Contoh Teks Cerita Sejarah Pribadi

Daftar Isi [Tampil]

Sejarah merupakan salah satu peristiwa yang penting, walaupun waktu akan selalu terus berputar tetapi kita tidak akan pernah lupa dengan sejarah. Setiap manusia pastinya memiliki sejarah hidupnya masing-masing hingga bisa mencapai ke titik seperti sekarang ini. 

Oleh sebab itu dalam pelajaran Bahasa Indonesia kita akan selalu diminta untuk membuat teks cerita sejarah pribadi maupun tentang suatu peristiwa yang pernah dialami Indonesia. Teks yang satu ini memang penting untuk dipelajari yang memiliki tujuannya untuk mengingat perjuangan di masa lampau.

Contoh Teks Cerita Sejarah Pribadi

Baca Juga: 10 Contoh Teks Cerita Sejarah Singkat & Terbaik

Pengertian Teks Cerita Sejarah

Contoh teks cerita sejarah pribadi merupakan sebuah teks yang di dalamnya akan memberikan penjelasan mengenai fakta beserta kejadian yang pernah terjadi di masa lalu dan menjadi asal usul atau latar belakang sesuatu yang mempunyai nilai sejarah. 

Struktur Teks Cerita Sejarah 

Struktur dalam sebuah teks adalah gambaran yang menunjukkan bagaimana teks tersebut bisa terbangun, kalian harus tahu teks cerita sejarah akan menggunakan struktur teks orientasi cerita sejarah yang akan diikuti dengan urutan sebuah peristiwa. Agar menjadi lebih paham, maka dapat melihat ulasan di bawah ini :

1.Orientasi ( Pengenalan situasi cerita ) 

Pada saat berada di bagian ini, pengarang akan mengenalkan setting cerita, waktu,tempat beserta peristiwa yang terjadi. Bukan hanya itu saja, orientasi dapat disuguhkan dengan cara memperkenalkan nama tokoh, hubungan antar tokoh dan menata sebuah peran. 

2. Mengungkapkan peristiwa

Bagian ini akan menyajikan yang berkaitan dengan peristiwa awal yang akan timbulkan berbagai macam permasalahan, pertentangan, dan kesulitan yang akan dialami oleh para tokoh. 

3. Rising action ( Menuju konflik ) 

Ketika sudah sampai ke dalam tahapan ini, maka akan terjadi peningkatan perhatian kegembiraan, kehebohan, maupun keterlibatan berbagai macam situasi yang akan menambah kesulitan para tokoh. 

4. Turning point atau Komplikasi ( Puncak dari konflik ) 

Pada bagian ini juga disebut dengan klimaks. Hal ini menjadikan bagian contoh teks cerita sejarah pribadi yang paling menegangkan dan juga mendebarkan. Ketika sudah mencapai bagian ini, maka juga dapat menentukan perubahan nasib untuk beberapa tokohnya. Misalnya apakah tokoh tersebut dapat menyelesaikan segala bentuk permasalahan atau gagal. 

5. Evaluasi, Resolusi ( Penyelesaian masalah ) 

Menjadi bagian pada akhir cerita yang berisikan tentang penjelasan atau penilaian sikap yang sebelumnya sudah dialami oleh para tokoh setelah mengalami berbagai hal dalam peristiwa puncak. Pada bagian ini pula akan diceritakan berkaitan dengan wujud akhir maupun kondisi akhir yang akan dialami oleh tokoh utamanya. 

6. Koda

Berisikan tentang berbagai komentar yang akan ditujukan untuk keseluruhan isi dari cerita yang memiliki fungsi sebagai penutup. Berbagai komentar yang masuk dapat disampaikan secara langsung oleh para pengarang atau hanya mewakilinya kepada satu tokoh saja. 

Ciri – ciri Teks Sejarah

Ada beberapa ciri-ciri dari teks cerita sejarah yang harus diketahui, antara lain adalah :

1.Penyajiannya secara kronologis maupun berdasarkan dari urutan peristiwa dan urutan kejadian. 

2. Bentuk teks berupa cerita ulang atau “recount”.

3. Memiliki struktur teks, yaitu orientasi, urutan peristiwa, dan reorientasi. 

4. Akan sering menggunakan konjungsi temporal

5. Isi cerita merupakan fakta yang sebenarnya. 

Cara Membuat Teks Cerita Sejarah Pribadi

Pada saat akan membuat contoh teks cerita sejarah pribadi ada beberapa cara yang harus dilakukan, supaya cerita tersebut lebih terstruktur dan enak untuk dibaca :

1.Pertama carilah ide gagasan dalam wacana yang berisikan tentang berbagai sejarah, sehingga kita dapat memberikan orientasi yang menjadi pengenalan dari sebuah kejadian yang akan dituliskan. Caranya menggunakan 5W + 1H dalam rancangan tersebut. 

