Contoh Teks Laporan Hasil Observasi Tentang Sampah

Daftar Isi [Tampil]

Bagaimana contoh teks laporan hasil observasi tentang sampah? Teks laporan hasil observasi dapat dibuat sesudah melakukan pengamatan langsung atau mengobservasi langsung suatu objek yang diangkat. 

Sebelumnya, teks laporan hasil observasi adalah teks yang memuat serangkaian informasi hasil pengamatan akan suatu objek. Teks laporan yang dibuat sudah seharusnya menyajikan informasi sesuai fakta, jelas, mudah dipahami. Singkatnya teks laporan yang dibuat harus memenuhi sifat objektif, informatif, dan komunikatif. Sehingga isi laporan bisa dipertanggungjawabkan.

Teks laporan dibuat dengan tujuan mengamati, menganalisis, meneliti, serta mengetahui informasi terkait objek sesuai permasalahan yang diangkat. Objek penelitian yang dimaksud bisa apa saja. Adapun dalam ulasan kali ini sampah menjadi objek penelitiannya.

Contoh Teks Laporan Hasil Observasi Tentang Sampah

Baca Juga: 9 Contoh Teks Laporan Hasil Observasi Terbaik 

Struktur Teks Laporan Hasil Observasi

Sebelum menampilkan contoh teks laporan hasil observasi tentang sampah, perlu diketahui bahwa teks laporan hasil observasi memiliki struktur penulisan. Terdapat beberapa bagian penyusun, diantaranya:

1. Pernyataan Umum atau Definisi Umum

Pernyataan umum sering juga disebut definisi umum. Merupakan bagian teks laporan hasil observasi berupa pendahuluan yang berfungsi sebagai pengantar teks laporan hasil observasi yang dibuat. 

Pada bagian ini dapat disampaikan informasi terkait objek observasi yang diangkat, mulai dari nama objek, nama latin bila ada, latar belakang masalah, dan informasi lain yang dibutuhkan. Singkatnya bagian ini memperkenalkan objek secara garis besar.

2. Deskripsi

Deskripsi menjadi inti dari teks laporan hasil observasi. Bagian ini menjelaskan hasil observasi secara terperinci. Uraian diberikan secara mendetail sesuai data pengamatan yang berhasil dikumpulkan dari lapangan, jadi bukan sekedar penilaian pribadi. Deskripsi dibedakan menjadi 2 macam, yaitu deskripsi bagian dan deskripsi manfaat.

Deskripsi bagian memuat penjelasan terkait informasi objek yang diangkat. Misalnya ciri-ciri objek, sifat, klasifikasi, manfaat, atau lainnya. Semakin lengkap informasi tentang objek yang dilaporkan, maka menunjukkan semakin baik pula hasil observasi yang dilakukan.

Deskripsi manfaat merupakan bagian yang memuat ulasan tentang manfaat atau kegunaan dari objek yang diangkat di kehidupan masyarakat dan sekitarnya. Deskripsi manfaat ini hanya bersifat pilihan. Karenanya tidak sedikit teks laporan observasi yang dibuat tanpa memasukkan struktur bagian ini.

3. Kesimpulan 

Kesimpulan teks laporan hasil observasi berisi ringkasan umum hasil observasi. Bagian ini berfungsi memudahkan pembaca memahami inti teks laporan hasil observasi yang disusun.

Contoh Teks Laporan Hasil Observasi tentang Sampah

Seorang pelajar sering kali mendapat tugas membuat teks laporan hasil observasi dari penelitian sederhana yang dilakukan. Berikut ini salah satu contoh teks laporan hasil observasi tentang sampah anorganik yang cukup sederhana, yaitu:

Contoh Teks Laporan Hasil Observasi Tentang Sampah

Pernyataan Umum

Sampah anorganik adalah sampah yang dihasilkan dari bahan non hayati atau non organik. Sifat utama sampah anorganik sukar atau malah tidak dapat membusuk karena tidak bisa diuraikan mikroorganisme. Contoh sampah anorganik paling banyak ditemui di lingkungan sekitar diantaranya sampah plastik, kain bekas, botol, dan logam.

Deskripsi Bagian

Sampah anorganik dihasilkan dari bahan non hayati dan bahan sintetik dari hasil proses industri. Berdasarkan bentuknya sampah anorganik dibedakan menjadi sampah padat, sampah cair, sampah konsumsi, sampah alam, dan sampah manusia. 

Jenis sampah anorganik paling dominan berwujud sampah manusia sebagai hasil kegiatan manusia. Contoh sampah anorganik hasil kegiatan manusia diantaranya kemasan kantong plastik, kaleng aluminium, kain bekas, styrofoam, logam, botol kaca, dan detergen.

Dibutuhkan waktu yang sangat lama bahkan hingga ribuan tahun untuk sampah anorganik hancur secara alami. Hal ini dikarenakan sebagian besar sampah anorganik tidak mengandung unsur karbon atau ikatan hidrogen. Karena itulah sampah anorganik sukar diurai oleh organisme pengurai dan termasuk golongan sampah tidak bisa diuraikan.

