17 Contoh Karangan Deskripsi Singkat & Terbaik

Daftar Isi [Tampil]

Contoh Karangan Deskripsi - Pada kesempatan kali ini saya akan memberikan beberapa contoh karangan deskripsi singkat dan terbaik. Sebelum menuju contoh karangan deskripsi yang dimaksud. Akan lebih baik jika Anda mengetahui penjelasan mengenai karangan deskripsi.

Karangan deskripsi merupakan tulisan yang berisi tentang gambaran-gambaran atau pemaparan suatu objek, keadaan, lokasi atau benda menggunakan kata-kata.

Tulisan tersebut bertujuan untuk memberikan kesan yang jelas kepada pembaca seolah-olah melihat, mengetahui, dan merasakan objek yang dibahas. Biasanya apa yang digambarkan di dalam karangan deskripsi adalah hasil pengamatan panca indra.

Baca Juga: 12 Contoh Karangan Narasi Terbaik

Ciri-Ciri Karangan Deskripsi

  1. Penggambaran objek tersebut dilakukan sejelas-jelasnya dengan melibatkan kesan panca indra
  2. Karangan deskripsi disampaikan dengan gaya bahasa yang menarik dengan pilihan kata yang komunikatif
  3. Menggambarkan atau melukiskan suatu objek yang bisa dilihat, didengar, atau dirasakan oleh pembaca.
  4. Membuat pembaca atau pendengar seolah-oleh melihat, merasakan, atau mengalami sendiri apa yang sedang dibahas di dalam tulisan

Cara Membuat Karangan Deskripsi

Berikut adalah beberapa cara yang dapat dilakukan untuk membuat karangan deskripsi dengan baik dan benar.
  1. Menentukan topik atau tema yang akan dibahas.
  2. Menentukan tujuan mendeskripsikan objek tersebut.
  3. Mengamati secara langsung.
  4. Kumpulkan data dan informasi.
  5. Buat kerangka karangan dari data-data yang telah terkumpul.
  6. Kembangkan kerangka menjadi sebuah teks deskripsi

Jenis-Jenis Karangan Deskripsi

1. Karangan Deskripsi Impresionatis

Karangan deskripsi ini menggambarkan suatu objek dengan metode subjektif. Artinya, benda atau hal yang dideskripsikan berdasarkan pada impresi, kesan atau pendangan pribadi penulisnya.

2. Karangan Deskripsi Spatial

Jenis karangan deskripsi ini menggambarkan suatu hal atau benda yang berupa ruang atau waktu. Penulis juga menceritakan atau menggambarkan suatu tempat atau ruang berdasarkan kondisi nyata, sehingga pembaca dapat membayangkan dengan jelas tempat yang dimaksud.

3. Karangan Deskripsi Realistis

Untuk jenis karangan deskripsi yang terakhir, Deskripsi Realistis merupakan karangan yang objeknya digambarkan dengan cara objektif. Artinya objeknya digambarkan secara apa adanya tanpa adanya kesan maupun pendapat pribadi penulisnya.

4. Karangan Deskripsi Impresionitik

Karangan deskripsi impresionitik menekankan pada tanggapan emosional yang dirasakan oleh pembaca atau pendengar. Saat menulis karangan ini, penulis berusaha untuk memberikan kesan kepada para pembacanya.

5. Karangan Deskripsi Ekspositori

Karangan jenis ini merupakan karangan yang logis, biasanya penulis hanya mendeskripsikan suatu objek sesuai dengan apa yang dilihat dan dirasakan olehhnya, tanpa mementingkan tanggapan emosi atau kesan pembaca.

Tujuan Karangan Deskripsi

Tujuan umum dari karangan deskripsi, yakni agar pembaca dapat membayangkan atau seolah-olah merasakan atau melihat ke dalam tulisan yang diberikan.

Berikut adalah tujuan karangan deskripsi menurut Marahimin (1994).

