5 Contoh Teks Debat Singkat dan Terbaik

Daftar Isi [Tampil]
Contoh Teks DebatPada kesempatan kali ini saya akan memberikan beberapa contoh teks debat singkat. Namun, kamu harus memahami terlebih dahulu apa sih teks debat itu?

Pengertian Teks Debat

Menurut KBBI debat dapat diartikan sebagai pembahasan dan pertukaran pendapat tentang suatu hal dengan saling memberi alasan untuk mempertahankan pendapat masing-masing. Untuk itu, Teks debat bisa juga diartikan sebagai teks yang berisi pernyataan dan argumentasi dari pihak-pihak yang berdebat tentang permasalahan tertentu dengan tujuan mendiskusikan, memutuskan dan mengkaji perbedaan.

Unsur-unsur dalam Debat

1. Tim oposisi
2. tim afirmasi
3. Tim netral
4. Penonton atau juri
5. Moderator
6. Penulis

Baca Juga: 7 Contoh Naskah Drama Singkat dan Terbaik

Ciri-ciri Teks Debat

  • Terdapat dua sudut pandang yakni pihak pro dan kontra
  • Terdapat dua tim yang berdebat yaitu tim afirmasi dan tim oposisi
  • Adanya pihak penengah
  • Adanya saling adu argumentasi untuk memperoleh kemenangan
  • Adanya proses saling mempertahankan pendapat

Struktur Teks Debat

  • Perkenalan: Tahapan ini akan menyampaikan salam pembuka dan perkenalan
  • Penyampaian argumentasi: Tahapan ini setiap tim, seperti oposisi, Afirmasi, dan Netral akan menyampaikan argumentasinya mengenai pernyataan topik.
  • Debat: Tahapan ini, setiap tim, yaitu tim oposisi dan tim afirmasi saling memberikan komentar, sanggahan dan ditengahi dengan tim netral.
  • Kesimpulan: Tahapan ini tim Oposisi, tim afirmasi, dan tim netral akan menyampaikan kesimpulan terkait mosi, sanggahan, pendapat dari tim lain.
  • Penutup: Tahapan ini moderator memberikan kesimpulan secara menyeluruh tanpa berpihak, kemudian menutup kegiatan debat dengan salam.

Kaidah Teks Debat

  • Menggunakan kata-kata denotatif
  • Menggunakan bahasa baku
  • Faktual

Contoh Teks Debat Terbaik

1. Contoh Teks Debat Tentang Internet

Contoh Teks Debat

Narator

Terima kasih atas kehadiran rekan rekan pada siang ini, kita akan membahas terkait plus minus penggunaan internet di lingkungan sekolah. Group A adalah tim yang mendukung penggunaan internet dan tim B yang menolak.

A : Internet adalah jendela dunia, semua ilmu pengetahuan ada di dalamnya, tidak seharusnya internet dibatasi, terutama bila banyak manfaatnya.

B : Internet memang banyak manfaatnya, tapi banyak juga sisi negatifnya, seperti membuang2 waktu untuk hal yang tidak penting seperti browsing di social media.

A : Saya setuju memang ada sisi negatifnya, tapi itu bukan salah internetnya, lebih ke arah pengendalian diri agar tidak browsing ke hal2 yang negatif.

B : Ya tapi hal itu susah dikendalikan karena pada jaman saat ini banyak sosial media yang sangat pandai melakukan promosi sehingga membuat kita lupa akan manfaat sesungguhnya dari internet.

Penutup / kesimpulan.

Internet memang memberikan dampak positif dan negatif, meski demikian apa yang akan kita dapat dari internet tergantung dari kita menggunakannya.

2. Contoh Teks Debat Tentang Kenakalan Remaja

Contoh Teks Debat

Afirmasi

Menurut saya, kenakanan remaja saat ini disebabkan oleh kurangnya perhatian dari orangtua. Sehingga, jika kita ingin serius menanggulangi kenakalan remaja, maka kita harus berfokus pada meningkatkan jumlah waktu interaksi antara orangtua dengan anak, seperti membatasi pergaulan mereka di luar rumah.

oposisi
Saya tidak setuju jika dikatakan penyebab utama kenakalan remaja adalah rendahnya kasih sayang dari orangtua. Hal ini memang merupakan salah satu penyebabnya, tapi kita tidak bisa mengabaikan faktor lain seperti pergaulan yang kurang tepat. Oleh karena itu, pelarangan itneraksi di luar lingkungan rumah tidak akan memberikan hasil yang optimal.

