2 Contoh Teks Laporan Hasil Observasi tentang Lingkungan Rumah

Daftar Isi [Tampil]

Sebuah teks laporan hasil observasi adalah sebuah teks yang berisi gambaran dan informasi yang didapat dari aktivitas observasi atau pengamatan. Teks ini berisi fakta yang didapatkan dari observasi secara langsung. Beberapa contoh teks laporan hasil observasi tentang lingkungan rumah berikut ini dibuat dengan melakukan observasi secara langsung di lingkungan rumah dan sekitarnya.

Pengamat yang membuat laporan observasi diharuskan turun langsung di lapangan atau di situs yang di observasi untuk mendapatkan informasi yang ada. Informasi yang didapatkan dari kegiatan observasi ini dapat berupa keadaan lingkungan, bentuk atau wujud fisik ataupun sebuah peristiwa. Berikut ini adalah contoh teks laporan hasil observasi tentang lingkungan rumah beserta struktur yang dapat dipelajari sebagai panduan untuk menulis teks laporan hasil observasi yang lain.

Baca Juga: 9 Contoh Teks Laporan Hasil Observasi Terbaik 

Ciri dan Struktur Teks Laporan Hasil Observasi

Sebuah teks laporan hasil observasi memiliki ciri umum berupa memberikan informasi deskriptif berdasarkan hasil pengamatan. Informasi yang bersifat kualitatif umum juga mungkin ditulis pada sebuah teks hasil observasi. Informasi hasil observasi yang ditulis adalah berdasarkan fakta atas temuan yang ada di lapangan dan laporan tidak berisi dugaan atau hipotesis yang menyimpang. Teks ini menggunakan bahasa yang komunikatif untuk memberikan informasi secara obyektif. 

Sedangkan struktur teks laporan hasil observasi terdiri atas bagian pendahuluan yang berisi penjelasan umum atau deskripsi umum atas obyek yang diamati. Kemudian diikuti dengan bagian isi yang berisi rincian, penjelasan dan pembahasan mengenai obyek observasi dan dilanjutkan dengan deskripsi manfaat dari obyek tersebut. Teks laporan diakhiri dengan kesimpulan yang dibuat oleh pengamat berdasarkan hasil pengamatan yang sudah dilakukan. 

Contoh Teks Laporan Hasil Observasi

Berikut ini adalah sebuah contoh teks laporan hasil observasi tentang lingkungan rumah yang dapat digunakan sebagai panduan untuk menulis teks laporan hasil observasi serupa ataupun observasi mengenai obyek pengamatan yang lain. Teks laporan hasil observasi berikut ini merupakan hasil pengamatan lingkungan rumah yang berada di dusun Pandes, Panggungharjo, Sewon, Bantul.

Contoh 1

Teks Laporan Observasi Lingkungan Rumah di Dusun Pandes

Contoh Teks Laporan Hasil Observasi

Pendahuluan

Observasi dilakukan di dusun Pandes, Panggungharjo, Sewon, Bantul untuk melihat kondisi lingkungan rumah yang ada.

Isi

Lingkungan rumah tinggal di dusun Pandes merupakan peralihan antara lingkungan berkarakter desa dengan lingkungan berkarakter kota. Terdapat banyak bangunan rumah yang digunakan sebagai rumah tinggal keluarga ataupun rumah yang disewakan karena lingkungan ini berada di dekat kampus Institut Seni Indonesia, Akademi Kebidanan Yogyakarta dan cukup dekat dengan Sekolah Tinggi Teknologi Kedirgantaraan.

Masih terdapat halaman yang digunakan untuk area bermain anak - anak. Tanaman atau pohon juga masih ditemukan di halaman. Terdapat beberapa hewan yang bisa ditemukan di lingkungan rumah dan sekitarnya seperti kucing, ayam, burung, serangga, cicak dan kadal kebun.

Kebersihan rumah dan lingkungan sekitar cukup terjaga dari sampah karena ada pelayanan pengelolaan sampah yang dikelola Bumdes Kupas di desa Panggungharjo.

Kesimpulan

Kondisi rumah dan lingkungan sekitarnya yang diobservasi dalam kondisi baik dan bersih. Terdapat keanekaragaman hayati yang hidup di rumah dan sekitarnya. Pelayanan pengelolaan sampah membantu menjaga lingkungan rumah menjadi lebih bersih.

Itulah salah satu contoh teks laporan hasil observasi tentang lingkungan rumah dan sekitarnya yang dapat dijadikan panduan atau referensi ketika menulis laporan observasi dengan tema atau obyek yang serupa.