  • Pemberian Arahan
  • Penjelasan akan suatu hal
  • Penceritaan Peristiwa
  • Rangkuman

Contoh Karangan Deskripsi Terlengkap dan Terbaik

1. Contoh Karangan Deskripsi Tentang Taman Mini Indonesia Indah

Contoh Karangan Deskripsi
source image: pesonatravel.com

Taman Mini Indonesia Indah (TMII) adalah objek wisata yang tepat bagi para keluarga. Di sana kita bisa melihat miniature Indonesia secara lengkap. Banyak sekali kebudayaan-kebudayaan menarik yang bisa kita jumpai seperti budaya irian jaya, batak, dayak dan masih banyak lagi. Kita bisa berkeliling menikmati pemandangan di sekitar taman sekaligus belajar tentang Indonesia.

Selain memiliki kebudayaan yang lengkap, Taman Mini Indonesia Indah (TMII) juga dilengkapi dengan beberapa fasilitas yang cukup memadai, seperti WC umum, tempat makan, tempat berkumpul dan lain-lain.

Waktu yang paling tepat untuk mengunjungi tempat ini adalah ketika akhir pekan karena saat itulah banyak pengunjung yang datang. Selain itu, setiap akhir pekan juga biasanya diadakan sebuah pawai yang sangat meriah untuk menghibur para pengunjung.

Oleh karena itu, Taman Mini Indonesia Indah (TMII) adalah tempat berlibur yang paling menyenangkan bersama keluarga karena selain berlibur kita juga bisa belajar di sana.

2. Contoh Karangan Deskripsi Tentang Rumah

Contoh Karangan Deskripsi
source image: 99.co

Aku memiliki rumah yang terletak di lereng gunung dan dekat dengan sawah. Rumahku tepat berada di depan jalan untuk menuju gunung.

Di sebelah kiri rumahku terdapat masjid yang cukup besar yang biasanya digunakan untuk shalat Idul Adha. Di depan rumahku terdapat halaman yang cukup luas dan biasanya digunakan untuk bermain anak-anak kecil di sekitar rumah.

Cat rumahku berwarna hijau muda dan kusennya berwarna hijau tua. Pintu rumahku juga berwarna hijau tua. Rumahku tidak terlalu besar namun cukup untuk menampung 10 orang, karena terdapat lantai 2 yang dapat dihuni.

Di lantai 2 cat dinding bagian depan berwarna orange. Sementara pada jendela, kusen dan pintunya berwarna merah. Dari jauh rumahku sangat mencolok karena perpaduan dua warna tersebut.

Di bagian depan terdapat teras yang biasa untuk duduk santai dengan keluarga. Jika masuk pintu depan akan langsung menuju ruang tamu, dan di sebelah kiri tersedia ruang lesehan dan disediakan televisi. Biasanya di sini pusat keluarga kami berkumpul.

Di ruang lesehan itu terdapat pintu untuk masuk ke ruang tengah. Di ruang tengah ini cukup luas dan terdapat satu set meja dan kursi makan yang biasanya kami gunakan untuk makan bersama, di ruangan ini juga ada akuarium ikan.

3. Contoh Karangan Deskripsi Tentang Sekolahku (1)

Contoh Karangan Deskripsi
source image: republika.co.id

Sekolahku, SMAN 2, sangat luas dan hijau. Sekolah tersebut berdiri di sebuah lahan seluas 3 hektar dan dikelilingi oleh pohon-pohon yang rindang. Sekolah ini terbagi menjadi tiga lokal, yaitu lokal pertama, kedua dan ketiga.

Lokal pertama berdiri gedung yang cukup besar untuk ruang guru dan kepala sekolah. Tepat di sebelah ruang guru ada laboratorium dan perpustakaan. Selain itu, jika kita melewati lorong antara laboratorium dan perpustakaan kita akan menemukan sebuah masjid.

Lokal kedua yang terletak di tengah-tengah merupakan ruangan kelas. Ada sekitar 21 kelas yang tersusun mengelilingi lapangan basket dan lapangan upacara di tengah-tengahnya. Selain ruang kelas, di lokal kedua ini juga terdapat ruangan-ruangan kecil yang diperuntukan untuk kegiatan ekstrakulikuler.

