Penjelasan Teks Ulasan Secara Lengkap - Tujuan, Ciri, Struktur, Contoh

Teks Ulasan
Teks Ulasan - Pada kesempatan kali ini saya akan memberikan penjelasan mengeni Teks Ulasan. Berikut adalah penjelasan Teks Ulasan secara lengkap.

Apa Sih Teks Ulasan?

Teks ulasan adalah teks yang isinya mengenai review atau ulasan terhadap suatu karya orang lain, baik berupa drama atau film. Melihat penjelasan tersebut, biasanya yang dijadikan review adalah sebuah drama atau film.

Tujuan Teks Ulasan

1. Memberikan informasi kepada khalayak ramai terkait standar kelayakan serta kepatutan suatu karya
2. Untuk mengetahui kelebihan serta kekurangan karya yang diresensi
3. Menunjukan sudut pandang/ keberpihakan penulis pada suatu hal ataupun karya sementara
4. Untuk membantu para pembaca mengetahui tentang gambaran serta kritikan sebuah karya
5. Memberi informasi yang komprehensif terkait sebuah karya
6. Untuk mengajak para pembacanya merenungkan, mendiskusikan dan memikirkan masalah yang hadir dalam pada sebuah karya
7. Memberi pertimbangan kepada pembaca masalah nilai kepantasan sebuah karya
8. Untuk memberi pertimbangan pembaca sebelum mereka memilih membeli atau menikmati sebuah karya
9. Memberi kemudahan para pembacanya untuk mengidentifikasi hubungan antara karya satu dengan lainnya yang mirip

Ciri-Ciri Teks Ulasan

1. Didalamnya memuat informasi berdasarkan dengan pandangan atau opini dari penulis tentang sebuah karya atau produk
2. Mempunyai nama lain yakni resensi
3. Struktur teks ulasan terdiri dari orientasi, tafsiran, rangkuman dan evaluasi
4. Opini teks ulasan berdasarkan dengan fakta yang telah di interpretasikan

Struktur Teks Ulasan

Struktur adalah bagian-bagian yang membangun sebuah teks sehingga menjadi suatu teks yang utuh. Struktur teks ini terdiri dari orientasi, tafsiran, evaluasi, dan rangkuman. Berikut adalah penjelasan mengenai bagian-bagian struktur teks.

1. Orientasi berisi pengenalan mengenai gambaran umum mengenai sebuah karya (drama dan film) yang akan diulas. Gambaran umum ini menyiapkan latar belakang bagi pembaca mengenai apa yang akan diulas.

2. Tafsiran berisi gambaran detail mengenai sebuah karya (drama dan film) yang diulas, misalnya bagian-bagian dari hasil karya, keunggulan, keunikan, kualitas dan sebagainya.

3. Evaluasi berisi pandangan dari pengulas mengenai hasil karya yang diulas. Hal ini dilakukan setelah melakukan tafsiran yang cukup terhadap hasil karya tersebut. Pada bagian ini penulis akan menyebutkan bagian yang bernilai (kelebihan) atau bagian yang kurang bernilai (kekurangan) dari suatu karya (drama dan film).

4. Rangkuman berisi kesimpulan dari ulasan terhadap suatu karya (drama dan film). Bagian ini juga membuat komentar penulis apakah hasil karya tersebut bernilai/berkualitas atau tidak untuk ditonton/disaksikan.

Contoh Teks Ulasan Terbaik

1. Contoh Teks Ulasan Tentang Cerpen Singkat

Teks Ulasan
Source: dream.co.id

Cerpen dengan judul “Aku, Ibu, dan Takdir” ditulis oleh Bahtari Anugerah.

Cerpen dengan tema kekeluargaan dan sosial ini dipublikasikan sejak tahun 2015.

Cerpen ini mengisahkan tentang kerasnya kehidupan yang harus dilalui seorang gadis belia. Ia bernama Bella. Di dalam cerpen, dikisahkan seorang gadis yang terpisah dengan Ibu kandungnya. Diceritakan pula penderitaan yang ia alami.

Bella adalah gadis belia yang kini duduk di bangku SMA. Parasnya cantik, senyumnya menawan, anaknya pun pandai. Ia hidup bersama seorang nenek. Diceritakan, sejak bayi Bella dititipkan kepada nenek tua ini. Ibunya bekerja dan ayahnya entah kemana. Dua tahun berjalan, entah apa yang terjadi Bella tak kunjung dijemput ibunya hingga malam tiba.

Sang nenek pun merawat Bella sebatang kara. Saat ditinggalkan sang Ibu, usia Bella menginjak empat tahun. Dan kini usia Bella tepat lima belas tahun. Disayangkan, saat Bella mulai mengerti kehidupan, sang nenek telah menua. Sehingga nenek lupa siapa sosok Ibu Bella. Hingga akhirnya Bella berniat mencaritahu keberadaan sang Ibu. Pencarian dimulai melalui tetangga sekitar rumah Nenek.

