9 Contoh Teks Biografi Singkat & Terbaik

Daftar Isi [Tampil]

Contoh Teks Biografi Pada kesempatan kali ini saya akan memberikan beberapa contoh teks biografi singkat. Namun, kamu harus memahami terlebih dahulu apa sih teks biografi itu?

Pengertian Teks Biografi

Teks Biografi adalah sebuah teks yang menceritakan kisah seseorang, biasanya orang yang berpengaruh di masyarakat, pahlawan atau orang terkenal. Teks Biografi ini memiliki tujuan untuk mengedukasi masyarakat terkait berbagai sisi dari tokoh yang diceritakan.

Struktur Teks Biografi

Teks biografi akan lebih baik ditulis dengan baik dan benar, untuk itu penulis harus memahami struktur dalam sebuah teks biografi. Berikut adalah struktur teks biografi yang bisa kamu terapkan untuk membuat teks biografi yang baik dan benar.

1. Orientasi

Tahap orientasi adalah tahap pengenalan suatu tokoh. Pada tahap ini kamu harus memperkenalkan gambaran awal dari seorang tokoh. Tujuan dari orientasi awal ini adalah untuk memperkenalkan pembaca mengenai pentingnya sebuah tokoh yang akan dibahas pada teks biografi tersebut.

2. Bagian Isi

Bagian ini akan menceritakan lebih dalam mengenai kehidupan sebuah tokoh. Biasanya dimulai dari masa kecil hingga dewasa. Selain itu, bagian isi akan menjelaskan tentang perjuangan yang dialami oleh tokoh hingga menjadi seperti sekarang.

3. Reorientasi

Pada bagian ini akan memberikan kesimpulan terkait suatu tokoh.

Baca Juga: 12 Contoh Teks Persuasif Terbaik

Ciri-Ciri Teks Biografi

1. Berisi Fakta

Perlu kamu ketahui bahwa teks biografi ini bukanlah teks fiksi. Ia menggambarkan fakta dari tokoh tersebut. Sehingga teks biografi haruslah sesuai dengan fakta yang ada.

2. Struktur Jelas

Struktur dalam teks biografi haruslah jelas dan jangan membingungkan pembaca. Sebuah teks biografi memiliki kebebasan, ia bisa menggunakan alur campuran, maju dan mundur.

3. Bahasa yang Jelas

Teks biografi harus menggunakan bahasa yang jelas, lugas dan tidak banyak menggunakan majas. Bahasa yang jelas ini akan mempermudah pembaca dalam memahami teks yang disampaikan. Selain itu, bahasa yang jelas tidak akan menimbulkan pemahaman yang berbeda-beda.

Contoh Teks Biografi Terbaik

1. Contoh Teks Biografi Ra Kartini

Contoh Teks Biografi

Raden Adjeng Kartini adalah pahlawan nasional Indonesia yang lahir di Jepara, Hindia Belanda, pada tanggal 21 April 1879 dan meninggal di Rembang, Hindia Belanda, pada tanggal 17 September 1904 pada usia yang masih muda yaitu 25 tahun. Nama lainnya biasa disebut dengan Raden Ayu Kartini. dalah seorang tokoh Jawa dan Pahlawan Nasional Indonesia yang berasal dari tanah Jawa ini dikenal sebagai pelopor kebangkitan wanita pribumi atau disebut dengan feminisme.

Raden Ajeng Kartini merupakan seorang wanita yang berasal dari kelas bangsawan Jawa. Nama aya Kartini adalah Ario Sosroningrat. saat itu, Ario Sosroningrat adalah seorang patih yang diangkat menjadi bupati Jepara segera ketika Kartini lahir. Ibunda dari Kartini adalah putri dari istri pertama sang bangsawan, tetapi bukan istri utama. Ibunya bernama M.A. Ngasirah, anak dari Kyai Haji Madirono dan Nyai Haji Siti Aminah. Keduanya adalah tokoh agama di Telukawur, Jepara. Silsilah Kartini bisa ditelusuri hingga Hamengkubuwono VI. Lebih dari itu, Garis kebangsawanan Bupati Sosroningrat dapat dilacak kembali ke para bangsawan dari istana Kerajaan Majapahit. Sejak Pangeran Dangirin menjabat sebagai bupati di Surabaya pada abad ke-18, leluhur Sosroningrat menjabat banyak posisi berpengaruh di Pangreh Praja.