Sedangkan lokal ketiga yang terletak paling belakang terdapat sebuah aula yang sangat besar. Selain itu, di lokal ini juga ada beberapa tempat berolahraga seperti badminton, lompat jauh, tolak peluru, dan lain-lain. Lokal ini juga terapat kantin-kantin yang menjual beberapa makanan seperti soto, nasi uduk, bakso, mie ayam dan lain-lain.

4. Contoh Karangan Deskripsi Tentang Naik Kereta

Contoh Karangan Deskripsi
source image: Tribunnews.com

Saat itu dipertengahan bulan oktober. Aku melakukan perjalanan yang cukup panjang dari Jakarta ke Malang. Aku pergi bersama dengan seorang teman. Kami memulai perjalanan menggunakan kereta dari Jakarta. Perjalanan yang kami tempuh memakan waktu sekitar 17 jam.

Di dalam kereta suasana sangat ramai namun tetap tertib. Bangku yang kami pilih dapat memuat 6 orang yang saling berhadapan. Bangku ini terbuat dari besi yang dilapisi sedikit busa. Kami duduk saling berhadapan dengan penumpang lain. Meskipun tidak saling mengenal namun seiring berjalannya waktu kami saling sapa dan mengobrol selama perjalanan.

Suasana di kereta sangat tenang. Apalagi saat hujan di luar turun dan membekaskan embun pada kaca, ditambah lantunan lagu Jawa yang sendu dan merayu mata seakan memanjakan untuk tidur. Ketika waktu beranjak gelap, suasana kereta tampak hening karena penumpang mulai terlelap. Pengalaman dalam perjalanan di kereta sangat menyenangkan dan ingin mengulanginya kembali.

5. Contoh Karangan Deskripsi Tentang Ruang Kelasku

Contoh Karangan Deskripsi
source image: wikipedia.org

Ruang kelas kami, kelas VII B sangatlah luas dan nyaman. Ruangan itu cukup luas untuk menampung 30 siswa-siswinya dengan panjang yang mencapai 7 meter dan lebar hingga 6 meter. Karena luasnya kelas kami, tidak jarang ruangan ini sering dipakai untuk ruangan rapat oleh guru-guru.

Kelas kami dilengkapi oleh 31 pasang meja dan kursi yang menghadap langsung ke dua buah papan tulis yang cukup besar. Selain itu, kami juga memiliki dua buah lemari yang besar dan diletakkan di samping meja guru dan di belakang tempat duduk siswa yang paling belakang.

Lemari yang berada di depan digunakan untuk meletakkan perlengkapan kelas seperti buku absen, buku cetak dan peralatan menulis seperi spidol, dan penghapus. Sedangkan, lemari yang berada di belakang digunakan untuk menyimpan alat-alat kebersihan seperti sapu, alat pel, ember, dan lain-lain.

Selain luas, kelas kami juga sangat cantik. Kami menghisasi tembok yang berwarna putih itu dengan poster-poster motivasi dan gambar-gambar para pahlwan. Tidak hanya itu, kelas kami pula memiliki beberapa bunga yang diletakkan di meja guru dan di pinggir jendela sehingga kelas kami terlihat sangat indah menawan.

Oleh karena itu, kelas kami sangatlah nyaman sehingga kami dan guru-guru pun betah untuk berlama-lama berada di kelas.

6. Contoh Karangan Deskripsi Tentang Kucing (Blacky)

Contoh Karangan Deskripsi

Aku memiliki kucing bernama Blacky, dia berwarna hitam pekat dengan mata yang sangat putih. Mempunyai ekor panjang dan bulu yang halus.

Blacky sangat suka bermain bola dan gemar memakan ikan dan nasi. Blacky selalu menjaga kebersihan dengan pipis di tempat yang sudah disediakan. Itulah Blacky kucing kesayanganku.

7. Contoh Karangan Deskripsi Tentang Sekolah (2)

Contoh Karangan Deskripsi Tentang Sekolah
source image: medcom.id

Kelas XII IPS 1 sudah menjadi seperti rumah bagi kami di sekolah. Di sanalah kami bertemu dengan teman-teman yang sangat baik, ramah dan hangat. Di sana juga kami menuntut ilmu demi meraih masa depan.