Contoh 2

Teks Laporan Observasi Rumahku

Contoh Teks Laporan Hasil Observasi

Pendahuluan

Rumah adalah salah satu bentuk tempat hunian yang digunakan oleh manusia. Rumahku merupakan rumah tempat aku tinggal bersama keluargaku.

Isi

Rumahku berukuran cukup kecil dengan luas bangunan 20 x 12 meter dan terdiri atas satu lantai saja. Terdapat satu kamar mandi, satu dapur, satu ruang keluarga, dua kamar tidur dan satu buah garasi. Ruang yang digunakan untuk menerima tamu berada di teras rumah. Kami memiliki sebuah sumur dengan pompa air sebagai sumber air bersih.

Dinding rumahku terbuat dari batu bata yang disemen. Atapnya menggunakan genting yang terbuat dari tanah liat yang dibakar. Rangka atap, pintu dan jendela rumahku terbuat dari kayu jati. Terdapat tiga pintu yang mengarah ke luar dan 4 buah jendela di bagian depan dan samping rumah. Sedangkan pintu garasi terbuat dari besi.

Rumahku memiliki halaman yang masih cukup luas dengan luasan sekitar 20 x 15 meter. Terdapat pohon jamu, mangga, talok, belimbing dan durian di halaman rumah. Beberapa jenis tanaman bunga seperti bugenvile, bunga sepatu, melati dan bunga pukul empat juga ditanam di halaman rumah.

Terdapat sebuah aviary atau kandang burung berukuran besar di halaman rumahku. Didalamnya terdapat pohon pujuk merah, teh – tehan dan beberapa jenis rumput. Kandang burung ini berisi burung gelatik, perkutut dan parkit.

Sebuah dua kotak besar yang terbuat dari batako ada di sudut halaman rumahku. Kotak besar ini digunakan sebagai tempat membuat kompos dari bahan daun – daun di kebun dan limbah organis sisa dapur.

Kesimpulan

Rumahku adalah rumah yang cukup nyaman karena memiliki elemen pendukung kehidupan berupa sumber air, pepohonan sebagai penghasil oksigen dan pendukung kehidupan kehidupan liar dan sistem pengelolaan sampah organik mandiri.

Baca juga:

Itulah dua contoh teks laporan hasil observasi tentang lingkungan rumah yang bisa digunakan sebagai referensi atau panduan untuk menulis laporan observasi mengenai rumah dan lingkungan sekitarnya.

COMMENTS

Nama

anbk,6,asuransi,1,Buku Digital,5,buku teks,14,Ciri teks,15,contoh,120,cpns2019,1,cv,5,Download File,1,games,4,juknis,9,jurnal,2,Kalender,153,kosp,4,Kuliah,14,laporan,14,makalah,3,modul,6,modul ajar,5,modul guru,10,osn,4,Pekerjaan,9,Pendidikan,94,pengertian,31,Permenpan RB,26,phbs,2,poster,3,PPT,64,proposal,7,prota,2,pts,16,resume,4,rpp,25,soal am,3,soal cpns,14,soal pas,15,soal pat,15,soal us,12,surat,17,template,3,template ppt,11,tips,6,usaha,3,
ltr
item
Mautidur.com: 2 Contoh Teks Laporan Hasil Observasi tentang Lingkungan Rumah
2 Contoh Teks Laporan Hasil Observasi tentang Lingkungan Rumah
https://blogger.googleusercontent.com/img/a/AVvXsEgOHGctYFxhOlcE-kkiX_ErZd3hoji2_tLByoR0WvoeTEUw77a4td5fLpQN_4NFamvP4aqAMNsndqy4lTjcTkWBie-3L8L0NN3xMYgJ0owvN1A6oY_hsL4setguTz5cTZ3p-DpZNL9Az65zxhouB7u6zrl6ARWGRP4Yo4KdVIsTw8AzfjjluM6FfTja=w640-h404
https://blogger.googleusercontent.com/img/a/AVvXsEgOHGctYFxhOlcE-kkiX_ErZd3hoji2_tLByoR0WvoeTEUw77a4td5fLpQN_4NFamvP4aqAMNsndqy4lTjcTkWBie-3L8L0NN3xMYgJ0owvN1A6oY_hsL4setguTz5cTZ3p-DpZNL9Az65zxhouB7u6zrl6ARWGRP4Yo4KdVIsTw8AzfjjluM6FfTja=s72-w640-c-h404
Mautidur.com
https://www.mautidur.com/2021/11/2-contoh-teks-laporan-hasil-observasi.html
https://www.mautidur.com/
https://www.mautidur.com/
https://www.mautidur.com/2021/11/2-contoh-teks-laporan-hasil-observasi.html
true
2310118337026904168
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All DIREKOMENDASIKAN UNTUK KAMU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy Table of Content