Hingga akhirnya, Bella menemui titik terang keberadaan ibunya. Namun, alangkah perihnya, yang Bella temui bukanlah sosok sang Ibu. Namun, yang ia temui jasad sang Ibu yang terbaring lemah. Bella menangis. Ia tak menyangka takdirnya seburuk ini. Kebahagiaan yang ia dapat hanyalah satu. Kebahagiaan itu ialah setidaknya ia tahu bagaimana wajah sang Ibu.

Cerpen ini memiliki akhir yang menyedihkan. Alurnya jelas dan ceritanya ringkas. Bahasa yang digunakan juga tidak rumit. Namun, hal yang kurang dalam cerpen ini ialah kisah masa lalu sang Ibu. Kejadian mengapa sang Ibu meninggalkan Bella. Kisah itu tak diceritakan di dalam cerpen. Sehingga, pembaca akan kesulitan memahami apa yang sebenarnya terjadi.

Dengan kekurangan yang ada, kelebihan yang dimiliki cerpen telah cukup untuk menutupi kekurangan itu. Cerpen ini layak dibaca agar pembaca selalu bersyukur dengan apa yang dipunya. Terutama bila pembaca masih dapat melihat sosok ibunya masing-masing. Selain itu, cerpen karangan Bahtari memberi pelajaran agar kita tak marah kepada takdir yang telah digariskan Tuhan.


2. Contoh Teks Ulasan Tentang Album Lagu


Teks Ulasan
Source: jawapost.com

Kotak merupakan salah satu band di Indonesia dengan tiga personil. Tantri sebagai vokalis, Chua sebagai bassist dan Cello sebagai gitaris. Album lagu kotak yang kedua bernama Kotak Kedua. Album ini dirilis pada tahun 2008. Album lagu Kotak Kedua merupakan album kedua yang diluncurkan Band Kotak. Album ini dirilis melalui Warner Music Group.

Di dalam album Kotak Kedua terdapat dua belas lagu. Lagu-lagunya yaitu Beraksi, Kosong Toejoeh, Tinggalkan Saja, Berbeda, Lagi-Lagi, Tetap Ada, Masih Cinta, Terluka, Mencintai Ku dan Dia, Bayang Abadi, dan Rock Never Dies, serta Kembali Untukmu. Album lagu yang dirilis Juni 2008 ini pernah mendapat penghargaan AMI Award untuk Album Rock Terbaik.

Secara keseluruhan, album ini menarik banyak perhatian masyarakat. Dengan hal itu dapat dikatakan album Kotak Kedua ini sukses. Hal itu dilihat dari penghargaan yang diraih. Selain itu, lagu-lagu di dalamnya juga tetap eksis dan diminati pecinta musik hingga kini. Padahal, jika dihitung usia album lagu Kotak Kedua sudah sepuluh tahun lamanya.

Dengan keunikan dan keunggulan yang dimiliki, album lagu Kotak Kedua layak untuk dibeli. Bagi pecinta musik rock, melewatkan album ini dapat menjadi suatu kesalahan. Lagu-lagu di dalamnya sangat ekspresif. Selain itu, lagu-lagunya juga memberikan semangat tersendiri. Sehingga, bagi pecinta musik khususnya pecinta musik rock sangat dianjurkan membelinya.

3. Contoh Teks Ulasan Tentang Persahabatan


Teks Ulasan
Source: insertive.com

Cerpen ini bercerita tentang kisah cinta remaja kebanyakan. Namun pada akhirnya, setelah melalui beberapa tahap hubungan, mereka menjadi teman. Ada banyak sekali kesalahan penulisan dalam cerpen ini. Pertama, pada paragraf awal cerpen terdapat kata “acuh”. Namun setelah diperhatikan kembali makna kalimat utuhnya, kita pun tahu bahwa ada kesalahan penggunaan kata “acuh”—yang dalam kata lain sama dengan “peduli”. Jadi, kata “acuh” yang benar diganti menjadi “tak acuh” atau “tidak acuh”.

Kedua, soal EYD, di antaranya kata-kata berikut ini: “didepanku”, “dimasa”, “dikelas”, “dihidupku”, “dihatiku”, “dikotaku”, “dikampus”, “di elu-elukan”, “akupun”, dan “sekedar”, yang semestinya ditulis demikian: “di depanku”, “di masa”, “di kelas”, “di hidupku”, “di hatiku”, “di kotaku”, “di kampus”, “dielu-elukan”, “aku pun”, dan “sekadar”. Perhatikan perbedaan antara kata keterangan tempat/waktu dan kata kerja pasif. “Di-” dalam kata keterangan tempat/waktu–seperti “di kelas”, “di rumah”, “di pagi hari”, dan lain sebagainya–wajib dipisah dari kata sesudahnya, alias berfungsi sebagai kata depan. Sementara, untuk kata kerja pasif–seperti “dipukul”, “dielu-elukan”, dan lain sebagainya—penulisan “di-” wajib digabung dengan kata sesudahnya.

