Ciri-ciri & Struktur Teks Tanggapan Kritis Terlengkap

Daftar Isi [Tampil]

Ciri-ciri & Struktur Teks Tanggapan Kritis
Teks Tanggapan Kritis - Sebelum saya memberikan ciri-ciri dan struktur teks tanggapan Kritis, akan lebih baik jika kamu mengetahui terlebih dahulu apa sih teks tanggapan kritis itu?

Pengertian Teks Tanggapan

Teks tanggapan merupakan teks berupa tanggapan dalam bentuk dugaan atau pujian, hingga kritikan terhadap sebuah karya atau peristiwa yang diberikan oleh penanggapnya sebagai salah satu bentuk saran atau apresiasi yang dapat membangun.

Teks tanggapan sangat identik dengan kata kritis. Karena pada bagian penilaian, kamu harus mampu berpikir kritis. Berpikir kritis disini maksudnya harus mampu menguraikan dugaan-dugaan mengenai peristiwa atau hal yang ditanggapi dengan hati-hati dan bijaksana.

Struktur Teks Tanggapan Kritis

  • Evaluasi

Bagian ini berisi pernyataan umum mengenai apa yang akan disampaikan penulis dalam teks

  • Deskripsi Teks

Bagian ini akan memuat informasi mengenai data-data dan pendapat-pendapat yang mendukung dan melemahkan pernyataan.

  • Penegasan Ulang

Ini merupakan bagian terakhir teks yang berisi penegasan ulang mengenai apa yang telah disampaikan.

Ciri- Ciri Teks Tanggapan Kritis

Ciri-ciri teks tanggapan kritis ini akan membantu mengidentifikasi apakah teks tersebut adalah jawaban kritis atau tidak.

  • Teks ini berisi jawaban mengenai adanya fenomena yang muncul, disertai sebuah alasan dan fakta.
  • Berisi adanya sebuah aturan dalam bahasa.
  • Memiliki 3 struktur teks, yakni evaluasi, deskripsi teks dan penegasan ulang

Kaidah Kebahasaan Teks Tanggapan Kritis

  1. Pilihan kata juga harus sesuai dalam penggunaan dan pembuatan teks tanggapan kritis
  2. Konjungsi adalah kata penghubung yang menghubungkan setiap kata dan struktur
  3. Menggunakan kata rujukan untuk memperkuat pernyataan dengan tegas
  4. Memiliki kalimat kompleks yang lebih dari 2 struktur atau 2 verba

Contoh Teks Tanggapan Kritis

Contoh Teks Tanggapan Kritis Tentang Internet

Contoh Teks Tanggapan Kritis Tentang Internet

Evaluasi

Internet merupakan salah satu media yang digunakan untuk mencari informasi tentang segala hal. Di kalangan pelajar, internet sering dimanfaatkan sebagai sarana untuk mencari informasi megenai pelajaran, juga memudahkan pelajar untuk mengerjakan tugas.

Deskripsi Teks


Penggunaan internet memiliki dampak positif bagi kalangan pelajar. Pertama, meringankan pelajar untuk mengerjakan tugas. Kedua, mendapatkan informasi dengan mudah. Ketiga, dapat menggali pengetahuan lebih dalam. Keempat, sebagai sarana hiburan agar pelajar tidak mengalami kejenuhan.

Di sisi lain, internet juga mempunyai dampak negatif yang tidak sedikit bagi pelajar. Pertama, internet terkadang membuat pelajar lupa waktu. Kedua, banyak sekali situs dewasa yang mudah diakses. Ketiga, internet dapat membuat ketagihan penggunanya. Keempat, berakibat buruk pada kesehatan, terutama mata.

Penegasan Ulang


Oleh karena itu, penggunaan internet perlu pengawasan orang tua agar pelajar tidak terjerumus ke dalam hal negatif. Serta tidak melupakan internet untuk menunjang pelajar dalam mencari informasi terkait tugas di sekolah.

