. Detail ini akan mempermudah pembaca membayangkan perspektif pembuat laporan dalam menulis teks tersebut.

  • Deskripsi Manfaat Hasil Observasi

Bagian akhir berisikan bahasan manfaat observasi dan kegunaan objek tersebut. Diberi juga bumbu wejangan dan beberapa kesimpulan. Sama halnya dengan teks laporan lainnya, bagian ini memiliki perspektif akademis yang berusaha memberi nilai pada observasi.

Baca juga:

Sekian bahasan tentang contoh teks laporan hasil observasi tentang keindahan alam dengan pandangan akan strukturnya. Terima kasih sudah membaca artikel ini. Mudah – mudahan bahasannya berguna bagi Anda sekalian!

COMMENTS

Nama

anbk,6,asuransi,1,Buku Digital,5,buku teks,14,Ciri teks,15,contoh,120,cpns2019,1,cv,5,Download File,1,games,4,juknis,9,jurnal,2,Kalender,153,kosp,4,Kuliah,14,laporan,14,makalah,3,modul,6,modul ajar,5,modul guru,10,osn,4,Pekerjaan,9,Pendidikan,94,pengertian,31,Permenpan RB,26,phbs,2,poster,3,PPT,64,proposal,7,prota,2,pts,16,resume,4,rpp,25,soal am,3,soal cpns,14,soal pas,15,soal pat,15,soal us,12,surat,17,template,3,template ppt,11,tips,6,usaha,3,
ltr
item
Mautidur.com: 3 Contoh Teks Laporan Hasil Observasi Tentang Keindahan Alam
3 Contoh Teks Laporan Hasil Observasi Tentang Keindahan Alam
https://blogger.googleusercontent.com/img/a/AVvXsEgJxK6k7ts054RgpRlvxX3tRlM_FOu6klEQAyOeyDHvn2fAoakXQFrDHfUuMMOvTKyuoykpRhOORcnc4xuU3ORqvEGgOxUizkMapR8aDkQ30YiDdoEPbFO8RTrTkgVnXBg_fdlqrXL8G_7hoHXgP1ajPDvbG0IF76nrhZJqFctgjfVXtIPoOm8Si6C7=w640-h336
https://blogger.googleusercontent.com/img/a/AVvXsEgJxK6k7ts054RgpRlvxX3tRlM_FOu6klEQAyOeyDHvn2fAoakXQFrDHfUuMMOvTKyuoykpRhOORcnc4xuU3ORqvEGgOxUizkMapR8aDkQ30YiDdoEPbFO8RTrTkgVnXBg_fdlqrXL8G_7hoHXgP1ajPDvbG0IF76nrhZJqFctgjfVXtIPoOm8Si6C7=s72-w640-c-h336
Mautidur.com
https://www.mautidur.com/2021/11/contoh-teks-laporan-hasil-observasiii.html
https://www.mautidur.com/
https://www.mautidur.com/
https://www.mautidur.com/2021/11/contoh-teks-laporan-hasil-observasiii.html
true
2310118337026904168
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All DIREKOMENDASIKAN UNTUK KAMU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy Table of Content