4 Contoh Teks Berita Tentang Sekolah

Daftar Isi [Tampil]

Apakah Anda ingin belajar buat teks berita? Mari bahas 4 contoh teks berita tentang sekolah ini untuk melihat bentuk dan strukturnya. Berikut adalah bahasannya:

Contoh Teks Berita Tentang Sekolah

Contoh 1

Pada contoh pertama ini bentuk teks berita lebih terasa informative. Hal ini karena bahasan contoh teks berita sekolah factual dan dilengkapi banyak data. Bentuk artikel berita standard di website besar umumnya mengikuti bentuk contoh ini.

Judul: Kasus Bocoran Soal Untuk Ujian Nasional Masih Mengkhawatirkan

Contoh Teks Berita Tentang Sekolah

Kebocoran soal ujian nasional di tahun 2015 lalu untuk tingkat SMP merupakan bahasan yang cukup besar. Berita ini menyebarkan huru hara di dunia pendidikan tahun itu.

Walaupun sudah lewat 6 tahun yang lalu, kasus ini masih menjadi referensi bahasan. Mantan Menteri Pendidikan, Anies Baswedan sempat mengatakan bahwa pelaku akan dikenakan hukuman berat. Penyelidikan tentang sumber kebocoran sampai sekarang belum dikeluarkan ke public dan hanya menjadi bahasan internal.

Dari hasil verifikasi penyelidikan oleh PUSPENDIK, ditemukan sebanyak 30 buklet soal dari 11.730 file data yang diunggah ke internet. Pada waktu itu, Menteri Komunikasi dan Informasi berperan penting menyaring data dari Google dan melakukan block serentak untuk akses ke file tersebut.

Walaupun tidak disebarkan secara publik, banyak analisis mengatakan kebocoran pasti libatkan oknum percetakan negara. Kebocoran ini bisa terjadi akibat interaksi orang dalam dengan orang luar yang menjanjikan keuntungan.

Kebocoran soal waktu itu membuat Menteri Pendidikan mengadakan pengkajian kembali soal proses keamanan dan distribusi soal UN. Sepertinya evaluasi ini berhasil karena setiap tahunnya setelah kejadian tersebut, kebocoran soal tidak banyak terjadi.

Baca Juga: 10 Contoh Teks Berita Terbaru & Terbaik

Contoh 2

Untuk contoh teks berita tentang sekolah yang satu ini, bahasan lebih fokus pada cerita penyampaian untuk menggerakan hati pembaca. Walaupun bentukannya sama seperti contoh 1 dengan fakta dan bahasan objektif, contoh 2 ini lebih berusaha mengubah perspektif pembaca tentang kejadian yang dibahas.

Judul: Akses Jalan Untuk Pendidikan di Mekar Jaya Masih Menyedihkan

Contoh Teks Berita Tentang Sekolah

Anak – anak di Desa Mekar Jaya, Kabupaten Muara Enim selalu berjuang keras untuk menuntut ilmu. Hal ini terbukti dengan halangan akses jalan yang selalu dihadapi. Jika hujan lebat, area jalan ke sekolah selalu berlumpur dan becek. Para anak ini harus lewati kondisi jalan jelek tersebut sekitar 5 km hanya untuk belajar di sekolah.

Hal ini tentu sangat menyedihkan. Jalan yang rusak membuat halangan bersekolah lebih sulit dibandingkan tempat lain. Jika motivasi anak sekolah tidak tinggi, tentu saja halangan seperti ini bisa membuat anak berhenti berangkat sekolah.

Selain masalah jalan, kondisi sekolah juga jelek di sini. Minimnya pelajar di wilayah Desa Mekar Jaya membuat kepedulian pemerintah lokal sangat kecil. Biaya perawatan bangunan kelas jarang turun. Padahal banyak kondisi kelas yang dalam kondisi rusak. Sejumlah siswa sekolah negeri 12 yang alami kerusakan ini, terpaksa harus menumpang bergabung ke kelas lain yang masih kokoh.

Hingga saat ini, kepedulian akan prasarana di sekolah tersebut juga terasa kurang. Mulai dari kerusakan peralatan kelas, perpustakaan, buku, lab, semua masing belum terpenuhi baik. Untuk anggota pengajar saja hanya tersedia 8 orang untuk urus seluruh sekolah. 

Pelaporan kondisi sekolah sebenarnya sudah dilakukan. Sayangnya belum ada tindakan lanjut dari pemerintah lokal untuk perbaikan standard pendidikan di area ini.

Contoh 3

Contoh teks berita tentang sekolah yang satu ini membahas berita dengan fokus opini. Walaupun memiliki dasar factual dan pemberitaan, teks ini berusaha memberi informasi yang bercampur perspektif penulis.

Judul: Metode Sekolah Online Masih Bisa Dikembangkan Setelah Pandemi

Contoh Teks Berita Tentang Sekolah

Metode sekolah online sudah berkembang cepat saat pandemi 2020 lalu. Penggunaan media ini membuat guru dan siswa lebih mudah komunikasi dan melakukan pembelajaran di luar kelas. Walaupun masih kurang efektifitasnya dibandingkan kelas tatap muka, penggunaanya sudah sangat baik.

