Ciri-ciri & Struktur Teks Cerita Sejarah Terlengkap

Daftar Isi [Tampil]

Ciri-ciri & Struktur Teks Cerita Sejarah
Teks Cerita Sejarah - Sebelum saya memberikan ciri-ciri dan struktur teks cerita sejarah, akan lebih baik jika kamu mengetahui terlebih dahulu apa sih teks cerita sejarah itu?

Pengertian Teks Cerita Sejarah

Teks cerita sejarah merupakan suatu bacaan yang berisi tentang penjelasan dari suatu fakta-fakta yang telah terjadi di masa lalu.

Teks cerita sejarah menunjukan bahwa cerita tersebut bukanlah cerita biasa, melainkan cerita yang bernilai sejarah. Hal itu menunjukan bahwa cerita tersebut memiliki bukti yang nyata dan pernah terjadi dimasa lalu.

Ciri-ciri Teks Cerita Sejarah

  • Cerita yang disampaikan adalah fakta dan bukan imajinasi dari penulis
  • Cerita yang disampaikan disajikan secara berurut atau sesuai dengan kronologisnya dari awal sampai akhir
  • Konjungsi yang digunakan adalah konjungsi temporal
  • Teks dalam cerita sejarah tersebut berbentuk teks yang diceritakan ulang

Struktur Teks Cerita Sejarah

  • Pengenalan: Bagian ini akan memberikan penjelasan yang singkat mengenai peristiwa sejarah yang akan diceritakan.
  • Urutan Kejadian: Bagian ini akan menceritakan urutan kejadian maupun waktu dari teks cerita sejarah yang dibicarakan. Waktu yang dibicarakan tersebut tentu dari kejadian awal sampai kejadian terakhir. Intinya bagian ini akan menceritakan urutan kejadian secara rinci dan mendetail. Sehingga memudahkan pembaca dalam memahami kejadian yang telah terjadi di masa lalu.
  • Reorientasi: Bagian ini akan berisi mengenai pendapat pribadi yang disampaikan oleh penulis. Pendapat tersebut adalah komentar penulis mengenai peristiwa sejarah yang diceritakan.

Kaidah Kebahasaan Teks Cerita Sejarah

1. Pronomina / kata ganti

Pronomina adalah kata yang dipakai untuk menggantikan benda dan menamai seseorang atau sesuatu secara tidak langsung.

2. Frasa Adverbial

Frasa Adverbial adalah kata yang menunjukan kejadian atau peristiwa, tempat dan waktu.

3. Verba Material

Verba material adalah kata yang berfungsi untuk menunjukan aktivitas yang dilakukan oleh pertisipan.

4. Konjungsi Temporal

Konjungsi temporal berfungsi menata urutan peristiwa yang diceritakan.

Jenis - Jenis Teks cerita Sejarah

1. Sejarah Fiksi

  • Cerpen: Cerpen atau Cerita pendek merupakan bentuk prosa naratif aktif.
  • Romansa: adalah sejenis karya sastra dalam bentuk prosa yang menggambarkan tindakan para pelaku sesuai dengan karakter dan isi jiwa mereka.
  • Novel: adalah karya fiksi prosa yang ditulis secara naratif dalam bentuk cerita.
  • Legenda: adalah cerita prosa rakyat yang dianggap sebagai sesuatu yang benar-benar terjadi.

2. Sejarah Non-Fiksi

  • Autobiografi: adalah cerita atau informasi mengenai kehidupan seseorang yang ditulis oleh orang itu sendiri.
  • Biografi: adalah cerita atau informasi kehidupan seseorang yang ditulis oleh orang lain.
  • Catatan Sejarah: adalah teks yang menjelaskan peristiwa masa lalu yang memiliki nilai historis.
  • Catatan Perjalanan: adalah teks yang menceritakan tentang perjalanan yang telah dilalui oleh seseorang.

Contoh Teks Cerita Sejarah Singkat

Baca Juga: 10 Contoh Teks Cerita Sejarah Singkat & Terbaik

Contoh Teks Cerita Sejarah Suling Bambu

Contoh Teks Cerita Sejarah Suling Bambu

Pengenalan

Banyak dari berbagai negara yang sudah mengetahui suling bambu yang berasal dari Indonesia. Alat musik ini masih sering di gunakan sampai saat ini. Suling ini sering digunakan karena relatif mudah untuk memainkannya. Selain itu  juga suling mudah  dibuat karena bahan baku utamanya yaitu bambu mudah ditemukan di Indonesia.