Walaupun kelas kami tidak begitu luas, hanya sekitar 7 X 6 m2 namun kelas ini sangatlah bersih dan nyaman.

Lantai kelas dilapisi oleh keramik putih yang sangat bersih dan mengkilap. Tidak hanya bersih, kelas kami juga sangat lengkap. Kami mempunyai 31 buah kursi dan meja, di depannya terdapat 2 buah papan tulis putih yang besar. Di samping kiri papan tulis terdapat meja guru dan lemari besar.

Di dinding kelas yang berwarna putih dan bersih juga dihiasi oleh gambar para pahlawan, foto presiden, pancasila dan kata-kata mutiara. Di dinding belakang kelas juga terdapat sebuah mading yang dihiasi dengan pantun, puisi, dan kata-kata mutiara karya kami semua.

Itulah gambaran tentang kelasku, kelas yang sangat bersih dan lengkap sehingga kami semua semangat dalam belajar demi menyongsong masa depan kami.

8. Contoh Karangan Deskripsi Tentang Pantai

Contoh Karangan Deskripsi
source image: lomboktourplus.com

Salah satu tempat yang sangat saya sukai ketika berlibur adalah pantai. Hal yang membuat saya menyukai pantai karena suasana di sana, apalagi ketika sore hari. Pemandangan sore di pantai sangat indah.

Ombaknya yang menabrak dipadukan dengan matahari yang sedang terbenam. Orang-orang tertawa dan bermain di bawah matahari terbenam. Butiran pasir menyentuh kaki perlahan melalui jari-jari ketika berjalan di sepanjang garis pantai.

Tak hanya itu, awan putih di langit juga turut menambah suasana di pantai semakin menentramkan. Kicauan burung seperti sedang mendendangkan lagu. Semilir anginnya yang berhembus membelai rambut menambah kesejukan di pantai.

Belum lagi air laut yang biru jernih terombang ambing dibawa ombak. Sesekali ikan-ikan tampak berenang ketika dilihat dari atas tebing di pinggir pantai. Suasana ini menjadi moment terindah bagi semua orang karena hamparan pasir, gemercik air, kicauan burung, serta terjangan ombak yang kian waktu kian mengagumkan.

9. Contoh Karangan Deskripsi Tentang Alam Indonesia

Contoh Karangan Deskripsi
source image: cerpin.com

Indonesia adalah Negara dengan kekayaan alam yang melimpah ruah dari Sabang hingga Merauke. Keindahan alam Indonesia memang dinilai tak ada yang mampu menandingi di negara manapun di dunia.

Hampir semua pesona alam terdapat di Indonesia mulai dari daratan hingga laut. Oleh sebab itu, tidak heran apabila banyak wisatawan asing yang rela datang jauh-jauh ke Indonesia untuk menikmati keindahan alam bumi pertiwi.

Selain keindahan alam yang disajikan ternyata di dalam keindahan tersebut terdapat banyak hal tersembunyi yang jarang diketahui seperti flora dan fauna yang sangat langka dan eksotis.

Alam Indonesia yang paling tersohor di mata dunia adalah keindahan pantainya yang terbentang dari barat hingga ke timur. Banyaknya pulau yang ada di Indonesia membuat kekayaan laut dan pantai semakin berwarna.

Selain pantai, keindahan dunia bawah laut juga menjadi incaran para wisatawan untuk masuk ke dalamnya dan ikut menikmati kehidupan bawah laut di Indonesia. Daerah yang memiliki keindahan pantai yang menakjubkan di Indonesia yang paling tersohor adalah Manado, Bali dan Raja Ampat.

Tidak hanya keindahan pantai, Indonesia juga merupakan negara dengan cangkupan hutan terbesar di Dunia. Oleh karena itu Indonesia disebut sebagai paru-paru dunia sebab ⅓ hutan di Dunia terdapat di Indonesia.