Netral

Menurut saya, kita harus netral dan obyektif dalam melihat masalah. Seluruh faktor penyebab kenakalan remaja harus diperlakukan secara setara, baik yang berasal dari lingkup rumah maupun pergaulan atau masyarakat.

3. Contoh Teks Debat Tentang Kesehatan

Contoh Teks Debat

Afirmasi

Saya sangat setuju bahwa adanya JAMKESMAS dapat merugikan Rumah Sakit karena adanya JAMKESMAS dapat mengakibatkan lonjakan pasien yang disebabkan oleh pengobatan gratis. maka seseorang yang merasa sakit sedikit saja langsung berobat ke Rumah Sakit. Hal itu tidak diantisipasi sehingga akan terjadi lonjakan pasien miskim yang berobat ke Rumah Sakit.

Dengan banyaknya pasien yang berobat,diperlukan peralatan kesehatan yang banyak pula. Hal itu menyebabkan peremajaan alat dan bantuan medis tidak maksimal. Rumah Sakit akan merasa kewalahan untuk mempersiapkan peralatan dan bantuan medis dengan jumlah yang banyak.

Selain itu, adanya JAMKESMAS dapat mengakibatkan terjadinya tunggakan pembayaran dari pemerintah kepada pihak Rumah Sakit. Hal itu disebabkan belum cairnya tunggakan JAMKESMAS dari Kementerian Kesehatan. Biaya yang seharusnya digunakan untuk masalah pembayaran jasa dokter, tenaga kesehatan dan pelayanan pasien di Rumah Sakit menjadi hutang pemerintah kepada pihak Rumah Sakit.

Oposisi

Saya tidak setuju bahwa adanya JAMKESMAS dapat merugikan Rumah Sakit. Namun sebaliknya adanya JAMKESMAS dapat menguntungkan pihak Rumah Sakit. Rumah Sakit akan dibayar secara rutin oleh pemerintah sehingga pihak Rumah Sakit tidak dirugikan.

Surat rujuk JAMKESMAS itu dibuat dan ditandatangani oleh pihak Rumah Sakit. Mereka pun mungkin berpikir lebih menghemat dengan memalsukan surat rujuk. Jadi,dana klaim yang didapat itu semua masuk untuk pendapatan Rumah Sakit.

Banyaknya pasien sangat memguntungkan Rumah Sakit. Jika setiap bulan Rumah Sakit bisa mengklaim JAMKESMAS hingga ratusan juta,maka setiap tahun Rumah Sakit dapat meraup milyaran rupiah lewat program tersebut.

Netral

Menurut saya,ada atau tidaknya JAMKESMAS tidak akan mengurangi jumlah masyarakat yang sakit. Bahkan orang yang hanya sakit sedikit saja dapat berpura-pura sakit parah dan berobat ke Rumah Sakit menggunakan program JAMKESMAS.

Ada atau tidaknyaJAMKESMAS juga tidak akan mengurangi penyakit yang ada dalam masyarakat. Sejumlah penyakit akan tetap berkembang,karena penyakit berasal dari pola hidup mereka sendiri bukan berasal dari ada atau tidaknya JAMKESMAS.

Dengan munculnya banyak penyakit baru,JAMKESMAS yang seharusnya membantu pelayan masyarakat dibidang kesehatan malah menjadi sarana bagi oknum yang tidakbertanggungjawab untuk meraup banyak keuntungan. Maka ada atau tidaknya JAMKESMAS menyebabkan angka kesehatan masyarakat semakin menurun. Sehingga angka kesehatan yang termasuk dalam indeks pembangunam nasional sulit untuk meningkat.

4. Contoh Teks Debat Tentang Full Day School

Contoh Teks Debat

Moderator:

Berita mengenai ketetapan pemerintah untuk menerapkan full day school bagi semua sekolah, telah mengejutkan banyak pihak, terutama bagi orang tua siswa. Komentar-komentar positif yang mendukung dan komentar-komentar negatif yang menolak, membuat kita berpikir, apakah Indonesia sudah tepat menerapkan full day school untuk semua tingkat pendidikan?

Tim afirmasi (tim yang menyetujui mosi)

Kami dari tim afirmasi sangat menyetujui keputusan pemerintah mengenai full day school bagi sekolah. Dengan ada full day school, siswa-siswa dapat belajar secara optimal dan diawasi langsung oleh guru pembimbing mata pelajaran siswa.