Misalnya apa yang terjadi ? Kapan hal tersebut terjadi ? Siapa saja yang nantinya terlibat dalam peristiwa tersebut ? Bagaimana peristiwa tersebut bisa terjadi ? Terakhir Mengapa peristiwa itu dapat terjadi ? 

2. Melakukan analisa terhadap urutan sebuah peristiwa dengan cara melakukan identifikasi terhadap permasalahan dan menulis tentang kronologi dari kejadian maupun peristiwa secara bertahap. 

3. Lakukan ulasan kembali terhadap isi dari teks dan menulis ulang menggunakan bahasa sendiri berdasarkan analisa struktur dari paragraf yang sebelumnya sudah dilakukan. Pada bagian ini opsional yang mana dapat dilakukan atau tidak. 

4. Sempurnakan teks dengan cara memperhatikan EYD yang digunakan maupun tata bahasa supaya lebih mudah untuk dapat dipahami. 

Contoh Teks Cerita Sejarah Pribadi 

Contoh Teks Cerita Sejarah Pribadi

Namaku adalah Mia, umurku sekarang ini adalah 18 tahun. Sejak kecil aku memiliki cita-cita sebagai seorang pelukis terkenal. Aku ingin sekali membuat orang tuaku bangga beserta mengharumkan nama negara. 

Ketika aku berusia 6 tahun, ibuku membelikan aku alat untuk melukis, untuk dijadikan sebagai hadiah karena aku mendapatkan peringkat pertama di kelas 1 pada saat itu. Ayahku adalah seorang pelukis dia mengajarkan aku untuk melukis yang baik dan menemaniku melukis setiap memiliki waktu luang. 

Pada saat aku berusia 10 tahun aku mengikuti lomba melukis tingkat provinsi untuk mewakili sekolah. Itulah pertama kali akun mengikuti perlombaan dan aku menjadi juara pertama. Pastinya itu merupakan pengalaman yang paling berharga dan bisa aku kenang hingga saat ini. 

Sekarang ini aku merupakan salah satu pelukis profesional yang ada di kotaku. Harapanku untuk saat ini adalah bisa terus meningkat kemampuan melukis hingga nanti pada saatnya bisa membawa karyaku ke tingkat Internasional.

Baca juga:

Itulah penjelasan, struktur, ciri-ciri dan contoh dari teks cerita sejarah. Semoga informasi ini bisa bermanfaat dan sampai jumpa di artikel selanjutnya.

COMMENTS

Nama

anbk,6,asuransi,1,Buku Digital,5,buku teks,14,Ciri teks,15,contoh,120,cpns2019,1,cv,5,Download File,1,games,4,juknis,9,jurnal,2,Kalender,153,kosp,4,Kuliah,14,laporan,14,makalah,3,modul,6,modul ajar,5,modul guru,10,osn,4,Pekerjaan,9,Pendidikan,94,pengertian,31,Permenpan RB,26,phbs,2,poster,3,PPT,64,proposal,7,prota,2,pts,16,resume,4,rpp,25,soal am,3,soal cpns,14,soal pas,15,soal pat,15,soal us,12,surat,17,template,3,template ppt,11,tips,6,usaha,3,
ltr
item
Mautidur.com: Contoh Teks Cerita Sejarah Pribadi
Contoh Teks Cerita Sejarah Pribadi
https://blogger.googleusercontent.com/img/a/AVvXsEh54zwPz2ZJcYjzNq7eXxOnB4iaWw-7Du_69rz10zThKyfaDF-q3uc1uc8Z_DJIBbGmvwhw4ydCBoEX9BJo38EGuIp4uHxj65JGYixFk2WqLhbj5oQyahbcG4r1TjaNSmX3x-MeSUfkuG3qaElUH8gcOLebxFtmLO5vFylhwIvQ_I9bjHLiy1a0Vnnx=w640-h370
https://blogger.googleusercontent.com/img/a/AVvXsEh54zwPz2ZJcYjzNq7eXxOnB4iaWw-7Du_69rz10zThKyfaDF-q3uc1uc8Z_DJIBbGmvwhw4ydCBoEX9BJo38EGuIp4uHxj65JGYixFk2WqLhbj5oQyahbcG4r1TjaNSmX3x-MeSUfkuG3qaElUH8gcOLebxFtmLO5vFylhwIvQ_I9bjHLiy1a0Vnnx=s72-w640-c-h370
Mautidur.com
https://www.mautidur.com/2021/11/contoh-teks-cerita-sejarah-pribadi.html
https://www.mautidur.com/
https://www.mautidur.com/
https://www.mautidur.com/2021/11/contoh-teks-cerita-sejarah-pribadi.html
true
2310118337026904168
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All DIREKOMENDASIKAN UNTUK KAMU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy Table of Content