Keindahan hutan di Indonesia memang tak perlu diragukan lagi, sebab memang hijau hamparan pohon membuat mata seakan terhipnotis. Selain itu hewan dan tumbuhan endemik juga banyak yang menjadi buruan wisatawan yang hanya untuk berfoto untuk mengabadikan momen tersebut.

10. Contoh Karangan Deskripsi Tentang Ruang Angkasa

Contoh Karangan Deskripsi
source image: grid.id

Ruang angkasa adalah suatu ruang yang ditempati oleh planet-planet, bintang, tata surya, meteor, debu angkasa, radiasi benda-benda langit, lubang hitam dan berbagai bentuk galaksi.

Menurut para ilmuwan, ruang angkasa sebenarnya tidaklah kosong atau tidak ada apa-apa selain benda-benda langit. Ruang angkasa sebenarnya adalah energi yang belum mewujud atau disebut sebagai serat angkasa.

Berbagai perwujudan benda-benda langit yang kita lihat berasal dari serat angkasa ini. Suatu saat semua benda langit akan kembali menjadi serat tersebut. Getaran energi murni yang belum menjadi materi atau kita ketahui sebagai benda-benda langit sebenarnya adalah ruang angkasa itu sendiri.

Suatu saat nanti akan ada masa di mana benda-benda langit akan lebur dan lenyap atau sebenarnya kembali lagi menjadi ruang angkasa yang penuh dengan energi murni yang tidak terlihat oleh mata.

11. Contoh Karangan Deskripsi Tentang Makanan

Gado-gado merupakan masakan khas Indonesia. Makanan yang memiliki banyak penggemar ini berbahan sayuran dan sambal kacang yang nikmat.

Dengan irisan buncis, kacang panjang, tempe, tahu, mentimun, kentang, telur rebus, taburan kerupuk merah dan siraman sambal kacang yang manis dan gurih membuat gado-gado menjadi makanan favorit bagi banyak orang di Indonesia.

Berbagai variasi gado-gado bisa ditemukan di berbagai daerah di Indonesia. Terkadang, ada sebagian orang yang menambahkan nasi sebelum menyantap makanan yang juga digemari oleh orang mancanegara ini.

Harga seporsi gado-gado sangat murah dan terjangkau bagi semua kalangan. Makanan rakyat yang bergizi ini sudah ada sejak ratusan tahun yang lalu.

12. Contoh Karangan Deskripsi Tentang Festival

Contoh Karangan Deskripsi
source image: asikandroid.com

Di kota Solo terdapat suatu festival tahunan yang disebut Sekaten. Festival ini terjadi di bulan di mana nabi Muhamad (nabi bagi umat Islam) dilahirkan. Sekaten digelar di alun-alun keraton Solo. Banyak pedagang beramai-ramai memeriahkan festival ini.

Makanan khas Solo, minuman, warung makan, arena bermain, rumah hantu, pedagang pernak-pernik, pedagang tembikar, senjata tajam, pakaian, mainan dan obat-obatan unik bisa pengunjung temukan di sini.

Biasanya, pengunjung baru banyak berdatangan di saat matahari telah terbenam. Perlu anda ketahui hari Sabtu dan Minggu adalah waktu yang paling digemari para pengunjung untuk menikmati kemeriahan festival Sekatenan.

13. Contoh Karangan Deskripsi Tentang Pasar Modern

Contoh Karangan Deskripsi
source image: jabarekspres.com

Pasar modern dapat ditemui di banyak tempat. Suasana yang nyaman, sejuk, bersih dan terang membuat pelanggan betah berlama-lama berbelanja di pasar modern.

Di pasar ini, pembeli tidak bisa menawar harga barang yang dijual. Semua barang kebutuhan sehari-hari manusia dijual di sini. Biasanya, barang-barang yang dijual di pasar modern memiliki kualitas yang tinggi.

Maka dari itu, harga barang di pasar modern cenderung lebih mahal daripada di pasar tradisional. Keamanan di pasar modern pun lebih terjamin. Biasanya pasar modern memiliki jam buka yang lebih panjang dibandingkan dengan pasar tradisional.