Tim oposisi (tim yang menolak mosi)

Kami dari tim oposisi menolak ketetapan tersebut. Karena sebagai anak-anak, kami juga membutuhkan waktu untuk mengembangkan diri sendiri dan bersosialisasi dengan keluarga dan masyarakat.

Tim netral

Sebagai seorang siswa, kami memang butuh bimbingan dari pihak sekolah dan keluarga. Ilmu memang penting, tetapi begitu pula dengan keluarga dan bersosialisasi dengan masyarakat. Memang kami harus pintar-pintar membagi waktu agar masa muda kami tidak berlalu begitu saja tanpa manfaat sama sekali.

5. Contoh Teks Debat Tentang Media Sosial

Contoh Teks Debat

Pro

Dalam hal ini kami, tim pro menyetujui dengan adanya media sosial akan menjadi sebuah  bentuk pembuat penurunan terhadap minat belajar yang dimiliki oleh siswa karena:

1. Media sosial membuat kecanduan dan membuat orang-orang untuk tidak dapat fokus terhadap apa yang akan dikerjakan.
2. Media sosial hanya akan membuang waktu.

Oposisi

Dalam hal ini maaf kami sebagai tim oposisi tidak setuju, karena kami melihat beberapa pendapat lainnya yang ada. Saat ini kami tidak setuju karena:

1. Sejak dari zaman dahulu sudah banyak distraksi yang ada untuk membuat seseorang menjadi tidak fokus.
2. Penggunaan internet pada masa kini menjadikan lebih mudah untuk mendapatkan ilmu. Sebagai contoh pada brainly.co.id yang memberikan berbagai macam manfaat dalam mengerjakan soal.
3. Selain itu kita akan dapat menghemat waktu karena pada media sosial kita akan dapat berdiskusi tentang pekerjaan rumah yang ada.

Netral

Bagi kami tim netral setelah melihat perdebatan yang ada adalah:

1. Sebenarnya baik atau tidaknya penggunaan media sosial adalah haruslah pengawasan yang dimiliki oleh orang tua tidaklah lepas. Orang tua haruslah memahami bahwa apa yang dikerjakan oleh orang tua terhadap anaknya tidaklah sesalu buruk sehingga orang tua haruslah memegang peranan pentingnya dan tidak serta merta menyalahkan anak terhadap turunnya minat belajar.

Baca Juga:

Itulah informasi mengenai Contoh Teks Debat Singkat dan Terbaik saat ini. Semoga contoh tersebut bisa bermanfaat dan sampai jumpa di artikel selanjutnya.

Referensi : brainly.co.id | quora.com

COMMENTS

BLOGGER: 3

Nama

anbk,6,asuransi,1,Buku Digital,5,buku teks,14,Ciri teks,15,contoh,120,cpns2019,1,cv,5,Download File,1,games,4,juknis,9,jurnal,2,Kalender,153,kosp,4,Kuliah,14,laporan,14,makalah,3,modul,6,modul ajar,5,modul guru,10,osn,4,Pekerjaan,9,Pendidikan,94,pengertian,31,Permenpan RB,26,phbs,2,poster,3,PPT,64,proposal,7,prota,2,pts,16,resume,4,rpp,25,soal am,3,soal cpns,14,soal pas,15,soal pat,15,soal us,12,surat,17,template,3,template ppt,11,tips,6,usaha,3,
ltr
item
Mautidur.com: 5 Contoh Teks Debat Singkat dan Terbaik
5 Contoh Teks Debat Singkat dan Terbaik
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhbUYuY2hLG1mT-L-xpUFB8zQgMo75AQud8tdAbEXgOF-PyXtTTdI-HztN2bTGujGLgACBie1Z9hjMy-VsupriYSmfCAeBOm7KkQAHe6zCtS54OCcVm-uQHyeo_UIzgxaVdq4iOpLMjpCw/s640/2.jpg
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhbUYuY2hLG1mT-L-xpUFB8zQgMo75AQud8tdAbEXgOF-PyXtTTdI-HztN2bTGujGLgACBie1Z9hjMy-VsupriYSmfCAeBOm7KkQAHe6zCtS54OCcVm-uQHyeo_UIzgxaVdq4iOpLMjpCw/s72-c/2.jpg
Mautidur.com
https://www.mautidur.com/2020/08/5-contoh-teks-debat-singkat-dan-terbaik.html
https://www.mautidur.com/
https://www.mautidur.com/
https://www.mautidur.com/2020/08/5-contoh-teks-debat-singkat-dan-terbaik.html
true
2310118337026904168
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All DIREKOMENDASIKAN UNTUK KAMU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy Table of Content