Contoh Teks Laporan Hasil Observasi Tentang Tumbuhan

Daftar Isi [Tampil]

Bagaimana membuat contoh teks laporan hasil observasi tentang tumbuhan yang baik? Teks laporan hasil observasi atau LHO adalah teks yang berisi tentang uraian umum atau uraian yang menyampaikan informasi hasil observasi atau pengamatan.

Teks laporan hasil observasi LHO sering pula disebut teks klasifikasi. Hal ini karena teks LHO mencakup berbagai klasifikasi tentang jenis-jenis objek yang diamati berdasar kriteria tertentu. Teks LHO dibuat berdasar fakta-fakta yang ditemukan dengan klasifikasi berdasar hal yang diobservasi.

Contoh Teks Laporan Hasil Observasi Tentang Tumbuhan

Baca Juga: 9 Contoh Teks Laporan Hasil Observasi Terbaik 

Tujuan Teks Laporan Hasil Observasi

Penyusunan teks laporan hasil observasi memiliki beberapa tujuan. Sebelum masuk ke contoh teks laporan hasil observasi tentang tumbuhan, berikut tujuan penyusunan teks LHO diantaranya:

  • Sebuah teks LHO bertujuan memberikan informasi tentang klasifikasi suatu objek berdasarkan fakta yang ada dan dilakukan dengan pengamatan secara objektif dan sistematis.
  • Contoh teks laporan hasil observasi tentang tumbuhan juga bertujuan menyelesaikan atau mencari jawaban dari permasalahan yang berwujud hipotesis hasil pengamatan.
  • Teks LHO yang ditulis bertujuan untuk mengambil keputusan yang lebih bijak dan lebih baik berdasar fakta hasil observasi.
  • Penyusunan teks LHO bertujuan menemukan teknik, cara, atau sistem terbaru yang lebih baik dan belum pernah diterapkan sebelumnya.
  • Teks LHO juga dapat disusun dengan tujuan untuk melaksanakan koreksi atau pengawasan.

Contoh Teks Laporan Hasil Observasi Tentang Tumbuhan

Berbagai macam hal atau objek dapat diobservasi dan dijadikan materi dalam menulis teks laporan hasil observasi LHO, termasuk tumbuhan. Tumbuhan sendiri ada banyak jenisnya dan semuanya menarik untuk diamati. Terlebih jenis tumbuhan yang dapat memberi manfaatan untuk manusia.

Salah satu jenis tanaman yang memiliki manfaat bagi manusia adalah kelapa. Dari daun hingga batang dan akarnya memiliki nilai manfaat tersendiri. Langsung saja berikut ini contoh teks laporan hasil observasi tentang tumbuhan kelapa:

Contoh Teks Laporan Hasil Observasi Tentang Tumbuhan

  • Definisi Umum

Pohon kelapa memiliki nama ilmiah Cocos nucifera. Termasuk anggota tunggal marga Cocos dari suku Arecaceae atau aren-arenan.

Pohon kelapa juga sering disebut pohon nyiur yang berbatang tinggi dengan ketinggian bisa mencapai 30 m dan memiliki buah yang disebut buah kelapa. Bagian buah kelapa tertutup sabut dan tempurung yang keras. Bagian buahnya terdiri dari daging buah dan air, serta bisa diparut untuk mendapatkan santan.

Pohon kelapa termasuk tumbuhan serba guna. Hal ini karena semua bagian dari pohon kelapa dapat dimanfaatkan manusia. Pohon kelapa awalnya diperkirakan berasal dari pesisir Samudera Hindia yang kini sudah ditemui secara luas di kawasan pantai atau tempat beriklim tropis.

  • Definisi Bagian

Pohon kelapa banyak tumbuh di tepi pantai. Tumbuhan ini terdiri dari beberapa bagian diantaranya batang, pelepah, buah kelapa, dan akar. Ciri-ciri tumbuhan kelapa batangnya ramping tegak dan tidak bercabang, daun berpelepah dengan sirip-sirip lidi yang menopang daun, dam akar berserabut kuat.

Bagian buah kelapa terdiri atas kulit luar, sabut, tempurung, kulit daging, daging buah, lembaga, dan air kelapa. Bagian buah inilah yang bisa dikonsumsi.

Tumbuhan kelapa bisa mencapai umur 100 tahun dengan usia produktif 30 tahun. Selama itu pula pohon kelapa dapat dimanfaatkan untuk kebutuhan manusia. Semua bagian tanaman kelapa dapat dimanfaatkan bagi kehidupan manusia, karenanya pohon kelapa disebut pula Pokok Serba Guna.

  • Defisini Manfaat

Buah kelapa yang dihasilkan dari pohon kelapa atau pohon nyiur dapat dikonsumsi sebagai makanan atau minuman. Berdasarkan hasil observasi, dapat disebutkan dalam teks laporan hasil observasi LHO ini bawah buah kelapa memiliki banyak manfaat kesehatan. 