13. Contoh Karangan Deskripsi Tentang Pasar Tradisional

Contoh Karangan Deskripsi
source image: beritasatu.com

Sebelum super market atau pasar modern ada, masyarakat Indonesia telah mengenal pasar tradisional. Di tempat ini, para pembeli boleh menawar harga setiap barang yang dijual.

Barang-barang yang dijual disini mulai dari sembako, ikan, daging sapi, ayam, babi sampai pakaian dijual di sini.

Namun, sebagian besar pasar tradisional bau, jorok, tidak nyaman untuk dikunjungi dan kotor. Seiring berjalannya waktu, perbaikan demi perbaikan pasar tradisional terus dilakukan, misalnya dengan penataan ulang, renovasi dan penegasan peraturan demi menjaga kebersihan.

Hal ini dilakukan mengingat persaingan dengan pasar modern yang lebih bersih dan tertata terus meningkat.

14. Contoh Karangan Deskripsi Tentang Kereta Listrik

Contoh Karangan Deskripsi
source image: harnas.com

Maglev Train atau kereta magnet adalah sejenis kereta api yang bisa mengambang dan melaju dengan tenaga magnet. Maglev Train lebih tepat disebut kereta magnet daripada kereta api magnet karena tidak menggunakan api sama sekali. Kereta magnet sama sekali tidak menyentuh rel saat melaju. Bahan bakar fosil juga absen di sini.

Laju kereta magnet sanggup mencapai angka 800 km/jam. Dikarenakan gesekannya yang 0% maka penumpang di dalam kereta magnet tidak merasakan adanya hentakan sama sekali. Kereta magnet melaju dengan sangat halus.

Kereta jenis ini dikembangkan pada awalnya di negara Jepang dan Jerman. Rahasia kereta magnet yang bisa mengambang adalah penggunaan kombinasi pemasangan magnet yang disesuaikan posisi kutub-kutubnya sehingga kereta bisa mengambang.

Adapun laju kereta magnet bisa dilakukan karena pemberian arus listrik yang sangat kuat yang diarahkan ke depan. Arus listrik yang dialirkan ke dalam sebuah benda berjenis konduktor akan membuat benda tersebut bergerak maju sesuai dengan arah laju elektron.

15. Contoh Karangan Deskripsi Tentang Orang

Contoh Karangan Deskripsi

Di sudut dekat pintu duduk seorang laki-laki. Namanya Dindin. Dia memakai celana pendek dan baju kaos yang telah sobek-sobek, yang melukiskan kemelaratan dan kemiskinan yang sehari- hari dideritanya.

Pada dadanya yang bidang dan berisi, lengannya yang kukuh penuh urat dapat dilihat betapa berat pekerjaan sehari-harinya. Air mukanya yang keruh, pipinya yang susut, dan matanya yang cekung menyatakan bahwa jalan hidup yang telah ditempuhnya penuh rintangan dan duri.

16. Contoh Karangan Deskripsi Tentang Bus

Contoh Karangan Deskripsi
source image: mobilkomersial.com

Bus merupakan kendaraan besar dan memiliki roda yang biasanya digunakan untuk mengangkut orang atau penumpang. Untuk Bus ini memiliki roda empat, body yang panjang dan besar, serta dapat memuat banyak orang.

Terdapat berbagai macam jenis bus yang ada di Indonesia, seperti bus abodemen untuk antar jemput siswa, bus pariwisata, dan bus angkutan sehari-hari.

Selain itu Bus juga memiliki ukuran yang berbeda-beda. Bus besar yang biasanya digunakan untuk pariwisata dilengkapi dengan AC, selimut, bantal, toilet, tempat untuk mengecas dan televise. Jenis bus ini merupakan memiliki fasilitas yang lengkap.

Melakukan perjalanan menggunakan bus sangat menyenangkan. Biasanya Bus akan berjalan pada jalan raya beraspal dengan cepat sehingga tanaman dan daun-daun pohon berterbangan terhempas oleh angin dari bus. Jendela-jendela berjajar, sangat cocok untuk sesekali merenung menatap jalanan di luar.