Ketiga, penulisan kalimat dialog. Saran Tim FAM pada penulis, lebih banyaklah membaca novel-novel berkualitas, yang tentunya melalui proses editing yang ketat sebelum diterbitkan. Pelajari pola dan aturan (termasuk tanda baca dan lain sebagainya) yang bersangkutan dengan kalimat dialog dalam sebuah prosa. Dalam suatu cerpen, sebaiknya dialog tidak dibuat seperti dialog dalam sebuah naskah drama. Tetapi di sini penulis justu melakukannya, hingga cerpen ini tampak kurang rapi. Ke depan diharapkan agar penulis memelajari penulisan kalimat dialog dalam prosa (cerpen/novel) yang baik dan benar.

Kemudian, untuk kata-kata yang tidak baku seperti “gak”, “palak”, “ngasih”, “udah”, “kebayang”, dan lain sebagainya–terutama yang sering ditemukan dalam dialog—sebaiknya ditulis dengan huruf miring. Sebenarnya tidak ada aturan wajib untuk itu. Ada dua pendapat yang beda, yang mana salah satunya memperbolehkan diketik dengan huruf biasa. Namun, FAM Indonesia menggunakan aturan pertama, yakni kata-kata yang tidak baku dan kata-kata dari bahasa asing diketik dengan huruf miring.

Penggunaan tanda baca tidak perlu kita tulis secara berlebihan seperti rangkap dua, tiga, atau empat. Memasukkan emoticon pada tulisan, termasuk cerpen, juga tidak disarankan (sebaiknya kebiasaan ini dihilangkan). Terakhir, untuk penulisan judul, sebaiknya tidak menggunakan huruf kapital seluruhnya.

Saran dari Tim FAM kepada penulis, teruslah berlatih dan berlatih. Menulis setiap hari akan membuat jemari kita lebih terbiasa. Akan tetapi, jangan lupa imbangi aktivitas menulismu dengan banyak membaca. Menulis dan membaca tidak dapat dipisahkan. Keduanya seperti dua sisi mata uang, saling melengkapi. Tanpa membaca, tulisan kita akan sulit berkembang. Dengan banyak membaca karya berbagai penulis, kelak akan kita temukan gaya/ciri khas kita sendiri.

Sebelum mempublikasikan tulisan, jangan malas melakukan editing atau koreksi ulang atas tulisanmu. Ingat, pembaca bukan orang yang mesti mengoreksi tulisan kita terlebih dulu sebelum menyerap isi tulisan itu. Pembaca hanya ingin membaca dan menikmati, jadi buatlah mereka menikmati tulisan yang kita sajikan dengan rapi. Bukankah jika tulisan diketik dan disusun dengan rapi, pembaca akan lebih nyaman dan ketagihan membaca tulisan kita? Bukankah itu menyenangkan?

Baca Juga:

Itulah penjelasan, ciri, struktur, dan contoh mengenai teks ulasan. Semoga informasi ini bisa bermanfaat dan sampai jumpa di artikel selanjutnya.

COMMENTS

Nama

Buku Digital,5,CPNS,52,cpns2019,93,Download File,1,Formasi CPNS,2,honorer,1,Kalender,20,Karangan,31,Kendala CPNS 2018,2,kesehatan,1,Kuliah,7,modul,5,Pekerjaan,11,Pendaftaran CPNS,12,Pendidikan,89,Permenpan RB,26,Persyaratan CPNS,5,phbs,2,PPT,22,rpp,18,SBMPTN,1,Simulasi Cat CPNS,4,soal cpns,13,template ppt,5,Terbaru,1,
ltr
item
Informasi Pendidikan: Penjelasan Teks Ulasan Secara Lengkap - Tujuan, Ciri, Struktur, Contoh
Penjelasan Teks Ulasan Secara Lengkap - Tujuan, Ciri, Struktur, Contoh
https://1.bp.blogspot.com/-H1veYYrZUCg/XUKqI-xhpQI/AAAAAAAABC4/phIB_8nwCQ8MH-1yIRrB0ois_ygk59NdwCLcBGAs/s400/5.jpg
https://1.bp.blogspot.com/-H1veYYrZUCg/XUKqI-xhpQI/AAAAAAAABC4/phIB_8nwCQ8MH-1yIRrB0ois_ygk59NdwCLcBGAs/s72-c/5.jpg
Informasi Pendidikan
https://www.mautidur.com/2019/08/penjelasan-teks-ulasan-secara-lengkap.html
https://www.mautidur.com/
https://www.mautidur.com/
https://www.mautidur.com/2019/08/penjelasan-teks-ulasan-secara-lengkap.html
true
2310118337026904168
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All Artikel Terkait LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy Table of Content