Ayah Kartini dulunya adalah seorang wedana di Mayong. Peraturan Hindia Belanda waktu itu mewajibkan seorang bupati agar beristerikan seorang bangsawan. Karena M.A. Ngasirah tidak memiliki garis bangsawan tinggi, maka ayah Kartini menikah lagi dengan Raden Adjeng Woerjan yang merupakam keturunan langsung dari Raja Madura. Setelah pernikahan itu, maka ayah Kartini berhasil menjadi bupati di Jepara. Menggantikan kedudukan ayah kandung R.A. Woerjan yang bernama R.A.A. Tjitrowikromo.

Kartini adalah anak kelima dari sebelas bersaudara kandung dan tiri. Dari semua saudara sekandung, Kartini merupakan kakak perempuan tertua. Kakek dari Kartini yang bernama Pangeran Ario Tjondronegoro IV, diangkat menjadi bupati ketika usia 25 tahun dan terkenal pada pertengahan abad ke-19 sebagai salah satu bupati yang memberi pendidikan khas Barat kepada anak-anaknya. Kakak Kartini yang bernama Sosrokartono adalah seorang yang pandai dalam berbahasa. Sampai usia dua belas tahun, Kartini mengenyam pendidikan di ELS (Europese Lagere School). Salah satu pelajaran yang dipelajari oleh Kartini adalah bahasa Belanda. Tetapi setelah usia dua belas tahun, Kartini dilarang meninggalkan rumah karena sudah bisa dipingit.

Karena Kartini fasih dalam Bahasa Belanda, maka di hari-hari pingitnya, ia mulai belajar sendiri dan mengirim surat kepada teman-teman korespondensinya yang berasal dari Belanda. Salah satu sahabatnya adalah Rosa Abendanon yang banyak mendukungnya. Dari koran, buku-buku dan majalah Eropa, Kartini mulai tertarik pada kemajuan berpikir perempuan Eropa atau feminisme modern. Timbul cita-citanya untuk memajukan pemikiran perempuan pribumi, karena menurutnya, perempuan pribumi di era Hindia Belanda berada pada status sosial yang cukup rendah.

Pada tahun 1903 saat Kartini berusia sekitar 24 tahun, impian untuk meneruskan studi menjadi guru di tanah Betawi pun sudah sirna. Dalam sebuah surat kepada Nyonya Abendanon, Kartini berkata bahwa dirinya tidak berniat lagi untuk meneruskan studi karena ia sudah akan menikah. Padahal waktu itu pihak departemen pendidikan di Belanda sudah membuka peluang untuk Kartini dan Rukmini agar bisa belajar di Betawi.

Saat menjelang hari pernikahannya, penilaian Kartini terhadap nilai-nilai di adat Jawa mulai melunak dan menjadi lebih toleran. Ia berpendapat bahwa pernikahan akan memberikan berkah tersendiri agar bisa mewujudkan impian untuk mendirikan sekolah bagi para perempuan pribumi di era Hindia Belanda. Dalam suratnya, Kartini menceritakan bahwa suaminya tidak hanya mendukung keinginannya untuk memajukan ukiran khas Jepara dan sekolah bagi perempuan pribumi saja, tetapi juga menceritakan agar Kartini bisa menulis sebuah buku yang menarik.

2. Contoh Teks Biografi Teman

Contoh Teks Biografi

Dia adalah seorang lelaki gagah dan baik hati, dia adalah temanku sejak kecil. Windi namanya, biasanya orang memanggilnya Dipo, namun sebenarnya ia memiliki nama panjang Windi Setiawan. Banyak guru baru sering salah kira, bahwa pemilik nama tersebut adalah seorang anak perempuan kalau tidak tahu nama panjangnya. Dipo lahir di Tuban pada tanggal 15 November 1998. Dia dibesarkan dari keluarga yang cinta akan pendidikan.