Sesekali ketika hujan turun dan menjatuhi atap, seolah terdengar dentuman drum yang berisik. Belum lagi suara obrolan orang di bangku belakang dan suara musik yang dibunyikan, semakin menambah ramai suasana di dalam bus.

17. Contoh Karangan Deskripsi Tentang Kebakaran

Contoh Karangan Deskripsi
source image: suara.com

Peristiwa menyedihkan ini terjadi di sebuah rumah kos yang berada di pusat kota Tarakan. Wilayah ini memang sangat terkenal keramaiannya karena menjadi pusat rumah kos yang ada di Tarakan.

Saat itu adalah weekend, beberapa teman kos sudah pulang ke rumah masing-masing. Hanya ada aku dan beberapa orang saja. Bahkan pemilik kos juga sedang berlibur ke luar kota.

Kejadian ini terjadi pada sore hari. Saat itu aku baru selesai menyuci baju dan ingin tidur. Sebelum tidur aku terlebih dahulu mengecas handphone. Kemudian aku tidur agar ketika bangun baterai handphone sudah penuh.

Namun yang terjadi di luar dugaan. Stop kontak yang digunakan untuk mengecas handphoneku mengalami konsleting listrik. Aku terbangun karena terdengar suara gemercik listrik.

Ketika aku bangun api telah menyala dan menyambar sofa di dekat meja tempat aku mengecas handphone. Kobaran api semakin besar dan aku semakin panik. Aku keluar dan meminta bantuan. Namun sayang, bantuan yang datang cukup lama karena keadaan saat itu tidak ada orang di kosan.

Aku keluar dan meminta bantuan warga. Seorang warga telah memanggil pemadam kebakaran lalu api dapat dipadamkan. Meskipun begitu hampir seisi kamarku terbakar, semua berkas kuliah, baju dan peralatan lain juga ikut terbakar habis.

Baca Juga:

Itulah beberapa contoh karangan deskripsi singkat dan terbaik saat ini. Semoga informasi ini bisa bermanfaat dan sampai jumpa di artikel selanjutnya.

COMMENTS

BLOGGER: 3

Nama

anbk,6,asuransi,1,Buku Digital,5,buku teks,14,Ciri teks,15,contoh,120,cpns2019,1,cv,5,Download File,1,games,4,juknis,9,jurnal,2,Kalender,153,kosp,4,Kuliah,14,laporan,14,makalah,3,modul,6,modul ajar,5,modul guru,10,osn,4,Pekerjaan,9,Pendidikan,94,pengertian,31,Permenpan RB,26,phbs,2,poster,3,PPT,64,proposal,7,prota,2,pts,16,resume,4,rpp,25,soal am,3,soal cpns,14,soal pas,15,soal pat,15,soal us,12,surat,17,template,3,template ppt,11,tips,6,usaha,3,
ltr
item
Mautidur.com: 17 Contoh Karangan Deskripsi Singkat & Terbaik
17 Contoh Karangan Deskripsi Singkat & Terbaik
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEh0vuhLMUTV2mOo1Mdoql2ZVa1RsF90NFtT1cgHqmDGB7Tx_9UeU0Fmue_y-szNQUlQIQCZZ0bYtbzPGrXZeb5UjrsuH3WHNCL1pGt3RZJW8or_EbrXCsvaultvWtda470CRaKDtmt7jiY/s640/1.jpg
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEh0vuhLMUTV2mOo1Mdoql2ZVa1RsF90NFtT1cgHqmDGB7Tx_9UeU0Fmue_y-szNQUlQIQCZZ0bYtbzPGrXZeb5UjrsuH3WHNCL1pGt3RZJW8or_EbrXCsvaultvWtda470CRaKDtmt7jiY/s72-c/1.jpg
Mautidur.com
https://www.mautidur.com/2019/07/17-contoh-karangan-deskripsi-singkat.html
https://www.mautidur.com/
https://www.mautidur.com/
https://www.mautidur.com/2019/07/17-contoh-karangan-deskripsi-singkat.html
true
2310118337026904168
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All DIREKOMENDASIKAN UNTUK KAMU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy Table of Content