Deskripsi Manfaat

Mengingat penguraian sampah anorganik yang memakan waktu lama, pengelolaan sampah anorganik yang tepat sangat dibutuhkan. Dalam hal ini tidak dibenarkan untuk membuang sampah anorganik sembarang, mengubur, atau membakarnya. Kegiatan tersebut malah akan mencemari lingkungan dan dapat berdampak pada kesehatan dalam jangka panjang.

Sampah anorganik membutuhkan sistem pengelolaan tepat agar lebih bermanfaat bagi manusia dan tidak merusak lingkungan. Di mana nilai guna sampah anorganik wajib dikedepankan. Salah satu caranya dengan menerapkan sistem daur ulang. Beberapa jenis sampah anorganik dapat didaur ulang menjadi kerajinan tangan atau menggunakan ulang sampah anorganik jenis lain yang kiranya masih dapat dimanfaatkan.

Selanjutnya sampah anorganik dibedakan menjadi sampah recyclable dan sampah non recyclable. Sampah anorganik recyclable masih dapat didaur ulang. Contoh sampah recyclable misalnya plastik yang dapat didaur ulang menjadi plastik kembali dengan grade yang lebih rendah atau menjadi benda lain yang bernilai ekonomis. Sedangkan sampah anorganik non recyclable tidak dapat didaur ulang sehingga memang lebih merugikan bagi lingkungan. Contoh sampah non recyclable diantaranya therm coal, carbon paper, styrofoam, dan lainnya.

Kesimpulan

Sampah anorganik termasuk golongan sampah tidak dapat diuraikan. Dari penggunaannya ada sampah anorganik yang dapat didaur ulang (sampah recyclable) dan tidak dapat didaur ulang (sampah non recyclable). Karena tidak semua sampah anorganik dapat didaur ulang dibutuhkan sistem pengelolaan sampah yang bijak supaya tidak mencemari lingkungan atau membahayakan kesehatan.

Baca juga:

Itulah contoh teks laporan hasil observasi tentang sampah anorganik yang sederhana. Suatu teks laporan yang disusun nantinya dapat berfungsi sebagai sumber informasi atau dokumentasi terpercaya. 

Untuk skala lebih crucial, laporan observasi yang disusun dapat dijadikan dasar penting penyusunan kebijakan lain. Misalnya laporan hasil observasi yang disusun oleh para peneliti. Karenanya teks laporan observasi harus dibuat dengan penuh tanggung jawab. Sekian semoga contoh teks laporan hasil observasi tentang sampah di atas bermanfaat dan terima kasih telah berkunjung.

COMMENTS

Nama

anbk,6,asuransi,1,Buku Digital,5,buku teks,14,Ciri teks,15,contoh,120,cpns2019,1,cv,5,Download File,1,games,4,juknis,9,jurnal,2,Kalender,153,kosp,4,Kuliah,14,laporan,14,makalah,3,modul,6,modul ajar,5,modul guru,10,osn,4,Pekerjaan,9,Pendidikan,94,pengertian,31,Permenpan RB,26,phbs,2,poster,3,PPT,64,proposal,7,prota,2,pts,16,resume,4,rpp,25,soal am,3,soal cpns,14,soal pas,15,soal pat,15,soal us,12,surat,17,template,3,template ppt,11,tips,6,usaha,3,
ltr
item
Mautidur.com: Contoh Teks Laporan Hasil Observasi Tentang Sampah
Contoh Teks Laporan Hasil Observasi Tentang Sampah
https://blogger.googleusercontent.com/img/a/AVvXsEjBaKCm_IjYlWlSHHQwrQsbU48oDf9Md5kD0uSLXTSkx8YTjtChisoohZiG-d5Q2tq8so8jNf8Hb4sHY0o7ua_MDyFPnaHIbt3n50SLzYibJEBH7tODQEZNleEe1LHK7YWtnZ5Huuv7zo_oteYfIVhMjJG-9brR2rht8zKULSNxZ7aTNuIVBG98-I8_=w640-h404
https://blogger.googleusercontent.com/img/a/AVvXsEjBaKCm_IjYlWlSHHQwrQsbU48oDf9Md5kD0uSLXTSkx8YTjtChisoohZiG-d5Q2tq8so8jNf8Hb4sHY0o7ua_MDyFPnaHIbt3n50SLzYibJEBH7tODQEZNleEe1LHK7YWtnZ5Huuv7zo_oteYfIVhMjJG-9brR2rht8zKULSNxZ7aTNuIVBG98-I8_=s72-w640-c-h404
Mautidur.com
https://www.mautidur.com/2021/11/contoh-teks-laporan-hasil-observasi.html
https://www.mautidur.com/
https://www.mautidur.com/
https://www.mautidur.com/2021/11/contoh-teks-laporan-hasil-observasi.html
true
2310118337026904168
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All DIREKOMENDASIKAN UNTUK KAMU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy Table of Content