Dimasa kecilnya Dipo sering menghabiskan waktunya untuk bermain sepak bola. Dan saat SMA, dia masih tetap suka bermain bola,  kebetulan satu sekolah denganku, ia sering kali tidak masuk sekolah karena mengikuti kejuaraan internasional. Dipo lulus dari SMA Al Hikmah dengan nilai yang sangat memuaskan meskipun begitu. Peringkat pertama setiap semester dan menang kejuaraan.

Prestasi yang didapatkannyapun tak dapat dihitung hingga membawanya untuk pergi kuliah ke Belanda. Semejak berkuliah di Belanda, Dipo seringkali mengabarkan bahwa ia sedang mengikuti pertukaran pelajar di berbagai negara seperti Jepang dan Amerika.

Cita-cita Dipo adalah menjadi seorang pemain bola terkenal yang dikenal serta digemari banyak orang. Kini Dipo tengah sibuk menyelesaikan tugas akhirnya serta memenuhi undangan sebagai motivator di berbagai seminar.

3. Contoh Teks Biografi Susi Pudjiastuti

Contoh Teks Biografi
source image: harapanrakyat.com

Putus sekolah demi bisa berjualan ikan itulah yang pernah dilakoni Susi Pudjiastuti. Kini ia dikenal sebagai salah satu pengusaha wanita sukses asal Indonesia. Sektor bisnisnya lebih banyak dibidang perikanan dan hasil laut serta transportasi udara.

Bisnis pertamanya menjadi pengepul ikan pada tahun 1983 di Pangandaran, Banten berbekal modal dari hasil menjual perhiasannya.

tahun 1996, Susi Pudjiastuti kemudian mendirikan PT ASI Pudjiastuti Marine Product yang produk andalan Lobster yang diekspor keluar negeri.

Ia menjual produknya dari Asia hingga ke Amerika. Untuk menjaga agar produk hasil lautnya tetap segar hingga ke pelanggan, Susi Pudjiastuti memberanikan diri meminjam uang ke Bank senilai 20 miliar pada tahun 2004 untuk membeli pesawat Cessna Caravan dan mendirikan perusahaan ttransportasi udara bernama PT ASI Pudjiastuti Aviation.

Usaha transportasi udara ini juga berkembang pesat. Dari hanya memiliki 1 pesawat, kini Susi Pudjiastuti memiliki puluhan pesawat terbang untuk disewakan baik mengangkut hasil laut maupun penumpang.

Selain berprofesi sebagai pengusaha hasil laut dan juga transportasi udara, Susi Pudjiastuti juga pernah menjabat sebagai Menteri Perikanan dan Kelautan pada era presiden Joko Widodo.

4. Contoh Teks Biografi Penulis

Contoh Teks Biografi

Tere Liye adalah penulis terkenal di Indonesia. Nama Tere Liye ini adalah nama pena dari seorang penulis yang bernama Darwis. Tere Liye bisa dikatakan sebagai penulis paling produktif saat ini. Pasalnya penulis yang satu ini selalu mengeluarkan karya-karya baru di setiap tahunnya. Tere Liye lahir di pedalaman Sumatera pada tanggal 21 Mei 1979. Saat ini usianya akan menuju ke 40 tahun.

Penulis novel yang satu ini adalah penulis yang sangat tidak biasa ide-ide novelnya. Hampir semua genre novel pernah ditulis oleh Tere Liye. Ia sudah menulis novel dengan berbagai tema mulai dari cinta, politik, ekonomi, agama, pendidikan dan berbagai tema lainnya. Setiap kali Tere Liye merilis novel, novel terbitannya selalu diburu oleh penikmat novel Indonesia.

Padahal jika melihat latar belakang Tere Liye, ia tidak memiliki jejak penulis. Pendidikannya adalah Ekonomi dari kampus Universitas Indonesia. Ayah dan ibu Tere Liye hanya seorang petani biasa. Namun bakat Tere Liye dalam menulis tidak perlu diragukan lagi. Bahkan beberapa novel karyanya sudah di filmkan. Beberapa karya yang di filmkan seperti Hafalan Sholat Delisa dan Bidadari-Bidadari Surga.