Buah kelapa dapat membantu proses penyembuhan luka bernanah, disentri, kolera, wasir, dan TBC. Air dalam buah kelapa dapat dikonsumsi sebagai penawar keracunan lantaran sifat kandungannya yang menetralkan racun dalam tubuh. Mengonsumsi buah kelapa menurut para dokter gigi dapat mencegah gigi berlubang. 

Manfaat tumbuhan kelapa juga bisa didapat dari bagian batang pohonnya. Batang pohon kelapa dapat digunakan sebagai bahan bangunan atau furnitur. Batang pohon kelapa juga sering digunakan untuk bahan membuat kerangka kayu dan lainnya.

Bagian daunnya dapat dirangkai menjadi hiasan janur untuk dekorasi pernikahan adat atau dianyam menjadi ketupat. Daun kelapa yang sudah kering juga dapat dijadikan produk kerajinan seperti kipas, sandal, topi, tas, dan keranjang. Bagian tulang daun dimanfaatkan sebagai bahan baku sapu lidi. 

Pada pohon kelapa juga terdapat bunga kelapa. Niranya jika dipanaskan akan mengental lalu setelah dingin akan mengeras agar bisa dikonsumsi sebagai gula kelapa. Pangkal pelepah daun atau manggar kelapa bisa untuk membuat gula atau ragi. Bagian pucuk daun kelapa juga bisa diolah menjadi asinan.

Terakhir bagian akar pohon kelapa sering diramu menjadi obat-obatan tradisional. Bagian akar ini juga bisa dijadikan zat warna untuk perabotan rumah tangga. Bentuk akar pohon kelapa yang serabut ini pun memberi inspirasi dalam dunia arsitektur. Hal ini terlihat dari bentuk penyangga bangunan cakar ayam di Bandara Internasional Soekarno-Hatta yang digagas oleh Sedyatmo.

  • Kesimpulan

Kesimpulan dari teks laporan hasil observasi LHO ini pohon kelapa banyak tumbuh di daerah tropis dan tepi pantai. Semua bagian pohon kelapa memiliki manfaat dan kegunaan bagi kehidupan manusia. Mulai dari barang untuk kebutuhan bangunan, daun untuk kerajinan dan dekorasi, buah untuk dikonsumsi hingga obat alami, hingga bagian akar yang juga kaya manfaat termasuk menginspirasi dunia rancang bangun.

Baca juga:

Demikian contoh teks laporan hasil observasi tentang tumbuhan kelapa. Tentu masih banyak laporan hasil observasi yang bisa dibuat dari tumbuhan yang lain. Sekian dan semoga bermanfaat.

COMMENTS

Nama

anbk,6,asuransi,1,Buku Digital,5,buku teks,14,Ciri teks,15,contoh,120,cpns2019,1,cv,5,Download File,1,games,4,juknis,9,jurnal,2,Kalender,153,kosp,4,Kuliah,14,laporan,14,makalah,3,modul,6,modul ajar,5,modul guru,10,osn,4,Pekerjaan,9,Pendidikan,94,pengertian,31,Permenpan RB,26,phbs,2,poster,3,PPT,64,proposal,7,prota,2,pts,16,resume,4,rpp,25,soal am,3,soal cpns,14,soal pas,15,soal pat,15,soal us,12,surat,17,template,3,template ppt,11,tips,6,usaha,3,
ltr
item
Mautidur.com: Contoh Teks Laporan Hasil Observasi Tentang Tumbuhan
Contoh Teks Laporan Hasil Observasi Tentang Tumbuhan
https://blogger.googleusercontent.com/img/a/AVvXsEhcwuOGYwoD_6HqMm2Fau_jE-SX7XKae22ou6RWO8rK4Yrdu0vqVKCwhON3nRqslD7D1A1AkzSIQHYC1z_pJj8tq8QsZZBJbBdmBz3j5wSrd2ZalmMuvGSKwTMoJByikjIUYqVvn5AZlscVAaWJy3uzKj2rxPkgfqueeH_szvV-GsttLULsPFL7E7HI=w640-h400
https://blogger.googleusercontent.com/img/a/AVvXsEhcwuOGYwoD_6HqMm2Fau_jE-SX7XKae22ou6RWO8rK4Yrdu0vqVKCwhON3nRqslD7D1A1AkzSIQHYC1z_pJj8tq8QsZZBJbBdmBz3j5wSrd2ZalmMuvGSKwTMoJByikjIUYqVvn5AZlscVAaWJy3uzKj2rxPkgfqueeH_szvV-GsttLULsPFL7E7HI=s72-w640-c-h400
Mautidur.com
https://www.mautidur.com/2021/11/contoh-teks-laporan-hasil-observasii.html
https://www.mautidur.com/
https://www.mautidur.com/
https://www.mautidur.com/2021/11/contoh-teks-laporan-hasil-observasii.html
true
2310118337026904168
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All DIREKOMENDASIKAN UNTUK KAMU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy Table of Content