Saat pandemi lebih dari 28 juta siswa Indonesia mampu jalani sekolah online. Hanya dengan tool zoom dan room chat kelas, pembelajaran bisa dilakukan. Tool dari Google seperti email dan Google Classroom juga makin banyak digunakan.

Sekarang Anda bayangkan jika pandemi sudah selesai. Kemampuan para guru dan murid menggunakan tool kelas online ini tidak akan banyak dipakai lagi. Hal ini tentu sangat disayangkan. Potensi pengembangan kelas jarak jauh masih besar.

Kedepannya, tool kelas online ini bisa dipakai untuk kebutuhan konsultasi di luar jam sekolah ataupun tambahan diskusi ekstra. Bayangkan jika murid bisa kotak langsung guru untuk minta arahan saat kerjakan PR. Hal ini jauh lebih baik daripada menunggu tugas dikumpulkan keesokan harinya baru bertanya.

Contoh 4

Sekarang waktunya melihat contoh teks berita simple tentang sekolah. Contoh yang satu ini menunjukan teks berita yang pendek karena penjelasannya sudah diketahui banyak orang. Hal seperti PTM dan Covid mendapat cover dari kebijakan pemerintah. Jadi pada berita, bahasan lebih melihat mengapa hal ini terjadi tanpa mengulang bahasa tentang apa itu PTM dan Covid.

Judul: Sekolah PTM di Bandung Dihentikan Sementara Karena Covid

Contoh Teks Berita Tentang Sekolah

Sebanyak 14 sekolah di Banding yang sudah lakukan PTM terpaksa harus kembali menghentikan kegiatan pembelajaran di kelas. Sekolah yang terlibat dalam hal ini terdiri dari 5 SD, 2 SMP, 2 SMA, 4 SMK dan 1 SLB.

Alasan penutupan perjalanan PTM di sekolah ini adalah karena kemunculan pasien baru di antara siswa. Dari 14 sekolah yang gagal lanjutkan PTM, ditemukan 26 kasus baru untuk Covid. Hal ini tentu disayangkan karena beberapa bulan yang lalu, angka penyebaran di Bandung mulai menurun perlahan. Tapi demi keamanan para siswa, pemberhentian PTM adalah keputusan yang tepat.

Baca juga:

Sekian bahasan tentang contoh teks berita tentang sekolah yang bisa Anda gunakan sebagai referensi. Jika masih cari contoh teks berita tentang pendidikan ataupun sekolah lain, Anda bisa coba cek di banyak website berita. Menggunakan referensi dari website seperti ini akan memperkenalkan Anda akan banyak style tulisan berita lainnya!

COMMENTS

Nama

anbk,6,asuransi,1,Buku Digital,5,buku teks,14,Ciri teks,15,contoh,120,cpns2019,1,cv,5,Download File,1,games,4,juknis,9,jurnal,2,Kalender,153,kosp,4,Kuliah,14,laporan,14,makalah,3,modul,6,modul ajar,5,modul guru,10,osn,4,Pekerjaan,9,Pendidikan,94,pengertian,31,Permenpan RB,26,phbs,2,poster,3,PPT,64,proposal,7,prota,2,pts,16,resume,4,rpp,25,soal am,3,soal cpns,14,soal pas,15,soal pat,15,soal us,12,surat,17,template,3,template ppt,11,tips,6,usaha,3,
ltr
item
Mautidur.com: 4 Contoh Teks Berita Tentang Sekolah
4 Contoh Teks Berita Tentang Sekolah
https://blogger.googleusercontent.com/img/a/AVvXsEi8vgS2OUHZtDT2A0_klFvm7F3uxoqv4gOs36-HrXQH5xH3ClYaLr1Zd5u1BiXm7zly_fKU-_quGUvdUTfwTEglhhOaESvulscdA8uMd9toskl6C5dE7vEPcSNE-zJQn9d9TYVIup8yp1vDWviKiwuu6G9aYol4sgtnj7KfZ0oefgzbGRh35UiaRehN=w640-h388
https://blogger.googleusercontent.com/img/a/AVvXsEi8vgS2OUHZtDT2A0_klFvm7F3uxoqv4gOs36-HrXQH5xH3ClYaLr1Zd5u1BiXm7zly_fKU-_quGUvdUTfwTEglhhOaESvulscdA8uMd9toskl6C5dE7vEPcSNE-zJQn9d9TYVIup8yp1vDWviKiwuu6G9aYol4sgtnj7KfZ0oefgzbGRh35UiaRehN=s72-w640-c-h388
Mautidur.com
https://www.mautidur.com/2021/11/contoh-teks-berita-tentang-sekolah.html
https://www.mautidur.com/
https://www.mautidur.com/
https://www.mautidur.com/2021/11/contoh-teks-berita-tentang-sekolah.html
true
2310118337026904168
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All DIREKOMENDASIKAN UNTUK KAMU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy Table of Content