Hal yang semakin membuat banyak orang kagum adalah ternyata menulis bukan pekerjaan utama seorang Tere Liye. Tere Liye adalah seorang karyawan di sebuah perusahaan swasta di Indonesia. Menulis hanyalah sebagai hobi dari Tere Liye. Melalui tulisannya, pembaca bisa belajar banyak hal. Di novel Negeri Para Bedebah, pembaca bisa belajar tentang ekonomi dan politik dunia. Di novel Sunset Bersama Rossi, pembaca bisa belajar mengenai ketulusan cinta sejati.

Saat membaca karya-karya Tere Liye, penulis akan disajikan cerita yang tidak bisa. Dari semua cerita ini pembaca akan paham jika penulis novel yang satu ini sangat luas sekali pengetahuannya akan dunia luar. Saat ini, Tere Liye telah menulis lebih dari 30 novel. Tentu saja ini prestasi yang sangat mengagumkan.

5. Contoh Teks Biografi Diri Sendiri

Contoh Teks Biografi

Royandi Abdur Rachman lahir di Surabaya, 11 Juni 2004. Buah dari pasangan Agus Harianto dan Sri Subekti. Sejak kecil dia dan kedua adiknya terbiasa hidup sederhana walaupun Ibunya adalah seorang Pegawai Negeri Sipil dan Ayahnya bekerja sebagai pengusaha di Kota Surabaya. “Hidup sederhana adalah kunci kebahagiaan.” begitulah moto hidupnya.

Pemuda bertubuh tinggi kurus ini menyukai Sepakbola ketika berusia 7 tahun, selepas menonton salah satu pertandingan Piala Dunia di televisi, ketika itu juga Ayahnya membelikannya sepasang sepatu dan perlengkapan bola. Keseharian Royan setelah itu tak lepas dari raket dan badminton selain juga belajar tentunya.

Menginjak kelas 4 sekolah dasar, Royan mewakili sekolahnya dalam sebuah turnamen sepakbola antar sekolah dasar se kota-Surabaya, ketika itu dia dan timnya hanya mampu mencapai babak 8 besar dan tak mampu menembus semifinal, hal ini sempat membuatnya kecewa, Namun tak membuatnya patah semangat untuk menjadi pemain sepakbola terkenal di dunia.

Beberapa minggu setelah itu, Ayahnya mendaftarkan Royan ke sekolah sepakbola “King”. Di tempat inilah karir Royan melesat, beberapa kejuaraan sepakbola tingkat junior berhasil dia menangkan, diantaranya Hardiknas Junior Cup 2011, Walikota Cup 2011, Kejuaraan Jatim 2016 dll.

Saat ini Royan merupakan salah satu siswa di SMP Negeri 1 Surabaya, dia memiliki cita-cita suatu hari nanti dapat masuk program pelatnas sepakbola timnas Indonesia dan dapat mengikuti dan memenangi berbagai kejuaraan sepakbola dunia.

6. Contoh Teks Biografi Guru

Contoh Teks Biografi

Aris Hermawan, Seorang guru Kimia lahir pada tanggal 3 Maret 1972 yang mengajar disebuah sekolah menengah atas Bandung. Beliau merupakan anak tertua dari pasangan Andra dan Anis, dan kakak dari 2 adik perempuan.

Pak Wawan begitlah para murid memanggil, merupakan guru cerdas, ramah, dan mampu membawa suasana kelas menjadi kondusif.

Pak Wawan menyelesaikan kuliahnya selama empat tahun di Universitas Negeri Bandung jurusan pendidikan Kimia. Semasa kuliah beliau aktif dalam berbagai perlombaan karyatulis dan inovasi dibidang kimia. Beberapa prestasipun beliau peroleh hingga menghantarkannya menuju pendidikan S2 di Singapura.

Setelah lulus dari Universitas di Singapura Pak Wawan kemudian mulai mengajar diberbagai bimbingan belajar dan sekolah. Hingga saat ini beliau menjadi pembina olimpiade sains nasional khusus untuk mata pelajaran Kimia.

