Ciri-ciri & Struktur Teks Anekdot Terlengkap

Daftar Isi [Tampil]

Ciri-ciri & Struktur Teks Anekdot
Teks Anekdot - Sebelum saya memberikan ciri-ciri dan struktur teks anekdot, akan lebih baik jika kamu mengetahui terlebih dahulu apa sih teks anekdot itu?

Pengertian Teks Anekdot

Anekdot adalah cerita singkat yang menarik yang sifatnya lucu dan mengesankan, biasanya mengenai orang terkenal dan berdasarkan kejadian yang sebenarnya.

Sedangkan teks anekdot merupakan cerita rekaan yang tidak harus berdasarkan pada keyataan yang terjadi di masyarakat atau bisa juga terinspirasi dari kejadian nyata yang selanjutnya dijadikan bahan untuk cerita lucu dengan menambahkan unsur rekaan.

Anekdot biasanya digunakan sebagai kritik, namun tidak secara langsung ataupun kasar. Teks anekdot ini berisikan kritik sosial tentang kehidupan sehari-hari.

Saat ini teks anekdot tidak hanya ada di media cetak, melainkan di media sosial juga ada. Pada umumnya di media sosial teks anekdot ini berbentuk meme atau cuplikan dialog lucu.

Struktur Teks Anekdot

Menurut Gerot dan Wignell (2004) struktur anekdot adalah sebagai berikut.

  • Abstraksi: Bagian ini berfungsi memberikan gambaran mengenai isi teks. Biasanya bagian ini akan menunjukan hal unik yang akan terjadi dalam teks.
  • Orientasi: Bagian ini akan menunjukan awal kejadian cerita peristiwa tersebut.
  • Krisis: Bagian ini bisa dimaknai sebagai saat terjadinya ketidakpuasan atau kejanggalan.
  • Reaksi: Cara penulis dalam menyelesaikan masalah yang timbul pada bagian krisis. Reaksi ini berkaitan dengan tanggapan dari kejadian sebelumnya.
  • Koda: Ini merupakan bagian simpulan mengenai kejadian yang diceritakan oleh penulis. Kode juga bisa disebut sebagai penutup.

Ciri-ciri Teks Anekdot

Teks anekdot juga memiliki ciri-ciri yang membedakannya dengan karya sastra lainnya, diantaranya adalah sebagai berikut:

  1. Sebagai media untuk menyampaikan kritik, pandangan, dan aspirasi positif ke masyarakat.
  2. Mengandung pesan moral.
  3. Bersifat menghibur, namun tujuan utamanya untuk mengungkapkan kebenaran yang lebih umumnya.
  4. Menampilkan karakter yang sering dilihat.
  5. Anekdot dekat dengan perumpamaan.

Tujuan Teks Anekdot

  • Sebagai saran penghibur
  • Sebagai saran pengkritik
  • Untuk membangkitkan tawa pembacanya

Kaidah Kebahasaan Teks Anekdot

Kaidah teks anekdot menurut Tim Kemendikbud (2013:111) adalah disajikan dalam Bahasa yang lucu dan berisi peristiwa-peristiwa yang membuat jengkel atau konyol bagi partisipan yang mengalaminya.

Jenis-jenis Teks Anekdot

Menurut Luxemburg dkk. (1984:160), teks anekdot terdiri atas tiga jenis, yaitu dalam bentuk cerpen, artikel dan dialog.

1. Cerpen

Anekdot cerpen menceritakan suatu hal yang tidak berbelit-belit supaya pendengar atau pembaca lebih cepat mengerti isi lelucon dalam cerita tersebut. Cerpen anekdot ini biasanya lebih singkat dari pada cerpen umumnya. 

2. Artikel

Jenis anekdot selanjutnya adalah artikel. Anekdot ini dapat berbentuk format naratif. Teks anekdot yang menceritakan suatu hal, sehingga dalam ceritanya memiliki kejelasan alur, tokoh, latar dan peristiwa.

3. Dialog

Jenis teks anekdot yang terakhir adalah anekdot dialog. Teks anekdot dalam bentuk dialog menggunakan format drama yang mempunyai petunjuk lain. Teks anekdot ini ditampilkan dalam bentuk dialog dominan menggunakan kalimat langsung.

Contoh Teks Anekdot

Baca Juga: 12 Contoh Teks Anekdot Singkat dan Terbaik

Contoh Teks Anekdot Pendidikan

Contoh Teks Anekdot Pendidikan

Judul: Pelajaran yang digemari 

Abstraksi 

Di suati hari, ada seorang guru cantik yang bertanya kepada murid tentang mata pelajaran yang paling disukai.

Orientasi 

Guru: "Anak-anak, ibu ingin bertanya, apa pelajaran yang paling kalian sukai?"

Sifa: "Bahasa Inggris bu!"

Amel: "Kesenian bu!"

Ifan: "Olahraga bu!" 

Krisis 

Guru: "Bagus semuanya, kamu kamu sigit? Apa pelajaran yang kamu sukai?" 

Reaksi 

Sigit: "Pelajaran kosong bu" 

Koda 

Guru: "#!#@!$$$"

Baca Juga:

Itulah informasi mengenai Ciri-ciri dan Struktur Teks Anekdot Terlengkap saat ini. Semoga bermanfaat dan terima kasih telah berkunjung.

COMMENTS

Nama

anbk,6,asuransi,1,Buku Digital,5,buku teks,14,Ciri teks,15,contoh,120,cpns2019,1,cv,5,Download File,1,games,4,juknis,9,jurnal,2,Kalender,153,kosp,4,Kuliah,14,laporan,14,makalah,3,modul,6,modul ajar,5,modul guru,10,osn,4,Pekerjaan,9,Pendidikan,94,pengertian,31,Permenpan RB,26,phbs,2,poster,3,PPT,64,proposal,7,prota,2,pts,16,resume,4,rpp,25,soal am,3,soal cpns,14,soal pas,15,soal pat,15,soal us,12,surat,17,template,3,template ppt,11,tips,6,usaha,3,
ltr
item
Mautidur.com: Ciri-ciri & Struktur Teks Anekdot Terlengkap
Ciri-ciri & Struktur Teks Anekdot Terlengkap
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjIiCXClV8OEOMWtkjVS9mtzWtCvbCdEQ9r8vX1JfKTw-jI5T-_CB5Hx46ruASJhbggpE7ZadBxMZ9jHbuAXhPRsBRaoRkmW9iuOn5FPViYmKQj9gINe6P2qniDGEzRI6trRZkobL6Do8c/w640-h406/judul.jpg
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjIiCXClV8OEOMWtkjVS9mtzWtCvbCdEQ9r8vX1JfKTw-jI5T-_CB5Hx46ruASJhbggpE7ZadBxMZ9jHbuAXhPRsBRaoRkmW9iuOn5FPViYmKQj9gINe6P2qniDGEzRI6trRZkobL6Do8c/s72-w640-c-h406/judul.jpg
Mautidur.com
https://www.mautidur.com/2020/11/ciri-ciri-struktur-teks-anekdot.html
https://www.mautidur.com/
https://www.mautidur.com/
https://www.mautidur.com/2020/11/ciri-ciri-struktur-teks-anekdot.html
true
2310118337026904168
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All DIREKOMENDASIKAN UNTUK KAMU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy Table of Content