Urutan Kejadian

Suling di nusantara banyak dibuat dari bambu.Hal ini tidak mengherankan karena bambu banyak dijumpai di negara ini. Suling bambu banyak dimainkan untuk mengiringi musik.

Suling sering digunakan sebagai nada dasar karena jangkauan nada yang jauh. Suling juga bisa mengiringi penyanyi yang bersuara rendah sampai dengan penyanyi yang memiliki melingking dan tinggi. Beberapa orang beranggapan bahwa alat musik seruling ini telah dimainkan oleh manusia purba Neandhertal. Dengan ditemukannya beberapa peninggalan seruling yang telah berumur sekitar 40.000 tahun.

Suling juga dipercaya sudah berkembang dimasa Mesir Kuno. Terdapat peninggalan yang menunjukkan bahwa masyarakat tingkat sosial atas di Mesir pada waktu itu telah menggunakan alat musik tiup semacam suling. China memiliki beberapa jenis penyebutan untuk suling karena perbedaan fungsi dan nadanya. Jenis suling bambu yang sering dipakai di dalam orkestra modern adalah Bangdi, Qudi, Xindi, dan Dadi, Jepang juga tidak ketinggalan dalam mengembangkan alat musik tiup ini.

Suling bambu di negeri ini banyak memiliki nada-nada tinggi. Di wilayah India, Pakistan, dan Bangladesh, suling disebut dengan nama Bansuri. Bansuri memiliki panjang mencapai 14 inchi. Hal ini membuat Bansuri terlihat panjang dibandingkan suling bambu di negara-negara lain.

Reorientasi


Bukan hanya di Indonesia, ternyata banyak negara yang sudah menggunakan suling di masa lalu. Perbedaannya adalah ukuran, jenis lubang, dan nama yang digunakan di tiap negara berbeda.

Baca Juga:

Itulah informasi mengenai Ciri-ciri dan Struktur Teks Cerita Sejarah Terlengkap saat ini. Semoga bermanfaat dan terima kasih telah berkunjung.

COMMENTS

Nama

anbk,6,asuransi,1,Buku Digital,5,buku teks,14,Ciri teks,15,contoh,120,cpns2019,1,cv,5,Download File,1,games,4,juknis,9,jurnal,2,Kalender,153,kosp,4,Kuliah,14,laporan,14,makalah,3,modul,6,modul ajar,5,modul guru,10,osn,4,Pekerjaan,9,Pendidikan,94,pengertian,31,Permenpan RB,26,phbs,2,poster,3,PPT,64,proposal,7,prota,2,pts,16,resume,4,rpp,25,soal am,3,soal cpns,14,soal pas,15,soal pat,15,soal us,12,surat,17,template,3,template ppt,11,tips,6,usaha,3,
ltr
item
Mautidur.com: Ciri-ciri & Struktur Teks Cerita Sejarah Terlengkap
Ciri-ciri & Struktur Teks Cerita Sejarah Terlengkap
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgR7IlnrGMdnqFAHitLYdlyoLGtY1HCrJLTPq-V3XAQmR3PUhDYiE8JDNuoZTiGPCYnj_sx-fD9662WQp8cvPmiqbJhyphenhyphen5IVi2CZbFDQu1FsqUqkrfDbwQWQhvzqCU2IAduaure0aRlxMbU/w640-h390/judul1.jpg
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgR7IlnrGMdnqFAHitLYdlyoLGtY1HCrJLTPq-V3XAQmR3PUhDYiE8JDNuoZTiGPCYnj_sx-fD9662WQp8cvPmiqbJhyphenhyphen5IVi2CZbFDQu1FsqUqkrfDbwQWQhvzqCU2IAduaure0aRlxMbU/s72-w640-c-h390/judul1.jpg
Mautidur.com
https://www.mautidur.com/2020/11/ciri-ciri-struktur-teks-cerita-sejarah.html
https://www.mautidur.com/
https://www.mautidur.com/
https://www.mautidur.com/2020/11/ciri-ciri-struktur-teks-cerita-sejarah.html
true
2310118337026904168
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All DIREKOMENDASIKAN UNTUK KAMU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy Table of Content