Beberapa muridnya banyak yang berhasil menorehkan prestasi dalam olimpiade kimia tingkat nasional bahkan tahun lalu, seorang siswa binaan pak sapto Ari berhasil masuk tingkat internasional.

Pak Sapto seringkali mendapatkan tawaran mengajar dikota besar namun beliau menolak lantaran ingin memajukan daerah, terutama daerah yang kurang terjamah oleh teknologi.

Kesadarannya akan pendidikan ini tak jarang menjadi inspirasi bagi orang lain terutama dalam bidang pendidikan. Pak Wawan juga bercita-cita untuk dapat membentuk generasi yang peduli terhadap pendidikan seperti dirinya melalui organisasi.

7. Contoh Teks Biografi Albert Einstein

Contoh Teks Biografi

Seorang anak laki-laki yang lahir pada tahun 1875 tanggal 14 Maret di Jerman dari pasangan Pauline dan Hermann Einstein, ia adalah Albert Einstein. Ia pun seorang fisikawan yang biasa dijuluki sebagai Bapak Fisika Modern, sayangnya Albert Einstein sudah tiada beberapa tahun silam yakni di Amerika Serikat pada tahun 1955 tanggal 18 April.

Masa kecil Albert Einstein sering di anggap anak autisme dan memiliki keterbelakangan, hal ini dikarenakan kemampuan berbicaranya yang amat lamban, ia pun cenderung sangat pendiam terlebih beliau suka sekali menyendiri.

Di usia yang masih belia yakni 5 tahun minat Albert Einstein pada bidang ilmu fisika ini timbul, ketika Hermann Einstein ayahnya memberikan hadiah Einstein sebuah kompas, ia sangat terpesona pada hadiah tersebut, hingga beliau ingin mengetahui apa saja misteri yang ada di alam semesta ini.

Dan dari saat itulah Albert Einstein menjadi sangat gemar untuk mendalami dan mempelajari serta memahami tentang berbagai hal terutama yang berkaitan dengan ilmu fisika seperti halnya kompas dan lainnya.

Dari kehidupan Albert Einstein banyak sekali hal-hal yang bisa diambil sebagai pembelajaran dari kehidupannya, terutama prinsip atau sifat pantang menyerah terhadap kegagalan. Walaupun dahulunya ia sering dibilang sebagai anak autis dan mempunyai keterbelakangan tetapi sekarang Albert Einstein di anggap sebagai manusia paling jenius dan juga diberi julukan Bapak Fisika Modern hingga saat ini.

8. Contoh Teks Biografi Siswa

Contoh Teks Biografi

Silvia Ramadhani Putri, biasa disebut Puput. Ia lahir pada 21 Mei 2000 di Semarang. Puput adalah anak pertama dari tiga bersaudara dari pasangan Zacky Umar dan Windu Sulastri. Ayahnya adalah seorang guru dan mengajar di SMP Negeri 4 semarang . Ibunya adalah seorang pekerja kantoran di PT. Agung Anugerah Semarang.

Pada usia 4 Puput telah menerima pelatihan taman kanak-kanak dari TK Pertiwi II Semarang. Ia kemudian melanjutkan pelatihannya di SDN Negeri 1 semarang. Jika dia di sekolah dasar, dia harus bersepeda sejauh 2 km untuk pergi ke sekolah. Selain itu, Puput adalah anak yang luar biasa, ia selalu berhasil berada di 5 besar saat belajar di sekolah dasar. Orang tuanya bangga dengan pekerjaan mempelajari Puput.

Setelah menyelesaikan sekolah dasar, Puput melanjutkan pelatihannya dengan SMP N 2 Semarang. Namun sayangnya ketika Sekolah Menengah Puput tidak diperingkat karena banyak dimainkan dan jarang dipelajari. Ketika Puput pergi ke sekolah, ia biasanya naik sepeda atau angkot.