Contoh Teks Tanggapan Kritis Tentang Budaya

Contoh Teks Tanggapan Kritis Tentang Budaya

Evaluasi

Selfie menjadi hobi yang cukup populer seiring dengan berkembangnya dunia teknologi. Bahkan kini perusahaan-perusahaan yang bekerja di bidang produksi smartphone semakin gencar dalam menunjukkan keunggulannya pada fitur selfie.

Deskripsi Teks

Banyak masyarakat beranggapan selfie dapat membuat seseorang menjadi semangat, misalnya ketika sedang galau selfie menjadi salah satu hal yang membuat kita semangat.

Pendapat tersebut memang ada benarnya, namun banyak juga yang beranggapan bahwa selfie memiliki sisi negatif, terutama untuk ajaran agama islam. Banyak dari remaja yang melakukan selfie tanpa menggunakan hijab dan memperlihatkan auratnya.

Foto selfie tersebut tentu akan menarik perhatian banyak orang untuk mengetahui lebih dalam tentang dirinya. Hal tersebut tentu akan mengundang terjadinya pelecehan seksual dan mencemarkan nama baiknya di media sosial. Selfie juga sangat berbahaya apabila dilakukan ditempat yang kurang aman, seperti selfie di atap gedung, ketika berkendara, ketika berjalan dan lainnya.

Penegasan Ulang

Untuk itu masyarakat seharunya lebih bijak ketika selfie. Jangan berlebihan dan melanggar aturan-aturan yang dapat membahayakan diri sendiri dan orang lain.

Baca Juga:

Itulah informasi mengenai Ciri-ciri dan Struktur Teks Tanggapan Kritis terlengkap saat ini. Semoga bermanfaat dan terima kasih telah berkunjung.

COMMENTS

Nama

anbk,6,asuransi,1,Buku Digital,5,buku teks,14,Ciri teks,15,contoh,120,cpns2019,1,cv,5,Download File,1,games,4,juknis,9,jurnal,2,Kalender,153,kosp,4,Kuliah,14,laporan,14,makalah,3,modul,6,modul ajar,5,modul guru,10,osn,4,Pekerjaan,9,Pendidikan,94,pengertian,31,Permenpan RB,26,phbs,2,poster,3,PPT,64,proposal,7,prota,2,pts,16,resume,4,rpp,25,soal am,3,soal cpns,14,soal pas,15,soal pat,15,soal us,12,surat,17,template,3,template ppt,11,tips,6,usaha,3,
ltr
item
Mautidur.com: Ciri-ciri & Struktur Teks Tanggapan Kritis Terlengkap
Ciri-ciri & Struktur Teks Tanggapan Kritis Terlengkap
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEh_YMJYHKmFhS7Sa266h3dxP5-L-NyB1K-IN0sGT0hkeyRrOfECX-OsfXuQZsgiJVtf9XpB66xbPjEJ4NROHjggrdf_dTtzq9-27JP0P7-qLbGPWlKZw3tNKa9BaRa_kUk5eTrUC_r0ktQ/w640-h358/judul.jpg
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEh_YMJYHKmFhS7Sa266h3dxP5-L-NyB1K-IN0sGT0hkeyRrOfECX-OsfXuQZsgiJVtf9XpB66xbPjEJ4NROHjggrdf_dTtzq9-27JP0P7-qLbGPWlKZw3tNKa9BaRa_kUk5eTrUC_r0ktQ/s72-w640-c-h358/judul.jpg
Mautidur.com
https://www.mautidur.com/2020/11/ciri-ciri-struktur-teks-tanggapan.html
https://www.mautidur.com/
https://www.mautidur.com/
https://www.mautidur.com/2020/11/ciri-ciri-struktur-teks-tanggapan.html
true
2310118337026904168
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All DIREKOMENDASIKAN UNTUK KAMU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy Table of Content