Puput melanjutkan pendidikan sekolah menengahnya di salah satu sekolah favorit di Semarang. SMA Negeri 1 Semarang adalah sekolah favorit Puput. Ketika Puput berada di kelas 1, dia menyadari bahwa dia tidak ingin gagal dalam studinya. Puput tidak ingin membuang waktu bermain dan akhirnya menjadi siswa yang pekerja keras.

Ketika SMA adalah masa keemasan bagi Puput karena dia sangat bekerja keras. Selama di SMA Negeri 1 Semarang, ia telah ditunjuk sebagai perwakilan sekolah di Olimpiade beberapa kali. Tidak hanya itu, Puput juga dikatakan sebagai nama baik sekolah menengahnya dalam debat internasional di Tokyo, Jepang.

9. Contoh Teks Biografi Ayah

Contoh Teks Biografi

Ayahku adalah seorang yang pemberani, gagah, dan penyayang. Nama lengkap ayahku adalah Tri Handoyo. Beliau lahir di Jakarta pada tanggal 5 November 1968. Semasa muda ayah adalah seorang yang pemberani dan kuat, beliau pernah merantau ke luar Jawa untuk mencari pekerjaan sebagai pelaut. Ganasnya ombak beliau hadapi dengan semangat yang gigih.

Ayah melakukan perjalanan selama 10 tahun sebagai seorang pelaut. Kemudian ayah memutuskan untuk bekerja di darat sebagai seorang pebisnis di bidang properti. Usaha ayah kini berkembang sangat bagus hingga mampu mengirim barang ke luar negeri. Bisnis ayah ini mampu memperkerjakan 100 karyawan produktif sehingga mampu mengurangi tingkat pengangguran.

Ayah adalah seorang pelaut yang cerdas, jika di kapal terdapat masalah, ayah bisa mengatasi dengan cara yang efektif dan cepat. Sehingga tak heran ayah sering mendapatkan proyek besar. Di rumah, ayah adalah seorang yang penyayang terhadap anak-anaknya. Bahkan ayah sering memberi nasihat-nasihat bijak untuk memotivasi anaknya tentang kehidupan dan sekolah.

Baca Juga:

Itulah informasi mengenai contoh teks biografi terbaik. Semoga contoh tersebut bisa bermanfaat dan sampai jumpa di artikel selanjutnya.

COMMENTS

Nama

anbk,6,asuransi,1,Buku Digital,5,buku teks,14,Ciri teks,15,contoh,120,cpns2019,1,cv,5,Download File,1,games,4,juknis,9,jurnal,2,Kalender,153,kosp,4,Kuliah,14,laporan,14,makalah,3,modul,6,modul ajar,5,modul guru,10,osn,4,Pekerjaan,9,Pendidikan,94,pengertian,31,Permenpan RB,26,phbs,2,poster,3,PPT,64,proposal,7,prota,2,pts,16,resume,4,rpp,25,soal am,3,soal cpns,14,soal pas,15,soal pat,15,soal us,12,surat,17,template,3,template ppt,11,tips,6,usaha,3,
ltr
item
Mautidur.com: 9 Contoh Teks Biografi Singkat & Terbaik
9 Contoh Teks Biografi Singkat & Terbaik
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEh06iGWk-huo73vx4EbDn22cB3u8JjTFCNjcLnRfc2WDIqqz9RMANrZddQdRlES3MOm687EW1IXrD9_unFKHV3aPm07kUCrHpXo_6JN4VY3vpzHULwxz7x0nldBWlKL_tlfREhtCDj_PPc/w640-h348/1.jpg
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEh06iGWk-huo73vx4EbDn22cB3u8JjTFCNjcLnRfc2WDIqqz9RMANrZddQdRlES3MOm687EW1IXrD9_unFKHV3aPm07kUCrHpXo_6JN4VY3vpzHULwxz7x0nldBWlKL_tlfREhtCDj_PPc/s72-w640-c-h348/1.jpg
Mautidur.com
https://www.mautidur.com/2020/06/contoh-teks-biografi.html
https://www.mautidur.com/
https://www.mautidur.com/
https://www.mautidur.com/2020/06/contoh-teks-biografi.html
true
2310118337026904168
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All DIREKOMENDASIKAN UNTUK KAMU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy Table of Content